Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

BPK Makassar Temukan Penyelewengan APBD Sulsel 2007



Makassar,Liputankota-BPK cabang Makassar menemukan penyelewengan anggaran yang bersifat administratif pada APBD Sulsel 2007. Karena itu,Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan deadline waktu kepada Pemprov Sulsel memperbaiki hasil audit Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2007 tersebut.

Hasil audit tersebut menunjukkan, ada beberapa penyelewengan anggaran yang sifatnya mendasar dan memerlukan pertanggungjawaban administratif, di antaranya aset milik pemerintah provinsi yang tidak tercatat dengan lengkap. Kepala Kantor Perwakilan BPK Makassar Abdul Latief mengatakan, hasil pemeriksaan tersebut tidak mengklasifikasi bentuk-bentuk penyelewengan yang dilakukan SKPD.

”Belum diketahui penyelewengan di beberapa SKPD,sebab kami mengklasifikasi pemeriksaan tidak dalam bentuk seperti itu. Intinya kan semua bermuara pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel,” jelas Abdul Latief,seusai penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK atas APBD 2007 kepada Pemprov Sulsel, di Kantor Perwakilan BPK Makassar,kemarin.seperti dikutif Sindo.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo didampingi Sekprov A Muallim, Kepala Biro KeuanganYushar Huduri,dan Kepala Bawasda Sulsel Thefilus Allorerung, menerima langsung laporan tersebut. Proses penyerahan laporan itu berlangsung tertutup. Mengenai adanya indikasi pelanggaran pidana, Abdul Latief mengatakan, saat ini belum ada karena rekomendasi BPK hanya bersifat administratif. Menurut dia, yang berwenang mengumumkan hasil audit tersebut, yaitu DPRD Sulsel selaku wakil rakyat.

Dalam hal ini, BPK hanya bertugas melakukan pemeriksaan. Dokumen hasil pemeriksaan diserahkan kepada pemprov dan DPRD guna ditindaklanjuti, termasuk mendapatkan klarifikasi atas temuan-temuan yang ada. ”BPK tidak berhak membuka, kami tidak dalam wewenang tersebut. Namun, BPK memberikan waktu 60 hari kepada Pemprov Sulsel untuk melakukan perbaikan atas koreksian serta menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan BPK,” ungkapnya. Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengaku, belum membuka dokumen hasil pemeriksaan BPK tersebut.

Meskipun ada temuan oleh pemeriksa, sifatnya hanya administratif semata. Mantan Bupati Gowa ini mengatakan, memang masih ada yang terkoreksi dan harus disempurnakan.Namun, secara teknis, Syahrul mengatakan bahawa belum diketahui dengan pasti, sebab hasilnya belum dibuka.

”Berdasarkan pemaparan sebelum penyerahan hasil pemeriksaan, saya nilai tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Walaupun ada temuan, sifatnya hanya administratif,”ucapnya.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Golkar Ingin 'Koleksi' 160 Kursi DPR

Ketua DPP Partai Golkar Theo L Sambuaga

Jakarta,Liputankota-Golkar ingin all out dalam Pemilu 2009. Partai berlambang pohon beringin ini bertekad meraih 45 juta suara rakyat. Tujuannya agar bisa 'mengoleksi' 160 kursi di parlemen.

"Untuk memenangkan 45 juta suara rakyat dan 160 kursi itu, yang harus dilakukan tentu itu tadi, kerja all out," kata Ketua DPP Partai Golkar Theo L Sambuaga di sela Rapimnas IV Partai Golkar di JCC, Jakarta, Sabtu (18/10).

Opsi suara terbanyak, lanjut dia, merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan peroleh suara dari posisi Pemilu Legislatif (Pileg) 2004 yang hanya berada pada angka 22-an persen.

"Para calon anggota legislatif akan menjadi ujung tombak utama dalam memenangkan hati dan suara rakyat itu," kata Theo.seperti dikutif inilah.com


Karena itu, lanjut dia, rapimnas kali ini memberi penekanan pada peningkatan operasi pemenangan di berbagai pelosok daerah. Seluruh kader maupun caleg harus berjuang dan bekerja keras, baik mereka yang di nomor kecil maupun nomor bawah.

Terkait penetapan caleg terpilih menurut opsi suara terbanyak, menurut Theo, menjadikan nomor urut tidak relevan lagi. Diyakini perolehan suara yang masuk dari setiap caleg akan memperkuat posisi Partai Golkar.

"Sebab, kader-kader dari nomor urut bawah pun akan mendapat peluang dan harapan untuk maju ke legislatif. Dan karena itu, mereka akan bekerja sekeras-kerasnya mendekati rakyat," ujar Theo.(wawan)
Selengkapnya...

BPK Laporkan 11 Kontraktor Migas Nakal Ke KPK



Jakarta, Liputankota-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengendus praktik transfer pricing (menghindari wajib pajak) dalam cost recovery Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas yang akan membuat cost recovery membengkak.
Dalam hal ini ada 11 KKKS nakal yang berhasil ditelusuri. Hal inilah yang kemudian dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Auditor Utama Keuangan Negara Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), Widodo Harya Mumpuni mengatakan kedatangan BPK melaporkan dan melakukan koordinasi dengan KPK soal BP Migas. "Koordinasi dengan dengan KPK terkait migas," kata Widodo usai mememberikan keterangan di gedung KPK Jl Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (16/10).

Menurut Widodo, ada 13 KKKs yang saat ini sedang ditelusuri BPK berkaitan dengan cost recovery dan PPh. "Ada 13 KKKs yang saat sedang ditelusuri terkait dengan cost recavery dan PPh," katanya.seperti dikutif Tribun.

Rencananya, Inspektorat akan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak untuk tidak memasukkan PPh dalam komponen cost recovery. Untuk itu membutuhkan KPK selaku lembaga antikorupsi untuk turut menertibkannya. Pembicaraan dengan pihak KPK adalah membahas pada nilai PPh yang selama ini masuk dalam komponen biaya yang harus diganti oleh pemerintah.(wawan/Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Pemprov Sulsel Akan Jamin Kredit Ekspor

Kepala Subdinas (Kasubdin) Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulsel Hasan Majadi (foto: Andi Ahmad)

Makassar,Liputankota- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan menjamin setiap kredit ekspor yang diajukan eksportir. Jaminan tersebut diberikan setelah pelaksanaan ekspor pada triwulan IV/2008 cenderung mengalami penurunan.

“Penjaminan ini diberikan terutama untuk komoditas unggulan Sulsel.Hal ini guna mendorong pertumbuhan nilai ekspor Sulsel yang dalam lima tahun terakhir terus mengalami penurunan,”kata Kepala Subdinas (Kasubdin) Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulsel Hasan Majadi di Makassar,kemarin.

Penurunan itu disebabkan persoalan letter of credit (L/C) yang dihadapi eksportir. Diketahui, para eksportir sebagai calon kreditur harus memberikan jaminan hingga 100% guna memenuhi L/C. Padahal, sebelumnya perbankan hanya mewajibkan jaminan antara 10%–20%. “Jika L/C itu 100%,maka sama saja kreditur sudah harus membayar 100% pinjaman untuk mengekspor.

Namun, pelaku eksportir jangan ikut panik terhadap kondisi finansial yang ada sekarang,” kata Hasan Majadi di Makassar,kemarin.Seperti dikutif Sindo.


Lebih lanjut,guna mendorong pelaksanaan ekspor Sulsel, khususnya komoditas unggulan, Disperindag bekerja sama dengan pemerintah masing-masing kabupaten/ kota mendorong upaya peningkatan produksi dan kualitas seperti jagung, kakao, kopi,beras. Kendati demikian, dia mengakui jika biaya ekspor komoditas dari Sulsel dibandingkan daerah lain di kawasan Indonesia barat (KIB) lebih mahal.

Penyebabnya, tidak adanya kapal yang langsung melayani ekspor ke luar negeri dan harus transit di Surabaya atau Jakarta. Selain itu, penurunan nilai ekspor Sulsel dipengaruhi menurunnya tingkat permintaan komoditas pasar internasional. Ketua Umum Hipmi Erwin Aksa menyebutkan, ketatnya aturan likuiditas perbankan menyebabkan tingkat suku bunga perbankan juga mengalami kenaikan. Imbas langsung kepada pengusaha adalah perbankan melakukan penundaan penyaluran kredit.

“Selain itu, adanya kepanikan pelaku usaha ekspor-impor dengan kondisi likuiditas dolar dalam negeri, membuat para pelaku usaha memburu mendapatkan dolar,”jelasnya. Hal ini tersebut menyebabkan perbankan juga mengalami kondisi likuiditas dolar yang ketat sehingga menahan penyaluran kredit dalam bentuk dolar.

Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel menunjukkan, nilai ekspor Sulsel akhir triwulan III/2008 turun 67,56% atau senilai USD136, 93 juta, dari posisi Juli 2008 yang mencapai USD422,14 juta.Jika dibandingkan posisi akhir triwulan III/2007, nilai ekspor Sulsel pada triwulan III/2008 mengalami penurunan 14,97% (YoY).

Kepala BPS Sulsel Bambang Supryanto mengatakan, secara kumulatif hingga akhir triwulan III/2008,nilai ekspor Sulsel juga mengalami penurunan 19,71% dibandingkan kumulatif nilai ekspor akhir triwulan III/2007. Nilai ekspor Sulsel secara kumulatif pada 2008 hanya mencapai USD1.602,099 juta, lebih rendah dibandingkan nilai ekspor pada periode yang sama pada 2007 yang mencapai USD 1.995,327 juta.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Harga Nikel Masih Bebani INCO

PT.Inco di Soroawako.

Jakarta, Liputankota – Jatuhnya harga nikel tak urung membuat kinerja produsen komoditas itu ikut melorot berlanjut pada anjloknya nilai saham di lantai bursa. PT International Nickel (INCO) pun berusaha tetap optimistis dan tetap meneruskan ekspansi.

Pada perdagangan Kamis (16/10) sesi siang, saham berkode bursa INCO terpantau berada di level Rp 2.050, atau turun Rp 200 dari penutupan perdagangan kemarin di level Rp 2.250 setelah sempat terkena auto rejection karena turun 10%.

Kepala Riset Recapital Securities, Poltak Hortadero mengatakan, saham INCO mengalami stagnasi dengan pergerakan yang cenderung melemah. “Penurunan harga INCO yang cukup tajam hingga kini sulit dibendung,” paparnya.

Saham produsen nikel itu hingga kini terus merosot seiring melorotnya harga nikel di pasar internasional. Pada awal Oktober, INCO ditransaksikan di level Rp 2.625, sedangkan pada awal September masih bertengger di level Rp 3.675. Ini berarti dalam satu setengah bulan, saham perseroan telah anjlok sebanyak 79,3%.

Norico Goman, Head of Research BNI Securities mengatakan, penurunan saham INCO salah satunya terimbas perlambatan ekonomi global yang berpengaruh pada kinerja keuangan perusahaan-perusahaan tambang.

Menurutnya, perlambatan ekonomi menyebabkan turunnya demand atas produk produk berbahan baku hasil tambang berlanjut pada merosotnya permintaan berbagai komoditi pertambangan, seperti nikel, tembaga dan lainnya.

Selain itu, fluktuasi harga minyak juga ikut berpengaruh, terkait 40% total biaya produksi merupakan biaya energi. “Kondisi market seperti ini tentu sangat berpengaruh pada pertumbuhan laba bersih dan margin keuntungan emiten tersebut,” tandas Norico.

Presiden Direktur INCO Arif Siregar juga mengungkaopkan hal senada. Menurutnya, harga nikel anjlok lebih dari setengah tahun terakhir seiring meluasnya krisis kredit yang mengancam resesi global, berlanjut pada rendahnya permintaan untuk logam-logam industri.

Namun, kendati resesi global berpotensi menurunkan permintaan, Arif mengatakan pihaknya belum melihat indikasi tersebut. INCO pun tetap akan mengejar rencana ekspansi, termasuk konstruksi pabrik senilai US$ 1,8-2 miliar di Sulawesi Tenggara berkapasitas 30.000 ton.

Menurutnya, pabrik baru atau pabrik yang diperluas itu akan memberikan INCO produksi tambahan selama 4-5 tahun. “Bila harus menunggu sampai harga nikel pulih, akan ada keterlambatan selama 4-5 tahun,”ujarnya.

Harga kontrak futures nikel tiga bulan di bursa London Metal Exchange (LME) telah turun 52% tahun ini dan jatuh 76% sejak mencapai rekor harga tertinggi sebesar US$ 51.800 per ton pada Mei 2007. Saat ini, harga kontrak diperdagangkan pada US$ 12.600 per ton.

Sedangkan menurut studi yang dilakukan INCO, jumlah produksi nikel tahun depan akan melampaui permintaan sebanyak 110.000 ton, lebih besar dari surplus tahun ini yang diprediksi mencapai 30.000 ton.

Lebih lanjut Arif menuturkan bahwa anjloknya harga nikel akan mengguncang industri tambang nikel dan menseleksi pemain di pasar saham. Alhasil banyak pelaku pasar yang akan keluar dari bisnis ini. “Dengan hilangnya spekulan, maka hanya pemain-pemain benar yang bisa bertahan di industri ini,” katanya.seperti dikutif inilah.com

Trimegah Securities pun memprediksi hal yang sama. Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir, memang banyak pemain baru yang kurang berkompeten mencoba untuk masuk ke dalam industri nikel. Sehingga, dengan jatuhnya harga komoditas, diyakini akan menggerus pemain di bisnis logam ini.

Deputy Head of Research Trimegah Securities Arhya Satyagraha berharap agar pemerintah dapat mengendalikan pasokan bijih nikel dari Indonesia, mengingat saat ini suplai sangat berlimpah.

Menurut data di bursa LME, indikasi persediaan bijih nikel telah menembus 56.000 ton dibandingkan 47.946 ton pada akhir 2007 dan 6.648 ton akhir 2006. “Caranya adalah dengan memberhentikan penjualan nikel dalam bentuk bijih tanpa olahan,” ujarnya.

Menurut data Bloomberg, harga spot nikel rata-rata di bursa LME dari awal 2008 hingga saat ini sudah mencapai US$ 23,860 per ton dan selama setahun mencapai US$ 24.979 per ton.

Dengan menggunakan kedua asumsi harga tersebut, Arhya memprediksi laba bersih INCO di 2008 akan mencapai US$ 518,9-556,9 juta, lebih rendah dari proyeksi Trimegah sebesar US$ 681,5 juta.

Sedangkan laba bersih INCO pada semester pertama 208 hanya mencapai US$ 296 juta. “Kami akan meninjau ulang seluruh proyeksi kami untuk emiten-emiten pertambangan nikel,” tukasnya.(Wawan)

Selengkapnya...

Anggaran 2009 Dipangkas, Daerah Jangan Khawatir

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono

Jakarta, Liputankota- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap gubernur dan kepala daerah untuk tidak khawatir terkait rencana pemangkasan anggaran kementerian dan lembaga nondepartemen tahun 2009 senilai Rp 7,9 triliun.

Pasalnya, pemangkasan anggaran tidak diberlakukan pada sektor yang menggenjot pertumbuhan, peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Yang dikurangi biaya perjalanan dinas. Ini yang sesungguhnya bisa dihemat," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka sidang kabinet paripurna di gedung utama Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (15/10).seperti dikutif Tribun.

Keputusan pemangkasan anggaran kementerian dan lembaga non departemen diputuskan Panitia Kerja Asumsi Dasar, Penerimaan, Defisit, dan Pembiayaan Rancangan APBN 2009 agar pemerintah tidak terperosok untuk meminjam dana kepada lembaga keuangan asing atau negara lain dalam menutup defisit APBN 2009. Defisit APBN ditetapkan satu persen terhadap produk domestik bruto (PDB), yakni sekitar Rp 53 triliun.

Tanpa merinci lebih lanjut perihal pemangkasan anggaran, Presiden Yudhoyono menegaskan, bahwa langkah pemangkasan anggaran APBN 2009 merupakan semangat pemerintah Indonesia dalam mengatasi dampak krisis keuangan global.

"Itulah semangat kita dan Insya Allah bisa kita jalankan bersama-sama, " paparnya.(wawan)

Selengkapnya...

Soal Indover, BPK Kembali Akan Permalukan BI



Jakarta, Liputankota - Setelah mempermalukan BI melalui kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)akan kembali mempermalukan BI melalui kasus Indover. Pasalnya, BPK akan mengeluarkan hasil audit terbaru mengenai Indover.

Menurut Ketua BPK, Anwar Nasution, sering terjadi praktik keuangan yang tidak jujur di anak perusahaan BI yang bertempat di Denhag, Belanda ini. Dia mensinyalir, Bank Indover ini juga sama seperti induknya (BI) yang merupakan `sarang penyamun'. "Dari dulu Indover itu sarat dengan proyek-proyek KKN. Saya dengar ada beberapa pemda yang membawa uang ke sana," tandasnya di Jakarta, Rabu(15/10).

Anwar juga menuturkan saat krisis moneter terjadi di Indonesia tahun 1997 lalu, Dana Moneter Internasional, IMF pernah juga menganjurkan agar Bank Indover ini segera ditutup. Tapi Bi tidak bersedia dan terus menyuntikkan dananya ke sana. "Itu salah satu yang membuat cadangan luar negeri kita menjadi amblas," ujarnya dikutip inilah.com.(Wawan)

Selengkapnya...

Transportasi Laut Masih Jadi Kendala Ekspor di Sulsel.

Kepala Pusat Pengembangan Pasar Afirika Dan Timur Tengah BPEN ( Badan Pengembangan Ekspor Nasional, Radu Sembiring dan Kepala Subdin Perdagangan Luar Negeri Dinas Perdagangan dan UKM Provinsi Sulsel, Hasan Majadi (foto: AA.Effendy)

Makassar, Liputankota-Departemen Perdagangan akan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-23 di Arena Jakarta International Expo, Kemayoran, tanggal 21 hingga 25 Oktober 2008. TEI 2008 merupakan pameran dagang “B to B” berskala internasional yang berfungsi sebagai mediator dan fasilitator bagi produsen nasional maupun para pembeli internasional.

Menteri Perdagangan R.I. Mari Elka Pangestu mengatakan, ”Menyikapi perkembangan ekonomi dunia yang semakin kompetitif dan berdampak luas terhadap perdagangan Indonesia, TEI 2008 harus mampu menjadi sarana promosi dan perdagangan produk ekspor non migas yang bernilai tambah dan berdaya saing tinggi dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.”

Penyelenggaraan TEI ke-23 ini yang bertepatan dengan momentum peringatan 100 Tahun Kebangkitan Nasional juga diharapkan sebagai wahana kegiatan National Pride Campaign dalam membangun kebanggaan bangsa Indonesia terhadap produk dalam negeri dan rasa cinta tanah air.

Menteri Perdagangan menjelaskan, dalam lima tahun terakhir Departemen Perdagangan RI telah berupaya memperluas jaringan pasar, di luar dari pasar utama seperti Amerika Serikat dan Eropa serta mencari peluang bagi pasar-pasar baru. Indonesia kaya akan produk-produk berkualitas tinggi dan berdaya saing yang dapat diekspor ke pasar global, ditambah lagi dengan meningkatnya komunitas kreatif yang menawarkan produk dan jasa berkualitas.

Dengan tema ‘Apa Jadinya Dunia Tanpa Indonesia?’, TEI tahun ini akan semakin mengukuhkan posisi Indonesia di pasar global dengan potensi besar dalam hal inovasi dan keaslian yang ditawarkan Indonesia. Selain memiliki posisi strategis sebagai lokasi manufaktur dari berbagai perusahaan global, Indonesia merupakan rumah bagi desainer-desainer kreatif yang mampu menghasilkan produk kerajinan serta jasa menggunakan merek sendiri.

“Hal ini merefleksikan kesadaran Indonesia tidak hanya sebagai salah satu dari “pabrik dunia”, tetapi lebih dari itu, Indonesia kini mampu menciptakan merek sendiri dalam memamerkan hasil kreativitas mereka yang lekat dengan budaya dan nilai lokal bagi masyarakat dunia,” tegas Menteri Perdagangan.

Sebagai kelanjutan dari tema untuk periode 2006 – 2010 “Serving the Global Market”, tema tahun ini “What would the world do without Indonesia” juga mengangkat semangat kontemporer dari komunitas lokal di lingkungan seni, teknologi informasi, fesyen, kerajinan serta industri lainnya yang dapat memberi kontribusi bagi pasar global. Perwakilan dari masing-masing sektor akan hadir di Trade Expo, di area pameran seluas 15.384 m2 dan terbagi atas 7 area hall.

Disisi lain menurut Kepala Pusat Pengembangan Pasar Afirika Dan Timur Tengah BPEN ( Badan Pengembangan Ekspor Nasional, Radu Sembiring bahwa Trade Expo Indonesia merupakan ajang tahunan yang mempromosikan produk dan jasa non-komoditas yang kompetitif yang menawarkan nilai lebih bagi pengunjung dan pembeli, katanya kepada wartawan didepan pertemuan dengan Dinas Perdagangan Dan UKM Provinsi Sulsel di Hotel Santika Makassar, Rabu (15/10).

Radu menjelaskan pula pada Trade Expo tahun ini diharapkan dapat mendatangkan lebih dari 8.000 pembeli mancanegara dengan target pencapaian kontrak kerjasama sebesar US$220 juta atau naik dari pencapaian tahun lalu sebesar US$200 juta. Ajang ini didukung sepenuhnya oleh sejumlah institusi pemerintahan, termasuk Departemen Perdagangan, Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN), Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), Atase Perdagangan (Atdag) Indonesia dan perwakilan RI di luar negeri, serta Kedutaan Besar dan Kantor Promosi Perdagangan negara-negara sahabat di Jakarta, paparnya.

"Rangkaian kegiatan penting lainnya yang termasuk dalam ajang TEI ke-23 yaitu simposium, seminar serta pengumuman pemenang Primaniyarta Awards 2008 yang diseleksi oleh tim juri yang terdiri dari kalangan akademisi, media, praktisi, asosiasi dagang, institusi pemerintahan serta KADIN. Persyaratan calon penerima Penghargaan Primaniyarta adalah perusahaan harus bebas dari masalah kredit perbankan, perpajakan, bea cukai, pencemaran lingkungan, perburuhan dan lainnya", ujar Radu yang juga Koordinator Humas TEI 2008.

TEI 2008 juga menyelenggarakan Lomba Karya Tulis dan Foto yang dapat diikuti para wartawan media cetak, elektronik termasuk media on-line yang meliput rangkaian kegiatan TEI ke-23 dalam periode 9 Oktober hingga 14 November 2008.

Nikel Masih Jadi Komoditi Terbesar Diekspor Sulsel

Kepala Subdin Perdagangan Luar Negeri Dinas Perdagangan dan UKM Provinsi Sulsel, Hasan Majadi menjelaskan pula sejumlah Komiditi Ekspor Indonesia yang diekspor keluar negeri berjumlah 100 komiditi antara lain pada komoditi sektor pertanian sebesar 35 produk, sektor industri sebesar 38 produk, sektor tambang hanya nikel saja sebesar 100, seluruh komiditi ekspor ini dikirim kebeberapa negara diantaranya Jepang, Amerika, Brazil, Singapura dan Malasyia dan negara ini merupakan tujuan ekspor komoditi Indonesia yang terbesar dari 75 negara tujuan didunia, katanya.

Hasan menambahkan bahwa dalam ekspor komoditi sulsel keluar negeri selama ini mendapat juga kendala dari pengangkutan kepelabuhan daerah tujuan karena di Sulsel ini belum ada kapal laut yang bisa mengangkut komoditi itu langsung ketempat negara tujuan, namun harus melalui pelabuhan tanjung priok Surabaya, dan pelabuhan Tanjung Perak di Jakarta Utara, jelasnya.(AA. Effendy)

Selengkapnya...

Kapolda Sulselbar : Janji Berantas Pungli di Sentra Pelayanan Kepolisian

Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Polisi Sisno Adiwinoto


Makassar, Liputankota- Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Polisi Sisno Adiwinoto menegaskan pihaknya akan memberantas pungutan liar (pungli) yang kerap terjadi di sentra-sentra pelayanan kepolisian (SPK) serta pungli di jalan.
Ia meminta seluruh jajaran kepolisian untuk menghilangkan tindakan menyimpang seperti pembebanan biaya kepada para pencari keadilan.

Ia berharap kesan bahwa lapor kehilangan kambing di kepolisian dapat berakibat kehilangan sapi atau kesan penanganan kasus dijadikan ATM dan ulang tahun dapat dihilangkan.

Hal itu ditegaskan Sisno saat menyampaikan tindak lanjut arahan Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri di Aula Sobarka Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Batua, Makassar, Selasa (14/10).

Pada arahan itu hadir antara lain Wakapolda Sulsel Brigjen Polisi Wisjnu Amatsastro, Irwasda Kombes Polisi M Saleh dan para pejabat utama Markas Poda serta Kapolwiltabes Makassar Kombes Burhanuddin Andi. Para kapolwil, kapolresta, dan kapolres se-Sulselbar juga hadir.

Sisno meminta pelayanan terhadap masyarakat pada sentra-sentra pelayanan kepolisian di seluruh tingkatan mendapat perhatian khusus. Pelayanan dimaksud antara lain pelayanan pengaduan masyarakat, pembuatan SIM, STNK, BPKB, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), dan tempat-tempat pelayanan kepolisian lainnya.

"Pada tempat-tempat pelayanan inilah dibutuhkan sikap melayani yang tulus dari seluruh anggota polri. Demikian juga dalam merespon laporan masyarakat, juga diperlukan kecepatan dan ketanggapsegeraan tanpa membebani masyarakat yang melapor. Jika ada yang melanggar, tentu akan sanksi tegas," ujarnya.Seperti dikutif Tribun.

Terkait pelayanan fungsi reserse dalam penanganan suatu perkara, Sisno meminta hendaknya tidak berlarut-larut. Juga tidak dijadikan obyek pemerasan, minta uang pelicin dengan dalih dukungan operasional atau dijadikan ATM. Namun harus segera berikan kepastian hukum kepada masing-masing pihak yang berperkara.

Selain menyorot soal pungli yang kerap dialami masyarakat yang membutuhkan keadialan, jenderal bintang dua itu juga menyorot pungli di internal kepolisian seperti dalam penerimaan calon anggota polri, seleksi pendidikan, penempatan dan mutasi personel serta kenaikan pangkat. Ia meminta agar kasus pungli demikian tak boleh lagi ada.(Irwan H. Idris/Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Meski Krisis Lion Air Tetap Ekspansi

Sekretaris Perusahaan Lion Air, Hasyim Arsal Al Habsi (foto: sinar Harapan)


Jakarta, Liputankota - PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) menyatakan akan tetap melanjutkan rencana ekspansinya meskipun terjadi krisis global. Selain akan membuka rute-rute internasional, pengadaan pesawat juga diyakini akan berjalan sesuai jadwal.

Sekretaris Perusahaan Lion Air, Hasyim Arsal Al Habsi mengatakan, krisis finansial hanya berpengaruh terhadap jumlah pembayaran yang harus dilakukan terhadap sejumlah pesawat Boeing 737-900 ER. "Tetapi rencana pengadaan tetap berjalan, November nanti
pesawat yang ke 13 akan datang," kata Hasyim di Jakarta, Selasa (14/10).

Terlambat datangnya pesawat Boeing 737-900 ER ke-13 yang sedianya hadir Oktober, bukan karena kendala pembayaran namun karena pengaruh aksi mogok karyawan Boeing di Seattle, Amerika Serikat, yang terjadi bertepatan dengan akan diberangkatkannya pesawat tersebut, sehingga kedatangannya terpaksa ditunda.

Seperti diketahui, Lion dengan Boeing telah meneken kontrak pembelian pesawat Boeing 737-900 ER sebanyak 178 unit dengan nilai puluhan triliun dolar AS. Sebelumnya, Lion telah menandatangani kontrak pembelian 56 pesawat senilai 4,4 miliar dolar AS.

Direktur Umum Lion, Edward Sirait mengatakan, para agen pembayaran Lion dari luar negeri telah mengatakan bakal ada perubahan dalam pembayaran, namun belum disebutkan berapa besarannya. "Namun mereka juga sudah menjamin, pembayaran bisa tetap berjalan. Apalagi sekarang kondisi krisis sudah mulai membaik," kata Edward.

Terkait dengan dengan rencana ekspansi ke Arab Saudi yang jadwalnya bulan ini namun belum terealisasi, Edward mengatakan, hal itu terjadi karena kendala pengadaan pesawat Boeing 747-400 yang belum terealisasi.

"Mudah-mudahan Desember nanti sudah datang, jadi awal 2009 penerbangan langsung Jakarta-Jeddah sudah bisa terealisir," tandasnya.seperti dikutif tribun.

Menurutnya, mengenai perizinan operasional ke Arab Saudi hingga kini telah dikantongi. Surat izin dari Departemen Perhubunagn RI sudah ada, demikian pula dengan perizinan dari otoritas penerbangan negara bersangkutan yang telah ada.

Selain akan ekspansi ke Arab, Lion juga merencanakan untuk membuka rute internasional lainnya seperti ke Australia dan negara-negara di Timur Tengah.(Wawan/Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Sekitar 10 Ribu Pendukung Idola Penuhi Lapangan Hertasning



Makassar, Liputankota - Kampanye akbar perdana pasangan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Makassar nomor urut tujuh, M Ilham Alim Bachrie-Herman Handoko (Idola), berlangsung di tujuh titik di kota ini, Senin (13/10) kemarin.

Dari tujuh lapangan yang dipersiapkan menjadi lokasi kampanye, pasangan yang maju melalui jalur independen ini hanya menyempatkan waktu bertemu pendukungnya di empat lokasi kampanye akbar.

Keempat lokasi itu adalah Lapangan Ujungpandang Baru Tallo, Lapangan Kampus Unhas Barabaraya (belakang Masjid Al Markaz Al Islami), Lapangan Pacuan Kuda Parangtambung, dan Lapangan Emmy Saelan Jl Hertasning Raya.

Di tiap titik pelaksanaan kampanye, jumlah massa yang hadir tidak memenuhi
lapangan yang dipersiapkan. Termasuk pada puncak kampanye Idola di Lapangan Emmy Saelan, Jl Hertasning Raya.

Sebelumnya, tim kampanye Idola mengklaim akan mendatangkan sekitar 10 ribu pendukung dari sejumlah wilayah di kota ini di lapangan yang berhadapan dengan Kantor PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Sulawesi, Barat, dan Tenggara.

Meski jumlah pendukung yang hadir tidak mencapai angka 10 ribu, pasangan Idola bersama sejumlah juru kampanye (jurkam) lokalnya tetap bersemangat menyampaikan orasinya di hadapan pendukungnya. "Meski jumlah massa yang hadir tidak sebanyak yang kita harapkan, tetapi dengan kemauan Anda datang ke tempat ini kita bisa menunjukkan bahwa Idola bisa tonji meskipun hari ini adalah hari kerja," kata Ilham dari atas panggung.seperti dikutif tribun.

Di hadapan pendukungnya, llham tetap optimistis bisa meraih suara signifikan untuk memenangkan pemilihan wali kota-wakil wali kota 29 Oktober nanti. "Kami yakin bagian kecil hari ini adalah bagian dari pendukung Idola yang lebih besar. Karena yang hadir hari ini bisa menyampaikan kepada saudara, kerabat, maupun teman, untuk datang ke tempat pemilihan dan mengingatkan untuk memilih nomor tujuh," tambahnya.

Idola dijalan Onta Lama

Pasangan ini memulai start kampanye akbar di posko induk Idola di kediaman Ilham di Jl Onta Lama, Makassar. Ratusan pendukung Idola dengan mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat mengawal kandidat ini melakukan roadshow kesejumlah titik kampanye akbar.

Ratusan pendukung Idola melakukan arak-arakan mengitari sejumlah jalan protokol di kota ini. Mulai Jl Dr Ratulangi, Jl Veteran Selatan, Jl Penghibur, Jl Tentara Pelajar, Jl Sulawesi, Jl Bulusaraung, dan tiba di Lapangan Ujungpandang Baru. Perjalanan Idola berlanjut ke Lapangan Unhas Barayya, Lapangan Pacuan Kuda, dan Lapangan Emmy Saelan sebagai penutup.

Dihibur Barongsai dan Biduanita

Pada setiap lokasi kampanye akbar, kemarin, tim Idola menyiapkan hiburan berupa musik elekton yang menampilkan biduanita wanita bagi pendukungnya. Hiburan ini disiapkan di tujuh lokasi kampanye berikut panggung hiburan. Pasangan ini juga menghadirkan juru kampanye (jurkam) lokal untuk mendampingi pasangan Idola sebelum berorasi di atas panggung. Pendukung pasangan bernomor urut tujuh ini juga dihibur atraksi empat barongsai disertai tetabuhan gendang.

Barongsai ini sekaligus menjadi pengawal Ilham-Herman melakukan roadshow di empat lokasi kampanye akbarnya. Atraksi barongsai mampu menarik perhatian warga di pinggir-pinggir jalan yang dilintasi pasangan calon wali kota-wakil wali kota dari jalur independen ini.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Workshop Jagung se -Asia Bakal Digelar di Makassar


Makassar, Liputankota-Jika tak ada aral melintang, tanggal 20-23 Oktober nanti akan digelar Workshop Jagung Regional Asia ke 10 yang bertempat di Hotel Sahid Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Peserta juga akan melakukan kunjungan atau field trip ke kebun percobaan Balitsereal serta petani yang telah mengembangkan jagung secara intensif. Terdapat tiga lokasi yang akan dijadikan objek kunjungan yaitu gelar teknologi varietas dan budidaya di Kebun percobaan Balitsereal di Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa, Pertanaman jagung dilokasi petani binaan International Financial Corporation (IFC) di Kecamatan Bontonompo serta kunjungan ke Balai PenelitianTanaman Serealia.

”Kebetulan Workshop Jagung Regional Asia ke 10 tahun ini Indonesia diminta jadi tua rumah penyelenggara berdasarkan hasil keputusan workshop pada tahun 2005 di Beijing Cina,”ungkap Ketua Panitia Workshop Jagung Regional Asia-X, Dr Muhammad Azrai dikantornya (24/9).Seperti dikutif Greenpress Network.

Menurut Muhammad Azrai, workshop ini bertujuan agar para scientis, pengambil kebijakan serta pebisnis jagung bisa berkumpul dan sharing informasi tentang teknologi muktahir yang ada saat ini mulai dari vairietas hingga sarana produksi yang mendukung pengembangan jagung serta bagaimana cara pencegahan hama yang menyerang tanaman jagung.

Bahas Isu Pemanasan Global

Selain itu, forum ini juga akan menyikapi isu pemanasan global yang berdampak pada pengembangan jagung dengan cara mencarikan solusinya” Memang sekarang iklim sudah terasa dan berubah sedemikian cepat akibat pemanasan global ini. Sekarang iklim semakin tidak menentu terkadang hujan terkadang kemarau serba tidak menentu. Kita sebagai peneliti harus mencermati dan melihat itu, sekarang kami bergerak mencari varietas yang tahan terhadap kekeringan, tapi juga mencari varietas yang tahan terhadap genangan,”tandasnya.

Kegiatan itu terselenggara atas kerjasama Badan Litbang Pertanian bekerjasama dengan Pusat Penelitian Jagung dan Gandum Internasional (CIMMYT) serta didukung oleh beberapa lembaga terkait. Workshop ini akan dihadiri berbagai kalangan dari dalam dan luar negeri, diantaranya Mexico, Kuba, Australia, Jepang, Cina, Thailand, Timor Leste, Philipina, Myanmar, Laos, Malaysia, Indonesia, India, Nepal, Iran, Bangladesh, dan Australia. Kegiatan ini direncanakan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla.(Marwan Azis/Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Rapimnas Partai Golkar Bahas Strategi Pemilu 2009

Ketua Umum DPP Partai Golkar, H.M. Jusuf Kalla.

Jakarta,Liputankota – Rapimnas Partai Golkar yang akan digelar 17-19 Oktober 2008 di Jakarta Convention Center akan lebih fokus membahas strategi-strategi menghadapi Pemilu 2009. Di antaranya soal krisis yang keuangan global.

Namun, dalam Rapimnas, Golkar tidak akan membahas soal capres dan cawapres. Termasuk, pencalonan Sri Sultan Hamengkubuwono X yang didukung oleh SOKSI sebagai presiden.

“Pembahasan capres dan cawapres 2009 akan dibahas setelah pilihan legislatif,” jelas Ketua Bidang Kesra DPP- Partai Golkar Firman Subagyo, di Jakarta, Senin (13/10).

Di antara hal-hal strategis yang akan dibahas adalah masalah krisis keuangan global dan perubahan karakteristik pemilih akibat pilkada yang sudah berjalan empat tahun.

“Masyarakat tidak lagi butuh janji melalui iklan, dan masyarakat menginginkan perubahan yang diinginkan maka parpol harus merubah asas manfaat partai,” ujar Firman.Seperti dikutif inilah.com.

Rapimnas yang akan dibuka Ketua Umum DPP Partai Golkar Partai Jusuf Kalla itu akan dihadiri sekitar 1.000 orang peserta. Mereka berasal dari Pengurus DPD Golkar Tingkat I, Dewan Penasihat, unsur pembina, dan organisasi sayap partai. Presiden SBY dijadwalkan juga akan hadir di acara pembukaan.(Irwan/Effendy Saputra)

Selengkapnya...

BI Bertindak, Rupiah Menguat

Uang Rupiah kertas

Jakarta,Liputankota- Kurs nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antar bank Jakarta, pada sesi Senin (13/10) pagi ini menguat di angka Rp9.820 per dolar AS.

Tak mau terus disalahkan dengan kondisi rupiah yang melemah belakangan ini, Bank Indonesia (BI) mengambil langkah cepat. Pagi ini, BI mulai mengontrol bank yang bermain valas, sehingga peredaran dolar AS di pasar.

domestik bisa dipantau lebih jauh. Hasilnya pun tidak mengecewakan. Nilai tukar rupiah pagi ini langsung terdongkrak menguat di angka Rp9.820/9.830 per dolar AS. Dibanding penutupan akhir pekan lalu yang mencapai Rp9.850/10.050 per dolar AS, nilai tukar rupain ini naik 30 poin.

Mengamati perkembangan nilai tukar rupiah ini, Direktur Utama PT Financ Corpindo, Edwin Sinaga mengatakan aksi BI tersebut mengakibatkan sejumlah bank menjadi lebih hati-hati dalam bermain valas. “Ini salah satu faktor yang menyebabkan rupiah yang sejak pekan lalu terpuruk kembali membaik. Kami optimis kontrol BI yang dilakukan itu memberikan dampak positif terhadap pasar, khususnya rupiah," ujarnya.seperti dikutif inilah.com.

Membaiknya nilai tukar rupiah ini, menurut Edwin, juga karena adanya dukungan Bank Dunia yang akan memberikan pinjaman sebesar 5 miliar dolar AS untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bank Dunia siap memberikan bantuan pinjaman jika pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di bawah angka 6 persen.

“Saya memprediksikan hingga penutupan sore nanti rupiah akan tetap menguat. Syaratnya, pasar tetang dan tidak bergejolak,” tukasnya.(wawan/Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Bandara Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak Ditutup Dua Setengah Jam Besok

Bandara Udara Juanda di Surabaya

Malang,Liputankota - Bandara Udara Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak akan ditutup sementara hari Selasa (14/10) antara pukul 08. 30 sampai dengan pukul 11.00 sehubungan dengan berlangsungnya upacara Hari TNI ke-63 di Surabaya yang akan dipimpin Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepala Pusat Penerangan TNI Marsekal Madya Sagom Tamboen meminta maaf karena masyarakat pengguna Bandara Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak akan terganggu kegiatannya untuk sementara. Namun pihak-pihak yang berwenang atas kedua pelabuhan udara dan laut itu sudah diminta melalukan sosialisasi perihal penghentian kegiatan pada upacara hari TNI itu.

"Masyarakat dimintakan kerelaan, dan sedikit bersabar, karena adanya sedikit gangguan ini. Sosialisasi atas penutupan itu sudah dilakukan sejak acara gladi kotor dan gladi bersih latihan upacara Hari TNI beberapa hari lalu," katanya.Seperti dikutif Kompas.com.

Upacara Hari TNI seharusnya berlangsung tanggal 5 Oktober 2008, sebagai hari lahir TNI. Namun upacara tahun ini baru dilaksan akan tanggal 14 Oktober, karena sekitar separuh kekuatan TNI sedang melaksanakan hak cutinya pada hari Lebaran lalu. Setelah Lebaran, para petugas pelaksana upacara masih harus berlatih dulu, sehingga kegiatan upacara Hari TNI baru bisa dilaksanakan tanggal 14 Oktober.

Menurut Kapuspen, peringatan Hari TNI akan melibatkan 5.000 orang prajurit, ditambah perlengkapan militer pada semua matra TNI, yakni Angkatan Udara, Laut dan Darat. Untuk keperluan efisiensi, sebagian besar prajurit yang terlibat berasal dari satuan-satuan di Jawa Timur, kecuali untuk beberapa jenis satuan yang personilnya sedikit, seperti Wanita Angkatan Darat yang harus dikerahkan dari Jakarta.

Lantaran kegiatan pergerakan personil dan peralatan militer itu, antara lain, membuat kegiatan lalu lintas udara dan laut di Juanda dan Tanjung Perak harus dihentikan sementara, yang bakal mempengaruhi jadwal penerbangan dan lalu lintas transportasi laut di kedua kawasan tersebut.(Irwan Munandar)

Selengkapnya...

Jusuf Kalla : Saudagar Minang Jangan Hilang Harapan Hadapi Krisis Global

Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla

Padang, Liputankota-Wakil Presiden, Muhammad Jusuf Kalla meminta agar para Saudagar Minang dan Saudagar Nusantara tidak hilang harapan sehingga tidak berbuat apapun menghadapi krisis keuangan global yang melanda saat ini.

"Pengusaha dan saudagar Minang jangan khawatir dengan gejolak bursa saham dunia yang pengaruhnya juga ke Bursa Efek Indonesia (BEI) sehingga terpaksa tutup. Sebab, pengaruh bursa dengan ekonomi Indonesia hanya kurang dari 20 persen saja dari Produk Domestik Bruto (GDP), berbeda dengan bursa di Ameriksa Serikat seperti Wall Street," kata Kalla saat membuka dan meresmikan dan meresmikan Temu Akbar ke-2 Silaturahmi Saudagar Minang (SSM) 2008 di Hotel Pangeran Beach, Padang, Sumatera Barat, Sabtu (11/10).

Para saudagar diminta agar berusaha mengatasi dampak krisis tersebut hingga efek terasa seminim mungkin. Para saudagar juga diminta memanfaatkan situasi krisis saat ini dengan melakukan upaya dengan memberdayakan ekonomi dalam negeri sekuat tenaga.

Tema pertemuan para saudagar Minang se-Indonesia ini Kita Bangkitkan Saudagar Minang yang Ulet, Tangguh dan Berkepribadian.

Dalam acara itu, Wapres Kalla ditemani istrinya, Ny Mufidah Jusuf Kalla dan Menteri Perindustrian Fahmi Idris, yang juga Ketua Dewan Pembina Forum SSM.

Pengusaha nasional yang ikut di antaranya Sofyan Wanandi, Ketua Hipmi Erwin Aksa, pengusaha Halim Kalla yang juga adik Wapres Kalla serta Gubernur Provinsi Sumbar Gamawan Fawzi, sesepuh orang Minang Azwar Anas dan Ketua Forum Saudagar Minang Basrisal Koto.(Eka Saputra)






Selengkapnya...

Gubernur Sulsel : Dana TIME 2008 Segera Dikucurkan

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo bersama Direktur Kima, Ir. Badher Johan.(foto : Andi Ahmad)

Makassar,liputankota-Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo memastikan dana penyelenggaraan Tourism Indonesia Mart and Expo (TIME) 2008 akan segera dikucurkan.

Guna keperluan tersebut, pemprov akan mengambil kebijakan khusus pencairan anggaran. ”Akan ada kebijakan khusus terkait soal anggaran karena jika menunggu APBD-P disahkan dulu, TIME tidak akan terlaksana. Yang penting kan kebijakan tersebut tepat dan transparan,” jelas Syahrul Yasin Limpo kepada wartawan di ruang pola Kantor Gubernur Sulsel,kemarin.

Mantan Bupati Gowa ini mengakui, kendala dana penyelenggaraan TIME 2008 disebabkan minimnya masa persiapan panitia pelaksana. Pasalnya,pasar wisata tersebut sempat tertinggal dan tidak mendapatkan perhatian akibat transisi pemerintahan setelah Pilkada Sulsel. Akibatnya, anggaran penyelenggaraan tidak masuk dalam APBD pokok 2008.

Seperti diberitakan sebelumnya, lima hari menjelang pembukaan TIME di Celebes Convention Center (CCC), Sekprov Sulsel A Muallim memimpin rapat guna mengecek kesiapan pembukaan pasar wisata tersebut pada Selasa (14/10).Namun, dalam rapat tersebut terungkap tiga kendala besar yang dialami panitia, yakni pendanaan, persoalan tempat,dan promosi.

”Kami memang belum anggarkan dana penyelenggaraan TIME ini.Akan tetapi, event ini akan tetap berjalan sesuai dengan yang saya kemukakan dalam konferensi pers di Jakarta,”ujarnya. Namun, gubernur enggan menyebutkan kebijakan khususnya yang akan diambilnya, terkait dana penyelenggaraan TIME.

Dia mengatakan, dengan timbulnya kendala tersebut, semua stakeholder sudah seharusnya turun tangan membantu pemerintah. Pengusaha perhotelan dan legislatif dalam hal persetujuan anggaran diharapkan bisa berpartisipasi dengan baik. Target utama penyelenggaraan TIME tersebut adalah bagaimana industri Meeting Incentive Convention Exhibition (MICE) bisa berkembang di Sulsel.

Namun, dia enggan menyebutkan target transaksi penanaman investasi bidang pariwisata di Sulsel dalam penyelenggaraan pasar wisata tersebut. ”Walaupun ada kendala, substansi TIME adalah bagaimana peserta merasa dilayani dengan baik, terpenuhi kebutuhannya, dan tercipta rasa aman. Kondisi daerah kan sekarang sudah sangat mendukung, jadi tidak ada alasan mundur,”ungkapnya.seperti dikutif Sindo.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Sulsel Ama Saing mengatakan, sudah ada 80 buyers dari 19 negara telah menyatakan kesiapannya mengikuti TIME. Negara yang hadir berasal dari benua Asia dan Eropa, seperti Jepang, Korea, China, Selandia Baru, Israel, Malaysia, Inggris, dan Singapura. Sementara itu,peserta dalam negeri sudah tercatat 95 seller dari 15 provinsi.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Sekolah di Makassar Masih Sering Terjadi Pungli



Makassar, Liputankota - Seperti tak pernah bertobat dan tidak ada kapoknya para kepala sekolah (kepsek) di Makassar. Praktek pungli masih terus terjadi di sekolah.
Inspektorat Kota Makassar menerima 60 pengaduan masyarakat. Hal terbanyak yang diadukan warga adalah pungli di sekolah yang dilakukan kepsek.

Sebanyak 60 pengaduan terhitung sejak inspektorat membuka layanan pengaduan melalui email, telepon, dan kotak surat Agustus lalu. Kepala Inspektorat Makassar, Hamsiar, mengatakan, pungli menempati urutan pertama.

"Ada tiga kasus yang muncul, yaitu pungli sekolah, perizinan, dan pelayanan di kelurahan. Tim inspektorat sudah membicarakan hal ini. Sekarang masing-masing instansi terkait sudah kami beritahu," kata Hamsiar di Makassar, Jumat (10/10).Seperti dikutif Tribun.

Hamsiar mengatakan, sanksi akan dikenakan terhadap oknum yang melakukan pelanggaran dari teguran sampai pencopotan.

Bulan Juli lalu, dua kepala sekolah dicopot lantaran terbukti melakukan pungli penerimaan siswa baru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, M Natsir Aziz, mengakui telah menerima pemberitahuan dari inspektorat.

Berdasarkan itu ia mengakui memang masih ada praktek pungli kendati sudah ada shock therapy dengan pencopotan kepala sekolah.

"Pungli-pungli itu terbanyak saat PSB (penerimaan siswa baru). Sepertinya mereka menganggap, PSB itu waktunya untuk berbuat begitu. Pemberitahuan ini akan kami tindaklanjuti. Sanksi tergantung tingkat kesalahan," katanya. (rizal/andi ahmad)

Selengkapnya...

Hadi Jamal Silaturahmi Warga Gowa di Kec. Manuju

Anggota DPR RI, Abdul Hadi Jamal berbincang-bincang dengan Bupati Gowa, H. Ichsan Yasin Limpo di Gubernuran (foto: Andi Ahmad)

Gowa, Liputankota - Anggota DPR RI, Abdul Hadi Jamal, menggelar silaturahmi dengan tokoh masyarakat di Kabupaten Gowa saat ini. Hadi memulai silaturahmi di Kecamatan Manuju. Pertemuan yang digelar di Desa Tanah Karaeng ini dihadiri tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kepala desa, dan kepala dusun dari desa Bissoloro, dan Pappalikang.

Silaturahmi ini juga dirangkaikan dengan pengobatan gratis. Selain itu,Hadi juga mengunjungi SD Yayasan Uminda bersama Tokoh Muhammadiyah Sulsel KH Djamaluddin Amien.

Salah seorang tokoh masyarakat Tanah Karaeng, Haris, berterima kasih kepada Partai Amanat Nasional dan Hadi Jamal atas terlaksananya pengobatan gratis.

"Pengobatan gratis sangat dibutuhkan warga di sini," jelasnya. Usai melakukan silaturahmi di Tanah Karaeng, Hadi menghadiri peletakan batu pertama pesantren di Tanah Lohe, Kecamatan Bontolempangan, Gowa.seperti dikutif tribun.

Setelah itu, Hadi melakukan pertemuan dengan Kepala Desa di Kecamatan Bungaya, Gowa.

Hadi Jamal mengatakan, kunjungan ke Kabupaten Gowa merupakan rangkaian acara safari Syawal setelah sebelumnya menggelar safari Ramadhan.

Pada safari Syawal ini Hadi yang juga legilslator dari PAN ini didampingi beberapa caleg PAN Seperti Syamsul Qamar, Usman Lonta, Hamzah Hamid, dan Idham Halik.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Rizal Ramli: SBY Tak Paham Sejarah Krisis Indonesia

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli

Jakarta,Liputankota - Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli mengkritik langkah penanganan krisis keuangan global yang dilakukan pemerintah saat ini. Sikap pemerintah menurutnya terlalu sombong dalam melihat gejala krisis yang sebenarnya telah terlihat sejak awal 2008 ini.

Bahkan, secara keras Rizal menyebut Presiden SBY tidak paham dengan sejarah krisis ekonomi yang ada di Indonesia.


"Presiden SBY mengatakan, enggak mungkin seperti tahun 1998 (krisis). Kalau membandingkannya dengan tahun 1998, beliau kurang paham tentang sejarah krisis Indonesia. Membandingkannya bukan dengan tahun 1998 tetapi dengan posisi (perekonomian) bulan Oktober dan November tahun 1997," ujar Rizal dalam jumpa pers di Ruang Rapat F-PDIP, Jumat (10/10).

Selain itu, kebijakan pemerintah yang mengikuti saran IMF untuk menaikkan tingkat suku bunga merupakan langkah yang tak seharusnya diambil. Dalam catatan Rizal, Indonesia adalah satu-satunya negara yang mengikuti saran tersebut. Seluruh negara justru menurunkan tingkat suku bunga karena terjadi kekeringan likuiditas di dunia.

"Waktu kita krisis disuruh begini begitu. Waktu AS krisis, di mana IMF? Yang ndableg manut dengan IMF hanya Indonesia dan Bank Indonesia," ujarnya.Seperti dikutif Kompas.Com.

Gejala krisis ekonomi, kata Rizal, telah diramalkan Econit pada Januari 2008. Di antaranya, perekonomian Indonesia diramalkan akan terjadi penggelembungan finansial.

Ia menyebutnya sebagai The Year of The Bubble. Namun, Menko Perekonomian Boediono (saat itu) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, ujar Rizal, tak menanggapi serius ramalan tersebut.

Namun, Rizal tak menyebutkan secara rinci apa langkah konkrit yang seharusnya dilakukan pemerintah. Ia hanya mengatakan, ketika mulai ada gejala-gejala penggelembungan finansial, pemerintah seharusnya bertindak cepat untuk 'mengempeskannya'.(Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Wapres Hadiri Pertemuan Saudagar Minang di Padang



Padang, Liputankota - Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, seusai sholat Jumat (10/10) siang di Mesjid Sunda Kelapa, Jakarta, akan langsung menuju Padang, Sumatera Barat. Ia dijadwalkan akan membuka dan menghadiri Silaturahmi Saudagar Minang (SSM) 2008 yang akan digelar di Hotel Pangeran Beach, Padang.

Dalam acara itu, Wapres ditemani istrinya, Ny Mufidah Jusuf Kalla dan sejumlah menteri, di antaranya Menteri Perindustrian Fahmi Idris yang juga Ketua Dewan Pembina Forum SSM.

Acara pertama yang akan diikuti Wapres Kalla malam nanti adalah Makan Basamo Urang Sekampuang, yang merupakan rangkaian awal SSM, di Gedung Wanita Rohana Kudus di Kompleks Gelanggang Olahraga Haji Agus Salim Padang.

Kompas.com melansir.Sabtu pagi besok, Wapres baru membuka SSM, yang dilanjutkan dengan membuka pameran Saudagar Minang Expo 2008 di halaman hotel tersebut.

Di sela kunjungan kerjanya selama dua hari di ranah Minang ini, sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, tak ketinggalan Jusuf Kalla akan menghadiri pertemuan dengan kader dan pengurus Partai Golkar DPD Tingkat I Sumbar. Acaranya dijadwalkan Jumat sore ini di hotel Bumi Minang, tempatnya menginap.(AA.Saputra)

Selengkapnya...

BI Berpotensi Rugi Besar Bila Bank Indover Dibekukan


Jakarta,Liputankota – Sebelum laku dijual, bank sentral Belanda keburu membekukan Bank Indover. Meski menguntungkan, bank ini memiliki citra buruk karena kolusi. Akibat penutupan ini, Bank Indonesia sebagai pemilik, berpotensi rugi besar.

Tenggat waktu divestasi Bank Indover memang sampai Januari 2009. Namun sebelum batas waktu tersebut dilanggar, Selasa (7/10) lalu, De Nederlandsche Bank atau bank sentral Belanda telah membekukan anak perusahaan BI itu. Penutupan terpaksa diambil setelah bank bermakas di Amsterdam, Belanda, itu mengalami kesulitan likuiditas.

Dengan dibekukannya Bank Indover, maka BI berpotensi rugi besar. Maklum, tiga tahun silam, bank yang memiliki cabang di Hamburg (Jerman) dan Hong Kong ini nyaris dilepas ke Crosby Capital Partners dengan harga US$ 124,2 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun. Namun transaksi itu batal gara-gara Crosby meminta diskon harga US$ 10,88 juta.

Sepeninggal Crosby, giliran Bank Ekspor Indonesia (BEI) yang menyatakan minatnya membeli Indover. Keinginan itu tak lepas dari kebutuhan BEI untuk memiliki cabang di luar negeri, khususnya Eropa. Tapi, entah kenapa, rencana BEI untuk membeli Indover tak kunjung tiba.

Belakangan justru muncul kabar bahwa Bank Mandiri akan membeli Indover. Namun apes bagi BI. Krisis keuangan di Amerika telah memaksa Bank Mandiri mengurungkan niatnya untuk membeli Indover. Krisis itu pula yang menyebabkan bank komersial itu kesulitan likuiditas, sehingga akhirnya dibekukan oleh bank sentral Belanda.

Menurut Miranda S. Goeltom, Deputi Gubernur Senior BI, Indover sebenarnya bank yang menguntungkan. Buktinya, tahun 2000, bank ini mencatatkan keuntungan 4,2 juta euro. Tahun 2001, keuntungannya membengkak jadi 18,9 juta euro. Angka itu menyusut menjadi 11,9 juta euro pada 2002. Tahun lalu keuntungannya mencapai 2 juta euro.seperti dikutif inilah.com.

Namun, di sisi lain, Bank Indover juga memiliki luka yang cukup parah. Kredit macet yang ngendon di bank ini per 30 Desember 1999 mencapai US$ 272,1 juta (sekitar Rp 2,4 triliun).

Tidak hanya itu, reputasi Bank Indover juga sangat buruk. Kebanyakan kredit macet itu disebabkan penyaluran kredit yang penuh dengan aroma kolusi. Akibatnya, tahun 1998 BI terpaksa menaruh deposito senilai US$ 900 juta (sekitar Rp 8 triliun) di Indover. Uang sebanyak itu sebagai jaminan terhadap kredit macet yang menggunung.

Menurut aturan De Nederlandsche Bank, deposito itu baru bisa ditarik kembali bila kondisi keuangan Indover sudah membaik. Belum jelas, apakah BI sempat menarik deposito itu. (AA.Saputra)

Selengkapnya...

Asisten I Sekda Bombana : Penambang Emas Diharuskan Mengurus Surat Izin

Para Pendulang Emas dalam kerumunan warga

Kasipute, Liputankota - Aparat gabungan dari pihak kepolisian, satuan polisi pamong praja, dan polisi kehutanan Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, menertibkan warga yang mendulang emas secara ilegal di Sungai Tahi Ite, Desa Raurau, Kecamatan Rarowatu, Kamis (9/10).
Dari lokasi penambangan emas itu dilaporkan, ratusan penambang emas ilegal yang telah berhari-hari mendirikan tenda terpal di sekitar Sungai Tahi Ite, tampak membongkar sendiri tenda itu, kemudian meninggalkan lokasi penambangan tersebut.

Berbagai peralatan mendulang emas, seperti wajan, sekop, dan linggis, juga dibawa pulang, meski mereka berusaha menyembunyikannya dari pemeriksaan oleh aparat.

Sementara itu, ratusan warga lainnya yang kedapatan membawa peralatan mendulang, langsung dipulangkan dan perlengkapannya disita.

Beberapa warga yang bertahan di lokasi tambang juga dipaksa oleh aparat untuk meninggalkan lokasi itu, meskipun warga tersebut mengaku sebagai pemilik lahan.

Menurut Asisten I Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana, Slamet Rigay, penertiban itu dilakukan agar warga pendulang emas segera mengurus surat izin menambang dari Pemdakab Bombana.

"Jika warga belum mengurus surat izin tersebut, akan berurusan dengan petugas penertiban dan seluruh alat mendulang diamankan sementara," ujarnya dikutip Antara.

Ia mengatakan, penertiban itu terus dilaksanakan hingga seluruh warga yang mendulang emas memiliki kartu izin menambang dari Pemdakab Bombana. Selain di lokasi tambang emas di Sungai Tahi Ite, aparat tim penertiban sebelumnya telah menertibkan lokasi tambang emas di Sungai Wumbubangka Desa Tembe serta Desa Hukaeya.

Sejak ditemukannya lokasi tambang emas di Bombana, warga lokal dan luar daerah berlomba-lomba berburu emas bahkan mendirikan tenda permukiman sementara di lokasi tambang emas itu.

Dilaporkan, sekitar ribuan orang dari Sulawesi Selatan juga sudah menyeberang ke Bombana untuk ikut menambang emas. Mereka tergiur dengan pendapatan penambang sehingga meninggalkan daerahnya ke daerah tersebut.(yusnandar/aa.effendy)


Selengkapnya...

Lokasi Tambang Emas di Bombana Dijaga Ketat Petugas

Bupati Bombana : Atikurahman (foto: Andi Ahmad)

Bombana, Liputankota-Warga Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara terpaksa kucing-kucingan dengan aparat yang melakukan pengawasan di lokasi pertambangan emas di daerah itu.
Dari Kasipute dilaporkan, ratusan warga yang mendulang emas terpaksa masuk ke lokasi tambang secara sembunyi-sembunyi, karena belum mendapatkan izin resmi dari pemerintah daerah setempat untuk melakukan penambangan emas.

Pantauan di salah satu lokasi tambang emas di Bombana, yakni di Sungai Tahi Ite, Desa Raurau Kecamatan Rarowatu, beberapa warga sedang mendulang emas, meskipun lokasi tersebut telah ditertibkan dan dalam pengawasan aparat setempat.

"Kalau kami ditemukan petugas, terpaksa kami akan keluar dari lokasi ini, walaupun belum memperoleh hasil, tetapi kalau belum ditemukan petugas, kami terus mendulang," ujar Rahmat, salah seorang warga yang sedang mendulang emas di Sungai Tahi Ite.

Menurut dia, untuk menghindari aparat yang berjaga di lokasi tambang emas, dirinya bersama beberapa rekannya masuk ke lokasi tambang pada malam hari dengan membawa berbagai perlengkapan mendulang seperti sekop, linggis, dan wajan serta makanan secukupnya.

Ia mengatakan, jalur masuk ke lokasi tambang emas yang dijaga petugas tidak dilaluinya, melainkan lewat jalur lain yang tidak mendapatkan pengawasan ketat dari aparat.

"Kalau lewat jalur resmi, seluruh perlengkapan mendulang kami disita dan disuruh pulang ke rumah, tapi jalur yang kami lewati menuju lokasi tambang kurang pengawasan dari petugas, apalagi dilakukan pada malam hari," ujarnya.

Rahmat mengatakan, dirinya beserta beberapa rekan terpaksa sembunyi-sembunyi dari pengawasan aparat keamanan, karena lokasi tambang yang sebelumnya dibuka untuk umum tersebut kini ditutup karena adanya penertiban.

Ia berharap, pemerintah daerah segera membuka lokasi tambang emas di Sungai Tahi Ite itu, agar seluruh warga yang berada di sekitarnya dapat mendulang emas dengan tenang dan tidak merasa ketakutan.

Bupati Bombana,Atikurahman saat dikonfirmasikan hal itu mengatakan memang benar lokasi penambangan emas sekarang dijaga ketat petugas, tapi warga setempat masih dizinkan melakukan pendulangan emas namun yang dilarang para pendulang (warga)dari luar kabupaten Bombana, katanya kepada Liputankota di Makassar belum lama ini. (Yusnandar/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Menara Bosowa Makassar Tambang Emas Bagi Investor

Chief Executive (CE) Group Business Property PT Indah Bumi Bosowa, Safran Yusri, bersama Pimpinan BNI Wilayah VII, Bambang Kuncoro,saat memberikan keterangan kepada wartawan (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota - Chief Executive (CE) Group Business Property PT Indah Bumi Bosowa, Safran Yusri, bersama Pimpinan BNI Wilayah VII, Bambang Kuncoro, menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) Menara Bosowa, di Hotel Imperial Aryaduta, Rabu (8/10).

Penandatanganan PPJB ini sekaligus merupakan kelanjutan dari memorandum of understanding (MoU) yang telah dibuat kedua belah pihak sebelumnya.
Penandatanganan PPJB ini disaksikan Vice President Business Development Bosowa Corporation, Hartopo Soetoyo, dan Wakil Pemimpin BNI Wilayah VII Makassar, Imam Sutikno.
Bank BNI akan menempati area perkantoran seluas 2,875 meter persegi, meliputi Ground Floor, mezzanine, lantai dua, dan lantai tiga Menara Bosowa, dengan nilai transaksi sekitar Rp 33 miliar.

Safran, dalam jumpa pers yang digelar usai penandatanganan itu, mengatakan, respon dan animo pebisnis di Makassar dinilai sangat antusias untuk membeli ruangan di Menara Bosowa. Menurutnya, meski relatif baru namun kebutuhan akan ruang perkantoran modern berupa pembangunan office building terus mengalami perkembangan.

"Menara Bosowa di Jl Jend Sudirman Makassar menjadi salah satu gedung yang menjawab hal itu. Gedung dengan status kepemilikan (strata title) ini berlantai 23 dan menjadi bangunan tertinggi di kawasan timur Indonesia, dengan ketinggian mencapai sekitar 120 mdpl," jelas Safran.

Head of Marketing Representatif Bosowa Property, Marla Beatriecs Kailola, menambahkan, progress pembangunan gedung one stop bisnis living ini keseluruhannya
telah memasuki pengerjaan lantai 17, dan Menara Bosowa merupakan tambang emas buat para investor yang ingin memiliki ruang perkantoran untuk usaha mereka, celotohnya didepan para pengusaha yang hadir di tempat itu.(andi ahmad)


Selengkapnya...

Bombana Masih Diserbu Pendulang Emas Dari Luar Sultra

Kualitas Kandungan Emas di Bombana Melebihi Freeport Papua

Bupati Bombana, Atikurahman (foto: AA.Effendy)

Kendari, Liputankota - Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam mengatakan, ditemukannya lokasi tambang emas di Lembah Sungai Tahi Ite dan Wububangka, Kecamatan Rarowatu dan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, merupakan rahmat dan berkah "Lailatul Qadar" dibulan Ramadhan yang lalu dari Allah SWT.

"Awalnya saya tidak percaya sama sekali bahwa ada berita tentang penemuan tambang emas di Kabupaten Bombana, tetapi setelah kami melihat langsung di lokasi ini, ternyata inilah yang mungkin dinamakan rahmat dari Allah. Apalagi di suasana di bulan Suci Ramadhan saat ini," kata Gubernur Sultra, saat melakukan peninjauan di lokasi tambang rakyat di Sungai Tahi Ite, Bombana, sekitar 50 km dari Ibukota Bombana atau 230 Km dari Kota Kendari,belum lama ini

Kedatangan gubernur di lokasi yang kini sudah menjadi "lautan manusia" itu menjadi titik perhatian para penambang rakyat yang datang, bukan hanya dari masyarakat Bombana dan Sultra, tetapi juga datang dari luar daerah seperti Sulawesi Selatan, Kalimantan, dan bahkan ada yang datang dari Papua dan pulau Jawa.

Gubernur minta kepada masyarakat yang masih melakukan penambangan secara manual untuk tetap saja melakukan penambangan sebelum pemerintah mengeluarkan satu keputusan dan kebijakan terkait aktivitas penambangan yang dinilai sudah tak terkendali dengan jumlah ribuan masayarakat yang datang setiap hari di lokasi itu.

Ia mengatakan, Pemprov Sultra dalam waktu singkat akan membawa sampel lempengan emas seberat 117 gram yang diberikan oleh salah seorang Kepala Desa di Kecamatan Rarowatu ini.

"Emas lempengan ini, saya akan bawa ke Jakarta (19/9), untuk memperlihatkan sekaligus melaporkan kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden, bahwa di Kabupaten Bombana ternyata memang ada kandungan emas yang jumlah devositnya belum diketahui pasti," kata Nur Alam yang didampingi Bupati Bombana, Atikurrahman, di lokasi pertambangan rakyat itu.

Lautan manusia

Kompas.Com melansir.Pemantauan di lokasi pertambangan emas rakyat itu, masyarakat dari berbagai pelosok nusantara berdatangan ke lokasi tersebut untuk mendulang emas, hanya berbekal peralatan manual seperti wajan, cangkul, linggis dan sekopang. "Kalau dihitung-hitung secara kasat mata, jumlah pendulang emas tersebut mencapai sekitar 20.000 orang," kata Petugas Satpol PP Kabupaten Bombana, Suhardi Suhar yang ditemui secara terpisah.

Para pendulang, mendirikan tenda-tenda kemah sepanjang sungai yang diperkirakan lebih dari 15 km mulai dari hulu Sungai Tahi Ite di Kecamatan Rarowatu, Wabubungku Kecamatan Rarowatu Utara dan Desa Hukaeya Kecamtan Rumbia.

Para pedagang emas pun berdatangan dari kota dan langsung membeli hasil dari para penambang dengan harga bervariasi Rp170.000 per gram hingga ada yang membeli Rp 200.000 per gramnya.

Ny. Hawiah, salah seorag pedulang dari Kecamatan Raowatu mengatakan selama empat hari mendulang emas di air keruh, sudah mendapatkan emas 15 gram.

Bupati Bombana, Atikurahman, yang dihubungi terpisah mengatakan, hingga saat ini pemerintah daerah belum mengeluarkan aturan mengenai pengelolaan tambang emas tersebut, kecuali hanya melakukan pengawasan dan penertiban warga pendulang dengan memperlihatkan identitas yang jelas, yakni kartu tanda penduduk.

Menurut Atikurahman bahwa pemerintah Bombana sudah mendapat tanggapan dari berbagai investor yang mau mengelolah Pertambangan Emas itu, tapi belum ada perusahaan yang tercatat yang serius masalah ini, namum pemerintah pusat telah mengetahui adanya kandungan emas pada pertambangan rakyat dikabupaten ini, namun masih diteliti masalah amdal, jadi sampai sekarang warga masih diizinkan untuk melakukan pendulangan emas secara manual, jelasnya kepada Liputankota di Makassar belum lama ini.

"Memang sudah ada semacan pungutan retribusi kepada setiap calon pendulang yang masuk dilokasi itu dengan nilai Rp 50.000 per orang untuk sekali selama mereka melakukan aktivitas mendulang," katanya.

Hingga berita ini diturunkan, jalan disepanjang lokasi masuk ke lokasi penambangan itu cukup ramai, bagaikan kota kecil karena tidak putusnya masyarakat lalu lalang dengan kendaraan roda dua dan empat ke lokasi itu. (Yusnandar/AA.effendy)

Selengkapnya...

Lembaga Penjamin Kredit Perlu Diadakan

Anggota DPR-RI Komisi VIII, Syahrir Sjafruddin Dg. Jarung (foto: Andi Ahmad)


Makassar,Liputankota – Pemerintah perlu membentuk lembaga penjamin kredit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Keberadaan lembaga ini diharapkan bisa mendorong penyaluran kredit ke sektor UMKM yang selama ini sangat minim.

Ketua Badan Pengembangan Lembaga Profesi Masyarakat (BP-LPM) Sulsel Syahrir Sjafruddin Dg Jarung mengatakan, masih rendahnya realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) juga karena terdapat kekurangan. Posisi KUR oleh pelaku perbankan masih sebagai sebuah program sosial dari pemerintah bagi pelaku UMKM.Faktor ini yang membuat perbankan berhati-hati menyalurkan KUR.


“Guna menjaga pengembangan usaha UMKM selain lembaga penjamin kredit yang harus ada, pemerintah juga harus memberikan jaminan tentang peluang pasar sektor usaha,” kata Syahrir Sjafruddin yang juga Anggota DPR-RI Komisi VIII di Makassar.

Lebih lanjut,hal serupa juga harus diterapkan dalam pengembangan sektor agrobisnis baik dalam hal jaminan kredit maupun jaminan pasar sebelum dilakukan pemberian kredit ke sektor tersebut dan juga menarik perbankan dalam penyaluran kredit.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor UMKM di wilayah Sulsel hingga posisi September 2008 mencapai 750.364 unit. Jauh di atas jumlah sektor usaha besar yang hanya sekitar 1.272 unit. Dari jumlah tersebut, UMKM Sulsel didominasi sektor perdagangan, industri kerajinan dan layanan jasa.

”Namun, dari sekian banyak jumlah UMKM yang beroperasi di Sulsel,hanya sekitar20% yang mampu mengakses kredit ke perbankan,”ucapnya. Padahal, keberadaan UMKM di Sulsel menjadi tolak ukur pertumbuhan ekonomi karena dalam hal penyerapan tenaga kerja sekitar 80% angkatan kerja, disediakan dari UMKM.

Akan tetapi, keterbatasan pelaku usaha UMKM memasarkan produk mereka dan kelemahan dalam sistem manajerial usaha, menjadikan UMKM mengalami pertumbuhan usaha yang lambat. Ketua Kompartemen Industri BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Makassar Munandar Baratha mengatakan, pembentukan lembaga penjamin kredit bagi UMKM dan juga jaminan kepastian pasar oleh pemerintah akan efektif dan lebih meningkatkan kinerja UMKM.

Salah satu alasannya, lembaga penjamin dibutuhkan sebagai alat mediasi permasalahan antara bank dan debitur yang tak diduga usahanya mengalami menurun diakibatkan pasar dan imbasnya juga mengena terhadap pembayaran pokok bunga/kredit di bank.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Program Listrik Murah Idial Ditantang Akademisi UMI

Makassar, Liputankota- Dosen Fakultas Teknologi Industri UMI, Zakir Sabara HW, menilai program listrik murah yang didengungkan pasangan Idris Manggabarani-Adil Patu (Idial) hanya akan berakhir sebagai janji manis belaka. Pasalnya, tidak ada langkah nyata yang bisa dan pernah dilakukan oleh pasangan ini untuk mewujudkannya.

"Sebagai akademisi, saya menilai program listrik murah itu sulit diwujudkan. Saya kurang yakin dengan program listrik murah yang sering didengungkan oleh Pak Adil Patu. Disamping programnya terkesan hanya janji-janji manis, juga karena perjalanan politik Adil Patu lima tahun terakhir juga tergambar kurang konsisten," jelas Zakir.
Dia mencontohkan sikap inkonsistensi Adil Patu beberapa tahun terakhir, mulai dari pilihan politik meninggalkan Partai Golkar hingga awal sosialisasi Pilwali Makassar.

Menurutnya, sejak awal Adil sangat agresif dan menggebu-gebu mencalonkan diri sebagai wali kota, tapi pada akhirnya memilih mencalonkan diri sebagai calon wakil wali kota .

"Bagaimana mungkin seorang calon pemimpin bisa konsisten menepati janji-janjinya seandainya terpilih, jika yang mengusung janji-janji itu tidak konsisten. Saya kira hal ini dicermati dengan baik oleh warga Makassar , sehingga dalam memilih calon pemimpin tidak keliru dan benar-benar paham dengan latar belakang calon pemimpinnya," katanya.seperti dikutif tribun.

"Hal ini berlaku buat semua kandidat agar semua rencana programnya lebih rasional serta menyangkut pemenuhan hak dasar warga Makassar ," tambah Zakir (andi ahmad)
Selengkapnya...

Lepas Sambut Kajati Sulsel Dihadiri Kajati Se-Sulselbar

Kajati Sulsel, Hamzah Tadja (gambar ditengah) Pada Acara buka puasa di Sulteng saat menjabat Kajati Sulteng.


Makassar,Liputankota-- Prosesi lepas sambut Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan dari pejabat lama Hamzah Tadja ke Mahfud Mannan saat ini sedang berlangsung, Rabu (8/10) siang.

Tribun-timur.com melansir. Prosesi lepas sambut berlangsung di Lapangan Tenis Kejati Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Makassar. Acara seremonial ini dihadiri para asisten dan kajari se-Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat serta para jaksa di lingkungan kejati hadir.

Hamzah saat ini menjabat Sekretaris Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Sesjamwas) Kejagung RI di Jakarta. Sedangkan Mahfud sebelumnya menjabat Kajati Papua.

Prosesi lepas sambut ini diisi sejumlah kegiatan hiburan yang dipersembahkan para jaksa dan staf dari Kejari Makassar dan Kejati Sulsel.

Baik Hamzah Tadja maupun Mahfud Mannan juga masing-masing mempersembahkan lagu dengan tampil menyanyi di atas panggung.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Bunga Pinjaman Bank Capai 10 Persen



Jakarta, Liputankota - Bank Indonesia (BI) kembali menaikkan suku bunga acuan atau BI rate sebesar 25 basis poin (bps) ke level 9,5 persen.
Keputusan menaikkan BI rate itu dalam rangka menyikapi ketidakpastian perekonomian global akibat krisis keuangan di AS.
Ini adalah kenaikan BI rate yang keenam kalinya sejak Mei 2008 lalu yang kala itu masih bertengger pada kisaran delapan persen.

Menurut Business Banking Manajer Bank Panin Makassar Hudli Huduri, suku bunga pinjaman bank umum bisa dipastikan akan lebih tinggi dari BI rate.
Menurut dia, bisa bank menetapkan suku bunga pinjaman 10 persen atau di atas itu.

"Yang jelas bunga pinjaman di atas BI rate. Tiap bank memiliki kebijakan masing-masing untuk menentukan ratio tingkat bunga," katanya.seperti dikutif Tribun.

Gubernur BI Boediono usai rapat Dewan Gubernur (RDG) BI di Jakarta, Selasa (7/10), mengatakan, keputusan menaikkan BI rate itu setelah mencermati perkembangan dunia, perkembangan keuangan global, dan ekonomi dunia, serta perkembangan menyeluruh di dalam negeri.

Mantan Menteri Perekonomian ini menjelaskan keputusan menaikkan BI rate juga dilakukan dengan memperhatikan resiliensi sektor keuangan khususnya perbankan.
Kenaikan BI rate itu juga diputuskan setelah melihat angka inflasi yang naik cukup tajam pada September menjadi 0,97 persen serta laju inflasi tahun kalender dari Januari-September 2008 mencapai 10,47 persen.

"Dalam upaya mengendalikan inflasi BI akan terus melakukan optimalisasi seluruh instrumen kebijakan moneter yang tersedia. Kebijakan stabilisasi rupiah diarahkan dalam upaya menghindari gejolak nilai tukar rupiah yang terlalu tajam," jelas Boediyono.(aa.saputra)


Selengkapnya...

Partai Demokrat Sulsel Konsentrasi Pemilu, Duet SBY-JK Belum Ditanggapi



Makassar, Liputankota- Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, Reza Ali, menyebut partainya belum berpikir lebih jauh soal kemungkinan duet Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla di Pilpres mendatang.
"Saat ini, semua partai sementara fokus pada pemenangan pemilu. Sebaiknya duet SBY-Kalla konsentrasi menyelesaikan tugasnya sebelum membahas pilpres" kata Reza, Selasa (7/10).

Pernyataan Reza terkait dukungan secara terbuka kepada Kalla kembali mendampingi SBY sebagai capres yang disampaikan di Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) dan Ikatan Keluarga dan Alumni (IKA) Unhas.

"Masing-masing kelompok masyarakat memiliki hak untuk memberi usul. Tapi sejauh ini, partai belum membahas dukung-mendukung capres," lanjut caleg DPRD Sulsel ini.
Menurut Reza, di sejumlah pertemuan internal partai, SBY selalu menegaskan Demokrat berjuang meraup minimal 15 persen suara pada pemilu legislatif sebagai syarat mengusung capres.

Di Sulsel, perolehan suara Demokrat pada Pemilu 2004 tidak terlalu menggembirakan. Partai ini meraih 99.107 suara (2,64%) dari total 3.750.299 suara sah.
Terpisah, Ketua Bappilu Golkar Sulsel, Moh Roem, menyebut partainya akan membahas peluang Kalla sebagai capres atau cawapres pada Rapimnas DPP Golkar di Jakarta, 17-20 Oktober nanti.

"Rapimnas nanti akan membahas sikap dan strategi partai meraih minimal 30 persen suara pada pemilu. Hasil rekomendasi peserta rakornis kemarin disampaikan di Jakarta," ujar Roem.seperti dikutif Tribun.

Ketua DPRD Sulsel ini memprediksi wacana capres juga akan menjadi topik utama. Terutama terkait mekanisme seleksi capres di internal Golkar. Namun Roem enggan berkomentar kemungkinan partainya hanya mengincar posisi cawapres di pilpres.
"Wacana yang berkembang di internal Golkar Sulsel memang seperti itu. Tapi Golkar ini kan tidak hanya milik Sulsel," ujarnya.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Pelantikan Bupati Enrekang, Bupati Se- Sulsel Diundang

Bupati Enrekang, La Tinro La Tunrung.

Makassar,Liputankota- Wakil Ketua MPR RI, Aksa Mahmud, diundang dalam acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Enrekang, La Tinro La Tunrung-Nurhasan, yang bakal dihelat, Kamis (9/10), di Lapangan Batili, Enrekang.

Ketua Panitia Pelantikan Chaerul Latanro, Selasa (7/10), mengatakan, panitia juga mengundang Ketua Umum DPP Partai Golkar Jusuf Kalla yang juga Wakil Presiden RI. Namun, konfirmasi kehadirannya belum diterima hingga saat ini (kemarin).

Selain Jusuf dan Aksa, panitia juga mengundang seluruh bupati se-Sulsel. Sejumlah tokoh masyarakat Enrekang turut diberikan undangan.

Orang dekat Aksa, Ramli M, memastikan kehadiran Aksa pada pelantikan La Tinro. "Pak Aksa sudah memastikan hadir pada acara tersebut," katanya.seperti dikutif Tribun.

Duet yang berjuluk Halal ini akan dilantik oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di depan sidang paripurna DPRD di ruang terbuka. Sesuai aturan, kepala daerah dilantik di depan sidang paripurna DPRD.

La Tinro-Nurhasan diusung Partai Golkar, PPP, dan PKS dengan meriah suara sekitar 45.460. Pada pilkada lalu, La Tinro yang berduet dengan Lody Sindangan diusung PPP.(andi ahmad).

Selengkapnya...

97 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Komandan Paspampres Diganti



Jakarta, Liputankota - Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) diganti dari Mayjen TNI Suwarno kepada Brigjen TNI Marciano Norman. Penggantian ini merupakan bagian dari mutasi 97 perwira tinggi dan perwira menengah di lingkungan TNI.

Kepala Dinas Penerangan Umum Mabes TNI Kolonel CAJ Ahmad Yani Basuki di Jakarta, Selasa (7/10), menjelaskan mutasi 97 perwira itu berdasarkan Keputusan Panglima TNI No Kep/546/IX/2008 tertanggal 26 September 2008.

Tribun-timur.com melansir. Di antara 97 perwira itu, 47 pati lain juga dimutasi. Di antaranya, Letjen TNI Bambang Darmono dari Dankodiklatad menjadi Sekjen Wantannas, Mayjen TNI Hotma Marbun dari Danseskoad menjadi Asops Kasad, dan Mayjen TNI Bambang Suranto dari Pangdam V/Brw menjadi Danseskoad.

Selain itu, tercatat juga, Mayjen TNI Suwarno dari Danpaspampres menjadi Pangdam V/Brw, Marsdya TNI Ida Bagus Sanubari dari Dansesko TNI menjadi Kabasarnas, Marsda TNI Pandji Utama Iskaq dari Pangkohanudnas menjadi Asops Kasau, Marsda TNI Dradjad Rahardjo, dari Dankodikau menjadi Pangkohanudnas.

Selain itu, ada 29 orang pati yang mendapat promosi jabatan. Yakni, Marsda TNI Edy Harjoko dari Asops Kasau menjadi Dansesko TNI, Mayjen TNI Syaiful Rizal dari Asops Kasad menjadi Dankodiklatad, dan Brigjen TNI Marciano Norman dari Diranlingstra Ditjen Strahan Dephan menjadi Danpaspampres.

Sementara 21 orang yang memasuki masa pensiun adalah Letjen TNI Muhammad Yasin (Sekjen Wantanas) Laksda TNI Bambang Karnoyudho (Kabasarnas), Mayjen TNI Abi Kusno (Aslog Panglima TNI), dan Mayjen TNI Heryadi (Asintel Panglima TNI. (wawan)

Selengkapnya...

Amin Syam Tidak Hadir, Golkar Sulsel Semakin Tidak Solid

Ketua Umum Partai Golkar, H.M. Jusuf Kalla


Makassar,Liputankota-Untuk ketiga kalinya,Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel HM Amin Syam tidak hadir di acara temu kader Sulsel yang dihadiri Ketua Umum DPP HM Jusuf Kalla.
Ketidakhadiran Amin Syam itu sekaligus menjadi bukti bahwa terjadi disharmonisasi antara Jusuf Kalla (JK) dengan mantan Gubernur Sulsel itu. Sebagai implikasinya, menurut pengamat politik dari Universitas Hasanuddin Adi Suryadi Culla, akan sulit mengharapkan suara Golkar Sulsel solid dalam pemilihan presiden 2009 mendatang.

Kekuatan Amin Syam tidak bisa dipandang enteng.Dia memiliki fraksi yang juga solid di Golkar. Apalagi Amin masih menjabat sebagai Ketua DPD I.Sehingga,jika ini berlanjut hingga pilpres, dapat dipastikan suara Golkar pecah,” kata Adi Culla ,malam tadi.

Menurut Adi Culla,tidak ada pilihan lain bagi JK untuk tidak merangkul kembali Amin yang perasaannya masih terluka akibat sikap JK di pemilihan gubernur tahun lalu.Sebab,jika Golkar Sulsel tidak solid, nantinya akan menjadi barometer politik bagi kans JK di pilpres.

Berdasarkan catatan SINDO, setelah pemilihan gubernur tahun lalu, hubungan JK dengan Amin agak terputus. Bahkan, tiga kali JK melakukan pertemuan dengan kader-kader Golkar Sulsel di Makassar,tiga kali pula Amin mangkir. Sebelumnya, pada rapat internal DPD I Partai Golkar Sulsel 25 April lalu, Amin juga tidak hadir. Begitu pula pada acara pembekalan tim pemenangan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin-Supomo Guntur (IASmo) di Sekretariat DPD II Golkar Makassar, 9 Agustus lalu.

Dalam pertemuan Golkar Sulsel kemarin, mantan Bupati Enrekang ini kembali tidak menampakkan diri dalam rapat tim Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) yang dihadiri JK di Graha Pena. Rapat hanya dipimpin oleh Pelaksana Tugas Harian Ketua yang juga Ketua Bappilu Golkar Sulsel Muh Roem.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Sulsel Arfandy Idris berkilah, ketidakhadiran Amin Syam dalam rapat tersebut sudah dikoordinasikan dengan pengurus DPD dan meminta izin untuk tidak hadir. Alasannya, yang bersangkutan baru saja menggelar hajatan besar yakni pernikahan putranya dan masih kelelahan.

”Ketidakhadirannya sudah dikoordinasikan dengan pengurus dan itu bisa dimaklumi karena Pak Amin masih capek setelah melangsungkan pernikahan anaknya,malam lalu,” kata Arfandy Idris kepada SINDO malam tadi. Sekadar diketahui,Amin Syam menikahkan putranya, Imran Tenritata di Hotel Clarion, Minggu malam.Bahkan, Jusuf Kalla dan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo juga ikut menjadi tamu VIP dalam pesta pernikahan tersebut.

Arfandy mengatakan, meskipun sudah tiga kali Amin Syam tidak mengikuti rapat yang dihadiri JK,bukan berarti hubungan keduanya memburuk.Menurutnya, setiap momentum yang terjadi dalam tubuh partai berlambang beringin tersebut di Sulsel selalu dikoordinasikan antara ketua DPD dengan Jusuf Kalla selaku pimpinan tertinggi partai. Namun, dia mengakui, pada rapat internal yang digelar pertama kalinya pasca Pilgub Sulsel, memang terjadi miskomunikasi antara Amin Syam dengan Jusuf Kalla.

Pasalnya, JK dianggap tidak sepenuhnya mendukung calon yang diajukan Golkar yakni pasangan Amin Syam-Mansyur Ramly. Arfandy mengatakan, seiring dengan berjalannya waktu, hal tersebut sudah di-clearkan dan semuanya kembali berjalan normal. ”Sudah tidak ada masalah lagi. Ketidakhadiran Pak Amin bukan karena kesengajaan melainkan adanya faktor lain yang harus dimaklumi bersama,” tambahnya.

Sementara itu, meski tanpa dihadiri Amin Syam, Ketua Umum DPP Partai Golkar Jusuf Kalla tetap membangkitkan semangat kader-kader beringin menghadapi pemilu dan pilpres 2009.Dalam rapat Bappilu kemarin, JK meminta kepada seluruh kader yang mencalonkan diri dalam pemilihan legislatif untuk tidak melakukan kampanye di daerah kawan.

Sebaliknya, kampanye justru dilakukan pada daerah di mana kekuatan partai lainnya dianggap kuat.Pada daerah-daerah yang menjadi kantong suara partai lainnya, kata JK,kampanye justru harus dimaksimalkan. Bahkan, jika perlu daerah tersebut di ”bombardir” dengan berbagai atribut ataupun program yang bisa meraih simpati pemilih.

”Jangan berkampanye dengan memaparkan visi dan misi karena masyarakat tidak mengerti dengan hal tersebut. Sebaliknya kampanye yang efektif adalah dengan menghadirkan karya nyata,” jelas Jusuf Kalla saat memberikan pembekalan strategi pemenangan pemilu di depan seluruh calon anggota legislatif dan badan pemenangan pemilu Golkar se-Sulsel.

Menurut dia, dalam berkampanye, seorang caleg harus jeli melihat kebutuhan dan sektor yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satunya adalah sektor pertanian dan perkebunan yang menjadi mata pencaharian mayoritas warga Sulsel. ”Seorang caleg harus memperlihatkan kinerjanya kepada masyarakat. Bukan hanya sekedar memberikan janjijanji, sebab masyarakat butuh tindakan nyata,”tandasnya.seperti dikutif Sindo.

JK mengatakan, hal tersebut ada korelasinya dengan penentuan caleg dengan suara terbanyak.Kata dia,nomor urutdalamdaftarcaleghanyalah masalah identitas belaka. Sebab,siapa pun yang meraih suara terbanyak dan terpilih nantinya pastilah figur yang mampu membuktikan kerja nyata kepada rakyat. Selain itu, Jusuf Kalla yang juga Wakil Presiden RI ini meminta agar Sulsel tetap bisa mempertahankan dominasinya dalam pemilihan umum 2009 mendatang.

JK berharap, Sulsel tetap menjadi lumbung penyumbang suara bagi partai berlambang beringin tersebut. Sementara itu, di tempat yang sama Pelaksana Tugas Harian Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Muh Roem menegaskan sikap politik seluruh pengurus DPD I dan DPD II partai dengan dominasi warna kuning tersebut. Roem menyatakan, Golkar Sulsel siap untuk kembali mendukung apapun langkah yang diambil Jusuf Kalla dalam pemilihan presiden 2009 mendatang.

Menurut dia, dukungan tersebut diberikan bukan hanya dalam kapasitasnya sebagai ketua umum partai melainkan juga sebagai satu-satunya putra daerah yang memiliki kapasitas untuk menjadi pemimpin nasional. ”Apapun langkah yang diambil, Golkar Sulsel siap mendukung baik sebagai pimpinan partai maupun sebagai orang sekampung,” kata Roem.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Saudagar Bugis Makassar Diharapkan Kembali Ke Sulsel

Usulan Pembentukan Lembaga Keuangan Ditolak PSBM X.

Wapres Jusuf Kalla (tengah) menabuh gendang disaksikan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (kedua kiri), Ketua KKSS Hasanuddin Massaile (kanan) , Ketua PSBM ke-10 Erwin Aksa (kiri) pada pembukaan PSBM ke-10 di Makassar kemarin.(foto: Sindo)

Makassar,Liputankota-Usulan pembentukan lembaga keuangan yang dimotori saudagar Sulsel dimentahkan dalam Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-10 yang berakhir kemarin.

Usulan ini dianggap membutuhkan modal awal yang besar dan sulit untuk direalisasikan. Lembaga keuangan untuk pembiayaan ini disarankan diambil alih oleh perbankan dengan memaksimalkan kredit kepada masyarakat.Apalagi, saat ini Pemprov Sulsel telah memiliki lembaga perbankan sendiri, yakni Bank Sulsel. Usulan ini menjadi salah satu butir dari sepuluh rekomendasi yang dihasilkan PSBM ke-10 dari tiga komisi yang melakukan pembahasan, yakni komisi ekonomi, sumber daya manusia, dan budaya.

Rekomendasi ini dihasilkan dalam masing-masing sidang komisi yang hanya berlangsung sekitar dua jam. Rekomendasi yang dibacakan Alwi Hamu ini,komisi ekonomi yang melakukan pembahasan pembangunan infrastruktur daerah menghasilkan dua rekomendasi.Usulan yang dihasilkan, yakni seluruh saudagar Bugis Makassar (SBM) diharapkan kembali ke Sulsel untuk meningkatkan investasi, khususnya di sektor agrobisnis,seperti pertanian dan perkebunan.

SBM diharapkan menanamkan modalnya dalam industri pupuk, hama, dan benih. Saudagar yang telah berhasil di rantau diharapkan menanamkan uangnya pada sektor kelautan. Rekomendasi lainnya adalah dialihkannya tanggung jawab pembentukan lembaga pembiayaan kepada lembaga perbankan.Pembahasan komisi ini dilakukan oleh Aksa Mahmud, Direktur Utama Bank BTN Iqbal Latanro, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, dan Dirjen Perkebunan Ahmad Manggabarani.

Sementara, untuk komisi SDM yang dibahas Kabalitbang Depdiknas Mansyur Ramly, Rektor Unhas Idrus Paturusi, dan anggota DPR Idrus Marham, rekomendasi yang dihasilkan hanya tiga butir. Pertama, disepakati untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dengan pengambil kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan Sulsel; kedua, peningkatan pendidikan Sulsel dilakukan dengan pengembangan pada sektor informasi dan teknologi.

Keputusan strategis ketiga, yakni kesamaan visi untuk tetap mempertahankan calon Sulsel dalam kepemimpinan nasional. PSBM menargetkan,posisi minimal dalam Pemilihan Presiden 2009 mendatang adalah wakil presiden. ”PSBM harus menyukseskan agenda nasional dari berbagai aspek, khususnya mempertahankan kepemimpinan nasional minimal RI 2,” kata Alwi Hamu saat membacakan rekomendasi PSBM 10 dalam acara penabuhan gendang penyemangat saudagar Bugis Makassar oleh Jusuf Kalla di Celebes Covention Centre (CCC) kemarin.Seperti dikutif Sindo.

Adapun untuk komisi budaya yang fokus membahas tentang pelayaran rakyat, dihasilkan rekomendasi untuk tetap mempertahankan semangat Phinisi atau semangat perantau di kalangan saudagar. Perahu Phinisi sebagai warisan budaya Sulsel akan tetap dipertahankan agar tidak tergilas peradaban pelayaran modern.

Rekomendasi lainnya adalah usulan agar pelayaran rakyat (Pelra) mendapat dukungan politik dari pemerintah. Selain itu,Pemprov Sulsel diharapkan untuk menyiapkan SDM yang mampu untuk bersaing di masa depan dalam mengembangkan perahu Phinisi. Sementara itu,Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, generasi muda harus dididik untuk menjadi pengusaha sebagai bentuk regenerasi.Apalagi, saat ini banyak sekali pengusaha yang terjun dalam dunia politik.

”Generasi muda harus digerakkan untuk menjadi saudagar. Ini penting agar terjadi regenerasi sehingga nantinya kita ini sudah bisa duduk dengan tenang tanpa harus terlibat langsung lagi,”katanya. Sementara itu, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menandatangani memorandum of understanding(MoU) tentang kartu keanggotaan saudagar Bugis Makassar.

Penandatanganan dilakukan Ketua KKSS Hasanuddin Massaile dan Managing Director BRI Asmaun Syam disaksikan Wapres Jusuf Kalla. Selain itu, dalam kesempatan tersebut, KKSS memberikan penghargaan kepada tujuh tokoh penggagas PSBM,yakni Jusuf Kalla,Jenderal M Jusuf,Beddu Amang, HZB Palaguna, Aksa Mahmud, Alwi Hamu, dan Muh Thaha.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya kembali memaparkan kemajuan Sulsel dalam enam bulan terakhir di antara pertumbuhan ekonomi yang mencapai 9,14%.Pertumbuhan ekonomi ini melampaui rata-rata nasional. Selain itu, Syahrul memaparkan nilai investasi di Sulsel yang mencapai Rp36 triliun dengan jumlah dana simpanan masyarakat sebesar Rp26 triliun. Ketua Panitia Pelaksana PSBM ke-10 Erwin Aksa mengatakan, silaturahmi saudagar kali ini dihadiri 874 pengusaha. (Sindo/Andi ahmad)

Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom