Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

SBY di Istana, Kalla Sibuk Keliling Ibukota

Jakarta, Kabar News-Pagi sampai siang hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sibuk melakukan aktivitas di dalam istana. Sedangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla aktif menghadiri berbagai kegiatan di sejumlah tempat di Jakarta dan daerah sekitarnya.

Yudhoyono yang maju kembali menjadi calon presiden 2009, baru ada agenda kerja sore hari. Di antaranya pukul 19.30. Dia menghadiri perayaan hari ulang tahun Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia ke-49 dan Silaturrahim Nasional Alumni PMII di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Sementara Kalla yang kini juga maju menjadi calon presiden 2009 sibuk bekerja di luar istana sepanjang hari.

Aktivitas calon presiden dari Partai Golkar yang berpasangan dengan Wiranto dari Partai Hanura itu, antara lain, menyerahkan kunci dan meletakkan batu pertama perumahan buruh Griya Puri Serikat Pekerja Seluruh Indonesia , Sukatani, Kabupaten Tangerang, seperti dilansir vivanews.

Selanjutnya pada pukul 14.30, Kalla dijadwalkan menerima Persatuan Tuna Netra Indonesia di Istana Wakil Presiden, Kebon Sirih.

Di malam hari, Kalla akan menghadiri acara bertema Doa Ibu untuk Keselamatan Bangsa di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, pukul 19.00.(Wawan)

Selengkapnya...

Dinilai Langgar Aturan Pemilu , Menteri Dilarang Jadi Tim Sukses

Liputan Pemilu 2009


Jakarta, Kabar News- Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu secara terang-terangan menjadi tim sukses pasangan capres-cawapres. Hal ini dinilai sebagai tindakan yang melanggar aturan pemilu.

"Ini semua tidak benar karena melanggar aturan, mereka seharusnya bertarung secara fair," ujar pengamat politik Boni Hargens, Rabu (27/5/2009).
Menurut Boni, seharusnya para pejabat ketika melakukan kampanye tidak boleh menggunakan fasilitas publik. Selain itu mereka juga tidak diperkenankan untuk memanfaatkan jaringan yang dimilikinya karena posisinya sebagai pejabat.

"Nggak fair kalau mereka memanfaatkan jaringan untuk keuntungan mereka. Seperti SBY ketika memberikan bantuan, itu sebenarnya kampanye terselubung tetapi tidak ada yang mempersoalakan," kritik dosen Universitas Indonesia tersebut.

Boni menyarankan agar penyelenggara pemilu mau bertindak tegas terhadap para pejabat yang memang secara jelas memanfaatkan posisinya untuk kampanye.

"Persoalan ini kan sudah ada aturan hukumnya yang mengatur. Ini yang punya kewenangan kan Bawaslu, tinggal mereka yang harus mengambil tindakan," tegas Boni,seperti dikutif detikcom.

Beberapa menteri yang menjadi pendukung SBY antara lain, Hatta Radjasa, Freddy Numberi, Lukman Edy, Taufiq Effendi, Jero Wacik, dan Suryadharma Ali. Menteri pendukung JK-Wiranto adalah Fahmi Idris, Paskah Suzetta dan Aburizal Bakrie.(***)

Selengkapnya...

Barcelona Juara Lagi Diliga Champions



Roma,Kabar News - Tiga tahun silam, Samuel Eto'o mencetak gol pada final Liga Champions dan Barcelona keluar sebagai juara. Kali ini ia lagi-lagi sukses mencetak gol, dan El Barca kembali keluar sebagai juara.

Di Stadion Stade France, Paris, 17 Mei 2006, Barca melakoni final kelima mereka di Liga Champions. Lawan yang mereka hadapi ketika itu adalah Arsenal yang baru pertama kali menikmati atmosfer laga puncak

Los Blaugranas tertinggal lebih dulu setelah Sol Campbell sukses mengoyak jala Victor Valdes pada menit 37 dan kedudukan 1-0 untuk keunggulan The Gunners bertahan hingga babak pertama usai. Namun semuanya berubah pada babak kedua.



Barca berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain setelah Jens Lehmann dikartumerah di menit 18. Gol penyama kedudukan pun akhirnya lahir lewat Eto'o pada menit ke-76.

Barca akhirnya keluar sebagai juara setelah Juliano Belletti mengubah kedudukan menjadi 2-1 empat menit menjelang pertandingan usai.

Kamis (28/5/2009) dinihari WIB, di Stadion Olimpico Roma, Eto'o kembali mengulangi apa yang ia capai tiga tahun sebelumnya. Striker berkebangsaan Kamerun ini mencetak gol pembuka Los Blaugranas pada menit ke-10. Gol tersebut pun membuka momentum Barca untuk mendominasi Manchester United.

Selanjutnya, Lionel Messi pun menggenapinya lewat gol yang ia cetak pada menit 70 dan Barca pun keluar sebagai juara Liga Champions musim ini.

"Gol itu datang pada saat yang tepat. Tuhan ada di atas sana dan Dia menciptakan keadilan," ucap dia seperti dilansir detikcom.

"Gol itu datang di saat yang vital karena membuat kami unggul. Saya sangat bahagia karena tim kami layak mendapatkannya," tandasnya.

Selengkapnya...

340 Kepsek di Jeneponto Ributkan Dana BOS

Laporan: Rizal Noer- Jeneponto



Jeneponto, Kabar News-Sekitar 340 Kepala SD dan SMP Se Kab. Jeneponto Penerima dana BOS periode Maret-April 2009 ribut, pasalnya mantan Manager dana BOS Drs. Hasanuddin Turatea, M.Pd yang sekarang sudah menjadi staf ahli Bupati Jeneponto sejak dimutasikan pada bulan Maret 2009 lalu secara sepihak menahan pencairannya pada Bank Sul-sel dan BNI Cabang Jeneponto.

Hasanuddin Turatea setelah mengetahui perjanjian pencairan dana BOS ditanda tangini oleh Nurlan Jafar dengan sigapnya mengadakan pertemuan bersama para Kepala Sekolah diruang Rapat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Jeneponto Rabu,(26/5) dengan “tegas mengatakan bahwa dana BOS tidak akan cair bila perjanjian bukan, saya yang menandatangani”, jelasnya.

Sebagaimana dirinya mengaku telah dibuatkan SK (Surat Keputusan) oleh Bupati Jeneponto sebagaimana tertuang dalam SK Nomor: 060/I/2009 tanggal 22 Januari 2009 tentang pembentukan Tim Manager dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).

Sekretaris Dinas Pendidikan pemuda dan Olah Raga kabupaten Jeneponto Drs.Nurlan Jafar yang dikompirmasi diruang kerjanya dihadapan sejumlah wartawan mangatakan Saya, menandatangani Perjanjian pencairan dana BOS karena sesuai SK Kepala Dinas Nomor : 421.1/050/DP/III/2009 tanggal, 31 Maret 2009 tentang pengangkatan tim Manajemen Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kabupaten Jeneponto tahun 2009.

Lanjut Nurlan, mengatakan bahwa pada SK tersebut saya selaku manajer, sehingga saya berhak menandatangani perjanjian pencairan Dana BOS pada Bank Sul-sel untuk SD dan BNI untuk SMP, ujarnya.

Ini sesuai dengan petunjuk pengelolaan dana BOS dimana dalam buku petunjuk antara lain menyebutkan bahwa Tim Manjemen dana BOS tingkat kabupaten /Kota ditetapkan dalam SK dari Kepala Dinas Pendidikan Kab/kota. Salah seorang pegurus komite yang saat itu hadir di Kantor Dinas Pendidikan yang minta namanya tidak ditulis pada media ini sangat disayangkan jika hal ini terjadi, hanya karena persoalan jabatan Manajer BOS sehingga pencairan ditahan secara sepihak oleh pejabat lama.

Ditambahkan pula bahwa, bila hal ini terjadi maka yang korban adalah pihak sekolah (Siswa), yang selama ini sangat membutuhkan dana tersebut.

Informasi lain yang dihimpun media ini dikantor dinas Pendidikan pemuda dan Oleh raga dari para kepala sekolah setelah keluar dari ruang pertemuan yang dipimpin Hasanuddin Turatea, mengancam akan melakukan demo besar-besaran kalau hal ini tidak ada kepastian penyelesaian secepatnya.(Muh.Rizal Noer)

Selengkapnya...

Siswa Miskin di Sulsel Dapat Beasiswa Rp.34,5 Miliar



Makassar, Kabar News-Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan anggaran sebesar Rp 35,4 miliar untuk beasiswa terhadap anak miskin berprestasi. Beasiswa dianggarkan untuk 90 ribu siswa, dalam APBD 2009 untuk seluruh jenjang pendidikan di Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Pemprov Sulsel, Andi Patabai Pabokori, mengatakan pemberian beasiswa tersebut untuk meringankan biaya pendidikan bagi anak miskin berprestasi.

"Mereka berprestasi tetapi tidak bisa melanjutkan pendidikan karena faktor biaya. Dengan beasiswa tersebut, persoalan yang dihadapi oleh anak miskin di Sulsel sudah tidak ditemukan lagi," katanya kepada wartawan, Rabu, 27 Mei 2009.

"Ini adalah motivasi bagi mereka, sekaligus bentuk perhatian bahwa tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak menyekolahkan anaknya," ujar Patabai,seperti dikutif vivanews.

Sementara, data Diknas Provinsi Sulsel menyebutkan, dana Rp 35,4 miliar tersebut akan dialokasikan kepada seluruh jenjang pendidikan di Sulsel. Yakni beasiswa pelajar SD untuk 80orang sebanyak Rp 28,8 miliar. Di tingkat SMP sebesar Rp3,5 miliar untuk 7 ribu siswa dan tingkat SMA/MA bernilai Rp 3,4 miliar untuk 4 ribu siswa.

"Jika dihitung-hitung, setiap siswa SD mendapat Rp 360 ribu/orang, SMP Rp 500 ribu/orang dan tingkat SMA Rp 785 ribu/orang," tambahnya.

Perhatian tehadap anak miskin berprestasi, kata Patabai, akan ditingkatkan terus pada tahun-tahun mendatang. Pemprov Sulsel terus mendata keberadaan anak miskin yang berprestasi di seluruh kabupaten/kota di Sulsel. Anak yang baru terdata diupayakan mendapat jatah beasiswa serupa pada anggaran tahun depan.i(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Tim Sukses JK- Wiranto Kaltim Dilantik Wiranto Hari Ini

Liputan Pemilu 2009



Samarinda, Kabar News-Jenderal (Purn) TNI Wiranto mengklaim dirinya bersama Jusuf Kalla sebagai pasangan capres-cawapres yang ideal, pasangan Nusantara, karena mempertemukan unsur Jawa dan luar Jawa. Hal tersebut dikemukan Wiranto kepada pers di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Selasa (26/5).

Hari ini, Rabu (27/5) ia akan melantik tim sukses JK-Win. Tim sukses itu adalah gabungan empat partai pengusung dan pendukung yakni Golkar, Hanura, PDK dan PKNU."Ini sudah saya lakukan di seluruh daerah. Secara resmi nanti tanggal 28 bulan ini, tim kampanye gabungan ini akan dikukuhkan oleh calon presiden Pak Jusuf dan saya akan datang kemari," kata Wiranto didampingi fungsionaris Golkar Hatta Zainal dan Abdurrahman Alhassanie, serta Ketua Hanura KaltimHerwan Susanto.

Wiranto mengatakan, terget perolehan suara pasangan JK-Win meeraih sebanyak mungkin suara di Kaltim. "Yakin, target sebanyak-banyaknya. Kita tidak pakai estimasi. Tapi paling tidak pasangan ideal, pasangan nusantara ini dapat memperoleh suara terbanyak," katanya.

Tekad dan semangat pencalonan dirinya, lanjut Wiranto, bukan semata-semata berangkat dari ambisi pribadi tapi karena kepedulian bangsa dan persaingan antar negara yang sudah sangat ketat. "Indonesia posisinya kurang menguntungkan, dibutuhkan pembaharuan dan perubahan. Ini yang akan kita lakukan perubahan, bukan semangat mencari posisi. Karena ada perebutan sumber daya alam, karena pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi," tutur Wiranto,seperti dikutif tribunkaltim.

Sebelumnya, Ketua Tim Sukses Gabungan Kaltim Abdurrahman Alhassanie mengatakan bahwa mayoritas penduduk di Kaltim ada suku Dayak, Bugis, Jawa, Banjar. Ia meyakini, perolehan suara JK-Win bisa mencapai 60 persen.

"Hampir 40 persen suku Bugis, 20 persen suku Jawa. Berarti hampir 60 persen suara Golkar di Kaltim. Kita tidak ada kata kalah, tapi kita harus menang. Dalam waktu dekat kita akan kukuhkan juga tim sukses di tingkat kabupaten/kota," tambah Abdurrahman Alhassani.(Darwis)
Selengkapnya...

Polair Sulselbar Gagalkan Pengiriman Kayu



Makassar, Kabar News-Sekitar 20,6701 M3 kau gergajian yang akan dikirim ke Kabupaten Je’neponto, Sulsel, digagalkan kapal patrol Polisi Perairan (Polair) Sulsel, Senin 18 Mei 2009 lalu. Nahkoda kapal tersebut, Sudarmin, kini dlam proses penyidikan.

Kasubdit Bin Ops Polair sulsel, AKBP I Made Sumarta yang didampingi Kasi Bin Gakkum, Kompol Baharuddin, SE menagkui, ditangkapnya KM. Makkmur Jaya, berdasarkan informasi masyarakat dan ditindaklanjuti oleh Patroli Polair Sulsel.

“Kapal yang memuat kayu-kayu tersebut sebenarnya dilengkapi dengan sejumlah dokumen. Namun yang menjadi permasalahan adalah dari hasil penyelidikan muatan kayu melebihi SKSHH/FA-KO ,” ucap I Made, kepada sejumlah wartawan elektronik, di Markas Dit. Polair Sulsel, Selasa siang (26/5).

Dikatakan, pelanggaran yang dilakukan kapal ini juga melanggar UU Kehutanan serta melanggar Pasal 50 Ayat (3) huruf f dan h jo pasal 78ayat (7) UU No.41 Tahun 1999, tentang kehutanan yang telah diubah UU No.19 Tahun 2004 jo Peraturan Menteri Kehutanan No.P 55/Menhut-II/2006.

Oleh karena itu, Dir Polair Sulsel telah melakukan penyitaan barang bukti berupa 1 unit KLM makmur Jaya GT. 31 No.391/LLG, muatan kayu gergajian, FA-KO (1) Bandel No. seri: IPNWY.3204.A.000145. (Zulkifli/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Gara-Gara Memeras Guru, Oknum "Wartawan Tabloid" Ditahan



Makassar, Kabar News-Oknum wartawan Muhammad Yusuf (24) dari salah satu tabloid terbitan Makassar akhirnya ditangkap polisi dari Polsekta Biringkanaya, Selasa, 26 Mei. Dia ditangkap dengan tuduhan melakukan pemerasan kepada seorang guru sekolah dasar yang mengajar di SD Negeri Pajaiang dibelakang pasar tradisional Daya.

Dalam pertemuannya itu, oknum wartawan ini mempertanyakan dana BOS yang di Sekolah itu namun, karena mengaku tak tahu apa-apa, tersangka pun mengajak korban makan siang tak jauh dari sekolah. ”Di tengah perjalanan saat hendak makan siang,korban tak sengaja menyentuh paha tersangka sehingga Yusuf merasa dilecehkan dan mengancam akan memasukkannya ke korannya, jelas Ibrahim.

Penangkapan dilakukan setelah korban melaporkan upaya pemerasan yang dilakukan Yusuf. Dalam laporannya korban bernama, H Ibrahim (55) menyertakan kwitansi sebagai bukti penyerahan uang.

Dalam kwitansi tersebut tertera jumlah nilai uang Rp 3 juta. Sebelumnya, korban mengaku jika Yusuf meminta Rp 5 juta. Motif pemerasan ini dilakukan Yusuf lantaran korban dituding melakukan tindak pelecehan seksual. "Ia memaksa menyerahkan uang, kalau tidak saya akan dimediakan," ujar Ibrahim kepada polisi.

Kepala Unit Reserse dan Kriminal Polsekta Biringkanaya, Inspektur Satu Jufri Natsir, mengatakan pihaknya langsung melidik kasus itu setelah korban resmi melapor ke polisi. "Selain menangkap tersangka, kami juga mengamankan sebuah kartu pers dari media yang bersangkutan," jelas Jufri.

Atas perbuatan tersangka, ia dijerat dengan pasal 368 tentang pemerasan. Yusuf diancam dengan kurungan penjara maksimal sembilan tahun.(Rauf Sibali)

Selengkapnya...

Ambalat Kembali Memanas

Kapal Perang Indonesia Pergoki Kapal Patroli Malaysia Memasuki Perairan Ambalat



Jakarta, Kabar News-Perbatasan RI-Malaysia di kawasan Ambalat Kalimantan Timur memanas lagi. Kapal perang Indonesia kembali memergoki kapal patroli Malaysia memasuki perairan Ambalat.“Ini yang kesembilan kalinya sejak Januari lalu,” ungkap Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama (Laksma) Iskandar Sitompul di Jakarta, Selasa, 26 Mei.
Kapal Perang TNI AL dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur KRI Untung Suropati-872 yang sedang melakukan patrol rutin, berhasil mengusir kapal perang Malaysia jenis Fast Atack Craft Gun KD Yu-3508 pada Senin, 25 Mei lalu. Saat itu, awak KRI Untung Suropati melihat kapal perang Malaysia sudah masuk wilayah perairan NKRI di sekitar perairan Nunukan.

Kronologis pengusiran dimulai pada Senin subuh menjelang fajar, 25 Mei. KRI Untung Suropati-872 yang dikomandani Mayor Laut (P) Salim melaksanakan operasi pengamanan perairan Ambalat memergoki kapal perang Malaysia KD YU-3508 yang berada pada posisi 04.03.00 U/118.01.70 T (di sekitar perairan Nunukan, Kaltim).

Jarak kontak antara kedua kapal sekitar 8 mil laut dengan kecepatan kapal 16 knot. Mengetahui hal itu, KRI Untung Suropati-872 langsung membayangi kapal perang Malaysia dari jenis Fast Patrol Boat (FPB) buatan tahun 1976 berbobot 244 ton itu.

“Awalnya dilakukan dengan peringatan melalui radio komunikasi bahwa kapalnya telah memasuki perairan yurisdiksi NKRI,” kata adik kandung politisi Ruhut Sitompul itu.

Kapal perang negeri Jiran itu menjelaskan akan berlayar menuju Tawau. Namun, TNI AL tak begitu saja percaya. Mayor Laut (P) Salim Komandan KRI Untung Suropati-872 segera memerintahkan ABK untuk melaksanakan peran tempur bahaya permukaan.

“Mereka melaksanakan operasi pengusiran, karena kapal perang Malaysia tersebut telah memasuki wilayah NKRI sejauh 12 mil laut,” sebut Kadispen Armatim Letkol ( KH) Toni Syaiful menambahkan.

Setelah dilakukan pengusiran, kapal perang Malaysia dengan panjang kapal 44,9 meter dan lebar 7 meter serta bersenjata meriam Bofors 57 mm dan 40 mm serta ber-ABK 36 personel tersebut bergerak menjauh.

Tapi, tidak menuju ke arah Tawau seperti disampaikan sebelumnya dalam komunikasi lewat radio, melainkan mengubah haluan ke arah timur yang masih masuk wilayah NKRI. “Melihat itu, KRI Untung Suropati-872 kembali melaksanakan pengusiran yang kedua,” ucap Toni.

Pada peringatan kedua ini sempat terjadi adu argumenasi di radio antara kedua komandan kapal. Kapal perang Malaysia ini bersikukuh bahwa mereka patroli di wilayahnya.

Setelah dijelaskan bahwa kapal perang tersebut melanggar UNCLOS 82 tentang batas wilayah, baru kemudian komandan KD Yu-3508 diam dan selanjutnya kapal bergerak berputar haluan meninggalkan tempat sampai batas terluar perairan NKRI.

Sehari sebelumnya, KRI Untung Suropati-872 bersama-sama dengan KRI Hasanuddin-366 juga telah mengusir kapal perang Malaysia KD Baung-3509 dari perairan Ambalat. Pada hari itu juga kedua KRI dari jajaran Koarmatim ini berhasil mendeteksi sebuah helikopter Malaysian Maritime Enforcement Agency dan pesawat Beechraft juga telah terbang memasuki wilayah udara NKRI sejauh 40 mil laut.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Tedjo Edy Purdijanto menegaskan, TNI AL selalu waspada di seluruh perairan Indonesia. “Kita akan upayakan prosedur diplomatik dulu. Secara damai siap, tapi perang juga siap,” kata KSAL di Jakarta kemarin,seperti dikutif Jawapos.

Menurut Tedjo, meski insiden itu sudah terjadi berulangkali, pihaknya bisa memaklumi. “Ini karena perbedaan penafsiran peta. Mereka tidak memahami luas wilayah kita,” katanya.(Wawan)

Selengkapnya...

LG Luncurkan Hercules 670W, Siap Jalar Ke Makassar

Branch Manager LG : Di Makassar Penguasaan Market Share AC Sampai 48,2 Persen

Laporan: Andi Ahmad- Makassar.

Branch Manager LG Makassar, Sofyan Panding bersama Product Marketing LEGIN saat luncurkan AC Hercules di Hotel Horison Makassar (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Kabar News-Setelah tahun lalu menggelontorkan AC Hercules 320 W, LG Electronics Indonesia (LGEIN) kembali menambah jajaran produk air conditioner (AC) LG Hercules-nya dengan meluncurkan seri 670 Watt. Meski harganya cukup mahal, AC yang dibesut langsung oleh LGEIN ini telah terbukti mengonsumsi daya listrik yang rendah.
Itu dibuktikan dari tes yang dilakukan di laboratorium studi teknologi dan informasi ketenagalistrikan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Untuk ukuran 1 PK, Hercules 670 Watt secara nyata mengkonsumsi daya listrik sebesar muatan tersebut. Berdasarkan test yang dilakukan oleh pihak UI, Hercules 670 Watt ini hanya membutuhkan konsumsi daya listrik sebesar 3,67637kWh dengan setting suhu 18 derajat C selama 6 jam.

“Dengan memberikan bukti teknis tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih kritis dalam memilih produk sesuai dengan label yang ditampilkan,” kata Iwa Garniwa, Direktur Pusat Studi Teknologi & Informasi Ketenagalistrikan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, di sela-sela Peluncuran AC LG Hercules di FX building kemarin, Rabu 18 Februari 2009.

Ryu Siwan, General Manager Air Conditioner LG mengatakan, menurut survey, AC memakan 52 persen konsumsi listrik di rumah pada umumnya. “Karena itu, kami coba menawarkan LG Hercules yang teruji hemat energi dan biaya,” ucapnya.

Di samping hemat energi, AC LG Hercules juga dilengkapi dengan Neo Plasma Purifying System yang diteruji dapat melumpuhkan virus Flu Burung (H5N1).

Sistem ini terdiri dari lima tahapan filterisasi, mulai dari Pre Filter untuk menyaring partikel-partikel berukuran sedang seperti debu dan jamur, Triple Filter bertugas menghilangkan senyawa-senyawa kimia seperti bau rokok dan cat, Plasma Filter untuk membunuh kontaminan miksroskopik seperti kutu dan bulu binatang, sampai K-AVF Filter, filter yang secara teruji di Laboratorium Virologi, FKH-IPB dalam hal penonaktivan virus.

Seri Hercules disuguhkan LGEIN dalam dua pilihan ukuran, yakni 1/2 PK dan 1 PK. Untuk yang 1/2 PK, LG membanderolnya dengan harga 2,8 juta per unit. Sementara 1 PK, sekitar tiga juta rupiah per unit.

“Karena memakai teknologi khusus, AC LG Hercules memang sedikit mahal. Tapi, kami menjamin dalam penggunaannya, AC LG paling cost-saving,” ujar Direktur Penjualan LGEIN Budi Setiawan di tempat yang sama.

Budi menyatakan, untuk penjualannya seri Hercules dipatok 11.000 unit per bulannya. Tahun ini, LGEIN merasa optimis dapat mengakuisisi 30 persen pasar AC di Indonesia yang diperkirakan berjumlah 1 juta unit pada akhir 2009.

Pada kesempatan itu menurut Branch Manager LG Makassar, Sofyan Panding mengatakan sangat optimis market AC LG secara pasti juga menjalar di Makassar, LG secara keseluruhan menguasai market share di Makassar sekitar 38,9 persen. Dari Jumlah itu, penjualan AC LG sangat di Wilayah Makassar memberikan omzet sekitar 15 persen dengan penguasaan market share AC sebesar 48,2 persen, katanya kepada wartawan saat jumpa pers di Hotel Horison Makassar (26/5).

" Untuk memberikan keyakinan kepada konsumen di Makassar,AC LG Hercules ini akan mengikuti kisah sukses produk AC LG sebelumnya, yang mendapat respon positif dari masyarakat Makassar dan sekitarnya," jelas Sofyan yang didampingi Bagian Produk Marketing LG Indonesia, Andri Siswandi.(Wawan/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

LG Electronics Indonesia Luncurkan New Scarlet LCD TV



Jakarta, Kabar News-Meneruskan kesuksesan seri LCD TV Scarlet yang menjadi fenomena di pasar LCD TV pada tahun 2008, PT. LG Electronics Indonesia (LGEIN) kini menghadirkan New Scarlet dengan model LH70 di Indonesia.

“Di tahun 2008 LG telah meluncurkan produk inovatif, Scarlet, yang direspon dengan sangat baik oleh konsumen. Kehadiran New Scarlet kami harapkan mampu mengulang sukses yang sama dan memperkokoh posisi kami di pasar LCD TV”, ujar Budi Setiawan – Sales Director PT. LG Electronics Indonesia.
Keoptimisan LG ini tidak berlebihan. Pasalnya, New Scarlet hadir dengan mengusung konsep Advanced Technology, Beautifully Hidden. Berbagai fitur dan teknologi terbaik serta desain yang lebih menawan dari pendahulunya telah dikembangkan LG dalam produk terbarunya ini. Untuk urusan teknologi, LG menjamin kualitas gambar dan suara New Scarlet merupakan yang terbaik, serta memberikan kenyamanan yang maksimal bagi penggunanya. Dari sisi desain pun, New Scarlet sangat layak mendapatkan acungan jempol.

Seluruh seri New Scarlet baik dari ukuran 32, 37, 42 dan 47 inch telah dilengkapi dengan teknologi Full HD 1080p dengan contrast ratio yang mencapai 100,000:1. “Untuk kelas LCD TV, contrast ratio New Scarlet merupakan yang tertinggi untuk saat ini”, ujar Eko Adhi Suyitno – Head of Flat Panel Display (FPD) LGEIN.

Untuk kesempurnaan tampilan gambar, New Scarlet memiliki teknologi TruMotion 100Hz yang didukung oleh response time 2 ms (millisecond). Hasilnya, gambar menjadi lebih halus dan tidak berbayang, khususnya pada saat menampilkan adegan-adegan yang penuh dengan gerakan-gerakan cepat.

New Scarlet juga memiliki AV Mode, yang memudahkan pengguna untuk mengatur tampilan gambar dan suara yang teroptimal untuk tiga jenis aktivitas yang paling sering disaksikan, yaitu Cinema, Sport, dan Games. Semuanya cukup dilakukan dengan menekan satu tombol AV Mode pada remote control.

Berbicara tentang kualitas suara, New Scarlet telah menggunakan sistem 2 Way 4 Speakers yang mampu menghasilkan kekuatan suara 7W + 7W. Apalagi dengan adanya Invisible Speaker, yang bukan saja mempercantik tampilan Scarlet karena tidak menunjukkan adanya lubang suara, namun juga menghasilkan suatu dinding suara virtual yang menyeluruh.

Tak ketinggalan pula teknologi Clear Voice II untuk hasil suara yang lebih jernih. Seringkali, kendala yang dihadapi saat menyaksikan TV adalah percakapan yang kurang jelas terdengar, walaupun volume TV telah diperbesar. Teknologi Clear Voice II mampu memisahkan suara manusia dari latar, dan secara otomatis memperkuat suara manusia saat suara latar menjadi keras. Hasilnya, percakapan pun terdengar lebih jelas tanpa terganggu oleh suara latar.

Untuk menambah kenyamanan, LG memberikan koneksi USB 2.0 yang dapat membaca file JPEG, MP3 serta DivX, dan 3 buah koneksi HDMI. Yang lebih menarik, LG membenamkan teknologi Bluetooth dalam New Scarlet. “Ini adalah LCD TV pertama yang memiliki teknologi Bluetooth”, tambah Eko. Adanya Bluetooth memudahkan konsumen untuk menampilkan gambar JPEG serta memainkan MP3, dan juga DivX. Pengguna pun dapat menikmati tontonan dengan menggunakan Wireless Headset yang terhubung dengan New Scarlet.

LG juga memberikan fitur Smart Energy Saving Plus, sehingga New Scarlet mampu menghemat penggunaan energi hingga 73%. Ketika mengaktifkan fitur ini melalui remote control, maka akan secara langsung mengaktifkan Intelligent Sensor (pengaturan tampilan gambar otomatis), Backlight Control (pengaturan cahaya belakang), Video Mute (pengeluaran suara tanpa gambar), dan Mechanical Power Off (mode siaga “0”).

Semua kecanggihan yang ada pada New Scarlet tidak mengurangi sisi estetikanya. Pada umumnya, LCD TV memiliki ukuran yang tebal karena komponennya terletak pada bagian belakang. Berkat inovasi dari LG, komponen tersebut mampu dipindahkan ke bagian bawah. Pada seri Scarlet, bagian bawah bezel ini masih tampak cukup lebar. Namun, LG berhasil membuat bezel bawah New Scarlet lebih tipis, sehingga tampilannya pun lebih proporsional.

Yang lebih menakjubkan, ketebalan pada New Scarlet hanya 1.6 inch atau 39.7mm untuk ukuran 42” dan 47”. Tak heran, New Scarlet merupakan LCD TV yang tertipis di dunia.

Dibandingkan dengan pendahulunya, desain New Scarlet lebih elegan. LG memberikan aksen merah transparan pada bagian bawah bingkai layar yang berupa lengkungan, sehingga kesan kaku yang muncul pada pendahulunya pun lenyap dan tampak lebih luwes. Ciri khas berupa tombol on/off yang berbentuk lingkaran juga masih nampak pada New Scarlet. Kali ini, konsumen cukup menyentuh dengan lembut pada sisi transparan soft touch sensor.

Melalui teknologi terkini serta desain menawan yang dimiliki oleh New Scarlet, LGEIN menawarkan suatu standar baru dalam dunia LCD TV. Konsep Advanced Technology, Beautifully Hidden yang diboyong oleh New Scarlet pun akan menjadi tren LCD TV di masa mendatang. Sebagai trendsetter, New Scarlet layak ditempatkan di mana pun dan kapan pun, sebagai salah satu mahakarya dari LG di rumah anda.

Kisah Sukses Scarlet
Sejak pertama kali diluncurkan oleh LGEIN pada Mei 2008, Scarlet terus mencatatkan kesuksesan. “Penjualan Scarlet terus meningkat dari bulan ke bulan, bahkan melampaui ekspektasi kami”, jelas Budi Setiawan. Hingga saat ini, Scarlet telah mencatatkan penjualan sejumlah 25.000 unit di seluruh Indonesia.seperti dikutif pada situs LG Indonesia.

Dengan angka ini, Scarlet berhasil mendominasi penjualan LCD TV LG dan mendongkrak pangsa pasar LG dari 19% di awal tahun 2008 menjadi 30% pada bulan Februari 2009. “Respon konsumen yang sangat luar biasa atas Scarlet membawa LG berhasil menjadi penguasa pasar LCD TV di Indonesia saat ini”, tambah Budi lagi.

Dengan diluncurkannya New Scarlet, LGEIN optimis dapat mencapai angka penjualan total LCD TV sebanyak 250.000 unit untuk tahun 2009. New Scarlet diluncurkan di pasaran dengan harga berkisar antara Rp 9.700.000 hingga Rp 29.000.000, dan diharapkan mampu memberikan sumbangsih 30% terhadap total penjualan LCD TV LG atau sekitar 75.000 unit. Dengan demikian, LGEIN pun dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar LCD TV di Indonesia.(Saputra)

Selengkapnya...

Lima Tersangka Pembunuh Wartawan di Bali Ditangkap



Bali, Kabar News-Kepolisian Daerah Bali telah menetapkan lima tersangka pembunuhan wartawan Radar Bali, Anak Agung Gede Prabangsa. Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Teuku Ashikin Husein berjanji hari ini menjelaskan ke publik kasus ini.
Ashikin mengatakan itu saat saat mendampingi Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono saat berbelanja di Pasar Sukawati Gianyar, Minggu 24 Mei 2009. "Tersangkanya sudah kami ambil. Saya yakin mereka nggak bisa lolos," kata Ashikin. "Kami menanganinya sangat hati-hati."seperti dikutif vivanews.

Namun, saat itu Ashikin enggan menjelaskan siapa saja ditetapkan sebagai tersangka. "Besok (hari ini) saja saya yang akan langsung jelaskan semuanya," katanya. Prabangsa ditemukan tewas mengambang di Selat Lombok. Dia dibunuh diduga terkait kasus pemberitaan penunjukan langsung proyek dinas pendidikan.(I.Gede Megantara)

Selengkapnya...

Gempa 5,4 SR Guncang Maluku



Ambon, Kabar News-Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Indonesia bagian Timur, yaitu Maluku. Gempa berkekuatan 5,4 pada skala richter atau SR itu terjadi di kedalaman 10 kilometer.

Informasi itu berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Minggu, 24 Mei 2009. Gempa berkekuatan 5,4 SR itu terjadi sekitar pukul 21.44 WIB.

Vivanews melansir, pusat Lindu atau gempa terjadi pada koordinat 78 kilometer Timur Laut Ambon-Maluku, 268 kilometer Labuha-Maluku Utara, 268 kilometer Tenggara Sanana-Maluku, 410 kilometer Barat Daya Sorong-Papua Barat, dan 423 Tenggara Ternate-Maluku Utara.

BMG, sebagai pihak yang mengetahui hal tersebut menilai gempa tersebut tidak berpotensi terjadi bencana Tusnami yang pernah terjadi Aceh.(Wawan/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

KPU Harus Umumkan Kekayaan Capres-Cawapres

Liputan Pemilu 2009



Jakarta,Kabar News - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menyerahkan laporan kekayaan capres-cawapres ke KPU. Namun KPU tidak akan mengumumkan perincian kekayaan karena merasa bukan wewenangnya. Keputusan tersebut pun dipertanyakan.

"KPU wajib mengumumkan kekayaan tersebut ke publik, karena informasi sebelumnya yang diberikan KPK tidak lengkap," kata peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson F Yuntho saat berbincang lewat telepon, Minggu (24/5/2009) malam.
Akses informasi tentang kekayaan para calon pemimpin bangsa tersebut juga harus dipermudah. Jangan sampai ada hal-hal yang disembunyikan terkait kekayaan para capres-cawapres.

Terkait pihak yang mengumumkan, langkah KPK yang menyerahkan pengumuman itu ke KPU dinilai tepat. Tidak seluruh pasangan capres-cawapres merupakan pejabat negara, oleh sebab itu yang berhak mengumumkan adalah KPU.

"Itu sudah benar, karena cuma Boediono, JK dan SBY yang pejabat negara. Tapi tetap harus diumumkan," tutupnya,seperti dikutif detikcom.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Haryono Umar mengatakan, pengumuman dialihkan ke KPU karena syarat transparansi oleh KPK sudah terpenuhi. Proses klarifikasi yang terbuka bagi media sudah cukup mewakili syarat tersebut.

Harta capres/cawapres saat ini diketahui SBY Rp 9 miliar, Boediono Rp 21 miliar, Megawati Rp 256 miliar, Prabowo Rp 1,6 triliun, JK Rp 300 miliar, Wiranto Rp 81 miliar.(Saputra)

Selengkapnya...

Anggota Polri dan TNI AL Jadi Tersangka Kasus Antasari



Jakarta,Kabar News- Dua anggota Brimob Polri dan seorang prajurit Marinir TNI AL telah ditetapkan sebagai tersangka transaksi senjata api ilegal. Kasus tersebut terkait pembunuhan terhadap Nasrudin Zulkarnaen yang melibatkan Antasari Azhar.
Demikian jawab Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Wahyono ditanya tentang tersangka baru kasus pembunuhan Direktur PT Rajawali Putra Banjaran (PRB). Dia dicegat wartawan usai salat Jumat di Mapolda Metro, Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Jumat (22/5/2009).

"Sudah jadi tersangka 2 okmum Brimob dan 1 TNI AL," kata dia,seperti dikutif detikcom

Status tersangka dikenakan setalah penyidik Polda Metro Jaya beberapa kali memintai keterangan tiga oknum tersebut. Sejauh ini pemeriksaan lebih tertuju pada proses pengadaan pistol secara gelap, bukan pada tindak penembakan yang menggunakan pistol tersebut.

"Jadi tersangka hanya soal senjata saja," ujarnya.

Pengadaan pistol dilakukan oleh oknum TNI AL, sedangkan transaksinya berlangsung di Mako Brimob, Kalapa Dua, Depok, Jawa Barat. Sebuah pistol jenis revolver beserta pelurunya tersebut dihargai sebesar Rp 14 juta.(Saputra)


Selengkapnya...

Tim Evalube Siap Menangkan Kejuaraan Internasional Motocross di Sidrap

Axioo International Motocross 2009 Dapat Memberikan Hiburan Masyarakat Sidrap

Tim Evalube Axioo Racing yang siap menangkan " Axioo Internasional Motocross 2009" (foto: Andi Ahmad)

Makassar, Kabar News- Kejuaraan Motoctross yang bertaraf Internasional yang akan diadakan pada Tanggal 23-24 Mei 2009 di Sirkuit Puncak Mario Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan ajang kejuaraan motocross nasional yang bergensi dan bertaraf internasional karena diikuti oleh sekitar 150 pembalap-pembalap andalan dari berbagai negara seperti Tahiland, Malaysia, India, Selandia Baru, Japan,dan para kroser-kroser terbaik dari Indonesia.

Kejurnas Motocross seri awal ini akan mempertandingkan : Kelas Special Engine 125 cc International Open, Special Engine 80 cc International Open, Special Engine 125 cc Grade C, Special Engine 125 cc Executive, kelas 65 CC dan 50 cc Pee Wee serta kelas Trail samapi dengan 150 cc, kata Dewi Aryani, General Manager Corporate Communications PT WGI(Wiraswasta Gemilang Indonesia), kepada wartawan saat mengelar jumpa pers di Hotel Horison Nakassar, Jumat (22/5.

Pada " Axioo International Motocross Championship 2009" disirkuit Puncak Mario Kabupaten Sidrap, EVALUBE mengirimkan dua tim yaitu " Suzuki Evalube Axioo" terdiri dari kroser terbaik dari Thailand ( Watana Kanlaya dab Samat yang akan diturun pada kelas 125 cc International open, dan tim " Yamaha Evalube Axioo" yang diperkuat oleh cruser Indonesia ( Aldi Lazaroni) di Special Engine 85 cc International Open Siap bersaing dengan pembalap terbaik lainnya, jelas Dewi Aryani.

" Kroser Watana Kanlaya merupakan Juara Supercross International 2008 yang tahun ini kembali memperkuat tim suzuki Evalube, sedangkan Aldi Lazaroni (adik dari Iwan Ardiyansah) merupakan salah satu pembalap muda terbaik Indonesia yang telah beberapa kali menjadi juara nasional dan Kejurnas yang bertaraf internasional ini juga didukung oleh Evalube sebagai pelumas andal yang telah terbukti kualitasnya diberbagai arena balap dan akan disiarkan secara live disalah satu televis nasional," ucap Dewi.

Seri Perdana Kebanjiran Peserta

Seri pertama Kejuaraan Motokros Internasional kebanjiran peserta. Panitia pun dibuat kewalahan mengatur event bertajuk "Axioo International Motocross 2009" di Sirkuit Sidrap, Makassar, Sulawesi Selatan, 23-24 Mei 2009.

Promotor lomba A. Judiarto mengatakan, pihaknya memang sempat kewalahan berkat antusiasme peserta. Namun, pihaknya telah mampu mengatasi masalah itu untuk menjadikan event itu sebagai salah satu kejuaraan akbar tingkat nasional.

"Kami telah mengatur pendaftaran mulai lokal maupun peserta mancanegara. Kejuaraan ini makin lengkap setelah juara umum tahun lalu asal Thailand Watana Kanlaya dipastikan tampil," ungkapnya.

Namun, krosser unggulan asal Negeri Gajah Putih itu tak sendiri. Krosser dari negara tetangga seperti Filipina dan Australia memastikan tampil. Mereka akan berjuang meredam agresivitas kroser nasional seperti Aep Dadang, Hannu Zulfikar, Aldi Lazaroni, Denny Orlando, Alexander Wiguna, serta kroser tuan rumah Makassar



Evalube 4T Pro Oli yang tepat untuk mesin sepeda motor 4T

Krisnati Desiana, General Manager Marketing Divison mengatakan EVALUBE 4T PRO Adalah oli sepeda motor berbahan dasar sintetik yang tepat untuk mesin kendaraan para pengendara sepeda motor 4T masa kini, dalam segala kondisi berkendara. Dibuat dari bahan dasar berkualitas tinggi dan campuran aditif terbaik di kelasnya yang digaransi oleh Laboratorium kelas dunia dan bersertifikat ISO 17025. Evalube 4T Pro telah memenuhi standar API Service SJ dan JASO MA yang sangat baik untuk memperkecil selip pada kopling dan mencegah gesekan pada ring piston. Tingkat kekentalan ganda produk ini adalah SAE 20W-50, sehingga tahan terhadap segala perubahan suhu udara. Semua merek kendaraan roda dua 4T cocok menggunakan oli ini.Dengan kualitas tertinggi di seri 4T Evalube, produk ini dapat diandalkan menjadi 'sahabat' setia mesin 4T, terutama yang ber cc besar, kuncinya.(Wawan/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

55 Persen Terumbu Karang di Sulsel Rusak


Makassar, Kabar News - Hingga saat ini, sekitar 55 persen ekosistem terumbu karang di wilayah perairan laut Sulawesi Selatan rusak akibat ulah oknum nelayan yang melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan alat peledak berupa bom.

Cara penangkapan ikan seperti ini telah merusak ekosistem yang ada di bawah permukaan laut, termasuk terumbu karang taman nasional Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel, kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel, Ir Iskandar di Makassar, Rabu.

Padahal, lanjutnya, saat memaparkan program kerja tahun 2009, terumbu karang yang ada di pulau-pulau dalam wilayah perairan laut Sulsel kondisinya cukup memprihatinkan karena sisa 45 persen yang masih baik untuk dilindungi dan dijaga kelestariannya.

Sedangkan taman laut Takabonerate yang merupakan taman laut ketiga terindah di dunia, tidak hanya terumbu karangnya yang rusak, melainkan juga mengancam jutaan spesies biota laut yang unik, termasuk lingkungan panorama sekitarnya yang cukup indah bisa tercemar akibat pemboman ikan ilegal itu.

"Sudah ada pencari ikan dengan cara itu yang ditindak aparat TNI-AL setelah tertangkap basah menangkap ikan dengan alat peledak tersebut," ungkapnya seraya menambahkan, terumbu karang juga merupakan salah satu komoditi yang harus dilindungi dari kepunahan,seperti dikutif antara

Ada tiga hal yang perlu dilakukan dalam merehabilitasi terumbu karang yakni fisiknya, ekologis (lingkungan) dan sosial (masyarakat) sekitar pulau-pulau yang ada di wilayah perairan Sulsel agar ke depan wilayah perairan laut Sulsel aman dari ancaman kepunahan ekosistem tersebut.

Pemerintah provinsi Sulsel, ujarnya, memberi kewenangan kepada Pusat Penelitian Terumbu Karang Universitas Hasanuddin, Makassar untuk melakukan upaya pelestarian dan perlindungan terhadap terumbu karang yang ada di wilayah ini.

Kerjasama dengan institusi pendidikan tersebut dilakukan melalui suatu kesepahaman (Mou) bagi perlindungan dan pelestarian terumbu karang dan biota laut lainnya di daerah ini, katanya dan menambahkan, anggaran pengembangan sistem pengawasan dan pengendalian sumberdaya kelautan dan perikanan tahun 2009 ini mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut Iskandar, Sulsel salah satu dari delapan provinsi di Indonesia yang memiliki potensi kelautan. Taman laut nasional Takabonerate terindah ketiga di dunia, memperoleh piagam penghargaan dunia pada pertemuan Internasional Kelautan (World Ocean Conference) di Manado, Sulut, 11 - 15 Mei 2009.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Kapolda Sulsel Resmikan Gerai SIM di Makassar

Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat Irjen Pol Mathius Salempang didampingi Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin Berbincang-bincang dengan Polwan Petugas Pada gerai SIM di Mall Panakkukang Makassar (Foto: antara)

Makassar, Kabar News- - Kepolisian Wilayah Kota Besar (Polwiltabes) Makassar meluncurkan program layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C di gerai Mall Panakkukang, Makassar, Rabu.

Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat Irjen Pol Mathius Salempang yang meresmikan acara tersebut, mengatakan, pembukaan gerai layanan perpanjangan SIM A dan C di Mall Panakkukang ini sebagai bentuk tindak lanjut program Polri dalam wujud transparansi untuk pengurusan SIM.
"Pelayanan cepat dalam memperoleh SIM sangat penting, tapi yang lebih penting lagi, keselamatan berlalu lintas para pemegang SIM. Artinya, proses mendapatkan SIM harus sesuai prosedur," ujarnya.

Mathius juga menandaskan, terhadap warga yang tidak layak mendapatkan SIM agar jangan diberi. Pertimbangannya, kita berupaya mengurangi kecelakaan lalu lintas dengan cara disiplin berlalu lintas.

"Bagi siapa saja warga yang tidak layak dapat SIM jangan diberikan, karena pemahaman disiplin itu dapat diketahui saat mengurus SIM," ujarnya.

Kapolwiltabes Makassar Kombes Pol Burhanuddin Andi menjelaskan, Polwiltabes akan terus berupaya meningkatkan pelayanan masyarakat sebagai tindak lanjut dari program Kapolri.

"Dalam waktu dekat ini, Satlantas Polwiltabes Makassar juga akan menerapkan Audio Visual Integrated System (AVIS). Pemohon SIM akan hadapi soal-soal melalui komputer. Jadi warga akan lebih faham aturan berlalu lintas," katanya,seperti dikutif Antara

Kasat Lantas Polwiltabes Makassar AKBP Feri Handoko mengatakan, dengan sistem yang terintegrasi ini, pemohon SIM harus mengikuti proses dari awal hingga akhir. Tidak ada kecurangan dalam proses pembuatan SIM.

"Sistemnya terintegrasi dari awal pendaftaran hingga akhir. Jadi ada satu proses yang tidak lulus atau tidak diikuti maka pemohon SIM tidak akan bisa memperoleh SIM," paparnya.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Danlanud Iswahyudi Lepas Jenazah Korban Hercules

(Foto: antara)

Jakarta,Kabar News - Jumlah jenazah yang disemayamkan di Hanggar Skadron Udara 15 Lanud Iswahyudi Madiun mencapai 60. Namun, setelah sudah ada yang dipulangkan melalui jalan darat, tersisa 44 jenazah yang akan diterbangkan ke daerah asalnya.

Jenazah yang diterbangkan menggunakan pesawat Hercules, Fokker dan CN. Pukul 06.30 WIB, upacara militer pelepasan jenazah yang dipimpin Dan Lanud Iswahyudi Marsekal Pertama Bambang Samudro masih berlangsung, seperti dikutif detikcom.

Kloter pertama diberangkatkan 16 jenazah ke Halim Perdanakusumah dan Supadio Kalimantan dengan Hercules A 1323.

Ke-60 jenazah yang berasal dari anggota TNI AU dan keluarganya itu masing-masing Yogyakarta 6, Jakarta 25, Malang 3, Makassar 10, Sragen 1, Balikpapan 1, Surabaya 1, Pontianak 1, Solo 1, Palu 1, Salatiga 1, Cepu 1, Jombang 1, Magetan 1, Bojonegoro 1, Kebumen 1, Kombok 1, Wamena 1, Kendari 1, Pattimura 1.(Wawan)
Selengkapnya...

PGPI Sumut-NAD Dukung Jamsostek



Medan, Kabar News- Unsur pimpinan Persekutuan Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) Sumut-NAD menyambut dengan sukacita tawaran PT Jamsostek (Persero) cabang Medan guna melindungi para “pelayan Tuhan” dari berbagai resiko seperti sakit, kecelakaan dan kematian. ”Kita mendukung program Jamsostek sebab kita sadar para ‘pelayan Tuhan’ beresiko saat melayani jemaat,” tegas Ketua PGPI Sumut-NAD Pdt Paul F Wakkary STh, didampingi Sekum Pdt JW Panjaitan, beserta pengurus lainnya seperti Pdt Drs S Pardosi dan Pdt NP Sitorus STh MA saat menerima rombongan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Angkatan Muda Kristen (GAMKI) Sumut beserta PT Jamsostek (Persero) Cabang Medan, Selasa(19/5) di Kantor PGPI Sumut NAD.

“Kami dalam setiap pertemuan sinode kerja, selalu membicarakan jaminan kematian dan hari tua bagi para pelayan Tuhan. Sudah banyak yang menawarkan paket asuransi, namun tawaran Jamsostek yang lebih murah dan sangat bermanfaat, sungguh menarik minat kami” kata pengurus PGPI Sumut NAD dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih dua jam itu.

Para pengurus PGPI Sumut NAD menyadari, sosialisasi program jamsostek dalam lingkup keagamaan belum maksimal. Untuk itu, pihaknya meminta agar Jamsostek dapat memberikan secara terperinci dan tertulis, program dan manfaat apa saja yang akan discover sehingga akan dapat ditindaklanjuti ke seluruh Gereja-gereja Pentakosta yang tergabung dalam PGPI Sumut dan NAD.

Pertemuan yang difasilitasi pengurus DPD GAMKI Sumut pimpinan Ketua Ir Ronald Naibaho MSi itu berlangsung cukup akrab, sebab para pimpinan PGPI banyak melontarkan pertanyaan-pertanyaan terkait manfaat program jamsostek.

Dalam sesi diskusi, misalnya, muncul pertanyaan, bagaimana perlakuan bagi anggota PGPI yang berdomisili diluar Sumatera Utara, seperti Sulawesi, Irian Jaya dan daerah lainnya, padahal mereka bagian dari PGPI. Lantas, bagaimana pula dengan batasan usia maksimal 55 tahun bagi tenaga kerja di luar hubungan kerja (TK-LHK), sebab diketahui, para pendeta umumya masih produktif dan belum pensiun hingga usia 65 tahun.

Kepala Bidang Pemasaran PT Jamsostek (Persero) Cabang Medan Sofyan Siregar yang saat itu didampingi Humas Sanco Manullang ST MT , Petugas Program Khusus Tunggul RM Sitorus, SE dan Boy Citra Lumban Tobing SH menegaskan, pihaknya akan menyahuti permohonan sosialisasi dengan memberikan data rinci tentang manfaat program jamsostek. PT Jamsostek cabang Medan sendiri, menurut Sofyan, selalu siap hadir untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada siapa saja yang memerlukan program Jamsostek. Sementara untuk pelayanan bagi Gereja Pentakosta yang tersebar diseluruh wilayah NKRI, Sanco Manullang menegaskan tidak ada masalah, sebab PT Jamsostek (Persero) juga memiliki cabang-cabang didaerah itu.

“Bila mereka ada di Irian Jaya, atau di Sulawesi, atau dipulau lain, Jamsostek tetap dapat melayaninya, apalagi jamsostek kini sudah terhubung jaringan online ,” tandas Sanco yang ditimpali Tunggul Sitorus, kendati administrasi Kepesertaan Jamsostek untuk PGPI terpusat di Medan, namun pelayanan perobatan dan pelayanan lainnya dapat dilaksanakan di manapun di seluruh tanah air.

Sementara kendala bagi tenaga kerja di luar hubungan kerja (Tk-LHK) dimana batasan usia maksimum 55 tahun sesuai Per-24/Men/VI/2006 tanggal 1 Juni 2006, PT Jamsostek (Persero) akan mengusulkan ke Kantor Pusat, untuk dilakukan penyesuaian.

Namun, kata Sofyan, bagi para Pendeta yang sudah berusia diatas 55 tahun tetap dapat didaftarkan menjadi peserta Jamsostek sebagai program paket sebagaimana peraturan UU No. 3 tahun 1992, dimana tidak dibatasi usia, sepanjang pekerja lembaga/yayasan tersebut masih produktif. Untuk itu Sofyan mengharapkan kiranya para pekerjaan dilembaga keagamaan dapat dilindungi Jamsostek “Ini sesuai dengan program Jamsostek Wilayah I yang sudah dicanangkan Pak Kanwil untuk menjadikan gerakan jamsostek di wilayah ini,” tandas pria berkumis tipi situ.

Tindak lanjut MoU

Ketua DPD GAMKI Sumut Ir Ronald Naibaho MSi yang memfasilitasi sosialisasi Program Jamsostek di PGPI itu mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoU antara Jamsostek dan GAMKI yang sudah ditandatangani di Kanwil I Jamsostek beberapa waktu lalu. Menurut Ronald, perlindungan dalam bentuk Jaminan Sosial Tenaga Kerja adalah merupakan hak bagi setiap pekerja, tidak terkecuali bagi ‘pekerja diladang Tuhan’, sehingga bilamana mereka mengurus pekerjaan kerohanian, akan dapat lebih bersemangat dan produktif, karena telah terlindungi.


Dikatakannya, pelayan keagamaan pun sangat rentan terhadap resiko akibat kecelakaan kerja dan penyakit yang bisa saja datang sewaktu-waktu. “Kita turut prihatin sebagai anak kandung Gereja, sebagian besar tidak mendapatkan perlindungan dengan bentuk jaminan sosial, lebih-lebih karena mereka bekerja atas panggilan hati,” tandas pria alumnus S2 USU itu. Ditambahkannya, para hamba Tuhan itu bekerja tidak berdasar pada upah, namun didasari pada iman keyakinannya.

“Dizaman yang sudah modern seperti sekarang, alangkah baiknya jika pelayan mendapat perlindungan sosial. Ini suatu pemikiran yang baru di Indonesia sebagaimana dikatakan Kanwil Jamsostek Dr. H. Mas’ud Muhammad, MM dimana Jamsostek belum menyentuh keagamaan. GAMKI adalah satu satunya lembaga yang sudah melakukan MoU dengan Jamsostek,” tukas mantan anggota DPRD-SU yang merasa prihatin, pemahaman akan program Jamsostek dilingkungan lembaga kekristenan, belum mantap.

Menurut Ronald yang didampingi unsur pimpinan DPD GAMKI Sumut, yakni, Sekum Jadi S Pane Spd, Alpan Sihombing, bahota Silaban, Jefri Porie, Jarusdin Saragih, Desmon Silalahi, Elias Situmorang, Arlinton Sitio, Gereja tampaknya belum memikirkan jaminan sosial para pendeta, sintua, penjaga kemanan, tenaga kebersihan, tenaga administrasi dan yang beraktifitas dilingkungan Gereja . “ Ini dapat dipahami karena informasi yang didapatkan tetang program Jamsostek belum lengkap. Diharapkan Jamsostek dapat memberi gambaran lebih luas, sebab program tersebut adalah program pemerintah, yang amat berbeda dengan asuransi,” jabar Ronald.

Pembiayaan program Jamsostek dalam penilain Ronald cukup kecil, sementara manfaat yang diberikannya sangat besar, lebih lebih biaya kesehatan saat ini cukup mahal.

Untuk itu, DPD GAMKI Sumut mengajak agar Pengurus PGPI ditingkat kabupaten/kota dan provinsi dapat memulai contoh dengan memasukkan pengurus di wilayah ini untuk masuk menjadi peserta Jamsostek sebagaimana telah dilakukan oleh DPD GAMKI Sumut.

Tentang jenis program yang akan diikuti, tergantung dari kebutuhan masing-masing gereja. ”Pimpinan GKPI di Siantar kemarin misalnya, lebih tertarik dengan Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan, karena bila usia semakin tua, maka akan lebih rentan terhadap penyakit,” tandas Ronald seraya menyebut dengan mengikuti program jamsostek yang berbiaya minim, akan dapat melindungi istri dan tiga anak.

Ketua DPD GAMKI mengatakan, sebelumnya sudah melakukan pertemuan dengan Bishop Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI), Kamis (7/5) di Kantor Pusat GKPI P Siantar dan Senin (27/4), sosialisasi di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pematang Siantar yang diterima pucuk pimpinan GKPS. Harapan kita, ini dapat berlanjut ke gereja besar lainnya seperti HKBP, HKI, HKIP, GPI, GBKP, BNKP dan gereja lain. Agar semua pelayan gereja dapat terlindungi,” beber Ronald bersemangat.(Humas/Saputra)

Selengkapnya...

Upaya Penanganan Sedimen Bendungan Bili-Bili Gowa (Bagian 1)

Bapenas Alokasikan Dana Untuk Lumpur Gunung Bawakaraeng Rp 700 Miliar

Laporan : Andi Ahmad- Makasar

Kepala Balai Besar Wilayah Pompengan Jeneberang, Ir. Isprasetyo Basuki (foto: Andi Ahmad)



Pembangunan bendungan Bili-Bili yang menelan biaya sangat besar. Proyek pembangunannya merupakan proyek raksasa yang didanai dana pinjaman dari Jepang sebesar 10.895 juta yen atau senilai Rp 259.024.065.884, melalui Proyek Loan OECF/IP-359 dan IP-390.


Makassar, Kabar News- Pembangunan ini dicanangkan tahun 1992, kerjasama Pemerintah dengan sumber dana dari pinjaman OECF (sekarang JBIC) yang mana kurang lebih model perjanjiannya memberi solusi atas krisis air bersih, pasokan listrik 16,3 MW, kesejahteraan atas masyarakat yang bermukim disekitar bendungan, Makassar dan beberapa wilayah bebas akan banjir, dan mencegah pendangkalan pelabuhan yang merupakan salah satu pemasukan terbesar Sulawesi Selatan, sampai umur bendungan 50 tahun.



Maret tahun 2004, sebagian wilayah Gunung Bawakaraeng longsor, dengan membawa material longsoran diperkirakan sekitar 200 juta meter kubik lebih, dan masih ada ancaman longsoran lanjutan dari pergerakan kaldera yang diamati oleh tim pemantau. Kondisi ini mengganggu fungsi dam dikarenakan material longsoran tidak mampu ditampung oleh Sand-Pocket dan Sabo-Dam yang ada, maka sisa material longsoran tertampung dibagian tengah DAS bagian tengah (middle watersheed). Kejadian tersebut memberikan dampak pada tatanan ekonomi yang dicanangkan oleh Pemerintah setempat kerjasama dengan JICA.

Berdasarkan kalkulasi kapasitas Sabo-Dam dan Sand-Pocket yang ada maka jumlah kapasitasnya mencapai 915.000 m³, sementara runtuhan dinding kaldera yang berasal dari Gunung Bawakaraeng dalam bentuk material mencapai 300 juta m³ ditambah lagi sediment dari erosi tiap tahun mencapai 5.200m³. Kondisi ini jelas tidak mampu ditampung oleh Sabo-Dam dan Sand-Poket yang ada sehingga sisa material longsoran dan sedimen yang ada bermuara dibendungan Bili-Bili, dan juga menutupi lahan pertanian masyarakat.

Bendungan Bili-Bili memiliki Sabo-Dam dan Sand-Pocket, bangunan ini diperuntukkan untuk menjaga kelestarian multifungsi Bili-Bili dengan kapasitas penampungan sedimen. Berikut lokasi bangunan Sabo-Dam dan Sand-Pocket dan ukuran kapasitas guna menjaga kelestrian bendungan.

Upaya Penanganan Sedimen Telah Disepakti Bapenas

Dalam upaya penanganan sidemen dari Gunung Bawakaraeng yang saat sekarang terus berjalan yang akan menutupi sebahagian bendungan bili-bili akan segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Pusat dimana telah disepakati oleh Badan Pembangunan Nasional (Bapenass) dengan menunjuk Dirjen Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum RI dengan diadakan MOU dengan Pemerintah Japan, kata Kepala Balai Besar Wilayah Pompengan Jeneberang, Ir. Isprasetyo Basuki,kepada Kabar News diruang kerjanya Selasa (20/5 di Makassar.

Ditunjuknya Dirjen SDA Departemen Pekerjaan Umum, menurut Isprasetyo merupakan suatu upaya penanganan secara dini untuk menghindari adanya kerugian besar yang dapat ditimbulkan oleh pengerakan lumpur Gunung Bawakaraeng (sedimen) tersebut. Pada proyek ini Dirjen SDA melakukan penggabungan penanganan Gunung Merapi dan Lumpur Gunung Bawakaraeng yang masing kedua proyek ini dialokasi dana sebesar Rp. 1400 Miliar dimana satu proyek dialokasikan dana sebesar Rp 700 Miliar dan akan dikerjakan sampai tahun 2012, jelasnya.


Kepala Balai Besar Wilayah Pompengan Jeneberang menjelaskan bahwa potensi longsoran saat ini masih terus mengancam suply air untuk PLN dan air baku pada PDAM, sehingga tidak menutup kemungkinan material longsoran dari Gunung Bawakaraeng ini akan menutupi pintu dari Bendungan tersebut, ucapnya.

"Pengendalian fungsi banjir terus akan berlanjut dengan upaya Balai Besar Pompengan Jeneberang mengupayakan penanganan dini ( tercepat) yaitu dengan melakukan penyedotan dan ini merupakan hal yang sangat mendesak dilakukan dan baru-baru ini telah diusulkan kepada pemerintah pusat dan minta kepada Pemkab Gowa untuk juga dapat memamfaatkan hasil sedotan untuk dipakai bahan baku pembuatan batu bata, kerajinan keramik, dan genteng, sehingga dana diperoleh dari penjualan itu dapat dipakai untuk biaya pemeliharaan" papar Isprasetyo.

Dan Isprasetyo menambahkan bahwa selain akan dibangun penangkap pasir raksasa didaerah hulu, karena biayanya sangat mahal maka program ini merupakan program jangka menengah, dan akan segera diusulkan, mengingat akibat yang ditimbulkan dapat mempengaruhi air baku PAM yang cukup parah, dan program yang dilakukan adalah pengambilan air permukaan yang dapat menelan biaya hingga 600 Miliar. (Bersambung)

Selengkapnya...

DPR Minta Pertanggungjawaban Kapolri Hari Ini



Jakarta, Kabar News- Komisi III DPR mengundang Kapolri, KPU, dan Bawaslu dalam Rapat Kerja (Raker) siang ini. Raker tersebut untuk meminta pertanggungjawaban Kapolri dalam menangani laporan pelanggaran pemilu legislatif.
"Siang ini pukul 14.00 WIB, kami kumpulkan KPU, Bawaslu, dan Kapolri, untuk meminta pertanggungjawaban Kapolri dalam menanggapi dan menindaklanjuti laporan Bawaslu terkait pelanggaran pileg," tutur Wakil Ketua Komisi II DPR, Eka Santosa, saat ditemui detikcom di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/5/2009).

Menurut Eka, pertemuan nanti siang akan digunakan DPR, Bawaslu dan KPU untuk meminta kerjasama Kapolri dalam penanganan pelanggaran pemilu.

"Kami minta Kapolri lebih serius menangani laporan pelanggaran pemilu terutama menjelang pilpres," tutur Eka,seperti dikutif detikcom.

Rapat siang ini, Eka menambahkan, juga akan membahas DPT pilpres. Dalam hal ini, Komisi II DPR sebagai stakeholder KPU, akan meminta laporan KPU terkait DPT pilpres.

"Kami juga akan membahas persiapan pilpres terkait DPT," ujar Eka.

"Juga secara umum terkait persiapan pilpres," tegasnya.(Saputra)

Selengkapnya...

KPK Periksa Direktur Utama PLN

Terkait Dugaan Korupsi PLN Jawa Timur



Jakarta, Kabar News-Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara, Fahmi Mochtar. Fahmi diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi proyek customer management system di PLN Distribusi Jawa Timur.

Fahmi diperiksa penyidik KPK mulai pukul 10.00, di Gedung KPK, Jakarta, Senin 18 Mei 2009.
Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan Direktur PLN Luar Jawa Bali, Haryadi Sardono, sebagai tersangka. Haryadi diduga telah merugikan negara Rp 80 miliar terkait proyek customer management system di PLN Distribusi Jawa Timur. Atas dasar itu, Kementerian BUMN berencana menonaktifkan Haryadi dari jabatannya.

Vivanews melansir bahwa Hariyadi Sadono ditetapkan sebagai tersangka kasus yang diduga merugikan negara sebesar Rp 80 miliar. Hariyadi dijerat Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Undang Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. KPK juga telah menggeledah ruangan Haryadi di Kantor Pusat PLN.

KPK juga telah memeriksa Komisaris PLN Batam, Joko Suwono, mantan Deputi Manajer Teknologi Informasi PLN, Ignatius Sumadiono, dan Manajer Perencanaan PLN, Arief Nur Hidayat.(Wawan)

Selengkapnya...

SBY-Boediono Diperiksa Kesehatan Hari Ini

Liputan Pemilu 2009



Jakarta, Kabar News- Hari ini giliran pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono atau populer disebut SBY-Berbudi yang dites kesehatan. Dikabarkan, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) dari Partai Demokrat itu akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (18/5) pagi atau paling cepat pukul 07.30 WIB.
Kemarin, dua pasangan capres-cawapres menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. Capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Megawati Sukarnoputri menjalani cek kesehatan paling lama, yakni sekitar sepuluh jam.

Seluruh hasil pemeriksaan para capres-cawapres ini akan dirapatkan dan didiskusikan oleh tim dokter gabungan RSPAD serta Ikatan Dokter Indonesia. Hasil final kemudian diberikan kepada Komisi Pemilihan Umum. Bila ada calon yang tidak lolos tes kesehatan, maka partai politik pengusungnya harus menyiapkan penggantinya. (Saputra)

Selengkapnya...

JK-Win dan Mega-Pro Cek Kesehatan Hari Ini

Liputan Pemilu 2009


Jakarta, Kabar News-Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, Jusuf Kalla-Wiranto dan Megawati Soekarnoputri akan mendapatkan kesempatan pertama untuk dites kesehatannya sebelum mengikuti Pemilihan Presiden 2009.
Pemeriksaan kesehatan ini akan dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Minggu 17 Mei 2009, mulai pukul 08.30.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu syarat yang harus dijalani pasangan capres dan cawapres sebelum bertarung di arena Pilpres 2009. Tim dokter akan memeriksa mereka dalam 19 pemeriksaan.

Mengenai pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan langsung dua pasangan capres dan cawapres, komisioner KPU, Syamsul Bahri, menyatakan, "Tidak masalah jika mereka datang bersamaan.".seperti dikutif vivanews

Sedangkan pemeriksaan terhadap pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono baru akan dilakukan pada Senin 18 Mei.(Saputra)

Selengkapnya...

Lagi, Polair Tangkap Kapal Pencuri Ikan Malaysia di Perairan Nunukan Kaltim



Jakarta, Kabar News-Lautan Indonesia yang menyimpan banyak kekayaan alam juga dieksploitasi secara tak bertanggungjawab oleh kapal-kapal asing. Direktur Tindak Pidana Tententu, Brigadir Jenderal Boy Salamuddin mengatakan Polri menangkap pelaku pencurian ikan asal Malaysia pada 8 April 2009.


Menurut Boy, kapal-kapal ikan pencuri ditangkap di Muara Nunukan, Kalimantan Timur. "Kapal melakukan tindak pidana penangkapan ikan dengan menggunakan jaring trawl," kata Boy di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Jumat 15 Mei 2009.

Yang menyedihkan, para anak buah kapal ternyata adalah warga negara Indonesia. Ditambahkan Boy, kapal menggunakan modus penyamaran. "Kapal berasal dari Tawo, Malaysia dan berbendera Malaysia. Pada saat memasuki perairan Indonesia, bendera kapal diganti dengan bendera Indonesia. Saat kembali mereka menggunakan bendera Malaysia," jelas dia.

Polri, tambah dia, menangkap total 38 tersangka. Sebanyak sembilan tersangka di tahan di Rutan Bareskrim Mabes Polri yakni tujuh nahkoda Hb (24), Pr (33) Nn (27), AD (23), Ns (31, SA (22), Ar (41) dan dua staf pelayaran Sungai Nyamuk Ak dan Ah. Sebanyak 21 tersangka lain ditahan di Bulungan, lima di Nunukan, dan tiga tersangka ditahan di Pol Air Tarakan,seperti dikutif vivanews

Para tersangka dijerat Pasal 93 ayat 1 jo Pasal 27 ayat 1 UU No 31 Tahun 2004 tentang perikanan. Ancaman hukuman minimal 5 tahun menanti para tersangka.

Selain menangkap para tersangka, polisi juga menyita barang bukti yakni 35 kapal dan ribuan kilogram hasil tangkapan berupa ikan dan udang.

Diakui Boy, polisi baru menangkap para tersangka WNI, belum ada yang berstatus kewarganegaraan Malaysia. Padahal, pemilik kapal nyata-nyata adalah warga Malaysia. "Pengembangan penyidikan mengarah ke orang Malaysia, kami belum mendapat identitas, tapi harus ada orang Malaysia," tegas Boy. (Saputra)
Selengkapnya...

Bea Cukai Soekarno Hatta Gagalkan Penyelundupan Sabu Senilai Rp.2,1 Miliar



Jakarta, Kabar News-Aparat Bea dan Cukai Bandara International Soekarno Hatta menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu. Barang haram seberat 2,1 kilogram atau senilai Rp 2,1 miliar itu hendak dikirim dari Hongkong.


Petugas Bea Cukai menangkap tiga orang yang membawa barang haram tersebut. Satu orang merupakan Warga Negara Singapura, LKL, dan dua Warga Negara Indonesia, Steven dan Andi Nursalim. Mereka ditangkap saat turun dari Pesawat Cathay Pasifik dengan nomor penerbangan CX-777.

Kepala Seksi Penyidikan dan Penindakan Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Eko Darmanto, menyatakan modus yang digunakan tiga tersangka itu adalah modus lama. Yakni dengan cara merekatkan sabu yang sudah dikemas di badannya,seperti dikutif vivanews

"Mereka merekatkan sabu itu di paha kanan dan kirinya," kata Eko di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu 16 Mei 2009.

Saat ini, tiga tersangka telah diserahkan ke pihak Badan Narkotika Nasional beserta barang buktinya.(Saputra)

Selengkapnya...

Mendaftar di KPU, JK-Wiranto Hanya Jalan Kaki

Liputan Pemilu 2009



Jakarta, Kabar News-Setelah melaksanakan salat dhuha di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 10.40 WIB, pasangan capres-cawapres Jusuf Kalla dan Wiranto bertolak menuju Komisi Pemilihan Umum. Keduanya berjalan kaki.

Pasangan JK-Win, melalui jalan di depan rumah dinas Wapres yang berada di seberang Taman Suropati. Jarak antara rumah dinas menuju Gedung KPU sekitar 400 meter.
Kalla yang mengenakan kemeja kuning gading dan Wiranto yang mengenakan kemeja kuning kunyit berjalan diiringi rombongan dari Partai Golkar, Partai Hanura dan wakil sejumlah parpol lain.

Perwakilan partai politik yang ikut dalam rombongan Kalla adalah Ali Mochtar Ngabalin dari PBB, Dradjad H Wibowo dari PAN, dan Habil Marati dari PPP.

Sementara rombongan Partai Golkar yang ikut adalah Burhanuddin Napitupulu, Yudi Chrisnandi, Sofyan Wanandi, Fahmi Idris, Suryani Tahir, Nurul Arifin, Aksa Mahmud, Andi Mattalata, dan Sekjen Partai GolkarSumarsono,seperti dikutif vivanews.

Dari kubu Hanura hadir, Uga Wiranto, Yus Usman, Fahrul Rozi, dan Chairul Anam. Petinggi Partai Golkar yang juga Ketua DPR Agung
Laksono tidak hadir.(wawan)

Selengkapnya...

SBY-Boediono Daftar ke KPU Hari Ini



Jakarta, Kabar News-Pasangan calon presiden dan wapres Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono merupakan pasangan terakhir yang akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum.

Informasi dari Biro Pers dan Media Istana, SBY dan Boediono rencananya akan mendatangi KPU pukul 14.00 WIB, Sabtu 16 Mei 2009. Pasangan ini rencananya akan bertemu di suatu tempat sebelum berangkat bersama ke KPU.

Vivanews melansir, pasangan SBY-Boediono dideklarasikan Jumat pukul 19.00 di Bandung, Jawa Barat. Dipinangnya Boediono sempat mendapat penolakan dari sejumlah parpol yang berkoalisi dengan Partai Demokrat, seperti PKS. Namun dalam deklarasi tadi malam tampak Presiden PKS Tifatul Sembiring.

Deklarasi dihadiri wakil parpol peserta koalisi. Selain itu tampak pula sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu.(wawan)

Selengkapnya...

Kadisnaker Langkat Minta Perusahaan Laporkan Upah Ke Jamsostek



Pangkalan Susu, Kabar News-Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Langkat Erwin Ardianto minta perusahaan di daerah itu agar melaporkan upah para pekerjanya pekerjanya secara jujur dan sebenarnya agar hak pekerja tidak dirugikan. Bagi perusahaan yang belum mendaftar, agar segera didaftarkan menjadi peserta jamsostek, dan jangan sampai menunggu dilakukan upaya penegakan hukum sesuai UU No. 3 tahun 1992 tentang porgram jamsostek yang bersifat wajib. .

"Sebaiknya perusahaan melaporkan penghasilan yang sebenarnya kepada jamsostek. Jika terjadi sesuatu, maka klaim yang akan diberikan kepada para pekerja akan sesuai pula dengan yang dilaporkan," kata Erwin Ardianto di Aula Kantor Camat Pangkalan Susu, Langkat, Sumut, Rabu (13/5).



Camat Pangkalan Susu,Sukhyar Muliamin menyambut positip digelarnya sosialisasi sekaligus mengucapkan belasungkawa kepada para ahli waris.

"Saya sangat bangga kanwil jamsostek hadir dan mensosialisasikan program jamsostek. Ternyata program jamsostek sangat membantu para tenaga kerja," ujarnya

Sukhyar Muliamin menambahkan pula bahawa sampai sekarang ada 14 perusahaan yang beroperasi di Pangkalan Susu. "saya berharap perusahaan di Pangkalan Susu ini mau mendaftarkan pekerjanya ke jamsostek," imbunya.

Sementara itu Kepala Kanwil I PT Jamsostek (Persero) Dr H Mas'ud Muhammad MM dalam sosialisasi mengatakan, jamsostek merupakan program pemerintah guna melindungi pekerja dari resiko sakit, kecelakaan kerja, kematian, bersalin bagi pekerja perempuan maupun isteri peserta.

"Jika pekerja tidak dilindungi jamsostek, pada saat sakit bahkan meninggal pendapatan pekerja sudah tentu terganggu. Namun jika menjadi peserta jamsostek, semua sudah ditanggung oleh jamsostek," kata Mas'ud dalam relisnya kepada Kabar News, Jumat (15/5).

Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) Dr H Mas,ud Muhammad MM menyerahkan klaim Jaminan Kecelakaan kerja dan Jaminan Kematian sebesar Rp 125.294.830 kepada tiga ahli waris peserta jamsostek cabang Binjai. Penyerahan sekaligus sosialisasi program jamsostek yang digelar di Kantor Camat Pangkalan Susu itu, turut disaksikan Kacab Jamsostek Binjai Mustafa Zainal SH, Kabag Operasional Kanwil I Edy Syahrial dan Humas Sanco Simanullang ST MT. Ketiga ahli waris penerima klaim jaminan yakni, Linawati isteri dari Andy alias Ng Sun Cong, karyawan Kilang Kecap Aneka Guna, meninggal akibat kecelakaan kerja mendapat klaim jaminan sebesar Rp 50.879.270, Yusni isteri dari Sunarto karyawan CV Ratna Jaya meninggal akibat kecelakaan kerja mendapat santunan sebesar Rp 57.147.430 dan Basri ayah dari Abdi S karyawan PT Jaya Baru Pertama II, meninggal bukan karena kecelakaan kerja mendapat santunan Rp 17.268.130.

Pada penyerahan itu Kacab Jamsostek Binjai Mustafa Zainal SH mengharapkan santunan itu dapat dimanfaatkan para ahli waris dengan sebaik-baiknya, untuk biaya sekolah anak-anak maupun untuk menutupi biaya hidup lainnnya.

Dalam kesempatan itu Mustafa mengungkapkan, hingga 30 April, jamsostek Binjai telah mengeluarkan klaim sebesar Rp 6,2 miliar lebih, dengan rincian JKK sebesar Rp 216 juta lebih untuk 182 kasus, JHT Rp 4,9 miliar lebih untuk 1.146 kasus, JKM sebesar Rp 80 juta lebih untuk 7 kasus dan JPK sebesar Rp 1 miliar lebih untuk 4.122 kasus. Linawati, salah seorang ahli waris dengan mata berkaca-kaca mengatakan, santunan tersebut akan digunakan untuk biaya sekolah anaknya.

"Kami sangat senang dan berterima kasih kepada jamsostek. Kami juga bangga dengan jamsostek dan percaya. soalnya, jika sakit kita juga ditanggung jamsostek," katanya.

Penyerahan dan sosialisasi tersebut turut dihadiri pihak perusahaan, Kabid Pelayanan Binjai Amzawati, Kabid Keuangan Risnawati, bidang Pemasaran Juanda, Account Officer Udur Sirait, para kepala desa dan masyarakat Pangkalan Susu(Humas/Saputra)

Selengkapnya...

SBY Ber-Boedi Akan Bekerja Lanjutkan Program

Liputan Pemilu 2009

Bandung, Kabar News-Pasangan capres dan cawapres yang diusung oleh Partai Demokrat dan 22 parpol yang bersepakat koalisi menyatakan untuk bekerja dan melanjutkan program yang telah dilakukan pada pemerintahan sebelumnya.

"Upaya yang sudah kita capai harus dilanjutkan. Atas kesadaran dan panggilan itu, saya bersama Pak Boediono jika Allah SWT mengijinkan dan juga rakyat mendukung akan melanjutkan pengabdian pada 2009 hingga 2014," kata Yudhoyono saat membacakan pidato politiknya di Bandung, Jumat malam.

Dalam deklarasi yang berlangsung di Sasana Budaya Ganesha itu, Yudhoyono mengatakan tidak akan memberikan janji, namun dari pengalaman yang lalu, pemerintahan telah memberikan bukti.

"Lima tahun mendatang adalah tugas yang berat, situasi tidak mudah sehingga saya tidak akan memberikan janji. Yang jelas pemerintahan lalu sudah memberikan bukti nyata dan bukan hanya wacana," katanya.

Ia mengatakan jika terpilih nanti berjanji akan terus bekerja meski ada cercaan maupun hinaan.

"Saya juga hanyalah manusia biasa bukan superman, dengan bantuan rakyat, Insya Allah bisa lakukan banyak hal," katanya,seperti dikutif antara.

Deklarasi dilangsungkan pada Jumat sekitar pukul 20.15 WIB, diisi dengan pidato politik Yudhoyono dan perkenalan cawapres yang akan mendampinginya, Boediono dan penandatanganan kesepakatan antara keduanya.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam acara yang berlangsung di Sasana Budaya Ganesha Bandung antara lain Sekretaris Jenderal PPP Irgan Chairul Mahfiz, Djoko Sujanto, Roy BB Janis, Ketua PKPI Meutia Hatta, Ketua PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Partai Republikan Syahrir MS, Ketua Partai PNBK Eros Djarot, Ketua Partai Pelopor Suryo Sarjoyo, Hartini Syahrir dari PIB, Nico Silitonga dari Partai Pemuda Indonesia, Amelia Yani dari PPRN dan Roy Rening.(**)

Selengkapnya...

Tiga Pasangan Capres/Wapres Tidak Ada Mewakili Tokoh Dari Islam

Lili Romli : Koalisi yang ada tidak mencerminkan kekuatan Islam

Liputan Pemilu 2009



Jakarta, Kabar News-Dari 3 pasang capres/cawapres yang akan berlaga di Pilpres 2009, tak ada satu pun tokoh yang berlatar belakang parpol atau organisasi Islam. Hal ini dinilai sebagai kegagalan parpol Islam menggalang kekuatan.

"Koalisi yang ada tidak mencerminkan kekuatan Islam. Meskipun umat Islam mayoritas, namun aktualitasnya minoritas," kata pengamat politik dari UI Lili Romli,Jumat (15/5/2009),seperti dikutif detikcom.
Menurut Lili, hal ini berbeda dengan kontestasi Pilpres 2004. Saat itu hampir setiap pasangan mengandung unsur tokoh Islam. Sebut saja Amien Rais-Siswono, Mega-Hasyim, dan Wiranto-Gus Solah.

Karena hingga saat ini tak ada satupun tokoh Islam yang bakal maju, maka Lili menilai parpol Islam tak lagi punya kesempatan di pilpres ini. Sebab waktu yang tersedia tinggal hari besok.

"Nggak ada waktu lagi, sangat sempit. Tidak akan ada peluang. Satu-satunya jalan adalah tetap gabung dengan Partai Demokrat," kata Lili.(Wawan/Saputra)

Selengkapnya...

PM Malaysia Masih Keturunan Raja Gowa Ke 19



Makassar, Kabar News-Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak masih memiliki darah keturunan Raja Gowa ke-19, dengan gelar I Mappadulung Daeng Mattimung Karaeng Sanrobone Sultan Abdul Djalil Tumenanga ri Lakiung.
Karena itulah, Datuk Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat, 15 Mei 2009. "Kunjungan tersebut disebut sebagai muhibbah kekeluargaan Tun Abdul Razak, yang juga dikenal masih keturunan dari Raja Gowa," kata Kabag Humas Pemkab Gowa, Arifuddin Saeni, Jumat (15/5),seperti dikutif vivanews.

Sebagai bentuk penghargaan terhadap kunjungan pejabat tinggi Malaysia itu, Pemda Gowa akan menyambut kedatangan mereka secara istimewa. Penyambutan tersebut merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan untuk menambah erat kekelurgaan antara Malaysia dan Kabupaten Gowa.

Dalam kunjungannya kali ini, Datuk Najib Tun Abdul Razak menggelar sejumlah agenda kegiatan. Berdasarkan susunan acara yang dikeluarkan Pemda Gowa, rombongan Tun Abdul Razak akan melaksanakan tiga kegiatan.

"Pertama akan berkunjung ke Makam Sultan Hasanuddin, kemudian Menanam pohon di sekitar rumah jabatan Bupati Gowa dan peresmian jalan hertasning baru yang akan diabadikan sebagai jalan Tun Abdul Razak, Orang tua PM Malaysia tentatif," jelas Arifuddin lagi.

Rombongan PM Malaysia tersebut dijadwalkan mendarat di Bandara Udara Sultan Hasanuddin sekitar jam 13:30. Setelah itu akan langsung menuju Kabupaten Gowa. Diperkirakan, rombongan PM Malaysia akan berada di Gowa sekitar 4 jam. Karena pada Jam 16:00 Wita, rombongan dijadwalkan sudah meninggalkan Kabupaten tersebut untuk bertolak ke Malaysia.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun VIVAnews, hubungan antara Datuk Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak dengan Kerajaan Gowa sudah erat sejak dulu. Antara dua pihak sudah sering saling mengunjungi.

Rabu lalu, keluarga besar masyarakat Gowa berkunjung ke kediaman Sri Satria Timbalan Perdana Menteri, Kuala Lumpur, Malaysia untuk menghadiri perjamuan makan malam. Tahun 2005 lalu, Najib pernah berkunjung ke Gowa. Saat itulah, Najib diberi gelar kehormatan sebagai bagian dari masyarakat Gowa oleh Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo.

Ayah Najib, Tun Abdul Razak juga pada tahun 1973 pernah berkunjung ke Gowa dan berziarah ke makam Sultan Hasanuddin. Saat itu, Tun Abdul Razak menunjuk salah satu nisan dan menyatakan bahwa orang di makam tersebut ada di dalam silsilah keluarganya. Satu tahun kemudian, Tun Abdul Razak diberi gelar kehormatan masyarakat Gowa, La Tenri Patta Daeng Manesa dan istrinya diberi gelar We Bungawali. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Jamsostek Belawan, Perum Perumnas Jalin Kerjasama Bangun Rumah 1400 Unit

Target Pekerja Dapat Rumah Type 36 Sampai Desember 2009

Kepala PT Jamsostek (Persero) Cabang Belawan Drs Pengarapen Sinulingga MM didampingi Manager Cabang Perum Perumnas Regional I Sumatera Utara H Zulfan Effendy (foto: Humas)

Medan, Kabar News-Untuk merealisasikan harapan para pekerja yang tercatat sebagai peserta jamsostek yang belum memiliki rumah, PT Jamsostek (Persero) Cabang Belawan bekerjasama dengan Perum Perumnas dan BTN saat ini sedang membangun 1400 unit rumah di kawasan Griya Martubung. Ditargetkan, Desember 2009 para pekerja dari berbagai perusahaan swasta di Belawan sudah bisa menempati rumah bertype 36 tersebut.

“Kita bersama BTN dan Perum Perumnas sudah mensosialisasikan kepada 10 perusahaan besar yang ada di Belawan yang tenaga kerjanya di atas 500. Hasil konfirmasi belakangan ini bahwa kemungkinan ditambah dengan TKBM lebih dari 1400 unit rumah untuk para tenaga kerja itu akan diberi Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP). PUMP yang diberikan antara Rp 10 hingga 20 juta. Ini sudah target kita,” jelas Kepala PT Jamsostek (Persero) Cabang Belawan Drs Pengarapen Sinulingga MM didampingi Manager Cabang Perum Perumnas Regional I Sumatera Utara H Zulfan Effendy, Kabid Pemasaran Rasidin dan Kabid Pelayanan Khairuddin TM Basya di ruang kerjanya, belum lama ini. Demikian siaran pers Humas Jamsostek Wilayah I kepada Kabar News ,Kamis (14/5.

Dasar pemikiran ini, lanjut Pengarapen, mengingat masih banyak karyawan yang belum punya rumah. Di sisi lain lokasi perum perumnas yang sedang diproses saat ini memang sangat mendukung keberadaan pabrik-pabrik yang ada di KIM.

“Dengan dibangunnya rumah di kawasan itu tentunya sangat membantu para pekerja. Jaraknya hanya 700 meter dari tempat mereka bekerja,seraya menambahkan untuk merealisasikan PUMP 1400 rumah itu memang butuh dana besar,paling tidak Rp 16,7 miliar lebih," jelas Pengarapen.

“Saat ini kita hanya punya alokasi dana Rp 2 miliar lebih dari Kanwil. Semntara kekurangan adalah Rp 14,7 miliar lebih,” timpal Rasidin.

Jamsostek Belawan bersama BTN dan Perum Perumnas sudah menghadap Kepala Kanwil I Jamsostek Dr H Mas’ud Muhammad dan mengutarakan hal tersebut sekaligus merencanakan bagaimana penyaluran Rp 16,7 miliar ini secara teknis.

“Kita sudah diskusikan bagaimana agar pogram ini berjalan mulus. Pada prinsipnya, Kepala Kanwil mendukung. Bahkan akan memperjuangkan hal ini ke kantor pusat,” jabar Pengarapen.

Sementara Kabid Pemasaran Rasyidin menambahkan, yang sudah jelas mengajukan 1400 rumah tahun ini adalah Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Upaya Karya Pelabuhan Belawan.

“Untuk tahun 2009 ini saja, TKBM sudah ajukan 1400 rumah. Belum lagi perusahaan di luar TKBM, yang sudah mengajukan 138 unit. Namun yang direkomendasikan baru 36 unit, sedangkan lain menyusul, masih pemberkasan,” jelasnya.

Realisasi rumah ini harus tahun ini. Tergantung kepada perusahaan bersangkutan bagaimana mereka mempercepat pengajuan Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank, developer kemudian mengajukannya ke BTN.

“Selanjutnya, BTN sounding ke jamsostek dan jamsostek memberi rekomendasi ke BTN untuk mengkaji bahwasanya KPR dan PUMP harus bersamaan jalannya, tidak bisa saling mendahului,” tegasnya.Manager Cabang Perum Perumnas Regional I H Zulfan Effendy mengungkapkan kerjasama di tiga belah pihak ini benar-benar menguntungkan para pekerja.

Keuntungan yang bisa dinikmati para pekerja, di antarnya, suku bunga tidak tinggi, mendapat subsidi dari pemerintah dan tidak dikenai pajak. Selain itu, para pekerja yang sudah terealisir mendapat rumah juga akan mendapat bantuan administrasi sebesar Rp 500 ribu.

Di kesempatan itu, Zulfan berharap pihak perusahaan sepenuhnya mendukung para pekerjanya agar dapat menikmati program kepemilikan rumah tersebut.(Humas/Saputra)

Selengkapnya...

Tunggakan Iuran Jamsostek di Sumut Senilai Rp. 74, 6 M


Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Utara dan PT. Jamsostek (Persero) Sumatera Utara akan menggandeng Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara guna menagih tunggakan iuran Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) dari beberapa perusahaan penunggak iuran pekerja itu.

Medan, Kabar News-Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Utara melalui Kasubdis Perlindungan dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Sumut Ir. Salomo Peranginangin MKes didampingi Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) Dr. H . Mas’ud Muhammad MM serta sejumlah Kepala cabang Jamsostek usai melakukan audiensi kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Sutiyono SH MH MBL yang didampingi Asisten Perdata Tata Usaha Negara Tarmizi SH di Gedung Kejati Sumut, Jalan AH Nasution, Medan, Selasa (12/5).
Pembinaan dan pendekatan secara persuasive, memang akan diutamakan oleh Disnakertrans Sumut dan PT Jamsostek untuk penagihan itu. Namun sebaliknya, bila perusahaan tetap masih belum memenuhi kewajibannya, pihak kejaksaan akan dilibatkan. “pembayaran Jamsostek merupakan kewajiban perusahaan, yang pada akhirnya akan menerima pelayanan jamsostek," katanya. Sementara menurut Kakanwil Jamsostek, setiap perusahaan penunggak sudah diberi peringatan secara bertahap mulai surat peringatan tahap pertama, kedua dan ketiga. Namun Jamsostek dan Disnaker akan melibatkan pihak Kejaksaan untuk penyelesaian tunggakan itu.

Kakanwil I Jamsostek mengatakan sejumlah perusahaan peserta Jamsostek di 7 kantor cabang PT. Jamsostek (Persero) Se Sumatera Utara menunggak iuran antara lain sebesar Rp. 74, 6 Miliar. Ketujuh Kantor Cabang tersebut masing-masing antara lain : Cabang Medan, Kisaran, P Siantar, Sibolga, Tanjung Morawa, Belawan dan Binjai. Perusahaan menunggak sendiri dibagi dalam 3 kategori antara lain Lancar (menunggak 1-3 bulan), kurang lancar (menunggal 3-6 bulan) dan macet aktif(6 -12 bulan). Tunggakan tersebut antara lain Lancar Rp. 8.30 Milyar, Kurang Lancar Rp 1,50 Miliar dan Macet Aktif 64,80 Miliar. Kakanwil menjelaskan, pihaknya sudah membuat surat peringatan .

Dalam Relisnya kepada Kabar News,Menurut Kakanwil Jamsostek Sumut, dengan menunggak iuran, pelayanan terhadap peserta akan terhenti . Bila perusahaan menunggak, peserta otomatis tidak dapat memperoleh hak sebagai peserta Jamsostek, termasuk klaim kecelakaan kerja, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan, Jaminan Kematian hingga jaminan hari tua. Mas’ud masih menelusuri apa yang menjadi penyebab tunggakan iuran . “Apakah benar diakibatkan kondisi usaha perusahaan yang terus menurun, atau memang mereka lalai dan terlambat menyetor iuran ke Jamsostek,” pungkasnya.

Kejaksaan Tinggi Sumut Siap

Jumlah kepesertaan Jamsostek yang hingga kini kurang memuaskan, membuat Disnakertrans Sumut merencanakan upaya penegakan hukum (UPH) dengan Kejaksaan. Perluasan kerjasama penegakan hukum UU No.3/1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja dengan Kejaksaan dan juga kepolisian kian mendesak dilaksanakan sebab kerjasama dengan Kejaksaan akan memberi dampak positif bagi perusahaan dalam mengikutsertakan pekerjanya masuk program Jamsostek.

Kerjasama itu sendiri dapat diperluas dengan kepolisian untuk menangani pidana umum dan pidana khusus. Kasubdis Perlindungan dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Sumut Ir. Salomo Peranginangin MKes , mengatakan, tidak semua kasus pelanggaran Jamsosostek berakhir di "meja hijau". Soalnya, terdapat sejumlah perusahaan yang memenuhi kewajibannya ketika pada tahap pembuatan berita acara pemeriksaan atau pada tahap penyelidikan atau juga pada tahap penyidikan.

Berkenaan dengan itu, pihaknya melakukan audiensi dengan Kejaksaan tinggi Sumut. Hadir pada audiensi itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi Sumut yang diwakili Ir. Salomo Peranginangin MKes selaku Kasubdis Perlindungan dan Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Sumut, Ir. Frans Bangun MHB Kepala Balai Pengembangan Produksi Daerah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatera Utara. Sementara dari Jamsostek hadir Kakanwil I PT Jamsostek (Persero), Kepala Cabang Jamsostek Tanjung Morawa Thamrin Saleh SE, Kepala cabang Belawan Drs. Pengarapen Sinulingga MM, Kepala Cabang BInjai Mustafa Zainal, Kabag Pengendalian Operasional Edy Syahrial dan Humas Sanco Manullang ST MT, Selasa, melakukan audiensi kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Merujuk pada dasar hukum yang mengatur pada pasal 2 dan 10 ayat 1,2 dan 3 UU no. 3 tahun 1992 tentang Jamsostek, Salomo menegaskan bahwa setiap perusahaan wajib mengikutsertakan pekerjanya dalam program Jamsostek sesuai PP no. 14 tahun 1993 tentang program kepesertaan Jamsostek. Oleh karena itu, Salomo mengatakan, akibat pelanggaran perusahaan yang tidak mengikutsertakan pekerja dalam Jamsostek, maka telah terjadi tindak pidana sesuai dengan yang diatur oleh UU No. 3 Tahun 1992 dengan ancaman pidana kurungan 6 bulan atau denda sebesar Rp. 50 jt. Peraturan lain yang bisa dijadikan dasar hukum adalah PP no. 14 tahun 1993 pasal 2 ayat 3 yang menjelaskan apabila pengusaha yang memperkerjakan 10 orang atau lebih atau membayar upah paling sedikit Rp. 1 jt wajib mengikutsertakan tenaga kerja dalam Jamsostek, baik itu tenaga kerja kontrak, pekerja harian, pekerja harian lepas, maupun karyawan tetap.

Kakanwil I PT Jamsostek (Persero) Dr. H Mas’ud Muhammad MM mengatakan program jamsostek sudah 32 tahun namun kepesertaan Jamsostek di Sumatera Utara ternyata masih rendah. ”Dari sekitar lima juta pekerja pada 11 ribu perusahaan di Sumut baru sebanyak 377.236 orang pekerja pada 5.372 perusahaan yang sudah menjadi peserta,” kata Mas’ud. Menurut dia, rendahnya kepesertaan itu tidak terlepas dari masih terbatasnya sosialisasi program jamsostek selama ini dan lemahnya law enforcement (penegakan hukum) terhadap program pemerintah yang sudah diatur UU tersebut. Walau demikian, kata Mas’ud, pihaknya akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta jamsostek.

Menanggapi minimnya kesadaran pengusaha terhadap tanggungjawab bagi karyawan untuk memproleh haknya khususnya perlindungan Jamsostek, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Sutiyono SH MH MBL yang didampingi Asisten Perdata Tata Usaha Negara Tarmizi SH mengatakan kesiapannya untuk melakukan penegakan hukum bagi perusahaan yang melanggar UU no 3 tahun 1992 tentang Jamsostek. Kejaksaan tinggi Sumatera Utara tengah mempersiapkan MoU untuk penegakan hukum terhadap perusahaan yang masih tidak patuh terhadap program pemerintah bersifat wajib itu.

Dalam kesempatan itu, selain membicarakan kondisi ketenagakerjaan Sumatera Utara khususnya kepesertaan Jamsostek, turut dibahas sejumlah hal diantaranya BAP Perusahaan yang melanggar Jamsostek, tunggakan iuran jamsostek, pelanggaran lain seperti Perusahaan wajib belum daftar (PWBD), pendattaran sebagian upah, sebagian tenaga kerja, sebagian program dan pelanggaran lainnya.(Humas/Saputra)

Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom