Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

CHj Asal Embarkasi Makassar Meninggal di Mekkah

Makassar, Liputankota - Daftar calon jamaah haji (CJH) Embarkasi Hasanuddin Makassar yang wafat di Tanah Suci kian bertambah. Data Sistem Komputer Haji Terpadu (Siskohat) Departemen Agama RI di Asrama Haji Sudiang, Selasa (25/11), menyebutkan, salah satu CJH yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 17 Raden Ayu Rahima Raden Muhammad (66) menghembuskan nafas terakhir di pemondokan Mekah, Senin (24/11) pukul 20.00 waktu setempat.

CJH asal Kabupaten Kaimana Papua Barat ini wafat karena mengalami gangguan sistem sirkulasi dan telah dimakamkan di pekuburan Syara Mekah. Sedangkan satu CJH asal Polewali Mandar Sulawesi Barat Djuaeriah Muh Djafar (56) disebutkan wafat di pemondokan di Medinah akibat mengalami gangguan pernapasan (respiratory failure), Minggu (23/11). CJH yang tergabung dalam kloter 19 ini dimakamkan di pekuburan Baqi Medinah.

Kepala Bidang Dokumen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Imran Abbas, mengatakan, hingga kemarin, jumlah CJH asal Embarkasi Hasanuddin Makassar yang wafat di Mekah maupun Medinah, Arab Saudi, sebanyak tujuh orang.

Mereka di antaranya CJH kloter 15 asal Kota Tidore Maluku Utara (Malut) Abdurrahman Tuguwaji Kalaodi Tuguwaji (60) yang wafat karena mengalami kecelakaan lalu lintas, Rabu (19/11). Abdul Karim Abd Wahid Ngabalin (kloter 6, Maluku Tenggara) dan Muh Ali Taslin Abdul Wahab (kloter 17, Sorong Papua Barat) yang wafat karena mengalami gangguan pernapasan.

Selain itu, Taher Abd Kader Abd Kader, CJH asal Halmahera Barat, Maluku Utara serta CJH kloter 5 asal Bontonompo, Kabupaten Gowa, Parawansa Baso, yang wafat karena serangan jantung. Memasuki hari ke-21 proses keberangkatan haji, sudah sebanyak 41 CJH asal Indonesia yang wafat di Arab Saudi termasuk mereka yang berangkat melalui Embarkasi Hasanuddin Makassar.
Dari jumlah tersebut, Embarkasi Solo tercatat paling banyak kehilangan CJH dibanding 11 embarkasi lain di Tanah Air dengan 10 CJH disusul Embarkasi Pondokgede Jakarta sebanyak tujuh orang. Sebelumnya, Ketua Tim Kesehatan PPIH Embarkasi Hasanuddin Dr Taufik Tjahjadi, mengingatkan, setiap CJH yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk mewaspadai cuaca dingin di Arab Saudi.

12 Jamaah Sakit di Evakuasi ke Mekah

SEBANYAK 12 jamaah yang dirawat karena sakit di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Daerah Kerja (Daker) Madinah, kemarin, mulai dievakuasi ke BPHI Daker Mekah. Evakuasi rutin tersebut dilakukan menjelang berakhirnya pemberangkatan jamaah haji ke Mekah 26 November nanti. Evakuasi dilakukan dengan empat mobil. Sedangkan empat CJH di antaranya diangkut dengan ambulans karena tidak bisa duduk. "Evakuasi jamaah sakit sudah rutin, tapi evakuasi kali ini agak besar-besaran, karena pemberangkatan jamaah haji ke Mekah akan berakhir," kata Kepala Pelayanan Kesehatan (Yankes) Daker Madinah dr Bermawi Syahdjam SpP, kemarin.

Data BPHI Daker Medinah menyebutkan dari 12 jamaah sakit yang dievakuasi terdapat tiga CJH asal Embarkasi Hasanuddin Makassar. Mereka di antaranya Rochmadi bin Sarbini (kloter 17), Maniara bin Ranom (kloter 18), dan Misbah bin Robo Parang (kloter 14). Dengan evakuasi tersebut, saat ini, tingga tiga jamaah sakit yang tersisa di BPHI Daker Madinah. Hasil "sweeping" jamaah sakit di sejumlah Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) tercatat 13 CJH Indonesia dirawat di RSAS King Fahd dengan dua di antaranya sakit parah.

Sedangkan di RSAS Al-Ansar ditemukan dua pasien. "Evakuasi akan terus kami lakukan hingga 5 Desember, karena BPHI Madinah akan tetap dijaga seorang dokter, dua perawat, seorang asisten apoteker, dan sebuah ambulans untuk menunggu jamaah yang sakit, sekaligus membantu jamaah haji BPIH Plus," katanya.

Tiga CJH Kloter 31 Urung Berhaji

Sebanyak tiga calon jamaah haji (CJH) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 31 asal Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) terpaksa mengurungkan niatnya menunaikan ibadah haji di Tanah Suci untuk tahun 2008 ini.

Kursi yang ditinggalkan Hapsah Sitti Bt Karuseng, Labaura Bt Silibi, Zainal Dg Masiga Bn H Hammade, juga terpaksa kosong akibat pembatalan ini. Sekitar 322 CJH termasuk petugas sudah bertolak ke Arab Saudi melalui Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (25/11).

Pembatalan tersebut dibenarkan Kepala Kantor Departemen Agama (Kandepag) Kabupaten Kolaka Syafruddin di Asrama Haji Sudiang, kemarin.

"Mereka mengundurkan diri karena sakit sebelum masuk ke asrama haji," kata Syafruddin. Dikonfirmasi terpisah Kepala Bidang Dokumen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin, Imran Abbas, hingga kemarin, jumlah daftar open seat (kursi kosong) selama musim haji tahun ini mencapai 28 orang. Jumlah open seat terbesar terdapat pada kloter 3 asal Kabupaten Wajo dengan sembilan kursi kosong. Rata-rata CJH tersebut mengundurkan diri karena sakit maupun sementara hamil. "Jumlah open seat tahun ini mulai menurun. Tahun 2007 jumlahnya mencapai 200-an kursi kosong," kata Imran. Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Agama (Depag) Sulawesi Selatan Bahri Mappiase juga mengimbau petugas daerah untuk melaporkan setiap CJH yang batal berangkat maupun mengundurkan diri. Hal tersebut dilakukan untuk mengeleminir jumlah CJH open seat melalui Embarkasi Hasanuddin.

Pindahkan Layanan Penumpang di Asrama Haji

DUA orang pria, siang kemarin, tampak sibuk di posko induk PT Gapura Angkasa yang berada di belakang aula pemberangkatan Asrama Haji Sudiang, Makassar. Seorang pria tampak membenahi beberapa dokumen penumpang, sedangkan pria yang lain justru sibuk mempersiapkan daftar penumpang di depan layar komputer. Di dinding tampak papan tulis yang berisikan coret-coret agenda pemberangkatan, jadwal pesawat, penumpang yang urung berangkat, sampai berat bagasi yang dibawa calon jamaah haji (CJH).

Aktivitas di ruangan berukuran 6x8meter tersebut selalu tampak sibuk jauh sebelum pemberangkatan jamaah ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Kesibukan ini baru terhenti jika aktivitas penerimaan maupun pemberangkatan haji juga terhenti.

PT Gapura Angkasa merupakan ground handling maskapai Garuda Indonesia Airlines sebagai perusahaan pelayanan darat pesawat udara. "Untuk penanganan pemberangkatan jamaah di asrama haji diserahkan ke Gapura Angkasa. Mulai penanganan barang sampai penanganan jamaah," kata Koordinator Duty Manager Asrama Gapura Angkasa, Jumhaerah, kemarin.

Untuk penanganan calon jamaah haji (CJH) selama musim haji seluruh aktivitas pelayanan dan aktivitas bandara dipindahkan ke Asrama Haji Sudiang. Mulai check in penumpang, penimbangan barang, pemeriksaan X- Ray, pembagian nomor seat, sampai pembagian paspor, dilakukan di asrama. Di bandara penumpang tinggal menunggu untuk diberangkatkan dengan pesawat Garuda Indonesia Airlines. Selama musim haji tahun ini, PT Gapura Angkasa menyiapkan sekitar 35 petugas di Asrama Haji yang bertugas melayani CJH setiap harinya.

"Meskipun tahun ini rata-rata dua kloter setiap hari tetapi petugas biasa kerja siang dan malam. Jadi aktivitasnya sehari bisa berlangsung selama 24 jam. Kalau jamaah masuk dan berangkat keesokan harinya, aktivitas sudah berlangsung sehari sebelumnya," tambah pria kelahiran Bone 38 tahun silam ini. Bahkan kesibukan tersebut lebih terasa di musim haji tahun 2002-2003 silam. Saat itu, nyaris 24 jam waktu petugas PT Gapura Angkasa dipergunakan untuk melayani aktivitas pemberangkatan maupun pemulangan jamaah haji. "Saat itu pemberangkatan bisa empat sampai lima kloter setiap harinya. Jadi petugas sehari-hari benar-benar bertugas selama 24 jam nonstop," tutur mantan karyawan Simpati Airlines ini.

Bahri Instruksikan Tertibkan PKL

Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) Sulawesi Selatan Bahri Mappiase menginstruksikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan petugas keamanan untuk segera menertibkan pedagang kaki lima (PKL) dalam waktu dekat.
Tindakan tersebut dilakukan menyikapi maraknya PKL maupun pedagang asongan yang sudah merambah kawasan penginapan calon jamaah haji (CJH). Bahkan, sejumlah pedagang diketahui menawarkan barang dagangannya hingga ke kamar-kamar jamaah.
"Ini harus segera ditertibkan. Jangan sampai waktu istirahat jamaah menjadi terganggu," kata Bahri di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Selasa (25/11). Kemarin, Bahri memimpin langsung rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji yang dihadiri seluruh petugas keamanan internal, penanggungjawab wisma, sampai buruh asrama.
Tidak tanggung-tanggung, Bahri bahkan mengancam untuk memberhentikan mereka yang terbukti nyambi sebagai PKL maupun "melegalkan" aktivitas yang dinilainya kian meresahkan tersebut. Dari hasil pertemuan tersebut juga terungkap, penertiban baru akan dilakukan setelah terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada petugas, PKL, maupun pedagang asongan. Untuk mengakomodir PKL yang rata-rata merupakan warga sekitar Asrama Haji Sudiang, Badan Pengelola Asrama Haji (BPAH), dijadwalkan akan mempersiapkan stan maupun los berdagang resmi mulai tahun 2009 mendatang.(Amir Sandi/Andi Ahmad)





Comments :

0 komentar to “CHj Asal Embarkasi Makassar Meninggal di Mekkah”
 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom