Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Wakil KSAU Heran Jatuhnya Cassa


Jakarta,Liputankota-Penyebab jatuhnya pesawat Cassa N212 ke dalam jurang lereng Gunung Salak, Bogor, Kamis (26/6) mengakibatkan 18 penumpangnya tewas, hingga kini masih menjadi misteri. Ada sesuatu yang aneh dan untuk itu harus dilakukan penyelidikan. Dugaan adanya misteri dibalik jatuhnya pesawat Cassa N212 tersebut diungkapkan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Madya I Gusti Made Oka.

Mengaku heran dengan musibah itu. Apalagi, kata Oka, ketika dalam penerbangan secara tekhnis pesawat tidak mengalami masalah dan didukung cuaca yang bagus. Pendek kata, semuanya dalam kondisi baik.

"Sejauh ini pesawat tidak ada masalah, semua dalam kondisi baik. Karena itulah TNI-AU akan mengevaluasi kasus ini. Mengapa? Karena ada beberapa hal yang aneh. Kondisi pesawat bagus, cuaca juga baik. Semuanya ini akan dievaluasi dengan lengkap," katanya, Minggu (29/6) di lapangan Kampung Curug Luhur, Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Bogor.

Untuk mengungkap misteri penyebab jatuhnya pesawat, pihak TNI AU akan meminta bantuan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) agar segera melakukan penyelidikan. Apalagi, KNKT mempunyai kemampuan yang tidak dimiliki TNI AU untuk membantu melakukan investigasi. Ditegaskannya, misi pemotretan udara dalam penerbangan adalah sebuah misi yang aman. Dengan melibatkan KNKT, diharapkan misteri itu bisa terungkap. Menurut informasi, pesawat Cassa bermarkas di Skadron 4 Pangkalan Udara Abdulrahman Saleh, Malang, Jawa Timur, selama ini tidak dilengkapi kotak hitam (black box). Hal itu juga diakui Oka. Alasannya, ada beberapa jenis pesawat yang perlu memiliki kotak hitam dan ada juga yang tidak, apalagi kalau pesawat itu adalah pesawat militer.

Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Muda Edy Harjoko ketika ditemui wartawan di helipad darurat di Kampung Cibitung, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat, Minggu mengatakan hal serupa. "Pesawat tempur AU ini tidak dilengkapi kotak hitam," katanya,seperti dikutif tribun kaltim.

Pesawat naas itu adalah buatan Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) --sekarang berubah nama menjadi PT Dirgantara Indonesia. Dugaan sementara penyebab kecelakaan, pesawat kemungkinan lepas kendali saat melakukan penerbangan. "Sehingga dia susah untuk mendarat darurat karena posisinya tidak memungkinkan untuk mendarat. Akibatnya pesawat sebelum jatuh ke jurang, membentur pohon-pohon besar di sekitar jurang."

Diakuinya ada beberapa kendala untuk melakukan investigasi, diantaranya kondisi alam di sekitar dan keadaan pesawat yang sudah tidak utuh lagi serta tidak adanya saksi karena semua kru dan penumpang tewas.

Di tempat terpisah Kapuspen TNI Sagoem Tamboen menjelaskan, meski pesawat naas itu tidak dilengkapi dengan black box, namun pesawat memiliki lock box, semacam alat untuk menyimpan data-data pemeliharaan di hanggar. Penggunaan kotak ini sudah sesuai dengan standar militer. "Kalau di pesawat militer tidak menggunakan black box, tapi lock box. Tidak seperti pesawat komersial," kata Sagoem Tamboen di hanggar Skuadorn 17 Halim Perdanakusuma.

TNI AU juga akan membentuk tim yang ditugaskan menyelidiki penyebab kecelakaan selama tiga bulan. Kerja panitia penyelidik akan tergantung kepada lock box. Kotak itu kini masih terus diselidiki untuk mengungkap detik-detik terakhir percakapan di cokpit pesawat sebelum pesawat itu hilang dari radar. "Kita mengumpulkan bahan-bahan untuk penyelidikan. Lock box sudah ditemukan. Kita bisa mendapatkan data," tambah Sagoem.

Suasana haru mewarnai Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (2/6). Hari itu ada 12 peti jenazah yang diselimuti bendera merah putih. Hujan tangis sontak meledak, terutama dari para anggota keluarga korban yang sejak pagi sudah berada di Halim menunggu kedatangan jenazah saudaranya.

Kasau Marsekal TNI Soebandrio dan Panglima TNI Djoko Santoso sempat menyalami dan mengucapkan turut berbela sungkawa kepada para keluarga yang ditinggalkan. Upacara pelepasan terhadap 12 jenazah anggota TNI korban kecelakaan pesawat Cassa N212, dimulai pukul 19.45 WIB.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istrinya juga turut menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga korban melalui KSAU. "Bapak Presiden dan Ibu Negara berharap agar keluarga korban dapat menerima musibah ini dengan tabah," kata Marsekal TNI Soebandrio.

Usai upacara, satu-persatu peti jenazah dimasukkan ke dalam pesawat yang akan membawanya ke daerah masing-masing --Malang, Yogjakarta, Solo dan Madiun-- dengan menggunakan empat pesawat Hercules. Selain Hercules, TNI AU juga menyiapkan Pesawat CN 235 untuk mengangkut jenazah Letkol Wahyu Hidayat, Kapten Pnb Agung Priantoro dan Lettu (Sus) Ronald Fuar ke Bandung, Jawa Barat.

Sementara Jenazah Pelda Agus dan Lettu Pnb Febi Fitrian dibawa ke Cirebon dengan jalan darat. Dua jenazah lainnya Letkol (Sus) Supriyadi dan Kol (Sus) AS Jafara dibawa dengan ambulans ke rumah duka di Jakarta untuk dimakamkan di TMP Kalibata. (Wawan/AA.Effendy)

Selengkapnya...

44 Tahun Penantian Gelar Juara, Matador Sukses di EURO 2008



Wina,Liputankota- Raja Spanyol Juan Carlos sangat menikmati kejayaan negaranya di Euro 2008 di Wina, Minggu (Senin dinihari WIB), yang menjadi gelar pertama mereka dalam turnamen besar setelah menanti 44 tahun.

"Kami pernah menderita, tapi akhirnya semua terbayar," kata sang Raja.

Ditemani Ratu Sofia, ia menyaksikan laga final dimana tim yang dilatih Luis Aragones itu menundukkan Jerman 1-0 di Stadion Ernst Happel, Wina, berkat gol tunggal penyerang Fernando Torres.

"Ini adalah momen bagi kami bangsa Spanyol untuk bersatu karena ini adalah kemenangan untuk semua," ujar Raja Juan Carlos.

Sang Raja juga sejenak melupakan tata krama protokoler ketika ia melompat gembira untuk merayakan gol yang dicetak Torres.


"Selamat untuk semua warga Spanyol. Ini saatnya merayakan kemenangan luar biasa ini," tandasnya.


Kejayaan Pertama Era Demokrasi


Sementara itu Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero menggarisbawahi bahwa kemenangan tersebut adalah keberhasilan pertama tim sepak bola Spanyol di era demokrasi.


"Saya yakin saya adalah perdana menteri pertama dalam era demokrasi yang menjadi saksi sebuah keberhasilan," kata Zapatero yang juga menyaksikan langsung pertandingan di Wina.

Inilah.com melansir bahwa Gelar pertama Spanyol pada sebuah turnamen besar sebelumnya terjadi pada 1964, ketika mereka merebut gelar juara Eropa di negeri sendiri.

Pada final turnamen tersebut mereka mengalahkan Uni Soviet 2-1 di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, dan disaksikan langsung oleh diktator Francisco Franco, yang berkuasa di Spanyol dari 1939 hingga kematiannya 36 tahun kemudian.

"Generasi saya berhak untuk melihat tim nasional sepak bola merebut gelar juara," ujar Zapatero.

"Yang terbaik akan segera datang. Sekarang kami harus ke Piala Dunia," tambahnya.

Zapatero ikut masuk ke ruang ganti untuk merayakan kemenangan tersebut bersama para anggota tim Spanyol.

"Mereka sangat bahagia, terharu, dan berteriak riang untuk Spanyol," ujarnya.[Andi Ahmad)


Selengkapnya...

SIM Cerdas Kado Ultah Bhayangkara Ke-62 Untuk Masyarakat Indonesia

Satuan Polisi lalulintas Siap Sukseskan pelaksanaan pemakaian SIM Cerdas di Indonesia.

Jakarta, Liputankota- Pada bulan Juli 2008 ini Kepolisian Republik Indonesia usianya genap 62 tahun, ibarat pada umur manusia, Kepolisian atau bhayangkara sudah tua usianya dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum dinegeri ini. Dihari ulang tahunnya ke 62 Kepolisian RI memberikan kado ultah kepada masyarakat Indonesia khususnya bagi pengendara roda dua dan pengemudi yakni diluncurkannya SIM (Surat Izin Mengemudi) SIM Cerdas yang akan diluncurkan bertepatan dengan HUT (Hari Ulang Tahun) Bhayangkara ke 62.

Tak hanya memuat foto diri, data tinggi badan, golongan darah, sidik jari, dan alamat pemilik, SIM ini juga bisa memuat data tambahan.
Seperti jenjang pendidikan, bahkan data spesifikasi mesin kendaraan yang Anda gunakan.

Dan data diri itu semuanya tersedia dalam bentuk digital dan online, alias bisa diakses di seluruh Indonesia. Tapi bukan data digital itu yang membuatnya diberi nama smart driver license. Bagi polisi lalu lintas, SIM ini akan menjadi parameter seberapa patuh Anda dalam berlalu lintas.

Dengan SIM ini, Anda tak bisa lagi ngebut diam-diam, dan kepada polisi lantas Anda mengaku sebagai pengemudi patuh.

"Berapa banyak pelanggaran lalu lintas telah dilakukan dan akumulasi poin dari seluruh pelanggarannya," Kepala Sub Seksie SIM, Polda Metro Jaya, AKP Arsal sambil mendemontrasikan kecanggihan SIM baru itu dalam pameran Inovasi Pelayanan Aparat Negara di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (27/6),seperti dikutif tribun.

Jika masa berlaku SIM konvensional dan masa berlakunya yang rata- rata lima tahun, maka sim cerdas ini bisa lima hari, atau bahkan kurang. Jika poin pelanggaran sudah mencapai 21, maka SIM dicabut. " Pengemudi harus ikut ujian lagi untuk mendapatkan SIM baru," kata AKP Arsal.

Poin itu disesuaikan tingkat pelanggaran. Misalnya, menerobos lampu merah akan mendapat "'poin" 10, atau menerobos tanda larangan lima poin, dan jenis pelanggaran lainnya.

Sebetulnya, awal dekade 1990-an Polri pernah memperkenalkan model hukuman seperti ini. Namun, teknologinya masih sangat sederhana. Polisi lalu lintas kala itu dibekali alat coblos seperti pembocor karcis di kereta api.

Jika SIM sudah lima kali dicoblos, maka si pemilik harus bermohon ulang.

Untuk sementara, SIM ini baru resmi diujicobakan di wilayah kerja Polda Metro Jaya. Artinya, pemilik SIM yang bermukim di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). "Targetnya akhir Juli ini sudah merata tersebar ke seluruh Indonesia," katanya, kepada pengunjung pameran dan wartawan yang meliput kunjungan presiden.

Presiden RI SBY Sudah memiliki SIM itu.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memang termasuk pemilik pertama SIM cerdas yang menyaduir teknologi dari negeri Paman Sam ini. "Ini buat bawa mobil bak lho," kata presiden berkelakar sambil menunjukkan SIM jenis B1.

Masih diajang pameran tersebut, juga diluncurkan tekonlogi pendukung SIM berteknologi chip itu. Nantinya, polantas tak lagi membawa surat tilang yang bisanya diselipkan di sepatu boot-nya.

Polantas Indonesia nantinya akan dibekali alat scanner khusus yang digantung di pinggang, laiknya pistol. Melalui alat yang sekilas seperti pembaca kartu kredit atau pengidentifikasi barcode harga di produk kemasan di supermaket itu, polisi lalulintas dapat melihat dan memasukkan data pelanggaran lalu lintas.

Bahkan kedepan, proses pembayaran tilang tidak akan lagi berbelit, seperti memakai uang titip atau ke pengedilan. "Nantiya SIM ini akan kita intergrasikan dengan prosedur pembayaran tilang melalui ATM, sepetti yang sudah lama berlaku di Jakarta dan Jawa Barat," kata Arsal.

Belum ada penjelasan rinci berapa biaya pembuatan SIM tersebut, atau bagaiaman mekanisme pengurusannya. Namun, merujuk sistem serupa yang telah diterapkan di New Delhi, dan Bombai, dua kota metropolitan di India, sejak tahun 2007 lalu, SIM ini dikelola langsung oleh kementerian transportasi setempat.

Biayanya Sangat Murah

Biaya pembuatannya relatif murah. Situs Digimarcs ExianSmart, perusahaan asal AS yang memelopori penggunaan SIM cerdas ini di AS dan Australia sejak awal dekade 2000-an lalu, melansir sistem SIM ini bisa diintegrasikan dengan data kependudukan, nomor pajak, atau atau data prinsipal.

Untuk kartu dengan kapasitas memori penyimpanan 4 kilobyte, misalnya pemerintah India memberikan mengenakan charge sekitar 200 rupee atau setara dengan Rp 65 ribu.
Sedangkan untuk SIM dengan kapasitas 1,5 megabyte, calon pengemudi membayar 375 ruppe atau sekitar Rp 120 ribu.

Ketentuan harga sesuai kapasitas data SIM ini, sebab ada pemohon yang meminta data teknis soal rekaman jejak kendaraan yang dia gunakan seperti spesifikasi mobil, jenis mesin, dan data tambahan yang dianggap penting bisa dimasukkan di kartu yang bentuknya seperti kartu aplikasi perdana telepon selular ini.

Di AS, hingga awal 2008 lalu, hampir semua negara bagian sudah menerapkan teknologi SIM cerdas ini. Karena terbilang baru, pemrintah setempat juga meminta masukan dari warga tentang efektifitas SIM model baru ini, misalnya apakah efektif menekan angka kecelakaan lalu lintas, atau sebaliknya.

Bahkan, otoritas kota kabupaten, Western Hemisphere Travel Initiative (WHTI), yang sudah lebih dulu mengkombinasikan kartu ini dengan pusat perbelanjaan dan data kepolisian, bisa mengidentifikasi pengendara yang senang membeli minuman keras dan suka ngebut.

Meneg PAN Taufik Effendi yang hadir dalam pameran level nasional itu, dalam sambutannya mengatakan, apliksi SIM cerdas ini merupakan bagian dari peningkatan pelayanan aparatur negara kepada masyarakat merupakan bagian dari penciptaan pemerintahan yang bersih, dengan sistem pelayanan terpadu.

Dia menyinggung bagaimana proyek nasional single identification number (SIN) yang dikamopanyekan awal tahun 2004 lalu, dan akan diaplikasikan dengan data penduduk, nomor pajak, rekening bank, dan identitas lainnya.

Namun dia menyadari, sistem ini membutuhkan investasi besar dan kesiapan sumber daya manusia. "Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Salah satu caranya adalah mengajak semua pimpinan unit dan daerah untuk bekerja sama," paparnya.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam waktu dekat akan meluncurkan SIM cerdas atau smart driver license. SIM teknologi mutakhir ini disebut cerdas karena lebih dari sekadar alat identifikasi diri.(Irwan/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Tiga Kecamatan Dominasi Warga Miskin di Makassar

Suasana Kehidupan warga Miskin di Kota Metropolitan

Makassar, liputankota- Kecamatan Tallo hingga saat ini masih tercatat sebagai kecamatan di Makassar yang paling terbanyak penduduknya miskin. Jumlah warga miskin di kecamatan ini sebanyak 50.843 jiwa dari jumlah penduduk 131.116 jiwa.

Terbanyak kedua dan ketiga warga miskinnya masing-masing adalah kecamatan Tamalate dan Makassar. Hingga akhir 2007 lalu, Tamalate memiliki jumlah warga miskin sebanyak 47.382 orang dari total penduduknya 148.309 jiwa.

Sedangkan Kecamatan Makassar memiliki penduduk miskin 34.095 jiwa dari jumlah penduduknya 79.233. Dari 14 kecamatan, paling sedikit jumlah warga miskinnya adalah Kecamatan Ujungpandang dan Wajo.

Hal itu terungkap dalam paparan yang disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Kota Makassar Syahrir Sappaile MSi di Balai Kota Makassar, Kamis (27/6). Data yang disampaikan adalah data Desember 2007 lalu. Namun laporan itu tidak menyebutkan bagaimana seseorang bisa disebut miskin.

Kecamatan Ujungpadang memiliki penduduk miskin sebanyak 3.227 jiwa dari total penduduknya 27.171 orang. Sedangkan Kecamatan Wajo memiliki penduduk miskin sebayak 4.791 dari jumlah penduduk 31.791 orang.

Total jumlah warga miskin dari 14 kecamatan se-Kota Makassar sendiri mencapai 336.561 jiwa dari total penduduk 1,2 juta jiwa atau sekitar 28 persen dari total penduduk Makassar.

"Dari data itu, jumlah penerima BLT sebanyak 69.914 orang. Sedangkan yang diusulkan 6.563 orang," jelas Syahrir,seperti dikutif tribun.


Tiap lembaga memiliki definisi miskin dan keluarga miskin tersendiri. Badan dunia United Nations Development Programme (UNDP) dan Bank Dunia menyebut seseorang berada di bawah garis kemiskinan jika pendapatannya antara satu dolar atau 2 dolar US per hari atau sekitar Rp 9.000 hingga Rp 18.000 per hari.

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut seseorang berada di bawah garis kemiskinan jika tidak mampu makan di atas 2.100 kalori per hari. Kalori adalah ukuran energi yang dikandung makanan. Misalnya, satu piring nasi setara 242 kalori, satu bungkus mie instant rasa ayam bawang satu bungkus 330 kalori, atau satu telur 70 kalori.(Andi Ahmad)




Selengkapnya...

Hatta: Tudingan Kepala BIN Tidak Memecah Kabinet Indonesia Bersatu

Menteri Sekneg RI, Muh.Hatta (foto: Abd Rauf)

Jakarta,Liputankota - Tudingan Kepala BIN Syamsir Siregar yang menyebut ada menteri yang berada di belakang aksi penolakan kenaikan harga BBM dinilai Mensesneg Hatta Rajasa bukan untuk memecah belah kabinet.

"Oh, tidak, tidak," ketika dikonfirmasi wartawan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (26/6).


Hatta mengaku tidak tahu, siapa menteri yang dimaksud Syamsir yang menolak kebijakan pemerintah itu. "Cari tahulah kepada Kepala BIN," kelitnya.


Mensesneg menegaskan saat ini menteri-menteri di Kabinet Indonesia Bersatu tetap solid. "Memang kadang-kadang saja ada dinamika di lapangan," pungkas Hatta,seperti dikutif inilah.com.


Kepala BIN Syamsir Siregar sebelumnya menyatakan ada menteri dari perwakilan partai politik di Kabinet Indonesia Bersatu yang menolak kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).


Ia menyayangkan sikap menteri itu yang menyetujui kebijakan kenaikan harga BBM saat rapat kabinet, namun berbicara lain di luar. Namun, Syamsir enggan menyebut nama menteri yang dimaksud.(Marwan)


Selengkapnya...

Spanyol -Jerman Ketemu di Final EURO 2008

Spanyol Kalahkan Rusia 3-0 disemifinal

Spanyol akhirnya melangkah ke final Euro 2008 setelah di semifinal Jumat (27/6) dini hari tadi mengalahkan Rusia dengan skor telak 3-0, di Stadion Ernst Happel, Wina. Gol kemenangan anak asuh Luis Aragones dicetak oleh Xavi Hernandez menit ke-50, Daniel Guiza menit ke-70 dan David Silva melengkapi pesta Spanyol 3-0 pada menit ke-83. Di partai final Spanyol akan berhadapan dengan Jerman.

Wina, Liputankota-- Spanyol akhirnya bertemu Jerman di partai final Euro 2008 setelah menundukkan Rusia dengan skor telak 3-0 di Stadion Ernst Happel, Wina, Austria, dini hari wita.
Dua kali bertemu di Euro 2008, Spanyol ternyata masih sangat perkasa buat Rusia. Pada pertemuan pertama di babak penyisihan Grup D, Tim Matador melibas Beruang Merah dengan skor besar, 4-1.

Tiga gol kemenangan Spanyol dihasilkan Xafi Hernandez di menit 50, Daniel Guiza (75), dan David Silva (82). Spanyol akan menantang Jerman di final yang berlangsung di stadion ini, Senin (30/6) dini hari wita.

Di babak pertama, Rusia terkesan tampil hati-hati. Mereka hanya mengandalkan counter attack yang cepat dari sektor sayap kiri dan kanan.

Namun, Spanyol mendominasi babak pertama dengan melesakkan enam shot on goal ke gawang Rusia. Sementara Rusia hanya dua kali. Itupun dilakukan oleh Roman Pavluchenko. Tak terlihat gaya totalfootball Rusia seperti ketika menaklukkan Belanda 3-1 di babak perempatfinal.

Memakai kostum tandang berwarna kuning, serangan yang dibangun Spanyol cukup efektif. Beberapa kali duet bomber maut Matador, Fernando Torres dan David Villa, mengancam gawang Igor Akinfeev. Baik melalui aksi individu maupun tembakan bola-bola mati.

Setiap kali membangun serangan, Spanyol memanfaatkan lebar lapangan. Lini tengah Spanyol juga terlihat unggul dibanding Rusia.

Di menit 33, David Villa ditarik keluar. Usai melepaskan bola set piece, kaki kanan pemain Vallencia itu cedera. Ia diganti Cesc Fabregas.

Masuknya Fabregas ternyata membuat serangan Spanyol kian hidup. Meski berposisi gelandang, bintang Arsenal itu kerap melakukan penetrasi ke jantung pertahanan. Umpan-umpannya juga kerap menciptakan peluang gol.

Pada pertandingan ini, bintang Rusia yang jadi rebutan klub- klub elite dunia, Andrei Arshavin, ternyata melempem.Pemain berusia 27 tahun itu seolah tidak berkutik mendapat pengawalan Carles Puyol.

Menjelang babak pertama berakhir, Puyol dan Arshavin terlibat duel seru saat berebut bola tas. Alhasil, mereka mendapat perawatan medis. Hingga turun minum, kedua tim belum mencetak gol.

Di babak kedua, Spanyol langsung menekan. Kemenangan 4-1 lawan Rusia di laga awal babak penyisihan Grup D, mendongkrak semangat bertanding pasukan Luis Aragagones.
Dan ini pun terbukti dengann gol yang diciptakan gelandang Xafi Hernandez di menit 50Melalui sebuah serangan yang rapi, Andres Iniesta menembus barikade pertahanan berlapis Rusia dari sisi kanan.

Gelandang Barcelona itu lalu mengirim umpan di dekat mulut gawang. Xavi yang muncul dari second line dengan cepat menyambar bola tersebut. Bola masuk melewati selangkangan Akinfeev.

Serangan Spanyol makin menjadi-jadi. Sayang, Torres beberapa kali membuang peluang emas. Buntu dibarisan depan memaksa Aragones melakukan pergantian pemain.

Ia menarik dua pemain di menit 69. Torres diganti Daniel Guiza dan Xavi Hernandes diganti Xavi Alonso. Pergantian pemain ini ternyata menambah malapetaka buat Rusia.
Di menit 75, Spanyol menambah keunggulan 2-1 lewat gol Guiza. Gol ini tercipta cukup indah. Bermula bola digiring Sergio Ramos dari kanan.

Lalu, gelandang Real Madrid itu mengumpan kepada Fabregas di sektor kanan pertahanan Rusia. Selanjutnya, pemain berusia 21 tahun itu mengumpan kepada Guiza.

Enam menit kemudian, Spanyol melengkapi kemenangan 3-1 lewat David Silva. Lagi-lagi, gol pemain Valencia itu hasil assist Fabregas, yang jadi kunci utama kemenangan timnya. Hingga wasit asal Belgia, Frank De Bleeckere, mengakhiri pertandingan, Spanyol mempertahankan keunggulan.(tribun-timur.com)



Selengkapnya...

Panwaslu Kec. Segeri Pangkep Tinggalkan Utang Usai Pilkada Gubernur

Kahar Eka: Akibatnya Aliran listrik dan PAM diputuskan Dirumah Itu.

Pangkep, Liputankota- Habis manis sepah dibuang, begitulah ungkapan pribahasa bagi ulah Panwaslu Kecamatan Segeri. Pesta Demokrasi Pilkada Gubernur Sulawesi Selatan telah lama berlalu, namun wacana-wacana dan gosip yang sering diperbincangkan ditengah-tengah masyarakat maupun di kalangan petinggi telah lama surut dan orang nomor satu dan dua di Sulawesi Selatan pun sudah memangku jabatan dan mulai menghidupkan mesin pemerintahannya untuk memaksimalkan pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan yang lebih maju, religius dan terarah ke depan demi kesejahteraan masyarakat Sulawesi Selatan.

Menandakan kinerja Panwaslu sebagai pengawas dalam konteks pemilihan umum juga telah berakhir untuk sementara, yang sudah tentu segala yang terkait di dalam kepengurusannya dan keterlibatannya baik kepada yang terpilih, tidak terpilih, maupun kepada masyarakat., kata Kahar Eka kepada Bisnis Online di Pangkajene (25/6).
Menurut Kahar pihak dari Panwaslu Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep, sampai sekarang ini masih meninggalkan hasil kinerjanya yang dinilai oleh masyarakat menyengat aroma kolusi, nepotisme, adanya kesan yang buruk dan merugikan salah seorang warga di Kecamatan Segeri, dimana pembayaran sewa gedung untuk kantor Panwaslu Segeri dan fasilitas kebutuhan kantor seperti fasilitas listrik dan air bersih belum terselesaikan atau belum dibayarkan kepada si pemilik gedung, katanya.
“Sebelum menempati rumah ini sebagai kantor pihak dari Panwaslu berjanji secara lisan kepada pemilik rumah akan disewa selama lima bulan termasuk yang disanggupi pada pembayaran listriknya,” ujar Kahar Eka sebagai pemilik rumah yang sehari-harinya berprofesi perian pengantin di Pangkep.
.
Tetapi kejadiannya cuma janji tinggal janji yang akhirnya ledeng kami di blokir oleh PDAM Pangkep yang kemudian mungkin dari pihak PT. PLN akan datang juga kerumah kami untuk memutuskan jaringan listrik kami ini, akibat tunggakan rekening listrik kami menunggak . "jelas, Kahar dengan nada kesal.

Kahar mengaku pernah mencoba dan entah sudah beberapa kali kami datang kepada pihak Panwaslu Segeri untuk menagih janji dan pelunasanakan akan tetapi ketua Panwaslu Segeri Muh. Ma'ruf tidak menanggapinya, paparnya.


Setelah dikonfirmasikan kepada Bendahara Panwaslu, hal ini H. Umar Sinring menjelaskan bahwa,"kalau dana Panwaslu Kecamatan Segeri belum cair sampai sekarang dan kami disuruh bersabar tapi akhimya kesabaran kami ini berdampak kepada pemblokiran Air kami dari PDAM”. ucap Kahar Eka.

“Kami berharap kepada Panwaslu Kabupaten Pangkep dan Provinsi Sulawesi Selatan ada perhatian”. Kunci Kahar berharap. (Firman/Sakkar Rauf/AA.Effendy)


Selengkapnya...

Soal Rencana Penambangan Biji Besi di Buung Kab. Pangkep

Lurah Bontoa Pertemukan Warga Dengan PT.BAS

Lurah Bontoa H.Satria Memberikan penjelasan didampingi dari Pihak Investor PT.BAS dikantor Lurah Bontoa (foto: Firman)

Pangkep,Liputankota-Pertemuan dikelurahan Bontoa Kabupaten Pangkep yang dihadiri Lurah Bontoa H. Satria Hasan Sammana bersama warga Buung Kelurahan Bontoa dan PT. BAS (Bara Api Sulteng) untuk memaparkan dan memberi pemahaman rencana penambangan biji besi dengan agenda membahas penyelesaian harga lahan atau tanah masyarakat Buung dan sekitarnya yang rencananya akan ditambang oleh pihak Investor PT. Bara Api Sulteng terkait adanya hasil penelitian temuan kandungan biji besi dan mineral pada daerah itu.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Danramil Bontoa dan perwakilan dari jajaran Polsek Bontoa. Dalam pertemuan tersebut H. Satria selaku Lurah di Kelurahan Bontoa dan Selaku Pemerintah menghimbau secara umum agar semoga kehadiran perusahaan atau investor yang masuk di daerah wilayah Kelurahan Bontoa bisa membawa keuntungan dan meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat Buung dan sekitanya yang dimana semua bentuk kesulitan masyarakat seperti fasilitas listrik dan jalan bisa kita hilangkan bersama dan juga menghimbau baik kepada masyarakat maupun kepada pihak investor agar tidak mendengarkan provokator apalagi calo tanah yang berfikir untuk kepentingan din sendiri, yang dimana akan berdampak atau dapat merusak hubungan kontrak kesepakatan bersama yang telah disepakati.

Lurah Bontoa juga dalam hal ini mengungkapkan kepada masyarakat Buung “Kalau pihak Kelurahan dalam pertemuan ini berada di pihak masyarakat dan memberikan kesempatan atau peluang kepada masyarakat untuk menentukan harga pembebasan lahan atau tanah warga yang masuk dalam area penambangan biji besi PT. BAS dan juga kiranya baik dari masyarakat maupun investor agar tidak memaksakan kehendak masing-masing untuk mendapatkan kesepakatan yang maksimal dalam sehari yang jelas H. Satria
H. Satria dalam pertemuannya menghimbau kalau pihak Kelurahan tidak ada kepentingan dan tidak ada kolusi dan nepotisme dalam hal ini, yang jelas pihak kelurahan sudah cukup mengetahui saja jika terjadi transaksi antara investor kepada masyarakat. Ungkap, Lurah Bontoa H. Satria Hasan Sammana.

"Kami dalam hal ini hanya sebagai Penetralisir / Penengah, dan pembanding dari kesepakatan antara investor dengan masyarakat". Tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut masyarakat Buung memintah kepada pihak investor agar setiap 1 Ha lahan warga di kontrak sebesar Rp. 50 Juta / bulannya dan pembayaran kontrak jalan dari lahan masyarakat di bayar langsung dengan perhitungan satu tahun. Namun dari pihak investor dalam hal ini PT. Bara Api Sulteng belum dapat menyepakati permintaan dari masyarakat dengan alasan, Disisi lain H. Arif selaku direktur utama PT. BAS mengungkapkan dalam pertemuannya, " dalam rencana akan melakukan penambangan biji besi dalam hal ini hanya bersifat kontrak produksi dimana dalam pelaksanaan kerjanya nanti hanya membayar lahan masyarakat yang mengandung biji besi dengan perhitungan perton. Dan masalah pembebasan jalan masyarakat tetap kami bayarkan sesuai dengan hasil kesepakatan.

Dari hasil pertemuan di Kelurahan Bontoa antara investor PT. BAS dengan masyarakat Buung telah mendapatkan satu kesepakatan kontrak penambangan biji besi di lahan warga Buung dan sekitarnya dengan hasil kesepakatan bersama pihak kelurahan, dengan pembayaran kontrak produksi penambangan biji besi secara perhitungan perton dan masalah kesepakatan harga perton biji besi dan kesepakatan lainnya belum ada kesepakatan dan akan dibahas dipertemuan selanjutnya. (Firman/Sakkar Rauf).

Selengkapnya...

Warga Lappajuara Harapkan Listrik Dapat Menyinari Desanya

Bupati Pangkep Diminta Segera Realisasikan

Laporan: Firman dan Sakkar rauf

Bupati Pangkep, Syafruddin Nur bersama Anggota DPR RI H.Tamzil Linrung pada suatu acara di Pangkep (foto: Andi Ahmad)


Pangkep, Liputankota-Sekian tahun masyarakat Lappajuara bermukim dan berdiam di kampung Lappajuara sekian tahun pula Warga Lappajuara merintih di malam hari hidup dalam kegelapan tanpa adanya fasilitas penerangan yang memadai.

Jaringan Listrik yang sangat diharapkan dipasang didesa lappajuara

Padahal pada saat pencanangan program Pemerintah dan PLN seperti LMD ( Listrik Masuk Desa ) telah pernah disampaikan kepada masyarakat dan bahkan warga Lappajuara juga mendapatkan bagian untuk perluasan jaringan tiang dan kabel listrik.

Akan tetapi, menurut sumber yang layak dipercaya kepada media ini. Tiang dan kabel listrik untuk warga kampung Lappajuara tersebut dialihkan ketempat lain oleh pejabat pemerintah setempat di desa Baring, sehingga kampung yang menghubungkan antara desa Baring, Parenreng dan Padang Lampe tersebut bagaikan kampung tak berhuni, katanya.

Menurutnya kesabaran dan ketabahan masyarakat Lappajuara pun terus terbendung Aspirasi dan harapan para masyarakat agar Pemerintah Kabupaten Pangkep dapat merealisasikan program yang pernah dijanjikan kepada warga yang berdiam dipulau itu.

Harapan masyarakat Lappajuara terobati disaat mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung oleh Bupati Pangkep Ir. H. Syafruddin Nur, M.Si di kediamannya, untuk mendengarkan himbauan atau penyampaian langsung dari Bupati Pangkep terkait perealisasian jaringan Aliran Listrik warga Lappajuara, namun pertemuan tidak dapat membuahkan hasil dikarenakan Bupati ketika itu juga tiba-tiba sakit, menurut penjelasan Ajudan Bupati saat hendak ketemu dirumah kediaman belum lama ini.

Walaupun pertemuan antara masyarakat Lappajuara dan Bupati pangkep tidak terjadi guna membahas atau mendengarkan langsung himbauan Bupati terkait masalah fasilitas penerangan warga Lappajuara yang akan direalisasikan oleh Bupati Pangkep, masyarakat pada saat itu tetap mendapatkan himbauan dari pihak Pemerintah Daerah dalam hal ini Ir. Hasanuddin G. Kuna Selaku Anggota DPRD Kabupaten Pangkep Fraksi PKS Komisi D dan selaku Panitia Anggaran. pada saat itu sebagai fasilitator pertemuan antara masyarakat Lappajuara dan Bupati Pangkep, memberikan himbauan langsung kepada masyarakat.

“Kalau tiang dan kabel listrik untuk warga Lappajuara, Insya Allah Bapak Bupati Pangkep akan merealisasikannya. Kami dan Bapak Bupati sebagai Pemerintah sudah pernah membahasnya di Makassar beberapa hari yang lalu, dimana Bapak Bupati pada pertemuan itu menyetujui dan bersedia membantu masyarakat Lappajuara untuk menyiapkan tiang listriknya. Dan kabel listriknya akan direalisasikan oleh pihak PT. PLN (Persero)”, ujar Hasanuddin

Dan menurut Hasanuddin mengatakan apabila dari pihak PT. PLN (Persero) dalam hal ini tidak dapat merealisasikan kabel listrik untuk masyarakat Lappajuara, maka Bupati akan bersedia juga untuk merealisasikan kabelnya pula demi kesejahteraan masyarakat”. Ungkapnya (Firman/Sakkar Rauf)
Selengkapnya...

Wakil Rakyat Yang Peduli Rakyat Kecil

Melirik Kinerja Anggota DPRD Kab. Pangkep FPKS, Ir. Hasanuddin G. Kuna

Ir. Hasanuddin G. Kuna (foto: Firman)


Pangkep, Liputankota- Dengan prinsip kerakyatan dan demokratis yang rasional, Ir. Hasanuddin G. Kuna bersama kendaraan Politiknya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tetap selalu eksis dengan etos kerja, tekad dan komitmen yang kuat untuk mewujudkan cita-cita masyarakat Pangkep, hidup dalam kesejahteraan.

Bijaksana, Berahklak dan merakyat, begitulah yang termaktub dihati sanubari masyarakat kabupaten Pangkep bagi sosok seorang legislator yang kini duduk di gedung DPRD TK. II Kabupaten Pangkep sebagai wakil Rakyat yang memperjuangkan nasib dan cita-cita masyarakat Pangkep menuju hidup dalam kesejahteraan.

Dengan memiliki konsep kepemimpinan Demokratis dan kepribadian yang sederhana, peramah dan bersahabat membuat dirinya lebih dikenal oleh kalangan rekan-rekannya dan masyarakat pada umumnya, sebagai Dewan terhormat yang memiliki pola perwujudan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur sesuai dengan cita-cita Proklamasi dalam Negara yang menjamin kesejateraan Rakyat (Welfaresatet).

Di usianya yang masih tergolong muda, Ayah beranak empat dan penggemar memelihara ikan bias ini, dalam mengemban tugasnya sebagai Wakil Rakyat terus menampakkan maksimalisasi kinerjanya di gedung Rakyat Kabupaten Pangkep dan tetap selalu memaksimalkan waktu, tenaga dan fikirannya kepada masyarakat dalam hal melakukan kunjungan-kunjungan langsung bersama kendaraan Politiknya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kepada masyarakat guna mengakses suatu Aspirasi, harapan, saran, dan kritikan masyarakat yang selama ini tidak pernah terakses ke depan pemerintah.

Seperti salah satu kunjungannya bersama kendaraan Politiknya PKS saat dia mengunjungi warga masyarakat Munte, dimana kunjungan yang belum lama ini, betul-betul berbaur kepada warga masyarakat Munte, terik matahari, rintikan hujan dan rasa lelah dan berbagai kritikan-kritikan yang di lontarkan oleh masyarakat kepada anggota legislatif ini semuanya tidak membuat dia menyerah dan bukan suatu penghalang menyurutkan niatnya sebagai wakil rakyat yang sudah seharusnya merakyat untuk mewujudkan masyarakat Pangkep. Hidup dalam kesejahteraan.

“Semua itu adalah tanggung jawab sebagai Pemerintah kepada masyarakat dan suatu tantangan yang harus dapat dipikul hingga ke penyelesaian akhir. Dan juga, itu adalah salah satu tugas saya sebagai Anggota Dewan. Dan disisi lain juga sebagai Amanah yang dititipkan dari Partai saya PKS juga Amanah dari masyarakat Pangkep yang selama ini sudah mendukung dan mempercayakan saya duduk di Gedung Rakyat sebagai Wakil Rakyat, mewakili masyarakat Kabupaten Pangkep memperjuangkan harapan dan Aspirasi masyarakat” ungkap Hasanuddin kepada Bisnis Online dipangkep (24/6).

Ir. Hasanuddin menjelaskan, jika kesejahteraan itu sebagai bentuk dan tujuan penyelenggaraan pemerintah yang berideologikan Sosial Agama, Demokrat, Budaya dan Adat Istiadat. Dan hal-hal yang dia lakukan terkait implementasi nilai-nilai Sosial Demokrat yang terkandung dalam kesejahteraan kehidupan masyarakat.

“Sebagai Anggota Dewan sudah sepetutnya saya memperjuangkan kesejahteraan masyarakat, sebab saya duduk di gedung DPRD ini juga karena masyarakat”. Sebagai manusia biasa saya merasa berdosa dan bersalah ketika Amanah yang dititipkan oleh masyarakat saya abaikan, Dewan terpilih oleh masyarakat juga tujuan untuk masyarakat, kunci Hasanuddin . (Firman).


Selengkapnya...

BPK Larang Pemprov Beri Dana ke Polisi

Makassar, Liputankota - Pemerintah daerah tidak dibenarkan lagi memberikan bantuan kepada institusi kepolisian dan TNI dalam bentuk apapaun. Jika ingin membantu, bantuan tersebut harus dalam bentuk hibah.
Demikian diungkapkan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Prof Dr Anwar Nasution saat menggelar jumpa pers di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Rabu (25/6).

"Kalau pemda sering-sering membantu mereka, lama kelamaan mereka akan tergantung dan ini adalah sebuah kebijakan yang tidak sehat menurut saya," jelas Anwar.
Dia juga mengetakan, pemberian bantuan itu bisa saja tapi dalam bentuk hibah. "Misalnya membangun pos polisi, kendaraan dinas, komputer. itu bisa tapi stasunya hibah," katanya.Seperti dikutif tribun.

Dia menegaskan, di APBN Polri dan TNI sudah mendapatkan alokasi dana khusus dalam menjalankan operasionalnya. Bahkan secara berhapa dana itu meningkat.
Anwar didampingi Gubernur Sulawesi Selatan SyahrulYasin Limpo dan sejumlah pejabat eselon Pemprov Sulsel.

Bantuan yang dilarang oleh BPK selain kepada Polri dan TNI, juga kepada institusi vertikal seperti lembaga kehakiman dan kejaksaan. Sebab mereka telah memiliki jatah anggaran dari induk mereka di Jakarta.

Anwar berada di Makassar untuk menghadiri Dialog Publik antara Ketua BPK RI dan kepala-kepala daerah se-Sulawesi di Kantor Gubernur Sulsel. Hampir semua gubernur se-Sulawesi hadir dalam pertemuan yang berlangsung selama enam jam lebih tersebut.
Anwar mengatakan, bantuan yang akan diberikan kepada institusi vertikal tersebut sebaiknya dialihkan kepada rakyat miskin yang lebih membutuhkan ketimbang diberikan ke institusi tersebut.

Dapat Rp 1,1 M dari APBD, dari KPU Beri Rp 100 Juta

SALAH satu bantuan yang paling mencolok diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel adalah saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2007 lalu.

Dalam pengamanan lalu, pemprov melalui APBD sudah mengalokasikan dana pengemanan sekitar Rp 1,1 M untuk pilkada gubernur se-Sulsel.

Tapi, KPU Sulsel terpaksa harus merogoh uang tambahan untuk memberi makan sekitar 1.000 lebih aparat kepolisian dan TNI yang berposko di KPU Sulsel. Sekretaris KPU Sulsel, Onesmus Matantu, kepada Tribun, mengatakan, pada saat itu ia mengeluarkan uang sebesar Rp 100 juta selama hampir sebulan hanya untuk uang makan kepada aparat keamanan ini.

"Tidak dikasih, tidak enak juga, dikasih kami anggap mereka sudah dapat bantuan dari pemerintah daerah. Tapi karena mereka menjaga KPU Sulsel terpaksa kami keluarkan anggaran untuk mereka," kata Onesmus. (AA.Effendy)


Selengkapnya...

Gubernur Sulsel Tandatangani Kesepakatan Kesehatan Gratis Hari Ini



Makassar, Liputankota - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo hari ini akan menandatangani nota kesepahaman dengan para bupati dan kepala-kepala rumah sakit se-Sulsel tentang program kesehatan gratis. Penandatanganan akan dilakukan di Balai Prajurit Jenderal M Jusuf, Jl Jenderal Sudirman, Makassar.


Kepala Bagian Humas Pemprov Sulsel, Rizal Saleh, mengatakan, acara tersebut akan dirangkaikan dengan pelantikan dan penyumpahan tenaga kesehatan untuk menunjang program kesehatan gratis tersebut,seperti dikutif tribun.

Jenis pelayanan kesehatan yang akan digratiskan antara lain, persalinan, rawat inap klas III, pengobatan luka, dan sebagainya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel juga sudah menandatangani kesepakatan dengan 11 kabupaten/kota di Sulsel untuk melaksanakan program percontohan pendidikan gratis. Pemprov mejanjikan 14 item yang akan digratiskan bagi murid dan pelajar dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat SMP.

Kedua program ini merupakan program andalan pasangan Syahrul-Agus sebelum menjadi gubernur dan wakil gubernur. Ia menjanjikan akan mensejahterakan rakyat Sulsel dengan cara melaksanakan program pendidikan dan kesehatan gratis bagi rakyat miskin di Sulsel.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Ketua PAN Makassar Resmi Jadi Anggota DPRD

Makassar, liputankota- Wakil Ketua DPRD Makassar, Adjid Siradju, mengambil sumpah Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Makassar, Busrah Abdullah, sebagai anggota DPRD Makassar, Rabu (25/6).

Busrah menggantikan anggota DPRD Makassar dari PAN, Natspul Suleman, yang dalam kesempatan tersebut juga langsung diberhentikan secara hormat. Setelah pelantikan Busrah langsung berkantor.

Busrah yang gencar mengampanyekan diri sebagai bakal calon Wali Kota Makassar itu datang ke gedung DPRD Makassar didampingi istrinya. Busrah mengucapkan sumpahnya di hadapan sekitar 300 hadirin.

Adjid mengatakan, DPRD Kota Makassar mengucapkan selamat datang kepada Busrah dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Natspul karena pengabdiannya selama ini, Seperti dikutif tribun.

Busrah akan menjabat sebagai anggota DPRD Makassar hanya satu tahun dua bulan. Masa jabatannya akan berakhir pada bulan Agustus 2009 saat anggota DPRD hasil Pemilu 2009 dilantik.(Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Lagi Ornop Makassar Kecam Kapolda Sulselbar

Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Sisno


Makassar, Liputankota-- Pernyataan tertulis Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Sisno Adiwinoto yang menuding Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers Makassar sebagai organisasi liar dengan alasan koalisi ini tidak terdaftar di Kantor Badan Kesatuan Bangsa Provinsi Sulsel berbuntut.

Sejumlah organisasi non pemerintah (ornop) yang ada di Kota Makassar mengaku tersinggung dengan pernyataan tersebut. Pasalnya, tuduhan itu bisa digeneralisasi bahwa setiap organisasi yang ada di daerah ini yang tidak terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Sulawesi Selatan adalah organisasi liar.

Padahal sedikit NGO yang berkantor di Kota Makassar ini juga terdaftar di Kesbang Sulsel. Namun pengurus NGO itu menolak disebut organisasinya sebagai organisasi liar.

Beberapa organisasi yang mengecam itu di antaranya Transparancy International Indonesia (TII) Koordinator Makassar dan Perkumpulan Jaringan Jurnalis Advokasi Lingkungan (JURnaL) Celebes.
Turut mengecam pula di antaranya Komisi Orang Hilang dan Anti Kekerasan (Kontras) Sulawesi, Komunitas Merah Putih, Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Front Nasional Perjuangan Buruh Indonesia (FNPBI) Sulsel, dan sejumlah organisasi lainnya.

"Tuduhan seperti itu tak berbeda dengan tuduhan alasa penguasa orde baru yang sudah ketinggalan zaman. Sebuah organisasi liar atau tidak, bukan ditentukan apakah organisasi itu terdaftar di kesbang atau tidak. Tapi apakah organisasi itu berbadan hukum atau tidak," ujar Muhammad Haekal, Koordinator TII di Makassar, kemarin. seperti dikutif tribun.

Sementara itu, sejumlah jurnalis menilai, seakan-akan ada indikasi kapolda mulai melarikan pokok permasalahan dari kriminalisasi pers menjadi kasus pidana individu dabn cenderung hanya menyudutkan Upi Asmaradhana, selaku koordinator Koalisi Jurnalis Anti Kriminalisasi Pers. Ini terungkap dalam diskusi terbatas antara jurnalis dan dari AJI, PJI, IJTI, dan akademisi, kemarin.(Andi Ahmad)




Selengkapnya...

Golkar Dan PAN Tetapkan Pasangan Basmin-Buhari di Luwu

Makassar, Liputankota - Bupati Luwu Basmin Mattayang resmi menggandeng Wakil Ketua DPW PAN Sulsel Buhari Kahhar Mudzakkar. Keduanya akan berpasangan di Pilkada Luwu nanti. Penetapan pasangan ini disepakati melalui pertemuan Golkar dan PAN di Hotel Clarion, Makassar, Rabu (25/6).
Koalisi Basmin-Buhari ini sekaligus menyatukan Golkar dan PAN di Tana Luwu. Sebelumnya, dalam sejumlah pilkada, Golkar dan PAN selalu mengusung calon berbeda.

Dalam pertemuan yang berlangsung hingga sore itu, Basmin didampingi Ketua Bappilu Golkar Luwu Rakhmad Sudjono. Sedangkan Ketua PAN Sulsel Ashabul Kahfi didampingi dua Wakil Ketua PAN Sulsel Doddi Amiruddin dan Azikin S Toputiri serta Ketua PAN Luwu Usmaruddin,Seperti dikutif tribun.

Golkar dan PAN juga sepakat menggunakan tagline Matahari, singkatan nama dari Basmin Mattayang-Buhari Kahhar. Sebelumnya, tagline untuk keduanya diusulkan Bahari. Rakhmat mengatakan, penetapan Buhari sebagai pendamping Basmin berdasarkan hasil survei dan masukan dari berbagai pihak. Basmin ditetapkan menjadi calon bupati dari Golkar melalui mekanisme konvensi.

Dimintai tanggapan, Buhari menyatakan berbesar hati menjadi calon wakil bupati berdasarkan keputusan partai. "Saya mengikuti keputusan partai. PAN tentu punya pertimbangan yang matang dengan keputusan itu. Itulah yang dianggap terbaik bagi partai dan amsyarakat Luwu," ujar Buhari (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

LSI: Pasang Nurdin-Asli Sementara Unggul 46, 05 persen

Massa pendukung Pasangan Nurdin-Asli bergembira atas Kemenangan Kandidatnya (foto: Harian Fajar)

Dua Saudara Bupati Bantaeng Hanya meraih 19 Persen

Bantaeng, Liputankota- Pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Bantaeng, Dr Nurdin Abdullah MSc-Asli Mustadjab, memenangkan pemilihan kepala daerah (pilkada) versi quick qount (penghitungan cepat), Rabu (25/6).
Dua lembaga survei, Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Script InterMedia-Insert Institute, melansir data quick count mereka dengan kemenangan pasangan Nurdin-Asli yang diusung koalisi PKS, PKB, PBB, PPNUI, PNBK, Partai Patriot, PPIB, PSI, dan Partai Merdeka.

Versi LSI, Nurdin-Asli meraup 46, 05 persen, disusul pasangan Syahlan Solthan-Muawwam Djama yang diusung PAN dan PDIP mendapat 19,76 persen, Ibrahim Solthan-Sugiarti Mangun Karin yang diusung koalisi PPP, PBR, dan PKPI mendapat 19,26 persen, serta pasangan usungan Golkar, Arfandy Idris-Irvandi Langgara, berada di posisi buncit dengan perolehan 14,94 persen.

Ini merupakan kekalahan Golkar pertama dari empat pilkada kabupaten/kota yang sudah digelar di Sulsel tahun ini. Sebelumnya, tiga calon Golkar menang di Bone, Palopo, dan Sinjai. Namun ketiganya adalah kandidat incumbent.
Menyusul pengumuman hasil quick count tersebut, pendukung Nurdin-Asli langsung meluapkan kegembiraan mereka dengan menggelar konvoi.
Nurdin adalah dosen Fakultas Kehuatan Universitas Hasanuddin (Unhas). Lulusan magister dan doktor dari universitas di Jepang ini adalah menantu mantan Rektor Unhas, Prof Dr Fachruddin (alamrhum). Sedangkan Asli adalah mantan birokrat yang kini memimpin PKB Bantaeng.

25 Persen
Koordinator LSI Area Sulawesi-Maluku Herman Heizer mengatakan hasil quick qount memastikan Nurdin-Asli menang dengan selisih sekitar 25 persen atas rivalnya.
Dari delapan kecamatan di Bantaeng, Nurdin-Asli unggul di tujuh kecamatan, sedangkan Ibrahim-Sugiatri hanya unggul di satu kecamatan.

Herman memastikan, hasil quick count tersebut tidak akan berbeda jauh dengan hasil akhir penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantaeng.

Sedangkan real quick count yang dilakukan Script InterMedia-Insert Institute juga memberikan kemenangan pada Nurdin.

Hasil akhirnya, Nurdin-Asli meraup 45, 39 persen, disusul Syahlan-Muawwam 19,23 persen, Ibrahim-Sugairti 21,31 persen, dan Arfandy-Irvan 15,07 persen. Total suara yang masuk sebanyak 98. 869 suara.

Berbeda dengan LSI, perhitungan yang dilakukan Script InterMedia-Insert Institute langsung selesai. Mereka tidak menggunakan sampel tapi langsung menghitung semua suara TPS yang ada di Bantaeng dengan metode khusus. Setiap saksi yang ada di TPS diharuskan mengirimkan hasil pemungutan suara di dalam sistem khusus yang dikontrol oleh sistem di komputer.

Hasil Resmi

KPU Bantaeng meminta masyarakat tetap tenang dan menunggu hasil akhir sesuai tahapan pilkada yang sudah ditetapkan.

KPU menetapkan pengumuman hasil rekapitulasi data yang dilakukan, Senin (30/6) mendatang. "Tunggu saja, pengumuman resminya tanggal 1 Juli, keesokan harinya, " kata Ketua KPU Bantaeng, Muhammad Nur Fajri menanggapi hasil quick count yang sudah memastikan pasangan nomor urut dua, Nurdin-Asli, sebagai pemenang pilkada.

Simpati Masyarakat

Dalam jumpa pers di posko utamanya, Nurdin mengatakan sehari setelah dilantik sebagai bupati dia akan langsung bekerja mempersiapkan dan menjalankan program-programnya yang ia janjikan dalam visi dan misinya.

Ia mengajak seluruh kandidat calon untuk bekerja sama membangun Kabupaten Bantaeng. "Setelah pilkada ini, saya akan meminta calon lain dan seluruh pendukungnya serta pendukung saya melupakan perbedaan yang ada. Mari kita bersatu membangun Bantaeng," katanya.

Menurut bos PT Tokai ini, dia datang ke Bantaeng dan maju sebagai calon bupati dengan niat tulus dan rendah hati.
Sikap itu ternyata mampu menarik simpati masyarakat sehingga mendukungnya. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bantaeng dan mengajak seluruh masyarakat serta calon bupati lainnya untuk bersatu, lupakan perbedaan demi Bantaeng.

Dukungan Unhas

Rektor Unhas Prof Idrus Paturusi, yang dihubungi tadi malam, mengatakan, kemenangan Nurdin sudah diprediksi sebelumnya.

Saat akan maju di Banteng Nurdin pernah mengajak Idrus ke Banteng. Dari situ, kata Idrus, mantan Dekan Fakultas Kedokteran Unhas ini sudah memprediksi bila Nurdin bisa memenangkan pilkada
.
"Saya sudah menduga dari awal. Nasyarakat Bantaeng menginginkan perubahan. Impinan mereka itu ada pada Nurdin. Dari awal saya sudah memberikan komentar Nurdin akan menang," kata dokter spesialis bedah ortopedi ini.

Ia mengatakan, sebagai akademisi ia sangat mendukung Nurdin maju di Pilkada Bantaeng. Sebab akademisi mampu bekerja di pemerintahan. "Lihat saja menteri di kabinet, yang berprestasi adalah akademisi Nurdin juga punya niat yang tulus sehingga saya support dia," katanya,seperti dikutif tribun.

Idrus menambahkan, ia sangat mendukung jika ada akademisi Unhas lainnya yang akan maju di pilkada. Hanya saja yang bersangkutan tersebut harus menang dan jangan hanya menjadi penggembira.

Sebelumnya, dosen Fakultas Hukum Unhas, Juajir Sumardi, juga bertarung di Pilkada Palopo sebagai calon wakil wali kota, Mei lalu. Namun Juajir dan pasangannya, Judas Amir, gagal meraup suara terbanyak.

Muhammadiyah

Kemenangan Nurani karena persepsi masyarakat menganggap Nurdin figur paling bersih, jujur, mampu memimpin, paling pintar di antara kandidat lainnya.
Selain itu, juga tidak lepas dari pemilih Partai Golkar lebih banyak memilih Nurdin ketimbang menjatuhkan pilihan ke kandidat lain.

Nurdin-Asli juga diuntungkan karena adanya dua pasangan calon bersaudara kandung yang maju. Begitupula dengan warga Muhammadiyah yang juga pemilih PAN. Lebih banyak menjatuhkan pilihannya ke pasangan ini ketimbang pasangan Syahlan-Muawwan yang diusung PAN.

Saat survei lalu, popularitas Nurdin-Asli mencapai 85 persen dan tingkat keterpilihan mencapai 44 persen. Hasil survei itu dilakukan dari 400 responden dengan sistem multi stage random sampling di delapan kecamatan.

Insert Institute

Direktur Program Insert Institute, Muhammad Aris mengatakan, sistem RQC pihaknya dilakukan dengan menempatkan relawan pada 316 TPS. "Pada posisi input suara di 309 TPS dan total suara 95.932, Nurdin sudah meraih 43.693 suara atau 45,51 persen suara. Kami sangat yakin Nurdin Abdullah memenangkan Pilkada Bantaeng," kata Aris.
Aris menjelaskan, Nurdin meraih suara tertinggi di tujuh kecamatan dari delapan kecamatan yang ada di Bantaeng. Menurut Aris, Nurdin hanya kalah di Kecamatan Puluere.

Reaksi Partai

Dimintai tanggapannya mengenai pasangan calon Golkar yang berada di nomor buncit, Ketua Bappilu Golkar Sulsel Moh Roem mengaku jika penyebab kekalahan calon Golkar di Bantaeng karena mesin partainya tidak solid.

"Di sana Golkar pecah empat, selain memilih Arfandy- Irvandi, ada juga yang jatuhkan pilihan ke pasangan Ibrahim-Sugiarti dan adapula yang ke pasangan Syahlan- Samhi. Pasti ketua Golkar di sana lebih membantu Ibrahim," katanya.

Pihaknya tetap akan melakukan evaluasi. Semua even di Golkar pasti akan dievaluasi apa kelemahan dan kelebihannya.

Sementara partai pengusung Syahlan-Muawwam mengakui sudah mengetahui hasil quick qount tersebut. Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi mengakui hasil quick qount LSI hampir tidak pernah meleset. "Kita tetap menunggu data manual dari KPU, tapi kalau hasilnya tidak jauh berbeda, ya itulah demokrasi," katanya singkat per telepon.
Begitupula dengan partai pengusung pasangan Ibrahim- Sugiarti, PPP, juga mengaku pasrah dengan hasil tersebut. Ketua DPC PPP Kabupaten Bantaeng Nurdin Halim yang juga ketua tim pemenangan mengklaim data manual sementara yang dipegangnya menempatkan pasangan Ibrahim-Sugiarti di nomor urut dua, selisih 4.000 suara dengan Nurdin-Asli.

"Kalau data resmi KPU tetap seperti saat ini, yah apa boleh buat. Kita sudah berikhtiar, kita sudah maksimal. Kekuasaan itu Tuhan yang menentukannya," kata mantan aktivis HMI Makassar ini.(Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Ada Trik Baru Gantikan Peranan Tiket OB di Pelabuhan SUTA

Laporan: Tim Bisniskota Online

Situasi Pelabuhan Soekarno Hatta pada Saat Kapal PT.Pelni berlabuh.


Makassar,Liputankota- Banyak jalan menuju Roma, banyak cara mencari keuntungan. Mungkin saja sebait kalimat ini, menerawang indikasi permainan culas yang dilakukan oleh sekelompok oknum yang selama ini jadi pecundang guna mencari untung besar di balik aturan yang ditetapkan di kawasan Terminal Pelabuhan Suta Makassar, dalam meloloskan barang naik kekapal penumpang milik PT. Pelni.

Setelah dihapuskannya penggunaan tiket Over bagasi (OB) di beberapa kawasan pelabuhan Indonesia, di Pelabuhan Sukarno-Hatta (Suta) Makassar, seakan sejumlah oknum yang berkompeten dalam pengelolaan barang tak kehabisan akal untuk meraup untung. Sehingga modus barupun seakan menjadi jurus pamungkas.

Seperti pada pemantauan media ini, saat KM. Labobar hendak menuju ke bagian Timur Indonesia, Selasa malam (23/6), terlihat beberapa tiket penumpang yang hendak bepergian telah dieksploitasi guna meloloskan barang dagangan milik pedagang, dengan dalih barang milik penumpang sesuai yang tertera dalam tiket tersebut.

Pada hal, barang dagangan tersebut tak dibenarkan berada dalam ruang tunggu terminal Pelabuhan Suta. Namun malam itu nampak puluhan potongan barang telah diparkir dalam ruangan tersebut. ditambah lagi sekitar 30 galon air milik pedagang ikut menderet jajaran barang yang rencananya hendak dinaikkan ke kapal tersebut.

Menurut sumber layak percaya Bisniskota Online, malam itu palkah KM. Labobar sudah penuh sesak, disebabkan pengiriman barang dari Surabaya telah mendominasi. Olehnya itu, dengan upaya menggunakan tiket penumpang barang tersebut seolah dipaksakan naik kekapal tanpa memikirkan resiko yang akan terjadi pada pelayaran kapal tersebut.

Sementara itu, Kacab PT. Pelni Makassar yang berusaha dikonfirmasi via hand phone (sms), tidak memberikan klarifikasinya. Terlebih lagi Kacab PT. Pilar Makassar, Ir. Ichsan, selaku perusahaan swasta yang dikenal pengelolah naiknya barang penumpang, ikut tidak memberi jawaban konfirmasi media ini via sms malam itu. (Tim)


Selengkapnya...

Burhanuddin Andi Resmi Pimpin Polwiltabes Makassar

Makassar, Liputankota-Jabatan Kepala Kepolisian Wilayah Kota Besar (Kapolwiltabes) Makassar dari Komisaris Besar Polisi Genot Hariyanto ke Kombes Polisi Burhanuddin Andi akan diserahterimakan pada Rabu (25/6) hari ini.

Kombes Polisi Burhanuddin Andi mulai hari ini resmi bertugas sebagai Kepala Kepolisian Wilayah Kota Besar (Kapolwiltabes) Makassar.

Hal itu menyusul dilakukan serah terima jabatan Kapolwiltabes Makassar dari Kombes Polisi Genot Hariyanto ke Burhanuddin Andi beberapa menit lalu.

Upacara serah terima jabatan baru saja digelar di aula Markas Polda Sulselbar, Jl Perintis Kemerdekaan Km 17, Makassar. Upacara sertijab tadi dipimpin langsung Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Sisno Adiwinoto,seperti dikutif tribun.

Burhanuddin Andi sebelumnya adalah Kapolwil Parepare. Sebelum di Parepare, perwira kelahiran Soppeng ini bukan orang baru di Polwiltabes Makassar. Mantan Kapolres Bone ini juga pernah menjabat Kasat Lantas Poltabes Makassar sebelum reformasi.

Sedangkan Genot yang pernah bertugas sebagai Kapolres Bulukumba dan Kapowil Parepare selanjutnya akan menduduki jabatan di Sekolah Pimpinan Polri di Sukabumi, Jawa Barat.(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Ruang Kasi Pelayanan Pajak, Jadi Loket Bayangan

Drs. A. Makkulau: Kami hanya menerima titipan Dari Dispenda

Makassar,Liputankota- Puluhan loket yang disediakan untuk melayani para wajib pajak yang hendak menyelesaikan pengurusan administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), masih dibayangi loket bayangan yang berada tak jauh dari loket yang disediakan, tepatnya di ruang Kasi Pelayanan Pajak Samsat Makassar.

Seperti pemantauan Bisniskota Online beberapa hari terakhir, nampak beberapa orang yang dianggap tidak berkompeten keluar masuk dari ruangan yang seharusnya ditempati Kasi Pelayanan Pajak Samsat Makassar, Drs. A. Makkulau dan staf pegawai UPTD Wilayah I Makassar yang ditempatkan berkantor di tempat itu.

Entah apa yang mendasari keluar masuknya orang-orang yang tak memakai baju dinas pegawai Samsat. Belakangan diketahui, setiap harinya puluhan yang bergonta-ganti masuk diruangan yang terletak dekat tangga sebelah utara menuju lantai dua melakukan pengurusan STNK yang ditengarai diurus oleh staf UPTD Wilayah I Makassar.

Dari informasi yang dihimpun, hal ini sudah lama berlangsung, sejak kantor tersebut ditempati. Namun tak satupun pihak yang berani menentang kebijakan tersebut. Sehingga pengurusan surat kendaraan bermotor ini berjalan mulus.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Pajak Samsat Makassar, Drs. A. Makkulau yang dikonfirmasi mengakui, jika setiap harinya berlangsung pengurusan STNK di dalam ruangannya. Malah ia menuding kerap STNK yang diurus adalah titipan dari pihak Dispenda maupun UPTD Wilayah I Makassar sendiri.

”Kebijakan ini bukan wewenang saya. Silahkan anda tanyakan ke pihak Dispenda Provinsi ataupun kepala UPTD Wilayah I Makassar. Kami hanya menerima titipan. Dan kerap terjadinya kekurangan pembayaran, saya yang menambahkan,” ucap Kasi Pelayanan Pajak Samsat Makassar, Selasa (23/6), di ruang kerjanya. (Zulkifli/Irwan/AA.Effendy)


Selengkapnya...

KPU : Sinjai Bisa Saja Dipimpin Pejabat Caretaker

Sinjai, liputankota- Anggota KPU Sinjai, Adidarmawansyah, yang dikonfirmasi, beberapa menit lalu, mengaku belum mengetahui adanya gugatan pasangan Sabirin Yahya-Manchu A Baso (SBY-Aman) ke Pengadilan Tinggi Sulsel. Menurut dia, KPU belum menerima tembusan gugatan itu dari PT Sulsel.

"Kalau ada gugatan ke pengadilan, berarti hasil penetapan pasangan calon belum bisa diserahkan ke DPRD. Sesuai aturan, itu membutuhkan waktu selama 14 hari untuk menyelesaikan kasus tersebut. Tapi, kalau dianalisa sulit selesai dalam waktu 14 hari," katanya,seperti dikutif tribun.

Penyelesaian sengketa ini, kata dia, bisa berlangsung lama, sehingga Kabupaten Sinjai bisa saja dipimpin oleh pejabat caretaker. Sementara, masa jabatan Bupati Rudiyanto berakhir 28 Juli 2008. Jika kalah di tingkat pengadilan, KPU masih berpeluang mengajukan materi peninjauan kembali (PK).

"Tapi, kalau semuanya selesai dan KPU menang sebelum masa berakhirnya jabatan itu, berarti tidak ada caretaker," katanya

Selengkapnya...

Pemkot Makassar Gratiskan Urus SIUP dan SITU Sekarang

Pegawai dikantor Perizinan melayani warga yang bermohon mendapatkan Siup dan Situ gratis.

Makassar,Liputankota- Dengan tetap mengacu pada Keputusan Walikota Makassar No: 853/Kep/503/2007, tentang pembebasan retribusi izin gangguan (HO), maka padsa Tahun 2008 ini, SK tersebut tetap menjadi pedoman. Hal ini terungkap ketika dilakukannya jumpa pers, Senin (23/6), dalam rangka menyambut HUT Kota Makassar yang ke-4001.

Dalam keterangannya, Kadis Koprasi dan Penanaman Modal Kota Makassar,pelayanan pembebasan retribusi ini terdapat 10 jenis usaha. Yakni usaha koperasi, sepatu sandal, toko alat-alat listrik, toko barang campuran atau klontong, toko hendphone serta asoserisnya, toko alat tulis kantor, kios makanan, wartel, toko obat dan jamu nasional, dan toko mainan anak-anak.

”Keputusan ini guna melaksanakan pelaynan pembebasanb retribusi yang dimaksudkan, kecuali biaya leges dan admnistrasi, pelayanan inipun diberikan hanya untuk warga Kota Makassar serta tidak masik pada perpanjangan izin,” ucap Kadis Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal Asing, di hadapan sejumlah wartawan.

Sedang luas tempat usaha yangakan diberikan pelayanan pembebasan retribusi ditetapkan maksimal 75 M persegi. Demikian pada prosudur persyarakat dalam mendapatkan izin gangguan HO tetap mengacu pada Peraturan Walikota No.14 Tahun 2005 tentang tatacara pemberian izin dalam wilayah Kota Makassar

Mengenai perizinan gudang yang kerap menjadi sorotan warga diakuinya, dengan tegas, bahwa tak adalagi izig yang akan dikeluarkan Pemkot Makassar. Juga pada alkohol dengan kadar alkohol 15 persen juga tak aakn lagi diperpanjang masa izin yag dimiliki pemiliknya.

”Seperti pula pada perizinan distribusi minuman yang beralkoholhanya hotel Santika yang mengantongi izin tersebut, sedang yang lainnya belum memiliki izin,” kunci Kadis Perindustrian, Perdagangan, koperasi, dan penanaman modal Kota Makassar

Urus IMB Juga Dapat Diskon 40 Persen

Sementara, masih dalam kerangka kemudahan pendirian usaha, Pemerintah Kota Makassar juga memberikan diskon pengurusan izin membangun bangunan (IMB) sebesar 40 persen untuk usaha dengan investasi besar.
Investasi besar yang dimaksud adalah usaha dengan modal di atas 10 miliar yang mampu menyerap hingga ratusan tenaga kerja lokal.
Beberapa usaha yang telah mendapatkan fasilitas itu adalah pabrik gula refinasi di Tamalanrea dan Trans Studio Resort di Tanjung Bunga.
(Zulkifli Malik/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Polair Sulselbat Gagalkan Penyuludupan BBM ke Papua Barat

Salah Satu Kapal Patroli Polair Sulselbar Yang siaga melakukan patroli dilaut

Makassar, Liputankota- Kepolisian Perairan (Polair) Polda Sulselbar berhasil menggagalkan rencana penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar sebanyak
17,4 ton. BBM tersebut diangkut kapal motor (KM) Mitra Abadi.
Kapal yang memuat BBM ilegal itu ditangkap di Perairan Makassar, dekat Pulau Khayangan atau sekitar satu mil dari pesisir pantai Makassar, Sabtu (21/6) pagi lalu. Namun penangkapan ini baru diungkapkan kepolisian kepada wartawan, Senin (23/6).

"Kapal dan barang bukti berupan BBM jenis solar itu kami tangkap karena nahkoda kapal tak bisa menunjukkan dokumen sah pengiriman BBM tersebut," jelas Kepala Bidang Humas Polda Sulselbar AKBP Hery Subiansauri dalam jumpa pers di Mapolda Sulselbar, kemarin.

Menurut Hery, dari hasil pemeriksaan aparatnya diketahui bahwa BBM itu milik Faisal dan rencananya diselundupkan ke Papua Barat,seperti dikutif tribun.

BBM ini diakui oleh nahkoda kapal yakni Basman dibeli dengan harga industri di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di Panampu.

Padahal diketahui SPBU tidak diperkenankan menjual BBM kepada industri. Hanya melalui Pertamina yang dibolehkan menjual BBM ke pelaku industri, tentu dengan harga industri pula.

Basman sejak hari Sabtu lalu resmi berstatus tersangka dan hingga tadi malam masih ditahan di Polair Makassar.

Saat ditangkap, sang nahkoda memperlihat dokumen pengangkutan tegel, semen, dan tiang listrik. Padahal yang diangkutnya adalah drum-drum yang berisi BBM jenis solar sebanyak 17,4 ton.

Atas perbuatannya itu, tersangka yang baru seorang yakni Basman (nahkoda) dikenakan telah melanggar Pasal 55 Undang-Undang Migas. Ancaman hukumannya enam tahun penjara.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Wakil Ketua PPP Sidrap: Tidak Ada Humas di PPP Sidrap

Humas PPP Sidrap: Penetapan Pada Rapimcab, belum ada calon yang diputuskan.

Laporan : Andi Ahmad

Wakil Ketua PPP Sidrap, Ilham Junaedi ( foto: Andi Ahmad)

Makassar,Liputankota- Pada Pernyataan humas Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sidrap, Rizal Najamuddin, membantah partainya telah menetapkan calon wakil bupati seperti diutarakan Wakil Ketua PPP Sidrap, Ilham Junaeidi.


Sebelumnya, Ilham mengungkapkan pleno pimpinan cabang PPP Sidrap menetapkan mantan Wakil Wali Kota Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim),H. Adam Malik, sebagai calon wakil bupati pada Bisnis Online pada hari Sabtu (21/6).

Menurut Rizal, Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) PPP Sidrap di Hotel Maricaya, Makassar, Jumat-Sabtu (20-21/6), hanya menetapkan beberapa calon yang akan diusulkan.
"Jadi belum ada calon yang diputuskan, baik calon bupati (cabup) maupun calon wakil bupati (cawabup)," tegas Rizal.

Dalam rapim tersebut, terangnya, diputuskan tiga kandidat bupati masing-masing Andi Syahriwijaya, Yusuf Paddong, dan Musafir Kelana. Sedangkan untuk cawabup ditetapkan Adam Malik, Saputra Paita, dan Dr Haedar.

Syahriwijaya disebutkan mendapat dukungan suara enam pimpinan anak cabang (PAC), Yusuf empat PAC, dan satu PAC untuk Musafir. "Nama-nama itu akan kita usulkan ke DPW dan DPP," katanya.

Sementara itu Bisnis Online mengkomfirmasikan kembali kepada Wakil ketua PPP Sidap, Ilham Junaedi lewat telepon selularnya, menjelaskan bahwa Rizal yang mengaku humas PPP Sidrap itu tidak betul, yang setahu kami orang itu adalah penjaga kantor di PPP sidrap, jadi itu tidak benar dan tidak ada jabatan humas PPP sidrap, jelasnya.

Hasil penetapan pada Rapat pleno rapimcab PPP Sidrap pada hari Sabtu (21/6) dihotel Maricaya memang betul belum sudah ada penetapan tapi bukan seorang wakil bupati saja melainkan ada dua orang yakni mantan Wakil Walikota Bontang, H.Adam Malik, dan Dr. Haikal Ali ( Kabag Ekonomi Pemkab Sidrap) sedangkan para calon bupati adalah Andi Syahriwijaya, Yusuf Paddong, dan Musafir Kelana, ujar Ilham pertelepon yang mengaku masih di jakarta bersama H.Adam Malik.

" Perlu diketahui pula, presentase kursi di PPP sidrap untuk mengusung Balon Bupati dan Wakil Bupati masih mencari tambahan satu kursi lagi dari partai lain, inilah diharapkan masing-masing calon Bupati dan wakil bupati yang telah ditetapkan oleh PPP sidrap pada rapat pleno rapimcab kemarin di Makassar untuk mencari sisa satu kursi ini pada partai lain supaya bisa cukup dan dapat mengusung calon Bupati dan Wakil bupati pada pilkada Sidrap nanti," tegas Ilham kepada Bisnis Online selasa (24/6).(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

LSI : PDIP Menang Pada Pilkada Jateng

Perhitungan Sementara Bibit-Rustriningsih Raih 42,47 Persen Suara



Semarang, Liputankota- Hasil quick count (penghitungan cepat) yang dilakukan dua lembaga, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Pusat Kajian dan Kebijakan Pembangunan Strategis (Puskaptis), memenangkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengan (Jateng), Bibit Waluyo-Rustriningsih

Data yang dilansir LSI, Minggu (22/6), menunjukkan, pasangan Bibit-Rustriningsih yang diusung PDIP meraup 42,47 persen suara.
Dalam rilis terakhir, pukul 18.00 WIB, sudah terkumpul 99,75 persen atau 399 dari 400 TPS yang sudah ditentukan. Satu TPS yang belum masuk dari Temanggung, masih melakukan penghitungan suara.

Pada quick count kali ini, LSI menggunakan metode kombinasi ratified dan cluster random sampling. Sedangkan sampel yang dipilih 400 TPS.

Pasangan yang diusung Partai Golkar, Bambang Sadono-Muhammad Adnan meraih 23persen suara. Sedangkan pasangan Agus Soeyitno-Kholik Arief mendapat 7,29 persen, padangan Sukawi Sutarip-Soedharto yang diusung PKS dan Partai Demokrat mendapat 15,23 persen suara, serta duet M Tamzil/Rozak Rais yang dijagokan PAN dan PDIP mendapat 12,01 persen.

Menurut pengamatan LSI, pemilih yang menggunakan hak pilih hanya sekitar 58,46 persen. TPS di Temanggung belum melaporkan hasil penghitungan karena mendahulukan penghitungan suara untuk Pilkada Bupati Temanggung yang digelar bersamaan dengan pilkada gubernur.

Sementara itu, quick count versi Puskaptis menyebutkan, Bibit-Rustriningsih menang dengan perolehan 39,13 persen.

Disusul Bambang-Adnan dengan 23,51 persen, Sukawi - Sudharto 17,64 persen, Tamzil-Rozaq 14,3 persen, dan pasangan Agus Suyitno dan Kholiq Arip 5,69 persen.

"Ini hasilnya memang belum final, tapi dari perolehan sementara itu sudah dipastikan pemenangnya adalah Bibit Waluyo dan Rustringsih," ujar Direktur Puskaptis Husyein Yazid saat menggelar jumpa pers di Hotel Ciputra di kawasan Simpang Lima, Semarang
Husyein menyatakan dalam perhitungan cepat itu pihaknya mengambil sampel di 72 kecamatan, 144 kelurahan, dengan sampel 500-400 TPS dan margin error satu hingga dua persen.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng baru akan mengumumkan hasil resmi pilkada tersebut dalam dua hingga tiga minggu ke depan.

Bibit adalah mantan Pangdam IV Diponegoro, Jateng dan Panglima Kostrad. Dia pensiun dengan menyandang pangkat letnan jenderal. Sedangkn Rustriningsih adalah kader PDIP yang menjabat Bupati Kebumen periode kedua.


Nasionalis

Rustriningsih yang ditemui di Kebumen mengatakan, hasil Pilkada Jateng tersebut menunjukkan kemenangan nasionalis, bukan militer.

Dengan persentase perolehan suara yang mencapai lebih dari 40 persen, Rustriningsih yakin tak akan ada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah untuk putaran kedua.

"Saat saya mendapatkan angka dukungan suara bagi Pak Bibit dan saya lebih dari 30 persen, saya merasa yakin pada akhirnya masyarakat Jawa Tengah menanti sosok figur nasionalis," katanya.

Namun, keunggulannya sementara ini diakui juga ikut didukung oleh PDIP yang mengusungnya. Selain itu juga tak kalah penting berbagai kalangan dari luar partai politik.

"Dukungan dari luar partai politik ini tetap penting. Karena dengan hanya sekedar mempertahankan perolehan suara PDIP pada Pemilu 2004, tak akan cukup untuk menghadapi pemilihan kepala daerah yang berlangsung selama 2008 ini," katanya.

Rustriningsih mengakui, dirinya sempat ragu terhadap berbagai kondisi untuk maju dalam Pilkada Jateng ini. Hal itu menyusul tak adanya lagi kepastian dari salah satu golongan untuk mendukung pemenangan.

"Kalangan ulama, misalnya, dari pelaksanaan pemilihan presiden maupun pilkada selama ini terbukti tak lagi cukup dapat mendukung kemenangan bagi calon kepala daerah dari PDIP. Tak kalah pula kalangan militer juga selalu dapat dikalahkan dalam beberapa pilkada di Indonesia. Contohnya Jawa Barat, ternyata calon yang datang dari militer tetap kalah," ujarnya.

Karena itu pula sebabnya, dia meyakini, keunggulan sementara ini merupakan kemenangan nasionalis, bukan militerisme yang merupakan latar belakang pasangannya. "Saya yakin sekali, ini merupakan kemenangan nasionalis dan inilah yang ditunggu oleh masyarakat Jawa Tengah," katanya.


Beri Selamat

Sementra itu, Bambang menyampaikan selamat atas kemenangan Bibit -Rustriningsih versi quick count LSI.

"Angka dalam quick count ini sudah jelas. Perolehan Pak Bibit sudah mencapai 50 persen," kata Bambang di kediamannya di Krapyak, Semarang,.

Menurut dia, kemenangan Bibit-Rustri telah diperkirakan sebelumnya. Bambang menjelaskan, jika perolehan suara pasangan Sukawi-Sudharto dan Tamzil-Rozaq naik, maka akan berpengaruh terhadap perolehan suara dirinya.

Bila dibandingkan dengan pasangan Bibit-Rustri, lanjut dia, pasangan itu sudah memiliki pendukung yang sudah pasti akan mendukung mereka.

Selain itu, usaha yang dilakukan Partai Golkar dalam pelaksanaan Pilkada Jateng sudah sangat maksimal, bahkan melebihi target. "Perolehan suara Golkar di Jateng hanya sekitar 17 persen, sedangkan dari hasil quick count sudah melebihi angka itu. Berarti kami sudah bekerja maksimal," katanya,seperti dikutif Tribun.

Dengan hasil tersebut, dia mengimbau kepada seluruh pendukung serta simpatisan Golkar untuk dapat menerima hasil tersebut dan tidak melakukan hal-hal yang menjurus ke arah anarkis.

Ia juga menyatakan, siap mendukung pasangan Bibit Waluyo-Rustriningsih jika nantinya benar-benar terpilih sebagai gubernur dan wagub periode 2008-2013.(Eka Saputra/Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Kapal Murni Jaya Tenggelam Diperairan Tanjung Bira

9 Awak Kapal Telah dievakuasi Dan Dirawat Pada RSU Sinjai


Sinjai Liputankota- Musibah kapal tenggelam kembali terjadi. Kali ini dialami 14 nelayan dari Kelurahan Lappa, Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Kapal kayu Marni Jaya 02 yang ditumpangi para nelayan itu tenggelam di perairan Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Minggu (22/6). Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian yang ditimbulkan mencapai sekitar Rp 200 juta.

Sembilan orang nelayan, tadi malam telah dievakuasi ke Rumah +Sakit Umum (RSU) Sinjai. Sementara lima lainnya masih berada di kapal lain di perairan Sinjai.

"Kami masih berusaha mengevakuasi lima nelayan yang masih berada di kapal penolong yang saat ini berada di perairan Sinjai. Saat ini ombak sangat besar. Kapal motor yang digunakan untuk mengevakuasi sembilan nelayan, as mesinnya patah. Tapi kami tetap berusaha untuk mengevakuasi semua korban,'' ujar Ilham, salah seorang anggota tim SAR yang turun ke lokasi tenggelamnya kapal,seperti dikutif berita kota.

Nahkoda kapal, Wala (38) yang sudah berhasil dievakuasi, menceritakan, Minggu pagi sekitar pukul 08.00 Wita dia bersama 13 awak lainnya meninggalkan pelabuhan TPI Lappa, menuju perairan Barru. Mereka hendak menangkap ikan di wilayah itu.

Sekitar pukul 14.00 Wita, ombak dengan ketinggian 3-5 meter membuat kapal oleng. Saat itu juga papan perahu bagian dasar (yang dalam bahasa Bugis dikenal dengan nama langasa), terbongkar. Akibatnya, kapal bocor.

Hanya dalam waktu singkat, kapal yang bertonase 6 ton ini tenggelam ke dasar laut. Ke 14 awak kapal, masing-masing Wala (38), Usman (28), Rahmat (19), Anjas (40), Tuo (47), Yusran (17), Agus (17), Asrun (17), Risal (19), Sambang (23), Sappe (21), Tansi (29), Lia (19) serta Ofi (19) harus berenang untuk menyelamatkan diri. Setelah satu jam mengarungi lautan, sebuah kapal nelayan datang menolong mereka.

"Saat itu kami berada di perairan Tanjung Bira. Ombak besar menghantam perahu kami dan papan bagian bawah terlepas. Perahu kami langsung tenggelam ke dasar laut,'' terang Wala yang ditemui di RSU Sinjai.

Meski berhasil diselamatkan, beberapa diantara nelayan tampak kelelahan dan pusing-pusing akibat capek berenang. ''Saya sudah sempat minum air laut. Seandainya tidak ada kapal yang menolong, mungkin ada korban jiwa. Sebab lokasi kejadian masih jauh dari daratan,'' ujar Tuo, salah seorang awak kapal yang selamat.

Seorang petugas medis di RSU Sinjai, dr Fitri tadi malam menjelaskan, kondisi kesehatan korban sudah membaik. Hanya saja ada beberapa diantaranya yang tensi darahnya meninggi, mencapai 170/100.

''Ada diantara korban yang mengalami pusing, sakit kepala dan kedinginan. Bahkan tensinya di atas normal. Mungkin karena mereka kaget,'' jelas dr Fitri.(Saldi Rani/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Abdul Latief Resmi Pimpin Aklindo Sulsel

Aklindo Sulsel Sudah Terbentuk 6 DPC


Makassar, Liputankota- Setelah resmi dilantik sebagai ketua DPD Asosiasi Ketenagalistrikan Indonesia (Aklindo) Sulsel, Drs H Abdul Latief A Al-Bafadhal MM menargatkan, akan bekeja cepat membentuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di seluruh kabupaten kota se Sulsel dalam waktu dekat ini segera terbentuk.

"Setelah resmi dilantik, kini kami sudah siap memberikan pelayanan kepada masyarakat Sulsel dalam hal sebagai penyedia jasa ketenagalistrikan, " kata H Abdul Latief A Al-Bafadhal usai pelantikan dirinya sebagai Ketua DPD Aklindo Sulsel, di Hotel Valentino, Sabtu (21/6).

Tidak kalah penting lainnya, Latief A Al-Bafadhal akan membentuk DPC dalam rangka mendorong pelayanan lebih cepat dan dekat kepada masyarakat, sehingga urusan kelistrikan ini bisa lebih mudah dinikmati masyarakat.

Saat itu, kata Latief - begitu ia disapa- jumlah keanggotaan yang tergabung dalam Aklindo se Sulsel saat ini sudah sebanyak 30 perusahaan jasa ketenagalistrikan.

Bahkan untuk memperlihatkan keseriusan Aklindo yang hadir ditengaah masyarakat, sudah 6 DPC Aklindo yang terbentuk, seperti DPC Aklindo Bone, DPC Aklindo Sinjai, DPC Aklindo Bulukumba, DPC Aklindo Pangkep, DPC Aklindo Luwu, DPC Aklindo Palopo serta DPC Aklindo Selayar.

"Dengan terbentuknya DPC ini tentunya merupakan suatu bukti keseriusan Aklindo untuk memberikan pelayanan. Bahkan rencananya pelantikan DPC di daerah lainnya akan diupayakan rampung akhir bulan ini," kata Latief,seperti dikutif Berita Kota.

Aklindo sendiri, didukung oleh tenaga ahli yang tidak perlu diragukan.
"Insya Allah, dalam waktu dekat kami akan melakukan pelatihan peningkatan kualitas tehnis dari berbagai perusahaan. Hal ini juga dilakukan untuk memperlihatkan hasil kerja yang senantiasa menciptakan suatu kemandirian bagi asosiasi,"terangnya.

Sementara Ketua DPP Aklindo A Amir Husri berharap, keanggotaan asosiasi ini harus dilakukan secara selektif dan cermat. Diharapkan perusahaan yang mendaftar benar-benar masuk dalam kategori dan dilakukan proses seleksi terlebih dahulu.

"Setiap perusahaan yang ingin bergabung di Aklindo harus memenuhi berbagai persyaratan terlebih dahulu. Melalui persyaratan ini nantinya diharapkan anggota yang tergabung memiliki kualitas yang bisa diandalkan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, tentunya akan mengarah pada profesionalisme," jelas Amir.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

DPC PPP Sidrap Tetapkan H.Adam Malik Sebagai Kandidat Wakil Bupati

Laporan : Andi Ahmad
H.Adam Malik Kandidat balon Wakil Bupati Sidrap dari PPP (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota- Setelah dua hari dilaksanakan rapat pimpinan cabang (Rapimcab) DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sidrap pada penjaringan Kadindat Bakal Calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Sidrap periode 2008-2013,yang dilaksanakan dari tanggal 20 -21 juni 2008 diHotel Maricaya Makassar, sudah mendapatkan hasil pada rapat pleno yang dihadiri 19 PHC (Pimpinan Harian Cabang) dan 11 PAC (pimpinan Anak Cabang) tepat pukul 17.00 wita menetapkan mantan Wakil Walikota Bontang, H. Adam Malik sebagai kandidat wakil bupati, kata Wakil Ketua DPC PPP Kab. Sidrap. Ilham Junaedi kepada Bisnis Online, sabtu (21/6) di Makassar.

Wakil Ketua DPC PPP Sidrap, Ilham Junaedi (foto: Andi Ahmad)

Dengan menetapkan H. Adam Malik sebagai kandidat Wakil Bupati, maka agenda selanjutnya adalah mencari pigur bakal calon (Balon) Walikota yang siap mendampingi H.Adam Malik. Pada rapat pleno seluruh peserta rapat melihat figur dari pada H.Adam Malik sangat berpengalaman dalam mengurusi pemerintahan dimana terbukti selama lima tahun menjadi Wakil Walikota di Bontang, jadi tidak perlu diragukan lagi kepemimpinannya di kabupaten Sidrap nantinya, ucap Ilham.

Adapun Tanggapan H. Adam Malik setelah ditetapkan pada rapat pleno Rapimcab DPC PPP Kabupaten Sidrap, mengatakan ini cukup bagus, dan ini merupakan awal kesuksesan dalam melangkah dan maju pada Pilkada Kabupaten Sidrap, ucapnya kepada Bisnis Online melalui Telepon Selularnya dengan nada agak gembira.

" Dengan hasil penetapan pada rapat Pleno tadi sore, maka ini merupakan amanah dari DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sidrap untuk memimpin Sidrap yang terkenal sebagai lumbung padi di Provinsi Sulsel, mengapa di daerah orang lain saja bisa sukses jadi Wakil Walikota, kenapa di kampung sendiri tidak bisa membangun, jadi sangat Optimis bisa Membangun Kabupaten Sidrap lima tahun kedepan, Insya Allah," papar Adam Malik.

Pada Akhir perbincangan lewat telepon selularnya, H.Adam Malik menjelaskan bahwa sisa kita mencari calon walikotanya, dan ketika Bisnis Online menanyakan figur mana yang cocok berpasangan dengan bapak, "nanti disampaikan kalau sudah ada figur yang pas," ucap H.Adam Malik diakhir perbincangannya dengan Bisnis Online. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

KPU Parepare Tetapkan 4 Calon Walikota Dan Wakil Walikota

Pasangan Syariah Tidak Lolos

Parepare, Liputankota- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare menetapkan empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare yang akan bertarung untuk periode 2008-2013 di Ruang Media Center KPU Parepare, Jumat (20/6).
Keempat pasangan yang ditetapkan itu masing-masing Tajuddin Kammisi-Abd Rahman Saleh yang diusung Koalisi Hati Rakyat (PKS, PNI Marhaenisme, PBSD, PKPB, PSI), Achmad Faisal A Sapada-Paseng Madong yang diusung Koalisi Persatuan (PPP-PDK).

Kemudian Taufan Pawe-Arvanita A Dengkeng yang diusung Koalisi Pembaharuan
(PBB-PPDI) dan pasangan M Zain Katoe-A Syamsu Alam yang diusung Partai Golkar.

Sementara empat pasangan lainnya dinyatakan tidak lolos verifikasi. Mereka yang tidak lolos termasuk pasangan yang menggugat KPU, A Syamsul Alam Mallarangeng-Achmad Ridha Ali (Syariah) yang mengklaim diusung Koalisi Syariah (PAN, PDS, Partai Demokrat, PIB, PKPI, Partai Patriot, dan PPNUI).

Tiga pasangan lain yang tereliminasi masing-masing Arifuddin Dewang-Ahmad Dalle (PDS, PPNUI, dan PPD), Jumras-Darma Setiawan (Partai Pelopor, Partai Merdeka, PKPI, PIB, dan PNDK), dan A Bustam Oddo-Aida Hatta Huraira Parawangsa (PNI Marhaenisme).

Berdasarkan Persyaratan

Ketua KPU Parepare Yasser Latif didampingi empat anggota KPU lainnya mengatakan, penetapan empat pasangan calon yang memenuhi persyaratan tersebut bukan ditetapkan berdasarkan adanya tekanan atau intervensi pihak lain.

Sementara tidak diloloskannya pasangan Syamsul-Ridha karena saat dilakukan verifikasi ditemukan kekurangan yang tidak memenuhi beberapa persyaratan pasangan calon, seperti adanya dukungan ganda partai yang mengusung Syamsul-Ridha.

"PDS dan PPNUI sebelumnya mendukung pasangan calon lain kemudian ingin mengalihkan dukungannya ke pasangan Syariah pada tanggal 15 mei lalu. Sementara pendaftaran pasangan calon berakhir pada 11 Mei," ungkap Yasser.

KPU hanya mengakomidir dan menghitung suara dukungan terhadap pasangan Syamsul-Ridha dari enam partai yang tercatat mengusungnya saat pendaftaran yaitu PAN, PDS, Partai Demokrat, PIB, PKPI, dan Partai Patriot.

Sehingga, KPU hanya mengakomidir dan menghitung suara suara dukungan sebesar 13,28 persen untuk pasangan Syamsul-Ridha yang tidak mencukupi 15 persen suara untuk maju sebagai pasangan calon di pilkada mendatang.

Lanjutkan Gugatan

Sementara itu, Achmad Ridha Ali yang dihubungi Tribun via telepon selularnya menyatakan belum menerima hasil penetapan pasangan calon tersebut. Politisi PAN ini mengaku belum mendapat pemberitahuan dai KPU terkait penetapan calon itu.

"Sejauh ini kita belum terima pengumuman penetapan pasangan calon tersebut dari KPU. Setahu kami, pengumuman itu direncanakan diumumkan Hari Sabtu setelah ada surat jawaban hasil konsultasi dengan KPU pusat," kata Ridha.seperti dikutif tribun.

Ditegaskan, jika memang KPU tidak meloloskan pasangan Syamsul-Ridha, maka pihaknya akan tetap melanjutkan gugatan hukum yang sementara berjalan.

KPU akan menentukan nomor urut pasangan calon pekan depan antara Tanggal 23 hingga 25 Juni.(Sakkar/Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Gubernur Sulteng Pimpin BKPRS Yang Baru

Gubernur Sulteng. HB. Paliudju saat diterima oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono di Istana kepresidenan

Makassar, Liputankota-Pertemuan Badan Kerjasama Pemerintah Regional Sulawesi (BKPRS) merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh BKPRS setiap tahunnya, setelah dilaksanakan di Palu sulawesi tengah, dari enam gubernur se Sulawesi yang diagendakan bertemu tadi malam hanya dihadiri lima Gubernur yakni Gubernur Sulsel,H. Syahrul Yasin Limpo, Sultra, Muh. Nur Alam, Sulteng. HB.Paliudju, Gorontalo. Fadel Muhammad, Sulbar.H.Anwar Adnan Saleh, sedangkan Gubernur Sulut, Sarundayang berhalangan hadir dan diwakili Asisten Ekbang Pemprop Sulut.

Dari Hasil Pertemuan para lima Gubernur yang dihadiri Tokoh Masyarakat Sulawesi, yang juga Wakil Ketua MPR RI, H.Aksa Mahmud, memutuskan sebagai Ketua BKPRS yang baru menggantikan Fadel Muhammad adalah Gubernur Sulteng, HB. Paliudju yang didampingi nantinya oleh Gubernur Sulsel sebagai Wakil Ketua dengan periode hanya satu tahun saja, kata Fadel Muhammad deklator BPKRS Jumat (20/6) dihotel Clarion Makassar.

Fadel Muhammad mengatakan dari hasil pertemuan ini keenam anggota BKPRS ini menyetujui lima program yang mendesak akan dilaksanakan yakni pengembangan parawisata di enam provinsi, masalah transportasi merupakan sesuatu yang sangat perlu dibenahi, rencana pembangunan jalur kereta api, perbaikan infrastruktur, pembangunan dibidang pertanian dengan peningkatan perekonomian, dan yang terpenting saat sekarang seharusnya seluruh komponen di BKPRS sudah mrnjual yang bersifat regional "jangan lagi menjual dengan yang sifatnya lokal saja," jelasnya.

Sementara itu Ketua BKPRS yang baru, HB. Paliudju mengatakan iuran setiap anggota meningkat menjadi Rp.270 juta pertahun, dan yang program yang akan dilaksanakan ada enam program yaitu masalah keamanan dalam wilayah enam provinsi ini, adanya kajian, diskusi yang berkelanjutan, perbaikan infrastruktur, dan perlunya ada pertemuan tingkat tinggi yaitu internasional yang dilaksanakan oleh BKPRS.

Pertemuan ini menurut Gubernur Sulbar,H.Anwar Adnan Saleh yakni membahas eksistensi Badan Kerja Sama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS) yang dibentuk para Gubernur se Sulawesi satu tahun yang lalu, jelas Anwar

Adapun yang ditambahkan Anwar Adnan SaLeh,yang paling mendesak dibicarakan bersama pemerintah bersama enam provinsi adalah transportasi antar provinsi, ini yang penting karena pemasaran hasil perkebunan selama ini banyak kendala oleh transportasi yang tidak memadai, jelas Gubernur Sulbar. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Mantan Wakil Walikota Bontang Siap Maju di Sidrap

H.Adam Malik (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota - Mantan Wakil Wali Kota Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim), Andi Adam Malik, menyatakan siap berkompetisi menjadi calon Wakil Bupati (Cawabup) Sidrap di pilkada mendatang, Jumat (20/6) malam.
Pengusaha dan politisi Bontang asal Empagae, Sidrap, ini bersaing dengan dua kandidat Wakil Bupati Sidrap lainnya yang akan mengendarai PPP


Wakil Ketua PPP Sidrap Ilham Junaedi (foto: Andi Ahmad)

Wakil Ketua PPP Sidrap Ilham Junaedi menyatakan, 17 pengurus harian dan sejumlah pengurus kecamatan PPP Sidrap mendukung Adam menjadi kosong dua Bumi Nene Mallomo. Ilham mengaku terharu karena Adam berbesar hati hanya membidik kosong dua.

"Kami sudah bicara dengan beliau (Adam) dan menawarkan untuk maju menjadi calon bupati, tapi beliau menyatakan hanya bersedia maju menjadi calon wakil," kata Ilham usai bertemu Adam di Hotel Sahid Jaya, Makassar, Jumat (20/6).

Dalam pertemuan itu, Adam didampingi belasan tim dan keluarganya. Sejumlah pengurus PPP Sidrap ikut dalam pertemuan.

"Kalau ada kosong tiga atau kosong empat, saya akan maju di kosong tiga dan empat itu, demi membangun Sidrap," kata Adam.

H.Adam Malik Sudah berpengalaman

Dia mengaku hijrah ke Bontang tahun 1974. Sukses di bidang usaha, Adam melirik dunia politik di negeri rantau. Setahun menjadi anggota legislatif dan lima tahun menjadi wakil wali kota menjadi modal Adam membangun Sidrap.

Sementara kandidat bupati, mantan Kepala Biro Umum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel Asri Syamsuddin dan Ketua Gabungan Kontraktor Indonesia (Gakindo) Sulsel Saputra Paita memastikan diri ikut bersaing.

Ilham juga menyebut Wakil Bupati Sidrap Musafir Kelana AN dan mantan Sekretaris Kota Parepare Syahriwijaya ikut mendaftar dan sedang dalam proses menjadi calon Bupati Sidrap.

Akibat Sarung Samarinda

MANTAN Wakil Wali Kota Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim), Andi Adam Malik, memiliki segudang kenangan dengan mantan Wakil Presiden RI Hamzah Haz. Menurutnya, selama lima tahun menjabat wakil wali kota, ia sering mendampingi Hamzah saat kunjungan kerja ke Kaltim.

"Saya tahu betul apa kesukaan Pak Hamzah Haz. Kalau kami ketemu dan sempat cerita, beliau sangat bersemangat jika bercerita tentang perkembangan PPP," kata Adam.
Menurutnya, tiga hal yang menjadi kesukaan Hamzah dari Kaltim. Ketiga hal itu adalah Sarung Samarinda, makanan khas Kaltim Payau, dan amplang.

Jadinya, lanjut Adam, tiap ke Jakarta menjadi wajib baginya membawa tiga barang itu untuk Hamzah. Malah menurutnya, membawa tiga barang itu ketika hendak menemui Hamzah belakangan menjadi kebiasaan pejabat Kaltim yang hendak bertemu Hamzah.

"Setelah saya ceritakan sama teman-teman mereka pada ikut membawanya ke rumah Pak Hamzah jika ke Jakarta. Biasanya mereka hanya menyimpannya di rumah Pak Hamzah tanpa sepengetahuan beliau. Hebatnya lagi, karena setiap ada yang bawakan barang itu, saya yang selalu dianggap membawakannya," kenang Adam.(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Komisi Kepolisian Nilai Kapolda Sulselbar Salah Kaprah

Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Sisno Adiwinoto bersalaman dengan mahasiswa Unhas pada suatu Acara

Makassar,Liputankota- Pernyataan yang terkesan ancaman mempidanakan wartawan yang beberapa kali disampaikan Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Sisno Adiwinoto dan menganggap UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers terus menuai sorotan dan protes. Tak terkecuali dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sendiri.

Dr Laode Husen SH MH, salah seorang anggota Komisi Kepolisian Nasional RI mengatakan kalau UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers itu sudah lex specialis. Dalam adagium hukum, jika telah ada UU khusus, maka UU tersebut hendaknya dijadikan sebagai parameter utama dan mengeyampingkan UU yang bersifat umum.

"Saya kira kapolda (Sisno Adiwinoto) salah kaprah. Ia tidak boleh mengabaikan UU pers untuk setiap sengketa pers," ujar Laode yang dikutip Upi Asmaradana dalam jumpa pers di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Makassar, Jumat (20/6) siang.

Upi adalah koordinator Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers Makassar. Upi mengutip pernyatan Laode Husen itu saat keduanya bertemu untuk mengadukan pernyataan Sisno tersebut di Jakarta dua hari lalu.

Selama di Jakarta dari tanggal 15 hingga 18 Juni 2008, Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers yang diwakili Upi juga mengadukan konflik antara jurnalis dan Sisno ke sejumlah perwakilan lembaga. Di antaranya Dewan Pers, Komnas HAM, Komisi Kepolisian Nasional, Pengurus AJI Indonesia, dan Komisi III DPR RI.

Menurut Upi yang juga jurnalis Metro TV itu, semua perwakilan lembaga yang ditemuinya di Jakarta secara tersurat dan tersirat menegaskan bahwa UU No 40 Tahun 1999 Tentang Pers sudah lex specialis,seperti dikutif tribun.

Bagi yang tidak mengutamakan UU pers dalam setiap sengketa pers, adalah pihak yang sebenarnya antikebebasan pers. Karenanya mereka juga turut menyesalkan pernyataan Sisno yang mengancam mempidanakan jurnalis jika ada pihak yang merasa dicemarkan nama baiknya melalui pemberitaan.

Terkait masalah ini, sebelumnya Sisno membantah pernah melontarkan pernyataan tersebut. Ia mengaku justru wartawan telah mempelintir komentarnya.(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom