Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Sutiyoso Deklarasikan di Makassar Jadi Capres RI



, Liputankota - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengaku enggan menjadi calon Wakil Presiden RI (cawapres) pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2009 mendatang.
Itu dikemukakan saat jumpa pers di lantai 12 Hotel Sahid Jaya Makassar, Jumat (31/10) malam. Menurutnya, dirinya telah mendeklarasikan diri sebagai calon Presiden RI (capres) sejak 1 Oktober 2007 lalu, sehingga tidak berpikir untuk jabatan lain.


Apalagi, ia mengklaim telah didukung 11 partai politik berbeda. baik partain lama maupun baru.

Untuk partai baru, hanya Partai Indonesia Sejahtera (PIS) yang telah menyatakan sikap secara resmi melalui rapat pimpinan nasional, sedang partai lainnya masih menunggu hasil pemilu legislatif, termasuk Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Nasionalis Banteng Kemederkaan (PNBK).

Ditanya mengenai kesediaannya jadi calon wakil presiden jika ada yang meminangnya, Sutiyoso
menjawab tegas. "Saya tidak bersedia jadi cawapres, saya bukannya merendahkan jabatan itu, tapi jabatan itu bukan karakter saya. Saya ini mantan panglima (Pangdam DKI Jakarta), mantan gubernur, karakter saya sudah terbentuk sebagai pembuat kebijakan," kata pria yang akrab disapa Bang Yos ini.

Sutiyoso mengaku ke Makassar dalam rangka ingin menghadiri pernikahan keponakannya, seorang perwira polisi yang bertugas di daerah ini lalu kepincut dengan perempuan Bugis-Makassar. Namun, ia tidak membantah jika kunjungannya dirangkaikan dengan safari politik menyongsong pilpres.seperti dikutif Tribun.

Safari politik mantan jenderal TNI ini diusung dengan sebuah tema, Ekspedisi Nusantara Pantang Menyerah. Ia didampingi Koordinator Pemenangan Pilpres untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI) Mayjen TNI (Purn) TH Umboh, jenderal asal Manado, beserta tim lokal Arpat Rasyid dan Mas'ud Muhammadiyah.

Setiap kunjungan daerah, Bang Yos berkesempatan bersilaturahmi dengan masyarakat setempat. Tadi malam, Sutiyoso menyempatkan diri berdialog dengan berbagai unsur masyarakat di Ball Room Hotel Sahid Jaya, terkait visi dan misinya menjadi capres.
Mengenai calon pendampingnya, Yos menyebut figur kalangan sipil dan pengusaha paling ideal sebagai mendampinginya. "Tapi, yang namanya politik bisa berkembang dan berubah, bisa saja koalisi partai pengusung menginginkan yang lain, itu tergantung dengan bargainingnya," katanya. (Agussalim)
Selengkapnya...

Muktamar Nasional VI KAMMI Berlangsung di Makassar

Gubernur Sulsel Jamu Peserta Muktamar di Gubernuran



Makassar, Liputankota - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) dijadwalkan menjamu peserta Muktamar Nasional Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) ke-6 dalam acara ramah tamah Wellcome to Makassar di Gubernuran, Senin (3/11) pekan depan.

Ketua MPR RI Hidayat Nurwahid juga akan hadir di acara ini. Hidayat yang juga mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera itu diagendakan memberi taushiyah pada peserta.

Humas Panitia Muktamar Nasional KAMMI IV Ismawan mengatakan hal itu, Jumat (31/1).seperti dikutif Tribun.

Pada hari yang sama juga akan ada pemutaran film tentang Kebudayaan Sulsel. Acara ini merupakan pra kondisi pelaksanaan Muktamar Nasional VI yang resminya baru akan dibuka pada hari Selasa (4/11) mendatang di Makassar.

"Insya Allah, mulai hari Minggu lusa (besok), peserta muktamar sudah berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia," ujar Ismawan yang dihubungi via telepon.

Pelaksaan muktamar yang akan berlangsung mulai 3-9 November 2008 nanti itu akan dipusatkan di Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN) Antang, Makassar. (Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Imam Samudra Tak Mau Indonesia Diinjak-injak

Lulu Jamaludin/Dok Keluarga
Imam Samudera tampak bergembira ketika dibezuk anaknya dan sejumlah keponakannya


Jakarta,Liputankota- Rencana eksekusi mati terhadap Imam Samudra Cs sudah di depan mata. Kejaksaan Agung telah mengeluarkan pernyataan bahwa eksekusi dilakukan awal November 2008. Sebelum eksekusi dilakukan, Imam diam-diam telah menitipkan amanat kepada keluarganya.

Menurut Lulu Jamaluddin adik kandung Imam Samudera alias Abdul Aziz, kakak kandungnya hanya menitipkan satu amanat melalui Tim Pembela Muslim (TPM) dan Ny Parida binti Abbas, istri Mukhlas alias Ali Gufron, saat membezuknya di Lapas Nusakambangan beberapa waktu lalu.

"Tak ada pesan apa-apa dari Kang Imam. Saya sendiri juga baru tahu kalau Kang Imam menitipkan amanat melalui Parida dan TPM saat membezuk di Lapas Nusakambangan beberapa waktu lalu. Amanat itu hanya satu: Ya Allah kabulkan doa Abdul Azis al Bantani," kata Lulu kepada Tribun, Kamis (30/10).

Apa isi amanatnya? "Dia tidak mau Indonesia diinjak-injak. Imam menginginkan semua muslim di Indonesia sejahtera," tambahnya.

Beberapa pekan lalu, Lulu bersama orangtuanya sempat membezuk Imam Samudera. Dalam pertemuan itu, Imam memberikan hadiah khusus buat keponakannya yang bernama Naqib Alghazy. Naqib adalah anak pertama Lulu Jamaluddin. Hadiah yang diberikan berupa pesawat handphone mainan dan panah-panahan. "Maksud Kang Imam, supaya kalau besar nanti Naqib bisa berkomunikasi," ungkapnya.seperti dikutif tribunkaltim.

Selama ini, Imam sangat sayang kepada keponakannya itu. Bahkan, Imam sendiri yang memberikan nama buat keponakannya. "Kang Imam yang memberikan nama buat anak saya." Anak saya diberi nama Naqib Alghazy. Artinya pemimpin perang."

Sementara itu dari Serang, Banten dilaporkan, Ny Embay Badriah, ibu kandung Imam Samudera, tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Setiap hari wanita itu rajin melakukan olahraga jalan kaki. Namun dalam beberapa hari ini, kata Lulu, ibunya dibuat pusing oleh wartawan yang kerap datang ke rumahnya. Sampai-sampai warga sekitar marah dan mengusir wartawan agar pergi dari rumahnya.

"Umi alhamdulillah sehat, pagi-pagi jalan-jalan. Dia tidak terganggu dengan rencana eksekusi itu. Cuman banyak wartawan yang menganggu."

Menanggapi pernyataan Imparsial yang menolak hukuman mati, Lulu Jamaluddin mengatakan, ia sependapat dengan pernyataan Rusdi Marpaung. Alasannya, apapun hukuman yang diberikan kepada teroris, tidak akan menimbulkan efek jera.

Hukuman mati tidak menimbulkan efek jera, termasuk hukum lainnya. Saya setuju dengan sikap Imparsial. Apapun hukuman yang diberikan tidak berefek. Khusus untuk perkara ini, hukuman mati terhadap pelaku bom Bali tidak sah. Alasannya, dari sisi hukum positif, kita tidak tahu apakah mereka yang melakukannya?"

Keragu-raguan Lulu itu diungkapkan, karena pada saat penyidikan, tidak ada asas transparansi menyangkut bahan-bahan peledak yang dipakai. Kedua, saksi kunci yang masih hidup ketika itu dibawa ke Australia, dengan alasan pemerintah RI tidak mampu mengobati lukanya.(Wawan)

Selengkapnya...

Suara dari Empat Kab. di Kaltim Sudah 100 Persen

laporan: darwis -samarinda



Samarinda,Liputankota-Proses Penghitungan suara sementara Pilgub Kaltim Putaran Kedua terus berlangsung, khususnya melalui sistem Teknologi Informasi (TI) KPUD Kaltim. Berdasarkan updating terakhir, empat daerah yakni Penajam Paser Utara (PPU), Paser, Bontang dan Kutai Barat sudah 100 persen masuk.

Laporan dari KPUD Kabupaten Paser yang masuk ke TI, pasangan Awang Faroek Ishak-Farid Wadjdy (AFI) meraih 44.001 suara, pasangan Achmad Amins-Hadi Mulyadi (AHAD) 29.795 suara. Di PPU, AFI memperoleh 25.505 suara, AHAD 23.962 suara; Kota Bontang AFI 27.317 suara, AHAD 26.643 suara. Sedangkan di Kubar, pasangan AFI 41.775 suara, AHAD 16.35 suara.

Untuk daerah lainnya, sementara ini masih dalam proses penyempurnaan. Namun diyakini, proses penghitungan suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 13 Kabupaten/Kota tak menemui kendala. Diharapkan prosesnya bisa terus berlangsung tanpa hambatan.

"Kabupaten Kubar yang terakhir, pada update terakhir tadi malam, sudah 100 persen itu. Kalau PPU, Paser dan Bontang, sudah sejak dua hari terakhir. Mereka mengentrinya sudah mencapai 100 persen. Mudah-mudahan daerah lain dalam waktu beberapa hari terakhir ini juga mencapai 100 persen," kata Elvyani NH Gaffar, Rabu (29/10) di ruang kerjanya.

Entri perolehan suara tersebut akan terus berlanjut, bahkan tidak hanya setiap hari tapi setiap detik. Elvy sangat berharap masyarakat proaktif melihat perkembangan hasil Pilgub Putaran Kedua ini.

"Website kami tetap akan terus di-update hingga nantinya kami menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Akhir dan Penetapan Gubernur-Wakil Gubernur Terpilih, 7 November mendatang. Jadi tak pernah berhenti, kami KPUD terus menyarankan kepada masyarakat melihat perkembangannya di website kami," terangnya.

Elvy mengakui, berdasarkan hasil penghitungan suara sementara, sudah menunjukkan kemenangan salah satu pasangan calon, namun hal tersebut belum menjadi hal yang final, jika Rapat Pleno Terbuka belum menetapkan apapun.

"Silakan saja kelompok atau lembaga manapun menyebutkan si A menang atau si B yang menang. Tapi masyarakat harus tahu, keputusan final atau layaknya si A dan si B itu menyandang predikat Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim terpilih, setelah KPUD menggelar Rapat Pleno Terbuka," kata Elvy.seperti dikutif Tribunkaltim.

Penetapan final belum dilaksanakan. Atas nama KPUD, Elvy mengimbau kepada semua elemen masyarakat tetap menjaga situasi Kaltim tetap kondusif, bahkan situasi tersebut diharapkan bisa dipertahankan hingga Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim terpilih itu dilantik secara resmi.

"Kami cukup salut dengan masyarakat Kaltim, di mana detik-detik yang mendebarkan kemarin, saat pencoblosan 23 Oktober hingga hari ini, tidak ada hambatan dan gejolak apapun yang sifatnya merusak tatanan demokratisasi kita ini. Terima kasih, dan mari kita terus jaga situasi kondusif ini sampai kapanpun," ujarnya.(darwis k/andi ahmad)

Selengkapnya...

Kebakaran di Maccini, 46 Rumah Hangus

Makassar, Liputankota- Sedikitnya 46 rumah di Kelurahan Maccini Gusung, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, ludes dilalap di jago merah, Kamis (30/10).
Sekitar 200 jiwa harus kehilangan tempat tinggal akibat musibah yang terjadi sekitar pukul 12.30 wita itu. Tidak ada korban jiwa namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Lurah Maccini Gusung, Syaharuddin, mengatakan, pihaknya masih mendata kerugian yang ditimbulkan oleh musibah tersebut.

"Api cepat membesar karena anging cukup kencang saat musibah tersebut terjadi. Apalagi rumah-rumah warga sangat rapat," kata Syaharuddin yang ditemui di lokasi.
Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi di tengah teris panas matahari itu.

Kapolsekta Makassar, AKP Suaeb AM, menjelaskan, pertugas identifikasi dan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) akan menyelidiki penyebab pasti kebakaran tersebut.
Namun sejumlah warga mengatakan, api diduga bersumber dari ledakan kompor yang digunakan masak saat itu. Bahkan, beberapa warga mengaku sempat mendengar beberapa kali letupan.

Musibah kebakaran ini adalah yang kedua kalinya dalam pekan ini di Makassar. Sehari sebelumnya, kebakaran juga terjadi di Jl Tamangapa Raya, Antang, Kecamatan Manggala yang menewaskan dua orang.

Kebarakan di Maccini Gusung menimpa warga di RT 019 dan RT 013, RW 04. Menurut salah seorang saksi, Agus, dia dikejutkan saat mendengar teriakan beberapa warga bahwa ada api yang membakar sebuah rumah.

Belakangan diketahui bahwa api diduga berasal dari bagian belakang rumah milik Haji Daengg Magisseng yang dikontrak oleh Dg Rumonson bersama istrinya Dg Caya.
Melihat api tersebut, Agus langsung menelepon Dinas Penanggulangan Darurat dan Pemadam Kebakaran Kota Makassar.

Namun hingga 15 menit setelah dia menelpon, petugas pemadam belum juga tiba. Rumah yang ditempat Dg Rumonson sudah ludes dan api dengan cepat merambat kerumah warga lainnya.

"Waktu pertama kali, api belum terlalu membesar. Namun hanya sekitar 15 menit berselang, rumah panggung tersebut sudah hangus," kata Agus.

Sempitnya jalan masuk ke perkampungan tersebut dan banyaknya warga yang berkumpul, membuat mobil pemadam kebakaran mengalami kesulitan untuk menjangkau lokasi.
Dua unit pemadam dan satu unit mobil tangki terpaksa dialihkan ke salah satu lapangan yang sering digunakan bermain bola untuk menyiram lokasi kebakaran di sisi timur.

Api baru bisa di jinakkan sekitar satu jam setelah kejadian. Petugas pemadam yang mengerahkan sekitar 12 unit mobil pemadam kebakaran dan mobil tangki air dibantu ratusan warga berjibaku memadamkan api.

Salah seorang warga lainnya, Jumriah (44), yang tinggal dirumah No 17 1C hanya bisa histeris karena api berkobar saat dia sedang memberi makan seorang anaknya.
Jumriah yang bekerja sebagai pedagang kehilangan tiga televisi, ribuan butir kelapa, lima kuintal beras, ratusan rak rak telur dagangannya.

Hal yang sama juga menimpa Indra Riani (30). Dia harus kehilangan sepeda motor Yamaha Jupiter Z miliknya yang dilarikan orang saat dia berusaha menyelematkan barang-barangnya.

"Warna motor saya merah dan hanya mengingat dua angka terakhir pelat nomornya yaitu 75. Pencurinya sungguh tega. Kami sedang tertimpa musibah, tetapi mereka tanpa perasaan mencuri," katanya ,seperti dikutif Tribun.

Rumah Warga Terpaksa Dirusak

Sedikitnya lima rumah warga terpaksa dirusak untuk mempersempit pergerakan api di permukiman padat penduduk tersebut.
Rumah yang dirusak adalah milik Hamzah, Dg Mantang, dan Dg Manggising di RT 13I sedangkan, dua rumah lainnya adalah milik Hamsia dan Hasanuddin di Rt 19.
Lurah Maccini Gusung, Syahruddin, mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Makassr untuk mendirikan tenda dan dapur umum di sekitar lokasi kebakaran.
"Saya sebenarnya sudah lama mengkhawatirkan musibah ini dengan melihat kondisi perkampungan ini. Selain jalan yang sempit, rumah juga sangat berhimpitan," kata Syaharuddin.
Seorang warga yang menderita lumpuh terpaksa dievakuasi menggunakan becak ke Jl Maccini Baru. Beberapa warga mengajak pria yang hanya memakai sarung itu ke rumah yang agak jauh dari lokasi kebakaran namun dia tetap memilih bertahan di atas becak dengan napas yang tersengal-sengal.
Sementara Kepala Dinas Penanggunakan Darurat dan Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Aminullah Teng, mengimbau warga lebih waspada.
"Apalagi, kalau tipuan angin cukup kencang. Api pasti lebih cepat menjalar dan cukup menyulitkan petugas pemadam," katanya.


Selengkapnya...

12 Ledakan Bom di India, 61 Tewas

India, Liputankota-Serangkaian ledakan bom mengguncang kota-kota di Negara Bagian Assam, India timur laut, Kamis (30/10), menewaskan sedikitnya 61 orang dan mencederai lebih dari 300 orang. Rangkaian ledakan bom itu memaksa polisi setempat bekerja keras mencari bom-bom yang belum meledak.

Kepolisian mengatakan, semuanya ada 12 ledakan dalam jangka waktu satu jam. Lima ledakan di antaranya terjadi di Guwahati, ibu kota negara bagian itu.

Ledakan bom terbesar terjadi dekat Kantor Menteri Besar Negara Bagian Assam. Ledakan ini menelan sejumlah korban tewas. Mobil dan motor yang terkoyak- koyak bertebaran di jalan.

Tayangan televisi memperlihatkan petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air dalam upaya memadamkan api yang membakar mobil dan motor. Lokasi ledakan ini merupakan kawasan keramaian.

Orang-orang yang spontan memberikan pertolongan menarik korban cedera atau tewas dan memasukkannya ke mobil yang segera meluncur ke rumah sakit. Polisi menutupi para korban yang tubuhnya terbakar dengan kain putih dan membiarkan begitu saja di jalanan.

Sedikitnya 300 orang cedera dalam 12 ledakan itu, sebagian besar karena bom. Sedikitnya satu korban cedera akibat granat tangan.

”Area ini sedang padat manusia, karyawan kantor, pembelanja, dan penjual, ketika ledakan bom berkekuatan besar ini terjadi,” kata saksi mata Arindam Das. Dia sedang berbelanja di salah satu pasar yang menjadi sasaran serangan bom.

”Sebagian besar bom dipasang di tempat ramai, seperti pasar dan kompleks perkantoran. Ini memperlihatkan bahwa pelakunya menginginkan korban yang banyak,” kata Menteri Kesehatan Assam Himanta Biswa Sarma.

Belum jelas siapa yang bertanggung jawab atas serangkaian bom yang sebagian besar meledak di pasar yang ramai itu. Ledakan satu dengan lainnya hanya berselang beberapa menit.

Kelompok separatis

Negara Bagian Assam dikenal dengan kehadiran puluhan kelompok separatis militan yang sejak lama memerangi pemerintah. Juga terjadi benturan di antara kelompok-kelompok ini.

Sedikitnya 61 orang dilaporkan tewas dalam ledakan itu. Subhash Das, pejabat senior pada Kementerian Dalam Negeri Assam, menegaskan, sekitar 25 orang tewas dalam lima ledakan di Guwahati. Puluhan orang juga tewas dalam ledakan di Distrik Kokrajhar dan kota Barpeta.

Puluhan orang yang marah atas ledakan bom itu kemudian turun ke jalan di Guwahati, menyerang mobil polisi dan bus umum. Polisi menerapkan jam malam dan menutup jalan masuk dan keluar dari daerah ledakan.

Belum ada yang menyatakan bertanggung jawab walau pejabat negara bagian mengatakan mungkin itu kerja pemberontak Front Pembebasan Bersatu Asom (ULFA), yang menginginkan daerah merdeka, tetapi tak didukung sebagian besar warga.

Puluhan kelompok separatis aktif di India timur laut, sebuah wilayah isolasi antara Banglades, Bhutan, China, dan Myanmar. Hanya koridor sempit yang menghubungkannya dengan bagian India yang lain. (Kompas.com)

Selengkapnya...

Bahar Ngitung Berzikir Bersama 1000 Anak Panti Asuhan di Makassar

Laporan: Andi Ahmad- Makassar

Calon anggota DPD Bahar Ngitung bersama anak panti asuhan di Masjid HM. Asyik (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota-Calon anggota DPD Bahar Ngitung dalam mewujudkan fanatisme terhadap Calon kandidat Presiden Amerika Serikat, Barreck Obama, sangat besar. Perwujudan itu dalam bentuk berzikir bersama dengan anak-anak panti asuhan se-kota Makassar.

Menurut Bahar Ngitung, Zikir ini dilaksanakan bersama anak-anak panti asuhan, karena doa anak-anak tersebut sangat mujarab dan cepat diterima oleh Allah Swt, maka malam ini kami baru pertama diadakan bersama 1000 anak-anak panti asuhan se-kota Makassar sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah Swt, dengan berdoa untuk kemaslahatan serta kedamaian ummat Islam sedunia umumnya dan kota Makassar khususnya, katanya.

Bahar menjelaskan selain dengan berdoa memohon kedamaian di dunia ini, sekaligus menggalang dukungan untuk kandidat presiden berkulit hitam ini dengan menggelar zikir bersama anak yatim di Masjid HM Asyik, Jl AP Pettarani, Makassar, Kamis (30/10) malam.

Bahar juga menambahkan bahwa zikir itu digelar untuk memberikan kekuatan doa kepada Obama atas perjuangannya merebut o1 Amerika Serikat pada 4 November mendatang. "Kita ingin mengirimkan doa agar Obama dan timnya dberi kekuatan untuk bisa memenangkan pertarungan merebut posisi Presiden AS," kata Bahar yang juga Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Daerah Kota Makassar ini, kemarin.

"Zikir ini juga kita gelar demi harapan kemenangan Obama akan menciptakan perdamaian dunia dan kesejahteraan untuk kita semua. Semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah," ucap Bahar.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Andi Cakka- Syukur Bijak Hampir Pasti Pimpin Luwu

Belopa, Liputankota - Sehari setelah penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS), kandidat nomor urut dua, A Mudzakkar-Syukur Bijak yang akrab disapa Cakka-Siku (CS), hampir dipastikan memenangkan Pilkada Luwu dan memimpin daerah ini lima ke
."Mari bersama-sama membangun Luwu, kalah ataupun menang semuanya patut kita syukuri," katanya.

Kemenangan CS ini diakui Ketua Tim Kampanye Perisai, Irham As'ad. Menurut Irham, hasil rekapitulasi perolehan suara per TPS oleh Tim Perisai hampir sama dengan hasil rekap Tim CS.

"Dan kita (Perisai) dengan berbesar hati menerima kemenangan CS sesuai dengan ikrar pilkada damai," katanya.Seperti dikutif tribun.

Dibanjiri Massa

Rumah kandidat Bupati dan Wakil Bupati Luwu, A Mudzakkar-Syukur Bijak (CS), terus dibanjiri gelombang massa yang datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Luwu. Mereka datang untuk bersilaturahmi dan mengucapkan selamat kepada Cakka-Siku.

Tidak sedikit dari mereka meneteskan air mata saat bersalaman dengan dua putra daerah yang hampir pasti menjadi terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Luwu periode 2009-2014.

Saking banyaknya massa yang berdatangan ke rumah Cakka di Desa Sabe dan kediaman Siku di Desa Batusitanduk, Kecamatan Walenrang, pihak keluarga terpaksa mendirikan tiga tenda berukuran besar di depan rumah.

Di rumah Cakka, pihak keluarga dan kerabat telah menyembelih dua ekor sapi untuk konsumsi keluarga dan simpatisan yang datang. Hal serupa juga terlihat di kediaman Siku. (Tono Sebastian)

Selengkapnya...

Wakil Wali Kota Medan Mengaku Korupsi

Makassar, Liputankota-Wakil Wali Kota Medan Ramli Lubis, mengaku telah berbuat korupsi dalam pengadaan mobil pemadam kebakaran (damkar) dan penyalahgunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Medan tahun anggaran 2002– 2006.

Pengakuan tersebut diungkapkan dalam sebuah surat yang dibuat Ramli dan dibacakan di depan majelis hakim yang diketuai Sutiyono di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor),Jakarta,kemarin. Ramli membacakan suratnya seusai diperiksa sebagai terdakwa dalam kasus dugaan korupsi yang mendudukkan dirinya dan Wali Kota Medan Abdillah sebagai terdakwa.

Dalam surat itu,Ramli mengatakan, selama menjabat sebagai sekretaris daerah (sekda) dan wakil wali kota sejak 2002–2006, dirinya telah melakukan kebijakan yang dapat merugikan negara. ”Saya selaku sekda dan wakil wali kota menyesal telah berbuat khilaf,yang diduga dapat menimbulkan kerugian negara, baik dalam pembelian mobil damkar maupun penggunaan APBD 2002– 2006,” papar Ramli.

Ramli melanjutkan,dirinya siap bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukannya dan telah menitipkan empat sertifikat tanah dan bangunan berupa rumah dan bungalo miliknya kepada penyidik KPK ”Penitipan sertifikat ini adalah jaminansebagaibentukpenyesalan dan tanggung jawab saya,” imbuh Ramli.

Saat diperiksa, Ramli menyatakan mengetahui penggunaan anggaran APBD Kota Medan 2002–2006 yang tidak sesuai peruntukan. Namun, dia melimpahkan kesalahan penyelewengan APBD tersebut kepada Wali Kota Medan Abdillah.

Terkait pengadaan mobil damkar, Ramli membantah jika dia pernah menerima uang Rp1,2 miliar dari Direktur Utama PT Satal Nusantara Hengki Samuel Daud,rekanan Pemerintah Kota Medan dalam proyek pengadaan mobil damkar,pada 2005.

Diketahui, KPK menjerat pasangan kepala daerah Kota Medan Abdillah dan Ramli setelah menemukan unsur pidana korupsi dalam pengadaan mobil damkar tahun 2005 dan penyalahgunaan APBD 2002–2006.

Tim Jaksa Penuntut Umum KPK yang diketuai Muhibuddin mendakwa keduanya telah merugikan keuangan negara sebesar Rp54,1 miliar. Abdillah telah dituntut jaksa dengan hukuman pidana delapan tahun penjara pada Rabu (3/9).(Irwan Munandar)

Selengkapnya...

KPU Tetapkan Hasil Pilkada Sidrap Ditetapkan 7 November

Sidrap, Liputankota - Penetapan secara resmi hasil Pilkada Sidrap rencananya dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidrap pada tanggal 7 November mendatang. Mulai Kamis (30/10) hingga Minggu (2/11), rekapitulasi penghitungan suara dilakukan di tingkat PPK.
Selanjutnya PPK akan menyerahkan hasil rekapitulasinya ke KPU antara tanggal 3-7 November. Penetapan hasil penghitungan suara dan pemenang pilkada dilakukan setelah KPU merampungkan rekap dari kecamatan.

Sehari sebelumnya, PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melalui Direktur Isu Publik, Fajar S Tani, melansir hasil quick count yang mengunggulkan pasangan Rusdi Masse-Dollah Mando (Ridho) sebagai pemenang di Pilkada Sidrap.seperti dikutif Tribun.

Pasangan nomor urut empat itu meraih 35,34 persen suara. Sementara rivalnya pasangan nomor enam A Walahuddin Habib-A Insan P Tanri (Walani) hanya 32,67 persen. Selanjutnya pasangan nomor urut tiga Muh Rapiddin Hamoes-Muh Amrin Hatib (Rahmat) 12,34 persen.(andi ahmad)

Disusul pasangan nomor lima Syafiuddin A Achmad-Yuriadi Abadi (Cahaya) 11,62 persen, nomor urut dua Asri Syamsuddin-Adam Malik (Amal) 5,32 persen, dan 2,71 persen untuk pasangan nomor urut satu Syafruddin A Patiwiri-Isi Alam Usmin (Satria).

Meski PT LSI sudah melansir hasil quick count, kubu pasangan Walani juga optimistis memenangkan Pilkada Sidrap. Optimisme didasarkan pada perhitungan cepat yang dilaksanakan Tim Walani.

Hasil tim Walani dari Insert-Scriptintermedia dan desk pilkada pemkab setempat yang dilansir, Rabu (29/10) kemarin, Walani unggul 40,38 persen. Disusul Ridho 30,81 persen, Rahmat 10,17 persen, Cahaya 7,49 persen, Amal 7,44 persen, dan Satria 2,25 persen. (andi ahmad)

Selengkapnya...

KPU Sulsel Gugurkan Puluhan Caleg

KPU Sulsel Umumkan DCT Hari Ini.

Makassar, Liputankota- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel memastikan menggugurkan puluhan calon anggota legislatif (caleg). KPU mengumumkan daftar caleg tetap (DCT), Jumat (31/10) ini.
"Saya tidak tahu nama-namanya dan memang belum saatnya saya sebut. Yang jelas yang gugur mencapai 20-an orang. Ada yang mengundurkan diri, ditarik partainya, dan bermasalah administrasinya," ujar Ketua Kelompok Kerja Pencalonan KPU Sulsel, Ziaurrahman Mustari, Kamis (30/10).

Sejumlah KPU kabupaten/kota juga memastikan jumlah caleg berkurang. "Kita belum bisa menyebutkan berapa jumlah DCT karena masih mendatanya. Yang jelas jumlahnya berkurang dibanding yang lalu karena ada caleg yang mundur atau tidak lolos berkas," kata Kepala Sub Bagian Teknis KPU Kota Makassar, M Yusuf Pani, kemarin.seperti dikutif Tribun.

Ketua Pokja Pendaftaran KPU Makassar, Pahir Halim, secara terpisah, mengatakan, KPU Kota Makassar mengundang 38 pengurus partai politik (Parpol) 38 yang ikut Pemilu 2009 untuk menandatangani DCT Kota Makassar, hari ini.

Ketua KPU Pangkep, Abd Rahman K LC, juga memastikan gugurnya sejumlah caleg. "Jumlah belum jelas, sebab nanti malam (tadi malam), kami masih membicarakannya. Yang pasti ada beberapa. Lebih dari lima orang," katanya.(andi ahmad)


Selengkapnya...

Enam Kandidat Minta Pemilu Diulang

Makassar, Liputankota - Tim pemenangan kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Idris Manggabarani-Adil Patu (idial) mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengulang Pemilihan Umum (Pemilu) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Desakan itu disampaikan Master Campaign idial Diza Rasyid Ali, Rabu (29/10), usai melakukan pertemuan tertutup dengan tim pemenangan dari enam kandidat lainnya yang ikut bertarung di Pemilu Wali Kota Makassar.

"Ini bukan mark up suara, tapi penggembosan suara sehingga banyak warga yang tidak datang memilih," ujar Diza sambil memperlihatkan sejumlah bukti indikasi penggembosan suara yang dilakukan di hampir semua tempat pemungutan suara yang terbesar di 14 kecamatan.seperti dikutif Tribun.

Dari hasil pertemuan kenam tim pemenangan ini, idial, Halim-Jafar, RI, Pasmi, dan Idola di Posko Induk idial, Jl Boulevard, terungkap beberapa indikasi kecurangan yang terjadi sebelum dan pada saat pencoblosan berlangsung.

Kecurigaan tim idial muncul ketika melihat hasil perhitungan suara di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS). Hampir setiap TPS jumlah pemilihnya rata-rata tidak mencapai 50 persen.

Salah satu contohnya adalah di TPS 25 Jl Sukaria IV Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Panakkukang. Dalam daftar pemilih tetap (DPT) yang dikeluarkan KPU, jumlah hak pilih mencapai 531 suara. Sedangkan jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya hanya 260 orang. Selebihnya tidak memilih. Di TPS 13 RW 6, jumlah pemilih 626, tidak memilih 339, memilih 281 dan batal enam suara.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

LSI: Ridho Menang di Sidrap

Sidrap,Liputankota - Quick count PT Lingkaran Survei Indonesia (PT LSI) di pilkada Sidrap memenangkan paket Rusdi Masse-Dollah Mando (Ridho) dengan perolehan 36,5 persen suara. Pasangan yang diusung Golkar Walahuddin-Insan P Tanri (Walani) dengan perolehan 32,12 persen.

Suara sisanya dibagi anatara pasangan Rahmat, Cahaya, dan Satria. Demikian rilis tim pemengan Ridho beberapa saat lalu.(Tribun-Timur.com)


Selengkapnya...

Gara-gara Main Korek Api, Nenek Dan Cucunya Tewas Terbakar di Antang

Laporan: Agussalim- Makassar

Makassar,Liputankota- Kebakaran yang terjadi pada pukul 16.30 dijalan Tamangapa raya tepat jalan masuk di perumnas Antang yang telah menelan korban jiwa 3 orang, masing Daeng Abu (50 th) dan 2 Orang cucunya umurnya masih 1 tahun.

Menurut pemantauan Liputankota di tempat kejadian, salah satu warga yang menyaksikan kebakaran tersebut diakibatkan oleh cucunya yang sedang bermain korek api dan tiba-tiba api tersebut menyambar bensin yang ada didalam botol yang disimpang orang tua anak ini, dimana profesi sehari-harinya adalah tukang bengkel motor, dan petugas telah mengevakuasi ketiga mayat tersebut dibawa ke rumah sakit bayangkara. (Agussalaim/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Insert: IASmo Unggul di 80 Persen TPS



Makassar, Liputankota - Insert Institute, salah satu lembaga yang melakukan penghitungan cepat (quick count) pada Pemilihan Wali Kota dan Wali Kota Makassar, melansir, pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Supomo Guntur (IASmo) unggul di 80 persen TPS.

Tribun-timur.com melansir.pernyataan Direktur Institute, Samin, di Makassar. Dengan perolehan suara yang sangat signifikan, dipastikan Ilham Arief Sirajuddin akan kembali memimpin Kota Makassar untuk lima tahun mendatang.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

2 Rumah Dijalan Tamangapa Raya Dilalap Api, 2 Tewas

Laporan : Agussalim- Makassar
Makassar, Liputankota- Setelah Usai Pemilihan Walikota Makassar di Kelurahan Antang, Warga di Jalan Tamangapa pada jalan masuk di kompleks Perumnas Antang dikejutkan dengan terbakarnya sebuah Ruko dan Bengkel, sekitar pukul 16.30 wita Akibat Kebakaran tersebut Api sudah melalap dua buah rumah ada sedang ditinggal pemiliknya.

Pemantauan Liputankota di lokasi Kebakaran sebelum 7 Unit mobil pemadam kebakaran Kota Makassar tiba sudah menhanguskan 2 rumah sepanjang jalan masuk di Perumnas Antang, dan didapati 2 pemilik rumah masing Daeng Abu (50)dan cucunya berumur sekitar 2 tahun tewas.
Menurut salah satu tetangga korban mengatakan bahwa awalnya kebakaran ini belum tahu persis apa penyebabnya, dan sangat kaget setelah mendengar ada 2 orang yang terperangkat dalam kobaran api disalah satu rumah yang terbakar, jelasnya.
(Agussalim/ Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Sudah 4 TPS DiKelurahan Borong Iasmo Tetap Unggul

Makassar, Liputankota - Sebanyak 4 TPS yang ada dikelurahan Borong Kec. Manggala dengan hasil perhitungan setiap TPS, Iasmo unggul dengan telak dimana pada TPS I Iasmo memperoleh sebanyak 155, TPS II : 175 Suara, TPS III : 208 suara, dan pada TPS 4 : 185 suara.

Setelah Hasil perhitungan suara pada TPS 3, dimana warga ramai-ramai memberikan selamat kepada Lurah Borong yang ikut menyaksikan perhitungan suara di TPS tersebut.

Selengkapnya...

Sementara Andi Cakka Kalahkan Buhari di Pilkada Luwu

Belopa, liputankota - Pasangan Andi Mudzakkar-Syukur Bijak (CS) untuk sementara mengalahkan pasangan incumbent Basmin Mattayang-Buhari Kahhar Mudzakkar di Pilkada Luwu.

Tribun-timur.com melansir. Hasil sementara yang dilansir dari tim pemenangan CS menunjukkan hasil sebagai berikut:
- Matahari: 10.049 suara (33,85 persen)
- CS: 14.864 suara (50,07 persen)
- Amal: 2.770 suara (9,33 persen)
- Perisai: 2.001 suara (6,74 persen)
Total suara yang masuk sudah mencapai 29.500 suara dari 228.699 wajip pilih.(Muston)


Selengkapnya...

Versi Insert, IASmo 66,79% dan Idial 18,61%

Makassar, Liputankota- Kandidat Wali Kota Makassar incumbent Ilham Arief Sirajuddin-Supomo Guntur (IASmo) dipastikan oppo sebagai Wali Kota Makassar periode berikutnya.

Tribun-timur.com. Hasil Real Quick Qount Insert Institute dan Scrip Intermedia melansir IASmo meraih 66,79 persen disusul Idial 18,61 persen, dan Halim -Jafar 6,74 persen.

Duet RI hanya 2,09 persen, Pasmi 2,57 persen, berIKRAR 2,43 persen serta Idola bertengger diurutan terakhir dengan 0,76 persen.

Menurut Muh Aris dari Insert Institute, hasil ini sudah stabil karena suara yang masuk sudah 500 TPS yang diambil dari seluruh kelurahan dan seluruh kecamatan.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Sementara Di TPS 3 Kel. Borong Iasmo Menang Telak

petugas KPPS TPS 3 Kel. Borong sedang memperlihatkan kertas suara

Makassar, Liputankota- Tepat Pukul 13.00 Wita perhitungan suara dilaksanakan di TPS 3 Kelurahan Borong, sebanyak 528 kertas suara yang disediakan dari KPU Kota Makassar, hanya 410 yang telah dicoblos, hal itu disampaikan ketua KPPS, Muh. Yunus.

Pemantauan Liputankota dalam perhitungan suara, Iasmo sementara memang telak jauh meninggalkan ke 6 kandidat calon walikota yang lain. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Tim iIdial Sinyalir Temukan Saksi IASmo Berstatus PNS

Makassar, Liputankota - Tim pemenangan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Idris manggabarani-Adil Patu (idial) mensinyalir telah menemukan seorang saksi berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

Orang tersebut, demikian diungkapkan, adalah saksi untuk pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Supomo Guntur (IASmo). Orang yang diduga PNS tersebut berada di TPS 16, Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala.seperti dikutif Tribun.

Orang tersebut bernama Hadisah. ia mengenakan atribut IASmo. Dayat, seorang tim pemenangan ideal mengatakan, beberapa laporan mengenai adanya kecurangan saat pemilihan juga sudah diterima tim idial.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Penghitungan Suara Pilkada Gubenur Kaltim sudah 80 Persen

Laporan: Darwis Katureng- Balikpapan

Seorang pemilih memasukkan surat suara di TPS Khusus, Bandara Sepinggan Balikpapan.

Balikpapan, Liputankota-Proses penghitungan suara Pilgub Kaltim Putaran Kedua terus berlangsung. KPUD Kaltim memastikan, penghitungan suara sementara Pilgub Putaran Kedua yang masuk sudah mencapai 78 persen lebih. Berdasarkan prosentase sudah 5.000 lebih Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 13 Kabupaten/Kota masuk dalam sistem Teknologi Informasi (TI) KPUD Kaltim.

"Update terakhir hingga sore kemarin sudah mencapai 78 persen, dan nanti malam bisa jadi sudah akan mencapai 80 persen," kata Elvyani NH Gaffar, Anggota KPUD Kaltim, Selasa (28/10). Menurutnya, perkembangan perolehan suara itu terus berubah bukan hanya setiap hari tapi setiap detik, tergantung entri data dari 13 Kabupaten/Kota. Elvy menyarankan masyarakat proaktif melihat perkembangannya di website KPUD, http:\\kaltim.kpu.go.id.

"Saya selalu menyebutkannya update terakhir dengan waktu atau jam masuknya entri data tersebut, karena setiap detik dan menit akan terus berubah statistik jumlah suaranya. Mudah- mudahan saja tak ada hambatan apapun, sehingga entri data yang dimasukkan teman-teman di daerah terus dapat kita update di KPUD Kaltim," jelasnya.

Disinggung persoalan banyaknya masyarakat yang memilih golput (tidak menggunakan hak pilihnya) pada Pilgub Putaran Kedua, menurut Elvy adalah hal yang wajar dalam dunia demokratisasi. Persoalan golput jangan terus menjadi persoalan, terlebih lagi akhirnya justru menuding hanya KPUD yang bertanggung jawab atas hal itu, padahal golput selain hak warga, juga menjadi tanggung jawab bersama.

"Kami kurang apa menyosialisasikan Pilgub ke masyarakat, mulai dari kami sendiri di KPUD Kaltim hingga teman-teman di KPPS. Tidak mungkin kemudian masyarakat juga dipaksakan menyoblos, karena itu sudah jelas melanggar hak asasi mereka. Tapi sekarang lebih baik kita melihat ke depan, bagaimana Pilgub ini lancar hingga akhir," ujarnya tegas.

Menurut M Andi Abduh, anggota KPUD Kaltim golput sebenarnya adalah sebuah pilihan politik masyarakat, namun mereka dikategorikan sebagai pemilih pasif, karena tak menggunakan teknis mencoblos di TPS.

"Dalam politik, golput termasuk sebuah pilihan. Dan mereka saya yakin, menyerahkan sepenuhnya kepada yang mencoblos di TPS untuk memilih. Jadi sama seperti Bu Elvy katakan, golput tidak ada masalah," terang Abduh. Selain karena bersikap pasif, golput sebenarnya mendukung kedua pasangan calon. Dan siapapun yang menurut mereka terpilih nantinya, maka itulah sebenarnya pilihan mereka untuk didukung.seperti dikutif Tribun Kaltim.(Darwis K)

Selengkapnya...

Warga Kompleks di Tamalanrea Pilih Antri Air Daripada DI TPS

Makassar,Liputankota - Sebagian besar warga Kota Makassar sejak pagi hingga siang ini masih antre di tempat pemungutan suara (TPS) untuk mencoblos dalam rangka Pemilu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2008.

Namun pemandangan berbeda di Kompleks Perumahan Nusa Tamalanrea Indah (NTI), Kelurahan Tamalanrea, Kecamatan Tamalanrea, Makassar. Beberapa warga wajib pilih di perumahan ini justru memilih antre air sumur yang disediakan di pos security perumahan tersebut.

Padahal jarak antara lokasi TPS yang ada dalam kompleks NTI dengan tempat warga antre air sumur hanya sekitar 20 meter saja.

Tribun-timur.com melansir. Maklum di perumahan milik pengusaha proverty Idris Manggabarani, salah satu kandidat Wali Kota Makassar 2008, ini sudah dua bulan terakhir tak mendapat suplai air bersih dari PDAM Kota Makassar.

"Bagaimana mau pergi mencoblos, mandi saja belum. Karena tak ada air. Apalagi sampai hari ini, saya satu rumah tak mendapat surat undangan memilih. Jadi kita tidak tahu di TPS mana kami mencoblos," ujar Sinar, salah seorang mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Rabu (29/10) siang tadi.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Idial Yakin Menang 41 Persen Suara

Makassar, Liputankota- Calon Wali Kota Makassar nomor urut dua, Idris Manggabarani, menyatakan optimis dapat memenangkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2008 dengan perolehan 41 persen suara.


"Kalau dilihat dari pergerakan sementara, saya yakin bisa menang," kata Idris di kediamannya usai mencoblos. Idris dan istrinya menyalurkan hak pilih di TPS 03 Mamajang bersama istrinya, Nurlily.seperti dikutif Tribun. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Calon Wakil Walikota "Iasmo" Tidak Sabar Menunggu Hasil Quick Qount

Makassar, Liputankota - Usai mencoblos, calon Wakil Wali Kota Makassar, Supomo Guntur, duduk-duduk dengan pendukungnya di teras rumahnya, Jl Dg tata I. Supomo tidak sabar menunggu hasil penghitungan cepat (quick count).

"Tiga jam lagi bela," kata Supomo kepada para relawannya sambil menghela napas.

Dua buah termos berisi minuman panas dan dingin tersedia di meja di hadapannya. Ada juga air mineral dan kue coklat dalam kemasan. Setiap dua menit ia menerima telepon. Sesekali ia juga menelepon.

Sebagaian besar komunikasi itu dilakukan dalam bahasa Makassar. "Bagaimana, Cess. Amanji Barombong," tanya Supomo kepada seseorang diseberang telepon yang agaknya merupakan relawannya.seperti dikutif Tribun.

Ia kerap menanyakan prediksi hasil kepada relawan yang berposko di beberapa TPS. Mantan Sekretaris Kota Makassar pasangan calon incumbent Ilham Arief Sirajuddin ini mencoblos di TPS 30, Bontoduri. "Sayang tidak ada wartawan di sana bela yang lipit saya," katanya dengan bahasa Indonesia logat Makassar.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Warga Di Kel. Borong Sebelum Mencoblos Musyawarah Dulu

Sejumlah anak-anak memperhatikan calon Walikota yang dipasang KPPS diluar TPS

Makassar, Liputankota- Hari ini Tanggal 29 Oktober 2008, sejak pukul 07.00 sejumlah warga dikota Makassar ini sudah berbondong-bondong ke TPS (Tempat Pemgumutan Suara) di wilayah masing-masing. Antusias warga untuk memberikan suaranya kepada calon pemimpinnya yang kelak akan menjadi walikota dan wakil walikota Makassar yang hari ini juga akan ditahu siapa yang lahir sebagai pemimpin lima tahun yang akan datang.

Di Kelurahan Borong pada ORW 1 dan 2, warga sangat antusias mempersiapkan diri untuk menuju ke TPS, dimana dilokasi ini terdapat 2 TPS yaitu TPS 3 dan 4, sebelum ke TPS sebagain warga banyak berkumpul dan seperti bermusyawarah dulu untuk mendapatkan informasi yang tepat siapa yang bagus dipilih nanti kalau sudah di tempat pencoblosan, kata seorang warga ORW 2 yang masih bingung memilih calon walikota yang bisa kelak menepati janji-janjinya.

Bahkan menurut salah satu warga Daeng Sanga yang sudah menjanda selama tiga tahun mengatakan lebih baik memilih calon walikota yang ada perempuannya, karena bisa- bisa saja menang bila semua perempuan dikota Makassar ini bersatu, dan pasti bisa memperjuangkan nasib kaum perempuan terutama para janda-janda seperti dirinya, katanya.

Saksi sangat mining

Sementara pemantauan Liputankota pada TPS 3 dimana penulis mencoblos ditempat itu, melihat para saksi-saksi masing-masing calon walikota sangat mining, hanya sekitar 4 orang saja itupun tidak semua kandidat hadir saksinya, dan bagaimana dengan jumlah saksi yang telah disiapkan masing-masing calon walikota, seperti dari Iasmo yang jumlahnya sebanyak 24 saksi setiap TPS.

Pada lain tempat sejumlah kandidat calon walikota sudah mendatangi TPS-TPS untuk mencoblos seperti Ilham Arief Sirajuddin mencoblos di SMK Negeri, Adil Patu dijalan Serigala, dan Firmansyah Mappasawang dan Ridwan Musagani di kelurahan Masale.


Selengkapnya...

Polwiltabes Gerebek Rumah di Wesabbe

Makassar, Liputankota - Aparat kepolisian dari Polwiltabes Makassar menggerebek sebuah rumah di Kompleks Wessabe, Makassar, malam ini. Mereka memeriksa penghuni rumah yang diduga masih menyimpan ratusan kartu pemilih yang belum dibagikan.


Tribun-timur.com melansir, bahwa tim pemenangan halim Razak-Jafar Sodding, Muzakkir Ali, yang berada di lapangan melaporkan, aparat kepolisian tersebut menemukan kartu yang tidak dibagikan tersebut dan membawanya ke kantor polisi untuk dijadikan sebagai barang bukti. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Hasil Akhir Rajamilo Tetap Unggul Dipilkada Jeneponto

Makassar, Liputankota- Hasil perhitungan cepat (quick count) Pilkada Jeneponto telah dilakukan oleh Insert Institute sore ini.

Tribun-timur.com melansir.Hasilnya, Kerabat unggul dengan perolehan 53,26 persen suara, menyusul Sejalan 34,36 persen, Bagus 8,64%, Amanah 1,59 %, Setia 1,19% dan terakhir Mode 0,96 persen.

Total suara yang masuk sebanyak 164.387 suara dari 200 ribu lebih pemilih.(andi ahmad)


Selengkapnya...

Idris: Insya Allah, Kita Menang



Makassar, Liputankota - Sehari menjelang pencoblosan, kandidat Wali Kota Makassar Idris Manggabarani menghimbau kepada seluruh idializer agar tetap konsentrasi dan tidak terpancing dengan tindakan-tindakan curang yang telah dilakukan oleh kandidat lain.

Himbauan itu disampaikan menyusul semakin banyaknya laporan dugaan kecurangan yang dilakukan oleh aparat pemerintahan dan petugas di lapangan menjelang pencoblosan. Bentuk kecurangan yang ditemukan idial di antaranya, oknum lurah dan camat yang membagikan sembako bergambar pasangan IASmo, pembagian kartu Jamkesmas sehari sebelum pencoblosan, dan banyaknya warga yang memiliki kartu pemilih ganda.

"Saya bangga dengan tingkat militansi dan dedikasi yang dimiliki seluruh tim. Setetes keringat yang mengalir dari kepala hingga ke lengan tim saya, pasti akan menjadi butiran saksi di akhirat kelak. Semuanya ada harganya di hadapan Allah," kata Idris, Selasa (28/10).

Idris merasa sangat terharu dengan perjuangan dan militansi timnya. Demikian juga komitmen untuk tetap bersama-sama mau merubah Kota Makassar. "Perubahan itu bukan di tangan saya, tapi di tangan rakyat, utamanya para pendukung saya," kata Idris.seperti dikutif Tribun.

Kandidat yang maju lewat usungan Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) Kota Makassar berharap kepada seluruh pendukungny agar tidak kendor dan tetap semangat meski sering dizalimi dan difitnah. Kurangi waktu istihat, tinggal beberapa jam semuanya akan berakhir. Insya Allah kita menang," kata Idris.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Kerabat Sementara Unggul Disemua Kecamatan Pada Pilkada Jeneponto

Makassar, Liputankota- Hasil real quick count yang dilakukan Insert Institute dan Script Intermedia menyebutkan, hingga pukul 19.00 wita, sisa 12 TPS yang belum dihitung.

Tribun-timur.com melansir,hasil real quic count teresebut menyebutkan dari 523 tempat pemungutan suara di 11 kecamatan, semuanya dimenangkan oleh Rajamilo-Burhanuddin Baso Tika (Kerabat) dengan persentase di atas 50 persen.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Gubernur Sulsel Minta Kontrak Karya Inco Ditinjau Ulang

Gubenur Sulsel Syahrul Yasin Limpo

Makassar, Liputankota-Gubenur Syahrul Yasin Limpo (SYL) menggugat kontrak karya perusahaan-perusahaan tambang internasional, yang dinilai tidak berpihak kepada rakyat Indonesia.Untuk itu, dia meminta agar pemerintah pusat meninjau ulang kontrak karya setiap perusahaan tambang yang ada di Indonesia, seperti PT Inco, PT Freeport, dan tambang lainnya.

Penegasan ini disampaikan ketika memberikan keterangan pers dalam rangka hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober di Gubernuran, Jl Sudirman, Makassar, Selasa (28/10) siang tadi.

"Sumpah Pemuda memberikan kekuatan dan energi dari bagi Indonesia. Sebab, dari situ Republik Indonesia lahir. Di tengah krisis ekonomi, Sumpah Pemuda harus menjadi inspirasi bagi kita semua," katanya.seperti dikutif tribun.

Dia menilai bahwa dengan 80 tahun Sumpah Pemuda, seharusnya rakyat sudah makin sejahtera. Nyatanya tidak. Sebab, sistem perekonomian yang tidak benar. Dia menilai bahwa harusnya ada variasi sistem perekonomian.

"Sistem perekonomian di Sumatera dan Papua berbeda pendekatannya. Begitu juga di Sulawesi. Harusnya sistem perekonomian tidak dilakukan secara nasional tapi dengan pendekatan lokal," katanya.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Kerabat Unggul Sementara di Pilkada Jeneponto

Makassar,Liputankota - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto Radjamilo-Burhanuddin Baso Tika (Kerabat) unggul sementara dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jeneponto, yang digelar Selasa (28/10) hari ini.

Berdasarkan hasil real quick count Institute-Script Intermedia, pasangan nomor urut lima Radjamilo-Burhanuddin Baso Tika (Kerabat) unggul 53,87 persen. Diikuti pasangan nomor urut enam Sjamsuddin Zaenal-Djahini Lontang (Sejalan) 33,14 persen, dan pasangan nomor urut dua Baharuddin Baso Tika-Agus Abdullah (Bagus) 9,1 persen.

Pasangan nomor urut tiga Jabal Natsir-Sarbini Haerah (Amanah) 1,6 persen. Pasangan nomor urut Sonda Tayang-Aries Syamsuddin DL (Setia) 1,22 persen, dan nomor urut satu Agus Anwar Moka dan Natsar Desi (Mode) 1,03 persen.

Jumlah suara yang masuk 131.803. Jumlah wajib pilih di Jeneponto lebih 200 ribu. Menurut Samin dari Institute-Script Intermedia, sejak pukul 16.00 wita, persentase suara tidak mengalami perubahan.seperti dikutif tribun.

"Persentase ini tidak banyak berubah. Ini sesuai dengan pengalaman pada Pilkada Sinjai, Enrekang, dan Jeneponto," katanya. Itu artinya, Radjamilo berpeluang besar memimpin Jeneponto untuk kedua kalinya.(Tompo/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

IASmo Laporkan Seorang Caleg ke Panwas



Makassar, Liputankota- Salah seorang caleg perempuan dari partai pendukung salah seorang kandidat tertangkap tangan sedang membagi-bagikan rokok.

Kejadian ini berlangsung di Jalan Barukang, Kelurahan Pattingngaloang, Kecamatan Ujung Tanah. "Yang bersangkutan kedapatan sedang membagikan rokok bergambar salah seorang kandidat

"Kejadiannya sekitar pukul 00.30 di depan kantor Panwas Ujung Tanah. Yang bersangkutan dengan inisial Nrn langsung diserahkan ke Panwas," kata Tim Hukum IASmo, Hasbi Abdullah, dinihari tadi.seperti dikutif tribun.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Pemilu Walikota Makassar, Kantor Dan Sekolah Diliburkan Besok

Makassar, Liputankota- Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang Penetapan Hari Pemungutan Suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar sebagai hari yang diliburkan di Kota Makassar, Rabu (29/10) besok.
SK bernomor 3415/X/Tahun 2008 itu diteken gubernur, Jumat (24/10) pekan lalu namun baru dilansir Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel, Senin (27/10).


"Suratnya baru turun tadi (kemarin) dan sudah ditindaklanjuti dengan surat edaran yang ditandangani Pak Sekda (Sekprov Andi Mualliim)," kata Kepala Bagian Humas Pemprov Sulsel, Hasan Basri Ambarala, kepada Tribun, Senin (27/10).
Surat edaran sekda bernomor 131/6161/setda tertanggal 24 Oktober itu ditujukan kepada kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Sulsel.
Dalam surat tersebut, disebutkan penetapan hari libur yang diliburkan tersebut berlaku untuk seluruh instansi pemerintah dan swasta di wilayah Kota Makassar. (lihat, Isi SK Gubernur)
Humas penyebutkan, hari diliburkan itu untuk memberikan kesempatan kepada warga dan wajib pilih untuk menyalurkan hak politiknya di tempat pemungutan suara (TPS).
Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Pemkot Makassar Kasim Wahab, akhir pekan lalu, mengatakan, Pemkot Makassar telah bersurat ke Pemprov Makassar mempertanyakan masalah libur lokal di Makassar. "Kami tunggu jawabannya para hari Senin atau paling lambat Selasa (hari ini) nanti," kata Kasim.seperti dikutif tribun.

Persiapan Kandidat

Tujuh kandidat akan bertarung di ajang Pilwali Makassar. Empat pasang kandidat berasal dari jalur partai politik yakni Ilham Arief Sirajuddin-Supomo Guntur (IASmo) yang diusung Golkar dan koalisnya, Idris Manggabarani- Adil Patu (idial) yang diusung koalisi Partai Demokrat- PDK, Halim Razak-Jafar Sodding diusung PKS dan koalisnya, serta Ridwan Syahputra Musagani-Irwan Paturusi (RI) diusung koalisi PPP, PAN, dan sejumlah partai lainnya.

Sedangkan dari jalur perserorangan (independen) kandidat yang akan bertarung adalah pasangan Firmansyah Mappasawang-Kasma F Amin (Pasmi), Iriantosyah Kasim DM-Razak Djalle (berIKRAR), dan Ilham Alim Bachrie-Herman Handoko (Idola).

Menjelang hari H pencoblosan, para kandidat masih terus menggalang dukungan untuk menarik simpati sekitar 900 ribu pemegang hak pilih.

Ilham dan Adil, misalnya, secara terpisah meluncurkan buku. Ilham meluncurkan buku berjudul Prestasi Makassar di Masjid Aqsa, Jl Maipa. Sedangkan Adil meluncurkan bukunya berjudul Kearifan Sang Kandidat di Hotel Singgasana.

Sedangkan dua kandidat lainnya, Halim Jafar dan Irianto mengisi hari-hari terakhir jelang pencoblosan dengan berziarah ke makam orangtua mereka.

Irianto menziarahi makam sang ayah, Kolonel (Purn) Kasim DM di Taman Makam Pahlawan Panaikang (TMP) Makassar, sedangkan Halim menziarahi makam ibundanya kompleks makan Syekh Yusuf di Kabupaten Gowa.




Selengkapnya...

Proyek Kawasan Energy Centre Biringkanaya Terancam Batal

Laporan: Irwan H. Idris - Makassar.

M.Akbar Sultan Aliyah selaku Ma'gau Raja Tallo XIX memperlihatkan peta sutera kepada Liputankota baru-baru ini ( Foto: Irwan H. Idris)

Makassar, Liputankota-Proyek Energi Centre yang dicanangkan pemerintah Kota Makassar yang saat itu masih dijabat Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin pada tahun 2007 lalu ternyata berbuntut masalah. Pasalnya, pembayaran ganti untung atas tanah  tersebut dinilai salah sasaran dan cacat hukum.

M.Akbar Sultan  Aliyah yang juga selaku Ma'gau Raja Tallo XIX mengatakan, lokasi yang akan dijadikan Kawasan energy Centre yang terletak di Kelurahan Parangloe Kecamatan Biringkanaya ternyata  termasuk tanah adat milik Kerajaan Tallo dan  telah diperjualbelikan tanpa sepengetahuannya.

Pengakuan M.Akbar bahwa tanah tersebut adalah tanah adat milik Kerajaan Tallo didukung  surat dari kantor pelayanan pajak bumi dan bangunan Ujung Pandang tertanggal 01 April 1992  kepada ahli waris I Joesoef Daeng Kare' Lompo dengan nomor S.442/WP.12/K1.01.03/1992 perihal tanah adat Bira yang terdaftar Monografie Landrente Peta Sutera  yang di dalamnya termasuk diantaranya Parang loe dengan Nomor 135 dan Karesokkang dengan nomor 137—tanah ini yang masuk dalam wilayah Energy Centre. Bahkan Surat Pemberitahuan Objek pajak  PBB yang muncul pada tanggal 10 April 1998 dengan no.S : 017/PDT/98 atas nama Yusufu Deng Kare lompo.

Menurut M.Akbar bahwa, belakangan ini diketahui bahwa  PT.Jarak Pagar Nusantara (JPN) yang telah dilebur menjadi PT. Jatro Oil Plantation (JOP)-- perusaahan milik Bakrie Group-- selaku pembeli ini telah melakukan pembayaran kepada oknum Iswan Hakim Nawing yang mengaku-mengaku pemilik tanah dengan dasar yang tidak sah atau cacat hukum, katanya.

 "Karena bukti atau alas hak yang digunakan dalam bentuk sertifikat-sertifikat dalam melakukan transaksi jual beli tersebut telah dihapus oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Makassar yang dikeluarkan pada tanggal 17 April 2001 ditandatangani oleh Kepala BPN Makassar H.M. Khudlori ,SH,M.Hum."  Jelas Akbar sembari memperlihatkan Pengumuman Surat Penghapusan Sertifikat Hak Atas tanah Nomor :20091/ 2001.

Adapun Dalam surat tersebut pada intinya berbunyi "memenuhi Penetapan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Propinsi Sulawesi Selatan Tanggal 09 April 2001 No. 520.1/03/BATAL/53.01/2001. Mengumumkan bahwa Sertifikat Hak Milik (SHM) yang bernomor 27 sampai dengan Nomor 37 yang terletak di Kelurahan Parangloe Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar dinyatakan tidak berlaku lagi sebagai tanda bukti hak atas tanah yang sah, serta mengembalikan status tanahnya menjadi tanah Negara dan dengan ini menyatakan menarik dari peredaran sertifikat-sertifikat Hak milik tersebut".
 
Makanya, M.Akbar mengharapkan agar pihak PT.JOP  membatalkan  atau menghentikan pembayaran atas tanah tersebut sebelum ada klarifikasi dari pihak-pihak yang mengaku  pemilik yang sah. "Kami menghimbau kepada PT.JOP  agar membatalkan pembayaran dan, tidak melakukan kegiatan diatas tanah tersebut sebelum masalah kepemilikan tanah diselesaikan. Apabila, tuntutan kami ini tidak dihiraukan PT.JOP , maka kami akan mengambil langkah-langkah sesuai jalur hukum yang berlaku."Ungkap M.Akbar

Dari informasi yang dihimpun Liputankota, M.Akbar mejelaskan, PT.JOP berani melakukan pembayaran atas tanah tersebut tidak terlepas dari peran Walikota Makassar yang saat itu di jabat Ilham Arief Sirajuddin. Kendati saat itu, lanjut M.Akbar, Walikota mengetahui bahwa tanah tersebut adalah tanah adat Kerajaan Tallo, namun transaksi kepada pihak yang mengaku-ngaku pemilik tanah tersebut tetap dilakukan. "Pak Ilham yang mengetahui bahwa tanah tersebut adalah tanah adat Kerajaan Tallo sebagai mitra Pemerintahan seharusnya kami dikonfirmasikan. Bahkan, baru tiga minggu lalu kami ketahui bahwa tanah tersebut sudah terjual, kami mencoba untuk bertemu, Pak Ilham selalu menghindar,"tandas M.Akbar.

Bahkan, M. Akbar mensinyalir hasil pembayaran tanah tersebut —menurut sumber PT.JOP Down Paymentnya (DP) telah mencapai 20 Milliar dari jumlah pembelian tanah seharga kurang lebih 200 Milliar (100.000/meter), " dan ada dugaan bahwa mantan walikota Makassar tersebut memakai dana itu dalam kampanye Pilkada Calon Walikota Periode 2008-2013, baru-baru ini" jelas Akbar kepada Liputankota,di Makassar, Senin (27/10.

Dan untuk mengetahui bagaimana penjelasan dari pihak mantan Walikoto Makassar, Ilham Arief Sirajuddin pokok permasalahan ini, Liputan kota berusaha konfirmasi kepada bapak Ilham Arif Sirajuddin tapi sampai saat belum dapat memberikan komentarnya.(Irwan H. Idris)


Selengkapnya...

Versi PT LSI, Ali Baal Kalahkan Calon Golkar Dipilbup Polman

Polman, Liputankota- Hasil perhitungan cepat (quick count) PT Lingkaran Survei Indonesia (PT LSI) menempatkan pasangan bupati incumbent Ali Baal Masdar yang berpasangan dengan-Nadjamuddin Ibrahim (ABM NA) pada posisi pertama dengan perolehan suara 41,25 persen di Pemilihan Bupati Polewali Mandar (Polman), Senin (27/10).
Dari hasil penghitungan cepat tersebut, Ali Baal mengalahkan adik kandungnya yang diusung Partai Golkar, Ibrahim Masdar.

Ketua Golkar Polewali yang berpasangan dengan Tasmin Djalaluddin (Mantap) berada di posisi ketiga dengan perolehan 14,78 persen.
Bila hasil quick count ini dijamin akurat, maka Ali Baal akan kembali menjadi Bupati Polman untuk periode 2008-2013.

ABM NA diusung oleh 13 partai, di antaranya PAN, PBB, PBR, Partai Pelopor, Partai Merdeka, PKPI, PDS, PKPB, dan partai-partai nonparlemen.

Pemilihan Bupati-Wakil Bupati diikuti enam pasang kandidat. Kandidat lain yang bertatung adalah Aladin Mengga-Amin Manggabarani (Al-Amin) yang dari hasil quick count berada di posisi kedua dengan perolehan 32,49 persen suara.

Sedangkan pasangan Muh Yusuf Tuali-Sri Upiati Rauf (Yusri) mengantongi 5,10 persen, pasangan Zainal Abidin-Abd Wahab Hasan Sulur (ZAH) dengan 4,30 persen suara, dan pasangan Abd Rahman Razak-Sjuaib Hannan (Arasy) hanya mengumpulkan 2,07 persen suara.
Tunggu Rekap.

Di Pilkada Polman, PT LSI bekerja sama dengan Jaringan Isu Publik (JIP) untuk melakukan quick count. PT LSI dan JIP mengumumkan hasil quick count ini dalam konferensi pers di Hotel Ratih, Polewali, kemarin petang sekitar pukul 18.00 wita.
Dikonfirmasi terpisah, anggota KPU Polman Sulihin Azis, mengemukakan jika sudah ada calon yang suaranya mencapai 30 persen, meski ada dua calon yang mencapainya, pilkada tetap berlangsung satu putaran.

"Aturannya adalah jika sudah ada yang mencapai 30 persen, maka hanya satu putaran. Jika ada dua calon yang bisa mencapai, maka dipilih yang paling tinggi suaranya sebagai pemenang," ungkap Sulihin.seperti dikutif tribun.

Dia menambahkan, hingga saat ini, pihak KPU masih menunggu hasil rekap dari tingkat panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang diolah secara manual.

"Kemungkinan selesai rekap di PPK tanggal 29 Oktober. Lalu rekap di KPU berlangsung selama kurang lebih tiga hari. Paling tidak tanggal 4 atau 5 November sudah selesai tingkat kabupaten lalu setelah itu kami umumkan hasilnya," kata Sulihin.
220 Sampel

Menurut peneliti dari PT LSI,Setia Darma, metodologi quick count yang mereka lakukan adalah teknik penarikan sampel secara multistage random sampling dengan jumlah sampel di 220 tempat pemungutan suara (TPS) dari 687 TPS di 16 kecamatan.

"Sampel tersebar secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak di seluruh wilayah Polman. Sampling error sebesar plus-minus satu persen," ungkap Setia.

Sedangkan sistem manajemen data dari quick count adalah diawali dari data yang diambil oleh relawan lapangan.

Dari relawan, dikirim ke koordinator wilayah lalu data tersebut di back up dan dimasukkan ke SMS center yang juga menjadi server.
Selanjutkan data dimasukkan ke database sebelum dilakukan analisis data. Langkah terakhir adalah publikasi quick count.

Dari data yang didapatkan diketahui jika tingkat partisipasi pemilih di Polman sebesar 78,26 persen. "Jadi partisipasi pemilih cukup besar. Yang tidak memilih alias golput hanya sekitar 22 persen" ujar Setia yang didampingi oleh peneliti dari JIP Syamsul Alam.(Yuzak NL/Andi Ahmad)


Selengkapnya...

PLN Diusia Ke 63 Tetap Merugi

Arifuddun Nurdin : Tahun 2008 PLN Sultanbatara Rugi 1,8 T

Laporan: Andi Ahmad- Makassar.

General Menager PT. (Persero) PLN Sultanbatara didampingi Prof Arief pada Jumpa Pers di Kantor PLN Wilayah Sultanbatara (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota-Diusia yang ke 63 PT.(Persero) PLN tetap memberikan pelayanan yang terbaik, dengan peningkatan pelayanan, berperilaku efesiensi dan membudayakan hemat energi, walaupun perusahaan dalam kondisi keterbatasan perusahaan saat ini, kelangsungan penyediaan tenaga listrik akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan PLN untuk memperbaiki dan meningkatkan efesiensi perusahaan secara signifkan.

Dalam mencermati perjalanan pengelolaam kelistrikan selama 63 tahun, yang telah banyak mengalami pasang surut dan penuh dinamika, tentunya banyak pelajaran yang patut diambil dan dapat digunakan untuk memperkokoh berdirinya perusahaan serta menambah kematangan dan kemandirian segenap insane PLN dalam mengahadapi dan mengatasi setiap tantangan yang menghadang, kata Direktur Utama PT (Persero) PLN,Fahmi Mochtar ,yang dibacakan Pemimpin PLN Pikitring Sulawesi, Maluku dan Papua, Amiruddin Saeni, pada upacara Hari Listrik Nasional yang ke 63 untuk jajaran PLN Wilayah Sultan Batara ( Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara) didepan kantor PLN Pikitring Sulawesi, Maluku, dan Papua, Senin (27/10).

Pada kesempatan ini General Manager (GM) PT (Persero) PLN Sultan Batara, Arifuddin Nurdin menjelaskan bahwa dengan terjadinya pemadaman yang tidak menentu oleh PLN selama ini yang telah mendapat sorotan tajam dari warga, pengusaha, dan sejumlah lembaga non pemerintah atau LSM (Lembaga Swadaya Masayarakat).

Pada jumpa pers yang dilaksanakan di lantai dua Kantor PLN Wilayah Sultan Batara mengatakan bahwa sejak bulan Ramadhan hingga saat ini, terjadi kenaikan beban yang sangat signifikan. Sebelumnya beban puncak siang hari hanya berkisar 350-400 MW, dimana beban puncak malam hari hanya berkisar 440-480 MW, namun kondisi saat ini, beban puncak siang hari mencapai 400 MW. Beban puncak malam hari mencapai 520 MW, menyebabnya terjadi defisit listrik sebesar kurang lebih 40-80 MW, karena daya mampu PLN Sultanbatara dalam kondisi normal hanya sebesar 440 MW yang dimana dipasok dari sejumlah pembangkit yang ada didaerah ini diantaranya dari PLTA Bakaru sebesar 126 MW, PLTD Suppa 61 MW, PLTG Sengkang 138 MW, PLTU Tello 55 MW, PLTD Sewatama 15 MW, dan sejumlah PLTD kecil menyumbang 26 MW, jelas Arifuddin Nurdin yang didampingi Prof Arief dari Perkumpulan Ahli Teknik Listrik Indonesia.

Menurut Arifuddin pemadaman bukan sengaja dan tanpa pemberitahuan kepada warga atau pelanggan PLN,namun karena akibat kemampuan pada pembangkit PLTA Bakaru yang ada di Kabupaten Pinrang ini hanya mampu bisa dioperasikan mesin satu unit, bahkan akhir-akhir ini hanya sampai setengah unit saja, akiabat debit air yang masuk ke PLTA Bakaru semakin menurun akibat musim kemarau ini, namun data terakhir yang kami peroleh dari Bakaru bahwa debit air sudah meningkat sampai 85 meter/kubik perdetik sehingga menutup kemungkinan keadaan di PLTA Bakaru akan normal kembali seperti semula dimana awal musim hujan ini dapat mempengaruhi kenaikan jumlah debit air yang masuk ke dalam Pembangkit PLTA Bakaru saat sekarang., jelasnya.

Arifuddin menambahkan saat sekarang PT PLN tidak bisa menghindari pemadaman bergilir yang berlangsung sepekan terakhir ini. Arifuddin juga belum berani menjamin pemadaman bergilir ini akan berakhir dan hanya pasrah dengan krisis kelistrikan yang terjadi saat ini.

"Mau tidak mau, ada pemadaman untuk menghindari black out pada sistem. Karena kondisi seperti kami tidak punya daya lain. Kita tidak jamin kecuali suplai 60 MW dari Sengkang sudah masuk. Janjinya 8 November sudah masuk sistem tetapi kita tidak bisa pastikan jika terjadi keterlambatan," kata Arifuddin di depan puluhan wartawan media cetak maupun elektronik.


Namun lebih jelas Arifuddin mengatakan PLN untuk saat ini secara nasional tetap merugi, di Sulawesi Selatan ini PLN pada tahun 2008 rugi sampai Rp. 1,8 Triliun, dengan prediksi pemakaian bahan bakar minyak pada pembangkit PLTU Tello sebesar Rp. 4,5 Miliar perharinya,” tapi tetap berupaya mencari solusi dengan terjadinya defisit listrik di Sulawesi Selatan antara lain adanya solusi jangka panjang dan jangka pendek,tegas Arifuddin.


Selengkapnya...

Hidayat Siap Jadi Capres PKS

Hidayat Nur Wahid


Jakarta,Liputankota - Dibandingkan nama-nama calon presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang beredar, Hidayat Nur Wahid merupakan kandidat terkuat.

Sebagaimana pernyataan Presiden PKS Tifatul Sembiring bahwa ketua MPR itu sudah populer meskipun PKS belum mengkampanyekannya.

Ketika ditanyai di sela-sela Musyawarah Majelis Syuro ke-10 PKS di Jakarta, Sabtu (25/10), mengenai hal itu, Hidayat menjawab dengan tenang dan hati-hati. "Semua diserahkan kepada Majelis Syuro," ujarnya.seperti dikutif Inilah.com.

Ketika didesak apakah dirinya siap atau tidak untuk dicalonkan sebagai capres PKS, Hidayat secara tegas menyatalan siap.

"Saya siap jika itu merupakan keputusan Majelis Syuro, tapi kan belum diputuskan," jawabnya.

Hidayat mengatakan kader-kader PKS tidak dibiasakan untuk berbicara sebagai pribadi. Mengenai capres maupun koalisi, semua itu ditentukan oleh Majelis Syuro.

Hidayat juga tetap besar kepala dengan pernyataan Tifatul yang menjagokannya.

"Di sini banyak kader-kader yang bagus, ada Pak Anis Matta, begitu juga dengan Pak Tifatul dan Pak Hilmi," katanya.

Selengkapnya...

Sydney Jones Sambut Baik Sikap Tegas Pemerintahan SBY-JK

Jakarta, Liputankota - Direktur proyek International Crisis Group untuk Asia Tenggara Sydney Jones menyambut baik sikap pemerintahan SBY--JK yang sudah berani mengambil sikap tegas, berencana akan mengeksekusi terhadap ke 3 terpidana mati Bom Bali I, Amrozi, Imam Samudera dan Mukhlas alias Ali Gufron pada awal bulan November mendatang. Namun, wanita yang pernah diusir dari Indonesia ini menyayangkan sikap pemerintah yang masih memberikan akses kepada media, terkait pemberitaan- pemberitaan terhadap ke 3 terpidana mati itu.


"Harusnya, pemerintah tidak lagi memberikan akses kepada media manapun terhadap ketiga terpidana mati Bom Bali I itu. Pemerintah seakan memposisikan Amrozi cs itu seperti selebriti, sebagai seorang bintang," kata Sydney Jones dalam perbincangan kepada Tribun, Sabtu (25/10).

"Saya yakin, eksekusi itu akan dilakukan. Akan tetapi seharusnya, pemerintah sudah mulai membatasi akses media kepada ketiga terpidana mati itu. Pemerintah harusnya sudah melakukan isolasi. Paling tidak, ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," katanya lagi.

Sydney tidak yakin akan ada aksi balas dendam yang dilakukan oleh para pengikut Amrozi cs. Kalaupun ada, katanya lagi, sel-sel jaringan Amrozi cs sangat mudah untuk dilumpuhkan oleh para penegak hukum di Indonesia.

"Saya melihatnya, para pendukung mereka-mereka itu sangat sedikit sekali dan sangat mudah dilumpuhkan. Saya ragu kalau ada kelompok Amrozi cs bisa melakukan apa-apa setelah eksekusi dilakukan karena jumlahnya sangat sedikit dan tidak akan berhasil untuk melakukan teror. Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan, pemerintah harus segera menutup akses media kepada Amrozi cs," tegas Sydney.seperti dikutif Kompas.com.

Ia menegaskan, rencana pemerintah yang akan melakukan eksekusi terhadap ke 3 terpidana mati Bom Bali I ini tidak akan berdampak serius apapun. Baik dampak yang akan terjadi di kalangan luar (luar negeri) maupun di kalangan dalam. Pemerintah, jelasnya lagi, hanya dituntut untuk mewujudkan janjinya dalam menegakkan hukum, bersikap tegas kepada para terpidana mati Bom Bali I.

"Memang, di Jepang atau Amerika, hukuman mati tak berlaku. Tapi, hukum yang ada di Indonesia, setidaknya harus bisa dijalankan oleh pemerintah. Jangan seperti dulu, pemerintahan ini seolah ragu-ragu untuk mau melakukan eksekusi. Yang dituntut oleh kalangan luar adalah sikap tegas pemerintah Indonesia terhadap para pelaku yang dianggap sebagai teroris. Jangan ditunda-tunda, " tandasnya lagi. (Wawan)

Selengkapnya...

Amins Selamati Awang Faroek Sebagai Pemenang Pilkada Gubernur Kaltim

Laporan: Sadli/ Darwis K- Samarinda

Walikota Samarinda Achmad Amins

Samarinda, Liputankota-Meski penghitungan suara dalam pemilihan gubernur Kalimantan Timur putaran kedua belum selesai, calon gubernur Achmad Amins, Jumat (24/10) sudah menyampaikan ucapan selamat kepada calon lain, Awang Faroek Ishak.

Menurut Amins, perolehan suara Awang tidak akan terkejar lagi. ''Saya ikhlas dan legawa,'' kata Amins yang masih menjabat Wali Kota Samarinda itu dalam jumpa pers di Hotel Grand Victoria di Samarinda, Jumat (24/10).


Selain memberikan ucapan selamat kepada Awang, Amins juga minta para pendukungnya menjaga situasi Kaltim agar tetap kondusif.

Penghitungan cepat oleh sejumlah lembaga, juga penghitungan versi tim sukses Amins, memang menunjukkan perolehan suara Amins tidak akan mengejar Awang. Amins diperkirakan cuma akan meraih 44,26 persen, sementara Awang 55,76 persen.

"Itu cukup menjadi alasan buat saya mengucapkan selamat kepada Awang Faroek Ishak untuk menjadi Gubernur Kaltim," kata Amins dengan tegar dan tenang.seperti dikutif Tribunkaltim.

Penetapan hasil penghitungan suara oleh KPU Kaltim baru akan dilakukan pada 7 November 2008 yang sekaligus menetapkan gubernur dan wakil gubernur terpilih. Awang berpasangan dengan Farid Wadjdy sedangkan Amins dengan Hadi Mulyadi.(Sadli/Darwis K)
Selengkapnya...

Produksi Rumput Laut Sulsel Capai 28.000 Ton

Kadisperindag : Target Sulsel Penghasil Rumput Laut Terbesar Dunia Tahun 2012

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Sulsel Amal Natsir di Kantor DPRD Sulsel. (Foto: humas DPRD Sulsel)

Makassar, Liputankota-Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Sulsel Amal Natsir mengungkapkan, produksi rumput laut jenis gracelania Sulsel mencapai 28.000/tahun.

Dengan tingkat produksi sebesar itu, menjadikan Sulsel sebagai penghasil rumput laut jenis gracelania terbesar kedua di dunia. Pemprov Sulsel menargetkan pada 2012 mendatang Sulsel bisa menjadi penghasil rumput laut terbesar di dunia. Saat ini, Sulsel masih berada di peringkat kedua di bawah Filipina.

”Saat ini, Sulsel dikembangkan dua jenis rumput laut yakni jenis gracelania dengan hasil produksi mencapai 28.000 ton per tahun, serta jenis rumput laut ecotania octonia dengan hasil produksi 68.000 ton per tahun.Dengan hasil produksi sebesar itu, menjadikan Sulsel sebagai penghasil produksi rum-put laut terbesar di Indonesia dan nomor dua di dunia,” kata Amal Natsir di Makassar kemarin.

Lebih lanjut Amal Natsir mengungkapkan,Pemprov ke depannya akan mendorong peningkatan produksi ikan bandeng untuk memenuhi permintaan ekspor negaranegara Timur Tengah, Rusia dan Singapura yang mencapai 600 ton/bulan. Sedangkan hasil produksi ikan bandeng Sulsel hanya sekitar 60.000 ton hingga 70.000 ton/tahun.

”Untuk meningkatkan produksi ikan bandeng, perhatian akan difokuskan pada dua daerah yakni Kabupaten Barru dan Pinrang dengan melakukan pengembangan 1.200 hektare (ha) areal tambak. Pembinaan yang dilakukan nantinya sampai dengan penyediaan bibit serta bantuan permodalan. Estimasi anggaran pengembangan tambak sekitar Rp2 juta per hektarnya,”kata Amal Natsir.seperti dikutif Sindo.

Hasil produksi ikan Sulsel secara nasional hanya memberi 5% untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sedangkan produksi perikanan Sulsel secara umum berada di urutan kedua setelah Jawa Timur.

Pada tahun 2007 hasil produksi perikanan Sulsel baik dari perikanan tangkap maupun budi daya sebesar 488.196 ton atau mengalami kenaikan 4,58% dari tahun 2006 yang hanya 466.133 ton. Untuk perikanan tangkap juga mengalami kenaikan dari 261.934 ton pada 2006, naik menjadi 290.961 ton pada 2007.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

BPK Didesak Audit PLN Sultanbatara



Makassar,Liputankota-Sejumlah pengunjuk rasa mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk mengaudit sejumlah proyek yang bernilai miliaran rupiah ditubuh PT PLN Wilayah Sulsel, Sultra dan Sulbar (Sultan Batara),kemarin.

Dalam pernyataan sikapnya, pengunjuk rasa yang menamakan dirinya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) ini menilai, lembaga yang memiliki peran pengawasan kontrol terhadap penggunaan anggaran negara ini memiliki tanggungjawab untuk melakukan audit terhadap proyek yang diselenggaran BUMN berlambang petir ini.

Mereka menegaskan,PLN yang dalam kegiatannya terdapat banyak proyek baik dalam hal pengadaan barang dan jasa maupun yang hanya bersifat kontrak. BUMN ini dituding melaksanakan kontrak hingga miliaran rupiah uang negara, dianggap tidak melakukan transparansi kepada masyarakat.

Salah satu yang disebutkan oleh mahasiswa yakni pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang hingga sekarang ditutup- tutupi penggunaan anggarannya oleh PLN. Hanya saja, sepanjang aksinya mahasiswa yang memakai almamater hijau ini tidak menyebut jumlah dana serta oknum dimaksud telah menyebabkan kerugian keuangan negara itu.

”BPK harus melakukan pengawasan yang melekat terhadap keuangan negara yang tersalurkan dalam pelaksanaan proyek-proyek PT PLN Sultanbatara serta PLN juga harus transparansi terhadap penggunaan keuangan negara yang telah digunakannya,” teriak koordinator aksi Firmansyah saat melakukan unjuk rasa.

Mereka juga memprotes tentang maraknya pemadaman bergilir yang dilakukan oleh PLN terhadap masyarakat. Pengunjuk rasa menilai, kebijakan tersebut dinilainya sebagai tidak becusnya manajemen PLN dalam melayani masyarakat. Sebelum mendatangi PLN, pendemo yang berjumlah belasan orang ini juga singgah melakukan orasi di Kantor BPK Perwakilan Makassar.

Setelah satu jam melakukan orasi, pengunjuk rasa kemudian memilih membubarkan diri secara tertib . Deputi Manajer Komunikasi dan Hukum PLN Wilayah Sultanbatara Muh Yamin L, mengaku salut terhadap aksi mahasiswa, seperti dikutif Sindo.

Hanya saja, praduga tak bersalah harus dijunjung tinggi terhadap setiap tudingan yang dilayangkan kepada PLN. Menanggapi pemadaman bergilir tersebut ,kata dia,disebabkan adanya gangguan beberapa mesin pembangkit.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Hasil Quick Count LSI: AFI 58,70 Persen, AHAD 41,30 Persen

Calon Gubernur Kaltim Achmad Amins dan Awang Faroek

Balikpapan, Liputankota-Hingga pukul 16.53, Lingkaran Survey Indonesia (LSI) melaporkan hasil akhir pemilihan Gubernur Kaltim putaran II. Pasangan Awang Farouk Ishak-Farid Wadjdy telah memenangkan pilgub dengan perolehan 58,70 persen. Sedangkan rival AFI, Achmad Amins-Hadi Mulyadi hanya memperoleh 41,30 persen.

Direktur LSI Eka Kusmayadi mengungkapkan walau seluruh data sampel yang masuk 99,14 persen tidak akan mengubah siginifkan perolehan kedua pasangan.seperti dikutif Tribunkaltim.com

Dengan adanya hasil ini, bisa dkatakan pasangan AFI menang atas pasangan AHAD. Eka menegaskan hasil ini tidak ada unsur memenangkan salah satu calon.

Kemudian kata Eka, hasil quick count berjalan dihimpun 350 relawan untuk sampel. Setelah mendapat hasilnya di TPS, relawan mengirimkan data ke koordinator wilayah dan di-backup data melalui pesan singkat (SMS) dan masuk ke server IT LSI. Setelah itu diolah di database dan dianalisis jadilah yang namannya quick count.(Darwis Katureng/A.A.Effendy)

Selengkapnya...

Singapore Education Expo di Makassar Hadirkan Pilihan Pendidikan Terlengkap

Asistant Manager Education Eastren Indonesia-Internasional Operation, Sinagpura Tourism Board, Tri Turturi Meswary menjelaskan kepada wartawan pada konfrensi Pers di hotel Imperial Arya Duta Makassar (foto; Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota- Para orang tua serta pelajar dari Makassar dan kota-kota disekitarnya yang akan mencari pilihan untuk belajar di Singapura tidak perlu bingung. Singapura akan membawa 10 lembaga pendidikan dari singapura dalam Singapura Education Expo di Makassar pada tanggal 26 Oktober 2008 dari pukul 11.00 hingga 19.00. Institusi-institusi pendidikan ini akan memberikan kurikulum berbasis luas dan perspektif global yang akan melengkapi para pelajar dengan teknlogi pendidikan terbaru dan berkualitas. Dan ini merupakan ketiga kalinya Singapura Education Expo diadakan di Makassar.

Temu media yang dilaksanakan di Anggrek Room,Imperial Aryaduta Hotel Makassar, adalah Pameran pendidikan Singapura terbesar di Makassar yang menunjukkan komitmen dari Singapura Education dan Institusi pendidikan Singapura dalam menyediakan beragam pilihan pendidikan ditujukan buat masyarakat Makassar. Pameran pendidikan Singapura ini adalah bagian dari agenda tahunan dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pendidikan terbaik yang dapat dinikmati oleh pelajar ketikadi Singapura dan kami sangat senang bahwa Makassar terus menjadi daerah tujuan kami untuk mengadakan pameran pendidikan bagi masyarakat disini, kata Asistant Manager Education Eastren Indonesia-Internasional Operation, Sinagpura Tourism Board, Tri Turturi Meswary, kepada wartawan di Makassar, Kamis (23/10).

Tri mengatakan bahwa pada tahun ketiga ke Makassar, senang sekali dapat memperkenalkan lebih banyak Institusi pendidikan yang menawarkan pilihan pendidikan yang beragam bagi para pelajar, orang tua di Makassar dan kota-kota disekitarnya, katanya.

"Kami mengudang dan mendorong semua orang didaerah ini untuk mendapatkan penawaran pendidikan terbaru serta melihat pilihan yang tersedia di Singapura yang tepat. Tahun ini, bahkan para pengunjung dapat mengambil kesempatan untuk mendapatkan konsultasi keuangan dan perbankan dari Bank DBS Sinagpura yang berpartisipasi untuk pertama kalinya," jelas Tri Turturi.

Tri menambahkan bahwa bagi warga kota Makassar yang ingin berminat untuk mengetahui kinerja Singapore Education dan bagaimana hasil mutu pendidikan yang lulusan dari Singapura sesungguhnya datanglah ke Pameran Singapura Education di Hotel Imperial Aryaduta pada tanggal 26 Oktober 2008. ( Azis/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Singapore Education Tatapmuka Dengan Wartawan di Makassar Hari Ini



Makassar, Liputankota-Lembaga-lembaga pendidikan dari Singapura memprioritaskan Makassar sebagai kota yang penting untuk mereka kunjungi. Oleh karena itu, untuk ke-3 kalinya Makassar telah mereka pilih untuk menjadi tujuan roadshow pendidikan, dan kali ini lebih banyak institusi pendidikan yang akan berpartisipasi dengan beragam pilihan pendidikan yang ditawarkan.

Singapore Education pada roadshow ini, memberikan pilihan pendidikan-pendidikan kepada para calon pelajar, pelajar, orang tua maupun institusi pendidikan yang ada di Makassar dan sekitarnya dengan menghadirkan lebih banyak institusi pendidikan berkualitas dari Singapura yang diharapkan akan menciptakan serta menambah kuantitas dan kualitas angkatan-angkatan baru tenaga kerja yang terampil,kata Dian Gunanti, bw communications kepada Liputankota lewat relis, di Makassar, Rabu (22/10).

Menurut Dian pelaksanaan pameran ini bertempat di Hotel Aryaduta Makassar, hari ini Kamis (23/10)hanya satu hari saja, paparnya.

Dian Gunanti menjelaskan bahwa ada acara kali ini akan hadir para nara sumber dan jajaran pejabat dari Singapore Education dimana para Wartawan dari berbagai media yang ada dikota Makassar ini dapat bertatap-muka dan mendapatkan informasi terbaru dan menarik mengenai institusi-institusi yang akan hadir di pameran pendidikan Singapore Education Roadshow di Makassar. (Andi Ahmad)


Selengkapnya...

BPKP Rampungkan Audit Kasus Korupsi Unhas

Makassar, Liputankota -- Penyelidikan dugaan korupsi Universitas Hasanuddin (Unhas) yang kerap disebut kasus "Unhas besar" mulai lagi akan digenjot. Menyusul audit dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Makassar terkait kasus itu telah rampung.

"Hasil auditnya sudah kami terima. Saya juga sudah serahkan hasilnya ke Pak Kajati (Mahfud Mannan)," ujar Asisten Intelijen Kejati Sulselbar AS Kasim yang ditemui di ruangannya, Rabu (22/10).

Disebut kasus Unhas besar karena perbuatan ini terjadi pada hampir semua fakultas di Unhas. Kasus terkait dengan pembayaran mahasiswa yang harusnya masuk ke rekening rektorat dan dalam penggunaannya harusnya melalui bendahara rektorat.

Namun kenyataannya, mahasiswa dari beberapa program studi di hampir semua fakultas itu ada yang pembayarannya tak dimasukkan melalui rekening rektor. Begitu pun penggunaannya, tidak melalui bendahara rektorat. Pada pembayaran SPP mahasiswa itu termasuk pendapatan negara bukan pajak (PNBP).seperti dikutif Tribun.

Penyelidikan kasus ini dinilai terkesan lamban. Pasalnya, kasus ini dilaporkan para aktivis Koalisi Masyarakat Anti Korupsi (KMAK), Oktober 2006 lalu. Namun baru lagi mulai dibuka.

Keterlambatan kasus tersebut, diakuipenyidik kejati karena menunggu hasil audit tim BPKP. BPKP menemukan bahwa pada penerimaan dana SPP mahasiswa Unhas terjadi unsur yang bisa merugikan keuangan negara.

BPKP bahkan sudah menyebut angka kerugian negara di dalamnya. KMAK melaporkan potensi korupsi di Unhas yang mencapai minimal Rp 69,84 miliar.(Irwan)




Selengkapnya...

Gubernur Sulsel Belum Masuk Kantor Hari Ini

Makassar, Liputankota - Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, masih sakit. Ia diminta oleh dokter Gubernuran untuk tetap istirahat sampai kondisinya benar-benar pulih untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Informasi dari Kantor Gubernur menyebutkan, besok pagi, Syahrul belum diijinkan masuk kantor karena kondisinya belum pulih benar.

Tribun-timur.com melansir.Dalam agenda protokol disebutkan, semua kegiatan yang seharusnya ditangani oleh Syahrul dialihkan ke Sekda Sulsel, Andi Muallim.

Agenda utama yang tidak dihadiri Syahrul di Kantor Gubernur besok adalah melantik pejabat eselon III lingkup Pemprov Sulsel.

Sehari sebelumnya, Syahrul terpaksa pulang lebih awal karena mengeluh pusing-pusing.(andi ahmad)

Selengkapnya...

300 Ribu Blogger Indonesia Berpesta di Jakarta

Jakarta, Liputankota - Ajang temu nasional para blogger di Indonesia bertajuk "Pesta Blogger 2008" kembali akan digelar pada Sabtu (22/10) di Gedung BPPT II, lantai 3, Jl MH Thamrin, Jakarta.
Demikian dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) M Nuh saat konferensi pers Pesta Blogger 2008, di Gedung BIP Depkominfo, Jakarta, Rabu (22/10).

Acara itu juga dihadiri Duta Besar AS untuk Indonesia Cameron R Hume. "Untuk membangun masyarakat berbasis informasi maka diperlukan kreativitas, melalui kegiatan seperti ini tentunya memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mengeluarkan pendapat sebagai bentuk ekspresi," ujar M Nuh.seperti dikutif Kompas.com

Sedangkan menurut Ketua Panitia Pesta Blogger 2008 Wicaksono, tema pesta blog tahun ini adalah blogging for society atau nge-blog untuk masyarakat.

"Pesta blog kali ini akan diikuti lebih dari 300 ribu blogger di Indonesia dari angka 150 ribu yang tercatat pada pesta blog tahun lalu. Melalui acara ini diharapkan dapat menjadi forum alternatif bagi para blogger di Indonesia dan luar negeri untuk menjalin jejaring, saling bertukar informasi sehingga dapat memberi kontribusi positif bagi masyarakat," ujar Wicak.(wawan)

Selengkapnya...

Rupiah Dekati 9.000 per Dolar Hari Ini



Jakarta, Liputankota- Rupiah Rabu (22/10) sore turun menjadi Rp 9.895 per dollar AS, karena pelaku pasar makin aktif membeli dolar AS.

Direktur Retail Banking PT Bank Mega Tbk Kostaman Thayib di Jakarta, mengatakan, pelaku pasar makin khawatir dengan krisis keuangan global yang terus menekan pertumbuhan.


"Pelaku pasar lebih cenderung membeli dollar AS ketimbang rupiah selain lebih menguntungkan juga karena mata uang asing itu sudah dikenal dunia lebih dulu," katanya.

Karena itu, lanjut dia, pelaku pasar semakin aktif membeli dollar AS yang mendorong rupiah terpuruk lebih dalam pada sore ini dibanding pagi. "Kami khawatir rupiah akan terus terpuruk hingga mencapai angka Rp 10.000 per dollar AS," ujarnya.

Ditanya apakah keterpurukan hingga Rp 10.000 per dollar AS tidak memberatkan kinerja pemerintah, menurut dia, tidak masalah, karena hampir semua mata uang utama regional terpuruk.

Meski demikian, lanjut dia, Bank Indonesia (BI) kemungkinan akan kembali melakukan intervensi pasarnya melihat rupiah terus terpuruk. "Namun intervensi BI sampai sejauhmana masih belum diketahui, karena BI tidak akan jor-jor dalam mengatasi rupiah yang terpuruk itu," ucapnya.seperti dikutif Kompas.com.

Menurut dia, tekanan pasar terhadap rupiah diperkirakan akibat faktor psikologis saja. Suntikan dana baru oleh bank sentral itu, seharusnya bisa mendorong rupiah menguat karena likuiditas dolar makin melonggar, namun kenyataannya faktor tersebut tidak berpengaruh terhadap rupiah.(wawan)
Selengkapnya...

Pameran Singapore Education Ke 3 di Makassar Hari Ini

Laporan: Andi Ahmad- Makassar

Salah satu Acara Pameran Singapore Education Yang lalu.

Makassar, Liputankota-Lembaga-lembaga pendidikan dari Singapura memprioritaskan Makassar sebagai kota yang penting untuk mereka kunjungi. Oleh karena itu, untuk ke-3 kalinya Makassar telah mereka pilih untuk menjadi tujuan roadshow pendidikan, dan kali ini lebih banyak institusi pendidikan yang akan berpartisipasi dengan beragam pilihan pendidikan yang ditawarkan.

Singapore Education pada roadshow ini, memberikan pilihan pendidikan-pendidikan kepada para calon pelajar, pelajar, orang tua maupun institusi pendidikan yang ada di Makassar dan sekitarnya dengan menghadirkan lebih banyak institusi pendidikan berkualitas dari Singapura yang diharapkan akan menciptakan serta menambah kuantitas dan kualitas angkatan-angkatan baru tenaga kerja yang terampil,kata Dian Gunanti, bw communications kepada Liputankota lewat relis, di Makassar, Rabu (22/10).

Menurut Dian pelaksanaan pameran ini bertempat di Hotel Aryaduta Makassar, hari ini Kamis (23/10)hanya satu hari saja, paparnya.

Dian Gunanti menjelaskan bahwa ada acara kali ini akan hadir para nara sumber dan jajaran pejabat dari Singapore Education dimana para Wartawan dari berbagai media yang ada dikota Makassar ini dapat bertatap-muka dan mendapatkan informasi terbaru dan menarik mengenai institusi-institusi yang akan hadir di pameran pendidikan Singapore Education Roadshow di Makassar. (Andi Ahmad)


Selengkapnya...

23 Daerah Kabupaten Dan Kota di Sulsel Waspadai Inflasi

Gubernur Sulsel H. Syahrul Yasin Limpo bersama Ketua PKK Sulsel (foto: Andi Ahmad)

Makassar,Liputankota-Pemprov Sulsel meminta 23 pemerintah kabupaten/kota mewaspadai terjadinya inflasi akibat menurunnya nilai tukar rupiah sebagai imbas krisis keuangan dunia.

Pemkab/pemkot diharapkan tetap fokus pada peningkatan produksi pangan yang tidak berefek langsung terhadap krisis yang melanda lembaga keuangan Amerika Serikat. Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, guna mewujudkan produksi pangan, pemkab dan kalangan perbankan harus tetap sinergis dalam memberikan support terhadap program Pemprov Sulsel.

Khususnya, surplus beras 2 juta ton dan jagung 1,5 ton pada 2009 mendatang. ”Saya berharap, pemkab dan perbankan tetap kompak pada saat krisis global, tetap menjalankanaktivitasdengan normal, khususnya dalam mem-back up program pemprov di bidang pangan,” ujar Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dalam rapat antisipasi krisis global di rumah jabatan gubernur,kemarin.

Rapat ini dihadiri bupati,muspida dari 23 kabupaten/kota se-Sulsel, termasuk kalangan perbankan dan pelaku ekspor. Syahrul meminta pemkab memberikan jaminan kepada masyarakat agar tidak terjadi kepanikan,seperti pada krisis yang melanda Indonesia pada 1998 lalu. Kondisi tersebut bisa tercipta,sepanjang situasi keamanan bisa terkendali.

”Saya minta pemkab berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk mengendalikan situasi, sebab tidak akan ada investor yang menanamkan uangnya jika kondisi tidak stabil,”jelasnya. Mantan Bupati Gowa ini mengatakan, pertumbuhan ekonomi akan melambat jika tidak ada investor asing yang menanamkan modalnya di Sulsel.seperti dikutif Sindo.

Karena itu, Syahrul berharap kran penanaman investasi tetap dibuka karena ada kecenderungan investor asing ingin menanamkan modalnya pada sektor yang tidak berisiko, terutama sektor pertanian. Selain itu,guna meningkatkan daya saing produk ekspor, pemkab diminta tidak melakukan transaksi melalui broker.

Pasalnya,harga komoditas jauh lebih tinggi jika langsung pada perus-ahaan pengimpor, khususnya komoditas kakao, rumput laut,dan udang.”Bank harus tetap bisa menyalurkan kreditnya kepada petani agar meningkatkan produksinya, tapi dengan mengedepankan asas kehati-hatian,”paparnya.

Wakil Bupati Luwu Timur Saldy Mansyur mengatakan, hingga saat ini krisis global belum dirasakan masyarakat di daerahnya.Namun,langkah antisipasi tetap dilakukan. Sementara Bupati Bulukumba Sukri Sappewali mengatakan, saat ini pihaknya menggenjot produksi rumput laut untuk pasar ekspor. Sebab, komoditas andalan Sulsel tersebut diyakini tidak terpengaruh krisis global .(andi ahmad)

Selengkapnya...

Polda Periksa 2 Perwira Brimob

Kabid Humas Kombes Pol Hery Subiansauri.(Foto:fajar.co.id)

Makassar, Liputankota-Propam Polda Sulselbar memeriksa dua mantan pengurus Primer Koperasi Kepolisian (Primkoppol) Sat Brimobda Sulselbar AKP Sudaryanto dan Brigadir Safri Sattar,kemarin.
Padahal, keduanya sedang mengikuti pendidikan lanjutan bagi anggota Polri di luar Pulau Sulawesi, terpaksa dipanggil pulang oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sulselbar. AKP Sudaryanto masih mengikuti pendidikan Selapa, sedangkan Brigadir Safri Sattar sedang bersekolah di Setukpa Polri.

Pemeriksaan terhadap anggota pasukan elit kepolisian ini,terkait pengembangan penyelidikan penyelewengan dana Primkoppol Sat Brimobda Sulselbar yang berimbas pada demo 72 anggota brimob beberapa waktu lalu.

Kasus ini bahkan menyita perhatian Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri dan Kapolda Sulselbar Irjen Pol Sisno Adiwinoto. Bahkan, dia mengancam akan melakukan pencekalan terhadap dua oknum anggota brigade mobil (brimob) yang diduga terlibat penggelapan dana Primkoppol senilai Rp2,9 miliar ini.

”Hari ini Senin (20/10) kemarin, kami telah panggil keduanya dari pendidikan Selapa dan Setukpa.Kemungkinan kami akan grounded (mengeluarkan) dia dari pendidikan kepolisian,”ungkapnya kepada wartawan kemarin.

Sepanjang siang kemarin, keduanya menjalani pemeriksaan intensif di Bidang Profesi dan pengamanan (Bid Propam) Polda Sulselbar. Sebelumnya, penyidik juga telah memintai keterangan terhadap mantan Ketua Primkoppol Sat Brimob Kompol Muh Sakkir.

Menurut mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini, jika memang ditemukan adanya penyimpangan dana koperasi milik personil kebanggaan Polri ini, pihaknya akan menyerahkan kepada penyidik Dit Reskrim guna diproses pidana.

Sementara pelanggaran disiplin dan kode etik kepolisian akan diserahkan kepada komandan kesatuannya sebagai atasan yang berhak menghukum (ankum). Dari hasil penyelidikan sementara, penyidik menemukan data jumlah dana dan pengeluarandanayangtidaksinkron sehingga terjadi indikasi penyelewengan uang koperasi.

”Hari ini (Senin, 20/10), kan baru dilakukan pemeriksaan terhadap bendahara dan pemegang kas, nantilah baru kami sampaikan hasilnya,” ujarnya saat ditemui di Warkop Poenam Panakkukang. Perwira Tinggi (Pati) Polri berdarah Medan ini mengungkapkan, masalah disiplin dan kode etik kepolisian, paling ringan akan diberikan sanksi teguran, penundaan kenaikan pangkat, penundaan gaji berkala atau paling berat hukuman penahanan selama 14–21 hari.

Sementara menanggapi unjuk rasa yang dilakukan 72 anggota Brimob di Mapolda Sulselbar Jumat (16/10) lalu, Sisno mengaku bahwa apa pun alasannya,aksi yang dilakukan anggotanya tersebut melanggar disiplin dan kode etik kepolisian.Gagasan personel elit Polri tersebut telah mencoreng korpsnya.

”Mereka tidak menghargai lagi hierarkinya.Seharusnya dia menaati komandan regu, komandan batalion, kompi serta komandan satuan (Dansat). Kami menyerahkannya kepada Dansat Brimob guna mengambil tindakan internal,” ucapnya didampingi Kabid Humas Kombes Pol Hery Subiansauri.

Sisno juga menyayangkan tidak adanya laporan dari petinggi Brimobda sebelum aksi unjuk rasa itu.Padahal, tiga hari sebelum aksi, Komandan Regu (Danru) Brimobda menghadapnya dan tidak membahas adanya penyelewengan dana koperasi itu.

Hery Subiansauri mengatakan, selain diselidiki Bid Propam untuk tindakan disiplin dan kode etik,pekan ini juga akan diselidiki unsur pidananya oleh petugas Dit Reskrim Polda Sulselbar. Mantan Kapolres Subang ini menyatakan, dana Primkoppol Brimob dipertanggungjawabkan antara anggota dan pengurus koperasinya dan tidak memiliki kaitan dengan kesatuannya, apalagi dikaitkan dengan Kapolda.seperti dikutif Tribun.

Dalam waktu dekat ini,penyidik juga akan berkoordinasi dengan saksi ahli dari Dinas Koperasi untuk mengaudit dan memastikan berapa jumlah dana yang diduga dicuri oknum anggota brimob, yang juga mantan pengurus Primkoppol pasukan elit Polri itu.(andi ahmad)

Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom