Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Pengurusan BPKB di Ditlantas Sangat Berbelit-Belit

Pemilik Kendaraan nilai Pakai Jalur Birokrasi yang lama

Laporan: Zulkifli/Irwan/AA.Effendy

Salah satu contoh buku BPKB yang dimiliki wajib pajak.


Makassar,Liputankota- Masyarakat pengguna kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua yang membeli secara tunai, acapkali terlambat mendapatkan hak kepemilikan kendaraan mereka (BPKB). Demikian halnya pengurusan BPKB hilang, diharuskan membawa keterangan dari pihak bank bahwa motor tersebut tidaklah dijaminkan.

Menurut beberapa pemilik kendaran yang mengaku telah membeli kendaraan sejak beberapa bulan, hingga kini belum mengantongi BPKB. Merekapun menerima alasan dari dialer tenmpat mereka membeli kendaraan, bahwa pihak Seksi BPKB Ditlantas Polda terlambat mengeluarkan BPKB karena birokrasi pengurusannya cukup ribet.

”Setelah kami ke pihak dialer untuk mengambil BPKB kendaraan yang saya beli, sampai satu bulan buku milik itupun belum selesai, pada hal saya membeli secara tunai. Namun kami masih bisa menerima alasan pihak dialer yang menganggap proses pengurusannya cukup lama akibat kebijakan yang ditarfkan pihak yang berwewenang tentang terbitnya BPKB tersebut,” papar salah seorang pemilik kendaran, yang meminta untuk tidak dijelaskan identitasnya, Sabtu, (5/7).

Dari informasi yang dihimpun, kebijakan pihak Seksi Ditlantas Polda Sulselbar ini, belum lama diberlakukan. Para dialer maupun yang mengurus bukti kepemilikan diwajibkan membawa notis pajak STNK, selanjutnya dikeluarkanlah BPKB tersebut. Sehingga ratusan BPKB kendaraan bermotor itu harus mandek.

”Yang menjadi sepengetahuan masyarakat, pengurusan BPKB sejak dulu tidak pernah ada persyaratan melampirkan notis. Karena notis tersebut hanyalah menjadi urusan dan tanggungjawab pihak Dispenda Sulsel, selaku penerima pajak kendaraan bermotor. Dan tak mungkin STNK bisa dikeluarkan tanpa notis pajak,” tambah sumber layak percaya tersebut.

Seperti pula dalam proses pengurusan BPKB yang hilang. Masyarakat yang mengharapkan maksimalisasi pelayanan pihak aparat ini, terkadang ditelikup rasa kekecewaan. Pasalnya, mereka diperhadapkan pada pengurusan yang terlalu birokrasi, semisal harus membawa keterangan salah satu bank, bahwa kendaraan tersebut tidaklah dijaminkan di salah satu bank.

Entah, bank apa yang bijaksana mau memberi keterangan, seperti yang diwajibkan para pemilik kendaraan. Sedang beberapa pemilik kendaraan yang kehilangan BPKB sudah melengkapi persyaratan adminisrasinya, seperti surat keterengan kehilangan dari kepolisian.

Kasi BPKB Ditlantas Polda Sulselbar, Kompol Lamasi, ketika berusaha dihubungi, sangatlah sulit untuk ditemui. (Zulkifli/Irwan H.Idris/AA.Effendy)

Persyaratan Pengurusan BPKB:

PELAYANAN TATA USAHA BPKB

PELAYANAN SURAT KETERANGAN STNK HILANG BPKB LEASING
PERSYARATAN YANG HARUS DILENGKAPI :
1. Formulir permohonan
2. Laporan Polisi kehilangan STNK
3. Cek Fisik kendaraan yang sudah dilegalisir
4. Foto Copy BPKB dan legalisir dr Leasing
5. Surat keterangan leasing
6. Identitas Pemilik
PELAYANAN SURAT KETERANGAN ASAL USUL BPKB HILANG
PERSYARATAN YANG HARUS DILENGKAPI :
1. Formulir permohonan
2. Laporan Polisi Kehilangan BPKB
3. Cek Fisik yang sudah dilegalisir
4. Kliping Koran di dua Media Massa
5. Surat Keterangan dari Reserse (Reskrim)
6. Pemblokiran BPKB ( cek bank dup)

PELAYANAN RALAT BPKB
PERSYARATAN YANG HARUS DILENGKAPI :
1. BPKB yang akan diralat
2. Faktur pemilik
3. STNK asli
4. Surat Keterangan Ralat Dokumen dari yang berwenang

PELAYANAN PENGHIDUPAN BPKB ASLI TIMBUL DUPLIKAT
PERSYARATAN YANGHARUS DILENGKAPI :
1. BPKB asli dan BPKB duplikat
2. Cek fisik kendaraan
3. STNK atas nama pemilik sekarang
4. Surat permohonan penghidupan BPKB ( bermaterai ).

PELAYANAN BPKB DUPLIKAT
PELAYANAN PENGURUSAN BPKB DUPLIKAT :
PERSYARATAN YANG HARUS DILENGKAPI
1. Laporan Polisi kehilangan BPKB ( Min Tk. Polsek )
2. Kartu Tanda Penduduk ( untuk perorangan )
3. Salinan Akte pendirian dan surat ket domisili ( Untuk Badan Hukum )
4. Surat Kuasa ( untuk Instansi Pemerintahan / badan hukum )
5. Surat Pernyataan BPKB Hilang dari pemilik bermaterai
6. Bukti penyiaran di 2 ( dua ) media massa.
7. Surat keterangan dari Reserse ( Reskrim )
8. Sket dari bank bahwa tidak dalam status jaminan Bank.
9. Cek Fisik kendaraan Hadir ( Tk. Polda )
10. Foto Copy STNK
11. Pemilik diwajibkan hadir untuk di Foto dan scan KTP(Data sumber Mabes Polri)






Comments :

0 komentar to “Pengurusan BPKB di Ditlantas Sangat Berbelit-Belit”
 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom