Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Polda Sulselbar Bekuk Bandar Besar Narkoba di Sulsel

Makassar, Kabar News-Bandar besar narkoba yang memasok ekstasi ke sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan, bernama Ahmad alias Kapalae, dibekuk aparat kepolisian Polres Sidrap.Ia dibekuk sejak Minggu, 7 Desember lalu, namun baru dipublis Rabu, 10 Desember, saat Kapalae dijemput dan dibawa ke Mapolda Sulselbar.
Saat ditangkap di rumahnya di Datae, perbatasan Sidrap-Parepare, polisi menemukan barang bukti (BB) 49 butir pil ekstasi warna kuning dan orange. Satuan intel Mapolres Sidrap yang menangkap Kapalae juga menemukan satu paket sabusabu seberat 1 gram dan uang tunai Rp 25.850.000 yang diduga dari hasil penjualan ekstasi.

Kronologis penangkapan Kapalae berawal dari penangkapan wanita bernama Weli. Ia ditangkap polisi di sekitar SPBU Wala, Tanrutedong, Sidrap, setelah sebelumnya melakukan transaksi dengan petugas yang menyamar sebagai pembeli. Dari tangan Weli, polisi menemukan 21 pil ekstasi berwarna kuning.

Dari keterangan Weli, polisi kemudian menangkap Ashari. Tersangka kedua ini kemudian menyebut bandar yang selama ini memberikan barang padanya, yakni Muslimin. Malam itu juga, Muslimin ditangkap di kota Sidrap berikut delapan butir pil ekstasi berwarna biru. Dari mulut Muslimin-lah polisi berhasil mendapatkan identitas Ahmad alias Kapalae. Ia pun akhirnya ditangkap di rumahnya di Datae.

Selama ini, Kapalae sangat dikenal oleh bandar narkoba dan aparat kepolisian. Anak buahnya pun menyebar di sejumlah wilayah di Sulsel, termasuk Makassar. Kapalae dikenal sebagai bandar besar yang memasok pil ekstasi di seluruh wilayah Ajatappareng, meliputi, Sidrap, Enrekang, Parepare, Pinrang, serta Barru.

Selain itu, ia juga memasok barang ke bandar-bandar kecil di wilayah Bone, Soppeng, serta Wajo (Bosowa). Tak heran jika ia masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) di sejumlah kabupaten kota, termasuk Makassar.

“Kapalae kami tangkap malam lebaran lalu bersama tiga anak buahnya, Weli, Ashari, serta Muslimin. Kapalae dibawa ke Mapolda, sementara tiga tersangka lainnya tetap diperiksa di Sidrap. Keempatnya warga Sidrap,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Sidrap, AKP Bambang Sugiarto, melalui sambungan telepon di ruang Humas Mapolda Sulselbar, sore kemarin.

Menurut Bambang, dari pengakuan tersangka, mereka mendapatkan barang haram itu dari Kota Palopo. “Kapalae ini bandar besar di Sidrap. Ia belum pernah tertangkap namun sudah menjadi DPO sejak dua tahun lalu,” kata Bambang.

Kapalae sendiri dibawa ke Mapolda dijemput lima polisi, masing-masing; AKP Syafir, AKP Ali, AKP Agus Prawoto, Briptu Ahmad Al-Qadri, dan Briptu Rahmad Hidayat. Ia tiba di Mapolda sekira pukul 14.15 Wita. Bersama Kapalae, polisi juga membawa serta barang bukti 49 pil ekstasi, SS 1 gram, dua alat pengisap, serta uang tunai Rp 25.850.000. Mobil Honda CRV warna hijau tua milik tersangka juga terparkir di halaman Mapolda.

Saat tiba di Mapolda, Kapalae yang terborgol digiring ke lantai III gedung Reskrim dan langsung diperiksa di ruang Idik II unit narkoba. Saat diperiksa, pihak kepolisian melakukan penjagaan ekstra ketat. Tiga anggota provost ditugaskan khusus untuk berjaga di depan pintu masuk ruang pemeriksaan. Kepada wartawan, ketiga anggota provost itu mengaku tak membolehkan siapapun masuk ke ruang pemeriksaan.

“Polisi saja dilarang masuk selain penyidiknya,” kata salah seorang di antara ketiga anggota provost tersebut. Informasi yang dihimpun, penjagaan ketat ini dilakukan lantaran Kapalae dikenal akrab dengan sejumlah oknum petugas kepolisian. Makanya, tempat itu sengaja disterilkan untuk menjauhkan Kapalae dari intervensi saat diperiksa.

Berbeda dengan keterangan Kasat Reskrim Polres Sidrap, informasi yang dihimpun dari sumber media ini di bagian narkoba polda menyebutkan, sebenarnya sekira empat bulan lalu, Kapalae sempat ditangkap. Penangkapan dilakukan langsung satuan narkoba Polda Sulselbar. Namun entah kenapa, Kapalae dilepaskan dan hanya sempat ditahan sehari.

Informasi yang beredar di kalangan polisi menyebutkan, ia dilepaskan setelah “menyogok” Rp 150 juta. Petugas yang terindikasi menerima sogokan ini bahkan sudah dipanggil menghadap oleh Wakapolda Brigjen Wisjnu Amatsastro beberapa saat usai melihat pemeriksaan di gedung Reskrim.

Mengenai informasi ini, Direktur Narkoba Polda Sulsel, Kombes Pol Bedjo Sulaksono yang sedang berada di Jakarta tak memberi tanggapan. Dan Sampai saat ini Bedjo juga mengaku belum tahu kasus ini, khususnya penangkapan bandar ekstasi tersebut.

“Saya lagi rakor. Langsung aja ke sana (bagian narkoba, red). Nanti malah salah kalau dari saya,” katanya. Sebagai bandar besar, Kapalae juga cukup dikenal di Makassar. Bahkan, menurut Kasat Narkoba Polwiltabes Makassar, AKBP Totok Winarto, Kapalae merupakan DPO Polwiltabes.

“Ia bandar besar. Ia juga pemasok barang ke Makassar. Kaki tangannya sudah beberapa orang yang ditangkap namun tutup mulut. Ia pasok barang dari Jakarta melalui Pelabuhan Bandar Madani Parepare,” kata Totok, malam tadi,seperti dikutif fajar online.

Informasi lain yang dihimpun media ini di Mapolda, Ahmad alias Kapalae mulai menggeluti bisnis ini sejak 2000 lalu. Awalnya, ia tinggal di Kecamatan Baranti, wilayah perbatasan Pinrang dan Sidrap. Dari bisnis inilah Kapalae berhasil meraup untung besar. Ia pun akhirnya membeli rumah di Datae, tak jauh dari perbatasan Parepare-Sidrap.

Dalam aksinya, Kapalae dikenal sebagai bandar yang sangat licin. Ia juga dikenal dekat dengan aparat. Tak heran jika ia bisa cukup leluasa memperjualbelikan ekstasi, termasuk ke luar daerah.(Agussalim/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Soal Kelangkaan Blangko STNK di Samsat Makassar

Dirlantas Polda Sulselbar : Masalah ini sudah lama disampaikan ke Jakarta.

Laporan : Agussalim/Andi Ahmad- Makassar


Makassar, Kabar News-Kelangkaan blangko surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan pelat nomor kendaraan di Samsat menjadi sorotan khusus Komisi Ombudsman Makassar. Oleh Komisi Ombudsman, kelangkaan ini dinilai merugikan masyarakat Makassar. Ombudsman berharap, pembenahan segera digelar di Samsat. Samsat tak lain adalah akronim dari sistem administrasi manunggal di bawah satu atap dan merupakan sistem kerja sama terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja (Persero).

Tugas Samsat adalah memberi pelayanan untuk menerbitkan STNK dan tanda nomor kendaraan bermotor yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas negara baik melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ).

Komisioner Ombudsman Makassar, HL Arumahi, menduga ada malaadministrasi di Samsat. Maladministrasi ini berdampak terjadinya ketidakpastian hukum. Imbas langsungnya adalah kerugian masyarakat sebagai penerima layanan.

"Saya menduga masalah ini terjadi karena adanya struktur yang tidak jalan," ujar Arumahi, Rabu, 10 Desember. Arumahi mengimbau agar Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel sebagai penanggung jawab pelayanan di bidang STNK untuk turun lapangan memeriksa personelnya.

"Alasan tidak adanya bahan baku yang dilontarkan pihak Samsat adalah sangat mengada-ada dan tidak rasional. Kalau Samsat tertib administrasi maka seharusnya mereka bisa memprediksi setiap bulan berapa jumlah kendaraan yang keluar, memperpanjang STNK dan melakukan penggantian pelat," sindir Arumahi,seperti dikutif fajar online.

Ditegaskan Arumahi, masalah ini tidak boleh dibiarkan berlarut. Alasannya, karena ini terkait dengan performance institusi kepolisian sebagai penegak hukum. "Kalau sebuah organisasi tidak beres maka itu akan membuka ruang terjadinya penyalahgunaan kewenangan," lanjut Arumahi.

Sebelumnya, sorotan serupa juga dilontarkan Direktur Macazzart Intelektual Law (MIL), Supriansa. Sama dengan Arumahi, Supriansa menyatakan, kinerja Samsat cenderung lamban. Dia bahkan mengimbau agar Kapolda mengkaji ulang penempatan figur personel kepolisian di instansi tersebut.

Pemantauan Kabar News di kantor Samsat Makassar kemarin melihat langsung diloket pecetakan blangko ternyata belum terlihat STNK dicetak, hal itu juga dibenarkan oleh petugas loket yang bertugas mencetak Blangko STNK baik diloket kendaraan roda 2 dan roda 4, salah satu petugas mengatakan bahwa ," blangko STNK belum ada dan rencananya diawal bulan januari 2009 baru ada dari Jakarta dikirim," jelas petugas yang tidak mau disebut namanya.

Salah satu wajib pajak mengatakan belum adanya blangko STNK sekarang, kami juga sangat resah, karena setiap kali bila ada sweeping dijalanan oleh petugas lantas dari Polri sering juga ditanyakan perihal tidak adanya blangko STNK yang dibawa, walaupun penyampaian dari petugas Samsat Makassar bahwa blangko notis pajak sebagai penggantinya, dan sebaiknya dari pihak Samsat agar lebih meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak maka pengadaan blangko SNTK sebaiknya menjadi perhatian khusus agar tidak sering terjadi kelangkaan seperti ini, tegas Rahmat salah seorang wajib pajak ditemui Kabar News di Kantor Samsat, Rabu (11/12).

Direktur Lalu lintas Polda Sulsel, Komisaris Besar Polisi Nadang MH, yang dikonfirmasi terpisah mengamini masalah kelangkaan blangko STNK dan pelat nomor kendaraan. Namun, kata dia, tidak tepat jika Samsat yang harus dievaluasi lantaran masalah itu.

Sebab, lanjut Nadang, masalah ini sudah lama disampaikan ke Jakarta. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat (blangko sudah ada, red)" kata Nadang.(Agussalim/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

24.260 Polisi dan 1,2 Juta Rakyat Untuk Amankan Pemilu 2009

Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri saat melantik Kapolda Jateng belum lama ini

Jakarta, Kabar News - Sebanyak 24.260 polisi yang dibantu sekitar 1.223.272 anggota dari masyarakat sudah dipersiapkan untuk mengamankan pesta demokrasi yang akan digelar tahun depan Polri dalam mengamankan Pemilu 2009 ini menamakan operasi ini dengan Operasi Mantap Brata 2009 yang pengamanannya dilakukan secara terbuka dan tertutup. Hal ini diungkapkan oleh Kapolri,
Jenderal Bambang Hendarso Danuri, saat melakukan dengar pendapat dengan Komisi III DPR membidangi masalah Hukum dan HAM, Rabu (10/12).

Kapolri menjelaskan, pengamanan dilakukan terkait pada lokasi yang digunakan saat pemilu berlangsung. Kemudian pada saat pendistribusian logistik serta melakukan tindakan terhadap mereka yang melakukan pelanggaran pemilu.

"Pengamanan dilakukan pada 611. 636 tempat pemungutan suara (TPS). Sementatara ini, Polri memasukkan, 529.430 TPS dalam kategori aman. Polri akan menerapkan pola dua polisi dan 10 anggota perlindungan masyarakat untuk mengamankan lima TPS. Pengamanan juga didukung dengan satu unit kendaraan roda dua," kata Kapolri,seperti dilansir kompas.com.

"Selain itu, Polri juga menerapkan pola lain, pengamanan yang dilakukan oleh empat polisi dibantu 20 petugas perlindungan masyarakat atau linmas dalam mengamankan 10 TPS. Satu unit mobil, pada pola pengamanan ini disiapkan," jelasnya lagi.

Sementara untuk 61.705 TPS berkategori Rawan I, jelasnya, pengamanan dilakukan oleh dengan pola dua polisi ditambah empat petugas linmas untuk mengamankan dua TPS.
"Dan untuk 20.501 TPS berkategori paling rawan atau Rawan II, tambahnya, dilakukan dengan menyiapkan dua polisi serta empat petugas linmas untuk mengamankan satu TPS. Polri juga akan ikut melakukan pengawalan terhadap kotak suara dari TPS yang akan dibawa ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," imbuh Kapolri.

Tribun Timur, Selalu yang Pertama

Selengkapnya...

Belasan Rumah Berantakan Disapu Gelombang di Minahasa Utara

Manado, Kabar News- Gelombang pasang setinggi empat meter di Laut Sulawesi menghancurkan belasan rumah di kawasan pesisir Desa Likupang II, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (10/12) sekitar pukul 16.00 Wita.


Rumah milik pasangan Mangunti-Katili di Kampung Batu Woka hanyut terbawa arus ke tengah laut. Sedangkan rumah milik keluarga Kasir-Laitora di kampung yang sama rusak berat.

Satu speed boat berikut dua mesinnya milik Kepala Puskesmas Likupang, dr David Sembor, rusak berat. "Ombak tiba-tiba datang. Rumah yang di depan saya hanyut. Tadi tiang-tiangnya kami tarik," kata Ferry Lahope (26), warga Kampung Batu Woka, Desa Likupang II.

Menurut Ferry gelombang pasang memang sering terjadi di bulan Desember akibat angin barat. Sekitar pukul 23.00 Wita, ombak masih ganas. Warga pun belum berani membenahi rumah-rumah yang rusak. Mereka hanya memindahkan alat-alat elektronik dan barang berharga ke tempat aman.

"Tapi yang ini parah. Nelayan-nelayan yang biasa di laut memprediksi hingga tiga hari ke depan kawasan ini masih terancam," katanya. Hingga saat ini puluhan warga yang rumahnya hancur masih mengungsi,seperti dikutif kompas.com.

Mereka membangun tenda di lapangan sepak bola Batu Woka. Lapangan itu berada sekitar 200 meter dari pesisir.

Menurut Kartini R (23), juga warga Kampung Batu Woka, pemuka desa sudah meninjau lokasi musibah dan membantu mengatur pengungsian.

Pelaksana tugas Hukum Tua (Kades), Okta Maramis, sudah melihat kondisi di sini. "Ada juga beberapa calon legislatif yang datang melihat rumah yang hancur. Tapi saya tidak tahu jelas apa bantuan yang mereka berikan," katanya. (Budianto Daud/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Ilham Duet Erwin Kendalikan PT PSM

Makassar, Kabar News - Manajer PSM Makassar Ilham Arief Sirajuddin akhirnya mengeluarkan keputusan tegas terkait dengan kondisi PSM sekarang. Ilham secara tegas menyatakan di depan pemain PSM mengambil alih penuh kepengurusan PSM.

"Mulai dari sekarang saya ambil alih PSM secara penuh. Akan ada suasana baru di tim terutama dengan komposisi kepengurusan PSM," kata Ilham saat mengunjungi latihan pemain di Lapangan Karebosi, Makassar , Rabu (10/12).
Ilham juga menyatakan PSM akan segera berubah bentuk menjadi PT PSM. "Akan ada muka-muka baru yang akan mengurusi PSM nanti. Perubahan total terjadi ditingkat manajemen PSM yang lama," katanya.

Dalam format PT PSM itu, Ilham menyebutkan Erwin Aksa dan dirinya menjadi komisaris. Sementara di bagian direksi Ilham memasukkan beberapa nama pengusaha antara lain, Rusdin Abdullah, Zulkarnaen Arif dan Sumirlan.

"Saya belum bisa merinci posisi masing-masing direksi ini, tapi yang jelas mereka nanti akan berkonsentrasi di bidang bisnis untuk membantu PSM dari segi pendanaan," ujar Ilham.

Wali Kota Makassar terpilih ini belum mau menyebutkan nama-nama figur yang akan duduk di manajemen PSM. Namun muka-muka lama di tingkat manajerial PSM tidak akan lagi dipakai lagi untuk mengurusi PSM kedepan.

Humas PSM, Nurmal Idrus menyebutkan Ilham akan menjabat manajer PSM dan Raja Isa bin Raja akan merangkap jabatan sebagai pelatih sekaligus sebagai wakil manajer PSM.

"Semua pengurus lama tidak akan dimasukkan lagi dalam manajerial PSM. Mereka hanya akan menjadi pembantu umum saja," kata Nurmal yang juga menemani Ilham melihat latihan PSM.

Di depan pemain PSM, Ilham menjelaskan pergantian struktur manajer baru PSM ini dimaksudkan untuk memberikan spirit baru kepada pemain. Ilham juga tidak menyangkal jika manajemen yang ada selama ini kurang memberikan sentuhan kepada pemain.

"Adakalanya di saat-saat tertentu pemain butuh dorongan motivasi dari manajemen. Inilah yang akan kami coba terapkan kepada pemain. Saya berharap suasana baru ini bisa mendatangkan harapan baru bagi PSM," tegas Ilham.

Tunggakan Diselesaikan Pekan Ini
Selain mengumumkan perubahan kepengurusan PSM, Ilham Arief Sirajuddin juga berjanji akan menyelesaikan semua tunggakan pengurus kepada pemain terkait dengan soal pembayaran gaji yang belum dibayar.

"Paling lambat minggu ini semua masalah tunggakan akan kami selesaikan. Kami ingin tim ini kembali normal dan kita mulai lagi dari awal untuk menghadapi putaran kedua Super Liga," kata Ilham,seperti dilansir tribun.

Mendengar hal ini, wajah pemain PSM terlihat sumringah dan berseri-seri. Maklum selama ini gaji mereka sudah tertunggak selama dua bulan.

Selain masalah tunggakan dengan pemain, Ilham juga akan menyelesaikan masalah kontrak Pelatih Raja Isa bin Raja yang hingga kini belum ada kejelasan. Belum jelas apakah pelatih asal Malaysia ini akan dikontrak hingga akhir musim ISL 2008 atau dua selama dua tahun.

"Dalam waktu dekat kontrak pelatih juga akan kami selesaikan secepatnya. Mekanismenya nanti dilihat bagaimana, semua masalah akan kami selesaikan satu persatu," kata Ilham


Selengkapnya...

Kajati Awasi Penyaluran Dana Pendidikan Gratis di Sulsel


Makassar, Kabar News- Aparat kejaksaan mulai kemarin mendapat tugas tambahan yakni mengawasi penyaluran dan penggunaan dana untuk pendidikan gratis di 23 kota dan kabupaten di Sulawesi Selatan.

Jika masih ada pejabat pemerintah, dinas pendidikan, kepala sekolah, hingga guru maupun komite sekolah yang berani menyelewengkan dana negara tersebut, dipastikan kejaksaan akan menindaknya, baik secara perdata maupun pidana.
Ini merupakan konsekuensi dari penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding, MoU) antara Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan dan Pemerintah Provinsi Sulsel tentang pengawasan penyaluran dan penggunaan dana untuk program pendidikan gratis, Selasa (9/12).

Penandatangan MoU itu dilakukan Kajati Sulsel Mahfud Mannan dan Gubernur Syahruln Yasin Limpo. Kerja sama tersebut diteken bertepatan peringatan Hari Anti Korupsi Se-Dunia.
"Kita memang serius agar penyaluran dan penggunaan dana tersebut. Sebab jumlah dananya tidak sedikit, miliaran rupiah per kabupaten. Dengan MoU ini, saya minta sekolah-sekolah itu tak lagi ada alasan masih melakukan pungli terhadap murid- muridnya," jelas Syahrul usai teken kontrak tersebut.
Menurut Mahfud, dengan kerja sama tersebut maka penyaluran, pengelolaan dan penggunaan anggaran pendidikan gratis di Sulsel bisa tepat sasaran dan transparan.
"Kita sudah minta seluruh jajaran kejati di Sulsel untuk memantau pelaksanaan program ini," ujarnya.
Penandatangan MoU tersebut dihadiri antara lain Sekretaris Provinsi Sulsel Andi Muallim, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Andi Patabai Pabokori, Wali Kota Makassar Andi Hery Iskandar, Waka Polda Brigjen Polisi Wijsnu Amat Sastro, Asisten Intelijen Kejati Abdul Karim, dan beberapa pejabat di lingkup pemrov dan kejati.
Usai penandatanganan kontrak, Syahrul juga menyempatkan menempel stiker yang berisi tulisan kampanye anti korupsi pada kaca mobil dinas Gubernur Sulsel.

60 Persen Tanggungan Provinsi
KADIS Pendidikan Provinsi Sulsel Andi Patabai Pabokori menjelaskan bahwa dana pendidikan gratis yang diprogramkan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo tak lain adalah dana tambahan penunjang bantuan operasional sekolah (BOS).
"Jumlah bantuan dari provinsi sebanyak 40 persen. Sebanyak 60 persen adalah dari APBD kota/kabupaten masing-masing," jelas Patabai yang ditemui di Kejati Sulsel, kemarin.seperti dikutif Tribun.

Inilah Peruntukan Dana Pendidikan Gratis

SD/MI/SDLB: -Tambahan penunjang dana BOS Rp 30 ribu per siswa per tahun - Bantuan biaya kepada murid miskin untuk pembelian kelengkapan sekolah: Rp 150 ribu per siswa per tahun -Bantuan biaya murid miskin untuk transportasi dari dan ke sekolah Rp 1.000 per siswa per hari -Insentif guru: Rp 200 ribu per bulan - Insentif kepala sekolah: Rp 300 ribu per bulan -Insentif bujang (PNS): Rp 75 ribu per orang per bulan -Insentif satpam/ bujang (non PNS): Rp 400 ribu per bulan

*SMP/MTs/SMPLB: -Tambahan penunjang dana BOS: Rp 42 ribu per siswa per tahun -Bantuan biaya kepada siswa miskin untuk pembelian kelengkapan sekolah: Rp 270 ribu per siswa per tahun -Bantuan biaya siswa miskin untuk transportasi dari dan ke sekolah Rp 2.000 per siswa per hari -Insentif guru mata pelajaran/ guru BK: Rp 1.500 per jam per guru -Insentif tenaga laboran: Rp 200 ribu per bulan (tidak termasuk guru yang diangkat sebagai tenaga laboran) -Insentif pustakawan: Rp 200 per bulan -Insentif kepala sekolah: Rp 300 ribu per bulan -Insentif wali kelas: Rp 50 ribu per bulan -Insentif kelebihan mengajar: Rp 5.000 per jam -Insentif KTU: Rp 200 ribu per bulan -Insentif bendaharawan: Rp 150 ribu per bulan - Insentif staf TU: Rp 75 ribu per orang per bulan -Insentif bujang (PNS) Rp 75 ribu per orang per bulan -Insentif satpam/ bujang (Non PNS): Rp 400 ribu per bulan

Peruntukan biaya: *Kegiatan PSB *Pembelian buku teks pelajaran *Pembiayaan kegiatan pembelajaran (remedial, pengayaan, olahraga, kesenian, dan sejenisnya) *Pengadaan rapor dan foto murid *Biaya ulangan harian, ulangan umum, sampai laporan belajar siswa *Pembelian bahan-bahan habis pakai *Langganan daya dan jasa *Perawatan sekolah *Pengembangan profesi guru *Bantuan transportasi/ perlengkapan bagi siswa miskin.
(Sumber: Diknas Provinsi Sulsel)(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Presiden SBY Ke Bali Buka Bali Democracy Forum Hari Ini (BDF)


Nusa Dua, Kabar News- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Rabu pagi ini dijadwalkan membuka Bali Democracy Forum (BDF) di Nusa Dua. Sebanyak 31 negara termasuk tiga kepala pemerintahan negara sahabat --Perdana Menteri Australia Kevin Rudd, Kepala Negara Brunei Darussalam Sultan Hasanah Bolkiah, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao -- dipastikan mengikuti BDF yaitu suatu forum kerjasama pengembangan demokrasi dan politik di kawasan Asia.

Menurut Juru Bicara Departemen Luar Negeri, Teuku Faizasyah, forum dialog tersebut ditujukan untuk mendorong negara-negara di Asia untuk mengembangkan demokrasi di kawasan masing-masing.

Seluruh negara ASEAN dijadwalkan mengirimkan delegasinya ke forum tersebut, termasuk Myanmar yang politik dalam negerinya tengah menjadi perhatian dunia. Negara-negara lain seperti China, Jepang, dan India juga ikut hadir. Negara luar kawasan juga diundang sebagai peninjau, yaitu Italia, Inggris, Swiss, Austria, Belanda, Swedia, Norwegia, Tunisia, AS, dan Kanada.

Sementara itu pekan lalu Juru Bicara Kepresidenan Dino Pati Djalal mengatakan Forum Demokrasi Bali tersebut merupakan insiatif Indonesia untuk mempromosikan demokrasi di kawasan dan juga secara internasional.

"Forum ini dimaksudkan untuk membahas pengembangan demokrasi di Asia. Karena itu keterlibatannya tidak bersifat eksklusif pada negara-negara yang menganggap sudah menjalankan demokrasi saja, tetapi bersifat terbuka," ujarnya,seperti dikutif kompas .com.

Menurut Dino, forum tersebut akan menjadi ajang tahunan yang diikuti dengan berbagai pertemuan teknis bulanan dalam tingkat kelompok kerja. BDF akan ditindaklanjuti dengan pembentukan "Institute for Peace and Democracy" yang berbasis di Universitas Udayana, Denpasar, dan ditujukan untuk menunjang kegiatan dan program dari BDF.

"Targetnya adalah untuk semua negara, apapun sistem politiknya, sejauh mereka menyatakan mempunyai apirasi untuk mengembangkan demokrasi. Jadi setiap negara akan didorong untuk mengembangkan demokrasi, apapun sistem politik yang dianut.(Effendy Saputra/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

AFI Dilantik jadi Gubernur 17 Desember

KPUD menetapkan pasangan Awang Faroek Ishak-Farid Wadjdy (AFI) sebagai gubernur Kaltim terpilih

Samarinda, Kabar News-Awang Faroek Ishak dan Farid Wadjdy (AFI) akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim oleh Mendagri pada 17 Desember mendatang. Setidaknya begitu menurut hitungan-hitungan waktu yang diperkirakan DPRD Kaltim
.
"Panitia Musyawarah (Panmus) DPRD Kaltim akan menggelar rapat dan menentukan jadwal pelantikan. Kalau dari perkiraan teman-teman di Dewan, pelantikannya tanggal 17 Desember. Itu berdasarkan perhitungan dari pengurusan administrasi di Depdagri. Kira-kira sebulan," kata Wakil Ketua DPRD Kaltim Sutrisno, Minggu (9/11)

Ia mengungkapkan, DPRD Kaltim akan menerima hasil rapat pleno berupa rekapitulasi dan penandatanganan berita acara penetapan AFI sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Kaltim (terpilih) ke DPRD Kaltim yang gelar Jumat (7/11) lalu dari KPUD Kaltim pada Selasa (11/11) besok.

"Penyampaian berkas itu dilakukan dalam rapat paripurna. Karena kebetulan tanggal 11 kita ada rapat paripurna juga, jadi ya sekalian," kata Sutrisno

Sutrisno mengaku belum bisa memastikan kapan tepatnya DPRD Kaltim ke Depdagri untuk memproses hingga dikeluarkan SK (Surat Keputusan) Gubernur Kaltim dan pelaksanaan pelantikan. Penentuan agenda ke Depdagri, lanjut Sutrisno, akan dirapatkan di Panmus DPRD Kaltim.

Seperti biasa, pelantikan Gubernur Kaltim akan digelar dalam rapat paripurna istimewa. Sutrisno menambahkan, pelantikan AFI kemungkinan akan dihadiri sejumlah kolega Awang yang umumnya pejabat elite pusat. Ia memastikan, pejabat elite pusat yang akan hadir di antaranya adalah mereka yang mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pemilu 2009.

"Yang sudah dipastikan itu Pak Amin Rais. Kemungkinan Wiranto, Prabowo dan bisa jadi Bu Megawati hadir juga. Kecuali Yusuf Kalla dan Pak SBY, karena beliau pejabat negara," kata Sutrisno,seperti dikutif Tribun Kaltim.

Selengkapnya...

250 Jemaah Indonesia Sakit Menjelang Wukuf


Medinah, Kabar News-Menjelang wukuf di Arafah pada 10 Dzulhijjah 1429 H, sebanyak 250 jemaah haji Indonesia mengalami sakit. Dari jumlah itu ada 70 jemaah tidak memungkinkan untuk sendiri menunaikan ibadah haji ke Arafah.

Mereka akan dibantu diangkut ambulans dengan safari wukuf (diantar beberapa menit lalu kembali ke rumah sakit) dengan waktu usai shalat Azhar waktu Arab Saudi.
"Jemaah kita yang sakit untuk disafariwukufkan sudah dipersiapkan dengan petugas pendamping," kata Wakil Kepala Daerah Kerja (Wakadaker) Kesehatan Mekkah dr Zainuswir Zainun melalui monitor haji Depag, Sabtu (6/12),seperti dikutif Persda Network.

Operasional safari wukuf jemaah yang sakit diangkut dengan ambulans sebanyak 38 buah ditambah empat mobil coaster menuju Padang Arafah. "Jemaah yang disafariwukufkan terlebih dahulu diseleksi dengan kategori jemaah memang sakit parah tidak bisa berjalan kaki," tegasnya.

Data di Depag mengungkapkan jemaah haji Indonesia sebanyak 210.876 orang sudah tiba di Arab Saudi. Sedangkan jemaah wafat sampai kemarin ada 132 orang dengan rincian tiga wafat di Jeddah, 30 di Madinah dan 72 di Mekkah.

Ketua PPIH di Arab Saudi M Nursamad Kamba menambahkan untuk wukuf di Arafah bagi seluruh maktab lokasi perkemahan jemaah menempati di Rabwatul Hindi. Sedangkan perkemahan Misi Haji Indonesia di Syare`Syittin.

Di Mina jemaah haji akan ditempatkan di Haratulilisan sebanyak 61 Maktab dan Mina Jadid sebanyak sembilan Maktab. "Pengangkutan jemaah dari Arafah ke Musdalifah serta Mina menggunakan sistem Taraduddi sama seperti pelaksanaan tahun yang lalu," katanya.

Persiapan Arafah, Kerajaan Arab Saudi menyiagakan 100 ribu personil keamanan untuk pegamanan haji tahun ini, semuanya diturunkan selain membantu kelancaran keamanan juga mengantisipasi ancaman keamanan lainnya. "Soal ancaman sampai sekarang belum ada, namun jika terjadi, kami siap untuk menghadapi situasi apapun," kata Pangeran Naif.

Bergerak ke Arafah

Lebih dari 200 ribu jemaah haji Indonesia, bersama dengan sekitar 3 juta jemaah dari seluruh dunia, Sabtu, sekira pukul 12.00 waktu setempat (17.00 Wita) mulai bergerak menuju ke Padang Arafah untuk memulai puncak haji yakni melakukan wukuf.

Di kawasan Zahir, maktab 68 yang masuk wilayah Satuan Kerja (Satker) 11, yang berjarak 7-8 Km dari Masjidilharam, tidak saja jemaah Indonesia yang sudah bersiap, tetapi juga negara lain seperti Irak, Turki, dan India.

Persiapan wukuf sudah terlihat sejak sehari sebelumnya, dan itu tampak dari pakaian "ihram" untuk haji yang telah dipakai.

Seluruh umat Islam yang melaksanakan ibadah haji sudah harus berada di tenda masing-masing di Arafah menjelang shalat Magrib. Demikian besarnya "gelombang lautan" manusia menuju Arafah -- siapa pun yang menyaksikan peristiwa ini -- menambah keyakinan bahwa manusia pada hari kemudian, di akhirat kelak, dikumpulkan Allah.(Ef

Selengkapnya...

Transaksi Online Bank Rawan Pembobolan


Moskow, Kabar News - Melakukan transaksi online bank seperti mentransfer uang ke nomor rekening penerima atau melakukan pembayaran melalui kartu kredit, memang praktis dan mudah dilakukan. Akan tetapi, cara transaksi online melalui internet ini sebenarnya rawan penyusupan dan bahkan pembobolan pelaku cyber crime jika tidak menggunakan pengamanan (security) memadai.

"Sayangnya tidak banyak pengguna (nasabah) atau bahkan pemilik bank sendiri menyadari kerawanan ini. Untuk meyakinkan nasabah pihak bank selalu menyatakan bahwa sistem perbankan online yang digunakannya sudah aman. Tetapi, itu bukan jaminan," kata Costin G. Ratu, kepala ahli pengamanan Kaspersky Lab, saat memaparkan pandangannya pada International Press Tour di Moskow, Rusia.

Menurut Ratu, penyusupan maupun pembobolan bank masih bisa terjadi karena para pelaku cyber crime selalu mengembangkan virus baru sebagai antisipasi untuk melawan antivirus yang dikembangkan industri antimalware dan antivirus. Bahkan sekarang ini, ungkap Ratu, "Penyusupan dilakukan dengan cara 'menunggang' Kuda Trojan dimana virus masuk ke sistem operasi dan menjadi file tersendiri saat meng-install. Ini cara yang lebih sulit diantisipasi dibanding sekedar menangkal virus."

Lebih parah lagi, lanjut Ratu, hampir sebagian software jahat (malware) yang dikembangkan untuk keperluan cyber crime terkait dengan pembobolan finansial. "Tidak aneh kalau industri cyber crime mencapai lebih dari seratus milyar dollar AS, jumlah yang melebihi transaksi perdagangan narkoba dunia pada tahun 2006 lalu," ungkap insinyur asal Rumania ini seraya mengutip data yang dikeluarkan Pemerintah AS.

Sistem perbankan online umumnya menggunakan cara lama seperti memasukkan nama dan katakunci (password) pengguna. Setelah itu masih harus memasukkan ID atau nomor PIN yang disediakan bank.

Autentifikasi lainnya, lanjut Ratu, misalnya dengan memasukkan password tambahan pada papan ketik virtual saat melalukan transaksi. "'Kelihatannya aman karena pengamanannya berlapis-lapis, tetapi bagi pelaku cyber crime mudah saja hanya dengan menyusupkan Trojan tanpa pengguna sadari," katanya.

Ratu kemudian mendemonstrasikan bagaimana cara kerja pelaku cyber crime dalam membobol bank saat nasabah melakukan transaksi online. Pertama, pelaku mencuri password nasabah hanya dengan menyusupkan Trojan sebagai satu file tersembunyi dengan kapasitas OKb (nol kilobyte) seakan-akan file itu tidak berisi apa-apa atau file kosong.

Akan tetapi, si pembobol melalui pantauan online-nya bisa melacak password itu karena Trojan (software jahat) telah mengubahnya menjadi file-file tersendiri. Katakanlah saat si nasabah memasukkan password 123456, maka file yang terkopi pada komputer si pembobol berisi enam karakter password nasabah. Hal yang sama jika nasabah memasukkan password tambahan pada keyboard virtual, si pemobol juga bisa melacak password itu dengan cara sama, yakni membuka file-file tersendiri.

"Selanjutnya jika username dan password nasabah sudah terlacak, si pelaku cyber crime bisa mengalihkan atau mentransfer dana bank Anda ke nomor rekening tertentu, bahkan bisa menguras dana Anda sampai habis. Tentu saja oleh si pembobol rekening penerima bisa ditutup kapanpun setelah dilakukan pencucian uang lebih dahulu, entah dimana," papar Ratu.

Sebagai solusi untuk mencegah terjadinya pembobolan bank secara online, kata Ratu setengah berpromosi, Kaspersky Lab menyediakan pengamanan berupa software khusus yang bahkan bisa diunduh (download) oleh pengguna secara gratis. Menurutnya, Kaspersky Lab juga menyediakan Online Scanner Pro, yakni software antivirus yang dijalankan sebelum melakukan transaksi online bank. Belum lagi pengamanan khusus untuk transksi online bank menggunakan ponsel pintar (smartphone).

Sedangkan melalui Kaspersky Internet Security (KIS) 2009 yang dikembangkannya, perusahaan antivirus berbasis di Rusia itu menciptakan pengamanan untuk virtual keyboard saat nasabah memasukkan password. Dalam demo yang ditunjukkannya kemudian, meski malware Trojan sudah dimasukkan si pembobol, password tidak terlacak lagi karena file-file tersendiri berisi password yang biasanya bisa dibaca pelaku cyber crime, hanya berupa file kosong yang tidak memberi informasi apa-apa.

"Kami (Kaspersky Lab) selalu berperang setiap saat terhadap para pencipta software jahat dengan menciptakan pengamanannya dari berbagai sisi, meski pengguna (users) belum menyadarinya. Memang diperlukan sosialisai dan edukasi tanpa henti kepada users, semata-mata agar mereka (users) tidak menjadi korban kejahatan cyber global," kata Ratu.(Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Hari Ini Hari Antikorupsi Sedunia di Indonesia

Bocah-bocah ini juga deklarasikan Hari Anti Korupsi Se Dunia.

Jakarta, Kabar News- Semangat antikorupsi akan dikumandangkan di seluruh Indonesia, terutama di Jakarta. Pasalnya, Selasa (9/12) ini adalah Hari Antikorupsi Sedunia (HAS).

Ya, setelah Senin (8/12) kemarin, sebagian rakyat Indonesia merayakan Hari Raya Idul Adha, kini saatnya memperingati HAS. Oleh karena itu, sejumlah lembaga negara merayakan HAS secara meriah.

Contohnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggelar perayaan di Balai Kartini Jakarta. Pada acara itu, KPK mengundang tujuh instansi untuk mendeklarasikan semangat antikorupsi. "Kami mengundang Departemen Agama, Departemen Hukum dan HAM, Dirjen Pajak, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Perhubungan, Polri, Badan Pertanahan Nasional, Polri, di Balai Kartini," ujar Wakil Ketua Bidang Pencegahan, M Jasin, ketika temu wartawan di KPK, Jumat (5/12), seperti dilansir Kompas.com.

Selain itu, KPK juga mengundang 33 gubernur di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan karena KPK menilai kesadaran antikorupsi di Indonesia masih rendah. Deklarasi ini, lanjutnya, juga untuk merayakan hari antikorupsi Internasional secara sederhana. Kejaksaan Agung juga tak mau kalah dengan merayakan HAS secara besar-besaran di pelataran Monumen Nasional (Monas). Kejagung turut mengundang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara tersebut.

Jaksa Agung, Hendarman Supandji, akan menyampaikan laporan pertanggungjawabannya di HAS ini. Selain itu, Mahkamah Konstitusi dan Dewan Perwakilan Rakyat juga merayakan HAS dengan format yang lebih sederhana. Yang pasti, apa pun bentuknya, "Selamat Hari Antikorupsi!" (Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Hari Anti Korupsi, Syahrul YL dan Kajati Sulsel Teken Kontrak

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo
Makassar, Kabar News- Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel baru saja menandatangani memorandum of understanding (MoU) terkait program pendidikan gratis di Sulsel, Selasa (9/12) siang.

Teken kontrak berlangsung di lantai dua gedung Kejati Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Makassar. Teken kontrak ini sengaja digelar hari ini dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia yang bertepatan hari ini.

Teken kontrak ini dihadiri pula Wakil Kepala Polda Brigjen Polisi Wisjnu Amatsastro, Wali Kota Makassar Herry Iskandar, Asisten Intelijen Kejati Abdul Karim, Kadis Pendidikan Sulsel Andi Patabai Pabokori, dan sejumlah pejabat di lingkup Pemrov Sulsel,seperti dikutif tribun.

Usai penandatanganan kontrak, Syahrul juga menyempatkan menempel stiker yang berisi tulisan kampanye anti korupsi pada kaca mobil dinas Gubernur Sulsel bernomor polisi DD 1.

"Dengan teken kontrak ini, maka kejaksaan ikut mengawasi pelaksanaan program pendidikan gratis di Sulsel," ujar Syahrul YL yang diaminkan Mahfud Mannan.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Megawati Shalat Idul Adha di Lenteng Agung


Jakarta, Kabar News- Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Hj Megawati Soekarnoputri, bersama jajaran pimpinan Pusat Partai dijadwalkan akan melaksanakan shalat Idul Adha di lapangan parkir sebelah timur Sekretariat DPP PDI Perjuangan, pagi ini, Senin (8/12).

shalat Idul Adha berlangsungkan tepat pukul 07.00 pagi WIB. Ketua bidang Agama dan Kerohanian DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia, Prof DR H Hamka Haq, akan bertindak sebagai Khatib. Sedangkan Ust H Ahmad Bahruddin, S Ag akan bertindak sebagai Imam dalam shalat Ied pagi ini,seperti dikutif Persda network.

Pelaksanaan shalat Ied yang difasilitasi oleh salah satu organisasi se asas dan se aspirasi dengan PDI Perjuangan, Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), ini kemudian dilanjutkan dengan penyerahan dan penyembelihan hewan kurban berupa sapi dan kambing. Hingga malam takbir Idul Adha, Minggu (7/12) kemarin sudah terkumpul sebanyak 13 ekor sapi dan dua ekor kambing qurban.(effendy saputra)

Selengkapnya...

Presiden SBY dan Ibu Ani Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal


Jakarta,Kabar News-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Ani melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (8/12).

Selain Presiden Yudhoyono, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan pemimpin lembaga negara juga menunaikan shalat sunnah di Masjid Istiqlal yang akan dimulai pada pukul 07.00 WIB itu.


Saat ini, Wakil Jusuf Kalla telah hadir di Masjid Istiqlal, sedangkan Presiden Yudhoyono belum tiba.

Ribuan jamaah sudah memadati Masjid Istiqlal sampai ke halaman depan. Terjadi antrian yang cukup panjang di pintu masuk utama masjid karena setiap jamaah harus melalui pemeriksaan detektor logam.

Setelah menunaikan shalat Idul Adha, Presiden Yudhoyono akan menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi seberat 1,4 ton kepada pengurus Masjid Istiqlal. Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menyerahkan satu ekor sapi dengan berat sama,seperti dikutif Antara.

Pada Idul Adha tahun ini, Masjid Istiqlal menerima hewan kurban 15 ekor sapi dan 218 ekor kambing.

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal dilakukan pada Senin, sedangkan pembagian daging baru dilakukan pada Selasa pagi, 9 Desember 2008 setelah Shalat Shubuh.(Effendy Saputra)

. Selengkapnya...

Hujan Warnai Perayaan Idul Adha Sebagian Wilayah di Makassar


Makassar, Kabar News- Hujan deras mewarnai pelaksanaan salat Idul Adha.Pada sebagian wilayah kota Makassar, pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Raya Makassar terpaksa jamaah yang berada diluar masjid harus basah digunyur hujan keras dan ratusan warga Wesabbe yang sedianya akan melakukan salat di lapangan terbuka akhirnya melaksanakannya di Masjid Al Falah gara-gara hujan, begitupun di masjid Almarkaz Al Islami sebagian jamaah kena hujan yang berada diluar masjid, namun diselatan kota Makassar ada tempat yang tidak terkena hujan seperti pelaksanaan Shalat Idul Adha di Hotel Clarion sampai selesai shalat idul Adha cuaca tampak cerah dari pantulan sinar matahari diufuk timur hotel ini.

Gema takbir mulai berkumandang sejak tadi malam. Sekitar pukul 05.00 pagi ini warga mulai mempersiapkan diri. Namun, cuaca sepertinya tidak bersahabat. Panitia hari raya Qurban pun pada sebagian tempat diwilayah kota Makassar berinisiatif memindahkan tempat pelaksanaan salat Idul Adha, di Masjid Raya Makassar sebelum pelaksanaan shalat idul adha belum turun hujan nanti pada saat dimulai shalat id.

Untuk wilayah Wesabbe, berdasarkan data dari Masjid Al Falah, sekitar 168 warga sekitar menyumbangkan kurbannya ke masjid dan lima di antaranya berkurban kambing. Pelaksanaan salat Idul Adha dimulai sejak pukul 06.30 dan baru saja berakhir. (Anwar Azis/ Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Jemaah Haji Dilarang Merokok Selama Hari Arafah


Madinah, Kabar News-Kampanye untuk meninggalkan rokok sudah dipersiapkan oleh Program Pengendali Tembakau (TCP) Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Seperti dikutip dari Saudi Gazette, Abdullah Muhammad Bidah, pimpinan TCP, mengatakan pihaknya akan memberikan penyadaran kepada jemaah haji mengenai efek negatif rokok dan penggunaan tembakau.

Muhammad Bidah mengimbau kepada jemaah haji yang sudah tergantung dengan rokok untuk secara bertahap meninggalkan kebiasaan itu. Terkait upaya penyadaran ini, TCP akan meluncurkan slogan yang menjadi janji haji. Slogan itu berbunyi, "Jadikan Hari Arafah, Sebagai Hari Meninggalkan Rokok".

Slogan ini akan disosialisasikan kepada para jemaah haji yang akan berkumpul di Padang Arafah. Dengan janji ini, diharapkan para jemaah haji akan bisa meninggalkan rokok selama hidupnya. TPC memperkirakan dalam musim haji tahun ini, ada 700 ribu jemaah haji yang merupakan perokok.

Dalam rangka perang terhadap rokok ini, TCP sudah mencetak sekitar 1,5 juta brosur imbauan untuk berhenti merokok dalam 14 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, Inggris, dan Prancis. TCP juga akan beriklan menggunakan tujuh bahasa di berbagai stasiun televisi. Iklan anti rokok juga akan dipasang di layar-layar raksasa di Mina.

Pihaknya juga akan mendistribusikan sajadah dan suvenir yang berisi pesan berhenti merokok, yang bisa dibawa para jemaah haji ke tanah air. Dengan demikian, para haji akan terus teringat mengenai janji berhenti merokok saat diikrarkan di Arab Saudi.

Deplu Arab Saudi juga sudah menyiapkan informasi mengenai larangan merokok yang akan disertakan dalam visa haji pada musim mendatang. Menurut Bidah, draf UU mengenai Anti Tembakau juga telah disampaikan ke lembaga tinggi untuk disetujui.

Bidah mengaku sangat sulit menjadikan Makkah dan Madinah bebas dari rokok 100 persen, karena begitu banyaknya kaum muslim yang menjadi perokok. Karena itu, Bidah sangat berharap agar para jamaah haji mau melakukan kerja sama dalam memerangi rokok. Nantinya selain di kota Makkah dan Madinah, area bebas rokok juga akan diterapkan di area 5 KM dari dua kota suci itu. Di area itu, penjualan rokok dan tembakau akan dilarang.Tekad pemerintah Arab Saudi untuk membebaskan dua kota suci, Makkah dan Madinah, sebagai daerah bebas rokok terus digalakkan. Pemerintah Arab Saudi meminta para jemaah haji untuk berjanji meninggalkan rokok dan tembakau pada saat hari Arafah.(Antara)



Selengkapnya...

Pelantikan Gubernur Kaltim 17 Desember, Dihadiri Petinggi Partai


Samarinda, Kabar News-Sejumlah pimpinan partai politik diperkirakan turut menghadiri pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur.

Mereka yang dijadwalkan hadir yakni Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarno Putri, perwakilan Partai Golkar, dan Ketua Umum Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto.

"Memang ada sejumlah pimpinan partai yang akan diundang," kata Wakil Gubernur Kalimantan Timur terpilih, Farid Wadjdy, seperti diktif Tempointeraktif.

Pasangan Awang Faroek-Farid Wadjy menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur terpilih dengan mengungguli rivalnya Ahmad Amin-Hadi Mulyadi lewat perolehan 58,14 persen suara dibandingkan 41,3 persen suara. Kemenangannya mesti ditentukan lewat pemilihan putaran kedua.

Pasangan Awang-Farid menyingkirkan dua kandidat lainnya pasangan Jusuf S.K.-Luther Kombong dan Nursyirwan Ismail-Heru Bambang. Mereka gagal untuk ikut pemilihan putaran kedua.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menjadwalkan pelantikan pada 17 Desember nanti di DPRD setempat. Menteri Dalam Negeri Mardiyanto yang nantinya akan melantik langsung pasangan Awang-Farid.

Seluruh nama undangan, kata Farid, telah disampaikan kepada Pemerintah Kalimantan Timur untuk ditindaklanjuti. Namun dia tidak merinci siapa saja tamu undangan pada pelantikannya.

Juru bicara Pemerintah Kalimantan Timur, Jauhar Effendy menyatakan, pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih berhak mengundang siapa pun untuk menghadiri pelantikannya.

Bagian hubungan masyarakat sedang mendata kembali nama-nama yang diserahkan pasangan Awang-Farid sebagai tamu undangan istimewa. "Sedang dibuatkan namun belum dikirimkan," ujarnya.(Darwis Katureng/Andi Ahmad)


Selengkapnya...

CJH Embarkasi Makassar Wafat di Arafah Menjelang Wukuf

Makassar, Kabar News - Salah satu calon jamaah haji (CJH) yang tergabung dalam kloter (kelompok terbang) 20 asal Embarkasi Hasanuddin Makassar Nurhayati wafat beberapa saat setelah tiba di Padang Arafah, Sabtu (6/12) tengah malam waktu setempat. Nurhayati yang berasal dari Kota Makassar menghembuskan nafas terakhir akibat serangan penyakit jantung bersama tiga jamaah asal Indonesia yang wafat sebelum mengikuti puncak ibadah haji, wukuf.

Data tim Sanitasi Surveilens Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, seperti dilansir Media Center Haji (MCH), Minggu (8/12), menyebutkan mereka yang wafat di malam wukuf di antaranya CJH asal Kloter 17 Medan (MES), Pandapotan Siregar, Siti Aisah kloter 53 Surabaya (SUB), dan Qosim bin Sastrowiguno kloter 27 Solo (SOC).
"Semuanya meninggal karena penyakit jantung. Tidak ada yang kelelahan. Selain kondisi dan cuaca di Arafah saat ini masih nyaman, kendaraan juga lancar. Sebelum ke Arafah, jamaah juga sudah beristirahat selama tiga hari sehingga kondisi umum jamaah rata-rata cukup fit untuk beribadah di Arafah," kata Pelaksana Sansur Lapangan Daerah Kerja Mekah Bambang Suprayitno di perkemahan Arafah, Mekah, Arab Saudi, kemarin.
Menurut Bambang, keempat jamaah tersebut sempat mendapatkan perawatan dari tim medis kloter begitu tiba di Arafah. Selanjutnya, pengurusan administrasi dan pemakaman jenazah akan diurus petugas Sansur Jeddah. Prosesi pemakaman jenazah dilakukan oleh maktab masing-masing di mana jamaah meninggal. Khusus di Daker Mekah, semua jenazah dimakamkan di Pekuburan Syara. Data sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) Departemen Agama hingga pukul 24.30 waktu setempat menyebutkan total jamaah haji yang meninggal di Arab Saudi sebanyak 114 orang,seperti dikutif tribun.

Sebanyak 10 jamaah di antaranya berasal dari Embarkasi Hasanuddin Makassar yakni Taher Abd Kader abd Kader (kloter 14), Muh Ali Taslin Abdul Wahab (kloter 17), Parawansa Baso (kloter 5), Abdurrahman Tuguwaji Kalaodi Tuguwaji (kloter 15), Djuaeriah Muh Djafar (kloter 19), yang wafat di Medinah. Sedangkan jamaah yang wafat di Mekah di antaranya Abdul Karim Abd Wahid Ngabalin (kloter 6), Raden Ayu Rahima Raden Muhammad (kloter 17), Walia Laso Saragi (kloter 8), dan Paradilla Santi Hi Somme (kloter 14).

Mayoritas Akibat Serangan Jantung

DATA Sistem Komputer Haji Terpadu (Siskohat) Departemen Agama (Depag) RI menyebutkan mayoritas jamaah asal Indonesia yang wafat di Arab Saudi dikarenakan serangan penyakit jantung dan sistem sirkulasi. Siskohat mencatat sebanyak 69 CJH yang wafat di Mekah maupun Medinah akibat mengalami gangguan sistem sirkulasi. Sekitar 28 jamaah yang wafat diakibatkan gangguan pernapasan, tiga akibat mengalami tramuma dan akibat eksternal (kecelakaan), tiga orang karena gangguan sistem saraf, darah dan organ sebanyak dua jamaah, serta neoplasma sebanyak satu jamaah.
Jamaah terbesar yang wafat di Tanah Suci sejak pemberangkatan 4 November lalu berasal dari Surakarta (Solo) dengan 23 jamaah, disusul Bekasi dengan 15 jamaah, Jakarta 12 jamaah, Ujungpandang (Makassar) 10 jamaah, Surabaya delapan orang, dan BPIH Khusus tujuh jamaah.
Dari Medan sebanyak enam jamaah, Batam lima orang, Padang sebanyak tiga jamaah, Balikpapan dua orang, Banjarmasin dan Palembang masing-masing satu jamaah haji.(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

KPPP Makassar Amankan Kayu Ilegal Dari Kaltim

Pelabuhan Makassar Tempat Kayu ilegal dari Kaltim diamakan pihak KPPP Makassar
Makassar, Kabar News- Kepolisian Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Makassar dan Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Makassar berhasil menggagalkan pengangkutan sekitar 50 meter kubik kayu jenis meranti yang akan dibawa di beberapa tempat di Sulawesi Selatan, Jumat (5/12).

Saat pemeriksaan dokumen pengiriman kayu itu, ternyata terdapat perbedaan antara isi dokumen dan volume kayu yang dikapalkan. Dugaan sementara, kayu ini hasil pembalakan liar (illegal logging).

Kayu yang rata-rata sepanjang dua meter ini dikirim oleh CV Sinar Meranti di Jl Mas Pengulu, Samarinda, Kalimantan Timur, untuk didistribusikan ke beberapa tempat di Sulawesi Selatan. Polisi tidak menyebut nama perusahaan penerima kayu itu di daerah ini.

Pengangkutan seluruh kayu yang rata-rata sepanjang sekitar dua meter tersebut juga menggunakan modus berbeda yaitu menaruh kayu-kayu itu di atas enam mobil truk.
Kayu kemudian ditutupi terpal dan diseberangkan ke Pulau Sulawesi melalui kapal veri Darma Veri.

Kapal ini baru merapat di Pelabuhan Sukarno Hatta Makassar, Jumat siang.
Namun belum sempat dibongkar, KPPP Makassar dan Polairud Makassar sudah berhasil menghalangi aksi itu setelah mendapatkan informasi pengapalan kayu dari pihak kepolisian di Samarinda, Kalimantan Timur.

Hingga saat ini keenam mobil asal Samarinda tersebut masih diamankan di KPPP untuk pemeriksaan lebih lanjut. Menurut Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Sisno Adiwinoto yang ditemui di KPPP, kepolisan akan melanjutkan pemeriksaan lebih mendalam terhadap kasus ini,seperti dikutif tribun.


Kayu Ilegal Senilai Rp 340 Juta

POLISI menaksir kayu dengan dokumen tak lengkap ini senilai Rp 340 juta. Kapolda Sulsel Irjen Polisi Sisno Adiwinoto menegaskan, akan bekerja sama dengan Dinas Kehutanan untuk pemeriksaan lebih jauh terkait keberadaan kayu tersebut di Kotas Makassar.(Agussalim/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Pameran Lukisan Internasional di Hotel Clarion Makassar

Gubernur Sulsel Mendukung Pameran Lukisan Iwan Sulistyo

Pelukis JB Iwan Sulistyo menggelar jumpa pers di Hotel Clarion Makassar (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Kabar News- Maestro lukis beraliran naturalism kontemporer, JB Iwan Sulistyo, akan menggelar puluhan karyanya dalam sebuah pameran yang bertajuk Expressionof South Sulawesi di Hotel Clarion, mulai 6 Desember hingga 14 Desember.
Karya lukisan yang ditampilkan merupakan panorama alam maupun bangunan dari beberapa kabupaten serta kota di Sulawesi Selatan.
Salah satu karya tulisan JB Iwan Sulistyo
Pameran ini ditangani oleh The Lamara's Touch Jakarta dari PT Lamara Indonesia. Pihak penyelenggara, Ophan Lamara, menyatakan pameran lukisan ini digelar secara profesional dan berkelas internasional.

"Panel, lighting dan perangkat pendukung pameran kita datangkan dari Jakarta. Kita menginginkan pameran ini merupakan pameran kelas internasional yang baru pertama kali di gelar di Makassar," jelas Ophan Lamara bersama Suriel Lamara,seperti dikutif fajar online.

Pameran ini juga sekaligus mendukung kegiatan promosi pariwisata pemerintah, Lovely December. Karena itu, kata Ophan, pameran ini mendapat dukungan sepenuhnya dari Gubernur Sulsel Syarul Yasin Limpo.

Dalam pameran ini, Iwan Sulistyo menampilkan sebanyak 50 karyanya. Lukisan ini mengangkat tema seputar alam Sulawesi Selatan, seperti sawah, lautan, rumah adat, serta bangunan yang menjadi landmark kota seperti bandara, perkantoran, rumah ibadah hingga suasana di kota Makassar. Karya-karya lukisan Iwan Sulistyo ini juga dirangkum dalam sebuah buku yang akan diluncurkan pada pembukaan pameran.

"Beliau sebelumnya sudah sering ke Makassar. Dan kini sudah menetap selama enam bulan berkeliling daerah mencari objek lukisan di Sulawesi Selatan," tambah Ophan.

Ophan melanjutkan, lukisan yang dipamerkan dominan oil on canvas dan beberapa lagi water color on paper. Dia juga mengakui sebagian dari hasil penjualan lukisan ini akan disisihkan untuk kegiatan amal.

"Sebagian hasilnya untuk yayasan sosial. Tapi sasaran pastinya, akan dibicarakan lebih lanjut," ujarnya.

Harga per lukisan juga bervariasi, mulai Rp 8 juta hingga Rp 50 juta.

Iwan Sulistyo menjelaskan bahwa sudah ke 23 melaksanakan pameran lukisan tunggal selama ini termasuk di Makassar, dan pernah melakukan pameran lukisan di Singapura dan Selendia Baru, dan khusus pameran kali ini di Makassar dipersiapkan satu tahun, tambah Iwan.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Walikota Bau- Bau Pimpin Konwil VI APEKSI

Sekertariat Tetap di Makassar, Walikota Makassar dan Palu Jadi Penasehat

Laporan: AA.Effendy- Makassar

Ketua Konwil VI APEKSI ( Walikota Bau-Bau), Drs.MZ.Amirul Tamim (foto: Andi Ahmad)
Makassar, Kabar News- Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) VI ke 5 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang berlangsung di hotel Clarion Makassar yang dijadwalkan pelaksanaannya selama dua hari namun para peserta semua sepakat dapat menyelesaikan hanya sehari saja, ada tiga agenda kegiatan yang dilaksanakan di Muskomwil VI ke 5, diantaranya pameran dan lomba foto, City Tour, dan pemilihan Ketua Komwil VI APEKSI.

Pelantikan Pengurus Baru Konwil VI APEKSI diruang Jamin Hotel Clarion Makassar (foto: Andi Ahmad)
Pada Pameran dan Lomba foto yang diadakan panitia Muskonwil VI ini dari hasil dewan juri dari LKBN Antara menetapkan untuk lomba foto dalam kategori tema Kemiskinan kota diraih Pemkot Gorontalo sebagai juara I dan Tema Ruang Hijau terbuka dimenagkan Pemkot Makassar sebagai juara I, demikian dikatakan Panitia Muskonwil VI sesaat sebelum penutupan.

Dalam Muskonmil ini seluruh peserta sepakat memilih Walikota Bau-bau, MZ. Amirul Tamim sebagai ketua Konwil VI, dari sebanyak 17 Anggota (Walikota) yang hadir pada pertemuan ini sangat minin yang dating rata-r ata hanya diwakili saja, kata Panitia kepada Kabar News, Jumat (4/12).

Suatu kebanggaan yang didapat diperoleh pada sejumlah anggota APEKSI Konwil VI yang meliputi wilayah daerah pulau Sulawesi, Maluku dan Papua, karena dengan adanya wadah ini sebagai pemersatu dalam visi dan misi membangun Indonesia Timur umumnya dan bisa berbuat lebih banyak untuk kesejahteraan masyarakat pada khususnya, papar Ketua Konwil VI Apeksi yang baru, MZ. Amirul Tamim kepada wartawan pada jumpa pers setelah usai penutupan Konwil VI, Jumat (4/12).di Makassar.

Menurut Amirul Tamim, semestinya kalau diperhatikan secara seksama keberadan masyarakat Indonesia Timur masih tertinggal dari segi perekonomian dan infrastruktur, pada kalau dilihat secara cultural daerah dalam wilayah VI APEKSI ini yang sangat menonjol dari segi kemaritiman, dan Pariwisata sebagai unggulan ke 17 daerah kota ini, jelasnya,

“ Sebagai tugas yang telah diamanahkan dalam memimpin APEKSI Konwil VI yakni dapat melanjutkan program kepengurusan yang lalu dengan melanjutkan pundi-pundi yang telah dilaksanakan yang lalu, dengan membawa APEKSI bisa berperan sebagaimana mestinya ,” ucap Walikota Bau-bau ini.

Walikota Bau- Bau ini dengan diamanahkan sebagai pemimpin diorganisasi perkumpulan sejumlah Walikota pada wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua harus mampu membangun kerjasama terhadap sesama anggota APEKSI atau kota dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya , dan tujuan membangun kota masing-masing dengan membantu juga daerah-daerah yang terkebelakang atau tertingal dalam wilayah yang sama. (Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Menikmati “Sepotong Surga” di Pantai Kota Palu

laporan: Andi Ahmad- Palu.

Walikota Palu Rusdy Mastura

Palu,Kabar News-Aroma laut yang berhembus bersama angin, membelai wajahku sore itu. Riak ombak tak begitu besar, namun terdengar iramanya memecah di tanggul.

Saya mencoba serileks mungkin dengan menyandarkan kepala pada kursi plastik biru. Ya, pantai Talise, tempat yang tak pernah membosankan untuk melepaskan penat dan rantai rutinitas. Melihat gunung dan pantai dalam waktu yang elementer menimbulkan sensasi tersendiri.

Landskap alami itu dipermanis dengan kehadiran sebuah jembatan berwarna kuning yang membentang di atas hulu sungai Palu. Sebuah kombinasi yang mengundang decak kagum. Wallpaper yang biasa ditemui di layar komputer, kini ada di depan mata. Nyata!

Seorang kawan kepada saya pernah mengatakan: Jika ingin gebetan anda jatuh cinta, bawalah ke pantai Talise saat matahari terbenam dan nyatakan perasaaan anda kepadanya. “Saya sangat yakin dia akan jatuh cinta kepada anda dalam suasana itu,” sarannya dengan yakin. Saya hanya mengiyakan dalam hati kala itu.

Sembari menyeruput secangkir sarabba (air jahe dicampur sedikit santan dan susu) di bawah langit senja yang berwarna jingga, saya menyantap jagung bakar yang dioles mentega. Sore yang sempurna untukku.

Semakin sore, pengunjung kian bertambah. Mulai dari pasangan muda-mudi, mahasiswa yang pulang dari kampus, suami isteri dan anaknya serta pekerja yang pulang sore. Mereka tumplek sepanjang pantai Talise untuk sekedar menikmati pemandangan ataupun mencicipi menu yang disediakan cafe gerobak di sepanjang pantai.

Mulai dari jagung bakar, pisang goreng, pisang gepe sampai minuman penambah energi. Semuanya tersedia di kawasan itu.Tak salah jika ini menjadi tempat favorit warga kota Palu untuk mengisi waktu senggangnya

Jika seseorang menyebut Kota Palu sebagai “sepotong surga di khatulistiwa”, maka kita bisa setuju. Teluk nan elok, gunung yang membujur di Timur dan Barat, lembah dan sungai yang memisahkan wilayah Timur dan Barat bisa menjelaskan “sepotong surga” itu. Walikota Palu Rusdy Mastura menyebut kotanya sebagai sebagai kota tiga dimensi (laut, gunung dan lembah).

Tak jauh dari tempat duduk saya, hanya sekitar 1 kilometer ke arah Barat, terdapat pantai Taman Ria. Tempat ini semakin menarik dan ramai dikunjungi setelah pemerintah kota memperbarui beberapa fasilitas. Diantaranya pengaspalan dan pelebaran jalan, serta pembangunan jembatan Palu IV atau biasa disebut jembatan kuning. Selain menu seperti di Pantai Talise, di kawasan ini juga dijual makanan khas seperti kaledo (sop tulang sapi) yang dimakan dengan singkong atau nasi, uvempoi (kuah asam dari tulang sapi) yang dimakan dengan burasa (nasi santan yang dibungkus daun pisang), dan uta dada (semacam opor ayam).

Di kawasan ini pula, terdapat sebuah restoran yang menyediakan menu yang cukup komplit. Namun, menu favoritnya ikan bakar seperti bubara, kakap merah, baronang, sunu, dan berbagai macam ikan kualitas ekspor lainnya. Walikota Palu dalam satu kesempatan pernah mengatakan, Kawasan Pantai Talise dan Taman Ria yang membuat Kota Palu menjadi indah. “Namun kita tidak punya dana yang besar untuk bisa mengembangkan kawasan ini menjadi tempat wisata modern,” kata Walikota Palu Rusdy Mastura.

Namun kata Bung Cudy–sapan akrab Walikota Palu– pihaknya akan mengembangkan kawasan pantai di Kota Palu sebagai tempat wisata malam. “Saya yakin pantai ini akan menjadi tempat yang sangat romantis untuk bersantai bersama keluarga di malam hari,” katanya.

Keyakinan bung Cudy sepertinya akan segera terwujud. Pemerintah pusat akan segera menggelontorkan dana milliaran rupiah melalui inpres percepatan pembangunan untuk revitalisasi teluk Palu. Dengan dana sebesar itu, maka sangat memungkinkan untuk mengembangkan kawasan itu menjadi kawasan wisata modern.

Pengembangan kawasan wisata ini tentu saja akan memicu peningkatan di sektor informal yang mulai menggeliat sejak Walikota Palu mencanangkan kotanya sebagai “Pusat Kebangkitan Ras Melayu, dan sebagai Northern Gate Indonesia (Pintu Utara Indonesia). “Kota ini akan menjadi jendela peradaban bagian Timur Indonesia dengan saudaranya dari ras kuning China,” kata Walikota Palu,seperti dikutif Palukota.go.id

Untuk mengakselerasi gerak maju kota, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu telah membentuk Tim Percepatan Pembangunan Kota Palu. Tim pimpinan Dharma Gunawan, ketua Bappeda Kota Palu itu, telah memproklamirkan tujuh program prioritas, yakni percepatan pembangunan Kota Palu dalam kerangka Inpres Percepatan Pembangunan Sulawesi Tengah.

Kemudian Membangun Unit Pelaksana Teknis dan Mendirikan Sekolah Rotan, membangun laboratorium pengembangan teknologi dan budidaya kakao, revitalisasi Teluk Palu, mendorong kemajuan informasi teknologi, membangun kawasan industri, dan melakukan revolusi teknologi melalui Lembaga Pengembangan Teknologi Tepat Guna.

“Prioritas program ini, sebagai implementasi dari menjadikan Kota Palu sebagai northern gate Indonesia menuju kebangkutan peradaban ras melayu,” kata Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kota Palu, Dharma Gunawan.

Mengenai pentingnya sekolah rotan, karena pemerintah mengharapkan outputnya dapat melahirkan tenaga kerja terampil yang dapat memenuhi pasar kerja. Menurut Andi Mulhanan Tombolotutu, saat ini tidak terjadi keseimbangan. Di satu sisi, luaran dari sekolah umum membludak, tapi di sisi lain pasar kerja mencari tenaga kerja terampil dan mereka tidak menemukannya dari lulusan sekolah umum. “Maka sekolah rotan ini menjadi sangat penting. Ini sekolah kejuruan,” katanya.

Mimpi itu sangat rasional, berdasarkan data dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Penanaman Modal (Disperindagkop-PM) Kota Palu, nilai ekspor rotan polish setiap tahun mengalami penurunan. Makanya, diharapkan ke depan rotan yang diekspor itu harus barang jadi.

Data menyebutkan, tahun 2000 misalnya, nilai ekspor rotan polish mencapai 9.501.085,83 ton, tahun 2001 mencapai 9.245.559,50 ton. Tahun 2003 menurun mnjadi 8.659.554,68 ton, dan tahun 2006 menurun lagi menjadi 267.511,00 ton.

Meski begitu, menurut Ketua DPRD Kota Palu, Andi Mulhanan Tombolotutu, program yang segera direalisasikan adalah setiap kelurahan memiliki sistem mitigasi dan tanggap darurat bencana yang aktif.

Seluruh sentra produksi, industri dan kawasan pemukiman memiliki listrik, telekomunikasi, air bersih, sanitasi, irigasi, drainase, serta transportasi sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang Kota. Bebas pencemaran lingkungan dan seluruh limbah diolah menjadi produk bernilai tambah.

Pelabuhan udara,Laut, dan terminal petikemas memenuhi standar nasional serta terintegrasi dengan kawasan industri terpadu. Seluruh wilayah Kota Palu bebas banjir yang diakibatkan oleh meluapmya air sungai. “Kita tidak mau menetapkan program yang muluk-muluk. Saya pikir, program seperti ini sangat rasional dan bisa dilaksanakan dalam beberapa tahun ke depan,” tandasnya.

Matahari semakin condong ke Barat, semburat jingga menggelap berganti kerlip lampu di sepanjang pantai. Sebentar lagi malam menjemput, dua tongkol jagung sudah ludes, secangkir sarabba sudah tandas. Lamat-lamat azan magrib menghilang. Saya pun mengemasi bawaan untuk bergegas pulang. Sore yang terasa singkat namun indah di bibir teluk Palu. Eits, jangan lupa saran kawan saya: buat gebetan anda jatuh cinta di Pantai Talise! Selamat mencoba!.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Seluruh CJH Embarkasi Makassar Sudah di Mekah

Kloter I Embarkasi Makassar Tiba Tgl 14 Desember 2008



Makassar, Kabar News - Seluruh calon jamaah haji (CJH) yang tergabung dalam Embarkasi Hasanuddin Makassar sudah berada di Kota Mekah, Arab Saudi, Selasa (2/12). Untuk musim haji tahun ini, Embarkasi Hasanuddin memberangkatkan sekitar 13.540 CJH yang tergabung dalam 42 kloter (kelompok terbang).


Mereka berasal dari 23 kabupaten/ kota Se-Sulawesi Selatan (Sulsel) serta jamaah yang berasal dari Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Dini hari kemarin, Sekretaris Provinsi Sulsel Andi Muallim mewakili gubernur melepas sekitar 293 jamaah asal Kabupaten Pangkep yang tergabung dalam kloter terakhir.

Jamaah kloter 42 tersebut bertolak dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, sekitar pukul 04.42 wita dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 1221. "Informasi yang kita terima, alhamdulillah mereka telah tiba di Kota Mekah bergabung bersama seluruh jamaah lainnya," kata Kepala Bidang Dokumen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin Imran Abbas, kemarin,seperti dilansir tribun.

Berdasarkan Data Sistem Komputer Haji Terpadu (Siskohat) Departemen Agama (Depag) RI menyebutkan hingga pukul 16.30 waktu setempat sekitar 209.798 CJH Indonesia sudah Tiba di Arab Saudi.
Sebanyak 182.324 jamaah haji reguler (91.79 persen) sudah ditempatkan di pemondokan di Kota Mekah. Sementara, jamaah haji plus yang sudah masuk Arab Saudi mencapai 13.325 jamaah (70.90 persen), dan petugas haji sebanyak 824 orang (98,56 persen).
Kedatangan jamaah haji Indonesia gelombang II yang datang melalui bandara King Abdul Aziz Jeddah berakhir kemarin. Dengan demikian , seluruh jamaah haji Indonesia dengan jumlah 210 ribu CJH akan berkumpul di
Mekah. Sementara itu, jelang puncak ibadah haji yang ditandai Wukuf di Arafah, suhu di Mekah mulai mendingin dengan suhu berkisar 23 derajat celsius utamanya di malam hari.

Sudah 79 Jamaah Wafat di Arab Saudi

Dari 209.798 jamaah yang sudah masuk Kota Mekah sebanyak 79 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia dengan berbagai sebab mulai terserang penyakit sampai kecelakaan. Sekitar enam di antaranya berasal dari jamaah haji plus.
Data siskohat menyebutkan meninggalnya jamaah haji sebelum prosesi Armina ini mayoritas disebabkan penyakit sistem sirkulasi dan sistem pernapasan. Tercatat 54 jamaah meninggal akibat sistem sirkulasi dan 17 jamaah meninggal akibat sistem pernapasan.

Data siskohat juga menyebutkan jamaah yang paling banyak meninggal dunia berasal dari daerah Surakarta sebanyak 20 jamaah, Bekasi 12 jamaah, Jakarta 11 jamaah. Dari daerah lainnya masing-masing berurutan, Makassar sebanyak tujuh jamaah, Surabaya lima jamaah, dan lainnya masih di bawah angka lima.(Effendy Saputra/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

2009, PHK Ancam 2 Juta Karyawan di Indonesia

Karyawan Pabrik Tekstil yang terancam PHK pada Tahun 2009

Jakarta, Kabar News-Pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran diperkirakan melanda Indonesia tahun depan. Lembaga kajian ekonomi dan finansial, Institute for Development of Economics and Finance (Indef) memerkirakan dua juta karyawan akan terkena PHK akibat imbas krisis finansial global.

Data ini diperkuat Organisasi Buruh Internasional (ILO) untuk seluruh dunia PHK dengan jumlah sekitar 20 juta pekerja. "Melihat kondisi sekarang, PHK bisa naik jumlahnya mencapai dua jutaan pekerja," kata ekonomi senior Indef, Ikhsan Modjo, kepada PerdaNetwork, Selasa (2/12).
Dia mengatakan, sektor riil yang bergerak di bidang ekspor akan menyumbang angka PHK terbesar. Angka ini merupakan riset terbaru Indef.
Hingga Jumat (28/11), sedikitnya 15 ribu orang telah kehilangan pekerjaan. Pekerja yang sedang menunggu pengesahan PHK juga sudah mencapai 50 ribu orang, naik empat kali lipat dalam dua pekan terakhir (Kompas).
Ancaman PHK bukan sekadar teror psikis yang dilancarkan elemen masyarakat nonpemerintah. Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian merangkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui PHK tak bisa dihindari.
"Di tengah krisis yang terjadi dan permintaan barang ekspor yang turun, gelombang PHK menjadi sesuatu yang sulit dihindari," kata Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Selasa (2/12).
Sri Mulyani mengatakan PHK diperkirakan akan berlangsung pada kuartal I (Januari-April), dan kuartal II (April-Agustus) 2008. "Ini konsekuensi yang benar-benar sulit," paparnya.(Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Pertamina: Umumkan Harga Bensin Tengah Malam



Jakarta, Kabar News - PT Pertamina (Persero) tampaknya kewalahan melakukan antisipasi rush pembelian atau aksi menahan penjualan bensin yang dilakukan oleh pemilik SPBU setiap kali harga bensin baru diumumkan.

Makanya, Pertamina meminta pemerintah tidak memberikan jeda terlalu lama antara waktu penurunan bensin diumumkan dan waktu pelaksanaannya.

"Kita belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya bahwa setiap ada pengumuman kenaikan atau penurunan harga bensin pasti menimbulkan dampak tertentu di masyarakat. Makanya sebaiknya Pemerintah kasih waktu yang pendek saja sejak diumumkan dan jangan terlalu lama. Seperti dulu kan pengumuman dilakukan jam 12 malam," ujar Wakil Direktur Pertamina I'in Arifin Takhyan di sela acara Seminar Quo Vadis Energi Nasional, Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (3/12),seperti dilansir kompas.com.

Menurut I'in kasus terakhir yang membuat Pertamina kelabakan adalah diumumkannya penurunan harga premium dari Rp 6.000 per liter menjadi Rp 5.500 per liter, satu bulan sebelum eksekusi penurunan harga dilakukan. Akibatnya, banyak pemilik SPBU yang menahan penjualan premium karena merasa rugi harus menjual dengan harga baru sementara mereka membeli stok dengan harga lama.

"Kalau beli stok sehari sebelumnya masih harga tinggi, jadi mereka menahan penjualan. Namun, konsumen juga sama karena tahu harga turun, dia baru beli setelah harga baru turun," katanya.

Menurut I'in, Pertamina sudah menyiapkan beragam sanksi bagi pemilik SPBU yang menahan penjualan premium, mulai dari melayangkan surat teguran, menahan suplai, sampai menutup SPBU yang tetap membandel.(Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Muskomwil VII APEKSI Diadakan di Makassar

Acara Munas Apeksi pada Tahun 2008

Makassar, Kabar News- Asosiasi Pemerintah Kota (Apeksi) didirikan dengan tujuan merealisasikan pelaksanaan otonomi daerah yang utuh, luas nyata dan bertanggung jawab dalam ikatan Negara Republik Indonesia dan memperjuangkan kepentingan anggota. Selain itu, asosiasi ini dimaksudkan dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi kerjasama antar pemerintahan Daerah, memperjuangkan kepentingan anggota Dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, keadilan serta pemerataan dengan memperhatikan potensi dan keanekaragaman daerah.

Sejak dibentuk tanggal 25 Mei 2002, Apeksi telah melakukan berbagai aktivitas dalam ikatan Asosiasi yang memungkinkan anggotanya bersinergi. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin berkaitan dengan berakhirnya kepengurusan Apeksi Komwil VI pada periode 2006=2008. Didalam forum ini juga, akan dibicarakan isu-isu strategis berkaitan dengan pengembangan kawasan Timur Indonesia, hal ini dikatakan H. Pagar Alam dalam relisnya kepada Kabar News, Rabu (3/12)di Makassar.

Menurut Pagar Alam bahwa Muskomwil yang akan berlangsung di Hotel Clarion Makassar, Tanggal 5-6 Desember 2008, yang akan dibuka secara resmi oleh Walikota Makassar, H. A. Hery Iskandar dan dihadiri seluruh anggota ApeksiKomwil VI yang terdiri dari pada Walikota di Kawasan Indonesia Timur sejumlah 17 Orang disertai dengan Asistn Tata Pemerintahan dan Kepala Bepedda dari masing-masing kota. dan kegiatan yang lain dalam pelaksanaan Komwil ini adalah Pameran Foto dan City Tour. (Asri Colli/ Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Hari Bakti PU di Sulsel Hanya Dihadiri Wagub

Laporan : Andi Ahmad- Makassar.

Menteri PU RI, Djoko Kirmanto menyerahkan penghargaan kepada Sejumlah P3A dan GP3A yang berprestasi di Seluruh Indonesia


Makassar, Kabar News- Hari Bakti Pekerjaan Umum ke 63 yang dilaksanakan pada provinsi Sulsel dihalaman kantor Gabungan Dinas PU provinsi Sulsel Makassar, Rabu (3/12). Upacara peringatan Hari Bakti PU yang ke 63 ini dihadiri Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, dan sejumlah pejabat Kepala Dinas dalam lingkup Pekerjaan Umum Provinsi Sulsel diantaranya Plt Kadis Tarkim, Syahrir Tato, Kadis Prasarana Wilayah, Abd Latief, dan Kadis PSDA, Soeprapto Budisantoso, juga hadir sejumlah mantan kepala dinas PU sebelumnya.


Pada Peringatan Hari Bakti PU yang ke 63 provinsi Sulsel dipusatkan di Makassar, diberikan piagam penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang yang didampingi Kadis PSDA Sulsel, Soeprapto Budisantoso, Kadis Praswil Sulsel, Abd Latief, dan Plt Kadis Tarkim, Syahrir Tato , piala dan piagam yang diserahkan kepada Sejumlah GP3A (Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air) dan P3A ( Perkumpulan Petani Pemakai Air) diantaranya Juara I GP3A Massumpololo Kec. Tirong Palletei Patampanua Kab. Pinrang, Juara II GP3A Mandiri Lowa Kec. Tanasitolo Kab. Wajo, Juara III GP3A Bilakana Kec. Pitueriase Kab. Sidrap, Juara Harapan I GP3A, Sitallasi Kec.Pattalassang Kab. Takalar, dan Juara Harapan II GP3A Jatia Kec. Pallangga Gowa.

Untuk P3A diantaranya, juara I P3A Mappasitujue Kec. Camba Pinrang, Juara II P3A Camba Kec. Batang Jeneponto, Juara III P3A Sipatokkong Kec. Taneteriaja Barru, Juara Harapan I P3A Mamminasae Kec. Tanasitolo Wajo, Harapan II P3A Boyote’nea Kec. Barombong Gowa.

Selain itu penyerahan Piala kepada Sekolah Dasar pada Lomba Edukasi 3R, Peningkatan kepedulian Bidang PLP se Sulsel, yakni juara I SD Inpres Tinggimae Gowa, Juara II SD Inpres Sudirman I Makassar, Juara III SD Bontoramba I , Juara Harapan I SD Bontoramba I, Harapan II SD Negeri Pongtiku I, dan SD Inpres Perumnas Antang I, jelas Ketua Panitia, Agustinus Bandaso, di Makassar, Rabu (3/12).

Pada Sambutan seragam Menteri PU RI yang dibacakan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, menjelaskan bahwa Departemen PU sekarang berfokus pada prioritas Pembangunan Nasional dalam RKP 2009 diutamakan untuk Peningkatan Kesejahteraan Rakyat dan Pengurangan Kemiskinan dengan fokus sasaran pada PeningkatanPertumbuhan yang berkualitas dengan Memperkuat Daya Tahan Ekonomi yang didukung Pembangunan Pertanian, Infrastruktur dan Energi, dan Peningkatan Upaya Anti Korupsi, Reformasi Birokrasi,kata Menteri PU, Djoko Kirmanto dibacakan Wagub Sulsel pada upacara peringatan hari Bakti Pekerjaan Umum ke 63 di Makassar.


Selengkapnya...

Dephub Cabut SIUPAL 19 Perusahaan Pelayaran di Indonesia

Jakarta, Kabar News-Departemen perhubungan membekukan Surat Izin Usaha Perusahaan Pelayaran (Siupal) 19 perusahaan pelayaran karena perusahaan itu sudah tidak lagi memiliki kapal yang dioperasikan.

"Padahal persyaratan mendapatkan Siupal adalah, perusahaan tersebut wajib memiliki kapal," kata Direktur Lalulintas Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Dephub, Leon Muhamad di Jakarta, Selasa (2/12).

Dia menjanjikan, perusahaan pelayaran yang masih menyimpan Siupal tapi tidak memiliki kapal jumlahnya cukup banyak dan saat ini sedang dalam proses.
"Kalau nanti terbukti tidak memiliki kapal juga akan mengalami nasib yang sama, kami tarik Siupal-nya," jelas Leon,seperti dikutif kompas.com.

Dia tidak membantah tentang adanya permainan saat pengajuan Siupal oleh perusahaan pelayaran.

Disebutkan, segala kemungkinan bisa terjadi. Apakah saat pemberikan Siupal tidak diperiksa fisik kapalnya sebagai persyaratan atau memang kapalnya ada tapi sudah dijual kepada pihak lain.
"Ada 19 perusahaan pelayaran yang kami cabut Siupal-nya karena dari hasil verifikasi, perusahaan itu tidak memberikan laporan. Mungkin kapalnya sudah dijual kepada perusahaan lain tapi tidak membuat laporan," jelasnya.(Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Anggota TNI dan Polisi Bersitegang di Makassar

Makassar, Kabar News - Sertu Ismail Bahar, anggota TNI AD yang bertugas di Resimen Induk Kodam (Rindam) VII Wirabuana, hampir saja bentrok dengan dua anggota Satuan Samapta Polda Sulsel, Bripda Aswar A dan Bripda Rustadi, di depan Kampus Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP) Paulus, Makassar, Selasa, (2/12).

Ketegangan tersebut menarik perhatian sejumlah warga dan pengguna jalan yang sedang melintas saat itu. Beberapa warga setempat menyebut, mereka sempat adu mulut setelah kendaraan mereka saling bersenggolan dan membuat ketiganya jatuh,seperti dikutif tribun.

Jabid Humas Polda Sulsel Heri Subiansauri membenarkan peristiwa itu. Mantan Wadirlantas Jawa Barat ini menegaskan TNI dan Polri merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.(Sakkar Rauf)

Selengkapnya...

Diskusi Lintas Generasi Pada Malam Kilas Balik Hari Bakti PU

Acara Diskusi Lintas Generasi Malam Kilas Balik Hari Bakti PU di Pendopo Kementerian PU RI di Jakarta

Jakarta, Kabar News-Memperingati Hari Bakti Departemen PU setiap tanggal 3 Desember digelar Malam Kilas Balik Bakti Departemen PU yang dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, para pejabat Departemen PU serta para senior Departemen PU diantaranya Mantan Menteri PU Suyono Sosrodarsono dan Mantan Sekjen PU Budiman Arief di Ruang Pendopo Departemen PU, Jakarta (2/12).

Dalam acara tersebut dilakukan pemutaran film dokumenter mengenai sejarah terbentuknya Departemen PU, pencapaian Departemen PU dari masa ke masa serta peristiwa 3 Desember dimana gugur tujuh pegawai Departemen PU mempertahankan Gedung Sate, di Bandung dari serbuan tentara penjajah.

Usai pemutaran film dilakukan diskusi lintas generasi antara Budiman Arief selaku senior Departemen PU dengan Herdiansyah CPNS Departemen PU yang dimoderatori oleh Staf Ahli Menteri PU MOch. Amron. Diskusi lintas generasi ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai pengalaman berharga dari senior Departemen PU dan bagaimana Departemen PU di masa depan dari sudut pandang generasi baru, seperti dikutif PU-Net.

Menurut Budiman Arief, jaman memang telah berbeda dan tantangannya juga berbeda oleh karena itu harus terus belajar karena ilmu yang dimiliki hari ini belum tentu bisa memecahkan masalah besok. Yang juga perlu dijaga adalah komitmen dalam melaksanakan pekerjaan. ”Pengalaman baik yang enak maupun tidak enak itu merupakan konsekuensi jabatan” katanya. Acara malam kilas balik juga dimeriahkan oleh pagelaran wayang kulit. (Effendy Saputra)

Selengkapnya...

2009, Dep.PU Fokuskan Pada Peningkatan Kesejahteraan Rakyat Dan Pengurangan Kemiskinan

Hari Bakti PU Provinsi Sulsel di Makassar

Laporan : Effendy Saputra/Andi Ahmad

Menteri PU RI, Ir, Joko Kirmanto.
Jakarta, Kabar News-Optimalisasi program dan realokasi anggaran tahun 2008 yang kita sepakati bersama, telah disetujui oleh DPR dan Menteri Keuangan. Untuk itu kita harus secara cermat dan maksimal meningkatkan kinerja agar progress total nasional yang pada akhir bulan Nopember 67,2% keuangan dan 75,5% fisik, pada akhir tahun anggaran 2008 dapat mencapai rata2 diatas 95% untuk menghasilkan infrastruktur PU yang berkualitas dan bermanfaat secara optimal. Sehingga pada tahun 2008 ini dapat diselesaikan pembangunan 33 embung dan 6 waduk, peningkatan/pembangunan jaringan irigasi seluas 140,8 ribu Ha dan rehabilitasi 210 ribu Ha, serta rehabilitasi/peningkatan jaringan rawa seluas 230,5 ribu Ha.

Pelaksanaan program pembangunan jalan dapat mencapai kondisi mantap menjadi 86% dengan tambahan lajur jalan baru sepanjang 3.980 km. Untuk program permukiman dapat diselesaikan pembangunan Infrastruktur Pedesaan sekitar 2.000 desa tertinggal, 90 kawasan agropolitan dan 236 kawasan desa pusat pertumbuhan. Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh dan Nelayan melalui P2KP di 8.813 kelurahan dan NUSSP di 260 kelurahan seluas 1.109 Ha, dan pembangunan Rusunawa sebanyak 7.640 unit serta dukungan infrastruktur permukiman bagi sekitar 101.059 unit rumah sederhana sehat(RSH). Sedangkan untuk Air Minum diharapkan dapat diselesaikan tambahan kapasitas produksi sebesar 5.700 l/det yang melayani 2,2 juta jiwa, dan peningkatan air limbah di 44 kota/kab, persampahan di 115 kota/kab dan jaringan drainase perkotaan seluas 71 Ha, demikian dikatakan Menteri Pekerjaan Umum RI, Joko Kirmanto pada sambutannya di Hari Bakti Pekerjaan Umum ke 63 yang dilaksanakan seluruh daerah Indonesia, di Jakarta, Rabu (3/12).

Menurut Joko Kirmanto pada Tahun 2009 nanti adalah tahun terakhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2004-2009 dan Rencana Strategis Departemen PU 2005-2009. Perencanaan dan pemograman tahun 2009 karenanya harus mengacu kepada proritas program dalam RKP 2009 dan diupayakan untuk mempercepat pencapaian sisa berbagai target dalam pemenuhan sasaran-sasaran yang terkait baik dalam RPJMN maupun Renstra Departemen PU sebagaimana telah direview pada tahun 2007 lalu, katanya.

"Adapun Prioritas Pembangunan Nasional dalam RKP 2009 diutamakan untuk Peningkatan Kesejahteraan Rakyat dan Pengurangan Kemiskinan dengan fokus sasaran pada Pening
Pertumbuhan yang berkualitas dengan Memperkuat Daya Tahan Ekonomi yang didukung Pembangunan Pertanian, Infrastruktur dan Energi, dan Peningkatan Upaya Anti Korupsi, Reformasi Birokrasi," jelas Joko Kirmanto.

Hari Bakti PU di Sulawesi Selatan

Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum yang ke 63 tahun 2008 ini untuk daerah Sulawesi Selatan dipusatkan di halaman kantor Dinas PU Provinsi Sulawesi Selatan yang di hadiri Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo, dan sejumlah pejabat Kepala Dinas pada Jajaran PU Sulsel , diantaranya Kadis Pengelolaan Sumber Daya Air, Ir.Supratto, Kadis Praswil Sulsel, Ir. Abd Latief, dan Kadis Tata Ruang Provinsi Sulsel, demikian dijelaskan Kamaruddin Umar selaku Panitia Hari Bakti PU provinsi Sulsel diruang kerjanya pada kantor Dinas PSDA Sulsel Makassar, Selasa (3/12).(Andi Ahmad/E.Saputra)


Selengkapnya...

Jamaah Haji Indonesia Bermalam di Masjidil Haram


Mekkah.Kabar News-Masjidil Haram semakin padat menjelang puncak ibadah haji. Jamaah yang pemondokanya berjarak lebih tiga kilometer dari masjid memutuskan untuk tinggal di dalam Masjidil Haram.

Mereka mengaku lebih senang tinggal di masjid daripada harus bolak balik pemondokan-masjid. Selain lelah, waktu akan habis di jalan karena padatnya Tanah Haram, Mekah. Bus tidak bebas lagi berjalan karena jamaah yang berjubel.
Mereka baru meninggalkan masjid jika ingin mencari makanan. Jamaah mencari makanan di restoran yang banyak tersebar di dekat masjid dengan harga mulai dua sampai tiga riyal.
Namun ada juga jamaah yang membawa kurma untuk dimakan di dalam masjid. Sedangkan minuman, jamaah tidak akan susah mencarinya karena air zam-zam sangat melimpah di Masjidil Haram.
Di mana-mana ada air zam-zam yang tidak akan habis diminum bahkan digunakan mandi sekalipun.
Salah seorang jamaah yang berangkat melalui kloter reguler mengaku baru pulang ke hotel atau pemondokan mereka pada pagi hari untuk berganti baju dan mencuci. Mereka berada di masjid mulai menjelang salat Lohor hingga pagi setelah menyelesaikan salat Duha.
Ada juga jamaah dari Indonesia yang membawa tas besar berisi pakaian dan makanan. Mereka berkumpul di halaman masjid. Jika ingin ke toilet atau ingin tawaf dan salat, mereka menitipkan barang mereka ke kawannya secara bergantian.
Kami yang berasal dari jamaah ONH Plus mendapat pemondokan sekitar 300 meter dari masjid sehingga masih bisa bolak-balik hotel-masjid. Bahkan ada jamaah lain yang menumpang di hotel kami.
Bukan hanya jamaah Indonesia yang bermalam dan tinggal di masjid. Jamaah dari negara lain juga banyak yang tinggal di masjid. Yang bermalam di masjid hanya "orang muda". Sedangkan orang tua banyak yang memilih tinggal di pondokan.(ITNN/Effendy Saputra)


Selengkapnya...

SBY: Januari 2009, Harga Solar Bisa Turun



Jakarta,Kabar News- Selepas penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin senilai Rp 500 mulai 1 Desember 2008, pemerintah kini mempertimbangkan penurunan harga solar pada Januari mendatang.
Pasalnya, harga solar bersubsidi saat ini mempunyai besaran harga yang sama dengan harga BBM jenis bensin, yakni sebesar Rp 5.500 per liter.
"Kita baru saja menurunkan BBM premium. Dan saat ini sedang melakukan exercise apakah misalkan bulan berikutnya lagi harga solar bisa kita turunkan," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) usai menggelar Rapat Kabinet Terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/12).
Pada acara press brifing di depan wartawan, Presiden Yudhoyono mengemukakan, perhitungan penurunan harga solar masih seputar seberapa kuat APBN 2009 mendatang.
"Sedang kita hitung apakah bisa dalam konteks APBN kita," ucapnya.

Menurut mantan Menko Polkam era Presiden Megawati Soekarnoputri ini, upaya pemerintah tersebut merupakan bagian upaya meringankan beban rakyat.
"Tapi dengan catatan, semua itu klop dengan upaya penyelematan perekonomian secara utuh," ujarnya.
Presiden SBY menjelaskan, pemerintah bakal menggunakan peluang secara baik, dan berupaya menekan angka penyimpangan dengan melorotnya harga BBM di Tanah Air.
Pemerintah pada Kamis (6/11) mengumumkan akan menurunkan harga bensin bersubsidi dari sebelumnya Rp 6.000 menjadi Rp 5.500 per liter mulai 1 Desember 2008.
Harga solar dan minyak tanah bersubsidi tetap yaitu masing-masing Rp 5.500 per liter dan Rp 2.500 per liter.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro menyatakan, penurunan harga solar tidak terlepas dari kondisi Harga Minyak Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP). Harga ICP tersebut kemudian dibandingkan dengan harga keekonomian yang tengah berlangsung.

Dan kemudian dilihat seberapa jauh harga solar tersebut. "Ini yang menjadi patokan," paparnya,Seperti dilansir kompas.com.

ICP pada penutupan Jumat lalu mendekati angka 49 dolar AS per barel.
Selain ICP, Purnomo mengamini, ada hal lain yang menjadi pijakan pemerintah menurunkan harga solar seiring anjloknya harga minyak mentah dunia.
Nilai kurs ternyata menjadi bahan pengukuran pemerintah menggolkan penurunan harga solar.

"Semakin tinggi kurs, maka semakin menjauh harga solar. Dia tidak akan menempel pada angka Rp 5.500 atau Rp 5.000 kalau kita ingin turunkan Rp 500, atau Rp 5.200 kalau kita menginginkan turun Rp 300," sergahnya seraya mempertimbangkan komponen pajak yang melekat pada solar.

"Ada komponen pajak, yaitu pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dan Pajak Pertambahan Nilai. Kita ingin kalaupun belum mendekati harga keekonomian, tapi kalau break event point (BEP) bisa (turun)," katanya.(ITNN/Effendy Saputra)

Selengkapnya...

Tambang Emas Bombana Tewaskan 11 Orang


Kasipute, Kabar News - Warga yang menjadi korban tewas di lokasi tambang emas secara manual di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) mencapai 11 orang.

Pelaksanakan Kadis Pertambangan dan Energi Kabupaten Bombana, Cecep Trisnajayadi di Kasipute, mengatakan berbagai musibah yang menyebabkan nyawa pendulang melayang, yakni tertimbun tanah longsor sekitar penambangan, sakit dan kecelakaan lalu lintas.

Informasi adanya korban meninggal mencapai puluhan orang dan penganiayaan yang menyebabkan korban jiwa tidak benar, kata Cecep. Jumlah korban tidak terdata dengan akurat karena luas wilayah dengan medan cukup berat, sehingga menyulitkan anggota tim melakukan pengawasan.

Selain itu, rekan korban maupun keluarga korban enggan mengadukan peristiwa naas yang dialami, namun mengambil inisiatif mengantarkan korban ke rumah sakit sesuai keinginan pihak keluarga atau kelompok kerja mereka.

Tim gabungan dari Pemkab Bombana bersama TNI dan Polri berupaya sedini mungkin mencegah adanya tindakan kejahatan.

Sementara itu, Kapolres Bombana, AKBP Yan Sultra mengharapkan partisipasi masyarakat untuk ikut serta memelihara ketertiban dilokasi penambangan. "Situasi kondusif bukan hanya tanggung jawab polisi tetapi juga karena kesadaran warga melaporkan adanya indikasi kejahatan sangat diharapkan," kata Yan Sultra,seperti dikutif kompas.com

Kegiatan penambangan emas Bombana yang dibuka secara resmi oleh pemerintah setempat sejak 1 November lalu sudah menyedot sekitar 40 ribu pedulang. Tiga lokasi tujuan penambangan emas secara tradisional adalah Sungai Tahi Ite di Desa Rau-Rau (Kecamatan Rarowatu), Desa Wumbubangka dan Desa Barito (Kecamatan Rarowatu Utara. (Yusnandar/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom