Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Petugas Asrama Haji Temukan Barang Kaduluarsa CHJ Asal Kolaka

Laporan: Andi Ahmad- Makassar

Makassar, Liputankota-Sejumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, kembali kedapatan membawa barang kosmetik yang telah expire alias kedaluarsa, Senin (24/11). Barang kosmetik itu ada yang berupa sabun cair dan ada berupa pelembab.
Barang-barang itu diketahui saat tas para jamaah diperiksa sesaat setelah tiba di Asrama Haji Sudiang, Makassar. Rupanya jamaah yang membawa barang tersebut tak mengetahui bahwa barang yang dibelinya telah expire. Mereka baru sadar setelah diberi tahu polisi dan petugas haji.

Temuan polisi itu merupakan kali kedua dalam dua hari terakhir. Sehari sebelumnya juga ditemukan barang kedaluarsa yang dibawa jamaah asal Sulawesi Tenggara. Seorang jamaah yang enggan ditulis namanya mengaku membeli barang kosmetik itu dari Toko Alaska, saat mereka masih berada Kolaka.

"Kalau saya tahu kedalursa, saya tidak beli. Tolong wartawan tulis nama tokonya. Karena kami telah dirugikan oleh pihak toko tersebut," ujar seorang calon jamaah haji yang barang kosmetiknya ternyata kedaluarsa, kemarin.

Wakil Kepala Pengamanan Asrama Haji Sudiang Komisaris Polisi Aidil R mengaku pihaknya bersama bea cukai dan petugas maskapai Garuda Indonesia Airlines sejak awal intens memeriksa barang-barang jamaah yang akan diangkut melalui pesawat.

Barang-barang yang dianggap berpotensi berbahaya bagi keselamatan penumpang di atas pesawat, akan disita. Barang-barang dimaksud di antaranya pisau, air mineral, korek gas, bahan- bahan yang berbentuk cair (liquid).

"Sebab jika barang-barang cair itu misalnya tumpah di atas pesawat, bisa menimbulkan bahaya. Makanya demi kepentingan bersama, barang-barang berpotensi berbahaya itu akan disita," ujar Aidil yang ditemui di sela-sela sedang memeriksa tas jamaah.

Menurut Aidil, aturan naik di atas pesawat sudah lama disosialisasikan. Anehnya, masih banyak calon jamaah haji yang masih banyak membawa barang-barang tersebut hingga tiba di Asrama Haji Sudiang. Barang-barang itu umumnya disimpan dalam koper para jamaah.

Barang Tak Beregistrasi BPOM juga Beredar di Asrama Haji

SELAIN bahan kosmetik kedaluarsa yang ditemukan di tas calon jamaah haji, beberapa barang kosmetik dan bahan makanan tak beregistrasi dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) juga diketahui diperdagangkan di Asrama Haji Sudiang.

Pengelola asrama haji harusnya bertindak cepat melarang perdagangan barang-barang yang tak beregistrasi BPOM. Pasalnya, setiap produk kosmetik apalagi makanan yang tak tercantum nomor registrasi BPOM pada label produk tersebut, dipastikan produk tersebut tak dijamin kualitas dan keamanannya bagi kesehatan tubuh.

Saat wartawan berkunjung di salah satu kios kosmetik yang ada di dalam area asrama haji, terlihat beberapa produk yang beregistrasi BPOM dijajakan. Saat ditanya perihal asal produknya yang diduga berbahaya itu, pemilik kios tersebut mengaku bahwa barang yang dijualnya itu merupakan titipan.

"Kebetulan belum ada yang laku. Saya hanya dititipi barang ini. Tidak enak saja kalau tidak dipajang," ujar Yeti, pedagang yang memajang produk makanan dan kosmetik yang tak beregistrasi BPOM, kemarin,seperti dikutif tribun-itimur.com.



Selengkapnya...

Sisno: Pilih Lebih Baik Bertugas Diluar Daerah Sulsel

Makassar, Liputankota- Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Inspektur Jenderal Polisi Sisno Adiwinoto mengaku senang bertugas di Sulawesi Selatan. Namun ia mengaku lebih senang lagi jika tidak bertugas di daerah ini.
Hal itu dikemukakan Sisno saat menggelar coffee morning di Hotel Clarion, Makassar, Senin (24/11). Coffee morning kali ini merupakan yang kedua kalinya digelar di Clarion dengan melibatkan ratusan peserta dari berbagai kalangan.

Sebelumnya acara serupa digelar di Makassar Golden Hotel dan Warung Kopi Phoenam, Bolevard, Makassar. Polda Sulsel berencana menggelar acara serupa setiap awal pekan dengan melibatkan berbagai kalangan.

Menurut Sisno, selama bertugas di Sulsel, banyak hal yang ia dapatkan. Utamanya pengenalan terhadap karakter orang Bugis-Makassar yang dianggapnya sangat berbeda dengan karakter warga di Pulau Jawa.

"Kalau saya dikasih pilihan, saya lebih baik bertugas di daerah asal saya, Jawa Barat," katanya. Namun karena ia ditugaskan oleh pimpinannya, mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri ini mengaku harus menerimanya.

Kapolda Dikritik Akademisi

Coffee morning yang digelar selama dua kali berturut-turut di Hotel Clarion menuai kritikan dari akdemisi dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM). Kegiatan tersebut dianggapnya tidak memiliki ujung pangkal karena pembicaraan tidak mengerucut pada satu persoalan.

Akademisi Universitas 45 Makassar, Marwan Mas, misalnya mengatakan, ia baru pertama kali diundang mengikuti kegiatan seperti ini. "Saya kira ada panelis yang berbicara di depan kemudian membicarakan satu topik yang lagi hangat. ternyata tidak sama sekali," katanya,seperti dikutif Tribun.

Aktivis LSM dari Lembaga Peduli Sosial Ekonomi Budaya Hukum dan Politik (LP-Sibuk) Djusman AR mengatakan, kegiatan yang disponsori PT Inco tersebut bisa berdampak negatif terhadap citra hukum di Sulsel.

"Kalau misalnya ada masalah di Inco, saya khawatirnya polisi ragu-ragu menanganinya karena sebelumnya telah membiayai kegiatan Polda Sulsel," ujar Djusman yang juga mengaku baru pertama hadir di acara itu. (Andi Ahmad)




Selengkapnya...

Polda Sulselbar Bongkar Pabrik Miras Ileggal Dikima

Makassar, Liputankota -- Sepandai-pandai bau busuk disembunyikan, pasti baunya akan ketahuan. Nampaknya peribahasa ini cocok dialamatkan kepada pemilik pabrik minuman keras (miras) ilegal yang selama ini beroperasi di Kawasan Industri Makassar (KIMA).
Sejumlah aparat Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan yang dipimpin AKP Sapir membongkar keberadaan sebuah pabrik miras ilegal yang berada di KIMA, Jl Kapasa Raya No 8, Makassar, Senin (24/11).

Sebanyak 180 dos bermerek MC Donald dan 150 dos jenever, dan 30 dos bertuliskan Vodka disita dalam penggerebekan tersebut. Totalnya berisi 4.392 botol miras.

Juga ikut diamankan 90 dos minuman Amstrong kedaluarsa dan sebanyal 60 jeriken konsentrat buah anggur merah dan alkohol 100 persen. Bahkan dasar inilah yang menjadi bahan baku untuk pembuatan miras tak berizin tersebut.

Polisi juga menyegel mesin penyulingan miras, mesin penjernihan air, dan ribuan botol kosong yang ada di dalam pabrik. Ribuan botol itu rencananya akan dijadikan wadah setelah bahan- bahan minuman itu diracik hingga menjadi miras siap dipasarkan.

Setelah dikemas dalam botol, miras tersebut dilabeli merek meniru merek yang miras yang sudah terkenal seperti MC Donal, Vodka, dan Jenever. Produk miras tiruan ini didistribusikan ke agen-agen miras yang tersebar di wilayah Kota Makassar dan sejumlah daerah di Sulawesi Selatan maupun luar Sulsel.

Selain mengamankan minumal ilegal dan peralatan penyulingannya, Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Polisi Hery Subiansauri mengatakan pihaknya juga telah mengamankan dua unit mobil yang ditemukan di gudang yang dijadikan lokasi pembuatan miras ilegal. Kedua unit mobil itu masing-masing satu mobil boks DD 9142 S dan sebuah mobil Isuzu Nissan.

Intruksi Kapolda Sulselbar

Kombes Polisi Hery Subiansauri mengatakan, pabrik miras ilegal itu sangat meresahkan dan mengancam keamanan. Pasalnya, dari gudang pembuatan miras itu, diketahui dalam sehari bisa memproduksi 1.800 liter atau 1,8 ton sehari.

"Bisa dibayangkan bagaimana rusaknya masyarakat jika miras itu beredar di masyarakat. Ini tidak lepas dari amanat Pak Kapolda yang selalu tegas dan meminta semua jajarannya untuk aktif mencari tahu keberadaan pabrik maupun pedagang miras ilegal di wilayah tugasnya masing- masing," tegas Hery,seperti dikutif Tribun.

Lulusan pendidikan antiteror AS itu menambahkan, pasca temuan itu, polisi telah memberi police lines di lokasi temuan. Polisi juga sudah menetapkan satu orang tersangka inisial ASR. Hery menambahkan temuan ini berkat partisipasi laporan masyarakat.(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Kapolda Sulsel: Belum Setuju Ada Pos Polisi Dikampus

Makassar, Liputankota-- Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Polisi Sisno Adiwinoto menegaskan saat ini belum saatnya dibangun pos polisi di kampus-kampus perguruan tinggi yang ada di Makassar.
Pasalnya, kondisi kampus-kampus di kota ini dinilai masih kondusif. Kendati diakui kadang diwarnai kerusuhan antarmahasiswa maupun yang melibatkan mahasiswa dan masyarakat.

"Saya berharap mahasiswa, dosen, dan birokrat kampus-lah yang berada di barisan terdepan dalam upaya bagaimana menciptakan kampus yang aman dan nyaman bagi civitas akademika," ujar Sisno disela-sela coffee morning yang digelar di Hotel Clarion, Makassar, Senin (24/11).

Sisno mengungkapkan hal itu menanggapi pertanyaan wartawan terkait tawaran sejumlah pejabat perguruan tinggi yang meminta dibukanya pos polisi dalam kampus. Ide ini didasari maraknya tawuran yang terjadi di dalam kampus.

Hadirnya pos polisi tersebut sebagaimana ditawarkan birokrat kampus diharapkan bisa meminimalisir terjadinya tawuran yang telah merusak citra perguruan tinggi di mata masyarakat, lokal, nasional, maupun internasional.

Sisno juga mengkhawatirkan adanya pos polisi di kampus dipandang akan mengintervensi kampus."Kendati saya belum setuju adanya pos polisi di kampus, tapi kalau ada tawuran, pasti aparat kami akan masuk kampus menetralisirnya," tegasnya,seperti dilansir Tribun.

Jenderal bintang dua itu juga menambahkan pihaknya akan tegas menindak mahasiswa yang terlibat. Termasuk akan ada razia di kampus untuk mencari mahasiswa yang kerap membawa barang yang dilarang seperti parang, senjata api, minuman keras, apalagi obat-obatan terlarang seperti narkoba.

Mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri itu juga telah memerintahkan seluruh jajarannya agar tidak memberi penangguhan penahanan bagi para mahasiswa yang diduga kuat sebagai pelaku tawuran jika tertangkap.

"Kita akan memberikan efek jera. Tentu saja sesuai mekanisme hukum yang berlaku," ujarnya seusai dialog coffe morning.(Agussalim/Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Warga Adat Kajang di Bulukumba Minta Kelola Sendiri Hutannya



Bulukumba,Liputankota-Masyarakat adat Kajang meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk mengelola kawasan hutan Kajang sesuai adat masyarakat setempat. Pengelolaan hutan sesuai adat diyakini lebih efektif untuk menjaga kelestarian hutan.

Permintaan masyarakat Kajang ini, ditindaklanjuti Dinas Kehutanan Kabupaten Bulukumba dengan menyelenggarakan diskusi terfokus dengan tema Pengelolaan Hutan Adat Kajang, di gedung PKK Bulukumba, akhir pekan lalu.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kehutanan Bulukumba, Misbawati, mengatakan pada dasarnya pemkab menyetujui permintaan tersebut. Karena pada dasarnya pemkab juga meyakini jika hutan di Kajang dikelola secara adat akan jauh lebih bermanfaat bagi masyarakat dan kelestariannya lebih terjaga.

Hanya saja, katanya, sebelum pengelolaan hutan dikembalikan, harus dibuatkan regulasi dalam bentuk peraturan daerah. Diskusi terfokus ini, akan dijadikan bahan penyusunan naskah akademik untuk pembuatan rancangan perda pengelolaan hutan adat Kajang.

Diskusi terfokus menghadirkan nara sumber. dari Universitas Hasanuddin, Syamsul Ibrahim. Dalam ceramahnya, Syamsul menawarkan kepada masyarakat Kajang untuk menjadikan hutan Kajang sebagai hutan dunia. Jika tawaran ini disetujui, dia siap memfasilitasi dengan pihak Unesco,seperti dikutif Tribun.

Peserta diskusi terfokus antara lain, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kajang, aktifias LSM dan PNS lingkup Pemkab Bulukumba. Diskusi dibuka Asisten II, Rosali Liong.(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

CHJ Asal Kolaka Tiba di Asrama Haji Sudiang

Laporan: Andi Ahmad-Makassar

Makassar, Liputankota - Rombongan calon jamaah haji yang tergabung di kelompok terbang (kloter) 31 asal Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, baru saja tiba di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Senin (24/11) sore.

Rombongan kloter 31 ini terdiri 323 calon jamaah haji. Mereka sebenarnya telah tiba di Makassar sejak Minggu (23/11) siang. Mereka menginap di Pondok Madinah yang berada sekitar 50 meter dari Asrama Haji Sudiang.

Mereka diantar Kepala Bidang Penyelenggara Haji, Zakat, dan Wakaf Kantor Wilayah Departemen Agama Sulawesi Tenggara Tamrin dan Kabag Kesra Pemkab Kolaka Anwar Kowal,seperti dikutif tribun.

Rencananya kloter 31 ini akan diterbangkan melalui Bandara Sultan Hasanuddin, Selasa (25/11) siang. Bila tak ada aral, mereka akan tiba kembali di Tanah Air, 3 Januari 2009 mendatang. (Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Agung Lantik 10 anggota DPR -RI PAW

Fachruddin Djaya menggantikan Diah Defawati Ande Dari PBR


Jakarta, Liputankota - Ketua DPR RI Agung Laksono melantik sejumlah anggota DPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW), diantaranya Idris Laena menggantikan mantan Gubernur Riau yang juga anggota komisi VII DPR RI Saleh Djasit, di gedung DPR RI Senin (24/11).

Saleh Djasit telah divonis pengadilan Tindak Pidana Korupsi selama empat tahun penjara, dalam kasus pengadaan mobil pemadam kebakaran yang merugikan negara senilai Rp4,7miliar.

Selain Djasit, anggota Fraksi Golkar lainnya mengalami PAW adalah Akil Mochtar yang digantikan N. Nehen. Sedangkan dari FPDIP, Gatot Luprijantomo menggantikan Agus Condro Prayitno dari pemilihan Jateng VIII, Sementara Max Moein digantikan oleh Yulianto Sumarli dari dapil Kalbar.

Sementara dari Fraksi Partai Bintang Reformasi yang dilantik adalah Asnawai Mardani (nomor urut 2 Dapil) Banten yang menggantikan Ade Nasution (anggota komisi VII). dr. Faisal (nomor urut 3 dapil Sumut) menggantikan Bachrum Siregar (anggota komisi I) dan Is Anwar (anggota komisi X) digantikan Zulhendri nomor urut 2 Dapil Sumbar serta Fachruddin Djaya menggantikan Diah Defawati. (anggota komisi XI).

Dua anggota lainnya adalah Maria Margareta A. Doy (Partai Penegak Demokrasi Indonesia) dari dapil NTT I menggantikan Joseph Wiliem Lea dan dari FKB Ahmad Mubassyir Mahfud dari dapil Jatim X menggantikan Moh. Mahfud MD yang terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi.

Agung Laksono minta agar para anggota Dewan yang baru dilantik secepatnya menyesuaikan diri dengan intensitas lembaga DPR, dengan waktu yang tersisa singkat ini. Sesuai kalender ketatanegaraan pemilu legislatif akan berlangsung hingga 9 April 2009 dan DPR baru hasil Pemilu akan terbentuk 1 Oktober 2009.

"Hanya tinggal hitungan bulan DPR RI periode 2004-2009 akan menyelesaikan tugas-tugas konstitusionalnya. Kami berharap dengan waktu yang terbatas ini, saudara-saudara dapat memaksimalkan tugas dan pengabdian saudara sebagai wakil-wakil rakyat sesuai amanah yang telah saudara terima," ujar Agung.seperti dikutif kompas.com.

Idris Laena menyatakan siap memperjuangkan aspirasi masyarakat khususnya masyarakat Riau yang merupakan daerah pemilihannya.

Idris mengaku memperoleh penugasan dari Fraksi Partai golkar untuk menggantikan posisi Saleh Djasit di komisi VII DPR RI yang membidangi masalah energi, SDM, ristek dan lingkungan hidup.

"Saya siap memperjuangkan aspirasi rakyat Riau karena sesuai dengan potensi sumber daya alam Riau yang kaya akan energi, seperti minyak, harusnya rakyat Riau dapat hidup lebih sejahtera dari sekarang," ujarnya.

Selain itu, Idris juga menyatakan akan melanjutkan upaya Pemprov Riau yang terus meminta kejelasan mekanisme pembagian dana perimbangan keuangan pusat dan daerah dan berjuang keras agar DBH (dana bagi hasil) tidak dipotong khususnya daerah penghasil migas.(Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Wartawan Televisi di Makassar Dikeroyok

Makassar, Liputankota-Wartawan televisi, Syamsul Bakri (31) warga Tello, Makassar, dikeroyok belasan orang. Para pengeroyok diduga berasal dari keluarga residivis pencurian kendaraan bermotor (Ranmor) dan langsung melaporkan kejadian ini Polresta Makassar Barat, Sabtu.


"Awalnya saya meliput keributan di Jalan Lamaddukelleng Buntu sekitar pukul 00.00 Wita. Sejam kemudian salah seorang anggota Resmob Makassar Barat mendengar kabar dari salah seorang anggota jika salah seorang tersangka yang sudah dijadikan target operasi (TO) diketahui jejaknya," tuturnya, seperti dilansir Kompas.com.

Polisi diikuti sejumlah wartawan elektronik dan cetak kemudian mengejar TO dan saat tiba di tempat kejadian perkara (TKP) polisi yang berjumlah empat orang itu memasuki rumah MS alias Ono (39), yang residivis Ranmor.

Ketika Ono berhasil diringkus dan para polisi serta sejumlah wartawan meninggalkan TKP, Syamsul tidak mengetahuinya sehingga asyik saja mengambil gambar tanpa ia sadari keluarga korban tengah mengincarnya.

Syamsul pun menjadi sasaran empuk kemarahan keluarga tersangka dan dikeroyok hingga luka di beberapa bagian tubuhnya.

Sejumlah peralatan seperti, lampu penerangan, aki, charger kamera serta sepeda motornya dirampas massa, sedangkan kamera videonya masih bisa diselamatkan, namun tidak lagi berfungsi karena dirusak massa.

Sejumlah polisi Makassar Barat kemudian turun ke TKP mencari pelaku pengeroyokan, namun tidak seorang pun ditemukan. Beruntung, motor korban kemudian bisa diselamatkan oleh polisi.(Andi Ahmad)




Selengkapnya...

Asrama Haji Sudiang Butuh Container Sampah

Laporan: Andi Ahmad- Makassar

Makassar, Liputankota - Asrama Haji Sudiang Makassar masih membutuhkan satu unit kendaraan pengangkut sampah, meski di sana sudah terdapat satu bak sampah (container) yang disediakan Pemerintah Kota Makassar.

"Sampah-sampah yang ada di asrama haji ini masih banyak menumpuk di beberapa titik, di antaranya di belakang wisma asrama," kata Wakil Sekretaris III Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Asrama Haji, Mudarak Dahlan, Minggu (23/11).
Menurut Mudarak, meski petugas sudah sedemikian rupa membersihkan sampah, masalahnya tetap ada pada kurangnya tempat penampungan sampah,seperti dikutif Tribun.

Saat penerimaan calon jamaah haji, tumpukan sampah masih tetap terlihat. Terlebih para CJH masih sering membuang sampah di sembarang tempat yang menyebabkan sampah tersebut berserakan bila tertiup anging.

Asrama Haji Sudiang memang memiliki satu kontainer yang terletak di dekat dapur. Volume sampah yang demikian besar menyebabkan sampah tidak tertampung seluruhnya.
Apalagi petugas kebersihan hanya mengangkut kontainer sampah hanya pada tiap malam.
Mudarak berharap Dinas Kebersihan Kota Makassar, menambah satu lagi kendaran pengangkut sampah ke Asrama Haji Sudiang agar tempat pelepasan calon jamaah haji itu bisa merasakan kenyamanan.



Selengkapnya...

Pemulangan Haji Indonesia, Rencana Pertengahan Desember



Jeddah, Liputankota - Sebanyak 220 ribu jamaah haji Indonesia dijadwalkan pulang ke tanah air pada pertengahan Dseember 2008. Sekitar 18 ribu orang di antaranya menggunakan jasa Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau ONH Plus.

Demikian keterangan yang disampaikan Kepala Daerah Kerja Jeddah Subakin Abdul Munthalib di Jeddah, Sabtu (22/11).

Namun berbeda dengan tahun lalu, kepulangan mereka diselingi dengan pelayanan ekstra nyaman. Ini karena Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyediakan lima hotel transit berkelas internasional di Jeddah, Arab Saudi, bagi jamaah haji yang akan kembali ke tanah air.

Dikutip dari Republika, lima hotel yang akan ditinggali jamaah selama 24 jam jam saat berada di Jeddah yakni Hotel Ashar, Madina Palace, At Toyar, North Count dan Hotel Al Afuf.

"Semua sudah diperiksa dan kondisinya bagus. Tinggal Hotel Al Afuf yang belum, rencananya akan dilihat hari ini," katanya.

Ia menambahkan, selama jemaah berada di Kota Jeddah, PPIH Arab Saudi juga menyediakan fasilitas untuk perjalanan keliling kota.

"Diberikan juga fasilitas 24 jam untuk perjalanan keliling kota, semacam city tour, supaya jamaah bisa refreshing dan kelelahan selama ibadah haji terobati," katanya.(Effendy Saputra)



Selengkapnya...

Ketua MPR-RI : Lembaga Survei Bukan Tuhan



Makassar, Liputankota - Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Hidayat Nurwahid menegaskan lembaga survei bukan Tuhan yang bisa menentukan nasib orang atau pun partai. Namun demikian lembaga survei juga bukan hantu yang harus dihindari.

Hal itu dikatakan Hidayat saat bersilaturahmi dengan kader PKS Sulsel di Serketariat Daerah Pemilihan (dapil) PKS Sulsel Jl Sungai Tangka, Makassar, Minggu (23/11),seperti dikutif Tribun.

Hidayat mengatakan hal itu menanggapi survei LSI yang menyebutkan bahwa PKS menempati urutan kedua partai terbersih setelah Partai Demokrat. Sebelumnya, PKS disebut-sebut sebagai salah satu partai terbersih di Indonesia.

Menurut mantan Presiden PKS ini beberapa pemilihan kepala daerah yang berlangsung di Indonesia justeru berbeda dengan analis lembaga survei selama ini. Ia mencontohkan di Pilkada Jawa Barat, Pilkada Jawa Timur, dan sejumlah pilkada lainnya. (Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Tana Toraja Utara Sudah Layak Jadi Kabupaten

Kalla Paembonan : Jangan Meninggalkan Nilai-Nilai Budaya Toraja

Laporan : Andi Ahmad- Makassr

Makassar, Liputankota-Pemekaran Kabupaten Tana Toraja suatu hal yang sudah perlu dilaksanakan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, dimana selama ini pelayanan dari pemerintahan tidak bisa terjangkau semua dengan luas wilayah kabupaten ini. Terbentuknya Kabupaten Tana Toraja Utara adalah tiada lain hanya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat didaerah itu, tidak ada unsur-unsur lain yang diharapkan dari hasil kerja keras kami ini, kata Sekertaris Direktorat Jenderal (Dirjen)Pemberdayaaan Masyarakat Desa (PMD) Depdagri, Kalla Paembonan di Makassar, Minggu, (23/11).

Menurut Kalla, selama ini sejumlah daerah diperjuangkan untuk bisa menjadi kabupaten baru atau dimekarkan dari kabupaten induknya, Dan waktunya tidak lama satu sampai 2 tahun sudah bisa jadi, tapi kenapa didaerah kami di Kabupaten Tana Toraja tidak bisa, makanya bersama-sama di DPR RI, berjuang untuk pemekaran ini, dan sekarang sangat bersyukur dengan keluarnya SK dari Menteri Dalam Negeri untuk melantik Pejabat sementara Bupati Kab. Tanatoraja Utara, yang pada Tanggal 26 Nopember 2008 akan dilantik langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI di Rantepao, katanya.

“ Dengan terbentuknya Kabupaten Tator Utara ini, pelayanan kepada Masyarakat didaerah utara sangat lebih mudah lagi utamanya pelayanan pada kesehatan dan pendidikan, termasuk lebih efektifnya penanganan pada pejabat pemenrintahan di dua daerah ini, sehingga ada efesiensi pengelolaan pemerintahan, “ jelas Kalla yang juga pengagas terbentuknya Kabupaten Tator Utara ini.

Dari Segi sumber daya manusia pada Kabupten Tator selama ini sudah tidak efesien dalam jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) sekitar 9000 jumlah PNS di Kabupaten ini tidak optimal lagi, dimana dalam suatu Kabupaten yang paling idialnya hanya 3000 jumlah PNS saja, jadi Kabupaten Tator sudah layak sekali dimekarkan, baik pengelolaan SDA (sumber daya alam) bila sudah ditangani pada dua titik sangat lebih menguntunkan, yang jelasnya dengan pemekaran ini jangan sampai meninggalkan nilaia-nilai budaya orang toraja selama ini.


Selengkapnya...

Di Indonesia Korupsi Kesehatan Capai Rp 128 Miliar

Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari

Jakarta, Liputankota-Sektor kesehatan di Indonesia sangat rentan korupsi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya korupsi yang terjadi di sektor ini. Dari hasil pemantauan Indonesia Corruption Watch/ICW tahun 2006-2008, ada 54 kasus korupsi yang sedang diusut oleh Kejaksaan, KPK dan kepolisian.


"Dari 54 kasus itu, 49 kasus di antaranya menyebabkan kerugian negara mencapai Rp 128 miliar," kata peneliti Divisi Monitoring Pelayanan Publik (MPP) ICW, Febri Hendri saat mengungkap hasil penelitian ICW mengenai Korupsi Kesehatan di Indonesia di Jakarta, Jumat (21/11).

Febri Hendri mengatakan, masalah di sektor kesehatan antara lain mulai dari sulitnya akses layanan kesehatan, buruknya layanan kesehatan, hingga masih adanya malpraktik. Hal ini disebabkan karena korupsi kesehatan yang menyebabkan inefisiensi dan pemborosan sehingga biaya kesehatan semakin meningkat.

"Masih banyak area rawan korupsi di sektor kesehatan yang belum tersentuh oleh upaya pemberantasan korupsi. Yang kami permasalahkan, kasus korupsi di level mene ngah ke bawah yang di daerah sudah mulai ditindak, namun regulator di level atas atau nasional belum tersentuh sama sekali, padahal potensi korupsinya cukup besar, kata Febri Hendri.

Rawan korupsi

Mengapa sektor kesehatan rawan korupsi, peneliti Divisi MP P ICW Ratna Kusumaningsih memaparkan bahwa korupsi terjadi karena adanya ketidakpastian informasi di seputar permintaan layanan kesehatan (siapa saja yang sakit, kapan dan bagaimana pengobatan yang tepat).

Juga karena besarnya dana dalam sektor kesehatan. Anggaran kesehatan pemerintah di tahun 2007 sebesar Rp 16 triliun, besarnya omset obat tahun 2007 yakni Rp 29 triliun.

Banyaknya aktor yang terlibat serta hubungan antar aktor yang kompleks juga menjadikan sektor kesehatan ini rawan korupsi, kata Ratna Kusumaningsih.

Ratna menyatakan, pelaku yang berpotensi melakukan korupsi kesehatan adalah regulator: pusat (Depkes, DPR, DPD, BPOM dan Badan Pengawas lainnya), daerah (Dinkes Provinsi/Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota), pembayar (organisasi a suransi sosial, perusahaan asuransi milik pemerintah dan swasta), penyedia layanan (RSUD/RSJD/RSUP/RS Swasta dan Puskesmas), supplier (pemasok obat dan alat kesehatan milik pemerintah dan swasta serta kontraktor, juga pasien/masyarakat.

Dari penelitian kasus 2006-2008, kasus korupsi yang dilakukan oleh penyedia layanan ada 34 kasus, regulator lokal 27 kasus, kontraktor 9 kasus, supplier 3 kasus. Untuk level menengah ke atas belum ada yang ditangkap, kata Ratna Kusumaningsih.

Modus korupsi antara lain de ngan melakukan penggelembungan dana yang merugikan negara hingga Rp 102, 9 miliar, manipulasi data obat Rp 9 miliar, penggelapan data Rp 6,4 miliar, penyelewengan dana Rp 6,2 miliar, obat fiktif Rp 1,9 miliar, alat kesehatan fiktif Rp 699 juta, penyalahgu naan wewenang Rp 399 juta, penyuapan Rp 294 juta.

Waskat

Sementara itu, menurut Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, untuk menghindari korupsi di Departemen Kesehatan sejak 2007-2008 dilakukan pengawasan melekat. BPK diminta memeriksa semua tender-tender di Depkes setiap tahunnya.seperti dikutif kompas.com.

Yang menyedihkan itu di daerah-daerah. Kepala Dinas Kesehatan kan di bawah kekuasaan Gubernur, Bupati/Walikota. Kalau Kepala Dinas Kesehatan dapat dana dekonsentrasi untuk pembelian alat dari pusat, mereka terjepit oleh kepentingan Pemda. Kalau tidak nurut, dia bisa dipecat oleh Pemda. Sistem seperti ini yang rawan korupsi, kata Menkes.

Kepala Dinas Kesehatan menjadi tidak berdaya, padahal yang bermasalah Pemda-nya, terutama saat pilkada terkait pencarian dana pilkada. Tapi tidak semua kepala daerah seperti itu. Sekarang a da 34 Kepala Dinas Kesehatan yang sekarang diperiksa kejaksaan. Kasihan mereka. Sistem seperti ini tidak adil. Jadi kalau seperti ini, kita belum siap desentralisasi kesehatan, kata Menkes. (Effendy Saputra)



Selengkapnya...

Siap Perjuangkan Warga Atas Kepemilikan Tanahnya

Muchlis Pathana : Target Perolehan Suara Hanya 15 Persen

Laporan : Andi Ahmad- Makassar

Muchlis Pathana, SH. MH (Foto: Andi Ahmad)

Makassar,Liputankota- Untuk maju meraih suara terbanyak pada daerah pemilihan II Sulawesi Selatan Calon Legislatif (caleg) DPRI -RI Partai Demokrasi Indonesia- Perjuangan (PDI-P) tidak segampang diharapkan dengan banyaknya partai peserta Pemilu pada tahun 2009. Dalam target 15 persen suara yang harus dalam diperoleh suara didapil ini sudah merupakan hasil yang cukup bagus, kata Caleg DPR-RI PDI-P, Muchlis Pathana dicafe Indigo Makassar, Jumat (20/11).

Menurut Muchlis, pengalaman dalam mengurus sekitar 12 juta anggota KKSS (Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan)merupakan modal utama untuk meraih target suara yang akan diperoleh pada Pemilu Legislatif pada Tahun 2009 nanti, dan ini akan dijadikan barometer dalam mensosialisasikan kepada seluruh pengurus KKSS didaerah, tuturnya.

"Ketidakadilan yang terjadi pada wong cilik selama ini pada status kepemilikan atas tanah yang ditempati dalam mendapatkan kepastian hukum dari Badan Pertanahan Negara (BPN, sehingga warga kecil ini setiap kali menjadi korban penggusuran dari pemerintah walaupun tanah yang ditempati selama ini sudah berpuluhan tahun ditempati," ucap Muchlis yang juga Sekertaris BPP KKSS.

Pada Dapil II daerah Provinsi Sulawesi Selatan yang meliputi : Maros, Pangkep, Barru, Pare-pare, Soppeng, Bone, Sinjai dan Selayar yang merupakan daerah yang menjadi pilihan untuk maju menjadi Caleg DPR-RI karena disalah satu daerah didapil ini yakni kabupaten Bone adalah kampung halaman yang perlu dibangun dan dimajukan tingkat perekonomian dan menuju kesejahteraan, jelas mantan Forkom HMI Universitas Hasanuddin.

Sejumlah Caleg DPRD Kota/ Kabupaten pada PDI-P sudah kerjasama untuk saling memberikan dukungan didaerah masing-masing mencari simpatisan masyarakat sehingga target perolehan suara nantinya sama-sama menguntungkan.
Selengkapnya...

Gara-Gara Menunggu Kelamaan, CJH Wajo Tidur di Lantai



Makassar, Liputankota- keterlambatan ini, sekitar 66 CJH asal Kabupaten Wajo maupun 17 CJH Makassar terpaksa menunggu hingga dua jam di aula penerimaan Asrama Haji Sudiang. Rombongan asal Wajo maupun CJH Makassar yang datang dengan kendaraan pribadi sudah berdatangan sekitar pukul 13.30 wita.

Karena menunggu terlalu lama, sebagian dari mereka memilih tidur-tiduran di jejeran kursi di aula penerimaan.

Bahkan, akibat kelelahan menempuh perjalanan darat yang cukup jauh, sejumlah CJH Wajo nekat tidur di lantai aula penerimaan. Sebagian di antaranya tidur di ruang bagasi sembari menunggu rombongan asal Kabupaten Soppeng.seperti dikutif Tribun.

"Kita belum bisa terima karena rombongan belum lengkap. Jangan sampai ada dokumen maupun jamaah yang tercecer," kata salah satu petugas penerimaan di Aula Asrama Haji Sudiang. (Sidink)

Selengkapnya...

Rombongan CHJ Kab. Soppeng Telat Masuk Asrama Haji

Akibat Tertahan Pohon Tumbang di Barru.

Makassar, Liputankota - Sekitar 237 calon jamaah haji (CJH) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 24 terpaksa telat masuk Asrama Haji Sudiang, Makassar, hingga dua jam, Rabu (19/11).

Seyogyanya rombongan kloter 24 diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin Makassar di aula penerimaan Asrama Haji Sudiang pukul 14.00 wita, namun, mereka baru tiba sekitar pukul 16.00 wita.

Kondisi tersebut terjadi karena delapan bus yang ditumpangi CJH termasuk mobil yang ditumpangi Bupati Soppeng Andi Soetomo bersama rombongan tertahan hampir 1,5 jam di kawasan Bojo, Kabupaten Barru, akibat pohon tumbang tepat di tengah jalan.

Untungnya, pohon besar tersebut tidak mengenai bus yang dikendaraan rombongan CJH Soppeng. Akibat pohon tumbang akses jalan yang menghubungkan Ibu Kota Kabupaten Barru dan Pangkep tersebut lumpuh total.

Tidak hanya bus yang ditumpangi jamaah yang terpaksa tertahan, antrian kendaraan hingga dua kilometer (km) tak pelak terjadi.

"Sebelumnya kami meminta maaf kepada panitia (PPIH) atas keterlambatan ini. Termasuk bagi jamaah Wajo dan Makassar yang rela menunggu karena ada hambatan di jalan. Ada pohon yang sengaja ditumbangkan akibat pelebaran jalan di lokasi tersebut," kata Soetomo mengawali sambutan di hadapan jamaah.

Soetomo mengaku, untuk mempercepat pembukaan akses jalan tersebut dirinya terpaksa berhadapan langsung dengan petugas pengerjaan proyek pelebaran jalan. Akibat keterlambatan ini, sekitar 66 CJH asal Kabupaten Wajo maupun 17 CJH Makassar terpaksa menunggu hingga dua jam.seperti dikutif Tribun.

Bahkan, karena kelelahan sebagian dari mereka memilih tidur-tiduran di kursi bahkan di lantai sembari menunggu rombongan asal Soppeng tiba.

Sedangkan Kepala Kantor Departemen Agama (Kandepag) Soppeng Iskandar Fellang, menuturkan, sebenarnya CJH asal Wajo satu iring-iringan dengan rombongan asal Soppeng. "Rombongan Wajo memang berada di depan. Tetapi ketika jamaah asal Wajo sudah lewat barulah pohon besar tersebut langsung tumbang yang menghalangi laju rombongan Soppeng," jelasnya di Asrama Haji Sudiang.

Selengkapnya...

Krisis Listrik Luwu Raya Berakhir 1 Desember



Palopo, Liputankota- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Kota Palopo menargetkan krisis listrik yang melanda Palopo dan sekitarnya selama dua pekan terakhir baru akan teratasi paling cepat 1 Desember mendatang.


"Diupayakan aliran listrik yang terputus sudah dapat tersambung tanggal 1 Desember mendatang," ungkap Kepala PT PLN Cabang Palopo, I Ketut Suwarsa, kepada Tribun, Rabu (19/11).
Masyarakat Palopo dan sekitarnya seperti Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur telah mengalami krisis listrik sejak dua pekan terakhir. Masyarakat pun mulai gerah dengan kondisi ini.
Krisis listrik yang berdampak pada pemadaman bergilir setiap delapan jam ini disebabkan rusaknya tiga tower milik PLN di daerah Siguntu (Palopo) dan Bastem (Kabupaten Luwu) akibat bencana banjir dan tanah longsor yang melanda daerah ini
Ketiga tower yang rusak ini merupakan jaringan listrik yang disuplai dari PLTA Bakaru, Kabupaten Pinrang. Dengan rusaknya ketiga tower ini, pasokan atau suplai listrik dari Bakaru terhenti atau terputus yang otomatis mempengaruhi suplai listrik di Palopo.
Untuk sementara, PLN terpaklsa mengoperasikan PLTD Balandai dengan kapasitas produksi 6 mega watt (MW). Namun PLTD ini hanya mampu memenuhi seperdua dari kebutuhan listrik warga Palopo yang pada beban puncak penggunaan mencapai 12 MW.
Sementara untuk Lutra, dari 8 MW kebutuhan listrik, PLN hanya dapat menyediakan 2 MW dan Lutim hanya disediakan 6,2 MW dari 7,4 MW kebutuhan listrik di daerah tersebut.
"Kita (PLN) sangat berharap agar masyarakat dapat memaklumi kondisi (krisis listrik) ini karena hal ini semata-mata disebabkan bencana alam," kata I Ketut.(Tono)


Selengkapnya...

Jembatan di Mamuju Utara Roboh, Trans Sulawesi Terputus

Mamuju, Liputankota- Bukan hanya jembatan di daerah Malunda, Majene, yang bermasalah, jembatan di ujung utara Sulbar pun bermasalah.

Jembatan ini terletak di daerah Pasang Kayu, Ibu Kota Mamuju Utara (Matra).
Jembatan ini pun merupakan satu-satunya jembatan yang menghubungkan antara Sulbar dan Sulteng, bahkan jembatan ini lokasinya dekat dengan perbatasan kedua provinsi ini.
Jembatan sepanjang 50 meter ini roboh sejak hari Senin lalu dan kemungkinan besar tidak bisa difungsikan lagi karena merupakan jembatan tua.

Ada jembatan baru yang dibangun di sampingnya, tapi belum rampung 100 persen. Saat ini, jembatan tersebut hanya bisa dilalui oleh kendaraan beroda dua dan pejalan kaki.

Saat ini, kendaraan roda empat yang akan ke atau dari Sulteng harus memutar ke jalan lain dengan waktu tempuh antara satu hingga dua jam.seperti dikutif Tribun.

Jika dari Mamuju hendak ke Sulteng, maka mobil harus belok di daerah Tikke dan menempuh perjalanan sekitar satu hingga dua jam untuk tiba di Martajaya.
Jika dari Sulteng mau ke Mamuju, maka mobil akan menjalani rute sebaliknya.(Yuzak NL/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Pengadaan Mobil Ambulance Dinkes Sulsel Diduga Mark Up

Laporan : Andi Ahmad- Makassar



Makassar, Liputankota-Pengadaan 4 unit mobil ambulans Proyek DHS2 untuk Tahun Anggaran 2008, di lingkup Dinas Kesehatan (Diskes) Propinsi Sulsel yang menelan biaya Rp 1Miliyar, menuai berbagai sorotan. Bahkan terkesan spesifikasinya tidak sesuai anggaran yang disiapkan.

Pengadan mobil ambulans yang ditenderkan pada awal Bulan November 2008 ini, terkesan berjalan lancar tanpa ada sanggahan dari pihak rekanan yang ikut dalam proses tender. Namun di balik itu, terkuak berbagai permaalahan yang dianggap dapat merugikan Negara.

Menurut sejumlah sumber layak percaya, proyek yang menggunakan dana Asian Devolepmen Bank (ADB), syarat dengan penyimpangan. Khususnya menyangkut spesifikasi ambulans yang mengarah ke merek tertentu, Toyota Kijang Inova. Artinya, harga per 1 unit mobil tersebut senilai Rp 250 juta.

“Seharusnya dengan anggaran Rp 1 Miliyar, bisa mendapatkan lebih dari 4 unit ambulans. Sedang pasaran Kijang Inova standar untuk per-unit Rp 150 juta plus assesoris amblans serta peralatan kesehatan (alkes) hanya berkisar Rp 25 juta. Jumlah keseluruhan hanya Rp 175 juta per unit,” papar sumber tersebut, Rabu (19/11).

Dijelaskan, dengan nilai pemborosan yang berindikasi murk-up sekitar Rp 75 juta per-unit. Nah, untuk pengadaan ambulans sebanyak 4 unit senilai Rp 300 juta. “indikasi kerugian Negara ini, harus ditindak lanjuti oleh aparat hukum,” tambah sumber yang meminta untuk tidak dijelaskan identitasnya.

Sementara itu pihak LSM LAPPAN melalui ketuanya, Jufri. K, menyayangkan pelaksanaan tender yang terindikasi merugikan Negara. Alasannya kejadian serupa sudah pernah terjadi pada Tahun 2006 lalu, semasa Dr. Muhadir, menjabat Kadis Kesehatan Sulsel, yang mana banyak kendaraan ambulans jenis kijang dijadikan mobil pribadi dengan mencopot sebagian assesorisnya.

Lebih lanjut Jufri mengakui, pihaknya dalam waktu dekat akan mengarahkan persoalan ini ke meja hukum, demi menyelamatkan keuangan Negara.

Ketua Panitia Lelang Pengadan mobil ambulans Diskes Propinsi Sulsel, Max Paembonan, dan PPK-nya Tajudding Tulang, SKM, M. KS, yang menjdi penganggungjwab proyek ini, sangat sulit ditemui. Bahkan keduanya kerap tidak berada di kantornya.(Andi Ahmad) (nantikan edisi selanjutnya).

Selengkapnya...

Gempa Gorontalo-Buol, Dua Orang Lagi Meninggal



Gorontalo,Liputankota - Hingga pagi tadi, korban tewas gempa bumi Gorontalo-Buol tercatat menjadi enam orang. Dikhawatirkan korban tewas masih akan terus bertambah mengingat banyaknya warga yang mengalami luka parah.

Dua korban yang tewas belakangan semuanya adalah warga Gorontalo. Dengan demikian, tiga orang tewas dari Gorontalo dan tigalainnya adalah warga Buol, Sulawesi Tengah.

Kepala Penanggulangan Krisis Departemen Keehatan RI, Rustam S Pakaya, pagi tadi mengatakan, korban luka di Gorontalo sebanyak 32 orang dan 33 rumah rusak. Sedangkan di Buol, korban luka 45 orang, 800 rumah rusak, dan 1 jembatan ambruk.

Gempa terjadidini hari kemarin dengan kekuatan yang besar, yaitu 7,7 pada skala Richter. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sempat mengeluarkan peringatan tsunami namun segera mencabut pengumuman itu satu jam kemudian.(Muston/AndiAhmad)

Selengkapnya...

Pakai Kekerasan, Guru Masih Warisi Gaya Kolonial



Jakarta,Liputankota-Zaman dulu, guru punya kuasa. Cambuk dan kekerasan jadi senjata sang guru menertibkan siswa. Tetapi, gaya kolonial dan gaya premanisme itu kini tidak pas diterapkan di era demokratis.

"Masih ada warisan kolonial yang digunakan dalam mendidik. Mungkin karena dulu diajarkan dengan kekerasan maka sekarang mereka mengajar pakai kekerasan. Ada daerah yang masih menerapkan itu. Jadi tidak lepas dari budaya masa lalu. Kalau sekarang, disebut gaya premanisme," kata Ketua DPP I Federasi Guru Independen Indonesia, Supriyono, Selasa (18/11/2008).Seperti dikutif Detikcom.

Menurut dia, guru sebaiknya mendidik dengan santun. "Membuat anak didik sebagai manusia bermartabat. Sebab, sekarang kan semua dimonitor dan diawasi. Demokrasi pun jangan kebablasan," ujarnya.

Mengenai guru yang melakukan kejahatan seksual seperti yang dilakukan Erwin Ronaldo di Tapanuli, menurut dia, hal itu bersifat kasuistik.

"Kami sangat terkejut. Itu melanggar kode etik dan tidak dibenarkan," cetus pria yang mengajar di SMK Negeri 42 Cengkareng ini.

Rekrutmen

Supriyono mengatakan, kepribadian sangat penting dalam proses rekrutmen calon guru.

"Kalau di sekolah negeri, sudah ada tata cara yang benar. Ada tes IQ, ilmu pengetahuan, secara psikologis harus memiliki jiwa yang baik, tidak ada penyimpangan. Kalau di swasta, saya kurang paham. Kalau ada kasus seperti itu, mungkin waktu rekrutmen mengabaikan kepribadian guru," ujar Supriyono.

Untuk itu, lanjut dia, pemerintah maupun yayasan pendidikan ke depan harus punya peraturan baku dalam proses rekrutmen calon guru.

"Harus ada peraturan yang bisa menjerat orang yang menyimpang. Kalau untuk anak kan ada UU Perlindungan Anak. Untuk guru harus ada peraturan tentang kode etik guru. Guru harus santun dan menghargai siswa," kata Supriyono.(Effendy Saputra)

Selengkapnya...

3.000 Perangkat Desa Demo DPR, Macet Total



Jakarta,Liputankota-Sedikitnya 3.000 perangkat desa yang menamakan diri Persatuan Rakyat Desa Nusantara (Parade Nusantara) melakukan unjuk rasa di depan Gedung MPR/DPR. Mereka menuntut alokasi APBN sebesar 10 persen khusus untuk pembangunan masyarakat desa.

Bila tidak terpenuhi, mereka mengancam akan memboikot Pemilu 2009.

"Memang ada dana-dana dari departemen-departemen yang menyentuh masyarakat desa seperti Departemen Pertanian dan Departemen Kelautan. Tapi itu kurang maksimal, kami minta 10 persen. Bila tidak, kami akan boikot pemilu," kata salah satu Koordinator Aksi Parade Nusantara Slamet Rahardjo saat ditemui wartawan di lokasi unjuk rasa, Senin (17/11/2008).

Dalam aksinya massa mengangkat tingi-tinggi bendera Parade Nusantara dan juga beberapa bendera perwakilan-perwakilan dari daerah. Tidak tanggung-tanggung sound besar dalam sebuah kontainer pun digunakan dalam aksi.

detik.com melansir.Sementara itu untuk pengamanan aksi dilakukan sekitar 60 orang petugas dari Samapta dan Polantas Polda Metro Jaya.

Akibat aksi, kemacetan pun mengular dari jembatan Semanggi sampai Gedung MPR/DPR sebab massa menyempitkan ruas jalan Gatot Subroto di depan Gedung MPR/DPR. Namun demikian aksi berjalan tertib, dan mereka meminta beberapa perwakilannya bertemu dengan anggota DPR.(Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Menkes Resmikan Rumah Sakit Regional Mamuju Hari Ini

Menteri Kesehatan RI Siti Fadilah Supari

Mamuju, Liputankota- Menteri Kesehatan RI Siti Fadilah Supari akan melakukan kunjungan kerja untuk pertama kalinya ke Sulbar pada hari Rabu (19/11).Ia akan berada di Ibu Kota Sulbar, Mamuju, mulai dari pagi hingga siang hari menjelang sore.

Menurut Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulbar, Khaeruddin Anas, Senin (17/11), agenda utama menkes ke Mamuju adalah meresmikan rumah sakit regional Sulbar.

"Selain itu, Ibu menkes juga akan menyerahkan bantuan kendaraan operasional kepada Pemprov Sulbar yang akan diterima langsung oleh Pak gubernur," ungkap Khaeruddin.seperti dikutif Tribun.

Sebelum kembali ke Jakarta, Fadilah terlebih dahulu akan membuka workshop dewan kesehatan rakyat di Gedung Pemuda Mamuju.

Fadilah bersama rombongan dijadwalkan tiba dari Makassar di Bandara Tampa Padang, Mamuju, sekitar pukul 09.00 pagi. Selanjutnya ia akan kembali ke Makassar sekitar pukul 15.00 Wita.

Dari Makassar, Fadilah dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta.(Yusak NL)

Selengkapnya...

Pertumbuhan Ekonomi di Sulbar Rp 2 Triliun Tahun 2008



Mamuju, Liputankota- Hingga triwulan III tahun 2008, pertumbuhan ekonomi di Sulbar mencapai angka lebih dari Rp 2 triliun. Pertumbuhan ekonomi ini diukur berdasarkan kenaikan produk domestik regional bruto (PDRB).
Data pertumbuhan ekonomi di Sulbar ini diekspose oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar dalam bentuk konferensi pers di kantor BPS Sulbar di Mamuju, Senin (17/1).

Menurut Kepala BPS Sulbar, Nursam Salam, penentuan PDBR ini berdasarkan harga konstan tahun 2000, dari triwulan II ke triwulan III tahun 2008 mengalami pertumbuhan sebesar 1,88 persen (quarter to qurater). Dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun 2007, mengalami pertumbuhan sebesar 9,34 persen (year on year).

"Besaran PDBR atas dasar harga berlaku pada triwulan III tahun 2008 mencapai lebih dari Rp 2 triliun. Sedangkan PDBR atas dasar harga konstan tahun 2000 pada triwulan yang sama adalah Rp 964,69 miliar. Patokan kami adalah harga yang konstan, tidak terjadi inflasi. Secara nasional angka konstan itu terjadi pada tahun 2000," jelas Nursam.

Ada tiga sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi pada triwulan III. (3 Sektor Pertumbuhan Tertinggi)

Sektor lain yang juga ikut tumbuh tapi tidak terlalu besar adalah keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan sebesar 11,73 persen.Sedangkan untuk pertumbuhan selama setahun (y on y) yang tertinggi juga adalah sektor pertambangan dan galian sebesar 45,12 persen. Kedua adalah sektor bangunan yakni sebesar 35,47 persen. Ketiga adalah sektor keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan sebesar 25,58 persen.Kinerja ekonomi terburuk pada triwulan III adalah pada sektor pertanian yang mengalami kontraksi atau pertumbuhan negatif sebesar -6,24 persen."Walau demikian, bila dibandingkan dengan triwulan yang sama pada tahun sebelumnya, sektor pertanian ini masih tampak tumbuh sebesar 1,08 persen," tambah Nursam.seperti dikutif Tribun.

Secara riil, kata Nursam, pada triwulan III ini, terjadi peningkatan (y on y) pada semua komponen PDBR menurut penggunaan di antaranya adalah pengeluaran konsumsi rumah tangga naik sebesar 13,68 persen, pengeluaran konsumsi pemerintah sebesar 9,20 persen, pembentukan modal tetap bruto sebesar 21,04 persen, ekspor sebesar 21,39 persen, dan impor sebesar 26,23 persen.Sedangkan sumber pertumbuhan ekonomi terbesar pada triwulan III berasal dari sektor jasa dengan kontribusi sebesar 1,59 persen.

Sumbangan Sektor Pertanian Masih Terbesar

Sumbangan sektor pertanian terhadap perekonomian di Sulbar sampai pada triwulan III tahun 2008 masih tetap terbesar dibanding sektor-sektor yang lain yakni sebesar 50,58 persen.Tapi, pada triwulan III ini mengalami pertumbuhan negatif atau menurun sebesar 6,24 persen dibanding triwulan sebelumnya.Begitu juga bila dibandingkan dengan triwulan yang sama pada tahun sebelumnya juga mengalami pergeseran negatif sekitar 0,42 persen.Menurut Nursam, ini menunjukkan bahwa dari triwulan I hingga III, peranan sektor pertanian terus menurun yang berarti peranan sektor-sektor ekonomi selain sektor pertanian mengalami pertumbuhan yang cukup baik.(Yusak NL/Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Samarinda Banjir Lagi, Jalan Rusak Parah



Samarinda, Liputankota - Banjir di Samarinda yang terjadi sejak 4 November 2008, meski kini mulai terlihat surut namun membawa dampak sejumlah ruas jalan di wilayah tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.
Hingga Senin (17/11) sejumlah kawasan sudah tidak terendam banjir namun menimbulkan masalah lain, yakni kerusakan jalan akibat tergenang air yang cukup lama.

Tidak hanya jalan protokol dan jalan kota Samarinda, namun banjir juga telah menimbulkan kerusakan jalan pada kawasan pemukiman, termasuk gang-gang di dalam kota.
Akibat kerusakan tersebut dikhawatirkan bisa membawa korban jiwa karena dapat menyebabkan kecelakaan saat warga melintas di jalan yang berlubang tersebut.

Kerusakan yang terjadi bukan sekedar berlubang namun hampir merusak badan jalan sehingga kendaraan roda empat juga kesulitan melintasinya seperti di kawasan Jl Tengkukur. Kawasan ini cukup lama terendam air hingga mencapai 70 cm karena masuk dalam daerah aliran sungai (DAS) Sungai Karang Mumus.seperti dikutif Tribun kaltim.

Pemprov Kaltim untuk 2009 telah mengajukan anggaran melalui APBD sebesar Rp7 miliar untuk Samarinda dari Rp30 miliar untuk kabupaten/kota di provinsi itu yang mengalami nasib sama. "Samarinda paling besar mendapat bantuan karena menjadi kota terparah menerima dampak musibah banjir," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim, Sulaiman Gafur.(Darwis/Andi ahmad)

Selengkapnya...

Waspada! Gempa Terus Bertambah Diwilayah Indonesia

Gorontalo, Liputankota-Dalam catatan Program Dampak Gempa, pusat Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa di Gorontalo (Minahasa) merupakan gempa dengan magnitude dan episentrum tertinggi dari 135 gempa yang tercatat dalam sepekan terakhir.

Dalam catatan USGS, Senin (17/11), terjadi 33 gempa dalam tempo 24 jam, di Amerika tercatat 24 gempa, dan di Indonesia lima, termasuk empat di Gorontalo, dan di Yogyakarta.

Masih dalam data pusat gempa terlengkap dan termodern dunia itu, empat rentetan gempa di Minahasa, tercatat dengan magnitude tertinggi dengan di atas angka lima Skala Richter.

Gempa terakhir yang tercatat di Gorontalo 25 Juni 2006, dengan kekuatan 4,6 SR. Tak ada korban jiwa dalam gempa itu.seperti dikutif Tribun.

Gempa dengan skala magnitide 7,7 SR, terbilang jarang terjadi di dunia. Data dari USGS dalam setahun rata-rata 13 kali. Tahun 2007 terjadi 14 kali, dan tahun 2008 terjadi 10 kali, termasuk gempa yang terjadi kemarin.

Gempa yang menimbulkan tsunami di Aceh akhir 2005, 9,2 SR, hanya tercatat sekali di tahun itu. (Budianto)

Masih dari data gempa itu ditemukan grafik bahwa semakin tahun, jumlah gempa semakin bertambah, dan meluas dan terkonsentrasi di kawasan Asia fasifik. Jadi Waspadalah, dalam sepuluh tahun terakhir terjadi pergesaran dan perubahan signifikan di perut bumi.

Selengkapnya...

Manado Guncang Gempa Berkuatan 7,7 SR



Manado, Liputankota- Kekuatan gempa yang melanda laut sebelah utara Manado memiliki kekuatan 7,7 skala Richter dan mengguncang wilayah dari Manado sampai Poso. Di Buol, dua orang meninggal dan puluhan rumah roboh.

Gempa terjadi sekitar pukul 01.30 dini hari tadi. Sebelumnya, Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah IV, Makassar, dalam rilisnya menyatakan, gempa tepatnya terjadi pukul 06.33 wita. Pusat gempa terjadi di laut, 140 kilometer barat laut Gorontalo, pada kedalaman 10 kilometer. Episentrum gempa di 1,56 lintang utara dan 122,33 bujur timur.seperti dikutif Tribun.

BMG menyatakan, gempa tidak berpotensi tsunami. Kendati demikian, kepanikan warga Gorontalo dan kota-kota di pesisir tidak bisa dibendung. Warga dikabarkan berhamburan ke luar ruangan dan berlarian ke dataran yang lebih tinggi.(Budianto Daud)

Selengkapnya...

Petugas Catering Asrama Haji Tidak Libur

Laporan: Andi Ahmad- Makassar

Makassar, Liputankota- Karyawan PT Mandai Prima, Maros, perusahaan penyediaan makanan bagi calon jamaah haji (CJH), tetap masuk kerja meski pada hari libur.

ni diungkapkan Manajer Operasional PT Mandai Prima, Muhammad Idris, kepada Tribun di ruang catering, Asrama Haji Sudiang Makassar, Sabtu (15/11).

Walaupun pada hari Minggu, tidak ada dalam jadwal penerimaan calon jamaah haji, namuncatering tetap buka. "Kami masih tetap buka, walaupun dijadwal tidak ada penerimaan jamaah. Untuk jangka waktu satu bulan ini kami memang tidak ada libur. Kontrak kami dengan panitia penerimaan CJH yakni satu bulan, dan itu berakhir 29 November mendatang," ujarnya.


Selengkapnya...

CHJ Sulbar Kloter 19 Terlambat Masuk Asrama Haji

Laporan: Andi Ahmad-Makassar

Makassar, Liputankota - Calon jamaah haji asal Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) yang tergabung dalam kloter 19 Embarkasi Sultan Hasanuddin terlambat memasuki Asrama Haji Sudiang Makassar, Sabtu (15/11).

Ratusan CJH asal Polewali Mandar (Polman) ini dijadwalkan memasuki asrama pukul 16.00 wita tapi baru tiba di asrama haji satu jam kemudian.

Akibatnya kedatangan CJH kloter 19 ini didahului Kloter 20 asal Makassar dan Maros. Beberapa panitia tampak kewalahan keterlambatan dari kloter 19 ini.Seperti dikutif Tribun.


Panitia pun membagi acara penerimaan dan pelepasan jamaah haji yakni untuk kloter 19 acara pelepasan dan penerimaannya tetap di aula utama asrama, sementara kloter 20 dilepas di Aula III Asrama Haji.

Salah seorang CJH asal Polman, Hadira, mengatakan, keterlambatan ini disebabkan salah satu bus yakni bus kedua yang memuat CJH asal Polman ini mengalami kerusakan mesin saat memasuki daerah Kabupaten Pinrang.

"Bus kedua yang kami pakai rusak di daerah Pinrang. Akibatnya kami para jamaah yang ada di atas harus pindah ke mobil jamaah yang lain. Tapi alhamdullah kami tidak berdesak-desakan di sana dan bisa sampai di asrama haji dengan selamat," ujarnya.

Hal senanda juga dikatakan salah seorang sopir yang mengangkut CJH asal Polman, Jamal. Menurutnya keterlambatan ini diakibatkan adanya salah satu bus CJH yang mengalami kerusakan mesin.
"Akibat kerusakan itu, penumpang dipindahkan ke bus lain," ujarnya.

Selengkapnya...

Wiranto Mau Bubarkan Hanura



Jakarta, Liputankota- "MAKA, saya akan bubarkan Hanura sebelum pemilu."
Pernyataan itu disampaikan secara tegas oleh pendiri Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) II Hanura, Sabtu (15/11).

Namun, Wiranto menyatakan itu dulu sumpahnya jika Hanura sekarang masih dianggap partai gurem.
"Rakornas ini mutlak dilakukan organisasi sebesar Partai Hanura. Apalagi, dulu saya sering mengatakan kalau masih bertengger sebagai partai gurem, maka saya akan bubarkan Hanura sebelum pemilu. Tapi, hari ini sudah terlalu besar untuk dibubarkan," ujarnya.
Wiranto mengingatkan kader Hanura, agar tidak sombong meskipun Partai Hanura sudah menjadi besar.
Namun, harus menjadi pendorong semangat. Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Rakornas II Partai Hanura Ari Kastela mengatakan, agenda utama rakornas ini untuk konsolidasi organisasi dan personalia, serta langkah untuk pemenangan pemilu.
"Rakornas ini diikuti 255 orang dari unsur ketua, sekjend, bendahara umum, korwil, korda, penasehat dewan pakar, dan ketua organisasi sayap partai," ujarnya.
Ketua panitia pengarah Ari Mardjono juga mengatakan, rakornas ini antara lain mengagendakan evaluasi terhadap program pemantapan dari tingkat pusat sampai desa, terutama terkait dengen efektivitasnya.
"Bagaimana postur organisasi sejak awal hingga saat ini, apakah stagnan, melemah atau meningkat tajam," ujarnya.
Lima Besar
Wiranto menargetkan Hanura untuk menjadi salah satu dari lima partai besar dalam perolehan suara nasional.
"Namun, untuk persentase suara belum bisa kita umumkan saat ini. Nanti setelah rakornas baru dapat diketahui begitu mendengar paparan dari teman-teman di daerah," katanya.
Selain itu, menjelang Pemilu 2009, Hanura sudah mulai membicarakan kemungkinan koalisi dengan partai-partai lain.
"Tapi sampai saat ini belum ada yang bersifat koalisi permanen," terang Wiranto seperti dikutip Kompas.com.

Selengkapnya...

Barack Obama, Presiden Gaul



Makassar, Liputankota - Sepanjang sejarah kepresidenan Amerika Serikat, Barack Obama ternyata adalah presiden paling gaul. Obama akrab dengan internet. Melalui internet ia populer, dengan internet ia terpilih, melalui internet pulaia berkomunikasi dengan rakyatnya.

Salah satu contoh pemanfaat internet adalah penggunaan situs You Tube. Situs video ini dipilih Obama untuk mempublikasikan pidato mingguannya. Jadi, siapap pun di dunia ini nantinya dapat melihat pidato mingguan Obama di www.youtube.com.

Tentu ini merupakan terobosan baru. Sebab, selama ini pidato kenegaraan Presiden AS biasanya disampaikan melalui radio dan televisi lokal.

Nantinya, Obama akan merekam pidato yang rata-rata berdurasi empat menit untuk radio serta dalam bentuk video. Kemudian, pidato tersebut juga dipublikasikan di situs transisi Obama, change.gov.

Tak berhenti sampai di situ, Obama juga akan menggelar sesi tanya jawab online dan video interview lewat internet. Demikian detiknews melansir.

Untuk mengukur betapa gaul dan populernya obama lewat internet mudah. Buka situs search engine google, lalu masukkan nama Obama. Maka akan muncul keterangan bahwa artikel terkait Obama berjumlah 117 juta. Sedangkan McCain, lawan Obama dalam pemilihan lalu, hanya 78,3 juta.(Andi Ahmad)



Selengkapnya...

Raja Dan Sultan Se-Nusantara Akan Berkumpul Dilapangan Syech Yusuf

Makassar, Liputankota - Para raja dan sultan dari berbagai penjuru tanah air mulai berdatangan ke Sungguminasa, Kabupaten Gowa, sekitar 15 km arah utara Kota Makassar.

Para raja dan sultan ini akan berkumpul di Lapangan Syech Yusuf Sungguminasa, untuk menghadiri acara pembukaan Fetival Keraton Nusantara yang digelar di Sungguminasa.

Para raja, sultan, beserta unsur muspida serta undangan VVIP saat ini berkumpul di rumah jabatan Bupati Gowa. Sementara pemangku adat dan pamong praja serta prajurit sudah berkumpul di lapangan Syech Yusuf.seperti dikutif Tribun.

Para pserta kirab juga, sudah mulai memasuki lapangan yang menjadi tempat pelanksaan upacara pembukaan. Ribuan personil keamanan sibuk mengatur lalu lintas dan masyarakat yang datang menyaskikan acara.(Syam/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Jemaah Haji Indonesia Pakai 600 Bus Baru



Jakarta, Liputankota- Para jemaah haji asal Indonesia diperkirakan tidak akan mengalami kesulitan untuk menjalankan ibadah di Mekkah karena pemerintah sudah menyiapkan 600 bus. Semua bus dalam kondisi baru dan telah dicoba oleh petugas Media Center Haji (MCH) di Mekkah.

Hingga Jumat (14/11), sekitar pukul 14.30 waktu setempat, jumlah jemaah haji Indonesia yang telah memasuki Kota Mekkah dari Madinah mencapai 4.881 orang. Mereka berasal dari 12 kelompok terbang (kloter). Menurut informasi dari MCH ada 6 kloter yang masih dalam perjalanan.

Kepala Daerah Kerja Mekkah Zaenal Abidin Supi yang dihubungi dari Jakarta mengatakan para jemaah tiba di Mekkah dengan selamat. "Tidak ada gejolak. Meski rumahnya (pondokan) jauh tidak ada yang protes karena sosialisasi di Jakarta sudah gencar. Kami juga memfasilitasi transportasinya ke Masjidil Haram," ujarnya.seperti dilansir Kompas.com.

Begitu tiba di Mekkah, para jemaah langsung melakukan umroh. Ibadah itu dilakukan setelah mereka menempatkan barang-barang di pondokan. Untuk mengisi waktu sambil menunggu puncak ibadah Haji, para jemaah memanfaatkannya dengan melakukan ibadah lain.

Mengenai kondisi bus, Koodinator MCH Mekah Rahmat Santosa mengatakan semuanya dalam kondisi bagus dan nyaman. B us-bus itu juga dilengkapi dengan pendingin udara sehingga tidak akan membuat para jemaah kegerahan. Suhu udara siang hari tidak banyak berbeda dengan Jakarta, sekitar 32 derajat Celcius.

Menurut Rahmat, bus hanya diperuntukkan bagi jemaah yang tinggal di pemondokan dengan jarak dari Masjidil Haram lebih dari 1,4 kilometer atau di luar Ring I. Untuk jemaah yang tinggal dalam Ring I jalan kaki. Untuk tahap awal ada 40 bus yang disiapkan. "Jumlah ini akan meningkat seiring perkembangan," katanya.

Pondokan

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah H aji (PPIH) Ismail Embarkasi Jakarta di Pondok Gede mengatakan pondokan haji tahun ini hanya 20 persen yang berada di R ing I atau 1-1.400 dari Masjidil Haram. Adapun 80 p ersen lainnya ada di ring II atau di 208 km dari Masjidil Haram.

Tahun ini memang ada perluasan Masjidil Haram sehingga berimbas ke pondokan, dan harga pondokan di ring I pun menjadi mahal. Dengan dana 2.0 00 real, pondokan yang didapatan adalah pondokan di Ring II karena Ring I berharga 3.000-8.000 real.

"Kalaupun kami menaikkan tarif pondokan kepada jemaah haji, tarif pondokan juga ikut naik karena mereka juga terpengaruh dengan keberadaan jamaah kita. Ini sama dengan fenomena rencana kenaikan gaji PNS dengan kenaikan harga sembako," ujar Ismail.

Jumlah jemaah haji Indonesia yang mencapai 36.000 orang atau terbesar di dunia menyebabkan hal itu terjadi. Sehingga meski tarif pondokan di tanah suci di R ing I naik, tarif pondokan yang diberlakukan kepada jemaah tidak dinaikkan.

Persoalan banyaknya jemaah yang mendapatkan R ing II, tambah Ismail juga dirasakan jemaah lain negara, misalnya Malaysia. Jumlah jemaah Malaysia yang mencapai 20.000 orang tidak semuanya tertampung di Ring I.(Effendy Saputra)



Selengkapnya...

Balezza Hadirkan Tempat Santai Bersama Keluarga Dengan Musik

Pemilik Balezza Entertaiment, Poltak Napitupulu saat memberikan sambutan pada soft opening (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota -Satu lagi tempat hiburan musik dan berkaraoke santai bersama keluarga dengan suasana yang romantis dipadukan dengan design tata ruang yang sangat membuat selutuh pengunjung akan betah bila sudah berada ditempat itu dan sangat strategi lokasinya berhadapan dengan pantai losari yang secara tidak langsung bisa nongkrong di Pantai Losari, Balleza, resmi beroperasi untuk umum, Jumat (14/11). Soft opening ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Edy Kosasih Parawansa

Acara seremonial digelar mulai pukul 09.00 wita tadi. Penyanyi Makassar Dian Ekawati tampil sebagai MC sekaligus menghibur para undangan yang hadir, sejumlah pejabat dari Pemkot Makassar turut hadir seperti Kadis Catatan Sipil, Maruhum Sinaga, Kadis Desprindag. Rifad Suaib, dan Kapomdam VII Wirabuana.

Balleza hadir dengan konsep one stop entertainment. Untuk yang suka bersantai sambil bersantap, ada restoran di lantai satu. Bagi penggemar karaoke ada area karaoke keluarga di lantai dua dan tiga yang berjumlah 8 ruangan, kata Pemilik Balezza Poltak Napitupulu saat memberikan sambutan pada soft opening pagi tadi.

Untuk yang suka nongkrong ala kafe mendengarkan live music ada area di lantai empat yang tersedia.(Asri/ Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Wali Kota Manado Diperiksa KPK 11 Jam

Wali Kota Manado, Jimmy Rimba Rogi (foto; Suara Manado )

Jakarta, Liputankota - KPK memeriksa Wali Kota Manado, Jimmy Rimba Rogi, selama hampir 11 jam dalam kasus dugaan penyelewengan APBD Kota Manado 2005/2006 yang diperkirakan merugikan negara sebesar Rp 48 miliar, Rabu (12/11).


Ketika meninggalkan gedung KPK pada pukul 20.30 WIB, Jimmy tidak bersedia berkomentar kepada wartawan. Pria berpostur tinggi besar itu hanya tersenyum dan langsung meninggalkan gedung KPK. "Silakan tanya penasihat hukum," kata Jimmy.

Penasihat hukum Jimmy, Humprey Djemat, juga tidak memberikan jawaban apapun atas pertanyaan wartawan. Dia terus melangkah mengikuti Jimmy menuju mobil berpelat nomor B 197 F yang akan membawa mereka meninggalkan gedung KPK. "Tanya saja ke penyidik," kata Humprey dikutip kompas.com.

Juru bicara KPK, Johan Budi mengatakan, proses penyidikan terhadap kasus tersebut masih terus berlangsung. Tim penyidik, katanya, akan terus mengembangkan pengusutan, termasuk dengan melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap Jimmy.

Sebelumnya, KPK menggeledah rumah pribadi Jimmy Rimba Rogi, terkait penanganan kasus dugaan penyelewengan dana APBD tersebut. Sejumlah petugas KPK masuk ke dalam rumah dinas yang berada di Kelurahan Bumi Beringin Lingkungan II, Manado, untuk melakukan pemeriksaan dan membuka segel atau KPK line yang telah dipasang sehari sebelumnya.

Sementara itu, di depan pintu masuk di rumah itu terdapat sejumlah petugas Brimob Polda Sulawesi Utara (Sulut) berjaga-jaga dan melakukan pengamanan secara ketat.

KPK terus melakukan pendalaman dalam penanganan kasus dugaan korupsi dana APBD 2006 Kota Manado, dengan memeriksa sejumlah camat di kota itu. Para camat yang diperiksa itu antara lain, Camat Bunaken Spencer Tahulending, Camat Wenang Noldy Mandagi, Camat Tikala Veri Sutanto, dan Camat Sario Jackson Ruaw.

Selain para camat, KPK juga melakukan pemeriksaan terhadap Donald Supit, Sekretaris Pribadi (Sespri) Wali Kota Manado. Pemeriksaan tersebut berlangsung di ruang pemeriksaan Sat III Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sulawesi Utara.

Usai pemeriksaan, para camat tersebut tidak mau berkomentar banyak dan langsung menuju ke kendaraan dinas mereka. Begitu pula Sespri Wali Kota Manado, Donald Supit ketika selesai diperiksa berusaha menghindari wartawan. "Sudah jangan dipotret," katanya sambil berjalan menuju kendaraan bernomor polisi DB 100 L.(Effendy Saputra)


Selengkapnya...

Pengantar Haji Makassar Bisa Masuk Asrama Haji Sudiang

Makassar, Liputankota - Pengantar maupun penjemput calon jamaah haji (CJH) Kota Makassar tetap bisa masuk ke Asrama Haji Sudiang selama memiliki stiker mobil yang diberikan Kantor Departemen Agama (Kandepag) Kota Makassar.


"Sekarang kita sudah persiapkan striker untuk pengantar jamaah Makassar dengan catatan penumpang di atas kendaraan yang memiliki stiker tidak berlebihan. Cukup jamaah dengan seorang pengantar," kata Kepala Seksi Haji dan Umrah Kandepag Kota Makassar, Abdul Wahid, di Asrama Haji Sudiang, Kamis (13/11).

Untuk memudahkan akses masuk bagi pengantar CJH Makassar yang sudah mengantongi izin, kandepag, juga telah membuat kesepakatan dengan pihak perparkiran dan petugas pengamanan di lingkup asrama haji. Abdul menambahkan bagi setiap CJH yang akan bertolak ke Tanah Suci agar segera melaporkan diri di Kandepag Kota Makassar dua hari sebelum jadwal penerimaan di Embarkasi Hasanuddin.

CJH diminta memperlihatkan lembaran pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) berwarna biru untuk mendapatkan stiker pengantar maupun barang serta surat panggilan masuk asrama (SPMA).

"Semuanya gratis (stiker barang dan pengantar). Kalau stiker pengantar berguna menjadi pas masuk ke asrama maka stiker barang berguna agar mudah dikenali serta meminimalisir barang tercecer sepulang dari Tanah Suci," tambahnya. Untuk tahun ini, sebanyak 1.115 CJH Makassar akan menunaikan ibadah haji di Arab Saudi yang tergabung dalam 16 kelompok terbang (kloter). Sejak pemberangkatan kloter pertama, 4 November lalu, sekitar 567 di antaranya telah berada di Medinah.(andi ahmad)

Selengkapnya...

1 Korban Ledakan di McD Masih Jalani Perawatan

Jakarta, Kabar News-Korban ledakan di McDonalds Lokasari, Jakarta Barat, Ferry Kurniadi masih di rawat di RS Husada. Dia mengalami luka bakar di bagian wajah serta tangan

"Luka bakar 16 persen, 8 persen di muka, dan masing-masing 4 persen di tangan kiri dan kanan," kata Dr Alex Yanuar, di RS Husada, Jl Mangga Besar, Jakarta, Kamis (13/11/2008).

Dia melanjutkan, kini korban dirawat di kamar melati E 2. "Diperkirakan akan sembuh dalam 10 hari," jelasnya,seperti dilansir detikcom.

Sementara korban lainnya Rozak, hanya mengalami luka memar di bahu kri dan kini sudah diperbolehkan pulang. "Hasil rontgen tidak ada masalah," tambahnya.

Sedang Rozak menuturkan saat itu dirinya tengah berada di dapur. Saat terdengar ledakan, dia melihat balok jatuh kearahnya. Karena itu, refleks dia menghindar berbalik badan tapi kemudian menabrak lemari.

"Makanya sampai terjatuh, tangan kiri keseleo. Tapi yang menanggung biaya semua McDonalds," tandasnya.(Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Sulsel Minta Dana Alokasi Khusus Rp 44,8 Miliar

Pemeliharaan jalanan salah satu alokasi dana DAK


Makassar,Liputankota - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meminta pemerintah pusat memberikan dana alokasi khusus (DAU) tahun 2009 sebesar Rp 44,8 miliar. Dana itu difokuskan untuk infrastruktur jalan dan pertanian.

Kepala Dinas Prasarana Wilayah Provinsi Sulsel, Abdul Latief, mengatakan, permohanan dana sebesar Rp 44,8 miliar itu terdir dari, Rp 20,2 miliar untuk pemeliharaan jalan, Rp 21,1 miliar untuk irigasi, dan Rp 3,4 miliar untuk kesehatan.

Kepala Badan Perencanaan PembangunanDaerah (Bappeda) Sulsel, Tan Malaka Guntur, meminta departemen pekerjaan umum (PU) menambah alokasi untuk irigasi. Alokasi ini dibutuhkan untuk menyukseskan program produksi dua juta ton beras tahun 2009, seperti dikutif tribun.

Demikian diungkapkan dalam rapat konsultasi petunjuk teknis dana alokasi khusus di Hotel Sahid Jaya Makassar, yang sedang berlangsung saat ini.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Dua Pengacara Dampingi Pemeriksaan Upi DiMapolda Sulselbar

Upi Asmaradhana

Makassar, Liputankota - Upi Asmaradhana diperiksa sebagai tersangka atas pengaduan Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Sisno Adiwinoto, di mapolda Sulsel, saat ini. Sisno mengadukan Upi telah memfitnah dirinya dengan menghasut jurnalis untuk berunjuk rasa mengecam Sisno.

Saat diperiksa Upi didampingi beberapa pengacara seperti Abraham Samad dan Abdul Muttalib yang juga Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar. Upi diperiksa di ruang penyidik Reserse dan Kriminal Polda Sulselbar.

Upi bersama sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Koalisi Jurnalis Pers Tolak Kriminalisasi Pers Makassar beberapa bulan terakhir aktif mengecam pernyataan Sisno.

Dalam beberapa kesempatan, Sisno kerap melontarkan ucapan bahwa jika masyarakat merasa dirugikan media massa, bisa langsung mengadu ke polisi untuk dipidananakan, tanpa perlu membuat surat komplain ke media massa.

Penyataan Sisno itu tak diterima jurnalis di Makassar. Para jurnalis itu kemudian membentuk koalisi untuk melakukan perlawanan terhadap ucapan Sisno tersebut. Koalisi ini kemudian memilih Upi, mantan Koresponsen Metro TV, sebagai koordinator.seperti dilansir tribun timur.com.

Upi bersama koalisi kemudian aktif melakukan gerakan perlawanan seperti berunjuk rasa di Monumen Mandala hingga membuat surat keberatan atas sikap Sisno ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI, DPR RI, dan Presiden RI melalui juru bicara SBY, Andi Alifian Mallarangeng beberapa waktu lalu.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

265 CJH Luwu Masuk Asrama Haji Sudiang Hari Ini

Sejumlah calon Jamah Haji di Sudiang menunggu giliran Pemeriksaan kesehatan (foto; Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota- Sekitar 265 calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Luwu masuk ke Asrama Haji Sudiang, Makassar, siang ini.

Rombongan jamaah asal Luwu diterima di aula Muzdalifah asrama haji setelah sebelumnya menempuh perjalanan darat sekitar tujuh jam, seperti dilansir Tribun.

CJH asal Luwu akan bergabung bersama 32 CJH asal Kota Makassar dan 23 CJH Maluku Utara. Dijadwalkan rombongan yang tergabung dalam kloter 16 ini akan bertolak ke Arab Saudi Jumat (14/11) pukul 05.55 wita dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia Airlines dengan nomor penerbangan GIA 1208.(andi ahmad)


Selengkapnya...

Mayat Bayi laki-laki Ditemukan Warga Tamangapa

Laporan: Agussalim -Makassar.

Makassar, Liputankota- Seorang Bayi berkelamin laki-laki yang diperkirakan berumur 24 hari ditemukan oleh warga kelurahan Tamangapa bernama Sitti Juhra (45) saat melintas dijalan poros menuju kampung kajenjeng, Kamis sekitar pukul 10.00 wita, kondisi bayi tersebut yang terbungkus dos sudah meninggal.

Warga pada saat itu berbondong-bondong menyaksikan dan melihat kondisi bayi tersebut, menurut salah satu warga yang ditempat kejadian perkara (TKP) mengatakan bayi tersebut diduga lahir dari hasil hubungan gelap dengan kekasihnya, katanya.

Sitti Jauhra menjelaskan bahwa sangat kaget melihat bayi yang terbungkus dalam dos dipinggir jalan pada areal persawahan kel. Tamangapa, kemudian warga melaporkan kepihak berwajib, sekitar setengah jam kemudian sejumlah petugas kepolisian dari Polsekta Manggala mengevakuasi mayat bayi tersebut dan dibawa ke Puskesmas Tamangapa dan diotopsi pihak bidan Puskesmas, kemudian Mayat bayi tersebut dikuburkan oleh Imam Kelurahan Tamnangapa diperkubura rakyat di Kelurahan Tamangapa, jelasnya kepada liputan kota Kamis (13/11).

Pihak Kepolisian dari Sektor Tamangapa sampai saat ini belum memberikan penjelasan perihal penemuan mayat bayi tersebut, namun yang jelas Polisi akan mengusut penemuan mayat bayi ini siapa yang tega membuang buah hatinya, jelas Kanit Patroli Pelsekta Manggala. (Agussalaim/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Wartawan dan Polisi Bersitegang di Mapolda Sulselbar

Makassar, Liputankota- Puluhan wartawan yang tergabung dalam Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers Makassar saat ini berunjukrasa di Markas Polda Sulawesi Selatan, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Kamis (13/11) siang.

Tribun-timur.com melansir. Aksi ini diwarnai saling bersitegang antara wartawan dan polisi. Menyusul wartawan yang datang dengan mengendarai puluhan sepeda motor dilarang masuk.

Mereka dicegat sejumlah polisi saat wartawan tiba di gerbang masuk Mapolda Sulsel. Namun wartawan yang semuanya mengenakan baju hitam bersikeras masuk.

Kedatangan puluhan jurnalis tersebut sekaitan dengan pemeriksaan Upi Asmaradhana, anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Makassar sekaligus Koordinator Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers Makassar yang juga berlangsung hari ini.(Andi ahmad)

Selengkapnya...

Tiket Pelantikan Obama Dijual Ratusan Juta di Internet



Washington, Liputankota-Barack Obama secara resmi akan dilantik sebagai presiden Amerika Serikat pada Januari 2009 mendatang. Masyarakat AS pastinya banyak yang ingin menghadiri acara itu sehingga sampai-sampai tiketnya dijual di situs-situs internet sampai ribuan dollar.

Tiket upacara pelantikan Obama tersebut sebenarnya akan dibagi gratis seminggu sebelum acara. Namun hal itu tak menyurutkan niat orang untuk coba mengeruk keuntungan dengan menjualnya secara online.

Juru bicara situs lelang eBay, Vanessa Daniele, bahkan menyatakan tiket yang ditawarkan di salah satu situs perusahaannya terjual US$ 21.716 atau sekitar 200 juta rupiah. Sementara situs-situs lain tak ketinggalan menjual tiket itu dengan harga beragam, biasanya di kisaran ribuan dollar dan peminatnya cukup melimpah.

Fenomena ini memicu keprihatinan lembaga Joint Congressional Committee on Inaugural Ceremonies, yang akan bertugas mendistribusikan tiket pada anggota Konggres. Mereka memperingatkan bahwa tiket belum tersedia dan para pembeli seharusnya waspada terhadap kemungkinan penipuan.

"Semua situs dan broker tiket yang mengklaim bahwa mereka punya tiket pelantikan tidak mengatakan kebenaran. Kami menyarankan agar masyarakat mewaspadainya," kata Howard Gantman, Staff Director di komite itu.

Berdasarkan informasi media CNN, pemerintah AS telah mencetak sebanyak 250.000 tiket pelantikan Obama dan saat ini masih menyimpannya di tempat yang aman.(detikINET)

Selengkapnya...

Wartawan Kendari Aksi Demo Solidaritas Ke DPRD Sultra

Kendari, Liputankota - Puluhan wartawan (jurnalis) dari berbagai media massa lokal dan perwakiln media massa nasional di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, melakukan aksi rally untuk menyatakan solidaritas terhadap wartawan Makassar, Upi Asmaradhana.

"Kami melakukan rally ke gedung DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara. Kami mengecam kriminalisasi pers yang dilakukan oleh Kapolda Sulawesi Selatan dan Tenggara, Sisno Adiwinoto," ujar Syahrir, seorang wartawan perwakilan media massa nasional di Kendari.

Di gedung DPRD, mereka ditemui oleh sejumlah anggota Komisi A DPRD Kendari. Kepada sejumlah anggota dewan, wartawan menyerahkan pernyataan sikap yang initinya menolak kriminalisasi pers.(Yusnandar/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Wartawan Unjuk Rasa di Mapolda

Makassar, Liputankota - Puluhan wartawan di Makassar saat ini melakukan aksi unjuk rasa di Kapolda Sulsel Makassar. Mereka sempat terlibat saling dorong dengan petugas karena tidak diperbolehkan masuk ke ruang utama untuk menemui Kapolda Sulsel.

Mereka dilarang masuk karena Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Sisno Adiwinoto sedang menerima tamu.

Para jurnalis ini tergabung dalam Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers Makassar. sebelumnya jurnalis melakukan aksi protes dengan kompak mengenakan baju hitam saat meliput di mana pun sebagai tanda protes.

Mereka memprotes penetapan tersangka Upi Asmaradhana oleh Polda Sulawesi Selatan. "Aksi kita ini juga sebagai simbol kekhawatiran terancamnya kebebasan pers di Indonesia, khususnya di Makassar," ujar Merah, jurnalis dan mantan aktivis mahasiswa Universitas Hasanuddin.seperti dikutif Tribun.

Upi ditetapkan tersangka atas laporan Kapolda Sulsel Sisno Adiwinoto tertanggal 1 Agustus 2008 lalu. Upi dituduh menfitnah dengan tulisan dan menghina Sisno dengan tulisan di muka umum, beberapa bulan lalu.

Upi telah menerima surat pemanggilan dirinya sebagai tersangka, Senin (101/11), dengan surat Nomor Polisi: S.Pg/669/XI/2008/Dit Reskrim. Ia diminta hadir untuk diperiksa di Mapolda, Kamis (13/11).(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Penjinak Bom Polda Sulselbar Siaga di Asrama Haji

Laporan: Sidink/Andi Ahmad- Makassar

Mobil Penjinak Bom Gegana tetap siaga diasrama haji Sudang (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Liputankota - Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan menyiagakan sekitar 53 personil untuk menjaga keamanan di seputar Asrama Haji Sudiang, Makassar, setiap harinya.
Keberadaan personil Polisi tersebut disiapkan untuk menjaga keamanan calon jamaah haji (CJH) maupun lingkungan asrama selama proses pemberangkatan maupun pemulangan jamaah haji.

Mereka terdiri dari polisi lalu lintas (polantas), samapta, intel, serta personil Brigadir Mobil (Brimob) Polda Sulsel.Tidak hanya itu, setiap harinya juga disiagakan petugas penjinak bom dan bahan peledak (jihandak) dari Gegana Polda Sulsel lengkap lengkap dengan mobil penjinak bom yang standy by di asrama haji setiap harinya.

"Sebanyak 53 petugas dibagi ke dalam dua shift penjagaan setiap harinya," kata Koordinator Pengamanan Asrama Hatji Sudiang Kompol Aidil, diasrama haji. seperti dilansir Tribun.

Menurut Aidil sejauh ini belum ada kejadian yang mencolok selama lima hari pemberangkatan jamaah haji.

Pengamanan selama musim haji tahun ini juga dibackup dengan 13 petugas keamanan internal Asrama Haji Sudiang yang juga dibagi ke dalam dua shift setiap harinya.

Menurut Kepala Security M Jusuf Basir, petugas keamanan internal, disiagakan di enam titik di seputar asrama haji utamanya di aula penerimaan maupun pelepasan jamaah.

Jusuf menambahkan petugas keamanan internal juga disiagakan untuk menjaga kenyamanan jamaah selama mondok di asrama haji. "Jadi tiap security juga bertugas memantau wisma yang dipergunakan jamaah. Satu petugas bahkan bertanggungjawab mengamankan dua wisma," kata Jusuf yang sudah puluhan tahun menjadi petugas pengamanan internal.

Pengamanan tersebut termasuk menjaga keamanan barang bawaan calon CJH selama berada di Asrama Haji Sudiang. (andi ahmad)

Selengkapnya...

Lagi Jamaah Haji Indonesia Meninggal di Madinah



Jakarta, Liputankota - Innalillahi Wainailaihi Rojiun, kembali lagi dua orang jamaah haji Indonesia berpulang ke rahmatullah di tanah suci Madinah. Mereka adalah Ulong Naruddin bin KH Ahmad (61) asal Aek Korsik Labuhan Batu Sumatera Utara, dan Anah binti Ahmad (66) jamaah haji asal Cibarusa, Bekasi.

Media Center Haji Departemen Agama di Jakarta, Rabu (12/11) menyebutkan, kedua jamaah haji ini meninggal karena serangan jantung. Data Tim Sanitasi dan Surveilance Daker Madinah menyebutkan, Ulong meninggal karena kegagalan sistem pernafasan. Jamaah kloter 5 Medan, Sumatera Utara ini telah dimakamkan di Baqi.

Menurut keterangan teman satu kloter Nelson Hasibuan, sebelum wafat almarhum sempat menjalani perawatan oleh tim kesehatan haji, karena mengalami keluhan kesehatan. "Kami kaget juga karena sebelumnya sehat, tapi ternyata dia punya sakit jantung. Sebelum meninggal, sempat minum teh, dan terlihat masih baik-baik saja," kata Nelson.

Adik kandung Anah, Wardi bin Ahmad menjelaskan, sejak di tanah air Anah sudah berkali-kali menjalani perawatan di rumah sakit karena mengindap penyakit jantung. "Sepertinya dia kecapekan naik turun lift, dan ketika kondisi sudah mulai menurun sempat dirawat di kamar saja, sampai akhirnya meninggal," ujarnya.seperti dikutif Kompas.Com.

Wardi mengaku, sebelum wafat almarhumah sempat beberapa kali sholat di Masjid Nabawi untuk melaksanakan ibadah arbain, akan tetapi setelah kondisinya memburuk kegiatan ibadah itu tidak dilakukannya lagi.

"Tapi dia sudah ziarah ikut ke Masjid Quba. Sejak Subuh sudah minta dipijit, Dzuhur sampai Ashar mulai sesak, nafasnya sudah mulai lambat, pas jam 17.10 sudah tidak ada," katanya.(Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Maluku Tengah DiGuncang BOM, Tewaskan 1 Orang Warga

6 Rumah Warga Terbakar; Diduga Konflik Antar Warga Desa

Ambon, Liputankota - Sebuah ledakan bom mengguncang perbatasan Desa Hitulama dan Hitumessing, Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah, Selasa, sekitar pukul 13.00 WIT.
Bentrokan yang menyebabkan korban jiwa kembali terjadi di Desa Hitu Lama dan Hitu Messing, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Selasa (11/11). Seorang warga Hitu Messing, Hasan Assela (48), tewas tertembak dan enam rumah terbakar.

Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Johanes Huwae maupun Kepala Kesbanglinmas Pemprov Maluku, Im Uluputty, saat dihubungi di Ambon, Selasa, membenarkan adanya sebuah ledakan bom yang kembali memicu ketegangan warga dua desa bertetangga itu.

Seminggu sebelumnya, kedua warga desa itu bentrok yang menyebabkan dua nyawa melayang, tujuh warga luka-luka serta dua rumah penduduk terbakar.

Kapolres Pulau Ambon dan PP Lease, AKBP Didiek Widjanarko, belum dapat dikonfirmasi karena sedang berada di lokasi kejadian.

"Sejauh ini aparat kepolisian dari Polsek Leihitu yang dibantu personel Polres Ambon dipimpin Kapolres, sedang melakukan pengamanan dan langsung menyekat perbatasan kedua desa tersebut," kata Kabid Humas.seperti dilansir Tribun.

Ajun Komisaris Besar Didik Agung Wijanarko, Kepala Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, menjelaskan, kejadian itu diduga kelanjutan dari bentrokan pada 3 November malam.
Meskipun pihak berwenang belum memberikan penjelasan lebih lanjut penyebab ledakan bom itu, namun ada indikasi sengketa ini merupakan lanjutan dari pertikaian pekan lalu.

Pertikaian itu dipicu keputusan Pengadilan Negeri Ambon tentang masalah batas tanah yang memenangkan warga Hitulama, karena Abdulkadir Nasela dari desa Hitumessing, menjual tanah menggunakan register palsu.

Menggunakan Senjata Api

Bentrokan terjadi antara pukul 09.00 dan 11.30 WIT. Warga saling serang menggunakan senjata api dan bom di sekitar perbatasan desa. Aksi saling tembak dengan senjata rakitan dan bom ini mengingatkan warga dengan knflik horizontal yang terjadi di Maluku satru dekade lalu.

"Kita siagakan pasukan di perbatasan kedua desa untuk menghindari bentrokan lanjutan. Sore ini (Selasa sore) situasi mulai reda, tetapi penjagaan tetap ketat," kata Didik.
Sejak terjadinya ketegangan kedua warga desa bertetangga itu pada Senin malam (3/11) lalu, aparat keamanan telah menempatkan satu kompi Brimob dibantu personel samapta, serse dan intel serta satgas BKO 126 di perbatasan ke dua desa.(Yusnandar/Andi ahmad)


Selengkapnya...

Akhirnya PSM Raih Kemenangan di Mattoanging

Makassar, liputankota- PSM Makassar membukukan kemenangan tipis atas lawannya Persitara Jakarta Utara pada lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) di Stadion Mattoanging Andi Mattalatta, Makassar, Rabu (12/11), malam.

Gol PSM dicetak oleh duo striker asing mereka, Julio Lopez pada menit ke-49 dan Aldo Baretto pada menit ke-71.

Sedangkan gol balasan Persitara dicetak oleh Alfredo pada menit ke 55.

Julio Lopez usai mencetak gol mengatakan, dirinya sementara ini melupakan uang dan gaji mereka yang belum dibayarkan oleh pengelola. "Saya tendang bola penalti sekuat nya dan akhirnya membuahkan gol bagi tim," katanya.seperti dilansir Tribun.

Setelah melawan Persitara, PSM kembali akan menjajal lawannya sesama mantan tim perserikatan, Persib Bandung pada 15 November mendatang.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Pasca Banjir di Palopo, Siswa Sekolah Bantu Warga Kerja Bakti

Laporan : Saldi Rani- Palopo


Wakil Walikota Palopo, Ir. H. Rahmat Bandaso (foto: saldi rani)

Palopo, Liputankota- Pasca banjir banda yang melanda Kota Palopo , warga sudah mulai diserang wabah penyakit seperti diare akibat kurangnya air bersih yang bisa didapatkan warga saat ini, keadaan kota yang masih porak poranda sekarang sudah mulai dibersihkan oleh warga sendiri dan sejumlah relawan yang dating membantu bencana banjir banda yang melanda Kota Palopo ini.

Tahap pembersihan kota masih berlangsung dilaksanakan, hari ini sejumlah siswa-siswi dari seluruh sekolah dikota Palopo digerakkan untuk membersihkan kota pasca banjir, beberapa Kepala sekolah tampak mendampingi siswa-siswinya dalam pembersihan, kata Wakil Walikota Palopo, H. Rahmat Bandaso kepada Liputan kota di Palopo, Rabu (12/11).

Menurut Rahmat, keadaan dalam kota di Palopo pada saat sekarang setelah seminggu yang lalu diterjang banjir banda sudah mulai tampak bersih, sejumlah jalan-jalan dalam kota sudah bersih dari Lumpur dan batang-batang pohon sudah diangkut oleh petugas kebersihan dan mudah-mudahan minggu ini semua elemen masyarakat dikota Palopo banda.

Banjir susulan sangat dinantikan warga

Adapun pada pasca banjir banda yang melanda Kota Palopo membuat warga sangat dibikin sangat repot, karena warga bersama-sama membersihkan tempat tinggl masing-masing, namun disaat pasca banjir ini warga tidak takut dengan dengan banjir susulan yang akan melanda kembali Kota Palopo, namun seluruh warga Kota Palopo sangat menantikan banjir susulan ini, Salah seorang warga yang ditemui Liputan Kota, mengatakan walaupun banjir banda telah melanda Palopo yang begitu besar dalam kota akibat meluapnya air sungai latuppa , tapi banjir susulan yang akan melanda Kota Palopo lagi semua warga malah menantikan, karena pada banjir susulan itu adalah banjir bantuan dari sejumlah caleg (calon legislatif yang akan memyebarkan sejumlah bantuan kepada warga yang dikena banjir banda ini, jelas Opu Ahmad yang sedang membersihkan halaman rumahnya yang terkena banjir juga. (Saldi Rani/Andi Ahmad)


Selengkapnya...

CJH Maluku Utara Berangkat Menuju Jeddah Malam Ini

Laporan: Andi Ahmad-Makassar



Makassar, Liputankota- Calon jamaah haji (CJH) yang tergabung dalam kloter 13 asal Maluku Utara (Malut) dijadwalkan bertolak dari Bandara Internasional Hasanuddin Makassar menuju Bandara King Abdul Azis Jeddah, pukul 23.20 wita malam ini.

Sebanyak 320 jemaah beserta lima petugas pendamping akan menumpang pesawat Garuda Indonesia Airlines (GIA) dengan nomor penerbangan GIA 1107. Rombongan ini menjadi kloter perdana asal Provinsi Malut yang bertolak ke Arab Saudi melalui Embarkasi Hasanuddin Makassar.seperti dikutif Tribun.

Sekitar 983 CJH asal provinsi tergabung dalam empat kloter. Rombongan kloter 13 sudah transit di Asrama Haji Sudiang sejak Senin (10/11) lalu.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Peringati Harkesnas, Mahasiswa Unhas Demo

Makassar, Liputankota -- Puluhan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin saat ini berunjuk rasa di depan kampusnya, Jl Perintis Kemerdekaan Km 10, Makassar. Demo ini sekaitan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (Harkesnas).

Dalam aksinya, mahasiswa yang mengenakan jas almamater Unhas itu mendesak pemerintah meningkatkan anggaran di bidang kesehatan, nasionalisasi aset demi terpenuhinya biaya jaminan kesehatan masyarakat.

"Kami juga menuntut pemerintah untuk meninjau ulang kebijakan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) karena belym menyelesaikan permasalahan kesehatan secara menyeluruh dan komprehensif," ujar salah seorang pengunjuk rasa dalam orasinya.seperti dilansir tribun.

Hingga saat ini aksi berlangsung damai. Selain membentangkan spanduk hitam bertuliskan aspirasi mereka, para mahasiswa itu juga membagi-bagikan selebaran yang berisi tuntutan mereka.

Sejumlah satuan pengamanan (satpam) Unhas berseragm biru juga terlihat di sekitar massa yang berunjuk rasa. Hingga saat ini, belum cukup lima personel polisi yang datang memantau jalannya aksi mahasiswa calon dokter tersebut.(Abd Hamid/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom