Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Polresta Makassar Tmur Rasia Preman Disekitar Mall Panakkukang

Makassar, Liputankota - Kepolisian Sektor Makassar Timur kini menggelar operasi preman di belakang Mal Panakkukang, Makassar. Operasi ini sebagai tindak lanjut instruksi Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Dalam operasi ini, polisi memeriksa puluhan orang, termasuk mereka yang tidak mempunyai kartu tanda penduduk. Kegiatan ini untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat Makassar.

Sebelumnya, Markas Besar (Mabes) Kepolisian RI (Polri) menegaskan bahwa aparat atau oknum Polri yang jadi pelindung (pembeking) preman pun akan ditindak tegas. Jika perlu, ditembak. Dor!, seperti dilansir Tribun.

"Kita lihat dulu sejauhmana dia membekinginya. Kalau petugas mau menangkap, kemudian dihalang-halangi, ya kita dor. Saya lebih sayang kepada anggota daripada yang membekingi," kata Kabareskrim Mabes Polri Irjen Pol Susno Duaji.(*)

Selengkapnya...

Lantamal VI Amankan Dua Kapal Nelayan di Perairan Pangkep

Makassar, Liputankota- Lantamal VI Makassar mengamankan dua kapal nelayan yang ketahuan membawa dan menggunakan potasium untuk menangkap ikan di perairan Pangkep, siang ini.

Kedua kapal dan nelayannya kini dimintai keterangan oleh pihak berwajib di Lantamal. Kedua nelayan dinilai telah merusak terunmbu karang karena menggunakan potasium.

Sebelumnya, Lantamal VI mengadakan pelatihan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) 2008, yang diikuti sekitar 100 siswa-siswi SLPT dan SLTA se-Sulsel,seperti dilansir tribun.

Ada beberapa kegiatan serta materi yang akan diterima peserta. Di antaranya adalah hukum laut, SAR laut, pengenalan senjata dan kapal perang miliki TNI AL. Tujuan kegiatan untuk mencari Duta Karang Remaja Sulsel 2008.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Dua Heli Mendarat di Bandara Tunggulwulung Cilacap

Menjelang Eksekusi Amrozi Cs.


Cilacap - Dua buah helikopter milik Polda Jawa Tengah mendarat di Bandara Tunggulwulung, Cilacap, Jawa Tengah. Belum ada kepastian, untuk apa kedua heli tersebut disiagakan. Dua heli tersebut berbeda jenis. Salah satunya bertuliskan P 5006 dan berukuran lebih besar dari heli satunya.

Selain itu, belum jelas juga kapan tepatnya kedua heli tersebut tiba. Sejumlah petugas kepolisian yang berjaga-jaga diam seribu bahasa saat ditanya mengenai hal itu.

Detikcom melansir. Penjagaan Bandara Tunggulwulung pada hari ini memang lebih diperketat. Wartawan tidak bisa mendekat areal bandara seperti hari-hari sebelumnya.

Sejumlah petugas tampak berjaga-jaga. Sebagian besar di antaranya mengenakan pakaian bebas. Hanya ada 4 petugas yang mengenakan seragam Brimob dan bersenjata lengkap.

Seperti diketahui, rencananya usai dieksekusi jenazah Amrozi cs akan dibawa ke kampung halaman masing-masing dengan helikopter, Jenazah Amrozi dan Muklas akan dibawa ke Lamongan, Jawa Timur. Sedangkan jenazah Imam Samudra dibawa ke Serang, Banten.(wawan)


Selengkapnya...

Turunnya Harga BBM Tak Pengaruhi Popularitas SBY



Makassar, Liputankota - Banyak yang menilai kebijakan-kebijakan yang diambil Presiden SBY saat ini merupakan langkah untuk memperbaiki citra dirinya menjelang pemilihan presiden. Namun tanpa menurunkan harga BBM pun, popularitas SBY akan tetap naik.

Demikian dikatakan Direktur Indonesian Research and Development Institute (IRDI), Dr Notrida Gani Mandica, Jumat (7/11), mengutip hasil survei IRDI yang dilaksanakan pada 6-13 Oktober. Survei ini mengambil responden di seluruh Indonesia.

Survei tersebut digelar ketika pemerintah belum menurunkan harga BBM. Saat survei digelar, harga sembako belum terkendali namun hasil survei menunjukkan popularitas SBY dan tingkat keterpilihannya menjadi presiden mencapai 33 persen.

Saingan terberat SBY adalah Megawati dengan popularitas dan tingkat keterpilihan mencapai 17 persen. Sementara kandidat lainnya yang disebut-sebut akan maju sebagai presiden masih jauh di bawah kedua tokoh tersebut.

Menurut Notrida, tingginya harapan masyarakat pada SBY karena mereka telah melihat dan merasakan sendiri program-program yang dilakukan SBY-JK selama menjabat.

"Masyarakat sangat puas dengan program yang dilakukan SBY-JK seperti program bantuan operasional sekolah (BOS), bantuan kredit usaha rakyat (KUR), buku murah, pendidikan, dan kesehatan," lanjut doktor lulusan Northern Illinois University ini.

Ia melanjutkan, masyarakat sangat puas dengan SBY-JK yang telah menindak koruptor tanpa pandang bulu. Ini tidak pernah dilakukan presiden sebelum SBY. "Masyarakat sangat memberikan apresiasi pada pemerintahan SBY-JK. Mereka masih menjadikan SBY-JK pilihan utama," jelasnya.seperti dilansir tribun.

Dengan adanya rencana pemerintah menurunkan harga bahan bakar jenis premium pada 1 Desember 2008 menjadi Rp 5.500 per liter, Notrida yakin masyarakat akan semakin menyenangi SBY-JK.

Ia menambahkan, nantinya hanya akan ada dua calon presiden yang akan bersaing ketat yakni SBY dan Megawati. Dari berbagai survei yang digelar IRDI, lanjutnya, putri Bung Karno ini selalu bersaing dengan SBY.(andi ahmad)

"Menurut saya, belum ada yang bisa mengalahkan SBY saat ini. Kecuali nanti ada kejadian yang luar biasa sebab masa pemilihan presiden masih ada sembilan bulan. Masih banyak yang bisa terjadi. Namun saat ini orang masing memilih SBY," lanjunya di Warkop Phoenam, kemarin.

Selengkapnya...

Obama Umumkan Kepala Staf Gedung Putih



Chicago, Liputankota - Barack Obama mengumumkan, bahwa kawan sesama warga Chicago, Rahm Emanuel bakal menjadi kepala staf di Gedung Putih yang bakal ditempatinya. "Tidak ada yang lain yang lebih baik yang saya ketahui untuk pekerjaan ini," katanya.
Ini adalah keputusan pertama yang dibuat Obama usai pemilihan presiden. Meski tidak hendak mengumumkan keputusan ini, akhirnya keluar juga omongan ini.


"Saya akan melakukan apa pun menyediakan segala yang dibutuhkan Amerika untuk berubah." ungkap Emanuel yang pernah menjadi pembantu bidang kebijakan politik di Gedung Putih semasa pemerintahan Clinton sebelum masuk Kongres.

Jabatan kepala staf merupakan jabatan penting. Orang yang ditunjuk akan bertindak sebagai salah satu penasihat terdekat bagi presiden dan secara khusus dapat memutuskan siapa yang akan memperoleh akses ke presiden, juga membangun kebijakan pemerintah.

Emanuel, seperti Obama, adalah orang Chicago yang dekat dengan Obama dan banyak dari kalangan dalamnya. Dalam perannya sebagai pemimpin komisi politik yang bertugas membantu Demokrat memperoleh kursi di Kongres, Emanuel dianggap sebagai pemain penting dalam pengambilalihan DPR AS 2006. Ia bertugas di komisi sangat berpengaruh yang menentukan kebijakan pajak.

Dilansir AP, sejak itu, Emanuel telah menjabat sebagai Demokrat berpangkat paling tinggi keempat sebagai pemimpin kaukus partai. Emanuel adalah penasehat penting mantan presiden Bill Clinton dan paling belakangan sebagai perunding perundangan dana talangan Wall Stret 700 miliar dolar.

Sementara itu dilaporkan Obama akan menggelar konferensi pers pertamanya pada Jumat (7/11) waktu setempat atau pagi ini waktu Indonesia. Konferensi pers itu akan dilakukan usai pertemuan dengan tim penasihat ekonominya.

Demikian disampaikan seorang asisten Obama seperti dilansir kantor berita Reuters, Jumat (7/11).

Pertemuan yang berlangsung di Chicago, Illinois itu akan mencakup para penasihat tinggi Obama yang bekerja untuknya selama kampanye. Tidak jelas apakah dalam konferensi pers itu, Obama akan menyampaikan pengumuman penting.

Menyusul kemenangan dirinya dalam pilpres AS, 4 November lalu, Obama dan istrinya, Michelle akan pergi ke Gedung Putih awal pekan depan untuk bertemu Presiden George W Bush.

Bush telah menyampaikan ucapan selamat pada Obama. Michelle Obama pun telah berbicara dengan istri Bush, Laura, mengenai peran ibu negara. Dalam percakapan, Rabu (5/11) itu, Michelle meminta bimbingin Laura dalam persiapan menjadi ibu negara.
Selengkapnya...

Ada Pungutan Siluman di Asrama Haji Sudiang

calon Jamaah haji istirahat dimasjid asrama haji sudiang

Makassar, Liputankota -Kinerja pengelola parkir di Asrama Haji Sudiang dipertanyakan. Menyusul adanya dugaan pungutan siluman alias ilegal yang diduga dilakukan pengelola parkir yang dikelola Triple D, milik Diza Ali.
Pasalnya beberapa pengunjung dan mobil pribadi leluasa masuk di area asrama haji. Beberapa pengunjung ilegal itu mengenakan pakaian dinas militer. Kendati si-pengunjung dan mobil tersebut tak memiliki kartu pas masuk.

Padahal aturannya, yang dibolehkan masuk area dalam asrama haji, siapa pun dia dan jabatannya, wajib mengenakan kartu pas masuk. Untuk calon jamaah haji memperlihatkan seragam haji atau memperlihatkan surat panggilan masuk asrama (SPMA).

Rupanya si pengunjung dan pemilik kendaraan yang leluasa masuk asrama secara ilegal itu mengaku mereka bisa lolos masuk karena telah membayar kepada petugas parkir. Untuk satu unit mobil mereka membayar Rp 150 ribu.

"Kita mau larang, tapi sudah terlanjur masuk asrama. Jadi tak enak diusir. Apalagi katanya sudah membayar," ungkap seorang petugas keamanan Asrama Haji Sudiang yang enggan ditulis namanya, Jumat (7/11).

Saat hendak dikonfirmasi adanya dugaan pungutan siluman tersebut, penanggung jawab pengelolaan parkir di asrama haji dari Triple D, Juhasman, tidak berada di asrama haji, kemarin sore. Beberapa kali dicoba dikontak telepon selularnya, terdengar nada sibuk.

Begitu pun Humas Kanwil Departemen Agama Sulawesi Selatan Muhammad Nasir yang dihubungi via telepon selularnya beberapa kali, tadi malam, juga terdengar nada sibuk.seperti dikutif tribun.

Sebetulnya pengunjung dan kendaraan pribadi bisa saja masuk di area Asrama Haji Sudiang. Namun yang tak memiliki kartu pas masuk atau surat panggilan masuk asrama (SPMS), hanya diizinkan sampai di area khusus pengunjung.

Sedangkan kendaraan diparkir di area parkir pengunjung yang berada di ring satu. Itu pun tetap dikenakan biaya masuk dengan memberi karcis masuk. Untuk pengunjung dikenakan tarif Rp 10 ribu per orang.

Sedangkan tarif parkir sepeda motor dan mobil masing-masing Rp 10 ribu dan Rp 50 ribu per unit. Inilah yang resmi karena mendapat kesepakatan dari Kanwil Departamen Agama Sulawesi Selatan dan DPRD Sulawesi Selatan.

Dana yang diperoleh dari karcis masuk asrama haji ini, sebagian digunakan diberi ke Triple D sebagai pelaksana pengelola parkir. Sebagian untuk pembangunan dan perawatan fasilitas yang ada dalam asrama. Namun sebelum digunakan, pertanggungjawabannya tetap dilaporkan ke Gubernur Sulawesi Selatan.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Bintang Musik Daerah 2008 Ajang Promosi Seni Budaya Daerah

Jakarta,Liputankota-Maraknya acara-acara kompetisi pencari bakat di Indonesia, membuka kesempatan kepada masyarakat Indonesia terutama kaum muda untuk dapat mengekspresikan diri mereka ke arah positif, seperti Miss Celebrity, Idola Cilik, AFI, KDI dan lain-lain, semakin memperkaya industri hiburan Indonesia. Perlu diketahui bahwa acara-acara tersebut tidak hanya positif tetapi juga membuka peluang dan kesempatan bagi generasi muda Indonesia untuk berkarya. Memberikan nilai-nilai kemandirian sebagai bekal dalam menekuni dunia hiburan Indonesia.

Namun selayaknya, akan menambah kadar kepositifan sebuah acara, jika diberikan sentuhan kebudayaan Indonesia dengan kreasi dari daerah ditambah dengan aransemen gaya sendiri. Dan tidak hanya memikirkan keuntungan industri semata tetapi juga turut melestarikan kebudayaan Indonesia, papar Managing Partner bw communications ,Ida Bayuni di Jakarta, Rabu (5/11).


Ida mengatakan adanya perbedaan dengan sekedar mencari bakat, PT. Bina Musik Daerah bersama ini meluncurkan sebuah progam yang diberi nama ”Kenali Budaya Yuk....! Bintang Musik Daerah [BMD] 2008”. BMD 2008 adalah ajang program tahunan untuk para bintang-bintang dari nusantara yang didorong untuk menggali kekayaan budaya Indonesia dan mengungkapkan kreasi mereka dengan gaya sendiri mewakili masing-masing daerahnya. Tahun 2008 merupakan tahun yang pertama, katanya.


Selain mencari bintang-bintang dari nusantara, program ini bermaksud meningkatkan minat masyarakat dan kaum muda Indonesia untuk mau menggali budaya daerahnya masing-masing, meningkatkan peran serta kepedulian dan rasa cinta masyarakat kita terhadap lagu daerah dan musik nusantara, melestarikan pengembangan budaya bangsa Indonesia. Meningkatkan kecintaan serta kebanggaan pada kebudayaan bangsa sendiri, menggali potensi dan kreatifitas anak muda Indonesia dan memperkenalkan karya cipta musisi daerah serta penyanyi daerah agar dapat dikenal oleh masyarakat luas dan juga sebagai ajang promosi seni budaya daerah.


Dalam hal ini, BMD 2008 telah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah terutama dari kantor Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, menekankan BMD 2008 sebagai image nasional serta sebagai salah satu perwujudan Visit Indonesia Year 2008.

Sebagai bukti kecintaan budaya nusantara,maka diadakan peluncuran Bintang Musik Daerah (BMD) yang dilaksanakan di fX Music 6th Floor Jakarta, Rabu (5/11)dengan mengundang sejumlah Media dan ajang ini disebut Temu Media Bintang Musik Daerah,jelas Managing Partner bw communications ,Ida Bayuni pada relis beritanya.

Dan Menurut Ida mengatakan bahwa pembicara yang akan hadir adalah Ibu Trie Utami sebagai nara sumber dan juri BMD 2008, Bapak Bambang Satrio Oryono sebagai Ketua Umum PT. Bina Musika Daerah sekaligus Ketua Panitia BMD 2008, Bapak Ir. Bambang Gambiro selaku asisten staf ahli Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia bidang sosial dan budaya dan salah satu wakil dari Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.(effendy Saputra)

Selengkapnya...

Bulog Harus Tetapkan Harga Dasar Gula



Surabaya, Liputankota-Kalangan pengusaha gula dan petani gula menyambut baik rencana kerjasama pembelian gula milik BUMN oleh Perum Bulog. Namun, agar produktivitas produsen gula terdongkrak, pemerintah melalui Bulog harus menerapkan harga dasar atau floor price.


"Harga riil tetap mengacu pada mekanisme pasar. Bila Bulog mendapatkan keuntungan, kelebihan terhadap harga pasar dibagi secara proporsional dengan penjual setelah dikurangi biaya pemasaran," kata Wakil Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Gula Indonesia, Adig Suwandi, Jumat (7/11) di Surabaya, seperti dilansir Kompas.Com.

Adig mencontohkan, Bulog membeli harga gula Rp 5.200 per kilogram. Dengan biaya pemasaran Rp 500 per kilogram dan harga jual ke konsumen Rp 6.000 per kilogram maka selisih Rp 300 per kilogram inilah yang harsu dibagi secara imbang dengan pemilik gula sesuai tingkat resiko masing-masing.

Selain itu, persentase gula yang didistribusikan Bulog harus diperhitungkan dengan tepat, sehingga tak bertentangan dengan UU Nomor 5 tahun 1999 tentang Anti Monopoli.(Iwan Munandar)

Selengkapnya...

Jemaah Haji Indonesia Mulai Diserang Sakit dan Tersesat



Madinah, Liputankota- Jemaah haji Indonesia mulai ada yang tersesat setelah shalat di Masjid Nabawi. Ada pula yang mulai terserang penyakit akibat cuaca dingin di Madinah setelah kedatangan pertama pada 5 November.

"Bu Partia binti Sujito dari kloter pertama Jakarta tersesat saat keluar sendirian dari Masjid Nabawi," kata petugas lapangan Daerah Kerja (Daker) Madinah, Indra, Kamis (6/11). Ia mengatakan ibu tua yang berasal dari pemondokan Markaziah dengan nomer rumah 115 (Barakah Andalus) itu akhirnya diantarkan warga Arab Saudi ke kantor Daker Madinah.

Sementara itu, seorang jemaah haji dan petugas haji Indonesia juga mulai terserang penyakit. Jemaah dan petugas itu sama-sama terserang penyakit kambuhan yakni asma. Untuk jemaah haji yang dirawat di BPHI Daker Madinah karena asma adalah Durratun Nikmah (38) dari kloter satu Surabaya, sedang petugas haji yang dirawat di BPHI Daker Madinah karena asma adalah Munir (35).

"Asma itu penyakit kambuhan yang akan terjadi bila penderitanya mengalami cuaca yang ekstrim dan kelelahan. Asma mereka kambuh karena capek dan udara dingin di Madinah, tapi biasanya 2-3 hari sudah sembuh," katanya.

Hingga kini, keduanya diberi alat bantu pernafasan di BPHI Daker Madinah. Nu Durratun Nikmah sendiri semula dirawat petugas kesehatan di sektor satu, tapi akhirnya dirujuk ke BPHI Daker Madinah di hotel Masane'.

"Ada juga seorang jemaah haji yang sempat dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) yakni RS King Fahad yakni Rawi bin Seno (58) dari kloter satu Surabaya," kata Wakadaker Kesehatan Daker Madinah, dr Bermawi Yahdjam SpP.seperti dilansir Kompas.com.

Tapi, hal itu karena Rawi yang menderita gagal ginjal itu kebetulan sudah waktunya untuk cuci darah, sedangkan di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) tidak ada alat untuk cuci darah.

"Tapi, pak Rawi dengan nomer paspor 2006848 hanya sehari saja masuk rumah sakit itu, kemudian langsung pulang," katanya. (Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Bulog Kembali Atur Distribusi Gula di Sulsel

Bulog Sulsel optimis program 2 juta ton beras tahun 2009 tercapai

Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Selatan, Herman Agus Machmud didampingi Humas Bulog Sulsel (foto: Andi Ahmad)

Makassar,Liputankota - Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Selatan, Herman Agus Machmud, menjelaskan terjadi kenaikan harga pembelian pemerintah (HPP) untuk produk beras dan gabah.
Kenaikan HPP untuk produk beras dan gabah pada 2009 sebesar tujuh persen dari harga yang berlaku saat ini. Kenaikan harga tersebut baru berlaku pada Maret atau awal April 2009 mendatang.


"Harga pembelian pemerintah untuk 2009 naik sekitar tujuh persen. Harga yang berlaku saat ini untuk komoditas beras sebesar Rp 4.300 per kilogram, sementara gabah Rp 2.200 per kilogram," jelas Herman di Makassar, Kamis (6/11).seperti dikutif tribun.

Menurut Herman, kenaikan harga beras dan gabah tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani yang tertekan akibat peningkatan harga kebutuhan pokok di pasaran baik dalam negeri maupun pasar globa.

"Penetapan HPP diberlakukan mulai panen raya 2009 dengan tujuan untuk menghindari spekulan atau mitra Bulog yang menimbunan beras. Jadi," katanya.

Herman menegaskan, realiasasi stok beras Sulsel mencapai 415 ribu ton per awal November dari rencana prognosa sebesar 16 ribu ton.

Perum Bulog Sulsel optimis program dua juta ton beras pada tahun 2009 akan teralisir sebagaimana dicanangkan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Sulsel sedang menggenjot produksi beras untuk peningkatan perdagangan antarpulau. Dari realisasi mobiliasi beras nasional sebesar 400 ton, Sulsel telah merealisasikan 240 ribu ton. Bulog Sulsel mensuplai kebutuhan beras untuk wilayah Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Riau, Kaltim, dan wilayah KTI.


Distribusi gula kembali diatur Perum Bulog. Menurut Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sulawesi Selatan, Herman Agus Machmud, MoU tentang pengaturan tataniaga gula itu sudah ditandatangani pemerintah di Jakarta Kamis (6/11).

"Besok (hari ini) saya akan rapat untuk membahas sistem distribusi gula di Sulsel. Dari rencana pengadaan gula sebesar 350 ribu ton secara nasional, tahap awal Sulsel akan mendapat jatah sebesar 10 ribu," katanya.

Kebutuhan gula Sulsel sekarang, katanya, 30 ribu per bulan. Perum Bulog optimis kebutuhan gula Sulsel tersebut akan terpenuhi dan tidak ada lagi krisis gula dan harga gula diatas harga eceran tertinggi di wilayah Sulselbar.(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Sudah 150 CJH Sulsel yang Tinggalkan Makassar

Makassar,Liputankota-- Hingga Kamis (6/11) malam, jumlah calon jamaah haji (CJH) asal Sulawesi Selatan yang telah meninggalkan Makassar melalui Bandara Sultan Hasanuddin mencapai 150 orang. Mereka terdiri dari empat kloter.

Rombongan CJH yang terakhir meninggalkan Makassar menuju Bandara Jeddah, Arab Saudi, adalah kloter empat. Di kloter ini terdiri dari 163 jamaah asal Kabupaten Barru, 110 asal Selayar, dan 47 jamaah asal Kota Makassar.

Tribun-timur.com melansir bahwa rombongan kloter empat meninggalkan Bandara Sultan Hasanuddin sekitar pukul 18.15 tadi malam. Mereka diangkut dengan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan 1202.

"Hingga pemberangkatan terakhir tadi, alhamdulillah belum ada jamaah kita yang mengalami gangguan atau tiba-tiba jatuh sakit dan harus diopname," ujar Kabid Penyelenggaraan Haji, Zakat, Infak Kanwil Departemen Agama Sulawesi Selatan yang dihubungi via telepon selularnya, tadi malam.(andi ahmad)


Selengkapnya...

Sementara Rupiah Tembus 10.945 per dollar AS

Jakarta, Liputankota-Menjelang pengumuman BI Rate siang ini, Bursa Efek Indonesia masih berkubang di area negatif, mengikuti arus pelemahan bursa regional yang bertumbangan. Sementara rupiah berada di Rp 10.945 per dollar AS, setelah pada pagi tadi sempat melewati level Rp 11.000.

Indeks Harga Saham Gabungan merosot 55,942 poin (4,09 persen) pada posisi 1.310,333. Sektor pertambangan dan sektor miscellaneous industry, yang merosot masing-masing 7,22 persen dan 7,24 persen membawa indeks ke zona merah.

Sementara indeks Kompas100 turun 4,46 persen menjadi 315,196. Kemudian indeks LQ 45 merosot 5,05 persen menjadi 253,109. Serta Jakarta Islamic Index melemah 3,52 persen ke 202,094.

Pada sesi pagi ini, hanya 11 saham yang berada di jalur hijau, dibandingkan 123 saham turun. Sedangkan nilai perdagangan mencapai Rp 1,021 triliun dari 20.332 kali transaksi dengan volume 1,091 miliar saham.seperti dilansir Kompas.Com.

Sampai berita ini diturunkan, mayoritas indeks bursa regional terpuruk di zona merah. Seperti indeks Nikkei225 Jepang merosot 6,45 persen, indeks Hang Seng Hong Kong melorot 6,41 persen, indeks All Ordinaries Australia melemah 4,22 persen, indeks Kospi Korsel menyusut 7,27 persen, kemudian indeks Strait Times Singapura turun 3,49 persen, serta indeks Tertimbang Taiwan berkurang 5,70 persen.(wawan)


Selengkapnya...

Eddy Setiadi: Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak di Sulsel Memprihatinkan

Laporan : Andi Amad- Makassar

Petugas Pajak yang siap memberikan pelayanan pada mobil pajak keliling (foto; Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota, Pelayanan prima kepada wajib pajak bakal semakin meningkat dengan beroperasinya 15 unit mobil pos pajak keliling yang dibagi kepada 14 kantor pelayanan pajak pratama dan satu kantor pelayanan madya, diadakannya mobil tersebut merupakan bagian dari moderinisasi itu sendiri pada tubuh kantor Direktorat Jendral Pajak di Indonesia.

Kepala Wilayah DJP Sulselrabar, Eddy Setiadi pada saat peluncuran Mobil pajak keliling (foto: Andi Ahmad)
Kepala Wilayah DJP Sulselrabar, Eddy Setiadi pada peluncuran mobil ini dihalaman kantor Pelayanan Pajak Makassar Utara, Kamis (6/11)sangat mengharapkan dengan beroperasinya mobil ini para wajib pajak juga untuk patuh terhadap kewajibannya melaporkan dan membayar pajaknya, karena dengan fasilitas ini sangat menunjang peningkatan pelayanan prima kepada wajib pajak, katanya kepada wartawan pada jumpa pers dikantor pelayanan pajak makassar Utara.

Menurut Eddy Setiadi adapun fungsi dari mobil ini untuk memberikan pelayanan dan pengaduan pajak bumi dan Bangunan (PBB), mendekatkan diri kepada wajib pajak,dan dijadikan sebagai kantor pajak bergerak dengan dibantu petugas pajak yang siap memberikan pelayanan masalah pengisian SPPT dan laporan tahunan SPT, tapi bukan diperuntukan menyetor pajak, katanya.

Eddy Setiadi mengakui bahwa sekarang ini kepatuhan wajib pajak masih sangat memprihatinkan, maka dengan itu dengan beroperasinya ke 15 mobil ini sangat bisa membantu pelayanan kepada wajib pajak sehingga tingkat kepatuhan akan berubah menjadi lebih baik.

Bank Akan Kena Sanksi

Bank yang tidak melayani Wajib Pajak dengan baik akan mendapat sanksi sesuai dengan kepusutan dari Bank Indonesia hal ini dijelaskan Kepala Wilayah DJP Sulselrabar, Eddy Setiadi, dan diharapkan proaktif dari wartawan untuk ikut memantau dan melaporkan bila mendapatkan pihak bank yang ditunjuk oleh Dirjen Pajak untuk menerima setoran PBB dan Pajak lainnya.

Selengkapnya...

Express Air Tergelincir di Bandara Torea Fakfak



Sorong, Liputankota- Sebuah pesawat penumpang Exspress Air yang baru beroperasi mengalami kecelakaan, Kamis (6/11) siang sekitar pukul 11.30 WIT.

Pesawat jenis Dornier itu tergelincir saat mendarat di Bandara Torea Fakfak, Provinsi Papua Barat. Sebelumnya pesawat itu take off dari Bandara Domine Eduard Osok, Kabupaten Sorong, Papua.

Insiden tersebut mengakibatkan sayap kiri pesawat itu patah. Roda belakangnya juga rusak.

Canny Watae, praktisi radio dan pemandu talk show di Kota Makassar yang sedang berada di Sorong, Papua, melaporkan, sebanyak 43 penumpang termasuk pilot dan kru pesawat tersebut selamat semua,seperti dilansir Tribun.

Namun beberapa di antaranya mengalami luka ringan akibat terbentur. Hingga saat ini pesawat masih tergeletak di runway.

"Saya dapat informasinya juga dari rekan sekantor saya, Pak Ahmad Rumalolas, yang sedang berada di Bandara Torea, Fakfak," ujar Canny via telepon selularnya. (Frangki)

Selengkapnya...

Depag Jamin Pemondokan CJH Masih Baru di Mekkah



Jakarta, Liputankot- Jauhnya jarak pondokan haji bagi calon jamaah haji Indonesia, tampaknya diimbangi dengan kondisi fisik pemondokan yang dipakai jamaah haji. Sebagian besar pemondokan bagi jemaah haji Indonesia di Mekkah merupakan bangunan yang masih baru.

Media Center Haji di Jakarta, Kamis (6/11) menyebutkan, Kepala Daerah Kerja Mekkah (Kadaker) Zaenal Abidin Supi sudah melakukan pengecekan kondisi bangunan yang akan dipakai jamaah haji Indonesia.

"Sudah dicek satu per satu. Kondisi fisik perumahan relatif bagus karena rumah-rumah yang disewa di wilayah baru itu sebagian besar bangunan baru," ujarnya.seperti yang dilansir Kompas,com.

Jamaah haji Indonesia di Makkah akan menempati 601 rumah atau gedung di Ring I dengan jarak hingga 1.400 meter dari Masjidil Haram. Sedangkan Ring II sebanyak 506 gedung dengan jarak lebih 1.400 meter hingga 8 kilometer dari Masjidil Haram.

Bagi jamaah yang menempati Ring II, akan mendapatkan uang sisa sewa rumah yang diperhitungkan sesuai jarak wilayah perumahan dan harga sewa rumah.(wawan)


Selengkapnya...

Ribuan Massa Buruh Demo Dikantor Gubernur Sulsel

Buruh dan Mahasiswa Protes SKB 4 Menteri

Makassar, Liputankota- Sekitar 1.000-an buruh dan mahasiswa yang menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan. Mereka mengatasnamakan diri Aliansi Tolak SKB 4 Menteri.

Akibat aksi unjuk rasa ini, ruas jalan di Jl Urip Sumohardjo macet total. Aparat kepolisian terpaksa mengalihkan kendaraan ke jalur alternatif di Jl Racing Centre. Ratusan aparat kepolisian masih berjaga-jaga di pintu masuk dan pintu keluar Kantor Gubernur Sulsel.

Tribun-timur.com melansir bahwa massa ini berasal dari 20 induk perusahaan. Mereka berasal dari Gabungan Serikat Buruh Nusantara. Mereka menuntut agar gubernur menaikkan upah minimum provinsi (UMP). Pada 10 Oktober lalu Dewan Pengupahan Provinsi Sulsel menetapkan UMP sebesar Rp 905 ribu atau hanya naik sebesar 22,3 persen dari UMP lalu yang sebesar Rp 740 ribu sebulan.

Mereka meminta agar UMP mencapai Rp 1.150.000 karena kebutuhan hidup saat ini meningkat seiring dengan naiknya harga semua kebutuhan pokok.(Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Ancaman Bom Marak, Polri Imbau Masyarakat Tenang



Jakarta - Ancaman bom yang semakin sering menjelang eksekusi Amrozi Cs membuat khawatir masyarakat. Mabes Polri mengimbau agar masyarakat tetap tenang.

"Buat masyarakat tetap tenang. Ancaman SMS ini dibikin orang yang tidak
bertanggung jawab," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Abubakar Nataprawira , Rabu (5/11/2008).


Polisi, imbuhnya, selalu bersiaga mencegah kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.seperti dikutif detikcom.

"Aparat kepolisian akan meningkatkan kewaspadaan dan akan selalu memantau maupun melakukan pengecekan obyek," tandas Abubakar.

Ancaman bom terjadi pada Selasa 4 November 2008 kemarin yang mengancam Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) dan Kedubes Australia, juga di pusat perbelanjaan FX, Senayan.

Sedangkan hari ini ancaman bom kembali terjadi dan menimpa Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara (Jakut). Satu tim gegana dan 1 unit intel diterjunkan untuk menyisir depo itu. Depo Pertamina Jampea, Koja, Jakut juga ikut dijaga aparat.(wawan)

Selengkapnya...

Jenglot Berbadan Ular Gegerkan Warga Sidoarjo



Sidoarjo,Liputankota - Warga Gedangan, Sidoarjo dibuat geger dengan penemuan sebuah makhluk berwujud ular berkepala manusia. Penemuan makhluk aneh yang disebut sebagai jenglot ini ditemukan oleh M Hasanudin (38).

Jenglot ini sebenarnya ditemukan Hasanudin secara tidak sengaja 3 minggu lalu. Saat itu dia sedang tidur di depan pintu rumahnya di Jalan Ahmad Yani gang glatik, Gedangan
lantaran kegerahan.
"Saat itu saya merasa gerah dan tidak bisa tidur, lalu saya putuskan untuk tidur di luar rumah. Tapi sekitar pukul 03.00 WIB, tiba-tiba saya terbangun dan makhluk ini dudah ada di depan saya, Saya kira saya sedang mimpi," katanya kepada detiksurabaya.com di rumahnya, Rabu (5/11/2008) malam.

Pria yang bekerja sebagai sopir di perusahaan percetakan mengaku, usai menemukan makhluk aneh yang mempunyai rambut panjang berwarna keemasan itu dirinya diliputi perasaan takut. Bahkan saat itu dia tidak berani membawanya masuk ke dalam rumah.

Setelah pagi hari menurutnya, dia baru berinisiatif memberikan makhluk tersebut dengan bunga 5 macam dan minyak melati. Karena saat ditemukan makhluk aneh yang ditemukannya sudah mati.

"Saya yakin jika makhluk yang saya temukan tidak akan mengganggu saya, dan yang maha kuasa memberikan saya ini pasti ada maksudnya," imbuhnya.seperti dikutif detikcom.

Hasanudin menambahkan, awalnya tidak mau mempertontonkannya kepada masyarakat, karena dia takut disebut orang yang sengaja berikhtiar agar mahkluk gaib menampakkan dirinya.

"Awalnya saya tidak mau memberi tahu siapa-siapa, tapi setelah ada tetangga depan rumah memanggil orang yang ngerti dan diberi tahu jika ini asli bukan palsu, saya berinisiatif memberitahu perangkat desa. Tapi bukan untuk mempertontonkan. Tapi yang namanya orang semua jadi tahu, akhirnya ya semua orang tahu," jelasnya.

Akibat kabar penemuan jenglot itu, rumahnya yang berada di dalam gang dipenuhi oleh warga yang penasaran ingin melihat mahkluk aneh temuannya itu. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, jenglot itu diamankan di Polsek Gedangan.(Iwan Munandar)

Selengkapnya...

Hadi Djamal : Pembangunan Infrastruktur Didaerah Selatan Akan Ditingkatkan

Komisi V DPR-RI Temukan Kesalahan Pembangunan Bendungan Bili-bili



Makassar, Liputankota- Kunjungan kerja Komisi V DPR-RI pada hari yang kedua diwilayah bagian selatan provinsi Sulsel yaitu kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng merupakan wilayah daerah pemilihan salah satu anggota DPR-RI dari Komisi V ini yakni Abdul Hadi Djamal yang pada pemilhan legislatif pada Pemilu 2009 maju kembali mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPR-RI lewat Partai Amanat Nasional (PAN).


Hasil kunjungan dari berbagai kabupaten diselatan provinsi Sulsel ini yang merupakan juga daerah sejumlah konstituen dari Abdul Hadi Djamal, sejumlah proyek infrastruktur yang ditinjau lebih banyak menemukan hasil pembangunannya tidak sesuai dengan perencanaan dari semula proyek itu seperti halnya disaat meninjau proyek pembangunan Bendungan Bili-bili yang masuk dalam wilayah kabupaten Gowa ditemukan ada kesalahan penempatan lokasi pembangunan, kata Abdul Hadi Djamal di Kabupaten Gowa habis meninjau proyek ini.

Abdul Hadi Djamal pada kesempatan itu dihadapan sejumlah pejabat pemkab Gowa akan berjanji akan memperbaiki sejumlah fasilitas-fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh seluruh warga kab.Gowa seperti infrastruktur pembangunan dan perbaikan jalan, dan terutama pembanguan saluran air bersihr yang sanagat diharapkan oleh warga ysng bermukim didaerah terpencil, paparnya.

Dan pada kesimpulannya Komisi V DPR RI menilai, Bendungan Bilibili yang berdiri di lokasinya saat ini sesungguhnya salah tempat. Ini membuat bendungan tersebut menjadi bendungan termahal di Indonesia. Baru sekitar 20-an tahun dibangun, bendungan itu sudah membutuhkan biaya Rp 1,7 triliun.

"Bayangkan, Rp 1,7 triliun hanya untuk rcovery. Ini biaya yang tidak masuk akal. Bagaimana pembangunan bendungan itu direncanakan dulu sehingga sekarang sudah butuh biaya sebesar itu," kata Ketua Komisi V DPR RI, Ahmad Muqowwam.seperti dikutif tribun.

Biaya sebesar itu dibutuhkan untuk pengerukan sedimentasi. Saat ini, berdasarkan peninjuan komisi V di lokasi, sebesar 160 juta meter kubik material Gunung Bawakaraeng yang berada di bendungan tersebut. Ke depan, ada potensi luruhan material sebesar 113 juta meter kubik lagi.

Jika tidak segera dilakukan recovery, bendungan tersebut akan kehilangan fungsi dan menjadi hamparan rawa atau danau dangkal. Lebih dari itu, tembok tebal yang membentengi air akan jebol karena tidak kuat menahan ratusan juta meter kubik material. Bencana untuk Gowa dan Makassar.

Mengapa ini terjadi? Muqowwam menungkapkan, itu karena terjadi keslahan penempatan lokasi. Bendungan tersebut berada di daerah pegunungan yang secara geologis sangat labil akibat adanya patahan. Gunung di mana ada patahan akan selalu melepaskan material dalam jumlah besar.

"Di mana pun di dunia ini, tidak ada bendungan dibangun di lereng gunung. Untuk Bilibili, akibatnya ya begini. Kita harus menanggung Rp 1,7 triliun untuk recovery yang belum tentu bisa disediakan dalam waktu cepat. Jika tidak dampaknya lebih besar," kata Muqowwam.

Sebelumnya, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) juga pernah memperingatkan hal tersebut. Parahnya sedimentasi di Bilibili bukan hanya karena penggundulan, (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

DJP Sulselbar Luncurkan 15 Mobil Pos Pajak Keliling di Makassar

Laporan: Andi Ahmad- Makassar

Kanwil DJP Sulselbar, Eddy Setiadi (Foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota- Para wajib pajak yang ada diwilayah provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Tenggara mulai besok sudah bisa membayar pajak dimana saja, dan sekarang Kantor Ditjend Pajak Sulselbar akan memberikan pelayanan pajak dengan dioperasikannya sekitar 15 unit Mobile Taxt Unit ( Pos Pajak Keliling) diwilayah ketiga provinsi ini, kemudahan yang akan didapatkan bagi wajib pajak untuk membayar sudah semakin mudah hanya dengan mendatangi Mobil pajak keliling ini pada tempat yang telah ditentukan setiap saat oleh petugas unit pos pajak keliling ini.


Humas Kanwil DJP Sulselbar dan Tenggara,Yuthan mengatakan peluncuran 15 unit Mobil pos Pajak keliling (Mobile Taxt Unit) dilaksanakan di kantor DJP Sulselbar pada Hari Kamis,(6/11) di Makassar, rencananya akan diluncurkan langsung oleh Kepala kanwil DJP Sulselbar, Eddy Setiadi dan dihadiri sejumlah kepala Kantor Pelayanan Pajak pratama ketiga Provinsi ini, katanya kepada Liputan Kota via telopon selularnya di Makassar, Rabu (5/11).

Menurut Yuthan dengan dioperasikan ke 15 unit pos pajak keliling dapat memberikan pelayanan yang lebik baik kepada wajib pajak yang merasa kesulitan waktu untuk datang dikantor Pelayanan pajak di daerahnya, jelasnya.

Disisi lain salah satu wajib pajak yang ada dikabupten Maros, Akbar Burhanuddin merasa gembira dengan hadirnya mobil pajak keliling ini, hal ini sangat memudahkan sekali terhadap wajib pajak terutama yang ada didaerah terpencil pada kabupaten pada tiga provinsi, dan mudah-mudahan pelayanan ini bukan hanya sekedar bertahan sesaat dan setelah lama akan menghilang, katanya.
Selengkapnya...

Pare-pare Diharapkan Jadi Sentra Pemberangkatan TKI ke Malaysia

Laporan : Andi Ahmad- Makassar



Makassr, Liputankota- Pertemuan Forum Gubernur, Walikota dan Bupati yang dikemas dalam BIMP EAGA 2008 yang ikut sebanyak 4 Negara di Asean Timur yakni Indonesia, Malasiya, Brunei Darussalam, Philifina yang dilaksanakan Hotel Clarion Makassar.

Kerjasama yang akan dilaksanakan Walikota Pare-Pare dengan Walikota Tawau Malasyia,yakni kerjasama dibidang tenaga kerja, hal ini dikatakan Walikota Pare-Pare, H.M. Zain Katoe bahwa sekarang Kota Tawau dengan Pare-pare sekarang sudah tidak terlalu sulit masalah transportasi baik dengan menggunakan kapal laut dan pesawat Udara karena dari transportasi laut setiap hari dari Pare-pare ke Tawau ada kapal laut langsung dan juga pesawat terbang sudah lancar, katanya kepada wartawan di Makassar, Rabu (5/11).

Menurut Zain Katoe menjelaskan diharapkan bahwa semua Tenaga Kerja Indonesia (TKI) lewat Pare-pare dan adapun kebutuhan harus diperuntukkan untuk melengkapi penunjang para TKI ini yakni semacam pelatihan,asrama, dan pemeriksaan kesehatan para TKI ini, jelasnya.

Zain Katoe menjelaskan pula bahwa sudah ketemu dengan Walikota Tawau Malaysia pada saat pertemuan ini, dan sudah membicarakan perihal kerjasama dibidang tenaga kerja harus disentrakan di pare2,dan sangat diharapkan proses pemberangkatan TKI ke Malaysia dilaksanakan di Pare-pare seperti pembuatan Dokumen-dokumen para TKI ini dibuat di Kota Pare-Pare, tegasnya.

Dan dalam waktu ini Pemkot Pare-pare akan memberangkatkan sekitar 200 orang TKI ke Serawat Malaysia, dan ini sangat diharapkan agar kesukseskan kerjasama ini dibidang ketenaga kerjaan antara Pare-pare dengan Pemerintah Kota Tawau. tegasnya.


Selengkapnya...

Barack Obama Presiden AS

Washington,Liputankota - Sejarah baru telah tercipta di AS. Barack Obama dipastikan menjadi presiden kulit hitam pertama di AS. Obama menjadi presiden AS ke-44.

Meski hasil resmi belum diumumkan, namun hampir dapat dipastikan kandidat dari partai Demokrat tersebut menguasai 297 electoral votes sementara McCain hanya mendapat 145 electoral votes. Demikian seperti dilansir BBC, Rabu (5/11/2008).

Ribuan warga AS yang memadati Grant Park di Chicago bersorak sorai ketika mengetahui senator dari Chicago tersebut telah meraih 297 electoral votes. Banyak di antaranya yang menangis karena gembira.

Detikcom melansir. Diperkirakan, lautan manusia akan terus memadati Grant Park di Chicago, yang berada di Negara Bagian Illinois, tempat Barack Obama selama ini berkiprah sebagai senator.

Untuk memenangi kursi kepresidenan, kandidat harus meraih setidaknya 270 suara elektoral. Seperti diketahui, dalam sistem pemilu AS, presiden dan wakil presiden sebenarnya tidak dipilih secara langsung oleh rakyat. Melainkan melalui para utusan negara bagian yang disebut dengan elektor. Setiap negara bagian memiliki jumlah elektor yang telah ditentukan. Jumlahnya berbeda-beda untuk tiap negara bagian. Mereka inilah yang nantinya akan memilih presiden sesuai hasil di negara bagian masing-masing.

Jadi kandidat yang meraih suara terbanyak (popular vote) belum tentu akan memenangi pilpres. Sebab yang menentukan adalah perolehan jumlah suara elektoral (electoral votes).

Selengkapnya...

Sementara Obama Melejit dengan 297 Suara



Washington, Liputankota - Calon presiden dari Partai Demokrat, Barack Obama, mencetak sejarah dengan menjadi presiden kulit hitam pertama AS. Menurut hasil sementara yang dilansir CNN, Obama meraih 297 electoral vote, sedangkan McCine memperoleh 139.


Kompas.Com melansir. Electoral college terdiri atas 538 orang dari 50 negara bagian yang komposisinya sesuai jumlah perwakilan negara bagian di Kongres AS (435 anggota DPR AS/House of Representatives dan 100 anggota Senat).

Washington DC, daerah ibu kota, yang tidak memiliki perwakilan di Kongres AS, diberi tiga electoral votes, jumlah minimal yang dimiliki negara bagian terkecil. Untuk menjadi presiden AS, para kandidat harus mengumpulkan setidaknya 270 electoral vote.(*)
Selengkapnya...

PT Inco Tinggalkan Sulsel



Makassar,Liputankota-PT International Nickel Indonesia (Inco) mengalihkan lokasi pembangunan pabrik dari Kecamatan Sorowako,Luwu Timur ke Kabupaten Pomalaa,Sulawesi Tenggara.Pembangunan pabrik baru ini diperkirakan menelan dana USD1,3 miliar.

Manager Regional Communications PT Inco Tri Rahman Batara menjelaskan, pengalihan lokasi pembangunan pabrik baru ini memiliki teknologi pengolahan nikel yang lebih baik dari- pabrik yang ada di Sorowako.

Pengalihan lokasi pabrik ini bukan persoalan politis, tapi semata-mata didasarkan pertimbangan ketersediaan sumber energi, ketersediaan air permukaan untuk produksi nikel. Selain itu, dari segi perhitungan bisnis investasi lebih memudahkan PT Inco dalam melakukan pengapalan ekspor.

”Saat ini tim PT Inco telah melakukan visibility study serta mempersiapkan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal),”katanya di Makassar kemarin. Dia menampik tudingan bahwa pengalihan pembangunan pabrik baru ini terkait semakin kencangnya tuntutan nasionalisasi PT Inco Pemprov Sulsel.

Kendati mengalihkan lokasi pembangunan pabrik ke Pomalaa,menurut Batara,PT Inco memastikan tetap melanjutkan pembangunan Bendungan Karebbe sebagai bagian dan rencana PT Inco membangun pembangkit listrik baru.Diperkirakan,pembangunan Bendungan Karebbe ini akan menghabiskan dana sebesar USD411 juta.

Wakil Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sulawesi Nadjamuddin Nawawi mengatakan, pengalihan lokasi pembangunan pabrik tersebut erat kaitannya dengan upaya Pemprov Sulsel yang meminta pemerintah pusat mengkaji ulang kontrak karya perusahaan asal Kanada ini.

Selain itu, kencangnya tuntutan agar PT Inco me-lepaskan sebagian kepemilikan lahan konsesi yang memiliki potensi kandungan nikel, membuat perusahaan ini mengalihkan pembangunan pabrik baru ke lokasi baru yang masih dalam kawasan kontrak karyanya. Langkah Inco ini menjaga kemungkinan kerugian dari pembayaran kontrak karya.

”Selain pertimbangan investasi, pemindahan lokasi pabrik baru bisa jadi bagian efek tekanan pelepasan sebagian lahan konsesi,”ucap dia di Makassar kemarin. Selain mempercepat pembangunan pabrik di lokasi konsesi yang baru, PT Inco juga akan mempercepat pelaksanaan proses eksplorasi terhadap lokasi-lokasi potensial yang belum dieks-plorasi.

Diketahui, belum lama ini Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo gencar meminta pemerintah pusat meninjau kembali kontrak karya PT Inco. Berdasarkan kontrak karya PT Inco yang pertama,luas lahan konsesi PT Inco mencapai 6,6 juta hektare (ha) yang meliputi tiga provinsi, yakni Sulsel, Sultra, dan Sulteng.

Namun, PT Inco kemudian melakukan pembangunan pabrik pengolahan di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur (Lutim),Sulsel dengan pertimbangan sumber energi dan kandungan nikelnya paling besar. Namun,pada kontrak karya yang kedua yang ditandatangani Presiden RI pada 1995, luas lahan konsesi PT Inco menyusut dari 6,6 juta ha menjadi hanya 218.200 ha.

Dalam kawasan geografis Sulsel, terdapat lahan seluas 118.000 ha yang seluruhnya berada di Luwu Timur. ”Dari luas lahan yang masuk dalam kawasan kontrak karya sudah dilakukan penelitian untuk eksplorasi sekitar 85% dari luas lahan,”tutur Tri Rahman Batara.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Kadistamben) Sulsel Sampara Salman membantah jika pengalihan pembangunan pabrik ini disebabkan kerasnya tekanan agar PT Inco melepaskan sebagian kepemilikan lahan yang memiliki kandungan nikel, diserahkan kepada pihak lain.

Pembangunan pabrik baru telah termasuk kesepakatan yang tertuang dalam kontrak karya.Artinya, PT Inco harus membangun pabrik baru di provinsi yang masuk dalam kawasan konsesinya. ”Pembangunan pabrik baru di Sultra misalnya, seharusnya sudah jalan pada 2005 lalu berdasarkan kesepakatan yang ada dalam kontrak karya.

Namun,PT Inco mengulur waktu pembangunan hingga periode 2009–2010,”paparnya di Makassar kemarin. Selain itu, jika PT Aneka Tambang yang selama ini membeli nikel mentah dari PT Inco untuk diolah kembali, tidak dapat mengolahnya jika kadar kualitas nikel di bawah 2%, sedangkan PT Inco bisa melakukan pengolahan. Maka, pembangunan pabrik baru murni sebagai bentuk investasi baru PT Inco.(Zulmalik/Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Kloter I dan 2 CHJ Makassar Takalar Terbang Menuju Arab Saudi Hari Ini

Laporan: Sidink/Andi Ahmad-Makassar



Makassar, Liputankota- Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kota Makassar dan Takalar yang tergabung di kelompok terbang (kloter) pertama dan dua Embarkasi Makassar dijadwalkan berangkat secara terpisah ke Arab Saudi, Rabu (5/11) hari ini.

Rombongan pertama rencananya terbang dengan pesawat Garuda Indonesia GI 1101 sekitar pukul 07.45 wita. Di kloter ini sepenuhnya adalah jamaah asal Kota Makassar yang berjumlah 325 orang.

Tadi malam, rombongan CJH kloter satu telah dilepas oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. Prosesi pelepasan berlangsung di aula pemberangkatan Asrama Haji Sudiang.seperti dikutif Tribun.

Sedangkan kloter dua yang terdiri gabungan jamaah asal Kota Makassar dan Takalar diagendakan baru berangkat siang ini pukul 12.00 wita.

Pada musim haji kali ini, jumlah kloter yang berangkat melalui Embarkasi Makassar banyak 42 kloter. Terdiri aras tujuh provinsi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Papua, dan Papua Barat.

Dari tujuh provinsi yang bergabung di Embarkasi Makassar, Sulsel kembali tercatat sebagai provinsi yang terbanyak mengirimkan CJH-nya yang musim haji sebanyak 6.901 orang dari total 13.612 CJHyang diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar musim haji 2008 ini.
"Sedangkan total CJH yang se-Indonesia diberangkatkan kali ini sebanyak 210 ribu orang. Sebanyak 19 ribu orang adalah petugas haji," ujar Abdul Halid, Kabid Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Kanwil Depag Sulsel, kemarin.

Selengkapnya...

Syahrul Presentasikan Keunggulan Sulsel Pada BIMP EAGA 2008

Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo bersama Gubernur Sulteng, HB.Paliju, Bupati Enrekang, H.Latinro Latunrung, Walikota Pare-pare, H.M Zain Katoe (foto: Andi ahmad)


Makassar,Liputankota- Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo resmi membuka pertemuan tingkat tinggi empat negara, Indonesia, Malaysia, Filiphina, dan Brunei Darussalam di Hotel Clarion, Makassar, Selasa (4/11).
"Bidang pertanian termasuk salah satu alasan Sulsel menjadi energi baru di kawasan ASEAN. Pertemuan lintas negara ini merupakan momentum tepat untuk mempererat kerjasama yang sudah terbangun selama ini," kata Syahrul.


Hari ini, Rabu (5/11), Syahrul akan memimpin pertemuan para kepala daerah dari 14 provinsi di Indonesia, tiga negara Asean (Brunei Darussalam, Malaysia, dan Filiphina) serta termasuk negara tamu yakni Autralia dan Cina.

Mewakili Indonesia, Syahrul akan mempresentasikan keunggulan Sulsel dan 14 provinsi Indonesia yang tergabung dalam kerjasama regional ini.

"Batas negara bukan lagi persoalan. Ada komitmen baru saling bertukar capacity building. Sektor pendidikan juga menjadi perhatian khusus," kata Syahrul.seperti dikutif Tribun.

Kerjasama di bidang transportasi darat, laut, dan udara, fiskal, ekspor-impor beras, komoditi unggulan, dan ketenaga kerjaan akan menjadi tema presentasi mantan Bupati Gowa ini.

Bupati se-Sulsel hadiri Pertemuan BIMP EAGA

Sejumlah Bupati dan Wakil Bupati se-Sulsel menghadiri pertemuan ini yang agendanya akan membahas masalah pertumbuhan ekonomi diwilayah Indonesia Bagian Timur.

"Pada Para kepala daerah tersebut akan merumuskan strategi kerjasama di bidang ekonomi regional, seperti rumput laut, jagung, beras dan ayam halal, serta penerbangan,"kata Kepala Subdinas Pelayanan Informasi Badan Promosi dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Sulawesi Selatan Yos Herman.

Papua Barat dan Kab, Sinjai Ikut Pameran

Memanfaatkan momentum pertemuan kerjasama regional BIMP-EAGA, juga digelar pameran hasil pertanian Sulsel. Pameran dikemas dengan nama Sulawesi Agro & Agritech Expo di Hotel Clarion, Makassar, sejumlah daerah di Indonesia Timur ikut pada pameran ini diantaranya Provinsi Papua Barat, dan Kabupaten Sinjai.

Kasubdin Hultikultur Dinas Pertanian Provinsi Sulsel Heryani Abdullah menyatakan Sulawesi Selatan sebagai salah satu daerah lumbung pangan nasional diharapkan masih tetap terjaga dan dengan demikian akan berimplikasi pada ketahanan pangan baik skala , regional dan khususnya Sulawesi Selatan dimasa - masa mendatang yang pada gilirannya dapat menjadi penyelamat pangan nasional.

"Posisi Provinsi Sulawesi Selatan berada di urutan kedua setelah Provinsi Jawa Barat, dan pada tahun mendatang Sulawesi Selatan menargetkan sasaran produksi padi sebesar 4.042.470 ton . Jagung 1.218.090 ton, sedangkan kedelai 57.939 ton dalam bentuk biji kering, dan khusus pada beras Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan surplus 1 juta sampai dengan 1,5 juta ton beras dari tahun ke tahun. Hal itulah yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan Sulawesi Agro & Agritech Expo 2008,"kata Heryani.(andi ahmad)

Menurutnya sejumla produk yang akan di pamerkan antara lain komoditas tanaman pangan seperti padi,kacang -kacangan,jagung dan hasil olahannya, peluang investasinya. Komoditas Tanaman Hortikultura. Komoditas Tanaman Perkebunan semisal kopi, coklat ,kelapa,rempah - rempah,tanaman, dll. Peternakan dan perunggasan. Perikanan dan hasil laut, kehutanan, Makanan dan minuman serta Teknologi Pertanian. Agrowisata dan jasa.


Selengkapnya...

Banjir Karebosi Link Direkam Video Handphone

Gambar dari Video yang direkam pada Handphone yang berdurasi 1 menit (foto: Tribun-timur)

Makassar, Liputankota - Banjir setinggi lutut yang menggenangi Karebosi Link, pusat perbelanjaan yang berada di perut Lapangan Karebosi, kini sudah bisa dilihat di sejumlah ponsel warga. Peristiwa itu diabadikan warga dan kini sudah tersebar di ribuan ponsel lainnya via Bluetooth.

Hingga Selasa (4/11) malam, sedikitnya 500 orang yang saling mem-bluetooth video ini. "Minta dulue," kata seseorang. "Ambilko di sinie, saya sudah kami mi," kata warga lainnya.

Tribun-timur.com melansir.Sedikitnya ada dua versi video yang beredar. Video pertama berdurasi 1 menit 36 detik. Dalam video ini terlihat pedagang menyelamatkan dagangan mereka berupa pakaian. Seorang wanita terlihat naik ke tangga lift yang tidak berfunmgsi lagi sambil berlari membawa pakaian.

Di bagian lain terlihat sekitar 15-30 orang berlarian di dalam genangan air setinggi lutut sambil menyelamatkan barang. Air itu berwarna coklat. Mereka terlihat panik dan berteriak-teriak. Tidak jelas apa yang mereka katakan.

Video lainnya berdurasi 27 detik. Dalam video ini suasanya terlihat sepi dibanding video sebelumnya. Hanya terlihat sekitar 10 orang. Terekam suasana Karebosi Link yang terendam air berwarna coklat.

Seorang perempuan terlihat membawa troli dan memasukkan CPU ke dalam troli. Terlihat juga pedagang lain yang menutup tokonya. Sementara toko lainnya terlihat sudah tertutup.

Penyebabnya masuknya air diduga berasal dari air hujan yang masuk melalui bangunan Karebosi Link sebelah timur yang berhadapan dengan bangunan BNI Jenderal Sudirman.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Kapolda Siap Terima Aduan Anggotanya



Makassar, Lipuankota - Kapolda Sulsel Irjen Pol Sisno Adiwinoto mengaku siap menerima laporan dari masyarakat terkait adanya kesalahan anggotanya. Masyarakat bisa mengirimkan surat keluhan dengan melampirkan bukti dan nama lengkap dan asal satuan anggota yang dilaporkan.

Surat itu bisa dikirimkan ke Divisi Profesi dan Pengamanan Polda Sulsel dan ke Unit Pelayanan, Pengaduan, dan Penegakan Disiplin (P3D) Polda Sulsel. "Maksimal 21 hari surat tersebut akan kami tindak lanjuti," katanya.seperti dikutif tribun.

Sejak Januari hingga September 2008 Polda Sulsel telah menerima 321 pengaduan masyarakat melalui surat. Semua surat itu telah ditindaklanjuti. 230 surat telah selesai, 41 surat dinyatakan benar (sesuai fakta) dan 189 surat dinyatakan tidak benar. 91 surat kini masih dalam proses.

Hal itu diungkapkan Sisno dalam public hearing Selasa (4/11) bersama Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) dan LBH Makassar di Hotel Imperial Aryaduta Makassar.

Acara ini juga menghadirkan Novel Ali dari Kompolnas, Direktur LBH Makassar Abdul Muttalib, dan Chif of Cluster Security & Justice Governance Cluster Kemitraan Laode M Syarif yang juga dosen Fakultas Hukum Unhas.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Pantau Lahan Gambut, Kapal Greenpeace Berlabuh di Riau



Pekanbaru,Liputankota- Aktivis lingkungan internasional Greenpeace bersama kapalnya kembali lagi ke Riau. Kedatangan mereka masih tetap berkutat dalam pemantauan lahan gambut di Riau yang kian kritis.

Kali ini mereka tidak bersama kapal Rainbow yang pernah mereka bawa ke Riau beberapa waktu lalu. Kapal kali ini jauh lebih besar yakni Esperanza. Kapal itu berlabuh di Sei Pakning Kabupaten Bengkalis, Riau, pada Selasa (4/11/2008) sekitar pukul 13.10 WIB.


Detikcom melansr.Kapal Esperanza tiba di Sei Pakning setelah sebelumnya mereka berlayar dari Jakarta. Kapal itu membawa rombongan aktivis lingkungan terbesar di dunia ini sebanyak 31 orang. Mereka akan berada di Riau selama sepekan mendatang.

Sebelumnya aktivis ini sudah pernah bertandang ke Riau tepatnya memantau lahan gambut di Kabupaten Indragiri Hulu beberapa bulan silam. Namun kali ini pemantauan mereka beralih ke lahan gambut Semenanjung Kampar.

"Lokasi Semenanjung Kampar ini menjadi perhatian khusus Greenpeace karena memiliki kedalaman lebih dari 20 meter. Ini merupakan lahan gambut terdalam di Indonesia," kata Bustar Maitar, Forest Campaigner, Greenpeace saat dihubungi wartawan

Bustar menjelaskan, kapal mereka juga membawa heli yang nantinya akan memantau lahan gambut Semenanjung Kampar dari udara. Kehadiran para aktivis ini, menurut Bustar, belum mendapat halangan atau kendala dari pihak aparat setempat. Namun sejumlah instansi terkait sudah memeriksa semua kelengkapan para aktivis itu.

"Kelengkapan administrasi kami sudah diperiksa sejumlah instansi terkait. Sejauh ini tidak ada masalah, semuanya lancar-lancar saja. Malah kami dilayani dengan baik kok," kata Bustar.
(aa. Saputra)
Selengkapnya...

Kompolnas Akui Kesulitan Awasi Polisi

Makassar, Liputankota - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengakui kesulitan mengawasi polisi yang tersebar di lebih dari 30 polda di seluruh Indonesia. Mengapa komisi yang dibentuk presiden untuk mengawasi polisi ini merasa kesulitan?

"Bayangkan, anggota kami saja hanya enam orang. Selain itu dalam satu tahun sangat untung jika kami bisa bertemu dengan ketua atau wakil ketua kami," kata Komisioner Kompolnas, Novel Ali, Selasa (4/11), di Hotel Imperial Makassar dalam public hearing Kompolnas dan LBH Makassar.

Acara ini digelar Kompolnas di tujuh polda di Indonesia untuk mengumpulkan data sebagai bahan untuk memberi saran pada presiden yang berkaitan dengan anggaran polri, SDM polri, dan pengembangan polri.

Novel juga mengeluhkan karena mereka tidak beri kewenangan untuk melakukan investigasi seperti komisi lainnya. Hal lain yang membuat aneh, Kompolnas saat ini masih menumpang kantor di Mabes Polri.

Chief of Cluster Security & Justice Governance Cluster Kemitraan Laode M Syarif yang tampil sebagai pembicara merangkap moderator mengusulkan agar LBH di seluruh Indonesia bisa menjadi perpanjangantangan Kompolnas di daerah.

Tribun-timur.com melansir. Acara ini menghadirkan pembicara Novel Ali dari Kompolnas, Direktur LBH Makassar Abdul Muttalib, Kapolda Sulsel Irjen Pol Sisno Adiwinoto, dan Chief of Cluster Security & Justice Governance Cluster Kemitraan Laode M Syarif.

Lembaga ini dibentuk presiden berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 50/M/2006 tertanggal 19 Mei 2006. Presiden menunjuk sendiri orang-orang yang duduk di dalamnya yang merupakan hak prerogatif presiden.

Keenam anggota Kompolnas yakni Novel Ali, Adnan Pandupraja, Sukarni Ilyas, Ronny Lihawa, Laode Husen, dan Erlyn Indarti. Sementara ketuanya adalah Menko Polhukam Widodo AS dan Wakil Ketua Mendagri M Ma'ruf.(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

LSI : Sementara Khofifah Unggul Pada Pilkada Jawa Timur



Surabaya,Liputankota - Dari penghitung cepat sementara yang dilakukan MetroTV bekerja sama dengan Lembaga Survey Indonesia (LSI) di Hotel Mercure Surabaya, Selasa (4/11), suara pasangan KaJi masih unggul dalam Pilgub Jatim putaran kedua.

Hingga pukul 14.15 WIB, pasangan Khofifah Indar P-Mudjiono (KaJi) memperoleh 50,30 persen. Sedangkan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) memperoleh 49.70 persen.

Persda Network melansir. Pilkada Gubernur Surabaya berlangsung dua putaran karena pada putaran pertama, tak satupun calon yang berhasil meraih 30 persen suara.

Dalam putaran kedua ini, hanya dua calon yang berhak ikut, yaitu Kaji dan Karsa.(Iwan Munandar)

Selengkapnya...

Obama Presiden Kulit Hitam Pertama



Jakarta,liputankota – Pemilu AS akhirnya digelar, Selasa (4/11) waktu setempat atau Rabu (5/11) WIB. Berbagai prediksi pengamat dan jajak pendapat tingkat nasional digelar. Hasilnya, Barack Obama hampir bisa dipastikan akan berkantor di Washington D.C.

Awal pekan ini, kedua capres bertarung makin agresif pada menit-menit terakhir demi mendapatkan tambahan suara. Sebanyak tujuh hingga delapan negara bagian pemilihnya masih imbang (swing states/battleground states).

Berdasarkan jajak pendapat U.S.A Today/Gallup, Obama memimpin 11 poin dengan 53%, McCain 42%. Hasil jajak pendapat skala nasional lainnya juga menunjukkan senator asal Illinois ini memimpin dengan jarak sekitar tujuh hingga delapan poin.

Simpati publik untuk Obama semakin meningkat terutama dengan meninggalnya sang nenek di Hawaii yang menjadi pemberitaan dimana-mana. Obama sempat menghentikan rangkaian kampanye untuk mengunjungi neneknya, 10 hari yang lalu.

Namun masih ada sekitar 6% pemilih yang belum memutuskan akan memilih siapa. McCain, veteran perang Vietnam pun memutuskan untuk berjuang hingga titik darah penghabisan. Hal ini dibuktikan dengan rangkaian kampanye sepanjang 22 jam pada hari Senin (3/11) waktu setempat.

Juga dengan meluncurkan iklan TV yang memuat cuplikan mantan pendeta Obama, Jeremiah Wright yang kontroversial. Wright menyalahkan AS atas tragedi pemboman WTC New York 9/11. Sempat terucap kata-kata kutukan dari bibirnya. “Bukan Tuhan berkati Amerika, tapi Tuhan kutuk Amerika,” katanya yang dalam iklan tersebut mengenakan mantel Afrika.

Namun itu bukan halangan bagi tim kampanye Obama. Sebab sebagian pemilih sudah memberikan suara mereka beberapa hari sebelum Pemilu digelar, terutama mereka yang berkulit hitam.

Inilah.com melansir bahwa berjuta orang kembali memberikan suaranya kemarin, Senin (3/11) WIB. Setelah 21 bulan berkampanye, mendekati akhir kampanye Obama makin percaya diri. Ia mengatakan pada 80.000 pendukungnya di Cleveland, Ohio, bahwa ia memiliki perasaan yang baik mengenai hal ini. Namun demikian, apa saja bisa terjadi pada menit-menit terakhir.

“Pemilu ini belum berakhir,” ujar Obama di hadapan 60.000 pendukung pada kampanye berikutnya di Colombus, Ohio. Hal tersebut ia ungkapkan sebab tak ingin pendukungnya berpendapat ia terlalu santai atau bersikap seolah kemenangan sudah di depan mata.

Sebenarnya sikap sedikit santai Obama ini tak terlalu mengherankan. Sebab jumlah suara yang ia menangkan lebih dari cukup. Jika dijumlahkan dengan negara bagian yang dimenangkan capres Demokrat sebelumnya, John Kerry, maka ia akan mendapatkan 328 suara (electoral votes). Seorang kandidat membutuhkan 270 suara jika ingin menjabat sebagai presiden.

Dengan kacaunya perekonomian AS dan kebijakan presiden Bush (Partai Republik) yang makin tak populer, kekuatan yang dihimpun Demokrat semakin dalam di Washington. Tak hanya itu, mereka juga telah menyebarluaskan kekuasan di Kongres. Janji-janji perbaikan menuju masa depan yang lebih baik pun terucap dari capres Demokrat ini.

“Jika memilih saya, kita tak hanya memenangkan Pemilu ini. Bersama kita perbaiki negara kita dan dunia,” kata Obama melalui siaran radio beberapa saat lalu.

Janji ini terucap atas dasar yang kuat. Ingat saja dirinya yang bukan siapa-siapa dua tahun lalu. Kini ia tinggal selangkah dan sehari lagi menjadi orang terkuat di planet ini.

Dalam sejarah Amerika, Pemilu Obama-McCain ini memang yang paling dinantikan oleh masyarakatnya. Tak hanya AS, seluruh dunia ikut mengantisipasi pergantian pucuk pimpinan negara adidaya ini. Intinya, berbagai hasil jajak pendapat ini menunjukkan posisi Obama yang sedang berada di atas angin. Jika benar, ia akan menjadi presiden kulit hitam pertama di AS.(Wawan/aa.effendy)

Selengkapnya...

"Wasiat Amrozi Cs" Serukan Pembunuhan Hendarman



Jakarta, liputankota - Kejaksaan Agung (Kejagung) tidak mau mengomentari lebih lanjut mengenai munculnya situs yang berisi "wasiat Amrozi cs", yang bernada seruan untuk membunuh individu antara lain Jaksa Agung Hendarman Supandji


Demikian disampaikan Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Jasman Panjaitan di gedung Kejagung Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Selasa (4/11).

Hal ini dikarenakan, lanjut Jasman, Kejagung masih saat ini masih mempertanyakan kebenaran apakah memang tiga terpidana mati kasus Bom Bali I yakni Amrozi, Muklas, dan Imam Samudra yang menulis surat tersebut.

"Untuk itu, karena belum diketahui kebenarannnya maka kejaksaan berharap agar masyarakat bisa secara arif menanggapi seruan tersebut," imbaunya.seperti dikutif tribun.

Menurutnya, dari sudut pandang intel pasti sudah dilakukan pelacakan tentang kebenaran dari situs tersebut. Mengenai pengamanan, kejaksaan menyerahkan sepenuhnya kepada instansi yang berwenang, dalam hal ini yakni kepolisian.

Jasman juga membantah, helikopter yang sejak siang tadi melintas berkali-kali di atas gedung Kejagung bukan untuk sengaja dikerahkan kejaksaan untuk pengamanan. "Saya tidak mau menanggapi, pokoknya masalah pengamanan sudah ada instansi yang bertanggung jawab," pungkasnya. (Wawan/aa.effendy)
Selengkapnya...

Kapolda Sulselbar Akui Lamban Tangani Kasus Korupsi

Kapolda Sulselbar, Irjen Pol. Sisno Adiwinoto

Makassar, Liputankota - Kapolda Sulsel Irjen Pol Sisno Adiwinoto mengakui lamban menangani kasus korupsi. Itu karena banyaknya prosedur yang harus dilalui apalagi jika yang menjadi tersangka adalah bupati atau wali kota.

"Kadang kita mengurus izin pemeriksaan bupati bisa mencapai enam bulan, inilah yang membuat proses pemeriksaan lama," katanya di depan perwakilan masyarakat dalam acara public hearing di Hotel Imperial Aryaduta Makassar, Selasa (4/11).

Selain itu, terbatasnya kewenangan polisi ikut membuat penyelesaian sebuah kasus lambat diselesaikan. "Tugas kami hanya melakukan penyidikan sedangkan yang melakukan penuntutan adalah jaksa. Kadang kami harus bolak-balik berbulan-bulan karena jaksa menilai berkas kami kurang lengkap," katanya.seperti dikutif tribun.

Hal itu diungkapkan Sisno dalam public hearing Selasa (4/11) bersama Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) dan LBH Makassar di Hotel Imperial Aryaduta Makassar.

Acara ini juga menghadirkan Novel Ali dari Kompolnas, Direktur LBH Makassar Abdul Muttalib, dan Chif of Cluster Security & Justice Governance Cluster Kemitraan Laode M Syarif yang juga dosen Fakultas Hukum Unhas.(

Selengkapnya...

Giliran LSM Datangi KPU Pangkep

Makassar, Liputankota- Setelah mendapat "serangan" dari ratusan orang yang mengaku simpatisan dan kader Golkar, KPU Pangkep didatangi belasan aktivis LSM yang menamakan diri Jaringan Masyarakat Penyelamat Pangkep (JMP2).

JMP2 yang dipimpin Abbas dan Daud meminta KPU Pangkep tidak terpengaruh dengan aksi Golkar. Mereka mengancam akan menggugat KPU Pangkep jika mengakomodir caleg Golkar yang sudah digugurkan.seperti dikutif tribun.

Sementara, Ketua Golkar Pangkep Syamsuddin Batara yang memimpin langsung aksi memnta KPU mengakomodir Abdullah Mahmud yang digugurkan oleh KPU sebagai caleg Golkar. Syamsuddin yang juga Ketua DPRD Pangkep berorasi di halaman kantor KPU laiknya seorang mahasiswa.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

DPRD Setujui Usulan Pengadaan Mobil Untuk Presiden

Inilah Mobil Merek Toyota Crown yang diperuntukkan untuk Mobil tamu Pemprov Seperti Presiden.

Makassar, Liputankota-Ketua DPRD Sulsel, Moh Roem, mempertimbangkan untuk mengabulkan usulan pengadaan mobil dinas khusus tamu VVIP Pemprov Sulsel.

Usulan pemprov tertuang dalam draft APBD Perubahan 2008 yang sementara digodok di perlemen. Pemprov mengusulkan anggaran Rp 1,4 miliar untuk pengadaan mobil VVIP jenis Toyota Crown.

"Mobil khusus VVIP sudah tua keluaran 1993. Masa setiap tamu khusus diangkut dengan mobil seperti itu," kata Roem.seperti dikutif tribun.

Menurutnya, mobil tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi kedatangan Presiden dan Wapres tapi tamu negara yang berkunjung ke Sulsel. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Rupiah Terpuruk, Tembus Rp 11.000



Jakarta, Tribun - Rupiah Selasa (4/11) pagi turun kembali menembus angka Rp 11.000 per dollar AS karena pelaku pasar masih membeli dollar AS. Rupiah berada di posisi Rp 11.100 per dollar AS.

"Aksi beli dollar AS oleh pelaku pasar masih tinggi sehingga rupiah kembali terpuruk," ujar analis valas PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Rully Nova, di Jakarta, Selasa (4/11).
Rully mengatakan, pasar masih didominasi aksi beli dollar AS meski laju inflasi Oktober 2008 membaik menjadi 0,45 persen dibandingkan dengan bulan lalu yang mencapai 0,97 persen. "Sentimen positif dari membaiknya inflasi Oktober 2008 cenderung tidak mampu mendorong rupiah bergerak naik," katanya.

Dollar AS sendiri di pasar global menguat terhadap mata uang utama lainnya menjelang Pemilihan Presiden AS. Euro turun menjadi 1,2635 dari sebelumnya 1,2750 per dollar AS dan dollar AS terhadap yen naik menjadi 99,13 dari 98,44 yen.

Institute for Supply Management AS mengungkapkan, indeks belanja manajer, ukuran dari kegiatan manufaktur, turun menjadi 38,9 pada Oktober dari 43,5 pada September, terendah sejak September 1982. Kejatuhan indeks manufaktur ISM mencerminkan ekonomi AS berada dalam sebuah resesi.

Menurut Rully, rupiah untuk sementara masih dalam tekanan pasar. Meski pemerintah dan Bank Indonesia (BI) berusaha menjaganya, tekanan krisis keuangan global masih tetap besar.

"Karena itu, rupiah sampai akhir tahun ini akan masih terpuruk. Namun, BI terlihat menjaga mata uang Indonesia itu tidak melewati angka Rp 12.000 per dollar AS," ucapnya.seperti dikutif tribun.

Rupiah, kata dia, pada sore nanti diperkirakan akan kembali tertekan karena pelaku pasar cenderung membeli dollar AS, apalagi menjelang akhir tahun kebutuhan terhadap dollar AS meningkat.

Selengkapnya...

Kajari Makassar Masuk Asrama Haji Sudiang Hari Ini

Laporan: Sidink/Andi Ahmad- Makassar



Makassar, Liputankota -- Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan Hamzah Tadja dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Makassar Isa Ansary bersama istri masing-masing, barusan telah masuk Asrama Haji Sudiang, Makassar, Selasa (4/11) siang.

Keduanya tergabung dalam kelompok terbang (kloter) satu Embarkasi Makassar 2008. Selain istri, anak Hamzah Tadja yakni Eka Nugraha juga ikut terlihat dalam rombongan calon jamaah haji (CJH) kloter satu.

Di kloter satu, beberapa jaksa Kejati Sulsel, juga terlihat ikut dalam rombongan. Di antaranya ada Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun) Tjahtjoe dan Kasi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Andi Makmur.seperti dikutif tribun.

Kloter satu ini dijadwalkan meninggalkan Makassar ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dengan menggunakan Garuda Indonesia Arilines (GIA), Rabu (5/11) besok.

Selengkapnya...

Massa Golkar "Kepung" KPU Pangkep

Makassar, Liputankota- Ratusan orang yang mengaku simpatisan dan kader Golkar mengepung Kantor KPU Pangkep. Mereka mendesak KPU mencabut kembali keputusannya menggugurkan caleg Golkar, Abdullah A Mahmud.

Tribun-timur melansir. KPU Pangkep memutuskan menggugurkan Abdullah karena yang bersangkutan dipindahkan ke daerah pemilihan (DP) lain setelah penetapan daftar caleg sementara (DCS).

"Kami tidak akan terpengaruh dengan segala macam rongrongan seperti itu. Kami tetap berpatokan pada aturan dan undang-undang," jelas Ketua Kelompok Kerja Pencalonan KPU Pangkep, Haniah.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Calon Haji Makassar Masuk Asrama Haji Hari Ini

Laporan: Sidink/Andi Ahmad- Makassar



Makassar, Liputankota - Calon Jamaah Haji (CJH) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berangkat melalui Embarkasi Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, mulai masuk Asrama Haji Sudiang, Selasa (4/11) hari ini.
Berdasarkan jadwal pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji tahun 2008, sebanyak 320 CJH Makassar yang tergabung dalam kloter pertama dijadwalkan masuk ke asrama pukul 09.00 wita disusul jamaah kloter kedua asal kabupaten Takalar dan Makassar pukul 12.00 wita.

"Sebelum berangkat jamaah kloter pertama dan kedua terlebih dahulu menginap semalan di asrama haji. Malam harinya kita akan melakukan pelepasan jamaah di asrama," kata Kepala Bidang Haji dan Umrah Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil) Depag Sulsel Abduh Halid di kantor Kanwil Depag, Senin (3/11).seperti dikutif tribun.

Kloter pertama dijadwalkan bertolak ke Tanah Suci, Rabu (5/11) pukul 07.45 disusul 320 CJH kloter kedua pukul 12.00 wita.

Tahun ini, jamaah yang bertolak melalui Makassar tetap mempergunakan terminal Bandara Hasanuddin yang lama. Rombongan kloter perdana akan dilepas oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo beserta Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Depag Bahri Mappiasse selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Makassar.

Sebanyak 42 kloter asal Sulsel akan berangkat ke Tanah Suci melalui Embarkasi Bandara Sultan Hasanuddin Makassar termasuk CJH asal Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Papua, dan Papua Barat, hingga 2 Desember nanti.

Jumlah jamaah haji yang tergabung dalam Embarkasi Hasanuddin mencapai 13.612 CJH sedangkan 6.525 jamaah tersebut berasal dari 23 kabupaten/ kota di Sulsel.

Selengkapnya...

Densus 88 Tak Boleh Masuk Kedubes Australia



Jakarta, Liputankota- Kendati mendapatkan ancaman bom, kedubes Australia ternyata tidak memperkenankan personel Detasemen Khusus 88 Polda Metro Jaya masuk. Akhirnya, mereka hanya melakukan penyisiran di luar pagar.

"Benar tadi Densus ke sini. Tapi Densus tidak diperkenankan masuk ke dalam pagar, mereka hanya menyisir di luar pagar saja," ujar salah seorang anggota Brimob yang berjaga di depan Kedubes seperti dilansir detikcom.

Penyisiran tersebut berlangsung selama 30 menit dengan melibatkan sekitar 12 personel anggota Densus 88. Namun dari hasil penyisiran, tidak ditemukan apapun.

Petugas tersebut juga membenarkan ancaman bom yang diterima Kedubes Australia. Pihaknya mengaku sudah memperoleh informasi tentang adanya SMS ancaman tersebut sejak pukul 07.00 WIB. Pihak kedutaan langsung memintanya untuk menyisir lokasi.

"Untuk penyisiran di dalam, menurut mereka itu tanggung jawab pihak kedutaan, dan itu sudah teritorial kedaulatan Australia. Jadi ya kita tidak bisa apa-apa," lanjut petugas.(Wawan/aa.effendy)

Selengkapnya...

Kapolda Sulselbar Pertegas Larangan Bentor Beroperasi di Kota Makassar

Kabid Humas : Coffee Morning Seni Depan di Laksanakan diatas laut

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Polisi Sisno Adiwinoto bersama Direktur Samapta Mabes Polri ketika bertandang pada acara coffe morning yang dilaksanakan Kapolda Sulselbar setiap hari senin diwarkop Phoenam (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota- Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Polisi Sisno Adiwinoto kembali mempertegas larangan operasional becak motor (bentor) di Kota Makassar. Jajaran kepolisian akan sering merazia bentor-bentor tersebut.
Pasalnya, sesuai peraturan menteri, bentor hanya dibolehkan beroperasi di kota atau kabupaten dengan jumlah penduduknya tidak lebih 300 ribu jiwa. Sedangkan Makassar adalah kota metropolitan dengan jumlah penduduk lebih satu juta jiwa.

"Karenanya keberadaan bentor di kota ini dianggap melanggar aturan. Saya berharap aturan ini bisa disosialisasikan dan ditaati," ujar Sisno saat coffe morning di Warung Kopi Phoenam, Panakkukang, Makassar, Senin (3/11).

Pada coffe morning itu hadir di antaranya Kapolwiltabes Makassar KBP Burhanuddin Andi, Kabid Humas Polda KBP Hery Subiansauri, Direktur Polair Polda KBP Agus Sutikno, PR III UNM Prof Dr Hamsu Gani, dan beberapa pejabat dari intansi Dinas Perhubungan Sulsel.

Karenanya Sisno meminta aparat pemerintah seperti dinas perhubungan tak memberi izin operasional bagi becak motor.

Pada coffe morning itu, Kapolresta Makassar AKBP Kamaruddin juga mengungkapkan bahwa selain pelanggaran peraturan menteri, pengemudi becak motor itu juga telah melanggar administrasi yakni SIM yang digunakan adalah SIM C atau SIM roda dua.

"Namun kenyataannya yang digunakan roda tiga. Selain itu, becak motor itu telah berubah bentuk dan tidak sesuai peruntukannya. Selain itu, becak motor rawan ditumpangi. Karena penumpang berada paling depan. Sehingga paling beresiko jika terjadi tabrakan," ujar Kamaruddin.seperti dikutif tribun.

Hal lain, tambah Kamaruddin, rupanya para pengemudi bentor itu merupakan urban alias umumnya warga pendatang yang datang di Kota Makassar memang untuk menawarkan jasa bentornya.

Selain keberadaan becak motor, becak tradisional yang kerap menggunakan jalan protokol juga menjadi perbincangan serius pada coffe morning tersebut. Pasalnya, becak tradisional pun sebenarnya dilarang beroperasi di jalan-jalan protokol.

Karena jalan protokol adalah khusus jalur kendaraan cepat. Tapi kini dengan mudahnya terlihat becak becak melintas di jalan-jalan protokol padat lalu lintas di kota ini. Karenanya Kapolda Sulsel Sisno meminta jajarannya agar tak bosan melarang becak-becak melintas di jalan protokol.

Para pemilik becak disarankan hanya beroperasi sebagai penyangga dan di jalan-jalan yang tak dilalui kendaraan angkutan umum seperti dalam kompleks perumahan.

Dan menurut Kabid Humas Polda Sulselbar, Kombes Pol.H. Hery Subiansuri mengatakan bahwa untuk acara coffee morning pada senin depan dilaksanakan ditas laut dengan memakai kapal laut milik Polair dengan mengelilingi perairan tepi kota Makassar sambil berdiskusi bersama Kapolda Sulsel dan seluruh wartawan yang ikut, jelasnya kepada wartawan usai coffee morning tersebut. (Zaenal Arifin/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Jenazah Amrozi Cs akan Diangkut Helikopter Polri

Jakarta,Liputankota- Mabes Polri sudah memastikan jenazah terpidana mati kasus bom Bali I, Amrozi, Imam Samudra, dan Ali Gufron akan diantarkan pulang ke kampung halamannya masing-masing setelah dieksekusi mati di Nusakambangan. Ketiga jenazah itu akan dipulangkan dengan pesawat helikopter milik Polri.
Kepastian mengantarkan jenazah ketiga terpidana mati kasus teror bom ini disampaikan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Abubakar Nataprawira, Senin (3/11). Menurut Abubakar, pesawat helikopter yang akan dipakai untuk mengantar jenazah ketiga terpidana mati itu telah dipersiapkan.
(
"Usai eksekusi, jenazah akan kami angkut dengan menggunakan helikopter milik Mabes Polri. Satu jenazah, yakni Imam Samudra, akan langsung diterbangkan ke Serang, Banten, dan dua jenazah lagi, Amrozi dan Ali Gufron akan langsung diterbangkan ke kampungnya di Lamongan, Jawa Timur," jelasnya.

Pemilihan helikopter sebagai sarana angkutan untuk membawa pulang jenazah ketiga terpidana mati kasus bom Bali ini karena dinilai lebih cepat dan paling sedikit menanggung risiko di perjalanan. Sementara lewat jalan darat, selain jarak tempuh yang jauh dan memakan waktu lama, risiko perjalanan sangat tinggi. Polisi harus mengamankan sepanjang jalan dari Nusakambangan, Cilacap, sampai Lamongan, Jawa Timur dan Serang, Banten.

Dengan keputusan mengantarkan pulang jenazah dengan helikopter ini, pengamanan hanya fokus di Jawa Timur dan Banten. "Tapi semua Polda juga diperintahkan untuk melakukan antisipasi pengamanan, terutama Polda Jawa Tengah, DIY, Banten, Jawa Timur, Bali, dan Polda Metro Jaya. Begitu juga seperti Polda Maluku dan Poso," ungkap Abubakar.

Bali juga diperintah mewaspadai keamanan menjelang eksekusi ketiga terpidana mati ini karena Bali adalah tempat terjadinya teror bom yang merenggut nyawa 202 orang dan menciderakan 329 orang itu. "Kalau Polda Jawa Tengah sudah jelas karena tempat dilaksanakan eksekusi, Polda Jawa Timur dan Banten tempat penguburan ketiga terpidana mati ini. Sementara Polda Metro Jaya adalah karena Ibu Kota yang imbas keamanannya bisa menyasar ke Ibu Kota. Apalagi wilayahnya masih berdekatan dengan Serang, Banten," terang Abubakar.seperti dikutif Kompas.com.

Tidak hanya itu, Polri juga akan menerapkan pola pengamanan ke sejumlah objek vital, seperti Kedutaan Besar Negara, Pertamina, Hotel, Mal dan Bandar Udara. Di beberapa tempat juga terpaksa dilakukan razia untuk memastikan keamanan. "Ada beberapa tempat yang kita lakukan razia rutin terhadap penumpang dan kendaraan umum maupun pribadi. Ini untuk memastikan tidak ada yang membawa bahan peledak dan bahan berbahaya lainnya," jelas Abubakar.(Effendy Saputra)


Selengkapnya...

Wagub Minta Warga Sulsel Hanya 1 Kali Pergi Haji



Makassar, Liputankota-Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang meminta masyarakat Sulsel yang sudah menyandang gelar haji,tidak melaksanakan ibadah ke Tanah Suci untuk kedua kalinya.

Hingga saat ini jumlah daftar tunggu (waiting list) haji sudah mencapai 30.000 orang. Sementara itu, kuota haji Sulsel tidak bertambah signifikan. Pada musim haji 2008 saja, kuota haji Sulsel 6.896 orang. Masyarakat diminta memberikan kesempatan kepada warga lainnya melaksanakan ibadah haji. "Kalau sudah menyandang gelar haji, kami mengharapkan tidak mengikuti ibadah haji lagi.

Jika memang mau ke Tanah Suci, lebih baik melakukan umrah saja," ujar Agus Arifin Nu'mang saat menghadiri manasik haji yang digelar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) MandiriSulseldiCelebesConvention Center (CCC) kemarin. Mantan Ketua DPRD Sulsel ini mengatakan, minimnya kuota haji yang diberikan pemerintah pusat, membuat daftar tunggu kian panjang.

Pada tahun ini, pemerintah hanya memberikan kuota tambahan sebanyak 70 orang dari musim haji tahun sebelumnya. Waiting list yang hampir mencapai 30.000 orang,diperkirakan baru terakomodir hingga 2011 mendatang. Selain itu,wakil gubernur meminta petugas haji baik tim kesehatan, ketua kloter maupun pembimbing ibadah haji, memantau jamaah semaksimal mungkin.

Apalagi, jarak antara pemondokan haji dan Masjidil Haram atau lokasi pelaksanaan ibadah, berkisar antara 10-15 kilometer. "Petugas penyelenggaraan haji harus maksimal memantau jamaah Indonesia.Jangan sampai ada kejadian yang tidak diinginkan, misalnya jamaahtersesat. Faktor kesehatan juga perlu diprioritaskan agar tetap menjaga stamina,"paparnya.

Anggota Komisi IV DPRD Sulsel Bidang Kesejahteraan Rakyat Syamsari Kitta mengatakan, panjangnya daftar tunggu haji harus direspons jajaran Departemen Agama (Depag) dengan mengevaluasi dan memonitor jamaah. Database haji harus dimaksimalkan dengan membatalkan pemberangkatan jamaah yang telah melaksanakan ibadah haji sebelumnya.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Jamaah Haji Indonesia Berangkat 5 November 2008



Jakarta,Liputankota-Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Slamet Riyanto mengatakan, pemberangkatan jemaah haji regular 1429 H akan berlangsung selama 28 hari, dimulai 5 November sd. 2 Desember 2008. Sedangkan pemulangan jemah haji akan dimulai13 Desember 2008 sd. 9 Januari 2009.Hal itu diungkapkan Slamet Riyanto dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VIII DPR-RI, di Jakarta, Kamis (4/9) yang dimpimpin oleh Ketua Komisi VIII DPR Azrul Azwar.

Menurut Slamet Riyanto, jumlah jemaah haji regular 191 ribu orang dan petugas kloter sebanyak 2.465 orang akan diberangkatkan dari 11 embarkasi dalam 493 kloter(klompok terbang) yang akan diangkut oleh Saudi Arabian Airlines dan PT. Garuda Indonesia.

Penerbangan Garuda, kata Slamet Riyanto, akan mengangkut 107.465 orang jemaah terdiri dari 301 kloter dari embarkasi Banda Aceh, Padang, Palembang, Jakarta, Solo, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan dan Makassar. Saudi Arabian Airlines mengangkut 86.000 orang jemaah terdiri dari 192 kloter dari embarkasi Jakarta, Surabaya, Batam dan Medan.

Slamet menambahkan, sesuai dengan ketentuan IATA (International Air Transport Association) dan GACA (Saudi Arabia`s General Authority for Civil Aviation), setiap jemaah hanya diperkenankan membawa satu tas tentengan dan satu koper yang diberikan oleh pihak penerbangan. "Koper jemaah hanya dapat diisi maksimal 32 kilogram, bukan 35 kg seperti tahun lalu," katanya.seperti dikutif depag.go.id.

Menyangkut penyediaan pemondokan di Mekkah, kata Slamet Riyanto, sampai tanggal 1 Setember 2008, telah disewa sebanyak 359 rumah dengan kapasitas 137.361 orang atau 69% dari kebutuhan perumahan untuk 200.460 orang. Perolehan pemondokan tersebut Ring I, 93 rumah dengan kapasitas 35.315 orang . Ring II, 266 rumah dengan kapasitas 102.046 orang.

Slamet memaparkan, penyewaan pemondokan di Mekkah di bagi menjadi 2 kategori, yaitu Ring I jarak kurang dari 1.400 meter dengan sewa sebesar SR 2.000, tidak disediakan transportasi berada di wilayah Jarwal, Ma`abdah, Misfalah dan Jummezah. Ring II berada di wilayah Aziziah Janubiah, Syauqiah dan Syissah, jarak lebih 1.400 meter disediakan transportasi dari pemondokan ke Masjidil Haram PP dengan harga bersifat proporsional.(wawan)

Selengkapnya...

Gara-gara Batalkan Pemenang Lelang, Dispenda Sulsel Didemo

Makassar, Liputankota-Sekitar 30 demonstran yang mengatasnamakan Kesatuan Nasional Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Lingkungan Ekonomi Sosial (L-Kompleks), berunjuk rasa di Kantor Dispenda Sulsel, Senin pagi (3/11), sekitar pukul 11.00 wita.

Aksi tersebut dipicu oleh Pengumuman Lelang No. 602./73F/P3U/IX/DPSS/2008 tertanggal 12 Septemer 2008 dan surat pembatalan pemenang lelang Nomor 020.1/750/DIPENDA tertanggal 13 Oktober 2008, yang ditujukan pada CV. Kami Jaya.

“Surat pembatalan pemenang lelang yang dikeluarkan oleh Kadispenda Sulsel, cacat demi hukum dan bertentangan dengan Kepres 80 Tahun 2003, tentang pengaadan barang dan jasa ,” ucap Sekjen L-Kompleks, Ruslan Rahman, saat memberi orasi di hadapan demonstran dan sejumlah karyawan Dispenda Sulsel.

Oleh sebab itu L-Kompleks meminta Kadispenda Sulsel, segera mengeluarkan kontrak kerja perbaikan atau pemeliharaan Kantor UPTD Samsat Wilayah III Luwu Tahun angaran 2008 dengan nilai angaran Rp500 juta, sesuai hasil pengumuman pemenang lelang di Surat Kabar Harian Upeks.

Demonstran inipun mengharapkan pada pihak yang berwewenang agar dapat mengusut keterlibatan Kadispenda Sulsel dan Ketua Panitia dalam proses pembatalan tersebut yang digerayangi oleh mafia proyek. (Zulkifli Malik/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Sistem Online Menunjang Percepatan Akses Seluruh Samsat Se-Sulsel

Kantor Samsat Wil.I Makassar (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota- Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Sulsel mengadakan workshop strategi mengoptimalkan pengelolaan daerah dengan memanfaatkan sistem online secara maksimal. Workshop ini diikuti 50 peserta di lingkup Dipenda Sulsel.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, A Muallim, ketika membuka acara tersebut di Hotel Sahid Makassar, Senin (3/10), mengatakan, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang didesain secara tepat guna untuk menunjang kecepatan informasi dan akses antarsistem komputerisasi di kantor-kantor samsat akan berdampak pada percepatan penerimaan dan keakuratan data administrasi pemungutan.

Workshop ini menurut Muallim sangat strategis dan penting untuk meningkatkan pendapatan daerah sebagai upaya untuk mendanai berbagai aktivitas pemerintahan dan pembangunan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat melalui peningkatan kemampuan aparat pengelola pendapatan daerah.

Perangkat daerah menurut Muallim perlu mengantisipasi sedini mungkin perkembangan teknologi dengan menyiapkan dukungan instrumen kerja sebagai landasan operasional untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia termasuk mengubah pola pikir dalam melaksanakan otonomi secara bertanggung jawab dan menghindari pola pikir sempit dalam memaknai otonomi daerah sehingga tidak menimbulkan ekses yang dapat mengganggu stabilitas sosial, politik dan ekonomi.

Peningkatan pendapatan daerah, lanjut Muallim, harus didukung perangkat yang layak dan memiliki kemampuan SDM yang andal dalam mengelola pendapatan daerah melalui perangkat sistem online.seperti dikutif tribun.

Muallim mengingatkan agar pembangunan software dengan memanfaatkan sistem online harus dibarengi dengan pembinaan dan pemberdayaan sumber daya manusia pengelolanya selaku administrasi pemungutan pajak.

Plt Kepala Dinas Pendapatan Daerah Sulsel, Arifuddin Dahlan, melaporkan, workshop tersebut diikuti 50 peserta yang merupakan utusan dari UPTD Samsat Makassar, Gowa, dan daerah lainnya.(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom