Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Blangko Notis Habis di Samsat Makassar, Wajib Pajak Resah

Menyorot Pelayanan Samsat Se-Sulawesi Selatan (bagian 1)

Laporan : Andi Ahmad - Makassar

Contoh blangko Notis Pajak yang diberikan kepada wajib pajak sebagai pengganti blanko Notis yang asli ( foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota- Sejumlah wajib pajak yang ingin membayar pajak kendaraanya baik roda dua maupun roda empat mengeluh, ini terjadi pada semua wilayah Samsat se Sulawesi Selatan, bukan mengeluh karena pelayanan yang tidak lancar namun karena bukti hasil pembayaran PKB yang selama ini disebut Notis Pajak menghilang, hasil pemantauan Bisnis Kota Online disemua wilayah Samsat semuany terlihat sama, tidak ada notis yang asli didapatkan bila telah selesai membayar PKB di loket pembayaran yang ada di Samsat.

Kantor Samsat Wilayah I Makassar di Jalan Mappanyukki (foto; Andi Ahmad)

Akibatnya sejumlah wajib pajak merasa resah dengan tidak mendapatkan bukti pembayaran Pajak yang seperti selama ini dipakai seluruh wilayah Samsat diProvinsi Sulsel, kata salah satu wajib pajak, Bahar kepada Bisnis Kota Online di kantor Samsat Makassar, Selasa (15/7).

Bahar mengakunya dengan habisnya blangko Notis pajak, merupakan hal yang tidak wajar bila terjadi pada instansi yang setiap harinya dibawakan uang oleh wajib pajak, " kami hanya orang biasa tidak mengetahui proses apa yang terjadi pada instansi ini sehingga blangko notis habis, wajib pajak tahunya kalau tepat waktunya harus membayar PKB masing-masing tidak bisa ditunda-tunda lagi, dan permasalahan yang begini tidak tahu, dan hal ini bagaimana instansi ini mengadakan blangko ini agar ada dan wajib pajak tidak lagi diberikan blangko yang seperti hanya difotocopy dengan legalitasnya apakah syah untuk dipergunakan sebagai bukti pembayaran PKB yang disebut notis," jelas Bahar.

Pemantauan Bisnis Kota Online dikantor Samsat wilayah I Makassar pada loket pembayaran terlihat petugas loket hanya bisa memprint bukti pembayaran atau notis itu yang bukan seperti biasanya, yakni hanya blangko yang lembaran kedua dan ada juga lembaran kertas putih seperti difotocopy. " kami hanya diberikan yang begini pak, katanya petugas loket habis yang aslinya, dan itu syah juga, " ucap Wajib pajak yang tidak mau disebut namanya kepada Bisnis Kota Online.

" Memang betul pak sudah ada dua minggu habis notis yang asli," kata salah seorang petugas diloket 5 ruang pembayaran di Samsat Makassar.

Dengan kejadian yang terjadi disamsat Makassar, Bisnis Kota Online mencoba konfirmasikan dengan kepala UPTD Wilayah I, A. Riadi Bachtiar menjelaskan bahwa hal itu memang terjadi habis Notis Asli sebagai bukti pembayaran (Pajak Kendaraan Bermotor)PKB, dan sekarang sisa menunggu proses tender yang dilaksanakan Dinas Pendapatan Daerah provinsi Sulsel, dan itu tidak lama lagi sudah dicetak, adapun sah tidaknya blangko yang dipakai sebagai pengganti notis yang asli, menurut Kepala UPTD wilayah I Samsat, itu sah karena ada dibuatkan surat dari Kepala Dispenda Sulsel, adapun waktu yang diperlukan sampai tender pengadaan blangko notis ini, Riadi menjawab itu tidak tahu karena bukan panitia dari tender tersebut, jelasnya.

Blangko STNK Juga Habis

Menurut salah seorang wajib pajak juga agak resah dengan habisnya blangko STNK ini, karena semulanya saat blangko STNK itu ada waktu kami tidak terbuang banyak menunggu selesainya urusan di kantor Samsat, sekarang bila mengurus penggantian STNK dan Nomor Polisi belum bisa diprediksi sampai kapan bisa dicetak STNK nya, karena blangko tidak ada, yang jelas dengan habisnya blangko STNK di Samsat Makassar dapat mempengaruhi pelayanan kepada wajib pajak yang ingin membayar pajak PKBnya, ujar Ridwan yang sering mangkal di Samsat Makassar.(Andi Ahmad)bisnis_andi@yahoo.com.

Bagaimana dengan kendala yang dihadapi kantor Samsat Wiliyah I Makassar dan seluruh Samsat diwilayah provinsi Sulawesi Selatan, sampai menghilang blangko notis pajak dan blangko STNK, dan bagaimana dengan proses tender pengadaan barang ini, baca berita selanjutnya ( bersambung)




Comments :

0 komentar to “Blangko Notis Habis di Samsat Makassar, Wajib Pajak Resah”
 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom