Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Wakadis Dispenda:Pembayaran Notis Berubah Dan Tidak Menyimpan Dari Aturan

Laporan : Zulkifli dan AA.Effendy
Suasana Kantor Samsat Makassar yang diambil gambarnya dari lantai II. ( foto: Zul)


Makassar, Liputankota- Menyikapi sorotan tentang perubahan system pembayaran notis pengurusan surat STNK kendaraan bermotor di lingkup Samsat Makassar, Wakadispenda Sulsel, Arifuddin mengakui jika bukanlah sistem pembayaran STNK yang berubah, melainkan notis sendiri.

Menurut orang nomor dua di Jajaran Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel, hjal itu dimaksudkan, agar menghindari berbagai bentuk penyelewengan para pengurus STNK milik wajib pajak, dengan mencontoh beberapa kasus yang hanya membuat wajib pajak merugi.

“Sebenarnya yang berubah itu bukanlah STNK, jika surat bukti kendaraan ini tidak bisa tercetak jika belum terbayar. Lainm halnya sistem yang diterapkan sebelum berpindah kekantor baru, dapat tercetak lalu pembayarannya menyusul. Hal inilah yang sangat rentang mengakibatkan penyalahgunaan,” papar Arifuddin, Jum’at (13/6), ketika memberi klarifikasi di ruang kerjanya.

Menurutnya, hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting dalam perubahan peletakan sistem notis. Iapun mengakui system baru itu dilaksanakan sejak Samsat resmi beroperasi di Kantor barunya yang terletak di kawasan Jalan Mappanyukki serta hal itu dinilai tidak menyimpang dari aturan yang ada.

Dari sistem yang dianggap tidak mengacu satupun aturan yang ada, Wakadis mengakui, jika kebijakan ini merupakan imber dengan tujuan meningkatkan pelayanan prima pada wajib pajak dengan pola cepat dan muda terakses para wajib pajak.

Mengenai sorotan Indotim News, edisi 13 Juni kemarin, Wakadispenda Sulsel, merasa senang dengan sosial kontrol yang diarahkan pada kinerja pegawai yang dipimpin. Iapun berharap, jika terdapat temuan yang dinilai menyimpang dari aturan, maka pintu kantornyapun terbuka untuk dapat membahas temuan yang dimaksudkan. (Zulkifli Malik/Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Mengintip Kinerja dan Pelayanan di Samsat Makassar

Menyoal Birokrasi fiscal di Samsat Makassar (bagian 1)

Kantor Samsat Makassar yang berdiri megah dijalan Mappanyukki (foto: AA.Effendy)

Laporan : Tim Bisnis Kota

Makassar, Liputankota-Proses Fiskal atau Mutasi kendaraan bermotor di Samsat Makassar dinilai terlalu bertele-tele. Pasalnya proses penyelesaian berkas ini memakan waktu hingga berbulan-bulan. Selain itu biayanya pun tidak transparan dan bervariasi.


Sejak menempati kantor baru di Jalan Mappanyukki Makassar, animo masyarakat akan pelayanan prima Samsat Makassar akan terwujud terpaksa harus ditepis. Pasalnya, investigasi liputan kota masih banyak ditemukan beberapa jenis pelayanan atau proses berkas yang terjadi di Samsat Makassar terlalu birokrasi, bahkan tidak sesuai dengan Pungutan Negara Bukan Pajak (PNBP). Salah satunya adalah proses Fiskal atau Mutasi (Pindah Daerah).

Menurut Rahmat seorang wajid pajak dari Jakarta kepada Liputan Kota mengatakan, Sesuai Instruksi Bersama (Inbers) tahun 1999 persyaratan untuk proses fiscal ini harus melengkapi STNK Asli, BPKB Asli, KTP Pemilik (Perseorangan), Hasil Cek Fisik Kendaraan Bermotor (Ranmor) dari Kepolisian dan KTP penerima daerah tujuan. Sejak awal, proses ini sudah memakan waktu saat pencarian berkas atau arsip STNK terkadang sampai seminggu, apalagi kalau arsip tidak ditemukan petugas terpaksa membuat surat keterangan atau yang biasa disebut MAP Kedua, katanya.

"Selanjutnya, berkas diproses apabila KTP penerima tidak sesuai dengan berkas di STNK dan BPKB maka wajib pajak harus membayar Biaya Balik Nama (BBN).Proses ini pun kadang memakan waktu berhari-hari". ucap Rahmat dengan agak kesal.

Ironisnya, dari pantauan Liputan Kota Proses ini sering terkandas di bagian Input atau masukan data. Pasalnya, petugas dibagian ini juga mengurusi proses Duplikat STNK dan Pemberian nomor. Belum lagi, petugas ini sering mengurus STNK lewat bawah meja atau merangkap jadi ‘calo’.

Lanjut Rahmat,Setelah Proses pembayaran pajak, kemudian berkas tersebut diproses oleh bagian Fiskal di UPTD Dispenda Makassar proses inipun kadang memakan waktu berhari-hari dan biayanya pun bervariasi tergantung siapa pengurusnya, maka proses ini biasanya hanya memakan waktu 1 hari, jelasnya.

Kemudian berkas tersebut diproses bagian mutasi Samsat Makassar, perjalanan berkas di bagian inipun tidak jauh beda bahkan proses dibagian ini menurut sumber yang memakan waktu berminggu-minggu untuk kemudian di kirim ke Bagian BPKB Dirlantas Polda Sulselbar. Dibagian pencabutan berkas BPKB ini prosesnya kadang tidak menentu, bisa memakan waktu berminggu-minggu,bahkan paling lambat bisa selesai sekitar kurang lebih satu bulan lamanya untuk paling cepat dan bisa sampai tiga bulan, namun bila ada petugas yang membantu mengurus hanya memakan waktu sehari saja. Mengenai Biaya pencabutan berkas dan perubahan identitas di BPKB ini juga bervariasi Proses ini yang bermuara dari Samsat penyelesaiannya pun berakhir di Samsat untuk di registrasi.

(Berapa biaya yang dipungut diluar ketentuan tentang proses biaya fiscal ini akan diulas di edisi selanjutnya. “Menyoal Pungutan Siluman Samsat Makassar”).

Dari ulasan proses fiscal diatas masyarakat seyogyanya memang harus memahami bahwa tidak semudah yang dibayangkan. Namun munculnya imej negative di masyarakat khususnya para wajib pajak atau pemohon Fiskal ini karena tidak adanya biaya transparan dan waktu penyelesaian yang mengatur tentang proses fiscal tersebut. Seperti yang dialami salah seorang wajib pajak Udin yang mengurus proses fiskal tujuan ke daerah Timur Indonesia berkas fiskalnya selesai setelah memakan waktu berbulan-bulan lamanya. “Yang menjadi masalah pak, kendaraan kami disana sering ditahan petugas kepolisian dianggap hasil curanmor karena surat-suratnya seperti STNK asli khan ada disini (Samsat red.).” tegas Rahmat.

Mungkin Kantor Samsat khususnya Samsat Makassar mengikuti motto iklan salah satu produk yang berbunyi “Kalau bisa di persulit buat apa dipermudah “ (bersambung). Tim

Selengkapnya...

Menelusuri Tewasnya Buruh Lepas Pelabuhan di Bandara Baru

Keluarga Korban berharap ada bantuan dari Perusahaan Yang memakai tenaga korban (bagian 1)

Laporan: Andi Ahmad

Makassar, Liputankota- Resiko dalam setiap pekerjaan yang dilakukan bagi karyawan sangat berbeda-beda. Tergantung pada tingkat kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas dari pimpinan perusahaan tempat bekerja. Seorang buruh harian lepas mislnya yang kerjanya sangat berat dan resiko untuk mendapatkan kecelakaan dalam bekerja sangat mudah terjadi, bila dibandingkan dengan hasil upah kerja yang didapatkan.

Megawati (30) istri dari buruh lepas yang bekerja di pelabuhan peti kemas Makassar harus menerima beban yang berat untuk menghidupi 4 orang anaknya, hasil perkawinan dengan Amir (35) seorang buruh lepas yang tewas dalam kecelakaan kerja di Bandara baru Hasanuddin pada tanggal 13 Mei 2008.

Amir adalah buruh lepas yang hari-harinya bekerja di pelabuhan Makassar dengan dibawa kendali seorang Mandor. Pada kejadian kematian Amir, membuat keluarga yang ditinggalkan sangat kaget, sebelum meninggalkan rumahnya yang ada di jalan Borong Raya II lorong Emas No.3 , Megawati istri korban mengatakan tidak sedikitpun tanda-tanda dan pirasat buruk yang dirasakan ketika hendak meninggalkan rumahnya pada hari itu, yang merupakan hari terakhir bertemu lagi dengan Istri dan anak-anaknya, katanya.

Megawati mengatakan bahwa tepat pukul 15.30 wita pada hari itu, ada informasi didengar dari teman kerja menyampaikan bahwa suaminya tercinta yang memberikan buah hati 3 orang, menghadap ke sang pengcipta yakni tewas akibat terindis barang saat bekerja menurunkan barang di Bandara Baru Mandai, katanya kepada liputankota saat bertandang ke kantor Biro Makassar, baru-baru ini.

“ Pada hari kematian sebelum dikebumikan, bos dari tempat bekerja datang membawakan uang duka Rp. Satu juta kepada keluarga kami, menurut bosnya ini adalah rasa duka cita atas musibah yang menimpa suami ibu, ucap Carles ( Bos) yang ditiru Megawati, dan beberapa hari kemudian menjelang ketujuh hari kematiannya, kami mendatangi Bosnya yang berkanto dijalan Sultan Hasanuddin dengan diantar Mandor almarhum suamiku untuk minta bantuan lagi yang akan dipergunakan dalam membiayai proses tahlilan hari ketujuh kematiannya, dan sangat bersyukur kepada pimpinan PT. Bumi Putera yang bersedia membantu dengan memberi uang sebanyak Rp. 3 juta lagi yang diserahkan oleh pak Carles kepada (Udin)Mandor pada perusahaan tersebut,” jelas Megawati, dengan mata berkaca-kaca.

Setelah, tahlilan hari ketujuh dilaksanakan, kami mendatangi lagi pimpinan PT. Bumi Putera untuk dapat membantu meringankan beban dalam menghidupi ke tiga anak yang ditinggalkan almarhum suamiku, seperti pemberian asuransi dalam musibah kecelakaan kerja yang dialami salah satu buruh lepasnya, namun apa daya , kami berharap demikian perusahaan tersebut bisa memberikan tunjang hidup bagi 3 anak yang ditinggalkan korban, sebagai bukti adanya tanggung jawab dari perusahaan, tapi kami pulang dengan tangan hampa, menurut Megawati mendapat penjelasan dari perusahaan bahwa tidak ada asuransi yang bisa diberikan kepada almarhum suaminya, ucap Megawati dengan nada agak kesal.

Setelah itu, liputankota mengkonfirmasikan kejadian ini kepada manajem perusahaan PT. Bumi Putera yang bergerak pada bidang Ekpedisi, kehadiran pertama bertandang ke kantor tersebut di terima pimpinan langsung perusahaan tersebut yang namanya Carles menurut salah satu stafnya ketika itu, tapi kepada liputankota, carles menolak untuk dimintai keterangan perihal kematian Amir ( buruh lepas ) yang bekerja pada perusahaannya.

“ Saya tidak berhak memberikan penjelasan, nanti sama anak saya namanya Bobby yang akan memberika penjelasan, nanti bapak temui saja,” ujar Carles dan sambil menerima kartu nama dari liputankota.
Beberapa hari kemudian, Liputankota memcoba menghubungi Bobby, dan tersambung dan akhirnya janjian keesokan harinya, liputankota menemui dikantornya dibilangan jalan sultan Hasanuddin pas dibelakang Hotel Santika.

Bobby memberikan penjelasan bahwa sedikitpun tidak pernah kenal Amir ini yang hal ini diakui oleh isri korban bahwa sudah tiga tahun menjadi karyawan diperusahaan itu, Korban kita tidak tahu , dan bukan karyawan perusahaan ini, itu ada mandornya, dan bilamana ada kerjaan yang mau dikerjakan baru pihak perusahaan menghubungi mandornya supaya didatangkan buruh, tapi kalau tidak ada kerjaan kami juga tidak memanggil buruh itu, jadim tidak hubungan sam sekali dengan buruh yang tewas itu, tapi sudah cukup kami memberikan bantuan sebagai rasa kepedulian dan keprihatinan terhadap keluarga Amir( buruh lepas) yang tewas itu, jelasnya. (bersambung)
Selengkapnya...

Tersangka Korupsi Pengadaan di DPRD Maros, Berpeluang Bertambah

Mobil Nissan Terano yang diduga mark up pada Pengadaan Mobil Dinas DPRD Maros.

Makassar, Liputankota - Jumlah tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan tiga unit mobil dinas DPRD Kabupaten Maros berpeluang bertambah.
Saat ini Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar sedang menyiapkan pemeriksaan ulang tersangka dan saksi lainnya dalam kasus tersebut. Kasus ini diduga merugikan keuangan negara lebih Rp 300 juta.

Sinyal peluang bakal bertambahnya tersangka pada kasus tersebut diungkapkan Asisten Intelijen Kejati Sulselbar Syaifuddin Kasim, Jumat (13/6) sore.

"Tidak menutup kemungkinan jumlah tersangka bertambah dalam kasus ini. Kita lihat sajalah nanti perkembangan penyidikannya nanti sebab kasus ini segera kami serahkan dari penyelidikan ke penyidikan," ujar Kasim yang ditemui di ruang kerjanya,seperti dikutif Tribun.

Sehari sebelumnya, Kejati Sulselbar telah menetapkan dua tersangka dalam kasus tersebut yakni Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Maros berinisial Andi Nusul dan Faisal AR yang menjadi rekanan sekwan mengadakan mobil tersebut.

Dugaan korupsi dimaksud adalah kasus dugaan penggelembungan (mark-up) pengadaan tiga kendaraan dinas roda empat tahun anggaran 2005. Kendaraan ini untuk digunakan kegiatas dinas pimpinan DPRD Maros.

Sesuai kontrak, pembelian tiga unit kendaraan dinas itu semuanya dari jenis Nissan Grandroad. Namun dalam pelaksanaannya hanya ada dua Nissan Grandroad dan satu Nissan Kingsroad. Setelah dicek di diler, harga per unit mobil jenis tersebut sekitar Rp 224 juta lebih. Total Rp 699 juta.

Padahal anggaran 1,1 miliar. Selisihnya itulah diduga dikorupsi. Belum lagi terjadi adanya pembelian yang tak sesuai kontrak. Bawasda Sulsel pernah mengaudit pembelian tersebut pada 2007 lalu. Ditemukan dugaan kerugian negara Rp 329 juta.(Muh.Darlis/ Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Semifinal Euro 2008 Dipastikan Tanpa Perancis Dan Italia


Tim Kebanggaan rakyat Italia hanya bisa pasrah bila Timnya tidak bisa masuk pada semifinal di Euro 2008.

Swiss, Liputankota-Perempat final Piala Eropa 2008 sudah pasti tidak akan menyertakan salah satu finalis Piala Dunia 2006 Italia dan Perancis. Bahkan ada kemungkinan Perancis dan Italia harus angkat koper dari arena Euro 2008
Kedua kesebelasan ini akan saling "bunuh" dalam pertandingan terakhir tanggal 18 Juni nanti. Lolos tidaknya kedua tim favorit ini tergantung kepada hasil pertandingan Belanda melawan Rumania. Kalau Italia dan Perancis bermain imbang, Belanda dan Rumania juga imbang, maka Rumania yang lolos. Sebab, nilai Perancis atau Italia hanya mengantongi nilai dua, sedangkan Rumania tiga. Jika Italia atau Perancis menang, Rumania juga menang, maka Rumania yang lolos. Sebab, Rumania meraih nilai lima, sementara Perancis atau Italia mendapat nilai empat.

Dengan demikian, Italia dan Perancis harus saling mengalahkan dan berharap Belanda tidak kalah dari Rumania, jika ingin lolos. Kemungkinan lain adalah lolos tidaknya Italia dan Perancis bisa ditentukan melalui adu penalti, jika bermain imbang, sementara Rumania kalah di atas empat gol melawan Belanda. Adu penalti dilakukan karena Perancis dan Italia memiliki nilai dan selisih gol yang sama.

Berdasarkan hasil dari dua pertandingan di Grup C Belanda mengumpulkan nilai enam dan sudah dipastikan lolos ke perempat final. Rumania di peringkat kedua dengan nilai dua, sementara Italia dan Perancis sama-sama memiliki nilai satu.

Italia dan Perancis harus khawatir karena Belanda kemungkinan tidak akan menurunkan tim terbaiknya melawan Rumania di pertandingan terakhir. Kemungkinan besar pelatih Belanda Marco Van Basten menjadikan pertandingan melawan Rumania sebagai ajang ujicoba pemain lapis keduanya.

Seperti yang dilansir Kompas.com, Perancis dan Italia wajar berada di ujung tanduk karena keduanya tampil tidak meyakinkan di dua pertandingan. Tidak terlihat kualitas permainan yang membuat mereka sebagai juara dan runner Piala Dunia 2006. Faktor kehilangan pemain kunci membuat kedua kesebelasan ini berada dalam masa transisi.

Dua tahun ditinggalkan Zinedine Zidane membuat Perancis seperti kehilangan kekuatan, terutama di lini tengah yang selama menjadi kekuatan mereka. Italia tanpa Fabio Cannavaro pun tidak mampu menerapkan catenaccio. Pertahanan Italia yang disebut-sebut terbaik di dunia, ternyata menjadi titik lemah selama perhelatan Euro 2008 ini.

Namun begitu, di luar buruknya penampilan Italia dan Perancis, pujian harus diberikan kepada Belanda. Sistem permainan total football yang begitu ditakuti lawan, berhasil diterapkan pelatih Marco Van Basten. Rasanya sulit untuk mengalahkan Belanda jika mereka bermain seperti saat mencukur Italia 3-0 dan menekuk Perancis 4-1.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Belanda Menang Besar, Permulus Kesemifinal Euro 2008

Tim Orange Belanda meluapkan kegembiraan setelah menang besar atas tim Perancis Sabtu (14/6)dini hari. (foto: Inilah.com)
Bern,Liputankota- Setelah memukul Italia 3-0, kini giliran Prancis yang dihajar 4-1 dalam pertandingan grup C Euro 2008 yang baru saja berakhir di Stade de Suisse Wankdorf.
Gol pertama dibuat Dirk Kuyt ketika pertandingan baru berjalan sepuluh menit. Penyerang Liverpool ini menceploskan bola dengan sundulan kepalanya.

Hingga babak pertama berakhir, skor tak berubah, tetapi 1-0. Memasuki babak kedua, pelatih Der Oranje memasukkan Arjen Robben untuk menambah daya serang dari sayap.


Hasilnya, pada menit ke-59 Robben yang menusut jantung pertahanan Prancis dari sayap kiri, langsung melepaskan umpan kepada Robin van persie yang baru masuk menggantikan Dirk Kuyt.


Van Persie langsung melepaskan tendangan dengan kaki kirinya. Meski bola sempat ditahan tangan kiri kiper Gregory Coupet, tetapi memantul ke arah belakang dan bergulir masuk ke gawang.


Meski tertinggal 2-0, Prancis memiliki semangat untuk mengejar. Hasilnya, Thierry Henry yang berulang kali memiliki peluang emas, akhirnya mencetak gol pada menit ke-71, sehingga memperkecil ketinggalan 2-1.


Namun, diluar dugaan, ketika Prancis baru mulai membangun semangat dan kepercayaan dirinya, sebuah serangan cepat Belanda berhasil dituntaskan oleh Arjen Robben menjadi gol.


Gol Robben yang dibuat haya berselang satu menit seusai Henry membobol gawang Edwin Van der Sar, terbilang spektakuler karena dibuat dari sudut yang sangat sulit di sisi kanan gawang Caoupet.


Gol Robben rupanya benar-benar menghancurkan mentak Prancis. Terbuktinya, di menit terahir pertandingan, gawang mereka kembali kebobolan oleh tendangan jarak jauh Wesley Sneijder, sehingga kemenangan Belanda menjadi 3-1.


Inilah.com melansir,dengan kemenangan tersebut Belanda dipastikan melangkah ke babak perempat final. Sementara tim asal 'Negeri Kincir Angin' itu memimpin grup C dengan nilai 6, diikuti Rumania dengan nilai 2.


Satu tiket lagi ke perempatfinal masih akan diperebutkan Rumania, Italia dan Prancis, karena ketiganya sama-sama memiliki nilai 1. Rumania akan menentukan nasibnya melawan Belanda, sedangkan Italia bertemu Prancis.[Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Aneh Tapi Nyata, Demian 'Tiup' Bola Raksasa ke Bandung



Jakarta, Liputankota-Wajah ilusionis Demian Aditya tampak berseri-seri, menyusul keberhasilannya dalam sekejap memindahkan bola raksaasa plus enam orang dari lapangan Blok S di Jakarta, ke Lapangan Gasibu, di Bandung.

Ketegangan yang sebelumnya membayang di wajah Demian sirna ketika atraksi yang ia klaim baru pertama kali di dunia itu berhasil.


Bola raksasa berdiameter delapan meter plus enam orang yang memeganginya ternyata memang bisa pindah dari Jakarta ke Bandung dalam hitungan menit saja. Awalnya ada tujuh orang yang akan ikut pindah, tetapi satu 'nyangkut' di pohon.


"Sudah saya perintahkan agar tetap memegang bola, eh dia melepaskan tangannya. Jadi deh nyangkut di pohon," ungkapnya seraya tertawa lebar, Jumat (13/6) malam.


Usai melakukan atraksinya, Demian mengungkapkan persiapan yang cukup lama terbayar sudah dengan keberhasilannya itu. "Rencana berikutnya memindahkan Monas ke Bandara Soekarno Hatta," ungkapnya, seperti dikutif inilah.com


Ia mengungkapkan, sang kekasih, Yulia Rahman adalah seorang yang memberikan dukungan dalam atraksi itu.

"Ya dia amat mendukung penuh. Makanya, meski deg-degan, saya berusaha tenang karena yakin dia ikut mendoakan," ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Demian sekali lagi menegaskan bahwa dia tidak akan menikah Agustus 2008 ini. "Tahun depan," ujarnya.


Meski sudah menetapkan akan menikah tahun depan, tanggal dan bulan pernikahan belum ditentukan.

Ia mengatakan, pernikahan bukanlah pekerjaan mudah, tidak semudah membalik telapak tangan untuk menyiapkan pernikahan. "Karena gua nggak pakai teknik ilusi, kan?" ujarnya tertawa.


Mengenai status janda kekasihnya, Demian tidak menganggap hal itu sebagai masalah. Pria yang akan memindahkan bola dan sebuah mobil sehubungan dengan pagelaran Piala Euro itu mengaku sayang luar-dalam kepada kekasihnya.

"Saya terima kekurangan dia, sebaliknya dia juga. Nggak ada masalah," tandas Demian yang sudah akrab dengan anak Yulia itu.(Wawan/andi ahmad)
Selengkapnya...

Kapolda Resmikan Kantor KPPP Sulsel di Makassar

Kapolda Sulselbar, Irjen Pol. Sisno Adiwinoto (Foto: Suara Pembaruan)

Makassar,Liputankota-Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Sisno Adiwinoto dijadwalkan meresmikan kantor baru Polres KPPP (perairan), di Jl Pasar Ikan, beberapa saat mendatang. Saat ini, persiapan kantor baru itu sudah dirampungkan.

Kantor baru Polres KPPP ini sebelumnya eks Kantor Dir Polair Sulsel yang telah dipindahkan di Kota Pare-Pare beberapa waktu lalu. Kapolres KPPP, AKBP Sri Rejeki berharap penempatan kantor baru ini akan meningkatkan semangat aparat dalam bekerja, seperti dikutif fajar online.

"Kami juga bersyukur karena kantor ini lebih luas dan letaknya sangat strategis untuk mengawasi lalu-lintas perairan," ungkap Sri Rejeki, Jumat (13/6).(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Tim Beramal Tumpah ke Rujab

Laporan: Saldi Rani-Sinjai

Kandidat Bupati incumbent Sinjai Andi Rudiyanto Asapa memperlihatkan kelingking yang berlumuran tinta usai mencoblos di TPS 01 Biringere, Sinjai, Rabu (11/6) lalu (foto: Saldi Rani)

Sinjai, Liputankota- Hasil quick count LSI Pada perhitungan sementara pada Pilkada Sinjai sampai Tanggal 13 Juni 2008 menempatkan pasangan Rudiyanto-Andi Massalinri Lathief sebagai pemenang pilkada dengan meraih 60,15 persen suara, jauh melampau lawannya, Sabirin Yahya-Andi Manchu Baso yang hanya mendapat 39 persen lebih.


Tim Bersatu Andi Andi Rudiyanto Massalinri Lathief (Beramal) kembali memenuhi Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai, Jumat (13/6). Ratusan tim datang silih berganti dari sembilan kecamatan. Hampir semua sudut di rujab dipenuhi pejabat dan tim hingga tadi malam.
"Mereka datang memberi ucapan selamat sekaligus minta petunjuk bagaimana mereka bersikap selanjutnya," kata Rudiyanto didampingi Juru Bicara Beramal, Nasrullah Mustamin.
Menjelang Magrib, Rudiyanto menggelar pertemuan khusus dengan para tim di belakang rujab. Dalam pertemuan itu, sejumlah tim melaporkan berbagai kecurangan dan intimidasi yang mereka alami di wilayah masing-masing.

"Saya instruksikan semua tim bersikap tegas. Tegas dalam artian jangan berbuat anarkis, tapi jangan membiarkan kecurangan terjadi. Kita harus tegas menjaga hasil pilkada ini, dari PPK sampai KPU," ujar Rudiyanto di depan timnya.(Saldi Rani/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Austria Berpeluang Perempatfinal, Lawan Polandia Imbang 1-1


Vienna, Liputankota- Austria akhirnya membuka peluang menembus babak perempatfinal setelah bermain imbang 1-1 melawan Polandia pada laga lanjutan babak penyisihan Grup B di Stadion Ernst Happel, Vienna, Jumat (13/6) dini hari wita.

Pemain pengganti Austia, Ivica Vastic, mencetak gol balasan di menit 90+1 melalui titik putih. Wasit Howard Webb asal Inggris memberikan hadiah penalti setelah Mariusz Lewandowski menarik kaos Sebastian Prodl di dalam kotak penalti. Polandia sempat unggul duluan berkat gol Guerreiro Roger di menit ke-31.

Atas hasil imbang ini, Austria dan Polandia mengemas satu poin. Keduanya pun punya kans untuk melaju ke perempatfinal asalkan mendulang angka sempurna di pertandingan terakhir,seperti dikutif tribun-timur.com

Di partai terakhir, Selasa (16/6), Austria akan menjajal Jerman, yang juga belum pasti lolos setelah keok 1-2 lawan Kroasia. Sementara Polandia akan meladeni tantangan Kroasia yang positif menembus perempatfinal.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Austria lebih mendominasi jalannya permainan. Di awal-awal babak pertama, Andreas Ivanschitz cs berkali-kali mengancam gawang Polandia. Namun, karena terlalu terburu-buru melakukan finishing touch menyebabkan peluang emas terbuang percuma.

Di menit 10, misalnya. Striker Martin Harnik yang sudah berhadapan dengan kiper Artur Boruc gagal memasukkan bola. Tendangannya melebar.

Satu menit kemudian, Martin kembali membuang peluang emas. Kali ini tembakannya ditepis kiper. Lalu, tendangan keras Roland Linz berhasil diblok kiper.
Meski begitu, Polandia yang lebih mengandalkan serangan dari lini tengah mampu memanfaatkan satu peluang dengan sempurna. Di menit 31, gelandang Guerreiro Roger menceploskan bola ke gawang Jurgen Macho. Ia memanfaatkan umpan silang Saganowski di dalam petak penalti.

Austria berusaha mengejar ketinggalan. Sayang, duet bomber Harnik-Roland Linz, terlihat belum sehati dan sering salah pengertian.

Padahal, lini belakang Polandia yang dimotori Marcin Wasilewski kerap kurang disiplin menjaga lawan. Beruntung, kiper Polandia tampil ciamik dengan melakukan penyelamatan gemilang. Sampai peluit babak pertama berakhir, Polandia mempertahankan keunggulan 1-0.

Di babak kedua, kedua tim bermain imbang. Hanya serangan teratur yang dibangun Polandia kerap merepotkan barisan pertahanan lawan.

Pada menit ke-50, tembakan keras Euzebiusz Smolarek dari luar kotak penalti ditepis kiper Austria. Begitupula, Macho juga menyelamatkan tembakan bola mati Jacek Krzynowek di menit 67.

Austria yang tampil all out pun menciptakan beberapa peluang. Sayang, belum padunya barisan depan membuat peluang tersebut selalu gagal.

Meski begitu, tim besutan Josef Hickersberger kembali membuka beberapa peluang.
Di babak ini, hanya dua peluang emas yang dihasilkan Austria.

Di antaranya, tendangan Jurgen Saumel di menit 82 memanfaatkan kemelut. Sayang, tendangan melebar. Kemudian sundulan Prodl di menit 83 menyamping tipis dari gawang.
Setelah lama menunggu, Austria akhirnya menyamakan skor menjadi 1-1 setelah mendapat hadiah penalti. Vastic selaku eksekutor sukses menaklukkan Boruc.(Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Polandia Bobol Gawang Austria, Kroasia Kalahkan Tim Panser

Srna Tim Dari Kroasia Meluap kegembiraan setelah membobol gawang Jerman(Foto: Detiksport.com)

Swiss, Liputankota- Gelandang Polandia Guerreiro Roger menceploskan bola ke gawang Austria yang kosong. Roger bola muntah hasil tendangan Saganowski pada menit 30 babak pertama. Skor 1-0 untuk Polandia.

Polandia akan menghadapi Kroasia pada pertandingan ketiga.

Kroasia sudah merebut satu tiket ke perempatfinal setelah menghancurkan salah satu raksasa Eropa, Jerman, 2-1, dalam pertandingan yang diwarnai enam kartu kuning dan satu kartu merah,seperti dikutif tribun-timur.com

Adapun tuan rumah Austria akan menghadapi Jerman di pertandingan ketiga.

Favorit juara itu membutuhkan kemenangan untuk merebut satu tiket yang tersisa di grup B ke babak perempatfinal.

Srna Bayar Utang

Kroasia beruntung memiliki Darijo Serna. Sebagai gelandang serang, Serna tidak hanya memiliki daya jelajah tinggi dengan kemampuan olah bola di atas rata- rata, tapi juga berbahaya di kotak penalti.

Jerman sudah merasakan sengatan Srna, Jumat (13/6) dini hari wita. Ia mencetak satu dari dua gol ke gawang Der Panzer yang memastikan Kroasia sebagai tim kedua yang lolos ke perempatfinal. Tim lain yang juga sudah lolos ke perempatfinal adalah Portugal.

Bagi Srna, sumbangan satu golnya seolah membayar utangnya kepada publik sepakbola Kroasia di Piala Dunia 2006. Ketika itu, ia gagal mencetak gol dari titik penalti melawan Jepang. Alhasil, timnya tersingkir. Ini gol ke-15 Srna selama 56 kali bermain untuk timnas.

Perjalanan hidup Srna bak dongeng yang penuh kepahitan. Ayahnya, Uzeir Srna, dibesarkan pada masa Perang Dunia II. Ibu dan adik perempuannya menjadi korban perang.

Ayah Srna, Uzeir, dibesarkan seorang polisi di Slovenia. Setelah perang berakhir, Uzeir pindah ke Sarajevo. Di kota ini, Uzeir menjadi pesepakbola dengan posisi kiper.

Bakat sepakbolanya ternyata menurun ke anaknya, Srna. Srna yang Muslim kemudian dilirik klub lokal, Hajduk Split, sebelum pindah ke klub yang lebih top, Shakhtar Donetsk. (Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Koalisi PD Dan PDK, Usung Idris- Adil Patu


Makassar, Liputankota- Teka-teki siapa bakal menjadi wali kota dan wakil wali kota dari koalisi Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), terjawab sudah. Hampir dipastikan, Idris (Demokrat) akan menjadi bakal calon Wali Kota Makassar sedangkan Adil harus puas menjadi wakil.

Dalam pertemuan tertutup di Hotel Makassar Golden di Jl Pasar Ikan, Kamis (12/6), siang, tim survei dari PT Lingkaran Survei Indonesia (PT LSI) memaparkan hasil survei mereka terhadap kandidat Wali Kota Makassar periode 2009-2014.

Tim Adil Patu dan Idris Manggabarani menyebutkan bahwa popularitas Adil sebenarnya lebih tinggi ketimbang Idris. Adil nyaris mendekati popularitas Ilham Arief Sirajuddin, Wali Kota Makassar yang juga akan maju di pilkada nanti. Sedang Idris hanya berada diurutan ketiga,seperti dikutif Tribun.

Namun kendati demikian, keduanya sepakat untuk menjadikan Idris sebagai bakal calon wali kota didampingi Adil sebagai wakilnya. Diagendakan, Senin 16 Juni mendatang, pasangan ini akan dideklarasikan.(Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Beramal Sementara Raih Kemenangan 60 persen

SBY-Aman Siapkan Gugatan

Laporan : Saldi-Sinjai
Andi Rudiyanto Asapa memperlihatkan jempol setelah mencoblos di TPS Biringere (Foto: Saldi)

Sinjai,Liputankota-Kelelahan tampak membersit dari wajah Andi Rudiyanto Asapa. Retina matanya menggambarkan pria kelahiran 26 Mei 1957 ini, kurang tidur.
Di sela-sela kesibukan menerima ucapan selamat di Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Rabu (11/6), suami dr Felicitas dan ayah dua anak ini mengungkapkan keharuan dan harapan ke depan.

"Saya sangat terharu dan senang atas dukungan masyarakat Sinjai yang begitu besar terhadap saya. Mudah-mudahan dukungan ini menjadi modal untuk bersama-sama melanjutkan pembangunan di Sinjai," kata Rudiyanto.

Ditanya apa akan rekonsiliasi dengan pesaingnya, Rudiyanto menyatakan tidak perlu karena dia merasa tidak pernah bermusuhan dengan kandidat lain. "Yang terpenting dilakukan adalah mendekatkan kembali simpul-simpul pendukung kita yang mungkin selama ini terlalu fanatik sehingga menimbulkan gesekan," katanya,seperti dikutif Tribun.

Sambil menunggu hasil resmi dari KPU, Rudiyanto meminta semua tim tetap mengawal kotak suara dan semua pihak menghormati hasil sementara ini.

"Saya berharap semua pihak, semua orang dapat menerima hasil demokrasi ini yang telah dilakukan secara adil dan jujur," ujar Rudiyanto.

Berbeda dengan kandidat Bupati Sinjai lainnya, Sabirin Yahya. Begitu mengetahui hasil quick count yang memenangkan pasangan Bersatu Andi Rudiyanto Asapa-Massalinri Lathief (Beramal), Sabirin segera mengumpulkan semua tim.

"Kami akan perkuat data yang sudah kami temukan. Kami akan siapkan gugatan secara hukum," tegas Sabirin.

Tim Sabirin-Andi Manchu Baso (SBY-Aman), Muhammad Hatta, mengaku sudah dihubungi petang kemarin untuk segera merapat ke kediaman Sabirin, Jl Kepala, membahas rencana gugatan.

"Kami akui kekalahan kami. Tapi kami juga ingin agar temuan yang ada tidak berlalu begitu saja," kata Hatta.

Menurutnya, berdasarkan hitungan kubu SBY-Aman, mereka juga mengakui Beramal lebih unggul.

"Kami juga sudah menghitung semua hasil dari TPS. Sudah 80 persen TPS kami hitung, hasilnya kami akui bahwa kami memang kalah. Tapi kami tetap akan menuntut kebenaran," jelas Hatta yang juga Ketua PAN Sinjai tersebut.



Selengkapnya...

Longsor di Jeneponto, 22 KK Terancam Tertimbun


Jeneponto,Liputankota- Sebanyak 22 kepala keluarga (KK) atau 70 jiwa warga Dusun Goyang, Desa Gantarang, Kecamatan Kelara, Jeneponto, terancam tertimbun longsoran bukit yang berada persis di belakang rumah seluruh warga ini.

Warga setempat menamakan bukit itu Gunung Goyang. Tingginya sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Bukit ini terancam ambruk karena punggungannya telah retak dengan posisi horisontal sepanjang 150 meter.

Kedalaman tanah yang retak tujuh meter dengan lebar tiga meter. Sudah sekitar setahun punggungan bukit ini retak. Keadaan itu hampir sama dengan keretakan tanah di pos delapan dan pos sembilan Gunung Bawakaraeng.

Keretakan di Gunung Bawakaraeng itu menyebabkan dinding gunung di pos sembilan ambruk dan menjatuhkan ratusan juta kubik tanah dan batu. Peristiwa ini terjadi tahun 2005 dengan jumlah korban jiwa puluhan orang dan ratusan hektare sawah serta rumah tertimbun.

Penyebab retaknya punggungan bukit Gunung Goyang itu akibat perambahan liar yang dilakukan warga. Bukit ini nyaris gundul. Hujan deras yang mengguyur Jeneponto dalam tiga hari terakhir dikhawatirkan membuat tanah bukit menjadi labil sehingga rawan ambruk.

Camat Terjung Evakuasi Korban

Dalam kunjungannya ke bukit itu, Rabu (11/6), Bupati Jeneponto, Radjamilo meminta warga setempat mewaspadai terjadinya longsor akibat ambruknya bukit itu. Ia meminta kepala kantor sosial dan Camat Kelara yang mendampinginya agar menyiapkan proses evakuasi kepada warga Dusun Goyang,seperti dikutif Tribun

Kepala Kantor Sosial Jeneponto, Zainuddin, mengaku telah membentuk tim evakuasi warga Dusun Goyang. Jika kondisi Gunung Goyang masuk status siaga maka tim tersebut segera melakukan proses evakuasi. Saat ini, katanya, status bukit itu masih waspada.

Bupati Jeneponto Meninjau Jalan

USAI meninjau kondisi Gunung Goyang, Radjamilo meninjau jalan kabupaten yang menghubungkan Kecamatan Kelara dengan Kecamatan Tarowang yang rusak parah.
Ia memerintahkan Kepala Bidang Bina Marga, Mappasomba supaya segera mengaspal jalan sepanjang 3,5 kilometer ini.

Dalam kunjungan ini, bupati didampingi anggota DPRD Jeneponto, Tadjuddin M Laja, Kabag Pemerintahan, Nur Alam dan sejumlah pejabat lainnya.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

6000 Ton Jagung Sulsel Gagal Diekspor ke Korea Selatan

Petani sedang menjemur jagung dibalitsereal Deptan Kab,Maros

Makassar,Liputankota-Sekitar 6000 ton jagung jagung asal Sulawesi Selatan gagal diekspor ke Korea Selatan. Saat ini jagung tersebut terpaksa dikarungkan, untuk selanjutnya diperdagangkan ke beberapa pulau di dalam negeri.

Di gudang 104 Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Makassar, Rabu (11/6), puluhan buruh mengarungkan 3300 ton jagung pipil kuning.

Manager Divisi Pelayanan Barang dan Aneka Usaha PT (Persero) Pelabuhan Indonesia IV cabang Makassar, Albert Koswara, mengatakan saat ini disalah satu gudangnya menampung 3,3 ribu ton jagung pipil kuning, dimana jagung ini berencana diekspor ke Korea Selatan, seperti dikutif Tempointeraktif.

Rencana ekspor jagung ke Korea Selatan ini, dalam sekali pengiriman jumlahnya sekitar 6 ribu ton. Hanya saja kapasitas gudang Pelindo IV yang terbatas, sehingga yang baru di tampung hanya 3,3 ribu ton.

Kegiatan pengangkutan ekspor tersebut dijadwalkan pada 4 Juni lalu menggunakan kapal NV Ocean Galaksi. Namun keesokan harinya kapal berangkat menuju pelabuhan Belawan tanpa mengangkut jagung.

"Kami juga kaget, kenapa tidak jadi diangkut," kata Albert sembari menambahkan jagung tersebut akan diangkut ke Jakarta dan Lampung.

Adapun pemilik jagung pipil kuning di gudang 104 PT Pelindo IV adalah PT Teluk Intan, dan kegiatan ekspor jagung ini melibatkan PT Daewoo.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulawesi Selatan, Lutfi Halide yang dihubungi terpisah mengungkapkan, gagalnya pengangkutan jagung yang akan diekspor tersebut karena jumlah jagung belum mencukupi 6 ribu ton. "Jadi untuk diekspor, masih menungggu untuk mencukupi 6 ribu ton," katanya.(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Banjir Bandang Landa Bantaeng, Satu Orang Tewas

Bulukumba,Liputankota - Cula (37) korban hanyut saat Sungai Tino meluap, Senin (9/6) pukul 17.30 wita, ditemukan tewas oleh puluhan rekan dan keluarganya, Selasa (10/6) sekitar pukul 07.00 wita.
Mayat pria yang berprofesi sebagai tukang ojek ini ditemukan sekitar satu kilometer dari lokasi dia terbawa arus sungai yang meluap. Mayatnya ditemukan terjepit di antara kayu yang terbawa arus dan terdampar di tepi sungai.

Cula bersama dua rekannya, Masseng dan Rudding hanyut terbawa arus air saat hendak menyelamatkan dua ekor kambing milik Masseng di Sungai Lemoa, Kampung Parang Labbu, Kelurahan Bonto Langkasa, Senin sore.

Cula adalah warga Kampung Parang Labbu. Sungai Lemoa adalah sambungan Sungai Tino. Hulunya berada di kaki Pegunungan Lompobattang.

Masseng dan Rudding selamat karena berhasil menggapai pohon dan berpegangan saat mulai dihanyutkan air. Sedangkan Cula walau sempat berpegangan pada sebuah pohon namun ia tak mampu menahan hantaman air yang cukup deras sehingga pegangannya terlepas, seperti dikutif Tribun.

Evakuasi

Mayat Cula kemudian dievakuasi warga ke rumahnya. Pencarian mayat Cula dilakukan sejak Senin malam dengan menyisir sungai. Istri Cula, Sanging dan tiga anaknya serta keluarga histeris menyaksikan mayat Cula saat tiba di rumahnya.

Sungai Lemoa dan Sungai Tino meluap karena hujan deras yang mengguyur daerah hulu sungai sejak Senin siang. Kota Bantaeng sendiri hanya diguyur hujan gerimis pada sore hari. Luapan Sungai Tino juga menghanyutkan dua unit rumah milik Sano dan Rasyid di Kampung Tama Bongong, Kelurahan Bonto Langkasa.

Serta menggenangi puluhan rumah dan puluhan hektar are sawah di Desa Bonto Jai yang berbatasan dengan Desa Tino, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto.
Jalan poros Bantaeng-Jeneponto sepanjang 500 meter di Desa Bonto Jai, tertutup air dari luapan air sungai ini pada Senin malam. Akibatnya terjadi kemacetan sepanjang tiga kilometer.

Pantauan Liputankota, Selasa siang kemarin, jalan poros ini sudah tidak tergenang. Namun, di beberapa titik lain air masih menutup jalan poros. Antara lain di Kecamatan Pajukukang yang merupakan jalan poros Bantaeng-Bulukumba.

Warga Masih Khawatir

Warga Bantaeng yang bermukim di bantaran Sungai Tino mengaku masih khawatir terhadap banjir susulan akibat luapan sungai. Namun, mereka belum berniat meninggalkan rumahnya dan mengungsi ke tempat yang aman.
Pasalnya, sejak pagi hingga siang kemarin, Kota Bantaeng diguyur hujan cukup deras. Apalagi, di daerah hulu sungai yang berada di kaki Pegunungan Lompobattang warna langit sangat gelap pertanda hujan. (Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Hasil Akhir Perhitungan Sementara 59 Persen Beramal

Laporan : Sadli (Sinjai)

Pasangan Beramal Unggul pada perhitungan sementara Quick Qount Pilkada Sinjai

Sinjai, Liputankota - Hasil penghitungan cepat sementara Lembaga Survei Indonesia (LSI), menunjukkan pasangan Beramal masih tetap unggul.

Hingga pukul 16.00 Wita, atau empat jam setelah pencoblosan di 632 TPS di Pilkada Sinjai, persentasi data sampel Quick Count yang masuk sudah mencapai 88,1 persen.

LSI mengambil 200 TPS sebagai sampel penghitungan cepat. Lembaga ini menyebar sekitar 159 relawan di TPS sampel tersebut.

Sejak Pukul 08.00 wita tadi, 161.329 pemilih tetap berbondong- bondong ke TPS. Total pemilih di Sinjai ini lebih banyak 7.955 orang dari pemilihan gubernur, 5 November 2007 lalu.

"Secara ilmiah, ini sudah sangat susah berubah, dan sisa menungu legitimasi resmi dari KPU pekan depan," kata Koordinator LSI Sulawesi dan Maluku, Herman Heizer, yang akan mengumumkan hasil lengkap penghitungan cepatnya secara resmi pukul 16.30 Wita di Sinjai,seperti dikutif Tribun.

Dari data yang masuk di LSI, pasangan nomor urut 1, Beramal, memperoleh 59, 95 persen. Sedangkan pasangan nomor urut dua, SBY-Aman, mencapai 40,5 persen. "Angka ini sama persis dengna angka hasil survei terakhir kami Mei lalu," ujarnya.

LSI adalah lembaga poling politik yang secara khusus sudah menjadi langganan DPP Golkar dalam melakukan survei politik dan pilkada. Di Sinjai, selain lembaga partikelir dan lembaga survei internal Tim Beramal, LSI juga mensurvei.

Hasil yang dilansir internal ini menyebutkan, pasangan Beramal meraih 60,4 persen. Sedangkan SBY-Aman mendapatkan 35,6 persen."Itu dengan asumsi 5 persen pemilih belum menentukan sikap," kata Herman

Perhitungan Quick Qount Sementara Beramal capai 59 persen

Hasil perhitungan cepat yag digelar oleh Script InterMedia-Insert Institute. Beramal masih unggul dengan perolehan suara 59,32 persen sedangkan SBY-Aman mengumpulkan suara 40,68 persen.

Menurutnya, Rudi mengumpulkan 48.045 suara sedangkan Sabirin mengumpulkan 32.945. Suara yang masuk mencapai 80.990 suara.

Total jumlah pemilih di Sinjai sebanyak 161.129 orang. Yang terbagi dalam sembilan kecamatan. ( Sadli/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Rakyat Sinjai Pilih Bupati dan Wakil Bupati Besok

432 Personel TNI-Polri Siap Amankan Pilkada Sinjai

Pasangan Beramal Salah satu kandidat pada Pilkada Sinjai (foto: Sinjai.go.id)

Sinjai, Liputankota- Pilkada Sinjai dijaga sekitar 432 personil TNI-Polri. Pasukan ini terdiri dari aparat Komando Distrik Militer (Kodim) dan Kepolisian Resor (Polres) Sinjai dibantu pasukan pengendalian massa (dalmas) Kepolisian Wilayah (Polwil) Bone.

Polri juga mengerahkan pasukan Brigade Mobil (Brimob) dan Dalmas Polda Sulselbar dilengkapi dengan kendaraan taktis dan water canon. Mereka segera sudah disebar ke seluruh wilayah termasuk fasilitas negara yang dinilai rawan.

Penjagaan di kantor komisi pemilihan umum (KPU) juga mulai diperketat dengan keberadaan brimob. Kantor KPU juga segera dijaga aparat polres mulai menjelang pencoblosan hingga penghitungan suara.

Kepala Polres Sinjai, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Suharyadi Sujono, di ruang kerjanya, Senin (9/6), mengatakan, sebagian petugas polri juga sudah ditugaskan mengawal distribusi suara.

Mengantisipasi berbagai tindakan kriminal menghadapi pencoblosan 11 Juni 2008, Suharyadi mengaku jika polisi tetap konsisten mengamankan situasi 24 jam. Polri mengerahkan 432 personil untuk mengamankan pilkada, baik dari polres, Polwil Bone, serta Dalmas dan Brimob Polda.

Laporan Penyerangan

Pagi harinya, pendukung pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Sinjai nomor urut dua, Sabirin Yahya-Manchu A Baso (SBY-Aman), melapor ke kantor kepolisian resor (polres) setempat, Senin (9/6).

Mereka mengaku dihadang sekelompok orang saat hendak membawa logistik ke salah satu posko pemenangan SBY-Aman di Kecamatan Bulupoddo, dini hari kemarin.

Kepala Polres Sinjai, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Suharyadi Sujono, membenarkan kejadian itu. Pihaknya masih mengejar pelaku penghadangan tersebut. "Siapa pun yang terbukti nanti akan ditetapkan sebagai tersangka," tegasnya. seperti dikutif Tribun.

Aminullah, seorang pendukung SBY-Aman di kantor polres, kemarin, mengungkapkan, penghadangan itu berlangsung di kampung Ilalang, Desa Lamatti Riaja, depan sebuah bangunan kecil yang diduga posko pendukung pasangan Rudiyanto-Massalinri (Beramal).



Selengkapnya...

Gubernur Kaltim : Diminta Para 4 Kandidat Jangan Kerahkan Massa


Samarinda, Liputankota-Gubernur Kalimantan Timur Yurnalis Ngayoh mengimbau empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tidak mengerahkan massanya saat rapat pleno penghitungan suara Pilgub Kaltim di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Selasa (10/6).

Saya selalu sampaikan kepada mereka (calon) tidak mengerahkan massanya saat KPU melakukan penghitungan suara. Ini untuk menghindari agar tidak terjadi perbedaan," kata Ngayoh saat ditemui di kediamannya, Senin (9/6).

Sebaliknya terhadap aparat kepolisian, dia berharap bisa bersikap tegas dalam menjaga situasi Kaltim agar tetap aman dan kondusif. Terutama saat penghitungan suara dan pasca-penghitungan suara. Ngayoh juga sempat mengingatkan, agar para calon jangan merasa menang dalam perolehan suara berdasarkan penghitungan cepat yang dilakukan lembaga survei. Menurutnya, penghitungan resmi dari KPU yang menjadi acuan perolehan suara pilkada.

"Jangan merasa yakin dia sudah menang hanya berdasarkan penghitungan cepat dari lembaga survei. Saya katakan, para calon menahan diri. Tunggulah penghitungan resmi dari KPU," kata Ngayoh, seperti dikutif Tribun Kaltim.

Disinggung adanya perbedaan penerapan UU No 32 tahun 2004 dan UU No 12 Tahun 2008, Ngayoh mengatakan, para cagub jangan menafsirkan sendiri. Undang-undang yang akan digunakan dalam pilkada merupakan kewenangan KPU. "Itu bukan kewenangan pemerintah. Itu sudah masuk wilayah KPU. Tetapi jangan menafsirkan sendiri-sendiri, hanya karena salah satu pasangan sudah menang. KPU akan menentukan berdasarkan pedoman dari pusat," ujarnya.

Secara terpisah, Ketua DPRD Kaltim Herlan Agussalim mengingatkan hasil pertemuan di Jakarta Sabtu (7/6) lalu telah ada kesepakatan empat pasangan calon. Jika sampai 10 Juni fatwa Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK) belum ada, maka KPU melanjutkan tahapan menggunakan UU No 12 Tahun 2008. "Mereka sudah sepakat. Sambil menunggu fatwa MA dan MK, KPU jalan terus tahapannya, kalau tidak akan jadi preseden buruk untuk KPU. Misalnya kalau pakai UU No 32 yang nomor dua pasangan Julu atau Ahad akan kecewa," tambah Herlan.

Kendati demikian, Herlan menilai, perbedaan penafsiran aturan pilkada yang kini tengah menjadi perdebatan menjadi sebuah pembelajaran politik. Semua yang terlibat dalam pilkada harus arif dan bijaksana melihat perbedaan itu. "Ini saya anggap pembelajaran politik yang sangat mahal. Siapapun yang jadi sudah ada garisan tangan dari Tuhan. Saya berharap, demokrasi di Kaltim tetap santun tanpa menimbulkan kerusuhan," ucapnya.

Herlan meminta para pendukung dari empat pasangan calon tidak bertindak anarkis dalam menyikapi hasil penghitungan suara KPU Provinsi Kaltim, Selasa (10/6) ini. "Saya imbau pendukung calon tenang. Saya tegaskan lagi jangan melakukan tindakan anarkis," tegas Herlan, Senin (9/6).


Selengkapnya...

AFI Menang Putaran Pertama Menipis Pada Pilkada Gubernur Kaltim


Balikpapan, Liputankota - Peluang pasangan Awang Faroek Ishak-Farid Wadjdy (AFI) untuk bisa menang satu putaran dalam Pemilihan Gubernur Kaltim 2008 menipis. Pasalnya, dua hari menjelang pleno penghitungan suara akhir pada 10 Juni, Awang masih kurang 87.941 suara untuk memperoleh 435.654 suara atau 30,03 persen seperti klaim tim suksesnya

Berdasarkan data terkini dari situs KPUD, Awang baru meraih 347.713 suara atau 29,13 persen dari total 1.193.705 suara yang telah dihitung. Untuk bisa menang satu putaran, menurut UU 12/2008, Awang harus meraih sedikitnya 30 persen plus satu suara.

Dengan jumlah pemilih tetap yang terdaftar 2.225.965 orang, dan dengan asumsi golput rata-rata 30 persen (667.789), maka suara yang belum masuk sekitar 364.471. Dari suara itu, kemungkinan Awang untuk meraih suara yang dibutuhkan untuk menang satu putaran tidak besar, mengingat suara-suara yang belum masuk tersebut berasal dari daerah-daerah utara yang diketahui sebagai basisnya Jusuf SK.

Hitung-hitungan ini diperkuat pernyataan Noorsyansu Agang, pengamat politik yang juga mantan Ketua KPUD Kaltim. Menurutnya, Awang Faroek Ishak (AFI) akan sulit mendapat suara hingga 30 persen."Kendati perolehan suaranya berada pada urutan pertama, suara yang akan dikumpulkannya tidak akan mencapai angka yang lebih besar. Apalagi empat daerah --yang perolehan suaranya belum final terkumpul-- yakni Bulungan, Berau, Malinau dan Nunukan merupakan daerah utara yang merupakan wilayah yang dekat dengan pengaruh Jusuf SK, " kata Noosyamsu, seperti dikutif Tribun Kaltim.

Sedangkan berdasarkan penghitungan terakhir tim sukses AFI yang tergabung di Koalisi Rakyat Bersatu (KRB) Kaltim, Awang telah dinyatakan menang hanya dengan satu putara karena meraih 435.654 suara atau 30,03 persen (lihat tabel).

Rusman Ya'qub, manajer kampanye tim sukses AFI, menyatakan tetap meyakini pasangan AFI hingga nantinya dilakukan penghitungan secara resmi oleh KPUD Kaltim besok, tetap akan memperoleh 30 persen lebih suara.

"Dan itu tidak hanya berdasarkan perhitungan dari tim sukses AFI saja, menurut lembaga-lembaga independen yang turut membantu perhitungan kami, setelah kami kombinasikan memang mencukupi persyaratan 30 persen tersebut" ujarnya, Minggu (8/6).

Rusman menjelaskan, pengitungan timnya adalah berdasarkan data-data dari saksi yang disebar di TPS-TPS se-Kaltim. Ditambah saksi-saksi dari 14 partai politik pendukung AFI, yang juga turut menyaksikan perhitungan di tiap TPS itu.

"Jadi kalau dikatakan akurasi data, kami berani mempertanggungjawabkannya. Dan ditambah juga ketika dikonversikan dengan data yang dimiliki secara resmi oleh KPUD Kaltim," ujar Rusman dengan tegas.

Ia mengungkakan, tingkat golput (tidak menggunakan hak pilih) di Pilgub ini menurut versi tim sukses AFI adalah 30 persen lebih. "Bahkan menurut penghitungan kami mencapai 40 persen. Karena relatif memang masih banyak bersikap apatis," kata Rusman, Minggu (8/6).

Lantas, bagaimana jika akhirnya berdasarkan penghitungan resmi KPUD Kaltim, menyebutkan AFI tidak memenuhi syarat 30 persen? Rusman mengatakan, selama akurasi perhitungan KPUD bisa dipertanggungjawabkan, maka tim sukses AFI diyakini bisa menerimanya dengan lapang dada. "Makanya kita tunggu saja bagaimana hasilnya, saat rapat pleno KPUD Kaltim hari Selasa itu," ujarnya.

Sementara itu Ketua KPUD Kaltim Jafar Haruna mengatakan yakin bisa menyelesaikan proses penghitungan suara dan mengumumkan pemenang Pilgub Kaltim sesuai jadwal yang telah ditentukan pada Selasa (10/6) besok.

"Kita yakin dong, sesuai dengan yang dijadwalkan sebelumnya. Insyaallah tidak akan ditunda," kata Jafar, kemarin. Menurutnya, sampai saat ini proses penghitungan suara sudah hampir selesai. Namun ia tidak mengetahui pasti tinggal berapa banyak lagi suara yang belum terhimpun di data KPUD Kaltim. "Saya tidak tahu angkanya, tapi yang jelas sebentar lagi selesai," ujarnya.

Ketika ditanya mengenai presentasi angka calon gubernur di KPUD Kaltim dengan hasil pleno KPUD kota/kabupaten yang berbeda, Jafar mengatakan, "Lihat saja nanti, kan belum selesai semua," katanya.(Darwis Katureng)

Selengkapnya...

Tim Panser Taklukkan Polandia 2-0



Austria, Liputan Kota-Jerman mengawali pertandingan perdana di Grup B dengan menaklukkan Polandia 2-0. Raihan tiga angka pasukan Der Panzer (julukan Jerman) menambah panjang deretan kemenangan atas Polandia.

Lukas Podolski menjadi pahlawan Jerman dengan memborong dua gol masing-masing di menit 20 dan 73 pada pertandingan yang digelar di Stadion Wörthersee, Senin dini hari wita.

Dua gol tersebut tercipta melalui kerja sama yang cukup indah. Gol pertama berawal dari Mario Gomez yang menggiring bola sendirian. Selanjutnya, pemain bernomor punggung sembilan itu mengumpan kepada Miroslav Klose yang berlari kencang melewati pemain Polandia.

Sambil berlari, Klose mengumpan bola lagi kepada Podolski yang berdiri tanpa kawalan di daerah kotak penalti. Sekali sentuh, pemain Bayern Munchen ini menjebol gawang Artur Boruc.

Namun, Podolski tidak merayakan golnya dengan suka cita. Usai merayakan dengan rekan-rekannya, raut wajah pemain berusia 23 tahun ini kelihatan bersedih.

Maklum, meski memperkuat Jerman, Podolski sejatinya punya ikatan emosional dengan Polandia. Selain Podolski, masih ada dua pemain Jerman kelahiran Polandia. Mereka itu Klose dan Piotr Trochowski.

Kemudian, Podolski menambah keunggulan Jerman, lagi-lagi lewat kerja sama ciamik dengan Bastian Schweinsteiger dan Klose. Tembakan keras pemain bernomor punggung 20 ini tidak mampu dibendung kiper Artur Boruc.

Sejarah pertemuan kedua tim selalu dimenangkan oleh Jerman. Dari 15 kali sejarah pertemua kedua tim, Jerman tampil superior dengan mengantongi 11 kali kemenangan. Polandia, yang menempati peringkat 28 FIFA, tak pernah sekalipun menang, seperti dikutif Tribun.

Namun, perjalanan Polandia di babak kualifikasi hingga menembus putaran final Euro 2008 sungguh luar biasa. Bialo czerwoni (Si Putih Merah), julukan Polandia, lolos ke Swiss Austria dengan status juara Grup A mengalahkan Portugal.

Dari 14 kali pertandingan, tim besutan Leo Beenhakker ini mengantongi delapan kemenangan, empat hasil seri, dan dua kali kalah.

Jerman tampaknya ingin menyudahi kemenangan dengan skor besar. Buktinya, kendati unggul 1-0, mereka tetap tampil ngotot. Beberapa kali juara Piala Eropa tiga kali ini membahayakan gawang Polandia.

Meski begitu, Polandia tetap melakukan perlawanan sengit. Ketatnya barisan pertahanan Jerman membuat pemain Polandia terkadang frustasi.

Padahal, Polandia juga memiliki sejumlah peluang bagus. Seperti, misalnya, tembakan terarah winger Wojciech Lobodzinski di menit ke-30 yang tepat bersarang di pelukan Jens Lehmann.

Lalu, di menit 35, tendangan Mariusz Lewandowski dari dalam kotak penalti memanfaatkan umpan silang melenceng tipis di sebelah kanan gawang Jerman.

Namun, hingga wasit Tom Henning Ovrebo asal Norwegia meniup peluit pertandingan babak pertama berakhir, Jerman tetap unggul 1-0.

Di babak kedua, penampilan Jerman kembali menggila. Beberapa kali Jerman nyaris menjebol gawang Polandia. Bahkan, Jerman kembali mendominasi jalannya permainan.

Untuk menambah daya dobrak timnya, Jerman melakukan beberapa pergantian pemain. Di babak ini, Jerman mengganti dua pemain, antara lain, Fritz dengan Bastian Schweinsteiger untuk memaksimalkan serangan dari sayap.

Tak mau kalah, Polandia juga menarik keluar tiga pemainnya, termasuk Lobodzinski yang digantikan striker Lukasz Piszczek. Namun, hingga pertandingan berakhir, Jerman tetap mempertahankan keunggulan 2-0 atas Polandia.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

12 Perwira Polda Sulselbar Dimutasi

Burhanuddin Andi Gantikan Genot di Polwiltabes Makassar

Makassar, Liputan Kota- Gerbong mutasi di tubuh Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan kembali bergerak. Sebanyak 12 perwira menengah di jajaran Polda Sulselbar mendapat giliran mutasi.

Dalam rilis yang dikirim Humas Polda Sulselbar AKBP Hery Subiansauri, seperti dikutif Tribun hari ini, kedua belas perwira itu terdiri atas empat perwira dengan pangkat komisaris besar (kombes) polisi. Sisanya adalah para perwira dengan pangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP).

Mereka yang dimutasi itu di antaranya Kapolwiltabes Makassar Kombes Polisi Genot Hariyanto diganti Kombes Polisi Burhanuddin Andi yang sebelumnya menjabat Kapolwil Parepare. Jabatan Kapolwil Parepare untuk sementara masih kosong, s

Genot selanjutnya ke Seslem Secapa. Karolog Polda Kombes Indra Firman dimutasi ke Karolog Polda Metro Jakarta. Direktur Intelijen Polda Sulselbar Kombes Djoko Mukti dimutasi menjabat Dir Intel Polda Jawa Barat.(Irwan/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Laga Perdana, Portugal Kalahkan Turki 2-0



Jenewa, Liputan Kota - Dua gol Portugal mengubur misi balas dendam yang diembang Turki pada partai kedua Grup A Euro 2008 di Stade de Genewa, Swiss, Minggu (8/6) dini hari tadi.

Dua gol yang dilesakkan Meireles dan Pepe membawa Portugal memimpin klasemen. Proses gol pertama diawali umpan one-two dengan striker Nuno Gomez.

Misi balas dendam Turki setelah dua gol Nuno Gomez mengubur impian Emre cs di perdelapan final Euro 2000 silam yang digelar di Belanda.

Pemain bernama lengkap Kleper Laveran Lima Ferreira Pepe memecah kebuntuan timnya. Setelah sejumlah peluang emas anak Portugis ini membentur tiang gawang.

Setidaknya tiga kali shoot, dua di antaranya dari Nuno Gomez, membentur mistar. Memasuki injury time babak kedua, Raul Meireles yang menggantikan Simao pada menit ke-83 melengkapi dominasi anak asuh Luiz Felipe Scholari ini.
Kemenangan ini sekaligus memelihara langkah Ronaldo cs di jalur juara turnamen empat tahunan ini.

Dari segi statistik, Portugal memang diunggulkan memenangkan pertandingan kedua di grup A ini. Dari enam pertemuan sebelumnya, Portugal menang lima kali, sisanya Turki.
Dua pertemuan terakhir di Piala Eropa, Turki tumbang dua kali. Pada Euro 1996, Turki takluk 0-1 di penyisihan grup dan perempat final Euro 2000 dengan skor 0-2.

Satu Striker
Kedua pelatih memainkan formasi sama dengan menempatkan satu striker di depan. Portugal bertumpu pada kecerdikan Nuno Gomes. Sedangkan Fatih Terim mengandalkan striker yang bermain di klub Villareal, Spanyol, Nihat Kahveci.
Federação Portuguesa de Futebol (PSSI-nya Portugal) menempati peringkat ke-11 FIFA. Sementara Turki di posisi 20.

Ini adalah penampilan ketiga sekaligus pertandingan ke delapan Turki di Piala Eropa.
Sementara penampilan Portugal yang kelima kalinya di turnamen ini. Tim ini mencatat prestasi fenomenal saat tampil di partai final pada Euro 2004 yang digelar di kandangnya. Sayang, gol tunggal striker Yunani Angelo Caristheas mengubur impian Scholari menghadirkan gelar juara.

Portugal mengambil inisiatif serangan pada awal babak pertama melalui kekuatan dua sayapnya, Ronaldo dan Simao. Wasit Herbert Fandel memberikan kartu kuning kepada pemain Turki Kazim-Richards setelah mengasari Simao, Seperti dikutif Tribun.

Wasit Herbert Fandel asal Jerman menganulir gol defender Portugal, Pepe, setelah memaksimalkan crossing Simao dari sisi kiri pertahanan Turki pada menit ke-15. Dari tayangan ulang, pemain asal klub Real Madrid ini memang terperangkap offside.

Jalannya Pertandingan
"Ronaldo sejauh ini belum menunjukkan perannya sebagai pemain kunci timnya,” komentar analis BBC Radio, Jan Molby, setelah pemain yang populer dengan CR7 ini beberapa kali terjebak offside yang dipasang defender Turki.

Pemain kelahiran Madeira, Portugal, 5 Februari 1985, ini menjawabnya dengan aksi individu memukau menit 30. Namun tendangannya setelah melewati empat bek Turki melenceng.

Ronaldo kembali mengancam gawang Gobble, julukan Timnas Turki, delapan menit kemudian. Kali ini membentur tiang gawang sebelah kiri.

Keberuntungan menaungi Turki, tembakan Nuno Gomez kembali membentur tiang gawang setelah berhadapan dengan kiper menit ke-51.

Kemenangan ini membuat Portugal memiliki poin tiga bersama Republik Ceko yang mengkandaskan perlawanan tuan rumah beberapa jam sebelumnya. Keduanya akan bertemu 12 Juni mendatang.(Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Mendiknas Canangkan Pendidikan Gratis di Sulsel

Bupati Pangkep Wakili Tujuh Daerah Yang Dapat Mobil Buku Dari Gubernur Sulsel

Menteri Pendidikan Nasional RI, DR. Bambang Sudibiyo

Makassar, Liputan kota-Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo, di Makassar, Jum`at (6/6), mencanangkan dimulainya program pendidikan gratis di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang akan diberikan pada sekitar 1,3 juta siswa SD dan SMP di daerah itu.

Pendidikan gratis khususnya bagi anak kurang mampu untuk jenjang pendidikan tersebut mulai diberlakukan pada tahun ajaran 2008-2009 dan tahun depan pendidikan gratis untuk jenjang SMA/SMK dan MA.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyatakan, program menggratiskan biaya pendidikan bagi anak keluarga kurang mampu ini tidak sulit dilaksanakan sebab 60 persen anggarannya dari Pusat, sisanya 40 persen ditanggung pemerintah provinsi Sulsel dan pemerintah kabupaten/kota melalui APBD Sulsel dan APBD kabupaten/kota, seperti dikutif Gatra.com

Awalnya, program ini akan dilaksanakan pada 11 kabupaten, tetapi pada rapat kerja gubernur dengan para bupati/wali kota belum lama ini, 12 kabupaten lainnya menyatakan mendukung program pendidikan gratis provinsi Sulsel sehingga jadilah 23 daerah yang melaksanakan program itu, ungkapnya seraya menyatakan, ini komitmen tinggi dari Kepala Pemerintahan di daerah yang menginginkan murid SD dan SMP dibebaskan dari biaya pendidikan.

"Jika ada tambahan dana dari Menteri yang dananya dari DAK, pendidikan gratis tingkat SMA dan sederajatnya bisa dilakukan," ujar Syahrul seraya menyatakan, `dirinya akan mempertaruhkan jabatannya demi suksesnya program menggratiskan biaya pendidikan dengan 14 item yang dibebaskan kepada siswa itu.

Bambang mengatakan, wajib belajar (wajar) sembilan tahun merupakan hak dasar rakyat yang diatur dalam amanat UUD `45, meski pun tidak disebutkan pendidikan gratis tetapi wajar tanpa dipungut biaya.

Ini berarti, pemerintah Sulsel telah menindak-lanjuti UU tersebut dengan `menggratiskan` biaya pendidikan sembilan tahun khususnya kepada anak didik yang orang tuanya tergolong miskin, katanya seraya mengungkapkan, kalau program ini sukses dilaksanakan maka akan dijadikan contoh secara nasional.

Karena itu, pihaknya akan menurunkan Tim untuk melihat apakah program pendidikan gratis tersebut berjalan atau tidak, definisi gratisnya bagaimana, peran bupati/wali kota, Diknas setempat menyangkut bagaimana sistem kebijakannya, termasuk dampak disiplin moral dan moril Kepala Sekolah dan Guru daerah masing-masing.

"Kalau berhasil, saya akan memperjuangkan model ini ke Presiden untuk kemudian diterapkan ke seluruh provinsi di Indonesia," kata Mendiknas seraya menyatakan, "Kalau Gubernur Sulsel bersikap akan mempertaruhkan jabatannya dalam program ini maka saya sebagai Menteri juga bertanggungjawab karena ikut menandatangani prasasti pendidikan gratis tersebut, meski pun masa jabatan sebagai Mendiknas tinggal 1,5 tahun".

Bambang menambahkan, akan mendoakan calon kandidat bupati/wali kota dan gubernur yang akan bertarung dalam pilkada tersebut supaya terpilih memimpin daerahnya asalkan `jualan` pilkadanya menyangkut pendidikan.

Pencanangan tersebut ditandai penandatangan perjanjian kerja sama pendidikan gratis antara Gubernur Sulsel dengan para bupati/wali kota se-Sulsel dan penyerahan tujuh unit mobil `buku` (perpustakaan) untuk tujuh daerah kabupaten yang diwakili bupati Pangkep, Syafruddin Nur serta satu unit kapal pengunjung (perpustakaan antar pulau). (Sakkar Rauf/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Burhanuddin Andi Gantikan Genot diPolwiltabes Makassar

Makassar, Liputan Kota - Jabatan Kepala Kepolisian Wilayah Kota Besar (Kapolwiltabes) Makassar kembali segera bergeser. Jabatan Kapolwiltabes Makassar yang dijabat Komisaris Besar Polisi Genot Hariyanto segera diganti oleh Kombes Polisi Burhanuddin Andi

Burhanuddin Andi sebelumnya adalah Kapolwil Parepare. Sebelum di Parepare, Burhanuddin yang juga orang Sulsel ini pernah ditugaskan di Nangro Aceh Darussalam. Pernah pula di Bandung sebagai Wakapolwiltabes.

Sedangkan Genot selanjutnya akan menduduki jabatan di Seslim Secapa Mabes Polri di Sukabumi, Jawa Barat.

Genot yang dihubungi via telepon tadi malam membenarkan pergeseran tersebut.
Ia mengaku sudah mendengar keluarnya telegram rahasia yang mengabarkan mutasi tersebut.

"Saya dengar demikian. Tapi persisnya saya belum baca. Saya baru sebatas dengar saja mutasinya, katanya saya ke Seslim Secapa di Sukabumi," ujar mantan Kapolres Bulukumba itu,seperti dikutif Tribun.

Genot yang juga mantan Kapowil Parepare ini mengaku belum mengetahui pasti kapan jadwal pelantikan dan serah terima jabatan dari Kapolwiltabes Makassar dari dirinya ke Burhanuddin.

"Saya belum tahu kapan pelantikannya. Saya masih tunggu informasinya. Saya selalu siap kapan dan di mana saja ditugaskan," jelasnya.

Menurutnya, mutasi di kalangan Polri adalah hal biasa. Selain dimaksudkan sebagai penyegaran juga sebagai regenerasi.

Burhanuddin tidak bisa dikonfirmasi mengenai hal itu. Pada satu ponselnya, ia tidak menanggapi panggilan. Sementara ponsel lainnya tidak aktif.(Irwan/Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Pangkep Sukses Raih Piala Adipura 2008

Laporan: Sakkar Rauf dan Andi Ahmad

Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo dan Ketua DPRD Prov.Sulsel, Muh. Roem bersama Bupati Pangkep, H.Syafruddin Nur berfoto setelah penyerahan Piala Adipura Tahun ini. ( Foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputan Kota-Dibaruga sigenseri Gubernuran Jumat (6/6), Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo menyerahkan Piala Adipura kepada tiga daerah yakni Kabupaten Pangkep, Wajo, dan Bone, pada kategori peraih sertifikat adalah kabupaten Soppeng dan Barru yang dihadiri para Bupati Kepala Daerah tersebut kecuali Kabupaten Bone yang diwakili Wakil Bupati. A.Idris Pabokori.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI, tahun ini menganugerahkan Adipura bagi Kabupaten Pangkep, untuk periode 2007-2008 kategori kota kecil.

Penyerahan penghargaan tersebut akan disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ,Bupati Pangkep, H.Syafruddin Nur, Bupati Bone, H. Idris Galigo, bersama 23 bupati dari kabupaten lainnya di Istana Negara Jakarta, bertepatan dengan peringatan hari lingkungan hidup sedunia Kamis (7/6).

Sementara itu Bupati Pangkep, H.Syafruddin Nur mengatakan, diperolehnya penghargaan di bidang kebersihan lingkungan itu merupakan keberhasilan seluruh komponen dan elemen warga Pangkep, termasuk kesuksesan dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan sederetan pengunungan karst di Kabupaten Pangkep.

Ia menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang selama ini telah ikut berperan atau berpartisipasi mewujudkan kebersihan dan ketertiban lingkungan, terutama pada sekitar 40 titik pantau penilaian.

Penghargaan sama juga diperoleh Kabupaten Bone, Wajo,Barru dan Kabupaten Soppeng.

Dan Bupati Pangkep, H, Syafruddin Nur yang ditemui Liputan Kota merasa sangat gembira dengan dapat diraihnya Piala Adipura daerahnya tahun ini dan rencana akan diadakan arak-arakan keliling kota Pangkep piala Adipura pada hari Sabtu ( 7/6).( Sakkar Rauf/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Kota Makassar Gagal Lagi Dapat Adipura


Makassar, Liputan Kota- Kota Makassar hingga kini masih tergolong jorok. Ini karena Kota Makassar di bawah nahkoda Ilham Arief Sirajuddin kembali gagal meraih Piala Adipura 2008 yang diumumkan di Jakarta, Kamis (5/6). Presiden mengumumkan pemenang piala bergengsi itu bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup 2008.

Kegagalan ini merupakan kali kedua sejak penganugerahan Piala Adipura kembali digelar sejak 2007 lalu setelah sempat tak diadakan.
Humas Pemerintah Kota Makassar Kasim Wahab mengatakan selama ini pihaknya sudah berusaha maksimal agar syarat untuk meraih Piala Adipura yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dapat dipenuhi.

"Makanya saat mengetahui pengumuman bahwa Makassar tak mendapat Piala Adipura, kami kaget. Selama ini kami sudah bekerja keras membersihkan kota dengan melibatkan pemerintah dan masyarakat Kota Makassar," jelas Kasim, seperti dikutif Tribun.

Kasim mengaku tak mengetahui pasti penyebab kegagalan Makassar meraih piala bergengsi di bidang lingkungan hidup dari Pemerintah Pusat tersebut. Menurutnya, tim dari Kementerian Lingkungan Hidup akan menjelaskan secara detil apa alasan Makassar gagal meraih Adipura.

Untuk kategori kota metropolitan diberikan pada Palembang, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Surabaya, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Kategori kota besar diberikan pada Pekanbaru, Padang dan Batam. Sementara kategori kota sedang ada 28 kota yang menerima penghargaan Adipura dan kategori kota kecil terdapat 57 kota.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Walikota : Diindikasikan Tahun Ini Kota Makassar Gagal Raih Adipura

Prasasti Piala A dipura Kota Makassar Tahun ini Yang diprediksi gagal diraih tahun ini

Makassar,Liputan Kota - Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, menyatakan pesimis Makassar dapat memenuhi standar penilaian Adipura. Tahun ini Kota Makassar diindikasikan gagal lagi meraih penghargaan Adipura.
"Mungkin kita ini tidak akan dapat lagi. Tetapi kita sudah berusaha maksimal membenahi kekurangan kita tahun lalu," kata Ilham usai menjadi pembicara dialog publik di Universitas '45, Makassar, Rabu (4/6).

Menurut Ilham, Makassar sebenarnya sudah memenuhi standar penilaian Adipura. Nilai akumulatif Kota Makassar mencapai 71. Tetapi, tim Adipura dikabarkan meningkatkan grade penilaian hingga 73. Itulah mengapa ia pesimis.

"Kita tunggu saja pengumumannya besok. Mungkin kita memang tidak dapat. Tetapi soal kebersihan kan bukan semata-mata untuk Adipura," kata Ilham. Rencananya pemenang Adipura akan diumumkan hari ini.

Sejak penilaian untuk Adipura diaktifkan kembali tahun 2004, belum pernah sekali pun Kota Makassar memenangkan penghargaan ini. Tahun lalu, Kota Makassar kalah dari Surabaya dan lima daerah di Jakarta yang memiliki masalah lebih komplek dengan jumlah penduduknya yang jauh lebih banyak.

Pada pengumuman Adipura Juni tahun lalu, penilaian Makassar jatuh dalam hal kebersihan drainase dan pasar. Tim penilai menyatakan Pasar Panampu dan Pasar Daya adalah pasar yang dikategorikan sebagai pasar terjorok di Makassar. Dua pasar inilah yang signifikan menggagalkan perolehan Adipura.

Sedangkan Pasar Panakkukang dinyatakan sebagai pasar terbaik bersama Pasar Baru. Pasar Baru dinilai rapi karena memang belum banyak ditempati pedagang. Sedangkan Pasar Toddopuli dikategorikan sehat karena pengelolaan sampah yang baik.( Tribun/ Zaenal Arifin)


Selengkapnya...

Rakyat PPU Kaltim Lahirkan Pemimpin Baru, Andi Harahap- Mustaqim Dilantik 31 Juli

Balikpapan, Liputan Kota-Dalam pleno kemarin, KPUD menjumlahkan hasil penghitungan yang dilakukan oleh masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK). Hasil rekapitulasi itu menempatkan pasangan Andi Harahap-Mustaqim MZ sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih.


Dari hasil penghitungan PPK yang dirangkum oleh KPUD, pasangan Yusran Aspar-Susianto mendapatkan 22.495 suara. Lalu, pasangan Ihwan Datu Adam-Nursyamsa Hadis mendapatkan 13.475 suara, pasangan Abdul Mutalib-Imam Sujius dengan 6.118 suara, dan pasangan Andi Harahap-Mustaqim MZ mendapatkan 27.799 suara.

Total suara yang sah 69.869 suara dan suara tidak sah 2.738. Dengan angka seperti itu, maka warga yang tidak menggunakan hak pilihnya dengan beragam alasan sebanyak 21.321 dari 93.928 pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Dengan pleno itu, maka sudah diketahui pemenang dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di PPU,” kata SabudinMustaqimusai pleno kemarin.

Sabudin juga sempat mengatakan, langkah yang akan dilakukan usai pleno adalah menyiapkan proses pelantikan kepala daerah terpilih yang direncanakan 31 Juli 2008, sesuai masa akhir jabatan kepala daerah periode 2003-2008. Pasangan Andi Harahap-Mustaqim MZ akan memimpin hingga 31 Juli 2013.

“Kami juga sedang menyiapkan proses pergantian antar waktu (PAW) untuk Pak Andi (Harahap). Kita tunggu berkas dari Golkar,” kata Sabudin. Sebagaimana diketahui, Andi Harahap sebelum mencalonkan diri adalah ketua DPRD PPU. (Kaltimpost/Darwis Katureng)

Selengkapnya...

Longsor di Sinjai Tengah Ancam 50 Rumah

Sinjai, Liputan Kota -Longsor juga mengancam sekitar 50 rumah di Dusun Halimping, Desa Saotanre, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, akibat guyuran hujan deras di daerah itu beberapa hari terakhir. Sebagian rumah warga retak dan tidak layak dihuni akibat ancaman longsor tersebut

Untuk mengantisipasi terjadinya longsor, pemerintah setempat mengevakuasi warga ke gedung sekolah, Selasa (4/6), malam. Proses evakuasi berlangsung hingga, Rabu (5/6), dini hari. Pemerintah mengaku telah menyerahkan bantuan tenda, makanan, dan obat-obatan kepada warga pengungsi.

"Kita evakuasi warga yang mau saja. Sudah ada sebagian yang ditampung di salah satu gedung sekolah karena rumah mereka terancam longsor. Ada empat rumah yang retak di bagian lantai dan dinding," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa Sinjai, Awaluddin, kemarin, seperti dikutif tribun.

Sebagian rumah lainnya juga dalam kondisi terancam longsor, meski tidak retak. Menurut Awaluddin, sebagian warga lainnya yang menghuni rumah itu juga bersedia dievakuasi karena mengaku trauma dengan bencana banjir dan tanah longsor yang sempat melanda daerah itu, Juni 2006 lalu.

Menurut dia, proses evakuasi dihadiri langsung Bupati Sinjai, Andi Rudiyanto Asapa, sebagai Ketua Satuan Pelaksana Pengendali Bencana dan Pengungsi (Satlak PBP) Sinjai. Evakuasi itu juga dihadiri aparat terkait.

Ancaman longsor juga melanda sedikitnya 47 rumah di tiga dusun di Desa Polewali, Kecamatan Sinjai Selatan, awal pekan ini. Sebagian warga sudah dievakuasi ke tempat yang aman dan diberikan bantuan makanan. Beberapa ruas jalan desa juga tampak retak dan terancam longsor.

Sementara, bencana longsor sempat menutupi jalan raya dan memutus akses Sinjai-Makassar via Malino. Beberapa titik longsor terjadi di Gantarang, Sinjai Tengah, dan Turungang Baji, Sinjai Barat.

Material longsoran berhasil dibuka oleh warga dengan peralatan seadanya, sehingga jalur transportasi darat di daeah itu kembali lancar.(tribun/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Pesta Euro 2008 Hadirkan Kiper Terbaik Dunia

Laporan: tribun-timur.com
Salah satu kiper terbaik dunia (Gianluigi Buffon)Italia akan tampil di Euro 2008 (Foto : Berita Bola.com)

Austria Swiss,Liputan Kota-Pagelaran Euro 2008 tak hanya menghadirkan bomber-bomber maut, tapi juga deretan kiper hebat. Empat di antaranya berstatus terbaik, yaitu Gianluigi Buffon (Italia), Edwin van der Sar (Belanda),Petr Cech (Republik Ceko), dan Iker Casillas (Spanyol).

Selain sukses bersama klub masing-masing, mereka sudah mendapat pengakuan dengan menyandang berbagai penghargaan individu sebagai kiper terbaik (lihat, data diri).
Tak hanya bertugas sebagai benteng terakhir, mereka juga memiliki peran penting dalam tim. Mereka dipercaya sebagai kapten yang bertugas sebagai pemimpin.

Van der Sar dan Casillas sudah positif memegang ban kapten. Buffon kini menjadi kandidat kuat setelah Kapten Italia Fabio Cannavaro divonis absen karena cedera. Sementara Cech menjadi kapten kedua setelah Tomas Ujfalusi.

Mereka pun memendam ambisi besar di Austria-Swiss. Tak tanggung-tanggung, gelar Henri Delaunay --mahkota Piala Eropa-- menjadi target utama.

Jika berhasil membawa timnya juara, tentunya gelar kiper terbaik Eropa bahkan Dunia bakal menjadi milik mereka. Sebuah kebanggaan tiada tara sepanjang hidup.

"Meninggalkan jejak (prestasi) akan sangat memuaskan saya, anak-anak saya, keponakan, dan semua orang di masa yang akan datang. Jika itu menjadi kenangan indah buat mereka, saya akan bangga meski sudah meninggal dunia," ujar Buffon dikutip Goal.

Buffon sudah pernah merengkuh gelar Piala Dunia tahun 2006. Tapi belum pernah menjuarai Euro. "Karenanya saya ingin memenangi Euro tahun ini supaya dikenang fans," ungkapnya.

Sementara Van der Sar ingin menjadikan gelar Euro 2008 sebagai kado perpisahan. Akhir tahun lalu, kiper berusia 37 tahun ini sudah mengumumkan pensiun dari tim De Oranje usai gelaran Euro 2008.

Musim ini, Van der Sar tampil gemilang dengan membawa Manchester United meraih gelar Liga Champions dan Liga Inggris. Pemegang caps terbanyak di timnas Belanda (123 laga) ini pun bertekad melengkapinya dengan gelar Euro 2008.

Casillas juga sangat berharap Spanyol bisa meraih sukses besar selama Euro. Kiper trebaik Liga Spanyol 2008 ini menyatakan Spanyol takkan terkalahkan selama fase grup.

Bursa taruhan menempatkan Tim Matador sebagai unggulan kedua untuk menjuarai Euro 2008. Spanyol hanya sekali juara Piala Eropa di tahun 1964.
"Kondisi sekarang sudah berubah. Kami memiliki jiwa kebersamaan, meski kita kadang bersaing di lain waktu. Ini modal kami untuk juara," kata Casillas kepada El Mundo Deportivo.

Ambisi besar diusung Cech. Selain mengharumkan negaranya, ia ingin menjadikan gelar Euro 2008 sebagai pelampiasan sakit hati atas kegagalannya di final Liga Champions bersama klubnya Chelsea.

"Sekarang konsentrasi saya adalah tantangan berikutnya di Euro. Saya percaya bisa juara yang penting kami disertai keberuntungan," ujar Cech seperti dilansir situs UEFA.

Siapakah yang akan menjadi terbaik? Semuanya memenuhi syarat. Yang pasti, jangan pernah lewat aksi-aksi gemilang mereka saat menghadang serangan lawan! (Tribun Timur)


Selengkapnya...

Syawal Sosialisasikan Kota Santri di Bantaeng


Makassar, Liputan Kota - Tekad kandidat Wakil Bupati Bantaeng, Samhi Muawan Djamal, mewujudkan Bantaeng Kota Santri terus disosialisasikan. Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar, ini mengaku sudah sosialisasikan program ini ke para preman di Bantaeng.

"Alhamdulillah, banyak teman-teman yang siap bergabung berjuang bersama kami setelah mendengar konsep saya tentang kota santri. Dakwah memang sebaiknya dilakukan di tempat orang-orang preman. Kalau berdakwah di masjid itu sudah biasa," kata Muawan, Sabtu (31/5).

Di Pilkada Bantaeng, Muawan berpasangan dengan Kepala Dinas Pariwisata Sulsel, Syahlan Solthan. Paket ini mendapat nomor urut I. Paket ini memperkenalkan tagline, 1 Syawal (Syahlan-Samhi). Pasangan ini diusung PAN dan PDIP.

Untuk mewujudkan hal itu, Muawan mengaku telah menyusun beberapa langkah. Langkah pertama membangun di delapan kecamatan di Bantaeng. Pembangunan dan operasional pesantren ini bersumber dari APBD. Langkah kedua, meningkatkan insentif guru mengaji dan memberi insentif bagi para imam kampung.

Perhatian Muawan ke pesantren karena dia sadar bahwa sekolah madrasah dan pesantren lebih 20 persen dari total lembaga pendidikan di Indonesia, sementara alokasi dana yang disiapkan pemerintah pusat hanya 12 dari total dana pendidikan (20 persen).(Tribun/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Sinjai Banjir Lagi, Warga Mengungsi

Suasana Warga yang sedang mengungsi di Kelurahan Birengere Sinjai ( foto:Tribun Timur)

Sinjai, Liputan Kota-Air sungai Manggottong meluap dan merendam ratusan rumah warga di kelurahan Biringere, Sinjai Utara, malam tadi. Meluapnya air sungai disebabkan hujan yang mengguyur Sinjai seminggu belakangan ini.Warga di lingkungan Biringere dan Lompu, Kelurahan Biringere memilih mengungsi. Mereka khawatir, banjir bandang dua tahun lalu di tempat ini kembali terjadi.

Salah seorang warga bernama Amir mengaku bahkan sudah mengungsikan beberapa barang-barangnya di rumah keluarganya. Ia dan beberapa tetangganya memilih untuk berjaga-jaga, khawatir air terus meluap.

“Baru kali ini air sungai meluap sampai lutut orang dewasa dan masuk di rumah. Baru kali ini juga terjadi air sungai meluap sejak banjir bandang dua tahun lalu. Waktu banjir bandang itu, airnya kira-kira empat meter. Sekarang air sudah mencapai paha orang dewasa di lingkungan Mattoanging,” ujarnya, malam tadi.

Hal senada juga diungkapkan warga Biringere lainnya, Herman. Ia dan sebagian warga di lingkungan Biringere telah mengungsikan barang-barangnya di rumah keluarganya di pegunungan.

Sementara itu dari pantauan Fajar, beberapa rumah di lingkungan Biringere sudah kosong ditinggalkan pemiliknya. Luapan air sungai juga sudah menggenangi ratusan rumah di Lingkungan Lompu.

Warga terus berjaga-jaga, khawatir kejadian banjir bandang yang melanda ibukota kabupaten berlambang kuda dua tahun lalu itu kembali terulang tahun ini.

Air sungai yang meluap juga sudah merendam SD 149 Jl Teratai, SD 125 Jl Agus Salim, SD 05 Jl Amanagappa. Dilaporkan, ketinggian air di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa sudah mencapai satu meter. Akibatnya, aktivitas warga di TPI Lappa lumpuh total.

Seorang ibu di Lingkungan Lompu, yang enggan menyebutkan identitasnya dengan nada bercanda menuturkan bahwa pemerintah juga perlu segera menguncurkan Bantuan Lansung Banjir (BLB). Ia mengaku rumahnya sudah tergenang air luapan sungai.

Ketua Satkorlak Sinjai, Rudiyanto Asapa yang mendapat kabar air sungai meluap dan menggenangi ratusan rumah warga, langsung turun ke lokasi memantau ketinggian air di lingkungan Lompu, Kelurahan Biringere, malam tadi. Ketinggan air sudah mencapai satu meter di rumah warga yang berada di pinggir sungai.

Rudi mengimbau warga untuk terus waspada bila hujan terus mengguyur. Ia juga menegaskan sudah ada tiga titik rawan banjir yang terus dipantau dan warga diharuskan dievakuasi.

Tiga titik rawan banjir tersebut, di antaranya Lingkungan Biringere dan Lompu. Ia juga meminta untuk mengantispasi terulangnya kejadian banjir bandang dua tahun lalu.

Rudi mengaku sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk mengevakuasi warga di tiga titik lokasi rawan banjir.

“Kondisi geografis Sinjai menyebabkan Biringere jadi langganan banjir tiap tahun. Untuk itu, solusi yang sedang dipikirkan pemerintah adalah membangun tanggul,” ujarnya di sela-sela kunjungannya di lingkungan Lompu, malam tadi.

Ia merinci, untuk membangun tanggul sepanjang puncak hingga muara laut diperkirakan membutuhkan dana kurang lebih Rp600 miliar. Hal ini, katanya, akan menjadi prioritas pemerintah ke depan agar bisa mengurangi ancaman bencana alam
seperti banjir bandang di Sinjai.

Sementara itu, kandidat calon bupati Sinjai, Sabirin Yahya, malam tadi mengungkapkan Sinjai menjadi langganan banjir tiap tahun, lebih disebabkan maraknya aksi illegal logging.

Mantan Kadis Perindag-PM Sinjai ini menuturkan, illegal logging di kawasan pegunungan Sinjai sangat marak sehingga limpahan air dari gunung tak bisa dibendung.

Selain di kota Sinjai, banjir juga terjadi Sinjai Tengah. Jalan poros yang menghubungkan Sinjai dengan Malino, Kabupaten Gowa, juga longsor akibat hujan deras yang seharian terus mengguyur wilayah ini, Sabtu, 31 Mei.

Lokasi longsor tepatnya berada di desa Gantarang, Kecamatan Sinjai Tengah. Akibatnya jalan sepanjang lima meter rusak parah (longsor, red) tergerus air dengan kedalaman lutut orang dewasa. Praktis jalan poros Sinjai -Malino lumpuh. Kendaraan roda empat tak bisa melintas di jalan tersebut.

Seorang warga Gantarang, Amir, mengatakan baru kali ini air yang berasal dari gunung begitu deras menghamtam jalan poros, sehingga terjadi longsoran. Untungnya, tak menimbulkan korban jiwa. Ia memperkirakan longsor mulai terjadi kira-kira pukul 16.45 Wita, kemarin, seperti dikutif Fajar.

Sejak longsor terjadi, belum ada upaya pemerintah setempat turun tangan mengatasi longsoran di jalan poros. Baru sebatas warga yang bahu membahu mengatasi longsoran.

“Dengan longsor ini, praktis jalur transportasi Sinjai-Malino lumpuh. Mobil tak bisa lewat. Orang mesti berhati-hati karena kedalaman bekas gerusan air sampai lutut orang dewasa,” ujarnya.

Ia khawatir, bila hujan deras terus mengguyur wilayah ini, maka potensi longsor bisa semakin parah, mengingat derasnya gerusan air dari gunung ke badan jalan.

Komandan Kodim (Dandim) 1424 Sinjai, Letkol Inf Rifky Nawawi membenarkan terjadinya longsor. Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, titik longsor terjadi di dusun Mattirowalie Desa Gantarang, Sinjai Tengah sekira pukul 18.30 Wita.

“Longsor terjadi kira-kira 10 meter di badan jalan, sehingga praktis kendaraan roda empat tak bisa lewat,” ujarnya kepada wartawan.


Banjir di Bantaeng


Dari Bantaeng dilaporkan, banjir merendam dua kecamatan. Kedua kecamatan yang dilanda banjir itu, yakni Kecamatan Bantaeng dan Bissappu, Sabtu, 31 Mei. Akibat banjir yang terjadi itu, ratusan rumah penduduk terendam dan sejumlah fasilitas umum lainnya.

Informasi yang diperoleh dari salah seorang warga Bantaeng, Irwan, luapan air akibat hujan deras itu mulai terjadi sekira pukul 12.00 Wita. Beberapa fasilitas umum yang terendam banjir itu,

seperti Pasar Sentral Baru Bantaeng, Kecamatan Bantaeng, dan Pasar Tua Tappajeng, Kecamatan Bissappu. Beberapa fasilitas umum seperti sekolah juga dilaporkan terendam.

Dari sejumlah wilayah yang direndam banjir itu, Desa Garegea dan Desa Pulau Kayangan merupakan daerah yang terparah dilanda banjir. Bahkan, ketinggian air ada yang menghampiri lantai rumah panggung milik warga setempat, atau ketinggian air sekitar 2 meter.

Selain mengakibatkan ratusan rumah terendam banjir, pusat pertokoan di sekitar Pasar Sentral Bantaeng juga terkena dampaknya.

Banjir yang merendam ratusan rumah warga itu, mengakibatkan saluran pembungan air di daerah itu, tidak bisa lagi menampung air akibat hujan deras dan meluap ke kawasan rumah penduduk. Meski dipastikan mengakibatkan kerugian meteril hingga ratusan juta, namun hingga saat ini belum dilaporkan adanya korban jiwa.

Menurut keterangan dari warga setempat, hujan deras itu mulai terjadi sejak pagi kira-kira pukul 06.00 Wita secara terus menerus hingga pukul 14.00 Wita. “Hujan deras itu disertai petir,” ujar Irwan.

Beberapa kelurahan yang direndam banjir di dua kecamatan itu, antara lain; Kelurahan Tappangen, Bonto Atu, Bonto Lebang, Bonto Rita, dan Bonto Sunggu, Kecamatan Bissappu. Sedang di Kecamatan Bantaeng, Kelurahan yang terendam, antara lain; Garegea, Tappajeng, dan Palantikan.

Bahkan, sepanjang jalan poros Bantaeng-Makassar antara Tangga-tangga-Bissappu ketinggian air antara 50 cm hingga satu meter. Ketinggian air jalan poros provinsi itu, sempat mengakibatkan arus lalulintas baik dari dua arah mengalami kemacetan.

Meski begitu, kemacetan lalulintas itu tidak berlangsung lama setelah air dilaporkan mulai surut.

Meluapnya pembuangan air di Kota Bantaeng itu, juga nyaris merendam rumah jabatan Bupati Bantaeng, Azikin Solthan. Beruntung, rumah jabatan tersebut lebih tinggi di banding rumah penduduk setempat hingga tidak sampai merendam rumah jabatan.

Namun informasi yang diperoleh, saluran air di sekitar rujab sudah mulai meluap. Informasi yang diperoleh, banjir sudah mulai surut setelah hujan reda.
Sementara di Bone, banjir merendam empat kecamatan di Bone, Sabtu, 31 Mei.

Keempat kecamatan yang terendam, masing-masing, Sibulue, Cina, Barebbo, dan Tanete Riattang. Di Tanete Riattang, banjir menggenangi ruas jalan Agussalim.

Beberapa rumah yang tinggal di bagian belakang Jl Agussalim, sempat tergenang hingga ke dalam rumah. Anak-anak, juga tampak berenang di ruang tamu salah satu rumah. Mirah, salah seorang warga yang ditemui kemarin mengungkapkan, banjir sudah menjadi langganan mereka setiap hujan mengguyur.

“Kami minta pemerintah segera merealisasikan janjinya, membangun lorong dan saluran air. Kami sudah capek, terus-menerus dihantam banjir,” papar Mirah.

Sementara itu, di Sibulue dan Cina, puluhan hektare sawah ikut tergenang banjir. Demikian pula, areal perumahan rumah warga. Bahkan, di Desa Walenreng Cina, SD Inpres 6/75 Walenreng, digenangi banjir.

Aswar, siswa kelas tiga SD Inpres 6/75 Walenreng mengemukakan, banjir menggenangi sekolahnya beberapa hari terakhir ini, setiap hujan turun. Bahkan, air juga sempat
masuk ke dalam kelas. Akibatnya, lanjut Aswar, pelajaran mereka sering terganggu.

Air juga menggenangi Pasar Apala di Kecamatan Cina. Nasir, salah seorang warga mengungkapkan, banjir tersebut terjadi akibat buruknya drainase di lingkungan tempat tinggalnya tersebut.(Fajar/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

FGII Adakan Workshop Peningkatan Mutu Guru

Laporan: Andi Ahmad
Walikota Makassar Ilham Arif Sirajuddin Akan membuka workshop ini

Walikota Makassar Akan Membuka Workshop Hari Ini

Makassar, Liputan Kota- Setelah Gubernur Sulawesi Selatan mencanangkan program pendidikan gratis di provinsi Sulawesi Selatan, maka pada daerah kabupaten dan kota tidak mau ketinggalan, satu persatu para kepala daerah (Bupati) akan mendukung program yang akan dilaksanakan orang nomor satu diprovinsi ini.

Pemkot Makassar pada pelaksanaan program pendidikan gratis merupakan jajaran pemerintah kota yang dalam wilayah provinsi Sulawesi Selatan yang sangat mendukung program ini, Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin bersama dengan instansi terkait sudah jor-joran melakukan sosialisasi progam ini, bahkan dalam menghadapi penerimaan siswa baru tahun ajaran ini mulai Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) pihak sekolah dilarang memungut uang pendaftaran bagi siswa yang ingin masuk disekolah yang bersangkutan.

Namun program pendidikan gratis tidak mungkin dapat dilaksanakan dengan baik tanpa didukungan dengan peningkatan kualitas dan mutu guru yang mengajar, maka dengan hal ini Forum Guru Independen Indonesia (FGII) Kota Makassar melaksanakan Workshop dan pelatihan yang diikuti oleh sekitar 1500 guru se kota Makassar , Jumat (30/5) di gedung Lestari 45 Makassar, kata Sekertaris FGII Kota Makassar Muh Ahyar.

Menurut Muh Ahyar, pelaksanaan workshop ini yang mengambil tema “ Mengukur Profesionalisme Mutu Guru dengan Sertifikasi”, sangat membantu para guru dalam melaksanakan tugas sehari-harinya dalam mengajar, sekarang mutu guru dalam mengajar sangat ditentukan dalam mendapat sertifikasi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat yakni Departemen Pendidikan Nasional RI sehingga nantinya seluruh guru di daerah akan mendapatkan sertifikasi dan itu dapat menunjang kegiatan belajar mengajar dan peningkatan kesejahteraan para guru itu sendiri, ujarnya.

“ Workshop ini akan dibuka oleh Walikota Makassar, dan rencana akan mengukuhkan pengurus FGII kota Makassar yang ada pada seluruh Kecamatan di kota ini, dan acara ini akan berlangsung satu hari, “ jelas Muh. Ahyar didampingi Ketua FGII Kota Makassar A. Anwar Pallime, dengan panitia workshop, Rizal Noma. ( Andi Ahmad )
Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom