Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Pengadaan Mobil Ambulance Dinkes Sulsel Diduga Mark Up

Laporan : Andi Ahmad- Makassar



Makassar, Liputankota-Pengadaan 4 unit mobil ambulans Proyek DHS2 untuk Tahun Anggaran 2008, di lingkup Dinas Kesehatan (Diskes) Propinsi Sulsel yang menelan biaya Rp 1Miliyar, menuai berbagai sorotan. Bahkan terkesan spesifikasinya tidak sesuai anggaran yang disiapkan.

Pengadan mobil ambulans yang ditenderkan pada awal Bulan November 2008 ini, terkesan berjalan lancar tanpa ada sanggahan dari pihak rekanan yang ikut dalam proses tender. Namun di balik itu, terkuak berbagai permaalahan yang dianggap dapat merugikan Negara.

Menurut sejumlah sumber layak percaya, proyek yang menggunakan dana Asian Devolepmen Bank (ADB), syarat dengan penyimpangan. Khususnya menyangkut spesifikasi ambulans yang mengarah ke merek tertentu, Toyota Kijang Inova. Artinya, harga per 1 unit mobil tersebut senilai Rp 250 juta.

“Seharusnya dengan anggaran Rp 1 Miliyar, bisa mendapatkan lebih dari 4 unit ambulans. Sedang pasaran Kijang Inova standar untuk per-unit Rp 150 juta plus assesoris amblans serta peralatan kesehatan (alkes) hanya berkisar Rp 25 juta. Jumlah keseluruhan hanya Rp 175 juta per unit,” papar sumber tersebut, Rabu (19/11).

Dijelaskan, dengan nilai pemborosan yang berindikasi murk-up sekitar Rp 75 juta per-unit. Nah, untuk pengadaan ambulans sebanyak 4 unit senilai Rp 300 juta. “indikasi kerugian Negara ini, harus ditindak lanjuti oleh aparat hukum,” tambah sumber yang meminta untuk tidak dijelaskan identitasnya.

Sementara itu pihak LSM LAPPAN melalui ketuanya, Jufri. K, menyayangkan pelaksanaan tender yang terindikasi merugikan Negara. Alasannya kejadian serupa sudah pernah terjadi pada Tahun 2006 lalu, semasa Dr. Muhadir, menjabat Kadis Kesehatan Sulsel, yang mana banyak kendaraan ambulans jenis kijang dijadikan mobil pribadi dengan mencopot sebagian assesorisnya.

Lebih lanjut Jufri mengakui, pihaknya dalam waktu dekat akan mengarahkan persoalan ini ke meja hukum, demi menyelamatkan keuangan Negara.

Ketua Panitia Lelang Pengadan mobil ambulans Diskes Propinsi Sulsel, Max Paembonan, dan PPK-nya Tajudding Tulang, SKM, M. KS, yang menjdi penganggungjwab proyek ini, sangat sulit ditemui. Bahkan keduanya kerap tidak berada di kantornya.(Andi Ahmad) (nantikan edisi selanjutnya).

Comments :

0 komentar to “Pengadaan Mobil Ambulance Dinkes Sulsel Diduga Mark Up”
 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom