Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Gempa 7,6 SR di Padang Ratusan Bangunan Runtuh


Jakarta- Dampak kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi berkekuatan 7,6 SR sungguhlah dahsyat. Kerusakan terlihat hampir di semua sudut Kota Padang.

Aroma panik menguar di kota yang berada di pesisir barat Pulau Sumatera itu. Bangunan-bangunan rontok seolah tak berpondasi diguncang gempa dahsyat itu.
Bangunan yang runtuh itu menimpa apa saja yang berada di bawahnya. Terlihat mobil Avanza dan Jazz yang sedang parkir penyok sana-sini hampir tertimbun beton-beton atap tempat parkirnya.

Selain itu di beberapa tempat terlihat kepulan asap hitam yang membakar beberapa bangunan. Tidak diketahui penyebab kebakaran itu karena titik api terhalang bangunan besar seperti kompleks ruko yang juga rusak parah dengan atapnya yang runtuh.

Orang-orang berkumpul di pinggir jalan karena tidak berani masuk ke dalam rumahnya yang. Dengan berpakaian seadanya dan wajah lelahmereka menunggu sampai gempa susulan benar-benar usai. Banyak orang-orang yang juga mengungsi ke tempat aman dengan menggunakan mobil pribadi dan kendaraan umum.

Detikcom melansir bahwa data terakhir yang diungkapkan oleh Wapres JK menyebutkan korban jiwa sudah mencapai 75 orang. Namun jumlah ini sangat mungkin bertambah mengingat kerusakan rumah yang runtuh telah mencapai ratusan jumlahnya di Kota Padang dan ini tergolong dahsyat.(Saputra)

Selengkapnya...

Gempa 7,6 SR di Sumbar, 13 Orang Meninggal


Jakarta,Kabar News - Korban tewas gempa 7,6 SR di Sumbar terus bertambah. Sampai dengan Rabu (30/9/2009) pukul 20.30 WIB korban tewas dilaporkan sebanyak 13 orang
"Data sementara pukul 20.30 WIB, korban gempa Sumbar ada 13 wafat," kata Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Depkes, Rustam Pakaya lewat pesan singkatnya, Rabu (30/9/2009),seperti dikutif dari detikcom.

Saat ini, lanjutnya, rumah sakit lapangan (darurat) di lokasi sedang disiapkan.

"Tenaga kesehatan dan timkes dari pusat penanggulangan krisis regional Medan dan pusat penanggulangan krisis regional Palembang malam ini lewat darat 10 jam bawa dokter, obat dan kantong mayat," jelasnya.(Saputra)

Selengkapnya...

Gubernur Sulsel : Tindak Tegas KPU Yang Berpihak Pada Calon Bupati di Pilkada

Gubernur Sulsel Memberikan Pengarahan didepan 10 Kepala Daerah diBaruga Sangiangseri Rumah Jabatan Gubernur, Makassar, kemarin.Foto: Sindo)


Makassar, Kabar News-Peringatan dikeluarkan Gubernur Sulsel terkait pemilihan kepala daerah yang digelar serentak pada 10 kabupaten. Gubernur Syahrul Yasin Limpo menyatakan akan menindaktegas penyelenggara yang berpihak pada salah satu pasangan calon. Tindakan tegas yang melibatkan aparat hukum akan diberikan jika penyelenggara dalam hal ini KPU daerah melakukan halhal yang bertentangan dengan aturan.

Pasalnya,adanya keberpihakan penyelenggara rawan menimbulkan konflik yang merugikan masyarakat. ”Saya ingatkan, terutama buat anggota KPU untuk tidak melakukan akrobatik dan berpihak kepada pasangan calon. Jika itu terjadi, seluruh unsur keamanan akan diturunkan untuk melakukan penindakan untuk setiap pelanggaran,” tegasnya disela-sela rapat persiapan pilkada di Baruga Sangiangseri Rumah Jabatan Gubernur,kemarin.

Rapat tersebut dihadiri bupati, wakil bupati, dan sekretaris KPU dari 10 kabupaten yang bakal menggelar Pilkada 2010 mendatang seperti Bulukumba, Soppeng, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja,Maros,Pangkep, Barru,dan Selayar. Gubernur mengatakan, sikap netral penyelenggara pemilu adalah harga mati. Pasalnya, kerawanan Pilkada Bupati jauh lebih besar dibandinkan Pilkada Gubernur, pemilihan legislatif atau pemilhan presiden.

Selain itu, Gubernur mengingatkan agar dalam penggunaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPUD harus berpedoman pada satu sumber yakni Dinas Catatan Sipil. Data jumlah pemilih yang dikeluarkan harus dijadikan data formal penentuan pemilih melalui kontrol pemprov. ”Kelemahan kita selama ini karena tidak adanya rasa saling percaya.Hanya kecurigaan yang selalu ada dikepala.

Oleh karena itu, DPT yang selalu menjadi masalah, harus dikeluarkan dari satu sumber yakni catatan sipil,”tukasnya. Gubernur juga mengingatkan agar seluruh kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada untuk menganggarkan dana penyelenggaraan dalam APBD perubahan dan APBD pokok masing-masing. Dalam rapat tersebut juga terungkap, jika masalah utama yang dihadapi oleh kabupaten dalam penyelenggaraan pilkada yakni alokasi anggaran yang belum jelas, seperti dikutif dari Sindo.

Terutama bantuan penyelenggaraan yang akan diberikan baik oleh pemerintah pusat maupun pemprov. Masalah lain yang terungkap yakni ketidaksiapan penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Pemekaran Toraja Utara. Careteker Bupati YS Dalipang mengatakan, pihaknya belum bisa menyelenggarakan pilkada akibat keterbatasan infrastruktur pemerintahan khususnya penyelenggaran Pilkada yakni KPU.

Hingga saat ini, kabupaten pecahan Tana Toraja tersebut belum membentuk KPUD karena belum memiliki DPRD. ”Jika memang harus dibentuk KPU, maka pembentukan DPRD harus dipercepat juga agar segera dibentuk tim lima untuk menseleksi calon anggota KPUD,” jelas YS Dalipang. Sementara itu, Ketua DPRD Sulsel Muh Roem meminta agar data rill pemilih menjadi perhatian utama penyelenggara Pilkada.

Pasalnya, kisruh DPT selalu menjadi alasan utama bagi pihak yang kalah untuk melakukan protes yang kerap memamerkan kekuatan massa. ”Demikian halnya dengan pendanaan agar dialokasikan dalam APBD sesuai dengan kemampuan,”tambahnya.(Effendy)
Selengkapnya...

A. Rivai : Ingin Membangun KKSS Untuk Lebih Baik


A. Rivai Resmi Gantikan Hasanuddin Pimpin KKSS

Makassar, Kabar News - Mantan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX Udayana, Mayor Jenderal TNI (Purn) Andi Abdul Rivai, terpilih menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) untuk periode 2009-2014.

Rivai mengungguli sejumlah kandidat yang ikut bersaing dalam pemilihan yang disebut-sebut paling alot dalam sejarah KKSS. Rivai baru terpilih sekitar pukul 02.00 wita setelah rapat pleno ditunda karena mengalami daedlock (kebuntuan) di Celebes Convention Center (CCC), Makassar, Senin (28/9) dini hari.

Sidang pleno pemilihan ketua umum yang dimulai pukul 19.00 wita sempat terhenti akibat peserta sidang tak henti-hentinya mengujakan interupsi saat pembahasan syarat ketua umum. Masing-masing pendukung kandidat berjuang agar jagoannya tidak terjegal di kriteria.

Steering committee (SC) akhirnya menghentikan sidang sekitar pukul 22.00 wita. Pemimpin sidang mengumumkan bahwa sidang akan dilanjutkan esok harinya sambil mengetuk palu tanda sidang berakhir.

Setelah sidang ditutup terjadi lobi-lobi internal dan rapat tertutup panitia dan SC. Setelah terjadi lobi-lobi, diputuskan bahwa sidang dilanjutkan kembali. Para peserta yang memiliki hak pilih tapi sudah meninggalkan lokasi mubes dipanggil kembali. Sebagian lainnya terpaksa dijemput oleh panitia.

Awalnya disepakati bahwa proses pemilihan berlangsung dalam tiga tahap. Tahap pertama yaitu para peserta yang memiliki hak pilih mengajukan masing-masing lima nama. Lima orang yang diusulkan dengan suara terbanyak akan memasuki tahapan kedua. Mereka lalu menyampaikan visi dan misi di depan peserta.

Setelah itu, proses pemilihan dilanjutkan ke tahap ketiga. Lima kandidat yang telah menyampaikan visi dan misi itu akan dipilih lagi dan peraih suara terbanyak akan menjadi ketua umum. Empat lainnya akan masuk sebagai formatur untuk menyusun kepengurusan

BPP KKSS Periode 2009-2014.

Pada tahap pertama Rivai berhasil mengantongi suara sebanyak 161 suara dari 269 suara peserta. Kandidat lain yang mendapat suara dukungan adalah Zainal Bintang (43), Jafar Hafsah (41), Arifuddin (7), Ulla Nuchrawaty (5), Emil Tenri Abeng (5), Andi Iskandar (3), Asrul (2), serta Basri B dan Andi Djamaro Dulung masing-masing hanya meraih satu suara.

Melihat perolehan suara Rivai jauh melampaui calion lain maka pemimpin sidang, Dr Mansyur Ahmad, meminta persetujuan peserta untuk langsung menetapkan Rivai sebagai ketua umum menggantikan Hasanuddin Massaile.

"Berhubung perolehan suara di atas 30 persen dibanding dengan kandidat lainnya maka Bapak Rivai dipilih dan ditetapkan sebagai ketua umum KKSS. Dengan demikian maka tidak ada lagi pemilihan tahap lanjutan. Setuju?," kata Mansyur sebelum mengatuk palu sidang.

Suara mayoritas peserta sidang menyatakan setuju dan saat itu juga pimpinan sidang mengetuk palu yang menandai penetapan pria kelahiran Soppeng, 5 Agustus 1943 ini sebagai ketua terpilih. Meski sempat mendapat penolakan dari sejumlah peserta sidang dan kandidat yang masuk lima besar untuk mengikuti pemilihan putaran tahap kedua, namun melihat peserta sidang lebih banyak setuju maka Mansyur mengetuk palu dan menetapkan Rivai sebagai pemenang.

Sedangkan empat kandidat peraih suara teratas lainnya masuk sebagai formatur untuk menyusun kepengurusan. Mereka adalah Zainal, Jafar, Arifuddin, dan Ulla. Meski suara Ulla dan Emir sama namu karena Emil tidak ada di lokasi mubes maka yang masuk formatur adalah Ulla.

Setelah ditetapkan sebagai ketua umum terpilih Rivai yang pada periode kepengurusan tahun lalu duduk sebagai wakil ketua umum BPP menyatakan terima kasih atas kepercayaan tersebut. Dia berjanji akan merangkul semua elemen untuk bersinergi dalam membangun KKSS.

"Saya tak bisa bekerja sendiri. Saya mengajak semua yang hadir disini untuk bersama-sama membangun KKSS untuk lebih baik," kata Rivai, seperti dilansir Tribun.

Keputusan pemimpin sidang yang menetapkan Rivai sebagai ketua umum pada tahap penjaringan bakal calon tersebut mendapat tanggapan beragam dari sekelompok peserta dan kandidat yang masuk lima besar yang menginginkan sidang pleno dilanjutkan ketahap selanjutnya.

Jafar mengaku langkah yang ditempuh SC telah melanggar kontitusi demokrasi. Menurutnya, peserta tidak tahu visi misi Rivai dalam membangun KKSS ke depan karena tahapan tersebut terpotong oleh putusan SC yang terburu-buru.

"Namun demikian saya dengan penuh kerendahan hati saya ucapkan selamat pada abang Rivai dan saya siap membantunya memajukan KKSS kedepan,"kata Jafar.
Sementara Zainal menyatakan, seharusnya kali ini kita bisa melihat proses demokrasi yang indah di KKSS, namun pimpinan sidang mencederai proses tersebut dengan putusannya yang sepihak.

"Saya sangat kecewa pada proses ini. Kami semua dirampas haknya oleh pimpinan sidang. Tadi teman dari Papua sempat meminta putusan ini dibatalkan, namun saya bilang apapun putusan SC kita harus dukung dan siapapun ketua KKSS meski dipilih dengan cara yang tidak wajar sekalipun kita tetap dukung demi KKSS," katanya.
Ulla mengatakan, ini hasil faktual. Visi-misi bisa berpengaruh namun untuk mengubah hasil sangatlah susah. Karena itu, mari kita semua mendukung Rivai sebagai ketua umum.

"Saya hanya mengingatkan agar pengurus ke depan tidak lupa melibatkan generasi muda dan perempuan dalam kepengurusan," pinta Ulla.
Mubes yang dirangkaikan dengan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XI dan Halalbihalal ditutup oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, kemarin.(fik)

Militer Sejati

KARIER Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Purn) A Abd Rivai terbilang cemerlang. Pria asal Kabupaten Soppeng ini sempat menduduki jabatan sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX Udayana yang dikenal sebagai salah satu kodam bergengsi di era Orde Baru.
Operasi militer di wilayah Timor Timur sebelum berpisah dari Republik Indonesia dikendalikan oleh Kodam Udayana. Tak heran, nama Rivai cukup banyak menghiasi media ketika memimpin kodam yang markas komandonya berada di Denpasar, Bali.

Rivai mengakhiri puncak kariernya di Kodam Udayana sebelum dikaryakan sebagai anggota DPR pada tahun 1997. Bersama sejumlah jenderal yang kala itu menduduki jabatan pangdam ditarik ke fraksi ABRI di DPR. Belakangan, di era reformasi, fraksi ini dibubarkan seiring dengan pelarangan TNI/Polri masuk ke politik praktis.
Namun sejak meninggalkan DPR, Rivai tak lagi tertarik ke dunia politik seperti sejumlah pensiunan lainnya yang melanjutkan kiprahnya ke partai politik. Ayah tiga anak ini memilih menjadi militer sejati.

Sejak tahun 2004 lalu, Riva masuk ke jajaran Badan Pengurus Pusat (BPP) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) dengan jabatan wakil ketua mendampingi Hasanuddin Massaile yang menjabat ketua.

Setelah pensiun dari dunia militer, Rivai sering bolak-balik ke Makassar. Meski lama bertugas di luar Sulsel, namun Rivai tetap punya rumah di bilakang Jl Abdullah Dg Sirua, Makassar. Rumah Rivai terbilang sederhana untuk ukuran seorang jenderal, apalagi mantan pangdam.

Di Mubes KKSS di Makassar yang berlangsung 26-28 September, Rivai akhirnya maju sebagai kandidat ketua bersama calon lainnya seperti Djafar Hapsah yang juga berasal dari Soppeng.

Melalui pemilihan alot hingga menjelang Subuh, Rivai akhirnya terpilih menakhodai organisasi yang menghimpun warga Sulsel yang berada di perantauan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Kapolri Minta Tuntaskan Pemeriksaan Pimpinan KPK


Jakarta, Kabar News-Kapolri diminta secepatnya menuntaskan pemeriksaan atas dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah dan kejelasan status mereka.

"Saya kira polisi akan sanggup menuntaskan status hukum dua pimpinan KPK dalam waktu seminggu. Tadi saya minta untuk segera dituntaskan dan Polri bisa memenuhi itu dalam waktu seminggu. Jadi kira-kira minggu depanlah statusnya jelas," kata Wapres Jusuf Kalla kepada wartawan seusai mengadakan pembicaraan dengan Kapolri di ruang kerja Wapres di Istana Wakil Presiden, di Jakarta, Senin (28/9).seperti dikutif Kompas

Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri sendiri menyatakan proses pemeriksaan akan dituntaskan apabila tindak pidananya terbukti dan proses hukum berlanjut. Sebaliknya, jika tidak terbukti, Polri akan mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3. (Saputra)

Selengkapnya...

JK Gelar Open House Untuk Warga Hari Ini di Makassar


Makassar, Kabar News-Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla menggelar halalbihalal di kediamannya di Jl H Bau, Makassar Minggu, 27 September hari ini. JK mengundang unsur muspida dan tokoh masyarakat yang ada di Sulsel untuk hadir dalam acara itu.

Ketua panitia halalbihalal, Baidillah Sahabuddin didampingi Hamsah Maru dalam jumpa persnya di kediaman JK, sore kemarin mengatakan pihaknya menyebarkan 2.000 undangan untuk acara ini. Termasuk 200 undangan tertulis.

"Kita harap acara ini ramai. Apalagi ini tahun terakhir JK sebagai wapres. JK niat pulang kampung setelah melepas jabatannya," kata Baidillah.

Terkait diundangnya unsur muspida, itu menurut Baidillah agar kesinambungan pusat dan daerah tetap jalan dan dijembatani JK. "Jadi yang akan datang adalah unsur muspida, tokoh masyarakat, anggota dewan, serta sahabat JK. Acara dimulai pukul 10.00 wita," katanya.

Petugas Batasi Tamu, Warga Dapat Amplop dan Nasi Kotak

Halalbihalal Jusuf kalla di rumah pribadinya di Jl Haji Bau, Makassar, Minggu (27/9), dihadiri ratusan masyarakat umum. Seandainya petugas keamanan tidak membatasi, rumah Kalla tak bakal bisa menampung tamu-tamu tersebut.

Ada dua jenis tamu Kalla pada acara halalbihalal tersebut yakni yang sengaja diundang khusus maupun masyarakat umum. Masyarakat umum rupanya yang paling antusias datang ke rumah Kalla.

Sejak pagi hari, mereka sudah berada di ujung Jl Haji Bau. Atas saran petugas, mereka berbaris menuju rumah Kalla yang tak jauh dari ujung jalan itu. Ketika makin siang, masyarakat umum masih terus berdatangan.

Ada yang berjalan kaki. Ada pula yang bermotor. Motor mereka diparkir di perempatan Jl Haji Bau dan Cenderawasih.(Fjr/trbn)

Selengkapnya...

Gubernur Ajak Saudagar Nabung di Bank Sulsel



Makassar, Kabar News-Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menawarkan kepada Saudagar Bugis - Makassar untuk berinvestasi ke unit-unit usaha kecil yang berada di Sulsel.

Ide tersebut terungkap dalam diskusi gubernur dengan peserta pertemuan Saudagar Bugis-Makassar XI, di Celebes Convention Center, Makassar, Sabtu.

Bentuk investasi yang ditawarkan adalah menyimpan dana mulai dari Rp5 juta hingga Rp20 juta dalam bentuk tabungan di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulsel sesuai dengan batasan nilai kredit untuk usaha mikro non formal.

Dana yang tersimpan dalam bentuk tabungan tersebut akan diubah menjadi dana bergulir dan disalurkan sebagai bantuan modal untuk usaha kecil di Sulsel.

"Pemerintah provinsi sendiri yang akan menjamin setiap nilai kredit yang disalurkan, jadi para saudagar tidak perlu khawatir mengenai kredit macet," kata Gubernur.

Direktur Utama, BPD Sulsel, Ellong Tjandra mengaku, pihaknya akan merespon ide Gubernur tersebut dengan menjaring para Saudagar Bugis Makassar untuk membuka tabungan.

"Kami akan jemput langsung para saudagar ke stand kami untuk membuka tabungan dan dananya nanti akan disalurkan melalui program pundi usaha rakyat yang baru-baru ini diluncurkan," jelasnya, seperti dikutif dari tribun-timur.com.

Ia menambahkan, ide ini akan membantu penyaluran kredit produktif yang ditargetkan sebesar 35 persen hingga akhir tahun 2009.

Salah satu pengusaha udang asal Sulsel yang menjalankan usahanya di Bangka Belitung, langsung merespon ide tersebut dengan membuka tabungan senilai Rp5 juta dan menjadi penyumbang pertama.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

KKSS Bangka Belitung Nilai PSBM Begitu-begitu Saja

Laporan: A.A.Effendy- Makassar

DPW KKSS Prov, Bangka Belitung H. Husain Karim Ketua didampingi Sekertaris KKSS Prov. Bangka Belitung kepada wartawan di Hotel Grand Makassar.(foto;A.A.Effendy)

Makassar, Kabar News-Adapun kehadiran di Mubes KKSS di Makassar saat ini telah merasakan adanya kekurangan pelayanan dari Panitia Mubes, terutama dalam pemberian fasiltas bagi peserta yang sudah jauh-jauh datang dengan biaya sendiri-sendiri lagi, Kata H. Husain Karim yang juga Ketua DPW KKSS Prov, Bangka Belitung.
Dengan pertemuan Saudagar Bugis Makassar yang setiap tahun dilaksanakan dinilai hanya begitu-begitu saja tidak ada perubahan , dan tidak adapun hasil yang dicapai sampai saat ini , ucap Husain yang didampingi Sekertaris KKSS Prov. Bangka Belitung kepada wartawan di Hotel Grand Makassar, Sabtu (26/9).

Semestinya menurut Husain ,apa yang diprogramkan Gubenur Sulsel saat presentasikan Keadaan pertumbuhan perekonomian Sulsel di arena Mubes KKSS tadi siang perlu didukung bagi setiap Anggota KKSS diluar daerah Sulsel dengan menabung minimal Rp 5 juta di Bank Sulsel sebagai investasi bagi pengusaha maupun saudagar yang sukses diperantauan, harapnya.

“ Saya yang pertama mengangkat tangan setelah mendengar ucapan Gubernur Sulsel, dan itu sangat membantu bagi perkembangan usaha kecil yang dibina oleh Bank Sulsel saat ini,berarti walaupun hanya sedikit jumlahnya uang itu tapi sudah membantu pembangunan di Sulawesi Selatan,dengan harapan buat saudagar- saudagar yang lain bisa juga mengikuti langkah kami dari KKSS Bangka Beltung, Jelasnya,


Selengkapnya...

Sosok H. Karim, Sukses Dirantau Jadi Gubernur Udang

Saudagar dari Gowa di Bangka Belitung

Laporan: A.A.Effendy- Makassar



Makassar, Kabar News-Usaha Tambak yang ditekuni sejak tahun 1998 merupakan usaha mandiri yang telah dirintis sejak pesiun dari perusahaan PT.Timah, telah memiliki areal seluas 181,6 hektar dan yang mampu dikelolah hanya seluas 100 Ha dengan hasil sekitar 250 ton setiap, kata Pria kelahiran Gowa ini.

Menurutnya dalam usaha tambak yang menjadi varitas unggul adalah udang vanamae dimana udang jenis vanamae yang tahan perubahan cuaca, keasaman air dan cepat besar, lebih disukai pengusaha tambak di Bangka.Belitung.

H. Husain Karim (67), pengusaha tambak udang di Pangkal Pinang Prov Bangka Belitung, Sabtu (26/9) di hotel Grand Wisata Makassar mengatakan, dalam waktu empat bulan, udang vanemae yang ketika ditebar berumur 12 hari sudah bisa dipanen, dengan berat 30 ekor perkg.

"Benur udang ketika dimasukkan kedalam tambak sedikit sekali yang mati, dibanding udang jenis lain seperti Windu. Kita lebih menyukai budidaya udang vanamae,, dimana udang ini tahan lama dan harga lebih tinggi" ujarnya.

Karim dalam merintis usaha tambaknya sejak tahun 1998 telah memiliki 60 kolam namun selama ini hanya mampu dikelolah hanya sebanyak 20 kolam saja karena terbatasan daya listrik yang tersedia saat ini di Pangkal pinang dan bahkan sudah pernah minta bantuan kepada Wapres RI, Jusuf kalla tapi belum ditanggapai sampai sekarang, paparnya.

Dalam mengembangbiakkan udang, ia tidak mengalami kesulitan memperoleh benur, pakan serta pemasaran. Yang sangat mengganggu aktivitas peternak udang adalah ketiadaan daya listrik.

Ia harus mengadakan genset sendiri dengan biaya lebih tinggi. Listrik diperlukan untuk keperluan menggerakkan kincir, penerangan dan alat prosesing.
"Tanpa kincir yang digerakkan listrik udang tidak akan hidup. Peran listrik sangat vital sekali dalam tambak udang," ujarnya.

Menggunakan genset mengakibatkan biaya menjadi mahal hingga tiga kali lipat dibanding listrik dari PLN. Akibatnya biaya produksi mahal dan berimbas pada minimnya keuntungan. Dan saat ini bahkan rela membayar listrik sebesar Rp 200 juta perbulan untuk keperluan usaha tambaknya.

Raih Penghargaan Pengusaha Tambak Terbaik

Kesukseskan yang dicapai dalam usaha tambak di Bangka Beltung sejak tahun 1998 ini, telah meraih prestasi yang luar biasa buat Pria yang low profil dan berhasil mendapat penghargaan sebagai Pengusaha tambak terbaik di Provinsi Bangka Belitung.
Dengan kesibukan sehari-hari dalam melaksanakan usaha tambak, namun tetap juga dipercayakan memimpin kerukunan keluarga dari 19 suku yang ada di Bangka Belitung sebagai Ketua Panguyuban .



Selengkapnya...

Indonesia Siap Sesuaikan Subsidi BBM


Jakarta,Kabar News - Pemerintah menyatakan siap untuk menyesuaikan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam negeri antara kemampuan implementasi serta kemampuan keuangan dengan kepentingan nasional.
Berdasarkan usulan penghapusan subsidi BBM dalam forum G20, Direktur Perencanaan Makro Bappenas Bambang Priambodo menyatakan hal tersebut merupakan kesepakatan besar hasil komitmen bersama yang implementasinya tetap disesuaikan dengan kondisi negara masing-masing.

"Mengenai subsidi BBM, kita kembali kepada intinya sebetulnya bagi kita akan kita sesuaikan dengan kepentingan nasional. Kita akan sesuaikan dengan kemampuan implementasi maupun kemampuan keuangan negara kita. Sehingga memang tidak sebesar negara-negara yang memang mempunyai atau mendapatkan pengaruh yang besar," ujar Bambang ketika dihubungi wartawan, Jumat (25/9/2009,seperti dikutif detikcom.

Bambang menambahkan, subsidi BBM seharusnya bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang kurang mampu dan disesuaikan dengan waktu politik. Tantangan bagi pemerintah adalah pencapaian subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu.
Bambang menambahkan, subsidi BBM seharusnya bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang kurang mampu dan disesuaikan dengan waktu politik. Tantangan bagi pemerintah adalah pencapaian subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu.

Untuk harga minyak dunia sekitar US$ 65 per barel atau di bawah US $ 70 per barel, Bambang menganggap harga tersebut masih dalam jangkauan dan masih wajar. Dengan kenaikan harga minyak yang rendah akan berdampak pada kenaikan harga tidak terlalu besar karena biaya transportasi tidak terlalu naik.

Jika ada penyesuaian harga minyak hingga di atas US$ 70 per barel dan subsidi BBM dikurangi maka perlu dilakukan realokasi kepada masyarakat yang kurang mampu sehingga tidak memengaruhi kemampuan ekonomi dan daya beli masyarakat.

"Kalaupun setelah melalui perhitungan yang matang, akan ada pertimbangan yang ada secara sosial, baik secara kemampuan ekonomi maupun kemampuan pertahanan, daya beli masyarakat tidak berpengaruh," jelas Bambang.(saputra)

Selengkapnya...

KKSS Jambi Hadir di Mubes Dengan Spririt Besar

JK Buka Mubes KKSS Hari Ini di Makassar

Sekum DPD KKSS Provinsi Jambi, H. Bahktiar, AS (Foto: Andi Ahmad)

Makassar, Kabar News-Mubes KKSS IX akan berlangsung hingga 28 September diperkirakan dihadiri sekitar 1.000 orang dari berbagai provinsi di Tanah Air. Ketua Panitia, Arifuddin, mengatakan, agenda Mubes KKSS IX akan mendengarkan laporan pertanggungjawaban Badan Pengurus Pusat (BPP) KKSS Periode 2004-2009.
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka acara Musyawarah Besar (Mubes) Kerukunan Keluarga Besar Sulawesi Selatan (KKSS) IX yang dirangkaikan dengan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XI di Celebes Convention Center (CCC), Makassar, Sabtu (26/9) hari ini.

Selanjutnya, akan dilakukan pemilihan Ketua Umum BPP KKSS yang baru periode 2009-2014 untuk menggantikan, Andi Hasanuddin Massaile, yang habis masa kepengurusannya..

Sejumlah nama disebut-sebut dalam bursa pengganti Hasanuddin. Mereka adalah M Aksa Mahmud (Wakil Ketua MPR RI), Andi Mattalatta (menhuk HAM), Djafar Hapsah (mantan dirjen tanaman pangan departemen pertanian/caleg terpilih DPR RI dari Partai Demokrat), Andi Djamaro Dulung (angota DPR RI/Pengurus PB NU), dan Abd Rifai (Wakil Ketua BPP KKSS).


Setiap tahun diadakan pertemuan Saudagar Bugis Makassar di Kota Makassar ini, bukannya merasa bosan untuk terus hadir, namun kehadirannya setiap tahun dipacu oleh semangat dengan jiwa Spririt yang besar, kata Sekertaris Umum DPD KKSS Provinsi Jambi, H. Bakhtiar As, kepada wartawan usai pembukaan Mubes KKSS di Celebes Convention Center (CCC), Makassar, Sabtu (26/9).

Menurut Bakhtiar walaupun dari tahun ketahun pertemuan ini hanya dinilai tidak menghasilkan peningkatan yang maksimal dan suatu rumusan untuk pembangunan Sulawesi selatan umumnya, dan ini jangan jadikan sebagai seremonial belaka, tapi pertemuan ini harus ada hasil azas mamfaat yang dapat diraih, terutama adanya dibangun jaringan bisnis sesama anggota KKSS seluruh nusantara ini, jelasnya.

" Sebagai contoh khusus dari pertemuan yang lalu-lalu adanya program yang telah disepakti seperti pendirian perusahaan penerbangan yakni Sulawesi Air, dan sampai kepertemuan PBSM IX tahun ini belum bisa sukses, " papar Kepala Sub Divre Bulog Kuala Tungkal Provinsi Jambi. ( Iwan/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Apa KPK Nanti Dikriminalisasikan ?



Jakarta,Kabar News- Tidak lama lagi, KPK akan mendapatkan 3 pimpinan sementara hasil pilihan Presiden SBY. Pimpinan sementara yang akan datang juga harus bersiap-siap bernasib seperti Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah.

"Siapa pun yang akan duduk di sana (KPK), nanti dikriminalisasikan juga, bisa repot," kata Kabiro Hukum KPK, Khaidir Ramli saat ditemui di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Kamis (24/9/2009).

Sebelumnya, Bibit dan Chandra dijadikan tersangka oleh polisi atas dugaan penyalahgunaan wewenang yang KPK miliki. Polisi menilai ada kesalahan dalam pencekalan yang dilakukan KPK kepada bos PT Masaro Radiokom, Anggoro Widjaya dan Joko S Tjandra.

Detikcom melansir. Kejadian ini mendapat reaksi keras dari berbagai pihak antikorupsi. Tindakan polisi dinilai sebagai upaya kriminalisasikan KPK.

Khaidir menduga, bukan tidak mungkin tindakan serupa juga akan terjadi kepada pejabat struktural KPK lainnya.

"Dengan pimpinan saja berani apalagi yang di bawahnya," tegasnya.(Saputra)

Selengkapnya...

2011, Sulbar Target Ekpsor Beras


Jakarta, Kabar News-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar menargetkan bisa mengekspor beras pada 2011. Untuk mewujudkannya, Pemprov Sulbar saat ini sedang melaksanakan program cetak sawah baru di Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju, seluas 10 ribu hektar.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh, dalam sebuah kesempatan di Jakarta menegaskan, proyek cetak sawah baru tersebut sedang dilaksanakan dan diharapkan rampung tahun depan. "Yang melaksanakan adalah swasta, namun diharapkan masyarakat lokal juga bisa menikmatinya. Minimal 50 persen dari areal cetak sawah baru itu juga ikut dinikmati masyarakat," jelas Anwar.

Ketua Golkar Sulbar ini juga menjelaskan, lahan cetak sawah baru tersebut perlu ditopang dengan bendungan permanen. Untuk itu, Pemprov Sulbar juga telah mencanangkan untuk membangun bendungan di Kecamatan Tommo."Ke depan Tommo diharapkan bisa menjadi lumbung beras baru di Sulbar.

Tentunya Tommo bisa membantu Kabupaten Polewali Mandar yang terlebih dahulu menjadi lumbung pangan di Sulbar," kata Anwar di hadapan sejumlah wartawan ibukota.Pada akhir tahun 2008, Sulbar yang hanya mengandalkan Bendungan Sekka-sekka di Kecamatan Mapilli Polewali Mandar mampu surplus beras sebanyak 80 ribu ton, seperti dilansir fajar.

"Dengan surplus ini, Sulbar sebenarnya bisa mengirimkan beras ke provinsi lain yang selama ini kekurangan, tapi belum bisa dilakukan karena Pelabuhan Belang-belang belum rampung 100 persen," jelas Anwar.Ia berharap ke depan, dengan berhasilnya program cetak sawah baru seluas 10 ribu hektar dan terbangunnya Bendungan Tommo, target mengekspor beras sebanyak 400 ribu ton per tahun bisa tercapai.

"Kami sangat optimis rencana ini terwujudkan karena pemerintah pusat melalui Deptan (Departemen Pertanian) sangat mendukung program revitalisasi pertanian di Sulbar. Untuk itu, mewakili masyarakat Sulbar, saya mengucapkan terimakasih atas bantuan dan bimbingannya," sebutnya.Ia menambahkan, di awal kepemimpinannya Sulbar berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga 4 persen.

Pertumbuhan ekonomi di Sulbar juga cukup tinggi. Anwar mengklaim pertumbuhan ekonomi Sulbar merupakan yang tertinggi di Sulawesi."Dari enam provinsi kamilah yang tertinggi. Ini membuktikan kalau pemekaran daerah telah membawa berkah tersendiri buat masyarakat Sulbar," kata Gubernur definitif pertama Sulbar itu.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

75 Anggota DRPD Sulsel Resmi Dilantik Hari Ini

Makassar, Kabar News-Sebanyak 75 anggota DPRD Sulsel periode 2009-2014 di Gedung DPRD Sulsel, Makassar, Rabu (23/9), resmi menjadi wakil rakyat dari perwakilan 16 Partai politik peserta Pemilu 2009 belum lama ini.


Pada Pelaksanaan pelantikan anggota dewan berlangsung aman yang dijaga aparat kepolisian dari Polwiltabes Makassar diluar gedung Sekertariat DPRD Sulsel.

Sekretaris DPRD Sulsel Abdul Kadir yang membacakan surat keputusan pelantikan anggota dewan tersebut, selanjutnya proses pelantikan anggota DPRD yang baru berlangsung hikmah yang dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Sulsel.

Pelantikan ini juga dihadiri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang, Kapolda Sulsebar Irjen Pol Adang Rochjana, Ketua Pengadilan Tinggi Sulsel, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, anggota KPU Pusat Andi Nurpati, Rektor Universitas Hasanuddin, dan beberapa pejabat lainnya. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Saat Memancing, Bocah Dapat Uang Rp.750 Jutta

Foto:Kabarimdonesia.com

Australia, Kabar News- Dua bocah kakak beradik ini berubah menjadi jutawan dalam waktu sekejap gara-gara memancing. Bukan ikan yang didapat, malah setumpuk uang yang dibungkus plastik senilai Rp 750 juta.

Awalnya, kedua bocah ini berencana memancing ikan hias di sebuah danau bernama Tuntable, yang terletak di pantai utara Australia. Tanpa diduga, ada uang 100.000 dolar Australia atau setara dengan Rp 750 juta yang tersembunyi di sela-sela rumput danau.

Namun, uang tersebut buru-buru dilaporkan pada pihak kepolisian.

"Kami hanya tidak ingin ada masalah," kata salah seorang bocah tersebut kepada Lismore Northern Star newspaper, seperti dikutip Ananova.com, Rabu (23/9/2009).

Pihak kepolisian langsung mengusut asal muasal uang tersebut. Termasuk jika ada hubungannya dengan pelaku tindak kriminal.

"Itu sedang kami selidiki, kami membuka segala kemungkinan yang berlaku," ujar Inspektur Moore.

Moore sampai saat ini masih menunggu pemilik uang yang sah. Jika tidak ada yang mengklaim, maka uang tersebut bisa dimiliki kedua kakak beradik tadi. Asyik!.(detik.com)

Selengkapnya...

Soal Perpu Plt Pimpinan KPK Resmi Jadi Lembaran Negara

Presiden SBY Sudah Tanda Tangan



Jakarta, Kabar News - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menandatangani Perpu Plt Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Payung hukum tersebut pun telah resmi menjadi Lembaran Negara.
"Itu sudah sah dan sudah jadi lembaran negara kan sudah diundangkan," kata Direktur Perundang-undangan Depkum HAM Suharyono saat berbincang dengan detikcom, Selasa (22/9/2009).

Suharyono mengatakan, Perpu tersebut LN 132 TLN 5051 19 9 2009. Judulnya berbunyi 'Telah diundangkan Perpu No 4 tentang Perubahan UU 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi'.seperti dikutif dari Detikcom.

Setelah diundangkannya Perpu Plt Pimpinan KPK tersebut, Presiden segera menunjuk langsung 3 nama yang akan menggantikan pimpinan KPK yang kini sedang tersandung persoalan hukum yaitu Antasari Azhar, Chandra M Hamzah, dan Bibit Samad Rianto.

"Kalau nama belum. Perpu hanya memberi kewenangan pada Presiden untuk menunjuk pimpinan sementara," kata Suharyono.Saputra)

Selengkapnya...

Abdullah : "Boleh Tidak Ya Mijat Presiden?"

Presiden SBY dan Ibu Ani menerima masyarakat saat open house di kediaman pribadnya di Puri Cikeas, Bogor, hari Senin (21/9) siang. (foto: abror/presidensby.info)
Cikeas, Kabar News-Boleh tidak ya mijat Presiden? Pertanyaan itu dilontarkan Abdulah, seorang tunanetra yang ikut dalam antrean untuk bersilaturahmi dengan Presiden Susilo Bamban Yudhoyono di Puri Cikeas Indah, Senin (21/9) siang. Abdullah datang ke acara open house dalam rangka Idul Fitri 1430 H ini bersama 20 rekan tunanetra yang tinggal di Bojongkulur, desa tetangga Cikeas.

"Saya ini kan tukang pijat, yang bisa saya berikan kepada presiden saya ya cuma mijat itu," kata Abdullah. Ia bersama 20 rekannya berangkat ke Cikeas menggunakan angkutan umum (angkot), pukul 08.00 WIB. Padahal jarak tempuh dari rumahnya ke Cikeas hanya sekitar 10 menit, dan ope house baru dibuka pukul 11.00 WIB. "Saya ingin dapat antrean depan, biar secepatnya bertemu Pak SBY," Abdullah, asli Wonosari, Yogyakarta, menjelaskan.seperti dikutif dari Situs Presiden RI.

Abdullah sudah dua kali Lebaran mengkuti open house di Cikeas. Ia merasa bangga meskipun sekadar bisa bersalaman saja dengan Presiden SBY. "Kapan lagi bisa bersalaman dengan seorang presiden kalau tidak pas Lebaran sepeti sekarang," ujarnya. Bisa bersalaman dengan presiden bagi Abdullah dan rekan-rekan sudah membuatnya bangga. "Apalagi Pak SBY itu kan pilihan rakyat," katanya.(Saputra)

Selengkapnya...

Pertamina Region VII Makassar Jamin Stock BBM Aman Menjelang Lebaran



Makassar, Kabar News - Untuk mengantisipasi melonjaknya kebutuhan Lebaran,PT Pertamina Pemasaran BBM Retail Region VII akan membuka beberapa titik SPBU selama 24 jam sebanyak 11 SPBU yang meliputi wilayah kota Makassar (Rayon I) , dan 9 SPBU diwilayah Sinjai, Bone, Maros, Pangkep, Takalar.

PT Pertamina Pemasaran BBM Retail Region VII menjamin stok premium aman jelang dan saat Idul Fitri 1430 H. Jumlah stok premium untuk kebutuhan Lebaran saat ini sebesar 12.197 KL.

Rata-rata penyaluran harian (DOT) sebesar 2.695 KL sehingga ketahanan stok bisa hingga 12 hari. Next suplai pada 19 September 2009 dengan muatan 25.200 KL.
Demikian pemaparan General Manager Pemasaran BBM Retail Region VII Ferdi Novianto, di Makassar, Kamis (17/9).
Guna memperlancar penyaluran BBM PT Pertamina BBM Retail Region VII menyiagakan sebanyak 146 SPBU dengan jumlah SPBU Past Pas 41 SPBU. Di Makassar sendiri berjumlah sebanyak 35 SPBU dengan jumlah SPBU Pasti Pas sebanyak 17 SPBU.

Manager Gasdom Reg. V PT Pertamina R Zulfikar Hamid menjelaskan bahwa adanya penambahan alokasi permintaan Elpiji sebesar 15 persen untuk kebutuhan LPG NPSO telah dilakukan 10 hari sebelum Ramadan sampai akhir September 2009.

"Secara umum untuk kebutuhan sampai dua minggu mendatang atau akhir September stok akan terpenuhi. Jumlah stok Elpiji saat ini adalah 2.425 MT dengan rincian 725 MT (di darat) plus 170 MT (floating), stok ini mampu untuk memenuhi kebutuhan sampai delapan hari kedepan,"jelas Zulfikar.

Rencana kedatangan kapal untuk tambahan ketahanan stok, lanjut Zulfikar, diperkirakan akan tiba pada 22 September dengan kapasitas 1700 MT. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Peluang Mfundo, Terbuka Kembali

Suporter Desak Manajer PSM Segera Rekrut


Makassar,Kabar News-Akhirnya kualitas permainan Mfundo Mathonsi mendapat perhatian seluruh suporter, saat PSM melakukan Latihan di Lapangan Karebosi, Rabu 16 September. Meski sebelumnya pemain asal Afrika Selatan ini sudah mendapat sinyal merah untuk ditolak manajemen, namun keinginan yang kuat dan tetap bertahan dimakassar akhirnya membuka peluang untuk direkrut.


Pemain yang berusia 27 Tahun ini beberapa kali mendapat aplaus tepuk tangan penonton yang memadati Lapangan Karebosi, saat Mfundo memperlihatkan kemampuannya dalam menggalang Bola di lini tengah yang sebelumnya diarsiteki Syamsul Chaeruddin dan Asri Akbar. Hingga babak kedua, suporter tetap terpikat oleh kemampuan permainan Mfundo.

Hal yang sama dikemukakan Manajer PSM, Kadir Halid, “Permainan Mfundo berbeda dari biasanya. Bahkan ratusan suporter yang menyaksikan Mfundo, sangat menyukai karakter permainannya. Secara keseluruhan Kualitasnya mampu memikat hati suporter yang ada sore ini, dan hal ini membuka peluang Mfundo untuk kita Kontrak, Ujarnya”.

Dalam perantauannya di Makassar bersama Agency, Oum Luc Junior, Mfundo yang pernah di Liga Turki, hanya berbandrol sekira Rp 450 juta. Ini merupakan penawaran yang relatif murah dibandingkan dengan pemain asing lainnya yang juga sebelumnya disenangi pelatih PSM Hanafing yakni Pronetto yang kabarnya berbadrol lebih mahal yakni Rp. 850 juta.

Hanafing sendiri lebih cendrung mendatangkan Pronetto, namun hal ini masih akan dibahas lebih lanjut. Hanafing mengakui Mfundo bisa menjadi alternatif untuk bergabung memperkuat lini tengah.Sehingga demikian Hanafing tinggal mencari 2 pemain asing lainnya untuk memenuhi kouta pemain asing Non Asia yang ditetapkan BLI.


Sementara untuk mencukupi 2 Kouta pemain Asing Asia, Manajer PSM, Kadir Halik juga sedang membidik Striker Timnas berusia 25 Tahun, asal Oman yakni Hasan Rabia Al Husni yang akan mengisi posisi Osvaldo di lini depan.(Arya Perdana)



Selengkapnya...

BPK Segera Panggil Sri Mulyani dan Boediono



Jakarta,Kabar News-Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dalam waktu dekat ini akan segera memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Boediono terkait audit investigasi Bank Century yang dilakukan BPK. Dua nama yang mencuat dalam audit investigasi BPK tersebut rencananya akan segera dipanggil untuk dilakukan investigasi.


Ketua BPK, Anwar Nasution mengatakan, sejauh ini pihaknya mengalami kendala melakukan investigasi terhadap pejabat terkait untuk dilakukan pemeriksaan.
“"kita butuh wawancara kepada mereka-mereka yang bersangkutan. Sama dengan kalian (para wartawan-red), kami juga harus melakukan wawancara terhadap objek pemeriksaan," kata Anwar Nasution.

Anwar optimistis hasil audit itu bisa tuntas setelah lebaran. BPK akan menyampaikan laporan interim paling lambat tanggal 30 September 2009 sementara itu laporan akhir disampaikan paling lambat tanggal 19 Oktober 2009.

Saat ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas permintaan KPK, sedang menjalankan audit investigasi terhadap dana bail out sebesar Rp 6,7 triliun ke Bank Century

Sementara ditempat terpisah, Menteri Keuangan Sri Mulyani merespon positif keinginan BPK untuk memanggil dirinya.
“Pokoknya, saya siap dipanggil kapan saja oleh BPK. Menurut saya, audit investigasi terhadap Bank Century harus dilakukan secepatnya agar tidak menimbulkan fitnah," kata Sri Mulyani yang dicegat beberapa wartawan usai menghadiri sidang paripurna di DPR-RI, Rabu, 16 September.

Sebelumnya, Menkeu sekaligus Pelaksana Jabatan Menko Perekonomian, Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemberian dana talangan kepada Bank Century sudah melalui proses yang benar. Dana berjumlah Rp 6,7 miliar yang dialokasikan untuk Bank Century bukanlah langkah untuk menyelamatkan deposan kakap.

Sri Mulyani juga mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tidak pernah mengintervensi dalam pemberian dana tersebut. Hubungan Presiden dengan Bank Century hanya terjadi jika Menkeu melaporkan perkembangan dana talangan tersebut.(Arya Perdana)



Selengkapnya...

RUU Rahasia Negara Dampak Buruk Demokrasi


Jakarta, Kabar News-Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Djafar Badjeber, baru-baru ini, mengatakan, Rancangan Undang-Undang Rahasia Negara yang merupakan usul inisiatif pemerintah harus ditolak. RUU ini bisa mendorong Indonesia kembali menjadi negara otoriter atau Orde Baru jilid kedua yang berdampak buruk bagi Demokrasi Indonesia. ”Bila dipaksakan oleh DPR yang sekarang, saya khawatir undang-undang tersebut akan menabrak kebebasan pers, mengkhianati reformasi dan demokrasi,” ujarnya.


Menurut Djafar, sesungguhnya iklim kebebasan baru dinikmati bangsa Indonesia dalam sepuluh tahun belakangan ini. Dengan adanya RUU Rahasia Negara itu, kebebasan tersebut akan kembali dikekang seperti pada era Orde Baru. Akan ada lagi kontrol pemerintah terhadap pers, lembaga telepon, penahanan terhadap insan pers, sampai kepada pemberedelan. ”Awas Orba jilid kedua atau rezim otoriter,” katanya.

Selanjutnya rumusan RUU itu diserahkan ke tim perumus dan sinkronisasi, yang tidak lagi akan membahas persoalan prinsipiil melainkan sekadar redaksional. Selama ini kalangan masyarakat sipil menilai RUU yang diajukan dan dibahas sekarang diyakini masih banyak mengandung potensi persoalan yang sangat besar, mulai dari definisi, ruang lingkup, pengelolaan, pengawasan, apalagi sanksi yang dinilai masih sangat represif, terutama terhadap pers dan masyarakat.(Arya Perdana)



Selengkapnya...

Akhirnya Noordin M Top Tewas


Solo, Kabar News-Tim Detasemen 88 Anti Teror berhasil menembak sekelompok teroris yang berada di Kampung Kepuh Sari RT3/RW 11, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo. di dalam rumah di solo, dalam aksi penggerebekan tersebut diwarnai aksi baku tembak yang akhirnya berhasil melumpuhkan Noordin M Top dan tiga rekannya yang disebut-sebut Adib Susilo, Urwah, dan Aryo Sudarso.

Sebelum melakukan aksi baku tembak, tim Densus 88 telah beberapa kali menyerukan agar para teroris yang berada di dalam rumah menyerah. namun Seruan polisi ini mendapat reaksi tembakan dari dalam rumah. Sehingga Polisi pun mengambil tindakan yang tegas.

Kepolisian Republik Indonesia memastikan gembong terorisme Noordin M Top tewas dalam penggerebekan. "100 persen sidik jari Noordin M Top sesuai (korban tewas di Solo)," kata Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri di Mabes Polri.


Selain itu, kesamaan tersebut terlihat dari 14 titik kesamaan fisik yang dimiliki gembong teroris paling wahid di Indonesia. "Hasil tersebut juga sesuai dengan auntem morten dan sidik jari yang dikirim Polisi Diraja Malaysia," tuturnya.

Sementara itu, Presiden SBY mengucapkan selamat kepada Kapolri atas prestasinya dalam menangkap gembong teroris nomor 1 di Indonesia yang berhasil menewaskan Noordin M Top dalam penggerebekan di Solo, Jawa Tengah. (Arya Perdana)


Selengkapnya...

Pertamina Siapkan Tujuh SPBU Siaga 24 Jam


Balikpapan, Kabar News-Menjelang hari raya Idul Fitri 1430 hijriah PT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran (UPMs) VI wilayah Kalimantan menyiapkan tujuh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang siaga selama 24 jam.
"SPBU siaga tersebut terdapat empat titik di Balikpapan dan tiga titik di Samarinda," kata Kepala Bagian Hubungan Pemerintah dan Masyarakat (Kabag Hupmas) PT Pertamina (Persero) UPMs VI wilayah Kalimantan Bambang Irianto di Balikpapan, Rabu (16/9).

Empat titik SPBU 24 jam yang terdapat di Balikpapan ada di Karang Anyar, Sepinggan, Kilometer 4,5 dan Kilometer 9, sementara di Samarinda terletak di Jalan Kusuma Bangsa, Slamet Riyadi dan Kilometer 32.

"SPBU 24 jam tersebut mulai dilaksanakan pada 17 hingga 27 September 2007," katanya. SPBU 24 jam tersebut disiagakan, guna melayani kebutuhan masyararakat akan bahan bakar minyak (BBM) baik premium maupun solar menjelang dan sesudah lebaran, kata Bambang, menjelaskan.

"Selain itu kita juga menambah dua puluh persen pasokan BBM dan elpiji per hari menjelang hari raya Idul Fitri 1430 hijriah," katanya. "Penambahan pasokan tersebut guna mengantisipasi banyak penggunaan BBM dan elpiji menjelang hari raya." Kebutuhan premium untuk Balikpapan sebanyak 270 kilo liter (KL)/hari, solar 110 KL/hari, ditambah hingga dua puluh persen, sementara kenaikan solar dan premium diantisipasi meningkat sepuluh persen dari biasanya, katanya.

Demikian juga dengan elpiji ukuran 3 kg, semenjak konversi minyak tanah ke elpiji di Balikpapan pada bulan Juni 2009, kebutuhan biasanya 5.000 tabung/hari dinaikan menjadi 6.000 tabung/hari. Sementara itu untuk kebutuhan elpiji pada tabung ukuran 12 kg, untuk Balikpapan sebanyak 7.000 - 8.000 unit tabung/hari ditingkatkan menjadi 9.000 unit tabung/hari.

"Selain itu kita membentuk tim satgas yang mulai bertugas pada H-10 hingga H+10," kata Bambang. Tim satgas tersebut terdiri dari semua lini dan fungsi bisnis, distribusi, retail serta pihak pengamanan di internal Pertamina, katanya.

"Tugas utama dari satgas ini melakukan monitoring terhadap distribusi BBM maupun elpiji, serta mengambil langkah cepat bila ada permasalahan di masyarakat," kata Bambang, menjelaskan.

Dengan demikian persediaan BBM dan elpiji untuk Balikpapan menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini aman, katanya. "Hal ini terlihat dengan adanya trend, dimana sejak awal tahun hingga sekarang masyarakat tidak mengalami kesulitan memperoleh BBM maupun elpiji," kata Bambang. (MI/Darwis)


Selengkapnya...

Peduli Warga, Jamsostek Buka Posko Mudik Gratis



Lubuk Pakam,Kabar News-Sebagai bentuk kepedulian kepada para pemudik dalam memeroleh pelayanan atau konsultasi kesehatan gratis, PT Jamsostek (Persero) Wilayah I membangun posko mudik di beberapa tempat strategis. Di antara empat posko mudik di kantor wilayah I yang berada di 3 provinsi itu seperti di Terminal Bus Lubuk Pakam, Stasiun Bengkel Serdang Bedagai, Pelabuhan Belawan dan di Bukittinggi .
Kepala Urusan Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Jamsostek (Persero) Pusat Avif Yasin yang datang meninjau posko mudik di Lubuk Pakam, Kamis (17/9) menegaskan Posko Pelayanan Arus Mudik 2009 tersebut dibangun di tempat-tempat yang biasanya memang selalu menjadi tempat pemberangkatan atau persinggahan para pemudik.

Menurut pria yang akrab disapa Pak Boy ini mengatakan , diseluruh Indonesia dibangun sebanyak 27 posko. “ Ini adalah bentuk kepedulian PT Jamsostek kepada masyarakat baik peserta Jamsostek maupun masyarakat umum yang berkaitan dengan Kemitraan dan Bina Lingkungan,” katanya.

Kepala PT Jamsostek (Persero) Cabang Tanjung Morawa Thamrin Saleh SE yang didampingi Humas Jamsostek Sanco Manullang, Yasir dan Iswandy Simanjuntak mengatakan Posko Mudik tersebut akan dibuka sesuai rutinitas arus mudik, yakni mulai kamis, 17/9. Pelayanan dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 20.00. Pelayanan mudik diberikan mencakup konsultasi dan pelayanan kesehatan, seperti pemeriksaan kesehatan oleh dokter, pemberian obat-obatan dan vitamin, pelayanan emergency, pelayanan P3K, pelayanan rujukan bila diperlukan oleh para pemudik dan layanan-layanan lainnya.

Dikatakan Thamrin, kegiatan ini diperuntukkan untuk membantu para pemudik, bila dalam perjalanan kekampung halamannya mengalami sakit atau perlu istirahat memulihkan stamina. Juga merupakan salah satu kepedulian Jamsostek untuk para pekerja dan masyarakat umum. “Kita akan layani baik itu supir umum, peserta jamsostek, masyarakat luas baik antar kota dan antar provinsi semuanya kita layani, silahkan mampir di posko mudik kita,” tandas dia seraya menyebut, ditempat itu juga disediakan menu buka puasa gratis.

Pelaksana kesehatan di posko di Terminal Lubuk Pakam bekerja sama dengan Klinik Hamidah, sementara di Bengkel Serdang Bedagai dengan RS Trianda, dimana kedua nya merupakan PPK Jamsostek Tanjung Morawa.

Kepala Terminal Lubuk Pakam Abdul Z Hutasuhut mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih atas kepedulian jamsostek membuka posko mudik.”Ini merupakan langkah yang sangat baik, dan sangat membantu para supir dan para pemudik melepas lelah,” katanya seraya mengatakan biasanya H-3 sudah mulai kelihatan tanda tanda lonjakan pemudik. Menurut dia, tim Operasi Ketupat Toba 2009 terdiri dari Departemen Perhubungan, Polres, Kodim, Satpol PP, Medis, dan lainnya.

Seorang agen bus RAPI bermarga Sinaga yang ditemui usai diperiksa kesehatannya di lokasi posko mudik mengatakan dirinya merasa senang mendapatkan perobatan dan check kesehatan gratis yang disponsori Jamsostek. Sementara Dokter jaga dari Klinik Hamidah Dr. Rifal Ferrika mengatakan posko yang dibuka pada hari kamis itu, telah dikunjungi beberapa orang.” Kita sudah didatangi enam orang untuk diperiksa kesehatannya, padahal baru 3 jam di buka. Mereka umumnya mengeluhkan masalah di pernafasan ,” tandas dokter jaga yang diddampingi beberapa perawat dan dilokasi tampak berjaga jaga ambulance yang siap untuk melayani pemudik.(Sanco Manullang/Saputra)

Selengkapnya...

Pemprov Sulsel Terapkan Layanan Samsat Secara Online

Tahun ini 5 Kabupaten/Kota Sudah Terapkan dan Siap Genjot PAD Sulsel.

Laporan: Andi Ahmad-Makassar.

Kadispenda Sulsel, Arifuddin Dahlan (foto; Andi Ahmad)

Makassar, Kabar News- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai menerapkan sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) secara "On line" guna mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Samsat online adalah layanan Pengesahan STNK, Pembayaran PKB dan SWDKLLJ pada Kantor Bersama SAMSAT dengan menggunakan sistem jaringan interkoneksi dan memungkinkan Wajib Pajak melakukan transaksi tanpa terikat pada domisilinya.

"Mulai tahun ini masyarakat sudah dapat membayar pajak kendaraan bermotor di mana saja, karena kita sudah menggunakan Samsat `On line`," kata kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda)Sulsel, Arifuddin Dahlan, Rabu (16/09)di Makassar.

Sistem tersebut mulai tahun ini dikembangkan di lima kabupaten/kota Makassar, Gowa Bone, Parepare, dan Palopo.

Sedangkan, untuk kabupaten lainnya diseluruh wilayah Provinsi Sulsel akan diterapkan pada 2010 mendatang, sekaligus mengimplementasikan sistem baru tersebut, katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya menerapkan Samsat "On line" tersebut, selain untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), juga untuk mempermudah sistem pendataan dan pembayaran pajak kendaraan bermotor lebih gampang di seluruh wilayah provinsi ini.

Samsat online yang diterapkan tersebut juga, kata Arifuddin, akan mempercepat masuknya dana ke kas daerah, sehingga adanya peningkatan pendapatan daerah dengan menggugah kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, karena pelayanan semakin baik.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah menjalin kerja sama dengan Mall yang ada dikota Makassar ini untuk membuka pelayanan Samsat ditempat itu.

"Kita harapkan setiap kantor Samsat tidak lagi mempersulit setiap wajib pajak yang ingin membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)setiap tahunnya," katanya.

Selama ini, kata Arifuddin setelah diperlakukan sistem Samsat Online ini memang terjadi penurunan pemasukan dari wajib pajak, namum setelah beberapa hari ini sudah mulai normal dan bahkan sudah mencapai angka 2000 jenis kendaraan yang masuk, dan hal itu memang sesuatu program yang baru dimana-mana akan menemui kendala-kendala pada pelaksanaan awalnya, jelas Kadispenda Sulsel didampingi Kasubdis Pendataan dan penetapan, Abd Malik Ibrahim kepada wartawan diruang rapat Dispenda Sulsel.


Selengkapnya...

ICW Desak KPK Periksa Petinggi Polri



Jakarta, Kabar News- Komisi Pemberantasan Korupsi harus berani membongkar skandal Bank Century yang diduga melibatkan oknum petinggi Polri. Jangan kendor, meskipun Mabes Polri juga sementara menangani dugaan suap yang dituduhkan kepada pimpinan dan staf KPK. Apalagi kasus yang dikembangkan Mabes Polri berdasarkan testimoni Ketua KPK non aktif, Antasari Azhar, tersebut kurang memiliki bukti akurat.

"Untuk itu, kami minta KPK agar segera melakukan pemeriksaan terhadap oknum petinggi Polri yang diduga terlibat dalam skandal Century," tegas Peneliti Hukum Indonesian Coruption Watch, Febri Diansyah,di Jakarta kemarin, seperti dikutif dari fajar online.

Dia mengatakan, kasus Century merupakan tantangan bagi KPK, karena tak hanya melibatkan petinggi Polri, tapi juga melibatkan petinggi negara lain. Skandal Century kata dia, jangan dibiarkan lolos begitu saja. Tapi harus dituntaskan secara hukum.

Penyelesaian terhadap sebuah kasus, tak bisa dilakukan dengan cara klarifikasi di media masa, mengingat negara ini memiliki lembaga hukum. Penanganan yang dilakukan juga berdasarkan mekanisme baku yang telah diatur dalam produk regulasi berupa peraturan perundang-undangan.

"Makanya KPK harus tegas untuk mengungkap kasus ini. Jangan pandang bulu, karena hukum itu tak pandang bulu, kebenaran pun tak pernah berpihak," tandas Diansyah.

Kewenangan KPK untuk mengungkap berbagai kasus tanpa pandang bulu, jelas diatur dalam UU KPK. Sehingga meskipun kasus yang diduga melibatkan petinggi Polri sekalipun, harus diusut dengan menggunakan mekanisme yang ada.

"KPK itu berhak untuk mengusut kasus yang terindikasi dilakukan oleh lembaga apapun di Indonesia. KPK mempunyai tugas dan wewenang memonitor penyelenggara pemerintahan," jelasnya.(Saputra)

Selengkapnya...

Bulog Sulselbar Punya Stock Beras 183 Ribu Ton Menjelang Lebaran

Kepala Divre Bulog Sulsel Agus Herman Mahmud didampingi Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Divre Bulog Sulselbar, Umar Said pada Jumpa Pers di Kantor Bulog Sulsel.(Foto: A.A. Effendy)

Makassar, Kabar News- Masyarakat Sulsel sekarang tidak perlu resah dan panik dalam permasalahan stock beras yang dimiliki Bulog Sulselbar sampai 18 bulan kedepan. Saat ini Sulsel memasuki musim panen sehingga jaminan stok cukup banyak dengan rata-rata pengadaan beras mencapai 4.000 sampai 5.000 ton perhari demikian dikatakan Kepala Divisi Regional (Divre) Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulselbar, Agus Herman Mahmud, Senin, 14 September , di Makassar

Menurut Agus Herman bahwa Bulog Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) hingga Senin, 14 September, masih memiliki stok sebanyak 183 ribu ton. Stok tersebut mampu memenuhi kebutuhan beras masyarakat Sulsel dan Sulbar 18 bulan ke depan,katanya.

"Dengan kondisi panen yang tergolong berhasil, hingga akhir 2009 ini pihaknya yakin mampu menyerap sampai 600 ribu ton. Semester I 2009, Divre Bulog Sulselbar berhasil menyerap beras sekira 312 ribu ton", jelas Agus Herman didampingi Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Divre Bulog Sulselbar, Umar Said pada Jumpa Pers di Kantor Bulog Sulsel.

Lain halnya menurut mantan Kadivre Bulog Papua dimana distribusi beras untuk keluarga miskin (raskin) sudah mencapai 80 ribu ton sejak Januari hingga Agustus. Itu berarti sudah 70 persen dari plafond raskin sebesar 120 ribu ton. Agus mengaku, beras Sulsel selama ini banyak disuplai ke ekspor beras, namun sesuai ketentuan Perum Bulog, Divre Sulselbar harus fokus pada wilayah Ambon, Papua, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan, Palembang dan DKI Jakarta. (A.A.Effendy)
Selengkapnya...

Dephub Pastikan Sarana Angkutan Pemudik Sudah Siap

Terkait Jumlah Pemudik Mencapai 27,5 Juta Orang

Foto: Matanews

Jakarta, Kabar News -Jumlah pemudik untuk tahun 2009 diprediksi mencapai 27,5 juta orang. Departemen Perhubungan (Dephub) memastikan sarana angkutan umum telah siap mengangkut seluruh pemudik.

"Prediksi pemudik 27,5 juta. 16,5 Juta menggunakan angkutan umum, sedangkan 11 juta menggunakan mobil pribadi dan motor," kata Menhub Jusman Syafii Djamal dalam jumpa pers di Kantor Dephub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (11/9/2009).

usman mengatakan, jadwal operasi mudik dimulai H-7 hingga H+7 lebaran. Dari jumlah itu, angkutan yang disediakan bisa menampung 36,4 juta.

"Jadi sarana melebihi permintaan," kata Jusman.

Menurut Jusman, berbagai armada telah dibenahi sehingga lebih siap mengangkut penumpang. Selain itu TNI juga telah menyediakan kapal untuk angkutan Lebaran. Ditambah penjagaan oleh polisi, Jusman percaya lalu lintas mudik bakal lancar.

"Kemungkinan kemacetan diharapkan bisa dikurangi. Demikian juga Dephub telah melaksanakan tugas-tugasnya," kata Jusman, seperti dikutif dari detik.com.

Untuk lebih melancarkan arus mudik, Pemda setempat juga melakukan antisipasi terhadap adanya pasar tumpah. Depdagri telah menginstruksikan dilakukannya koordinasi dengan membentuk tim.

Kendaraan berat yang rawan menimbulkan kemacetan dilarang beroperasi selama H-4 hingga H+1 lebaran kecuali yang mengangkut pasokan bahan kebutuhan pokok. Sedangkan, pemudik yang menggunakan sepeda motor akan dikawal polisi.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, pembenahan jalan akan dilakukan hingga H-7 lebaran. Setelah itu semua pengerjaan perbaikan akan dihentikan.

"Memang tidak semua pekerjaan selesai sebelum lebaran," kata Djoko.(Saputra)

Selengkapnya...

Kapolda Sulselbar Yang Baru Prioritaskan Polisi Humanis

Laporan: Zulkifli/ Abd Rauf Sibali

Kapolda Baru Irjen Pol. Adang Rochjana bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol. Mathius Salempang pada Sertijab di Mapolda Sulselbar Makassar (foto: KBN/Zulkifli)

Makassar, Kabar News-Kapolda sulsel yang baru diserahterimakan di Mapolda Sulselbar, Jum’at (11/9), berjanji akan terus melanjutkan program kapolda sebelumnya. Bahkan ia mengakui, akan memprioritaskan anggapan masyarakat polisi yang humanis dan terus menerapkan program Kapolri tentang Quickwins. .

“Saya akan melakukan penyesuaian untuk menciptakan polisi humanis seperti yang diinginkan masyarakat kita. Dan kami akan tetap mengharapkan bantuan masyarakat serta akan mencari bentuk polisi yang humanis sebenarnya,” papar kapolda Sulselbar Irjen Pol. Adang Rochjana, saat usai sertijab.

Jika ada kasus yang elum terselesaikan pasca kepemimpinan Irjen Pol. Drs. Mathius salempang, diakuinya akan diinpentarisir. Ia-pun akan meminta masukan dari masyarakat, sehingga mencoba mencari solusi baru dari akar permasalahan dan mempercepat penyelesaian kasus itu.

“Yang utama kami meminta bantuan dan dukungan masyarakat dengan memberi informasi-informasi yang bermanfaat. Karena bahan penyelesaian masalah itu, tanpa didukung data dari masyarakat, hanya akan menghasilka presepsi saja,” tambah kapolda Sulselbar.

Nah, untuk langkah pertama jenderal bintang dua ini akan memperbaiki aturan internal dan melanjutkan program kapolda lama serta melaksanakan program Quickwin.
Selengkapnya...

Kapolri-DPR Bahas Penambahan Anggaran Pemberantasan Terorisme



Jakarta,Kabar News- Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dijadwalkan akan menggelar rapat kerja dengan Komisi III DPR. Raker rencananya akan membahas penambahan anggaran Polri dalam RAPBN 2010 untuk pemberantasan terorisme.

"Akan dibahas anggaran untuk Polri. Ada kaitannya dengan pemberantasan terorisme," kata Ketua FPPP Lukman Hakim Syaifuddin di Gedung DPR, Senayan, Kamis (3/9/2009),seperti dikutif dari Detikcom.

Perkembangan penanganan kasus terorisme juga akan dilaporkan BHD dalam pertemuan tersebut. Tentu saja isu-isu aktual terkait perkembangan penanggulangan terorisme akan ikut memanaskan raker tersebut.

Dalam pertemuan itu, BHD akan didampingi Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Nanan Soekarna, Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji, dan sejumlah jajaran kepolisian.(Saputra)

Selengkapnya...

Seluruh Pelayan Full Timer HKBP Distrik I Tapsel Masuk Jamsostek

Praeses HKBP Distrik I Tapsel-Sumbar Pdt. Marolop Sinaga, MTh (5 dari kanan) diabadikan dengan peserta sosialisasi program jamsostek di Gereja HKBP Sipangimbar, Kecamatan Sipangimbar, Tapanuli Selatan, Senin (31/8). Tampak dalam gambar depan Mewakili Kakanwil Jamsostek Ramdoni ( 4 kiri), Kabid Pemasaran Cabang Sibolga Aang Supomo (3 kiri), Humas Sanco Simanullang ST MT (4 kanan) dan para Pendeta, Guru Huria, Sintua di Distrik I Tapsel.

Sipirok,Kabar News-Praeses HKBP Distrik I Tapsel-Sumbar Pdt. Marolop Sinaga, MTh mengatakan, seluruh pelayanan yang bekerja penuh (full timer) di HKBP Distrik I Tapanuli Selatan-Sumbar akan didaftar ke PT Jamsostek (Persero)cabang Sibolga. “Kita rencanakan tanggal 30 september 2009, seluruh partohonan fulltimer akan didaftar menjadi peserta jamsostek,” kata Praeses yang memimpin sekitar 119 Gereja di Wilayah Tapanuli Selatan dan Sumatera Barat itu pada penutupan sosialisasi program jamsostek di Gereja HKBP Sipangimbar, Kecamatan Sipangimbar, Tapanuli Selatan, Senin (31/8).

Sosialisasi program jamsostek kepada para pendeta dan sintua tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya, yang telah digagas GAMKI Sumut yang mempertemukan Kakanwil PT Jamsostek (Persero) Dr. H. Mas’ud Muhammad MM dengan Kepala Departemen Diakonia HKBP Pdt. Nelson Siregar, di Asrama Bibelvrouw HKBP di Laguboti Balige Kabupaten Toba Samosir Sumatera Utara, Kamis(11/6) lalu.

Sosialisasi tersebut merupakan rangkaian keseriusan HKBP secara keseluruhan untuk melindungi para pendeta dan sintua menjadi peserta jamsostek, setelah sebelumnya sudah dilakukan pertemuan di Panti Asuhan Elim HKBP Siantar, Tebing Tinggi, Distrik Binjai Langkat, dan lainnya.

Dikesempatan itu, Praeses Pdt. Marolop Sinaga, MTh mengatakan HKBP Distrik I Tapsel – Sumbar akan didaftar secara bertahap. “Untuk tahap pertama kita akan daftarkan sebanyak 42 orang pada 30 Sep 2009. Selanjutnya tahap kedua akan didaftar para sintua dan pada tahap ketiga adalah jemaat. Kita akan hubungi Jamsostek Sibolga segera,” katanya optmis.

Kegiatan yang diawali dengan kebaktian itu terlebih dahulu membahas kegiatan internal Distrik yang di lanjutkan dengan sosialisasi program jamsostek. Praeses HKBP Distrik I Tapanuli Selatan mengucapkan terimakasih atas kesediaan Jamsostek melaksanakan sosialisasi program jamsostek di wilayahnya.”Kami pasti menghubungi Bapak-bapak,untuk merealisasikan rencana ini, mohon maaf bila ada keterbatasan kami baik dari penerimaan dan waktu. Kami berharap kerjasama ini akan berkelanjutan,” tukas Praeses.

Ketua GAMKI SUMUT Ir Ronald Naibaho MSi mengatakan, GAMKI Sumut tetap komit untuk mendukung Program Jamsostek bagi para pelayan HKBP. Hal itu dikatakannya melalui Wakil Ketua GAMKI Tapsel Sarliman Manurung SH yang sengaja hadir pada pertemuan itu . Dia menegaskan kembali keseriusan GAMKI dalam mendukung program perlindungan bagi pekerja keagamaan. “ Kita siap dipanggil dan dimintai bantuan baik oleh PT Jamsostek maupun Gereja, agar seluruh pekerja keagamaan, pelayan baik Pendeta, Sintua, bahkan warga HKBP, sehingga dapat terlindungi Jamsostek,” katanya.

Menurut dia, GAMKI sendiri sebagai anak kandung gereja sudah terlindungi program jamsostek. Ia menghimbau agar pimpinan gereja turut memikirkan jaminan sosial para pendeta dan sintua. “Kanwil I PT Jamsostek (Persero) dan DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumut sudah menandatangani nota kesepahaman jaminan Keselamatan Kerja dan Jaminan Kematian untuk pekerja Gereja dan sekaligus terdaftar menjadi peserta, pada hari Selasa (7/4) di Kantor Kanwil I Jamsostek Jalan Pattimura Medan,” katanya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) yang diwakili Ramdhoni menjelaskan, Kanwil I meliputi wilayah kerja 14 kantor cabang yang tersebar di tiga provinsi, yakni Sumatera Utara, NAD dan Sumatera Barat. "Di Sumut, salah satu cabangnya adalah Kacab Sibolga," katanya. Menurut dia, Kepesertaan Jamsostek bagi pelayan HKBP di Distrik I Tapsel-Sumbar dapat didaftarkan di Kacab Sibolga bagi yang di Tapsel dan di Cabang Sumbar, Bukittinggi dan Solok bagi yang di Sumatera Barat.

Kakanwil dalam sambutannya mengakui, jaminan sosial pertama dipelopori tokoh-tokoh Kristen. "Jaminan Sosial pertama kali di Jerman, yang dipelopori Otto van Bismarck yang kemudian diteruskan pemerintah setempat. Maka dengan itu Jamsostek kembali kepada filosofi, yakni merangkul gereja, termasuk HKBP ," kata Ramdhoni mengutip sambutan Kakanwil I Dr. Mas’ud Muhammad MM.

Dijelaskannya, pekerja keagamaan juga tidak terkecuali, tidak lepas dari resiko yang kapan saja bisa muncul. Namun, bila mereka sakit, cacat, meninggal atau sudah tidak mampu bekerja, dibutuhkan lembaga yang bisa menjamin kehidupan pekerja. "Kalau bisa dibilang, Jamostek dan gereja mengemban misi yang sama, yakni Mision Sacre, misi suci," sambutnya.

Pada kesempatan tersebut hadir dari HKBP Distrik I Tapsel para Pendeta, Guru Jemaat, Sintua diantarannya, Pdt Pdt Batubara (Sidempuan Kota), Pdt. M Hutabarat (Simangambat), Pdt. Elvys Simanjuntak, Pdt. A Gurning (Gunung Tua), Pdt. Nainggolan, Pdt. AP Sihombing dan lainnya.

Pada sesi sosialisasi program jamsostek yang dibawakan Kepala Bidang Pemasaran Cabang Sibolga Aang Soephomo dengan moderator Humas Sanco Manullang ST MT , peserta tampak antusias mengajukan sejumlah pertanyaan.

Dalam sesi tanya jawab, Pdt. Nainggolan menanyakan kasus kecelakaan yang terjadi di tempat yang bukan wilayah tempat tugas dan bagaimana pembayaran iuran bagi gereja yang jauh dari kacab Jamsostek Sibolga. Aang menjelaskan, kecelakaan kerja dinyatakan menjadi kasus kecelakaan kerja bagi mereka yang pergi keluar kota, dimana jaraknya jauh dari tempat dimana bekerja sehari hari, asalkan dilengkapi dengan surat tugas dari atasannya. Sementara untuk pembayaran iuran, dapat di transfer via Bank.

Tampak pula Pdt Batubara, Pdt. Hutabarat, Ptt Simanjutak, Pdt boru Panjaitan, secara bergantian menanyakan sejumlah hal tentang program jamsostek, yang semuanya dijelaskan dengan baik oleh Kacab Sibolga.

Usai sosialisasi, salah seorang peserta Pdt A Gurning dari Gunung Tua mengaku merasa tertarik dan bersyukur bila didaftar menjadi peserta. “ Ini sangat menarik karena hal ini untuk masa depan kami bisa terjamin terutama bagi diri sendiri dan keluarga,” katanya. Dia mengucapkan terimakasih kepada Praeses Distrik I yang membuka jalan sehingga ada peluang menjadi peserta jamsostek. “Baru kali ini kami mendapat terobosan seperti ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pak Nelson (Kadep Diakonia HKBP), yang telah membuat terobosan bagi pelayan HKBP yang sangat jauh dari kota, agar taraf hidup kami dan jemaat menengah kebawah dapat terbantu,” katanya.(Sanco Manullang/Saputra)

Selengkapnya...

SBY Kunjungi Korban Gempa di Cianjur

Foto: Detikcom

Jakarta, Kabar News - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berencana menengok korban gempa di kampung Babakan Caringin, Desa Cikangkareng, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur. Hal tersebut menyusul gempa sebesar 7,3 skala richter yang menimpa sebagian Pulau Jawa.

SBY ditemani oleh beberapa menteri di kabinetnya, Rabu (3/9/2009). Mereka adalah Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie dan Mendagri Mardiyanto.

Detikcom melansir Presiden bersama rombongan rencananya berangkat meninggalkan kediaman di Cikeas pukul 09.00 WIB. Mereka akan langsung menuju lokasi untuk melihat langsung suasana warga setempat pasca gempa.

Laporan sementara, hingga pukul 09.00 WIB jumlah korban meninggal di Cianjur mencapai 10 orang. Sebelumnya dilaporkan 15 orang, namun data tersebut dinilai salah dan direvisi menjadi 10 orang. Sedang korban tewas di semua kabupaten 46 orang dan diperkirakan akan terus bertambah mengingat masih banyak korban yang tertimpa longsor yang masih sedang dicari.(Saputra)
Selengkapnya...

72 Gempa Susulan Terjadi Masih Terjadi Hari Ini



Bandung, Kabar News - Pasca gempa berkekuatan 7,3 SR yang menguncang Jabar, hingga pukul 10.00 WIB, Kamis (3/9/2009), Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Bandung mencatat sebanyak 72 gempa susulan terjadi.

Demikian dikatakan salah seorang staf data dan informasi Stasiun Geofisika Bandung, Rasmid, gempa susulan yang terjadi berkekuatan 3-5 SR.

"Untuk hari ini magnitude gempa mulai berkurang menjadi 4 SR," kata Rasmid saat dihubungi via telepon, Rabu (3/9/2009).

Ia menambahkan, gempa susulan yang terjadi kemarin sempat juga dirasakan di sekitar wilayah Soreang dan Garut. Ia memperkirakan gempa susulan masih terus terjadi.

"Kita belum bisa menentukan sampai berapa lama gempa susulan akan terjadi. Baru bisa dilihat dua hari lagi," jelas Rasmid, seperti dilansir detikcom.

Gempa susulan, ujar Rasmid, terakhir terjadi pada pukul 09.06 WIB dengan kekuatan gempa di bawah 5 SR. "Gempa tidak sampai terasa, tapi tercatat oleh alat pemantau," kata Rasmid.(Saputra)
Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom