Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Saudagar Bugis Makassar Diharapkan Kembali Ke Sulsel

Usulan Pembentukan Lembaga Keuangan Ditolak PSBM X.

Wapres Jusuf Kalla (tengah) menabuh gendang disaksikan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (kedua kiri), Ketua KKSS Hasanuddin Massaile (kanan) , Ketua PSBM ke-10 Erwin Aksa (kiri) pada pembukaan PSBM ke-10 di Makassar kemarin.(foto: Sindo)

Makassar,Liputankota-Usulan pembentukan lembaga keuangan yang dimotori saudagar Sulsel dimentahkan dalam Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-10 yang berakhir kemarin.

Usulan ini dianggap membutuhkan modal awal yang besar dan sulit untuk direalisasikan. Lembaga keuangan untuk pembiayaan ini disarankan diambil alih oleh perbankan dengan memaksimalkan kredit kepada masyarakat.Apalagi, saat ini Pemprov Sulsel telah memiliki lembaga perbankan sendiri, yakni Bank Sulsel. Usulan ini menjadi salah satu butir dari sepuluh rekomendasi yang dihasilkan PSBM ke-10 dari tiga komisi yang melakukan pembahasan, yakni komisi ekonomi, sumber daya manusia, dan budaya.

Rekomendasi ini dihasilkan dalam masing-masing sidang komisi yang hanya berlangsung sekitar dua jam. Rekomendasi yang dibacakan Alwi Hamu ini,komisi ekonomi yang melakukan pembahasan pembangunan infrastruktur daerah menghasilkan dua rekomendasi.Usulan yang dihasilkan, yakni seluruh saudagar Bugis Makassar (SBM) diharapkan kembali ke Sulsel untuk meningkatkan investasi, khususnya di sektor agrobisnis,seperti pertanian dan perkebunan.

SBM diharapkan menanamkan modalnya dalam industri pupuk, hama, dan benih. Saudagar yang telah berhasil di rantau diharapkan menanamkan uangnya pada sektor kelautan. Rekomendasi lainnya adalah dialihkannya tanggung jawab pembentukan lembaga pembiayaan kepada lembaga perbankan.Pembahasan komisi ini dilakukan oleh Aksa Mahmud, Direktur Utama Bank BTN Iqbal Latanro, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, dan Dirjen Perkebunan Ahmad Manggabarani.

Sementara, untuk komisi SDM yang dibahas Kabalitbang Depdiknas Mansyur Ramly, Rektor Unhas Idrus Paturusi, dan anggota DPR Idrus Marham, rekomendasi yang dihasilkan hanya tiga butir. Pertama, disepakati untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dengan pengambil kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Sulsel; kedua, peningkatan pendidikan Sulsel dilakukan dengan pengembangan pada sektor informasi dan teknologi.

Keputusan strategis ketiga, yakni kesamaan visi untuk tetap mempertahankan calon Sulsel dalam kepemimpinan nasional. PSBM menargetkan,posisi minimal dalam Pemilihan Presiden 2009 mendatang adalah wakil presiden. ”PSBM harus menyukseskan agenda nasional dari berbagai aspek, khususnya mempertahankan kepemimpinan nasional minimal RI 2,” kata Alwi Hamu saat membacakan rekomendasi PSBM 10 dalam acara penabuhan gendang penyemangat saudagar Bugis Makassar oleh Jusuf Kalla di Celebes Covention Centre (CCC) kemarin.Seperti dikutif Sindo.

Adapun untuk komisi budaya yang fokus membahas tentang pelayaran rakyat, dihasilkan rekomendasi untuk tetap mempertahankan semangat Phinisi atau semangat perantau di kalangan saudagar. Perahu Phinisi sebagai warisan budaya Sulsel akan tetap dipertahankan agar tidak tergilas peradaban pelayaran modern.

Rekomendasi lainnya adalah usulan agar pelayaran rakyat (Pelra) mendapat dukungan politik dari pemerintah. Selain itu,Pemprov Sulsel diharapkan untuk menyiapkan SDM yang mampu untuk bersaing di masa depan dalam mengembangkan perahu Phinisi. Sementara itu,Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, generasi muda harus dididik untuk menjadi pengusaha sebagai bentuk regenerasi.Apalagi, saat ini banyak sekali pengusaha yang terjun dalam dunia politik.

”Generasi muda harus digerakkan untuk menjadi saudagar. Ini penting agar terjadi regenerasi sehingga nantinya kita ini sudah bisa duduk dengan tenang tanpa harus terlibat langsung lagi,”katanya. Sementara itu, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menandatangani memorandum of understanding(MoU) tentang kartu keanggotaan saudagar Bugis Makassar.

Penandatanganan dilakukan Ketua KKSS Hasanuddin Massaile dan Managing Director BRI Asmaun Syam disaksikan Wapres Jusuf Kalla. Selain itu, dalam kesempatan tersebut, KKSS memberikan penghargaan kepada tujuh tokoh penggagas PSBM,yakni Jusuf Kalla,Jenderal M Jusuf,Beddu Amang, HZB Palaguna, Aksa Mahmud, Alwi Hamu, dan Muh Thaha.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya kembali memaparkan kemajuan Sulsel dalam enam bulan terakhir di antara pertumbuhan ekonomi yang mencapai 9,14%.Pertumbuhan ekonomi ini melampaui rata-rata nasional. Selain itu, Syahrul memaparkan nilai investasi di Sulsel yang mencapai Rp36 triliun dengan jumlah dana simpanan masyarakat sebesar Rp26 triliun. Ketua Panitia Pelaksana PSBM ke-10 Erwin Aksa mengatakan, silaturahmi saudagar kali ini dihadiri 874 pengusaha. (Sindo/Andi ahmad)

Comments :

0 komentar to “Saudagar Bugis Makassar Diharapkan Kembali Ke Sulsel”
 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom