Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

SIM Cerdas Kado Ultah Bhayangkara Ke-62 Untuk Masyarakat Indonesia

Satuan Polisi lalulintas Siap Sukseskan pelaksanaan pemakaian SIM Cerdas di Indonesia.

Jakarta, Liputankota- Pada bulan Juli 2008 ini Kepolisian Republik Indonesia usianya genap 62 tahun, ibarat pada umur manusia, Kepolisian atau bhayangkara sudah tua usianya dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum dinegeri ini. Dihari ulang tahunnya ke 62 Kepolisian RI memberikan kado ultah kepada masyarakat Indonesia khususnya bagi pengendara roda dua dan pengemudi yakni diluncurkannya SIM (Surat Izin Mengemudi) SIM Cerdas yang akan diluncurkan bertepatan dengan HUT (Hari Ulang Tahun) Bhayangkara ke 62.

Tak hanya memuat foto diri, data tinggi badan, golongan darah, sidik jari, dan alamat pemilik, SIM ini juga bisa memuat data tambahan.
Seperti jenjang pendidikan, bahkan data spesifikasi mesin kendaraan yang Anda gunakan.

Dan data diri itu semuanya tersedia dalam bentuk digital dan online, alias bisa diakses di seluruh Indonesia. Tapi bukan data digital itu yang membuatnya diberi nama smart driver license. Bagi polisi lalu lintas, SIM ini akan menjadi parameter seberapa patuh Anda dalam berlalu lintas.

Dengan SIM ini, Anda tak bisa lagi ngebut diam-diam, dan kepada polisi lantas Anda mengaku sebagai pengemudi patuh.

"Berapa banyak pelanggaran lalu lintas telah dilakukan dan akumulasi poin dari seluruh pelanggarannya," Kepala Sub Seksie SIM, Polda Metro Jaya, AKP Arsal sambil mendemontrasikan kecanggihan SIM baru itu dalam pameran Inovasi Pelayanan Aparat Negara di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (27/6),seperti dikutif tribun.

Jika masa berlaku SIM konvensional dan masa berlakunya yang rata- rata lima tahun, maka sim cerdas ini bisa lima hari, atau bahkan kurang. Jika poin pelanggaran sudah mencapai 21, maka SIM dicabut. " Pengemudi harus ikut ujian lagi untuk mendapatkan SIM baru," kata AKP Arsal.

Poin itu disesuaikan tingkat pelanggaran. Misalnya, menerobos lampu merah akan mendapat "'poin" 10, atau menerobos tanda larangan lima poin, dan jenis pelanggaran lainnya.

Sebetulnya, awal dekade 1990-an Polri pernah memperkenalkan model hukuman seperti ini. Namun, teknologinya masih sangat sederhana. Polisi lalu lintas kala itu dibekali alat coblos seperti pembocor karcis di kereta api.

Jika SIM sudah lima kali dicoblos, maka si pemilik harus bermohon ulang.

Untuk sementara, SIM ini baru resmi diujicobakan di wilayah kerja Polda Metro Jaya. Artinya, pemilik SIM yang bermukim di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). "Targetnya akhir Juli ini sudah merata tersebar ke seluruh Indonesia," katanya, kepada pengunjung pameran dan wartawan yang meliput kunjungan presiden.

Presiden RI SBY Sudah memiliki SIM itu.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memang termasuk pemilik pertama SIM cerdas yang menyaduir teknologi dari negeri Paman Sam ini. "Ini buat bawa mobil bak lho," kata presiden berkelakar sambil menunjukkan SIM jenis B1.

Masih diajang pameran tersebut, juga diluncurkan tekonlogi pendukung SIM berteknologi chip itu. Nantinya, polantas tak lagi membawa surat tilang yang bisanya diselipkan di sepatu boot-nya.

Polantas Indonesia nantinya akan dibekali alat scanner khusus yang digantung di pinggang, laiknya pistol. Melalui alat yang sekilas seperti pembaca kartu kredit atau pengidentifikasi barcode harga di produk kemasan di supermaket itu, polisi lalulintas dapat melihat dan memasukkan data pelanggaran lalu lintas.

Bahkan kedepan, proses pembayaran tilang tidak akan lagi berbelit, seperti memakai uang titip atau ke pengedilan. "Nantiya SIM ini akan kita intergrasikan dengan prosedur pembayaran tilang melalui ATM, sepetti yang sudah lama berlaku di Jakarta dan Jawa Barat," kata Arsal.

Belum ada penjelasan rinci berapa biaya pembuatan SIM tersebut, atau bagaiaman mekanisme pengurusannya. Namun, merujuk sistem serupa yang telah diterapkan di New Delhi, dan Bombai, dua kota metropolitan di India, sejak tahun 2007 lalu, SIM ini dikelola langsung oleh kementerian transportasi setempat.

Biayanya Sangat Murah

Biaya pembuatannya relatif murah. Situs Digimarcs ExianSmart, perusahaan asal AS yang memelopori penggunaan SIM cerdas ini di AS dan Australia sejak awal dekade 2000-an lalu, melansir sistem SIM ini bisa diintegrasikan dengan data kependudukan, nomor pajak, atau atau data prinsipal.

Untuk kartu dengan kapasitas memori penyimpanan 4 kilobyte, misalnya pemerintah India memberikan mengenakan charge sekitar 200 rupee atau setara dengan Rp 65 ribu.
Sedangkan untuk SIM dengan kapasitas 1,5 megabyte, calon pengemudi membayar 375 ruppe atau sekitar Rp 120 ribu.

Ketentuan harga sesuai kapasitas data SIM ini, sebab ada pemohon yang meminta data teknis soal rekaman jejak kendaraan yang dia gunakan seperti spesifikasi mobil, jenis mesin, dan data tambahan yang dianggap penting bisa dimasukkan di kartu yang bentuknya seperti kartu aplikasi perdana telepon selular ini.

Di AS, hingga awal 2008 lalu, hampir semua negara bagian sudah menerapkan teknologi SIM cerdas ini. Karena terbilang baru, pemrintah setempat juga meminta masukan dari warga tentang efektifitas SIM model baru ini, misalnya apakah efektif menekan angka kecelakaan lalu lintas, atau sebaliknya.

Bahkan, otoritas kota kabupaten, Western Hemisphere Travel Initiative (WHTI), yang sudah lebih dulu mengkombinasikan kartu ini dengan pusat perbelanjaan dan data kepolisian, bisa mengidentifikasi pengendara yang senang membeli minuman keras dan suka ngebut.

Meneg PAN Taufik Effendi yang hadir dalam pameran level nasional itu, dalam sambutannya mengatakan, apliksi SIM cerdas ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan aparatur negara kepada masyarakat merupakan bagian dari penciptaan pemerintahan yang bersih, dengan sistem pelayanan terpadu.

Dia menyinggung bagaimana proyek nasional single identification number (SIN) yang dikamopanyekan awal tahun 2004 lalu, dan akan diaplikasikan dengan data penduduk, nomor pajak, rekening bank, dan identitas lainnya.

Namun dia menyadari, sistem ini membutuhkan investasi besar dan kesiapan sumber daya manusia. "Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Salah satu caranya adalah mengajak semua pimpinan unit dan daerah untuk bekerja sama," paparnya.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam waktu dekat akan meluncurkan SIM cerdas atau smart driver license. SIM teknologi mutakhir ini disebut cerdas karena lebih dari sekadar alat identifikasi diri.(Irwan/Andi Ahmad)

Comments :

0 komentar to “SIM Cerdas Kado Ultah Bhayangkara Ke-62 Untuk Masyarakat Indonesia”
 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom