Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Jamaah Calon Haji Asal Maluku Nilai Pelayanan Asrama Haji Sudiang Memuaskan

Liputan Haji 2009

Jamaah Calon Haji Maluku saat ketemu keluarganya di Asrama Haji Sudiang (foto: Andi Ahmad).

Makassar, KBN News- Jamaah Calon haji asal Maluku yang tergabung dalam kloter (kelompok terbang) 12 dan 14 yang berjumlah 670 orang yang masuk asrama haji Sudiang Jumat (30/10) dan dijadwalkan berangkat Sabtu (31/10) sekitar pukul 23.00 wita.

Salah satu Jamaah Calon Haji, Said (60) dari Kota Ambon mengatakan pelayanan selama diasrama Haji Suding cukup memuaskan, baik dari segi pelayanan pada waktu makan. Bahkan menu yang disajikan sesuai dengan selera orang Maluku,katanya.

" Saat melayani setiap jadwal makan tepat waktu, pokoknya puas selama diasrama Sudiang," jelas Said kepada KBN dikantin Asrama Haji Sudiang, Sabtu (31/10).

Pengantar Keluhkan Fasilitas Tempat Bertemu Keluarga

Para pengantar yang ingin bertemu keluarganya yang sudah masuk diasrama Haji Sudiang keluhkan fasilitas yang ditempati, tempatnya terbuka dan tanpa atap, jadi kalau panas kepanasan dan hujan kehujanan, tuturnya.

" Untuk masuk kami membayar Rp.10 rb/orang dan bila naik motor ditambah Rp.10 rb lagi, lain lagi dengan mobil yakni rp.20 rb, jadi kami sudah bayar begitu tapi pelayanannya tidak memuaskan, jadi diminta kepada pengelolah Asrama haji untuk lebih diperhatikan lagi, agar kenyamanan para pengantar juga memuaskan," celoteh Rahel.(Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Pensunan PNS Jeneponto, Tewas disamping Cucunya

Laporan: Andi Ahmad- Makassar

Makassar, KBN News-Seorang ibu rumah tangga benama Dra Hj Sriningsih Dg Puji 58 tahun, pensiunan PNS Apoteker Lanto dg Pasewang di Jeneponto ditemukan tewas di dalam rumahnya sekitar Pkl. 19.30 Wita di jalan Talasalapang 2 RT 7 RW 15 Kecamatan Rappocini Kel Gunungsari Makassar, Jumat, (30/10).
Perihal penyebab tewasnya korban beranak 3 ini tidak diketahui warga. Dari informasi yang diperoleh, Ibu yang asal Jeneponto ini, masih terlihat pagi hari sekira Pkl 9.00. Sehari-harinya Ibu sering membeli sayur dan menyiram Bunga, Jelas Rifai,”kepada wartawan.

Korban selama ini hanya tinggal bersama cucunya Indira (2,5), sementara suami korban sudah puluhan tahun pisah dan saat ini berada di Jeneponto. Sedangkan 3 anaknya masing-masing berada di Medan, Jakarta dan jeneponto.

Korban baru diketahui tewas saat warga sekitar Pos Ronda yang berada tepat di depan rumah Korban, melihat pintu depan rumah korban masih terbuka sementara lampu rumahnya masih dalam keadaan gelap dan pagar keadaan tergembok. Karena merasa curiga salah seorang tukang becak menghubungi salah seorang keluarga korban yang tidak jauh dari tempat kejadian.

Karena tidak mendapat teriakan warga dari luar, salah seorang keluarga korban bersama tukang becak memanjat pagar, saat lampu ruang tamu dilanyalakan korban ditemukan sudah tergeletak di ruang tengah depan kamar mandi dalam kondisi mulut berdarah, menggunakan daster. Sementara cucunya Indira usia 2.5 tahun terlihat sedang memeluk korban kondisinya baik-baik saja saat.

“cucunya itu masih kecil dan belum mengerti bicara, ia kira neneknya itu sedang tidur” ungkap syamsiah tetangga korban.

“Kepolisian Makassar Timur yang menangani langsung membawa korban ke RSU Polri Bhayangkara, Untuk mengetahui penyebab kematian korban akan dilakukan otopsi besok, jelas dr. Maulanuddin bagian forensik Universitas Hasanuddin yang ditemui di Bhayangkara.

Kepolisian Makassar timur Bagian Sentra Pelayanan Kepolisian,Brika Hafid, memeriksa Irsyad (31) kemanakan korban sebagai saksi, barang bukti berupa Sandal 1 pasang, Handphone, Pecahan Botol Sirup dan Obat obatan, milik korban di sita polisi ditempat kejadian “Motif tewasnya masih kami selidiki”, ungkapnya.

Irsyad yang sehari-harinya berkerja sebagai tukang las menuturkan ia disuruh ayahnya ke rumah korban setelah mendapat kabar dari tukang becak. “saya panjat pagar dan menyalakan lampu, saya lihat tante saya sudah terkapar di lantai”ucapnya.


Selengkapnya...

Pratiknyo Gantikan Anton Bahrul Jabat Kapolda Jatim



Surabaya, KBN News - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Anton Bahrul Alam, diganti oleh Brigadir Jenderal Pratiknyo, Jumat (30/10). "Serah terima jabatan dilakukan kemarin," ujar juru bicara kepolisian Ajun Komisaris Besar Polisi Hartoyo.

Menurut Hartoyo, Anton, selanjutnya sebagai staf ahli Kepala Polri. Acara perpisahan dijadwalkan 3 November di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur.
Pratiknyo sebenarnya bukanlah orang baru di Jawa Timur. Sebelum menjabat Wakil Kepala Badan Intelijen, setidaknya sempat menjadi Kepala Polwil Kediri yang kemudian membuatnya bisa duduk menjadi Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur.

Pratiknyo merupakan alumnus Akademi Kepolisian 1977 dikenal lama didunia intelijen. Sebelum menjadi Wakapolda Kaltim, dirinya juga sempat menduduki jabatan sebagai Dir B Iltelkam Mabes Polri.

Sedangkan Anton, selama menjabat Kapolda Jatim setidaknya membuat gebrakan religiusitas sehingga membuat Markas Polda tampil lebih bernuansa agamis dibandingkan sebelumnya,seperti dilansir Tempo.

Setiap sebelum adzan, pengeras suara di masjid Polda selalu memutar kalimat-kalimat asmaul husna, nama-nama Allah. Saat inipun, sejak dua bulan terakhir, puluhan penduduk sipil bersurban, berpakaian putih selutut dan berjenggot “ngekem” di masjid Polda. Di Polda, para pria bersurban ini terlihat selalu bergerombol dan berdiskusi mengenai agama mulai pagi hingga malam hari.

Tak hanya itu, anton juga mengharuskan beberapa personelnya untuk bergiliran mengaji Al-qur’an tiap pagi di ruangannya. Anton sendiri juga selalu rajin sholat jamaah diseluruh jadwal sholat. Untuk sholat ini, Anton juga selalu berganti masjid sehingga dirinya selama menjadi Kapolda Jatim selalu berpindah-pindah dari masjid ke Masjid untuk melakukan sholat berjamaah. Anton sendiri juga sering terlilhat bersurban ketika berada di Mapolda Jatim.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Pudji Astuti menuturkan sebelum digeser ke Mabes, Anton baru saja melakukan gebrakan dengan menggeser ratusan anggotanya untuk membantu penguatan polsek-polsek se Jatim.

“Setidaknya ada 641 anggota yang digeser ke polsek,” kata Pudji. Dari jumlah ini, 345 adalah anggota dari jajaran Polda Jatim, sedangkan sisanya adalah anggota dari polwil maupun polres yang ada.

Penggeseran personel yang terdiri dari Samapta, Brimob dan Denma ini dilakukan untuk memberikan penguatan personel di bidang pelayanan di seluruh polsek yang ada. Akibat pergeseran sendiri, Polsek di jajaran Polwil Surabaya setidaknya ketambahan 127 personel, Malang 62 personel, Besuki 84 Perseonel, Kediri 128, Madiun 77, Bojonegoro 114, dan Madura 47 personel.(Irwan Munandar)


Selengkapnya...

Presiden SBY Bantah Kriminalisasi Terhadap KPK



Jakarta,KBN News- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membantah adanya upaya pemerintah untuk melakukan kriminalisasi terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, jika ada anggota dan pimpinan KPK yang melanggar hukum maka bukan lembaganya yang salah.

Menurutnya, kriminalisasi itu jika KPK tiba-tiba dinyatakan bersalah dan ada yang meminta lembaga itu dibubarkan. "Ini sudah keterlaluan, itu yang namanya kriminalisasi KPK," katanya dalam keterangan pers di kantor presiden, Jumat (30/10).
Dan Ia menegaskan pemerintah tidak akan melakukan hal itu. "Tolong dicatat kalau ada di negeri ini yang berupaya membubarkan KPK saya akan berdiri di depan untuk melawan upaya itu," katanya.

Justru lima tahun ke depan pemberantasan korupsi harus lebih gigih. Menurutnya, KPK mempunyai peranan yang sangat penting tanpa menafikan peran lembaga lain dalam pemberantasan korupsi.

"Saya katakan dengan bahasa terang, kalau ada yang mengkhawatirkan negara tak lagi memprioritaskan pemberantasan korupsi tetap sebagai prioritas. Itu tetap sebagai prioritas," katanya,seperti dikutif Tempo.

Soal penahanan dua pimpinan KPK, Chandra Hamzah dan Bibit Samad Riyanto, Ia mengajak semua pihak untuk mengormati undnag-undang, sistem dan proses hukum agar keadilan tegak dan tidak ada istilah tebang pilih. Dalam hal itu, Ia meminta penegak hukum untuk benar-benar adil.

Jika ada keberatan terhadap polisi dalam menangani kasus tersebut, Ia meminta untuk menggunakan aturan dan cara-cara yang telah ditetapkan oleh undang-undang maupun aturan hukum lainya. "Ada caranya, aturannya, mekanismenya," katanya.

Itulah ciri-ciri tegaknya hukum sehingga tidak dicampurkan antara emosi dengan rasio, politik dengan hukum dan antara keniscayaan atau keharusnan untuk memproses dengan kepentingan-kepentingan tertentu.(Saputra)


Selengkapnya...

Mantan Kapolsek Tamalate Nahkodai Polwiltabes Makassar

Komisaris Besar (Kombes) Polisi Gatta Chairuddin Saat Menjabat Dirlantas Jateng.(Foto: Koran Lokal.com)

Makassar, KBN News-Kepala Kepolisian Wilayah Kota Besar Makasar, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Gatta Chairuddin, mengaku tidak segan-segan menindak tegas oknum polisi yang melakukan hal-hal negatif. Tindakan itu dinilai Gatta dengan sendirinya merusak nama baik korps baju cokelat di daerah ini.

Pernyataan itu ditegaskan Gatta sesaat setelah acara serah terima jabatan Kepala Polwiltabes Makassar di Polda Sulsel, Jumat, 30 Oktober. Gatta mengatakan, dia senantiasa memantau aktivitas setiap polisi di Makassar.

"Itu menjadi prioritas kita. Tentunya akan ada langkah strategis kita tempuh yang tetap berdasar pada aturan dan kondisi yang ada," tegas Gatta. Perwira menengah dari Mabes Polri ini mengatakan, seluruh tindakan polisi dilakukan secara terencana dan komprehensif.

Dengan demikian, ia berharap kinerja polisi di Makassar nantinya akan lebih profesional dengan tetap mengusung fungsi dan tanggung jawab di sektor keamanan warga sipil. Pada bagian lain, Gatta memberikan peringatan sedini kepada para pelaku balapan liar. Untuk persoalan itu, lanjut Gatta, dia akan menempuh cara-cara yang lebih terasa hasilnya.

Sebelum bertugas di Polwiltabes Makassar, Gatta menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah. Di Makassar, dia pernah tercatat sebagai Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas di Polwiltabes Makassar dan Kepala Polsekta Tamalate.

Selain serah terima jabatan Kepala Polwiltabes dari tangan Komisaris Besar Polisi Burhanuddin Andi, serah terima jabatan juga dilakukan untuk pejabat tinggi Polda Sulsel. Ditreskrim Polda Sulsel dijabat Kombes Pol Mulyana menggantikan Kombes Pol Idris Kadir, Ditlantas dijabat Kombes Pol Budi Setiadi menggantikan Kombes Pol Nandang.

Ditnarkoba yang sebelumnya dijabat Kombes Pol Bedjo Sulaksono saat ini diduduki Kombes Pol Oneng Subroto. Satu jabatan tinggi lainnya yang berganti adalah Kepala Biro Personalia dijabat Kombes Pol Sutoyo menggantikan Kombes Pol Kadir Prayitno.

Sementara itu, lima kepala polres juga mengalami pergantian. Mereka adalah Kapolres Pangkep AKBP Idil Tabransyah, Kapolres Barru AKBP Dharma Lelepadang, Kapolres Parepare AKBP Muhammad Pratama Adhyasastra, Kapolres Polman AKBP I Gusti Ngurah Rai Mahaputra.(Fajar/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Dukungan di Facebook Dekati 50 Ribu

Terkait Bibit dan Chandra ditahan Mabes Polri

Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri


Jakarta,KBN News - Setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri (BHD), "Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra Hamzah & Bibit Samad Riyanto" makin laris.

Detikcom melansir hingga pukul 20.23 WIB, Jumat (30/10/2009), dukungan hampir mencapai 50 ribu.

Para member bebas memosting opininya seperti disampaikan Syafrudin Yudha:

"Setelah tadi sy liat PressConf Live di TV, jadi merinding.. berasa jaman Orba lagi, gaya maen tangkap, ngotot merasa benar (mentang2 berkuasa), dan maen ancam mau tangkap anu dan sita ini itu... gaya bener... ntar loe dikubur baru tau rasanya, mo bintang 7 kek, ga ada lagi korps/pasukan/ajudan yang lindungi... Ingat MATI hai sobat...!!! berpihaklah pada suara hati nurani...sebelum terlambat..."

Juga yang diungkapkan Arief Wiryanto: "Presiden sangat mendukung pemberantasan korupsi, tapi mengapa presiden tidak menjamin dan melindungi pejuang anti-korupsi?"

Akun grup ini dibuat oleh dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu bernama Usman Yasin.(Saputra)

Selengkapnya...

Bea & Cukai Gagalkan Penyelundupan 10 Kg Emas Asal Malaysia

Foto: detikcom
Jakarta, KBN News- Direktorat Bea dan Cukai menggagalkan upaya penyelundupan emas 10 Kg. Ditaksir nilai logam mulia ini mencapai Rp 2,4 miliar. Emas diketahui dibawa seorang perempuan berinisial WA dari Kuala Lumpur, Malaysia, melalui Bandara Soekarno-Hatta.
"Perhiasan emas itu tidak diberitahukan dalam custom declaration yang diisi oleh penumpang tersebut," kata juru bicara Bea dan Cukai, Efy Suhartantyo, dalam siaran pers, Jumat (30/10/2009).

Penyelundupan ini terjadi pada 28 Oktober 2009. Saat itu, WA yang juga seorang warga Indonesia dengan menaiki pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan AK-586 dari Kuala Lumpur.

"Penumpang tersebut berusaha mengeluarkan barang di luar jalur yang ditetapkan oleh Bea dan Cukai untuk pemeriksaan barang penumpang dengan tujuan menghindari pungutan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor," jelas Efy,seperti dikutif detikcom.

Nilai logam mulia itu, sesuai dengan invoice, ditaksir sebesar USD 241 ribu atau sekitar Rp 2,4 miliar.

"Kerugian negara yang berhasil diselamatkan ditaksir berkisar Rp 800 juta," jelas Efy.

Pelaku dijerat dengan pidana melanggar Undang-Undang Nomor 10 tahun 1995, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2006 tentang Kepabeanan.

"Yang bersangkutan masih dilakukan penelitian lebih mendalam secara intensif oleh pihak Bea dan Cukai," tutupnya.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Jamaah Calon Haji Dapat Layanan SLI Tarif Murah Dari Telkomsel

Liputan Haji 2009

Makassar, KBN News- Telkomsel Branch Makassar menyosialisasikan promo tarif SLI ke Tanah Suci, di Asrama Haji Sudiang, mulai 23 Oktober hingga 11 November 2009.
Sosialisasi ini dalam rangka memasuki musim haji 2009, sehingga Telkomsel pun meluncurkan tarif promo SLI negara tujuan Arab Saudi melalui SLI Clear Channel 007.(Tribun Timur.com/andi ahmad)


Selengkapnya...

Mabes Polri Resmi Tahan Chandra Dan Bibit

Chandra Marta Hamzah dan Bibit Samad Rianto(Foto:detiknews)

Jakarta, KBN News-Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri), menahan dua pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non aktif Chandra Marta Hamzah dan Bibit Samad Rianto, dalam kasus penyalahgunaan wewenang.

Penjelasan itu disampaikan oleh Wakabareskrim Mabes Polri Irjen Pol Dikdik Mulyana, di Jakarta, Kamis (29/10).(Berita8.com/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

31.875 Jamaah Calhaj Indonesia Sudah di Madinah


Makkah,KBN News - Jamaah calon haji Indonesia yang sudah masuk ke Madinah, Arab Saudi, sudah
berjumlah sekitar 31.875 orang dari total jamaah sekitar 190.729 orang.
Saat ini, jamaah calon haji Indonesia terus berdatangan secara bertahap ke
Madinah dan Jeddah.
Demikian data yang diperoleh Media Center Haji Daerah Kerja (Daker) Makkah, di Kawasan Aziziyah, Makkah, Rabu (28/10/2009). Diartikan jamaah calon haji
yang masuk ke Arab Saudi sekitar 16,71 persen dari total jumlah jamaah Indonesia.

Detikcom melansir, Jamaah yang saat ini sudah berada di Madinah dan melaksanakan salat Arba'ain di Masjid Nabawi adalah sebagai berikut:

1. Embarkasi Banda Aceh berjumlah 1.291 orang dari total 3.520 orang;
2. Embarkasi Medan berjumlah 1.787 orang dari 8.100 orang;
3. Embarkasi Batam berjumlah 2.245 orang dari 9.703 orang;
4. Embarkasi Jakarta-Pondok Gede berjumlah 2.727 orang dari 21.907 orang;
5. Embarkasi Jakarta-Bekasi berjumlah 5.837 orang dari 37.620 orang;
6. Embarkasi Solo berjumlah 5.682 orang dari 32.913 orang;
7. Embarkasi Surabaya berjumlah 6.297 orang dari 39.255 orang;
8. Embarkasi Ujungpandang berjumlah 1.799 orang dari 13.349 orang;
9. Embarkasi Balikpapan berjumlah 972 orang dari 5.120 orang;
10.Embarkasi Banjarmasin berjumlah 1.294 orang dari 4.651 orang;
11.Embarkasi Padang berjumlah 972 orang dari jumlah 7.318 orang;
12.Embarkasi Palembang berjumlah 972 orang dari 7.273 orang.

Saat ini suhu udara di Arab Saudi antara 24o celcius-37o celsius dengan kelembaban udara sekitar 54 persen.(saputra)
Selengkapnya...

Menunggu Wukuf, Jamaah Calon Haji Pilih Ziarah


Madinah,KBN News- Waktu menunggu wukuf di Arafah dimanfaatkan jamah calon haji Indonesia dengan beribadah di Masjid Nabawi. Tidak hanya itu, para jamaah juga banyak mengunjungi tempat-tempat bersejarah peninggalan Rasulullah Muhammad SAW.

Dari pantauan sejumlah wartawan yang tergabung dalam Media Center Haji di Madinah, Rabu (28/10/2009), seusai salat Subuh para jamaah secara berombongan melakukan ziarah ke berbagai tempat bersejarah hingga hingga memasuki waktu Dzuhur, sebelum Sholat Arbain, di Masjid Nabawi.

Detikcom melansir, sejumlah tempat yang menjadi favorit ziarah diantaranya Pemakaman Baqi Al Ghorgod. tempat tersebut meruoakan komplek pemakaman yang sudah ada sejak zaman jahiliyah. Di Pemakaman Baqi ini terdapat makam para istri Nabi Muhammad SAW, para sahabat Khulafa' Rasyidin dan tokoh-tokoh lainnya.

Ziarah kemudian dilanjutkan ke Jabal (gunung atau bukit) Uhud. Sebuah tempat di mana peristiwa pertempuran ummat Muslim yang dipimpin Rasulullah SAW dengan kaum Musyrikin Mekah terjadi pada masa itu. Dalam pertempuran itu, sekitar 70 orang Muslimin gugur sebagai Syuhada, termasuk paman Rasulullah SAW, Hamzah bin Abdul Mutholib yang menjadi panglima perang kala itu.

Tempat lainnya yang diziarahi, yaitu Masjid Qiblatain yang berkiblat ke Baitul Maqdis atau Masjid Aqhsa di Palestina. Saat itu, Rasulullah yang sedang melakukan salat Dzuhur menerima wahyu agar mengembalikan kiblat salat ke Ka'bah di Masjidil Haram, Mekah.

Para jamaah calon haji juga mengunjungi Masjid Quba. Sejarahnya, dalam pembangunan mesjid tersebut, Rasulullah merupakan orang pertama yang melakukan peletakan batu pertama, lalu diikuti empat sahabatnya yakni Abu Bakar As-Shidiq, Umar bin Khatab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Tempat bekas peristiwa Perang Khondak juga tak luput dari ziarah para jamaah Indonesia ini. Peninggalan bersejarah masa perjuangan Islam di bawah pimpinan Rasulullah ini merupakan parit yang digali sebagai benteng pertahanan dalam melawan kaum kafir Qurais yang akan menyerang kota Madinah.

Biasanya para jamaah juga akan melakukan kunjungan ke Percetakan Al Quran terbesar di Madinah dan Jabal Magnet. Di mana dua lokasi tersebut jemaah dikenai biaya 10 Riyal Arab Saudi per orang.(saputra)



Selengkapnya...

Puteri Indonesia Kunjungi Korban Gempa Padang



Padang, KBN News- Puteri Indonesia 2009,Qory Sandiorivam mengunjungi korban gempa di Padang Sumbar, Minggu (25/10), bersama rombongan dari Jakarta untuk memberikan bantuan.

Dalam kunjungan itu, Qory menyerahkan bantuan dan berdialog dengan korban gempa di posko di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Padang.

Bantuan yang diserahkan itu berupa uang tunai, tenda, dan bahan makanan.

Gadis kelahiran Jakarta, 17 Agustus 1991 itu mengaku terenyuh dengan nasib yang menimpa korban gempa di Padang.

"Gempa dahsyat itu telah menyebkan banyak masyarakat yang jadi korban," kata dia dan berharap kedatangannya di tengah-tengah warga itu bisa mengibur warga Ranah Minang.

Dalam kunjungannya, Qory tidak segan-segan memeluk ibu-ibu yang menjadi korban gempa.

Menurut dia, sangat banyak warga Padang yang kehilangan sanak saudaranya. Mereka amat berduka akibat gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter yang 0mengguncang Sumbar Rabu (30/9) itu.

Kedatangan Puteri Indonesia wakil dari Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) itu disponsori Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu.

Sementara itu, menurut Ahmad Gazali, dari Kabisat, warga Sumbar masih butuh sekitar 200 ribu tenda untuk tempat tinggal sementara setelah rumah mereka rusak.

Kota Padang dan Padang Pariaman merupakan dua daerah yang paling parah terkena gempa.

Berbagai bantuan banyak mengalir ke Sumbar pascagempa, namun saat ini ratusan ribu masyarakat masih butuh tenda, katanya.(Berita8.com)

Selengkapnya...

Jamaah Calon Haji Sultra Keluhkan Harga Tiket Ke Makassar Mahal

Liputan Haji 2009


Kendari, KBN News - Sejumlah jamaah haji Sultra mengeluhkan tingginya harga tiket pesawat Kendari-Makassar yang mengelembung lima kali lipat dari dari harga normal. Setiap orang dibebani sebesar Rp 2,16 juta per orang, sementara harga tiket Kendari-Makassar, biasanya hanya berkisar Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu pe orang.
Keluhan jamaah itu disampaikan salah satu anggota komisi A DPRD Sultra, La Pili, kepada wartawan media ini, via ponselnya kemarin. Ia menyampaikan hal itu berdasarkan sejumlah keluhan yang diterimanya dari jamaah haji yang merasa diberatkan.


Menanggapi itu, Ketua FPKS DPRD Sultra ini menegaskan, institusi Depag harus menjelaskan secara transparan atas ketidakwajaran pembebanan harga tiket pesawat jamaah haji dari Kendari ke Makassar sebagaimana yang dikeluhkan banyak jamaah. "Mereka menyetor sejumlah Rp 2,16 juta per orang padahal harga tiket pada biasanya hanya berkisar Rp 400 sampai Rp 500 ribu," katanya.

Lanjut anggota DPRD Sultra asal Dapil Muna ini, jika Depag menjelaskan dengan secara baik maka hal ini akan mencoreng nama baik institusi Depag itu sendiri. Menyikapi itu, kata dia, Fraksi PKS akan merekomendasikan persoalan ini kepada pimpinan DPRD Sultra melalui komisi terkait untuk melakukan klarifikasi atas persoalan tersebut.


"Jika benar ada unsur penggelembungan harga tiket didalamnya supaya diusut secara tuntas oleh pihak penegak hukum," ujarnya.


Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Sulawesi Tenggara Drs H Abdul Muis D, dikonfirmasi mengenai persoalan ini mengakui jika ada tranportasi sebesar Rp 2,16 juta, untuk setiap jemaah haji dari Kendari ke Makassar. Namun ia mengatakan, besaran uang tersebut, dilakukan berdasarkan kesepakatan antara Depag kabupaten/kota, DPRD dan Calhaji.



"Biaya tambahan ini kesepakatan antara Depag, DPRD dan calon jemaah haji masing-masing daerah. Ini dilakukan, karena tidak ada item anggaran dari Kendari ke Makassar. Ongkos Naik Haji (ONH) yang di bayar para calon jemaah haji, hanya untuk biaya dari embarkasi haji (Makassar-red) sampai di Jedah Arab Saudi," Muis menjelaskan.(Kepres/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

300 Anggota Pramuka Ikuti Lintas Cakrawala Lima di Selayar

Laporan: Rizal Nor- Selayar


Selayar, KBN News- Sebanyak 300 anggota Pramuka Saka Bahari yang mengikuti lintas Cakrawala Yosudarso lima (YLC) tingkat Nasional di Kabupaten Kepulauan Selayar,dari Tanggal 26-28 Oktober 2009. Anggota Pramuka tersebut akan berjalan sekitar 45 km.

Seluruh peserta Lintas Cakrawala diperkirakan akan tiba pagi hari di kampung Bo’nia. Peserta Anggota Pramuka Saka Bahari seluruh Indonesia dan akan dihadiri juga dari 10 Kabupaten Se Sulawesi Selatan.

Pada kegiatan ini rencananya akan dilepas Bupati Kab. Kepulauan selayar,Syahrir Wahab.


Selengkapnya...

Pondok di Toddopuli Raya Timur Terbakar

Sebuah rumah pondokan di Jalan Toddopuli Raya Timur terbakar Kelurahan Batua Kecamatan Panakkukang. Foto: Andi Ahmad

Sebuah rumah pondokan di Jalan Toddopuli Raya Timur terbakar Kelurahan Batua Kecamatan Panakkukang. Api mulai berkobar dari salah satu kamar yang berada dilantai satu pondok tersebut, kejadian pada pukul 09.30 wita. Pondok yang berjumlah 8 kamar habis terbakar sebelum regu pemadam datang. Sebanyak 8 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar,Bahtiar mengatakan, petugas menerima laporan sekitar pukul 09.20 Senin, 26 Oktober 2009. Kebakaran melanda rumah pondok di Jalan Toddopuli raya timur.

Adriani (25) salah satu pemilik kamar dipondok itu mengatakan api begitu cepat melalap kamar dipondok itu, hanya ini barang-barang yang dapat kami selamatkan yang lain terbakar semua, tapi untung kami selamat sekeluarga, katanya.
Salah satu pemilik kamar dipondok itu sedang menyelamatkan barang-barang dari dalam kamarnya. (foto: Andi Ahmad)

Sementara itu, Kepala Bagian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Bahtiar menjelaskan bahwa informasi terjadinya kebakaran sangat terlambat diperoleh sampai kekantor sehingga seluruh regu pemadam baru tiba dilokasi kejadian setelah setengah jam api melalap pondok tersebut, dan delapan mobil armada yang diturunkan, jelasnya kepada wartawan dilokasi kejadian dijalan Toddopuli Raya Timur.

" Tidak ada korban jiwa, dan adapun penyebab kebakaran sampai saat ini masih diselidiki aparat kepolisian dari Sektor Panakkukang," ucap Bahtiar. (Iwan/Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Puluhan Wartawan Gagal Taklukan Puncak Carstensz di Papua

Puncak gunung 'Carstensz' di Papua.foto:
www.kaskus.us

Jayapura, KBN News-Para wartawan dalam negeri yang tergabung dalam kegiatan pendakian ekspedisi ke puncak gunung 'Carstensz' di Papua, balik kanan. Sebab, manajemen PT Freeport Indonesia tak mengizinkan mereka melewati area tambangnya.
Akibatnya, puluhan wartawan dari sejumlah media nasional memilih pulang ke Jayapura Minggu 25 Oktober 2009.

Juru Bicara Freeport Mindo Pangaribuan ketika dikonfirmasi via selulernya mengatakan pihaknya tidak bertanggung jawab atas gagalnya keberangkatan puluhan wartawan mendaki puncak Carstensz, seperti dilansir vivanews.

"Jangan salahkan kami kalau wartawan tidak ikut pendakian. Silahkan komplain dengan Pemerintah Daerah Papua, sebab merekalah yang menjanjikan dan memfasiltasi," kata dia.

Sebelumnya, Staf Ahli Gubernur Provinsi Papua Ronald Tapilatu mengatakan, pihak Freeport melalui Presiden Direkturnya, Armando sudah memberikan izin kepada para pendaki untuk melewati areal Freeport.

Sebanyak 80 orang pendaki puncak gunung Carstensz, Papua, yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia, bersiap mencetak sejarah baru.

Kegiatan diikuti wartawan Indonesia dan pendaki yang berasal dari sejumlah negara yakni Austria, Switzerland, dan Jerman. Kontributor VIVAnews, Banjir Ambarita ikut dalam rombongan tersebut.

Rencananya pendakian dilakukan Kamis 22 Oktober 2009.(Saputra)

Selengkapnya...

BPIH Gerahkan 80 Tim Dokter Dan 160 Perawat di Jeddah

Liputan Haji 2009



Makkah, KBN News- Para petugas Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) yang tergabung dalam Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) siap melayani jamaah calon haji (calhaj) Indonesia yang sakit. BPHI pun mengerahkan 80 dokter, 160 perawat dan 30 tenaga farmasi untuk melayani jamaah di Jeddah, Madinah dan Makkah.
Pada saat rombongan Media Center Haji saat meninjau markas BPHI di kawasan Kholidiyah, Makkah, Minggu (25/10/2009) siang waktu setempat, terlihat sejumlah petugas tengah membenahi sejumlah peralatan kesehatan dan obat-obatan bagi jamaah calon haji yang sakit. Sejumlah ruangan untuk kamar rawat inap, ICU sampai operasi atau tindakan pun disiapkan para petugas medis,seperti dikutif detikcom.

Begitu juga dengan sejumlah kendaraan ambulans bermerk GMC disiagakan di depan halaman gedung tersebut.

"Kami masih terus melakukan berbagai persiapan selama dua hari ke depan sebelum jamaah memasuki Makkah pada tanggal 1 November 2009 mendatang," kata Wakil Ketua PPIH bidang Kesehatan dan Ketua BPHI, Barita Sitompul.

Menurut Barita, BPHI saat ini telah menyediakan sebanyak 146 tempat tidur bagi pasien, 12 tempat tidur ICU dan 11 dokter spesialis. Dokter spesialis ini merupakan bagian dari 80 dokter yang tergabung dalam BPHI. BPHI juga telah menyediakan pelayanan balai pengobatan setara poliklinik yang terdapat di tiap sektor.(Saputra)

Selengkapnya...

Persiwa Gilas PSM Makassar 3-0

Foto: Goal.com

Wamena, KBN News-Persiwa Wamena masih memperlihatkan keganasannya di Stadion Pendidikan. Tim Badai Pegunungan tersebut kembali meraih kemenangan dengan skor telak untuk kedua kalinya berturut-turut. Kali ini PSM Makassar yang menjadi korban keganasan Persiwa.
Tim besutan Zainal Abidin sukses menghajar PSM dengan skor telak 3-0. Kemenangan ini untuk sementara mengangkat posisi Persiwa ke puncak klasemen sementara dengan nilai tujuh. Sementara poin PSM tetap lima, sehingga turun satu strip ke peringkat enam.

Tampil di hadapan publiknya sendiri, Persiwa mendominasi permainan. Laga baru berjalan enam menit, Persiwa sudah unggul lebih dulu melalui Foday Boakay. Sembilan menit usai gol Foday, Zainal menarik keluar Alan Aronggear untuk digantikan dengan Pieter Rumaropen.

Kehadiran Pieter membuat serangan Persiwa lebih hidup. Hasilnya, pada menit ke-23, publik di Stadion Pendidikan bersorak kegirangan setelah Foday mencetak gol keduanya. Tambahan dua gol itu membuat Foday sudah mengemas tiga gol bagi timnya dari tiga pertandingan.

Di babak kedua, Persiwa tidak menurunkan tempo permainan. Tim dari tanah Papua ini tetap ingin menambah perbendaharaan gol. Keinginan itu membuahkan hasil pada menit ke-65 melalui Pieter. Hingga pluit panjang ditiupkan wasit Armando Pribadi, skor 3-0 tidak berubah.(Goal.com)

Selengkapnya...

Jamaah Calon Haji Indonesia Kloter 1 Tiba di Madinah

Liputan Haji 2009


Jakarta, KBN News- Jamaah calon haji Kloter 1 embarkasi Jakarta akhirnya tiba di Arab Saudi. Jamaah yang berjumlah sekitar 455 orang ini langsung dikirim ke masing-masing maktabnya di kota tersebut.

Detikcom melansir, Para jamaah ini tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi, Jum'at (23/10/2009) sekitar pukul 13.00 waktu setempat.

Mereka tiba dan langsung diterima oleh Kuasa Usaha Ad Interim Duta Besar Arab Saudi Riyadh Sukanto, Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Cepi Supriatna, dan para pimpinan Muassasah Adilla atau para penguruh jemaah haji di Madinah. Setelah itu mereka dikirim dengan sejumlah bus yang telah disediakan untuk diantar ke maktabnya masing-masing.

Sebelumnya, para jamaah calon haji asal Jakarta ini juga menjalani proses
pemotretan dan sidik jari oleh pihak imigrasi bandara di Madinah. Sedangkan,
para jamaah asal Solo pun dijadwalkan tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah hari ini.(Saputra)


Selengkapnya...

Kota Manokwari Diguncang Gempa 6,0 SR



Manokwari, KBN News-Gempa 6,0 Skala Richter (SR) yang mengguncang Manokwari membuat puluhan tamu Swiss-Bellhotel panik. Mereka berhamburan keluar sambil membawa tas dan koper.
"Tadi saya sempat lihat mereka berlarian sambil bawa barang-barang," kata salah seorang warga, Iri Purnomo saat dihubungi lewat telepon, Jumat (23/10/2009).seperti dilansir detikcom.

Saat kejadian tersebut, Iri mengatakan, jalanan dipadati oleh tamu hotel yang panik. Kondisi ini semakin diperparah oleh arus kendaraan yang padat.

Sementara itu, warga masih belum mau kembali ke rumah masing-masing. Terutama warga pesisir pantai yang masih takut tsunami.

"Mereka masih berkumpul di Jl Yos Sudarso, mereka enggan kembali ke rumah. Listrik juga masih padam," tambahnya.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

BPAH Dan Pengelolah Parkir Sepakat Turunkan Tarif Parkir 50 Persen

Liputan Haji 2009


Makassar, KBN News-Adanya Penurunan tarif 50% itu berdasarkan kesepakatan antara pihak CV Gallarang Maraja Rio selaku pengelola parkir dan Badan Pengelola Asrama Haji (BPAH). Penurunan tarif itu hanya berlaku untuk semua jenis mobil. Sementara tarif sepeda motor tetap Rp10.000.Tarif masuk untuk pengunjung pejalan kaki juga tidak mengalami penurunan, yakni tetap Rp10.000 per orang. ”Kami minta pengelola menurunkan tarif untuk mobil demi menghindari penumpukan kendaraan di area parkir ring 2.Tahun lalu, banyak kendaraan yang parkir di luar karena tarif parkir di dalam mahal,” jelas Ketua BPAH Abduh Halid.
Dia berharap,penurunan tarif itu berdampak pada seimbangnya jumlah kendaraan yang parkir di area parkir asrama dengan luar area. Apabila kendaraan menumpuk di luar jalan masuk asrama, itu akan mengganggu kelancaran aktivitas di sekitar jalan masuk asrama haji. Kantor Wilayah Departemen Agama (Depag) Sulsel menunjuk CV Gallarang Maraja Rio sebagai pengelola parkir karena dinilai cukup baik dalam mengelola perparkiran. CV Gallarang Maraja Rio merupakan anak perusahaan PT D’ra Dhuita Dhanurdhara (DDD) pimpinan Diza Rasyid Ali,yang dua tahun terakhir mengelola perparkiran di tempat itu.

Menurutnya,BPAH mendapatkan kompensasi dari pengelolaan parkir itu. Persentase bagi hasil itu, yakni 55% untuk CV Gallarang Maraja Rio dan 45% untuk BPAH. Penanggung jawab CV Gallarang Maraja Rio Aristo Gazalba Aras mengatakan, biaya parkir kendaraan hanya dibebankan pada kendaraan yang tidak memiliki stiker khusus pengganti biaya masuk yang dikeluarkan Depag dan BPAH. ”Hanya kendaraan pengantar yang tidak punya stiker yang membayar. Khusus mobil kloter Makassar, itu bebas biaya karena sudah ada stikernya,”jelas dia.

Anggota Komisi E DPRD Sulsel Syamsari Kitta meminta Depag selaku penyelenggara haji menjamin kenyamanan dan keamanan bagi jamaah calon haji (Calhaj) dan masyarakat umum yang berkunjung ke asrama haji. Khusus menyangkut perparkiran, dia meminta Depag memilih perusahaan yang bisa bekerja baik dan menciptakan kenyamanan. ”Siapa pun perusahaan yang akhirnya ditunjuk menangani perparkiran itu, kami minta agar kenyamanan masyarakat diperhatikan,” jelas legislator PKS ini.

Depag diundang rapat oleh Komisi E DPRD Sulsel guna memberikan penjelasan mengenai penyelenggaraan haji tahun ini. Rapat tersebut dihadiri Kepala Kanwil Depag Sulsel Bahri Mappiasse. Bahri menjelaskan, kloter pertama calhaj Sulsel diberangkatkan pagi ini setelah dilepas resmi oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo tadi malam. Seluruh persiapan menyangkut penyelenggaraan haji, baik bea cukai, paspor dan visa calhaj, hingga pesawat, dijamin siap.(Sindo/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Jamaah Haji Kloter Pertama Akan Dilepas Gubernur Sulsel Hari Ini

Liputan Haji 2009

Laporan: Andi Ahmad- Makassar



Sebanyak 355 orang dari kelompok terbang (kloter) pertama Makassar sudah tiba di aula Asrama Haji Sudiang, Kamis (22/10).

Pada Kloter pertama ini yang mayoritas jamaah haji dari Kota Makassar akan berangkat menuju ketanah suci Mekkah melalui embarkasi Hasanuddin Makassar dan diperkirakan akan terbang dengan menggunakan pesawat Garuda, dan rencananya akan dilepas langsung Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo hari ini di Bandara Sultan Hasanuddin.
Selengkapnya...

Dispenda Tetap, Dua Biro Baru Dibentuk

Arifuddin Dahlan Nahkodai Dispenda Sulsel



Makassar, KBN News- Pelantikan tiga pejabat eselon II dalam ruang lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel masing-masing Arifuddin Dahlan sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda,A Yushar Huduri sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), dan Kepala Biro Aset, ditunjuk Mustari Soba.

Pada posisi Kepala Dinas Pendapatan Daerah sebelumnya, Arifuddin Dahlan adalah Pelaksana Tugas (Plt) Kadispenda. Dengan pelantikan ini, jabatannya sebagai Kadispenda telah definitif. Sementara A Yushar Huduri sebelumnya adalah Kepala Biro Keuangan. Namun Biro Keuangan yang berubah menjadi BPKD, Yushar tetap dipercaya memimpin SKPD ini.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meminta agar memperbaiki dan membersihkan pengelolaan keuangan daerah. Bahkan dia menginstruksikan agar tahun depan badan baru ini membuka disclaimer keuangan pemprov. (andi ahmad)

Selengkapnya...

Pengguna Narkoba di Sulsel Capai 103 Ribu Orang



Makassar, KBN News-Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) di Sulsel sudah sangat mengkhawatirkan. Badan Narkotika Nasional (BNN) bahkan menempatkan Sulsel pada peringkat kedelapan dalam jumlah pengguna narkoba.

Kepala Pusat Terapi dan Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional, Benny Ardjil, mengungkapkan, jumlah pengguna narkoba di Sulsel pada 2008 mencapai 103 ribu orang. "Sekitar 1,8 persen dari 5,7 juta penduduk yang dijadikan sampel dengan usia 10-59 tahun," ungkap Benny Ardjil di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis, 22 Oktober.
Penyebaran penggunaan narkoba terus mengalami peningkatan yang cukup mencengangkan setiap tahun. Jumlah pengguna narkoba pada 2007 yang tercatat di Badan Narkotika Provinsi Sulsel sebanyak 80 ribu orang.

Makassar yang telah menjadi kota metropolitan menjadi kota terbesar pengguna narkoba, yakni mencapai 7.000 orang. Namun, tidak semua pengguna narkoba telah mendapat layanan rehabilitasi. Hanya sekira 800 orang di antaranya yang telah mendapat akses layanan rehabilitasi.

Penggunaan narkoba di Sulsel masih didominasi jarum suntik dengan kisaran sekira 60 persen. Sisanya narkoba jenis sabu-sabu, ganja, obat-obatan, dan jenis lain yang dilarang peredarannya.

Ironisnya lagi, pemakaian narkoba itu membawa dampak buruk lain yakni meningkatnya penderita HIV/AIDS. Badan Narkotika Provinsi Sulsel mencatat penderita HIV/AIDS di Sulsel pada September 2009 telah mencapai 2.893 orang. Jumlah terbesar berada di Makassar, sekira 2.700 orang.

Jumlah penderita HIV/AIDS ini melonjak drastis dibanding 2008 lalu yang hanya 900 orang. Penyebaran virus HIV didominasi penggunaan jarum suntik sekira 60 sampai 70 persen. Sisanya melalui hubungan seksual.

Tingginya jumlah pengguna narkoba dan tingkat kerawanan, kata Benny, membuat BNN telah memprogramkan pembangunan pusat rehabilitasi narkoba di Makassar. Pusat rehabilitasi ini sekaligus menjadi fokus pelayanan wilayah timur Indonesia.

"Pembangunannya direncanakan pada 2010 dengan anggaran sekira Rp 15 miliar sampai Rp 20 miliar. Pemprov Sulsel diharapkan dapat menyediakan lahan. Pusat rehabilitasi cocok dibangun di Makassar karena sudah ada fakultas kedokteran dan tingkat penggunanya termasuk sangat besar," kata Benny,seperti dikutif fajar.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, yang mendapat laporan hasil survei tingkat pengguna narkoba yang meningkat drastis mengaku sangat terkejut. "Tahun lalu Sulsel masih di peringkat 20 di Indonesia," ujarnya.

Pengguna narkoba tertinggi di Indonesia masih berada di Jakarta yakni 286 ribu orang dari total jumlah penduduk yang dijadikan sampel 6,9 juta jiwa.(andi ahmad)

Selengkapnya...

Persipura Tahan Imbang PSM Di Kandangnya

PSM Makassar VS Persipura : 1-1



Makassar, KBN News-Rasa penasaran publik PSM terbayar. Dua pemain asing anyar; Daniel Baroni dan Daryoush Ayyoubi benar-benar bisa dimainkan dalam laga menghadapi Persipura di Stadion Andi Mattalatta, malam tadi. Sayang, ekspektasi tinggi publik tak sebanding dengan kontribusi dua pemain tersebut.
Baroni dan Daryoush tampil loyo. Baroni yang diharapkan menjadi jenderal lapangan tengah, gagal mengemban tugasnya. Dia kalah sangar dengan playmaker gaek Persipura, Eduard Ivakdalam. Akibatnya, tim tamu lebih menguasai jalannya pertandingan.

Begitu juga dengan Daryoush. Tampil mendampingi Christian Carrasco di lini depan, striker asal Iran itu tak mampu berbuat banyak. Gerakannya lambat. Pemilik tinggi 194 cm itu pun lebih sering kalah duel udara dengan bek Persipura.

Manajer PSM, Kadir Halid, mengaku kecewa dengan penampilan debut Baroni dan Daryoush. "Penampilan dua pemain asing baru kita itu belum seperti yang kita harapkan. Mereka belum mampu menjalankan perannya," kata dia, usai pertandingan.

Kadir juga menilai bahwa fisik Baroni dan Daryoush masih belum dalam kondisi terbaik, khususnya pada babak kedua. "Ini menjadi tugas tim pelatih. Fisik Baroni dan Daryoush, juga sejumlah pemain lainnya, masih perlu diperbaiki," ujar Kadir,seperti dikutif fajar.

Menurut pelatih PSM, Hanafing, belum maksimalnya penampilan Baroni dan Daryoush adalah hal yang wajar. Pasalnya, ini untuk pertama kalinya mereka tampil di liga. "Masih butuh adaptasi dengan gaya bermain sepak bola Indonesia. Butuh beberapa pertandingan lagi agar mereka bisa padu dengan tim," kata Hanafing.

Dikonfirmasi terpisah, Baroni membela diri. "Saya kurang fit. Ada sakit di bagian kaki kiri. Tapi saya sudah maksimal, kenapa kamu bilang saya tidak bagus," ujarnya. Sementara Daryoush, meski menyumbangkan assist dalam proses gol Carrasco, juga belum nyetel dengan tim.(Rizal/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Fadilah Supari : Menteri Kesehatan Tidak Jual Virus

Foto: Vivanews.

Jakarta, KBN News-Siti Fadilah Supari membantah telah menyebut Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih 'membawa' spesimen virus flu burung ke luar negeri. Menurut Siti Fadilah, virus itu tidak pernah dijual-belikan.

"Saya kira itu plintiran dari para wartawan. Virus tidak laku masa dijual," kata mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari usai serah terima jabatan di Gedung Departemen Kesehatan, Kamis 22 Oktober 2009 malam.

Menurut Siti Fadilah, tudingan yang menyebut dirinya mengatakan Endang melakukan jual beli spesimen virus adalah tidak benar. Berita itu dinilai sebagai kesalahan.

"Tidak ada. Itu saya kira kesalahan dan sudah saya terangkan bahwa virus itu tidak diperjualbelikan. Jadi tidak ada yang mau menjual virus apapun juga kemana-mana," kata Siti Fadilah yang didampingi Endang Rahayu,seperti dikutif vivanews.

Kemarin, Siti Fadilah tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya saat Presiden SBY menyebut Endang Rahayu Sedyaningsih sebagai penggantinya.

Tidak hanya karena Endang dekat dengan laboratorium Namru-2 milik Angkatan Laut AS, tapi juga karena persoalan virus H5N1 yang pernah membuat Endang diduga dimutasi.

Usai dilantik menjadi Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih, menanggapi berbagai kritik dari sejumlah kalangan. Salah satunya adalah soal The US Naval Medical Reseach Unit Two (Namru).

Endang melanjutkan bahwa sebagai peneliti tidak hanya bekerjasama dengan Amerika Serikat, melainkan juga Jepang, China, dan Belanda. "Saya dekat dengan Namru, dekat dengan Belanda, Jepang, China untuk penelitian malaria," ujar Endang.

Endang melanjutkan, sebagai peneliti tentu dekat dan bekerjasama dengan banyak instansi. "Jadi tidak ada saya dekat ini dan tidak dekat dengan ini, itu tidak," ujar dia dalam keterangan pers bersama.(Saputra)

Selengkapnya...

DPR Pantau Pemondokan Jamaah Haji Indonesia

Liputan Haji 2009


Jakarta, KBN News-Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berjanji akan melakukan pengawasan secara maksimal terhadap penyelenggaraan ibadah haji tahun 1430 H/2009. Ketua Komisi VIII DPR Abdul Kadir Karding mengatakan,pihaknya akan mengirimkan tim pengawas penyelenggaraan haji ke Arab Saudi.Beberapa hal yang menjadi fokus pengawasan DPR yakni lokasi pemondokan dan sarana transportasi bagi jamaah haji Indonesia.

“Informasi yang saya dapat, sekitar 60% (pemondokan jamaah) masih di ring II.Nah,hal ini menjadi perhatian kami,”kata Karding kepada wartawan di Jakarta kemarin. Diketahui, pemondokan di ring I berjarak maksimal 2 km dari Masjidilharam, sedangkan ring II maksimal 7 km. Kadir yang juga menjabat Ketua DPP PKB ini mengaku belum mempelajari secara detail rekomendasi dari Komisi VIII periode sebelumnya (2004–2009).

Meski demikian, pihaknya berjanji akan segera mempelajari dan berdiskusi dengan mantan pimpinan Komisi VIII periode lalu. Sementara itu,menjelang pemberangkatan jamaah calon haji (calhaj),Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jateng, mengklaim siap 100% sebagai tempat penampungan sementara calhaj yang akan bertolak ke Tanah Suci. Berbagai persiapan fisik,infrastruktur,maupun SDM telah selesai dan siap menerima kedatangan calhaj mulai hari ini.

Tahun ini, Asrama Haji Donohudan akan menampung 33.136 calhaj yang datang dari Provinsi Jateng, DIY, dan Kalimantan Tengah. Untuk melayani keperluan para calhaj,Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kantor Wilayah Departemen Agama (Depag) Jateng menyiapkan 23 orang panitia dan 360 orang satuan tugas (satgas) haji. “Bisa dikatakan, kami sudah 100% siap menyambut calon jamaah haji,” ujar Kepala Humas PPIH Muhammad Syaidun kemarin, seperti dilansir Sindo.

Di asrama haji,calhaj berhak mendapatkan pelayanan sejak memasuki penampungan sampai dengan berangkat ke Tanah Suci. Pelayanannya meliputi konsumsi selama di penampungan, penginapan,serta pemeriksaan kesehatan. Menurut Syaidun, para satgas inilah yang akan memastikan calhaj menerima pelayanan tersebut,termasuk bantuan dalam pelayanan dokumen keimigrasian.

Untuk penginapan,calhaj akan ditempatkan di dua gedung, yaitu Gedung Makkah dan Gedung Madina. Gedung Makkah terdiri dari tiga lantai, masing-masing lantai mempunyai kapasitas 400 orang. Sementara di Gedung Madina kapasitasnya 800 orang. Kesibukan memang meningkat menjelang kedatangan calhaj ke asrama. Kemarin, tampak pekerja katering sibuk mempersiapkan ruang makan calhaj.

Demikian juga dengan petugas cleaning service yang sibuk membersihkan kamar yang akan ditempati calhaj. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya juga menyatakan siap menyambut kedatangan calhaj yang akan masuk ke Asrama Haji Sukolilo mulai hari ini. Persiapan berupa fisik dan nonfisik.

”Secara fisik, kami sudah menyiapkan sistem administrasi dan melakukan pembenahan gedung hingga detik-detik terakhir sampai lembur,” kata Kepala Bidang Haji, Zakat,dan Wakaf (Hazawa) Kanwil Depag Jatim, Najiyullah,kemarin. Hingga kini, PPIH Embarkasi Surabaya telah siap memberangkatkan 88 kloter calhaj yang berasal dari Jatim (33.551 orang), NTB (4.056), NTT (448), dan Bali (238), serta 440 petugas.

”Kloter pertama berasal dari Kabupaten Lamongan, akan masuk Asrama Haji Sukolilo pada 22 Oktober pukul 10.00 WIB dan berangkat ke Tanah Suci tanggal 23 Oktober pukul 12.15 WIB,” katanya. Untuk kloter terakhir atau kloter 87, berasal dari Kabupaten Sampang, Pamekasan, dan Surabaya. Kloter tersebut akan masuk asrama haji pada 20 November pukul 21.00 WIB dan dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci 21 November pukul 22.10 WIB.

Di sisi lain, gempa dengan kekuatan 7,9 Skala Richter yang meluluhlantakkan gedung, rumah, kantor di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) tak memengaruhi keberangkatan calhaj provinsi tersebut. Wakil Gubernur Sumbar Marlis Rahman mengatakan, calhaj kloter 1 tetap diberangkatkan sesuai jadwal semula.

Dia menambahkan, kloter 1 yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Padang melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yakni calhaj asal Kota Padang, Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman. ”Mereka akan masuk Asrama Haji Tabing Padang pada Jumat (23/10) dan diberangkatkan keesokan harinya,” katanya di Padang kemarin.(Saputra)

Selengkapnya...

Presiden SBY Umumkan Menteri KIB Jilid II

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Wapres Boediono mengumumkan susunan menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu II pada pemerintahan periode 2009-2014 di Istana Merdeka, Jakarta, tadi malam.(Foto: Sindo)

Jakarta,KBN News - Usai sudah rangkaian audisi yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menyaring para pembantunya. Berikut ini adalah susunan Kabinet Indonesia Bersatu II baru tersebut.

MENTERI KOORDINATOR

1. Menko Politik Hukum dan Keamanan : Marsekal (Purn) Djoko Suyanto
2. Menko Perekonomian : Hatta Rajasa
3. Menko Kesra : R Agung Laksono
4. Sekretaris Negara : Sudi Silalahi

MENTERI DEPARTEMEN

1. Menteri Dalam Negeri : Gamawan Fauzi
2. Menteri Luar Negeri : Marty Natalegawa
3. Menteri Pertahanan : Purnomo Yusgiantoro
4. Menteri Hukum dan HAM : Patrialis Akbar
5. Menteri Keuangan : Sri Mulyani
6. Menteri ESDM: Darwin Saleh
7. Menteri Perindustrian : MS Hidayat
8. Menteri Perdagangan : Mari E. Pangestu
9. Menteri Pertanian : Suswono
10. Menteri Kehutanan : Zulkifli Hasan
11. Menteri Perhubungan : Freddy Numberi
12. Menteri Kelautan dan Perikanan : Fadel Muhammad
13. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi : Muhaimin Iskandar
14. Menteri Pekerjaan Umum : Djoko Kirmanto
15. Menteri Kesehatan : Endang Rahayu Setianingsih
16. Menteri Pendidikan Nasional : Mohammad Nuh
17. Menteri Sosial : Salim Segaf Al Jufri
18. Menteri Agama : Suryadharma Ali
19. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata : Jero Wacik
20. Menteri Komunikasi dan Informasi : Tifatul Sembiring

MENTERI NEGARA

1. Menteri Riset dan Teknologi : Suharna Suryapranata
2. Menteri Koperasi dan UKM : Syarifudin Hasan
3. Menteri Lingkungan Hidup : Gusti Muhammad Hatta
4. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Linda Amalia Sari
5. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara : E.E Mangindaan
6. Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal : Ahmad Helmy Faishal Zaini
7. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional : Armida Alisjahbana
8. Menteri BUMN : Mustafa Abubakar
9. Menteri Pemuda dan Olahraga : Andi Alfian Mallarangeng
10. Menteri Perumahan Rakyat : Suharso Manoarfa

PEJABAT SETINGKAT MENTERI

1. Kepala BIN: Jenderal (Purn) Sutanto
2. Kepala BKPM: Gita Wirjawan
3. Ketua Unit Kerja Presiden Pengawasan Pengedalian Pembangunan: Kuntoro Mangkusubroto.(Detikcom/Saputra)

Selengkapnya...

Duel Maut Di Stadion Andi Mattalatta

PSM Makassar Lawan Persipura

Laporan : Rizal/Andi Ahmad - Makassar



Makassar, KBN News- Sebanyak 15 rbu Suporter PSM Makassar, bakal menyaksikan langsung pertandingan SuperLiga Indonesia yang mempertemukan PSM Makassar dengan Persipura Jayapura di stadion Andi Mattalatta, kamis (22/10) pkl 19.00 Wita.

Ribuan Suporter PSM menaruh perhatian kepada 2 pemain Asing PSM, Daryoush Ayyoubi dan Daniel Suarez Baroni, setelah sempat beberapa pertandingan dilarang bermain oleh PT LI terkait document berupa International Transfer Certificate (ITC), Kartu Izin Tinggal Sementara (Kitas) dan Visa yang belum dilengkapi federasi sepakbola Iran dan Brazil asal klub pemain tersebut.


Informasi mengenai tuntasnya ITC kedua pemain asing tersebut diungkapkan Assistan Manager Bidang Tekhnik, Abdul Tunggal saat jumpa pers di sekretarian PSM Jl ratulangi Rabu (20/10).” Sudah selesai, tadi sudah ada informasi dari BLI”, katanya.

Ini berarti PSM akan menurunkan Ayyoubi dan Baroni sebagai kekuatan Baru, menyusul izin dari PT Liga Indonesia (PT LI) telah tuntas.

Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh sekretaris PT Badan Liga Indonesia, Tigor Shalom Boboy dijakarta, saat KBN mengecek kebenaran melalui telpon, “Sudah boleh bermain, Dokument yang kami minta telah dilengkapi, tinggal dilakukan pengesahan saja selanjutnya dikirim melalui fax, paling lambat besok (22/10), ungkapnya.

Dengan tuntasnya ITC, kini Ayyoubi dan Baroni tak ada pilihan lain selain menampilkan permainan terbaiknya memenangkan pertandingan nanti. Ini sekaligus sebagai bayaran mahal yang akan ditebus kedua pemain tersebut dihadapan 15 ribu penonton yang bakal memenuhi stadion Andi Mattalatta.

Dalam Laga nanti, Syamsul Chaeruddin dkk bakal menampilkan ciri permainan keras PSM untuk memecah konsentrasi pemain asuhan Jacksen F Tiago, “modal Kita bermain cepat dan k eras, katanya saat sesi game sore hari di stadion Mattalatta (21/10).
Pelatih PSM, Hanafing bakal menerapkan formasi 4-4-2. mengandalkan Striker Christian Carasco dan Daryous Ayyoubi serta peran Fadly.

Persipura Ngotot Mencuri Poin

Meski tampil di kandang PSM Makassar , tak membuat nyali Jacksen F Tiago ciut, Dalam pertandingan nanti Timnya akan bermain maksimal dengan konsentrasi tinggi,apalagi Jacksen memastikan Erol Iba bisa tampil lagi setelah mengalami cedera “kita ingin meraih poin penuh, ini menjadi target kami” tandasnya

Selengkapnya...

SBY Umumkan Susunan KIB II Malam Ini

Foto: RMonline.

Jakarta, KBN News- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (19/10) sore telah menyelesaikan proses uji kelayakan para calon menteri yang akan menduduki posisi di Kabinet Indonesia Bersatu II mendatang.

Menurut rencana, para calon menteri yang telah lolos seleksi itu akan diumumkan oleh Presiden SBY pada malam ini (Rabu, 21/10), di Puri Indah Cikeas, Bogor.

“Insya Allah diumumkan hari ini, kemungkinan malam,” kata sumber terdekat dari kalangan Istana Negara ini sesaat lalu, seperti dikutif Rakyat Merdeka Online.

Kendati masih ada calon menteri yang akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto,pagi ini, namun pengumuman susunan menteri di KIB jilid II tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

“Itu (pemeriksaan kesehatan calon menteri) masalah teknis saja,” terang sumber tersebut.(Saputra)
Selengkapnya...

Pasca Pelantikan Presiden, Jakarta dan Bekasi Diserbu Demostran

Foto: RMOL.

Jakarta, KBN News- Pasca pelantikan SBY-Boediono sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2009-2014 di gedung DPR/MPR RI, hari ini (Rabu, 21/10) sebanyak tiga aksi unjuk rasa akan mewarnai sejumlah tempat di ibukota Jakarta dan Bekasi.


Seperti dilansir dari Rakyat Merdeka online Polda Metro Jaya, aksi pertama dilakukan di depan Istana Negara yang berlokasi di Jalan Merdeka Utara Jakarta Pusat pada pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Aksi kedua akan berlangsung pada pukul 10.00 – 14.00 WIB di dua lokasi yakni Bundaran Hotel Indonesia dan depan Istana Negara. Untuk aksi unjuk rasa terakhir akan berlangsung di depan Pengadilan Negeri Bekasi pada pukul 10.00 WIB.

Belum dketahui berapa jumlah massa yang akan terkibat dalam aksi unjuk rasa. Namun, kepada pengguna jalan diimbau menggunakan jalur alternatif untuk menghindari lokasi demonstrasi tersebut yang dikuatirkan rawan kemacetan. (Saputra)
Selengkapnya...

Pengurusan KTP dan KK Gratis di Makassar Masih Lamban

Laporan: Ishak- Makassar



Makassar,KBN News-Program Iasmo yang menjanjikan KK, Dan KTP gratis dalam janji-janji politiknya pada Masyarakat saat masih Pilwali di Makassar, sudah berjalan dan sebagian besar warga sudah menikmati janji tersebut dan sebagian besar Program Iasmo Gratis masih dikeluhkan

Warga berharap pelayanan pengurusan KTP dan KK gratis pada tiap kecamatan di kota Makassar berjalan dengan mudah dan lancar, namun ternyata selama ini Program yang sudah berjalan beberapa bulan, proses Admistrasinya di Kecamatan sangat bertele-tele.

Sejauh ini menurut Hartono, semestinya Progrsm Iasmo gratis, dibarengi dengan sistem pelayanan yang cepat, sehingga segala urusan seperti pengurusan Jamkesmas yang mendesak bisa diselesaikan tepat waktu tanpa bolak-balik dan menghemat biaya transportasi yang ia keluarkan berkisar Rp. 20 Ribu Rupiah.

"kalau prosesnya terlalu lambat seperti harus Ambil nomor lalu menunggu lagi hari dan tanggal yang sudah di cantumkan kayaknya sangat berat waktu yang kami lakukan, "ungkap Hartono kepada KBN News saat menunggu pengurusan KTP di Kantor Kecamatan Makassar, Selasa (20/10).

Sementara itu Kepala Kecamatan Makassar saat dikonfirmasi di kantornya terkait pengurusan KTP dan KK gratis yang lambat,tidak berhasil ditemui. "Bapak lagi tidak berada ditempat,"kata salah seorang stafnya.
Selengkapnya...

Samsat Makassar Layani Perpanjangan STNK di Mall

Kadispenda Sulsel: Pelayanan Gerai Samsat Sayang Hanya Sampai Lima Menit.

Andi Ahmad- Makassar

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang didampingi Kadispenda Sulsel, H. Arifuddin Dahlan.

Makassar, KBN News-Tahun 2009 ini,tingkat penjualan kendaraan bermotor di Sulsel mencapai 240.000 unit dan 162.000 unit di antaranya kendaraan roda dua. Menurut Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo,pajak kendaraan masih menjadi primadona bagi pemerintah daerah untuk membiayai pembangunan di luar dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU). Dia mengatakan,pertumbuhan penjualan tersebut disebabkan makin membaiknya ekonomi Sulsel. ”60% APBD saat ini di-support pajak kendaraan bermotor.
Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo mengatakan sektor penerimaan ini masih menjadi primadona PAD.Adapun Pajak kendaraan bermotor menyumbang 60% dari total pendapatan asli daerah (PAD) Sulsel yang jumlahnya mencapai Rp920 miliar.

Peresmian juga dilakukan di Kantor Samsat Belopa Kabupaten Luwu dan Samsat Malili Kabupaten Luwu Timur. Salah satu kelebihan Gerai Samsat Sayang adalah soal kecepatan pelayanan. Untuk menyelesaikan proses pembayaran pajak kendaraan bermotor hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit. Tapi, hal itu bisa tercapai target jika kelengkapan berkas, seperti KTP, STNK, dan BPKB, dipenuhi, jelas Syahrul Yasin Limpo aat meresmikan penggunaan Gerai Samsat Sayang di Mal Makassar Town Square (M’Toz, Senin (19/10).

Usai peresmian Gerai Samsat Sayang ini Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Kapolda Sulsel Irjen Pol Adang Rochjana, dan Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang meninjau langsung gerai tersebut.Pelanggan pertama hanya membutuhkan waktu maksimal tiga menit mulai pendaftaran STNK hingga penyerahan di counter yang terletak di lantai 2 tersebut.

Gubernur mengatakan, dengan adanya gerai Samsat di pusat perbelanjaan, akan semakin memudahkan masyarakat mengakses pelayanan pajak kendaraan. Dengan demikian, tidak akan ada lagi kendaraan baik mobil ataupun motor yang bersoal akibat keterlambatan pembayaran pajak.

Sementara itu Kapolda Sulsel Adang Rochjana mengatakan,Gerai Samsat yang dibangun atas pembiayaan Pemprov Sulsel tersebut diharapkan menjadi langkah untuk memberikan pelayanan masyarakat yang lebih cepat dan transparan.Pasalnya, waktu pengurusan yang cepat meminimalisasi adanya praktik di luar aturan.

Dan Menurut Kadis Pendapatan Daerah Sulsel, H. Arifuddin Dahlan menjelaskan pula bahwa pengurusan perpanjangan STNK di Gerai Samsat Sayang ini hanya butuh waktu lima menit. "Pelayanan di gerai samsat akan kita optimalkan. Pemilik kendaraan yang datang mengurus STNK bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu lima menit,"jelasnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Andi Mudzakkar mengatakan, dengan diresmikannya kantor Samsat secara simbolis oleh Gubernur Sulsel, akan semakin memudahkan pembayaran pajak kendaraan di Kabupaten Luwu. Diharapkan, pengoperasian kantor tersebut akan menggenjot PAD.
Selengkapnya...

Jamsostek Investment Ditargetkan Beroperasi 2010

Sanco Simanullang- Medan

(Foto: Humas/Sanco Simanullang)

Medan, KBN News- PT Jamsostek menargetkan, Jamsostek Investment Company--anak perusahaan BUMN itu yang bekerja sama dengan Islamic Cooperative Development anak perusahaan Islamic Development Bank, bisa dioperasikan dalam kwartal I 2010 untuk mempercepat penarikan dana dari Timur Tengah.

"Tahap pembentukan JIC (Jamsostek Investment Company) itu sedang dalam tahap penetapan konsultan setelah tender dilaksanakan untuk pembuatan flesibility study dan tentunya menunggu izin resmi dari Meneg BUMN dan Menkeu," kata Dirut PT Jamsostek, Hotbonar Sinaga, di Medan, Rabu.
Hotbonar berada di Medan dalam kunjungan kerjanya ke kantor Kanwil I Jamsostek yang juga membawahi Jamsostek wilayah Sumatera Barat yang akhir September lalu dilanda gempa.

Menurut dia, secara lisan Meneng BUMN dan Menkeu menyetujui gagasan pendirian JIC yang dimaksudkan Jamsostek untuk memperluas investasi secara langsung yang akhirnya berdampak pada semakin meningkatnya jumlah kepesertaan jamsostek dam layanan Jamsostek ke peserta.

"IJC juga dibentuk dalam upaya menarik dana negara Timur Tengah melalui IDB yang cukup besar dan selama ini masih hanya dinikmati negara lain seperti Malaysia," katanya yang didampingi Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero), H Mas`ud Muhammad.

Dia menyebutkan enam konsultan dimana empat konsultan adalah konsultan "raksasa" itu sudah mengikuti tender dan diharapkan minggu ketiga bulan ini sudah ada penetapan pemenang sehingga satu atau tiga bulan ke depannya flesibility juga sudah rampung.

Presentasi tentang pembentukan JIC dengan segala peluangnya tentunya juga akan dilakukan termasuk di jajajaran komisaris, katanya.

Hotbonar yang diangkat jadi Dirut Jamsostek sejak Februari 2007 itu menjelaskan, dalam JIC itu, kepesertaan modal Jamsostek untuk modal setor yang totalnya sebesar Rp1 triliun, akan lebih besar atau sebanyak 51 persen dan sisanya 49 persen oleh Islamic Cooperative Developmnet (ICD).

"Karena tujuan pendirian JIC itu untuk meningkatkan kepesertaan dan layanan kepada peserta Jamsostek, maka fokus bisnis yang akan dijalankan IJC adalah proyek-proyek yang padat karya seperti pembangunan infastruktur mulai jalan, jalan tol, bandara, dan pembangunan pelabuhan bahkan ikut dalam kepesertaan modal dalam suatu perusahaan rumah sakit atau klinik," kata Hotbonar.

Mantan sejumlah perusahaan seperti Dirut PT. Asuransi Berdikari itu menegaskan, pendirian JIC itu sendiri payung hukumnya antara lain PP Nomor 22 tahun 2004 tentang Pengelolaan dan Investasi Dana Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang akan direvisi.

"Perlu diketahui pembentukan JIC itu awalnya karena tidak leluasanya Jamsostek mengembangkan investasinya akibat adanya batasan-batasan untuk investasi bagi PT Jamsostek dalam PP No 22 itu seperti investasi langsung yang hanya boleh maksimum lima persen dari total investasi," katanya.

Padahal dana Jamsostek untuk diinvestasikan cukup besar atau dewasa ini berkisar Rp75 triliun dimana 90 persennnya merupakan dana jangka panjang karena berupa iuranan Jaminan Hari Tua (JHT), katanya.(*)

Selengkapnya...

Dirut :Pertamina Tidak Perpanjang Kontrak Blok Mahakam

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Karen Agustiawan (Foto: vivanews)

Fitri Nur Arifenie- Jakarta.

Jakarta, KBN News-PT Pertamina (Persero) tampaknya harus menahan sabar untuk
memiliki kuasa di beberapa blok Minyak dan Gas. Menurut Menteri Energi
dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro mengatakan proses
perpanjangan 6 blok Minyak dan Gas akan menjadi kebijakan menteri yang
baru.

"Itu tergantung dari menteri selanjutnya," ujar Purnomo, Jumat (16/10).

Pasalnya, hingga saat ini Peraturan Menteri (Permen)
yang membahas term dan condition terkaitan perpanjangan blok Migas
tersebut belum bisa selesai. Alasannya, karena Purnomo tidak ingin
penyelesaian Permen tersebut terlalu terburu- buru diselesaikan pada
masa kepemimpinannya yang hanya tinggal menghitung hari.

Sama seperti Purnomo, Dirjen Migas, Departemen ESDM, Evita Legowo
mengatakan proses perpanjangan blok masih dalam tahap finalisasi dan
kita tidak ingin menyelesaikan pada saat-saat terakhir ini. "Kalau
sudah ada menteri baru kita akan selesaikan Permen dan putuskan secara
resmi” ujar Dirjen Migas, Evita Legowo,

Menurut Purnomo, dalam perpanjangan blok tersebut, nantinya Pertamina
akan mendapatkan prioritas utama penawaran blok-blok migas yang sudah
habis masa kontraknya, sebelum Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS)
pengelola sebelumnya ingin memperpanjang masa kontraknya lagi.

Evita bilang, dari 6 blok yang akan segera habis masa kontraknya dan
sudah ditawarkan kepada Pertamina, tiga diantaranya tidak diminati
Pertamina, dua blok kemungkinan diinginkan Pertamina, satu lagi ini
apabila ada share down. Pertamina akan mempunyai hak sebagai first
right of refusal.

"Kita sudah berikan surat pemberitahuan kepada BP Migas terkait
dengan keinginan Pertamina untuk ikut serta dalam blok tersebut,"
beber Evita.

Sementara itu, Kepala BP Migas , R. Priyono, salah satu blok yang
diminati adalah blok Kodeco. Selain itu, sebelumnya Pertamina telah
berminat pada blok Mahakam R. Priyono menyatakan bahwa proses
negosiasi untuk blok Kodeco antara Pemerintah dan Pemerintah Korea
Selatan dan sedang mempersiapkan formula yang tepat terkait hal
tersebut.

“Kami juga menghargai adanya G2G antara pemerintah dengan pemerintah
Korea (untuk Kodeco). Jadi formula
ini akan kami rekomendasikan kepada menteri ESDM. Kita harapkan siang
ini ada rekomendasi kita kirimkan kepada bapak menteri” kata Priyono

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Karen
Agustiawan membenarkan bahwa Pertamina tidak mengikuti semua
perpanjangan kontrak blok tersebut karena Pertamina sudah memiliki
focus area yang sesuai dengan rencana jangka panjang Pertamina.

“Jadi dari 6 kita tertarik dengan 2, yang satu lagi adalah apabila
operator tersebut akan melakukan share down, yang mungkin ada
previlage menanyakan dulu ke Pertamina” ungkap Karen.

Nama-nama keenam blok yang sedang dibahas perpanjangan kontraknya
adalah Blok Mahakam dengan operator Total E&P Indonesie, Blok A oleh
Medco EP Indonesia, South and Central Sumatra oleh Medco, West Madura
Offshore oleh Kodeco Energy Ltd, Bawean oleh Camar Resources, dan
Onshore Ltd.


Selengkapnya...

PLN Jamin Pemadaman Bergilir Berakhir Desember 2009

Puluhan Wartawan diboyong Ke Bakaru Hari Ini



Makassar, KBN News-Untuk memperlihatkan kondisi sebenarnya PLTA Bakaru, maka PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara (Sultanbatara) memboyong puluhan wartawan dari Makassar ke Bakaru, Kabupaten Pinrang Sabtu (17/10) hari ini.

Kegiatan ini telah beberapa kali dilakukan PLN setiap kali terjadi pemadaman listrik yang salah satu penyebabnya karena debit air PLTA Bakaru berkurang sehingga tenaga listrik yang dihasilkan di bawah normal.

Sebelumnya, Branch Manager PT PLN Wilayah Sultanbatara Cabang Makassar, Yuyun Mimbar Saputra, menjamin pemadaman bergiliran atau mati lampu berakhir pada Desember 2009. Jaminan ini disampaikan kepada anggota DPRD Makassar.

Katanya, Desember nanti sejumlah pembangkit listrik di Sulsel diperkirakan sudah beroperasi maksimal. Legislator menilai PLN tidak mempunyai plan (rencana) karena selalu menyalahkan alam.

Yuyun mengatakan itu setelah didesak oleh legislator PDK, Mustagfir Sabri, yang meminta kepastian waktu. "Tidak usah bertele-tele Pak, kapan PLN menjamin pemadaman bergiliran berakhir?" cecar Moses, sapaammya.

Yuyun menjelaskan, Desember nanti lampu tidak akan "byar pet" karena PLTG Sengkang yang menyuplai listrik 60 MW akan normal. Selain itu, PLTA Bakaru juga akan berfungsi maksimal dengan menghasilkan 126 MW. Itu belum termasuk genset yang akan disewa PLN sebesar 30 MW, seperti dikutif dari Tribun.

Untuk memaksimalkan Bakaru, PLN akan membuat hujan buatan selama 20 hari berturut-turut pada akhir bulan ini hingga tibanya musim hujan.

"Jika Bakaru, Sengkang, dan genset berfungsi maksimal kita harap tidak ada lagi pemadaman di bulan Desember," ujarnya pada Tribun usai rapat yang melelahkannya itu. Melelahkan karena ia terus mendapat pertanyaan tajam dari 20- an dewan.

Untuk meminimalkan pemadaman saat ini, PLN sudah meminta pengusaha yang termasuk pengguna daya listrik besar menggunakan genset siang dan malam hari. Namun ini dinilai berat oleh pengusaha karena biaya operasional mereka meningkat 100 persen untuk membeli solar industri.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

SBY Panggil Calon Menteri Mulai Hari Ini



Jakarta, KBN News- Presiden RI terpilih Susilo Bambang Yudhoyono Sabtu (17/10) akan mulai memanggil sejumlah calon menteri yang akan masuk dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II di kediaman pribadi Puri Cikeas, Bogor.
"Sabtu pukul 10.00 SBY (Presiden-Red) mulai panggil calon menteri yang telah dihubunginya. Mungkin besok dari pagi sampai selesai separuh (dari 34 calon menteri) dulu, kemudian besoknya (Minggu, 18/10) separuhnya lagi," kata Juru Bicara Presiden Andi Malarangeng di Jakarta, Jumat, (16/10)

Namun, katanya, kalau belum selesai bisa dilanjutkan pada Senin (19/10).

Menurutnya, calon menteri yang hadir Sabtu besok adalah nama-nama yang sudah dihubungi oleh SBY pada Kamis (15/10) lalu, sementara calon yang hadir pada Minggu adalah nama-nama yang ditelepon pada Jumat malam ini.

"Sampai malam ini SBY masih menghubungi beberapa nama lagi," tambahnya.

Dikatakannya, pada saat pemanggilan, para calon menteri diminta untuk menandatangani pakta integritas dan kontrak kerja yang telah disiapkan oleh SBY dan Wapres terpilih Boediono.

"Setelah itu mereka keesokannya bisa melakukan tes kesehatan di rumah sakit Gatot Subroto," ujarnya.

Mengenai kabar, sejumlah kementerian dan departemen akan dibantu oleh seorang wakil menteri, Andi tidak membantahnya dan menjelaskan bahwa hal itu sangat mungkin sekali terutama untuk kementerian atau departemen yang memiliki ruang tugas yang sangat luas.

"Itu dimungkinkan sekali untuk memudahkan kerja, tetapi apakah ada atau tidak dalam kabinet mendatang, tunggu saja kabarnya besok," tukasnya, seperti dikutif berita8.

Sebelumnya, Presiden SBY menegaskan bahwa jumlah menteri dalam KIB II sebanyak 34 orang, sesuai jumlah maksimal yang diatur dalam UU nomor 39/2008.(Saputra)


Selengkapnya...

PLN Masih Kekurangan Dana Untuk Proyek 10.000 MW Tahap II,

Fitri Nur Arifenie- Jakarta.

Foto: Okezone.com.

Jakarta, KBN News-PT PLN (Persero) masih membutuhkan pendanaan untuk
pembangunan proyek 10.000 megawaat sekitar US$ 450 juta dan Rp 2
triliun. Pendanaan tersebut untuk membiayai 5 proyek PLTU. Hal
tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama PLN Fahmi Muhtar, Rabu
(14/10).
"Pendanaan akan berasal dari partner lokal seperti BRI dan asosiasi
bank daerah. Mereka sudah berminat dan mungkin akan konsorsium," ujar
Fahmi.

Fahmi merinci, beberapa proyek yang masih memerlukan pendanaan adalah
Tanjung Awar-awar sebesar US$ 371 juta dan Rp 1,1 triliun. Kemudian
ada PLTU Tanjung Balai Karimun sebesar US$ 7 juta dan Rp 71 miliar.
PLTU Bengkalis sebesar US$ 8 juta dan Rp 132 miliar. Keempat adalah
PLTU Riau Selat Panjang US$ 9 juta dan Rp 111 miliar. Kelima, PLTU
Parit Baru sebesar US$ 62 juta dan Rp 300 miliar.

"Semuanya ada di luar jawa, kecuali untuk Tanjung awar-awar ada di
Cilacap. Tanjung Awar-awar kemungkinan pendanaan dari China karena
jumlahnya besar," terang Fahmi.

Hari ini, Rabu (14/10) PT PLN (Persero) menandatangani kesepakatan
perjanjian pinjaman untuk proyek percepatan 10.000 mw tahap I.
"Dengan ditandatanganinya loan agreement untuk 4 PLTU trsebut maka
dalam rangka proyek percepatan 10.000 MW sebesar 91 % USD dan 98 %
posi rupiah sudah secure," tutur Fahmi.

Beberapa perjanjian pinjaman yang akan ditandatangani adalah, Pertama,
antara PT PLN dengan konsorsium Bank plat merah (BRI, Mandiri dan
BNI). Perjanjian pinjaman dengan konsorsium bank plat merah ini, untuk
permbangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tarahan Lampung dan
PLTU Pangkalan Susu sumut.

"PLTU tarahan 2x100 MW dengan leader BRI equivalent US$ 119 juta
untuk masa 10 tahun," ungkap Fahmi. Sebelumnya, untuk pembangunan
proyek PLTU Tarahan, PLN sudah menandatangani pinjaman dalam bentuk
rupiah dengan bank Mega sebesar Rp 460 miliar.

Sedangkan untuk PLTU Pangkalan Susu Sumatera Utara 2x200 MW dengan
konsorsium yang dipimpin oleh BRI equivalent US$ 209 juta. "Pinjaman
ini untuk jangka waktu 10 tahun," terang Fahmi. Sebelumnya PLN juga
sudah mendapatkan pinjaman rupiah dari bank Mega sebesar Rp 781
miliar.

Kedua, PLN akan menandatangani pinjaman dengan bank pembangunan China
(ICBC) untuk pembangunan PLTU Teluk Sirih, Sumatera Barat. Proyek PLTU
Teluk Sirih ini memiliki kapasitas 2x112 mw. Total uang yang akan
dipinjam adalah US$ 138 juta untuk jangka waktu 13 tahun. Sebelumnya,
untuk proyek PLTU Teluk Sirih ini, PLN sudah melakukan kesepakatan
dengan asosiasi bank daerah sebesar Rp 521 miliar.

"Ketiga pembangkit tersebut akan memperkuat sistem interkoneksi
sumatra yang bebannya saat ini sudah hampir mencapai 2500 MW mulai
dari Aceh hingga Lampung," kata dia.

Untuk perjanjian pinjaman dengan bank ICBC, Selain untuk pembangunan
proyek Teluk Sirih, PLN juga meminjam untuk pembangunan PLTU Adipala
Suprecritical dengan kapasitas 1x660 MW. Pembangunan PLTU ini
lokasinya terletak di Jawa Tengah. "Untuk porsi USD dan rupiah
equivalent US$ 625 juta untuk masa 13 tahun," imbuh dia.

Penyelesaian pembangunan keempat PLTU tersebut akan sesuai jadwal yang
telah direncanakan. PLTU Tarahan dan PLTU Pangkalan Susu akan
beroperasi pada 2010. Sedangkan PLTU Teluk Sirih akan beroperasi pada
2011 dan PLTU Adipala diperkirakan akan beroperasi pada 2012.

Dengan perjanjian kerjasama tersebut, PLN telah mendapatkan pendaan
sebesar US$ 4,472 miliar dan Rp 19 triliun. Rinciannya, untuk proyek
yang berlokasi di Pulau Jawa adalah US$ 3,456 miliar dan Rp 13,3
triliun. Sedangkan untuk proyek yang berlokasi di luar Pulau Jawa
adalah US$ 1,016 miliar dan Rp 5,7 triliun.


Selengkapnya...

2009, Jamsostek Raih Laba Rp 75 Triliun

Sanco Simanullang- Medan

Foto:Humas/Sanco Simanullang

Medan, KBN News- Laba yang diperoleh PT Jamsostek (Persero) hingga Agustus 2009 sebesar Rp 75 Triliun membuat perusahaan negara plat merah ini terus meningkatkan pelayanan terhadap para peserta jamsostek.
Pelayanan yang diberikan kepada para peserta tersebut berupa imbal hasil semaksimal mungkin. “Setiap tahun 1,5 hingga 2 persen di atas bunga deposito kita memberikan imbal hasil kepada para peserta melalui program Jaminan Hari Tua (JHT),” ujar Direktur Utama PT Jamsostek (Persero) Hotbonar Sinaga didampingi Kepala Kanwil I PT Jamsostek (Persero) DR H Mas’ud Muhammad MM dalam temu wartawan di Kantor Jamsostek Jalan Pattimura, Rabu (14/10).

Dengan laba yang semakin meningkat, jamsostek akan berupaya meningkatkan suku bunga imbal hasil tersbeut kepada para peserta jamsostek. “Kita berharap, kita bisa menerapkan 10 persen bagi para peserta nantinya. Ini janji. Dan saya yakin janji ini bisa dipenuhi,” tegasnya seraya menambahkan imbal hasil ini merupakan manfaat langsung yang bisa dirasakan para peserta jamsostek.

Jika bicara manfaat lain adalah pelayanan. Tidak dipungkiri, pelayanan memang masih terdapat banyak kekurangan. “Namun, jamsostek berupaya terus meningkatkan pelayanan tersebut kepada para pesertanya,” cetusnya.

Memang, lanjut Bonar, di beberapa tempat masih terjadi kekurangan-kekurangan. Meski demikian, tidak dipungkiri pula bahwa pelayanan klaim di beberapa tempat juga sudah bisa dilakukan tepat waktu. “Yang jelas, memang tidak adalah yang sempurna jika berkaitan dengan pelayanan,” akunya.

Dikatakan Bonar, berkaitan dengan pelayanan Jaminan Pelayanan Kesehatan (JPK), diakui Bonar pihaknya sudah melakukan survey di beberapa lokasi. Faktanya, ada tren kepuasan peserta meningkat. Pun demikian, pihaknya akan terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan pelayanan.

Pelayanan lain yang juga dilakukan oleh jamsostek adalah pengalokasian dana untuk Peningkatan Kesejahteraan Peserta (PKP), Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP) dan beberapa program lain yang diperuntukkan bagi peserta, keluarga peserta bahkan non peserta.

“Yang dialokasikan untuk publik berupa pembangunan jalan, pembangunan rumah ibadah dan lainnya. Kita sudah mengalokasikan dananya,” jelasnya.

Dikatakan Bonar, untuk tahun 2008, jamsostek sudah mengembalikan dana peserta dalam bentuk imbal hasil. Dari Rp 1,7 triliun, 70 persen dikembalikan kepada peserta dalam bentuk menambah JHT masing-masing peserta. Pada 2007 lalu, jamsostek mengembalikan dana tersebut sebesar 50 persen.

Selain itu, untuk klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) hingga menyebabkan kematian yang di tahun-tahun sebelumnya hanya mengeluarkan 35 bulan gaji sudah bertambah dibayar sebayak 48 gaji peserta. “Ke depan kita berencana meningkatkannya lagi menjadi 54 bulan gaji,” cetus Bonar.(Saputra)
Selengkapnya...

Jamsostek Sediakan Dana Untuk Korban Gempa Sumbar Rp24 Miliar

sanco simanullang- Medan


Medan, KBN News-Direktur Utama PT Jamsostek (Persero) Hotbonar Sinaga memprediksi sekitar 200 orang peserta jamsostek meninggal dunia akibat gempa di Sumatra Barat. Namun, baru 67 kasus yang ditemukan dan telah diproses pembayaran klaimnya. Sementara luka luka sekitar 203 orang.

"Dari Jamsostek telah siap membayar klaim, namun sebagian ahli waris belum siap, dengan berbagai alasan. Jadi baru delapan orang yang telah dibayarkan, sebesar Rp1,4 miliar," katanya kepada para wartawan di Medan, Rabu (14/10).

PT Jamsostek menurutnya telah menyiapkan Rp24 miliar, dengan asumsi korban sampai 200 orang yang menjadi peserta jamsostek. Berdasarkan ketentuan, lanjut dia, setiap orang yang menjadi korban mendapatkan santunan 48 kali gaji.

Pembayaran yang akan dilakukan, kata dia, ada yang diberikan kepada pimpinan cabang Bank Internasional Indonesia (BII) yang menjadi korban gempa. “Jumlahnya sebesar Rp1 miliar,” tuturnya.

Menurut dia, Jamsostek merupakan yang pertama membayarkan klaim untuk korban gempa Sumbar. Bukan itu saja, lanjut Hotbonar, selain menyalurkan jaminan kecelakaan kerja untuk pekerja yang meninggal dunia saat gempa, Jamsostek juga menyalurkan bantuan untuk korban gemba yang masih hidup berupa selimut, obat-obatan, susu, dan makanan berupa mi instan dan biskuit serta membangun sejumlah tenda. "Bantuan ditaksir mencapai senilai Rp600 juta," jelasnya.

Kakanwil PT Jamsostek Wilayah I Sumut, Aceh dan Sumbar Dr. H. Mas’ud Muhammad MM mengatakan telah membayarkan klaim atas nama Budi Susanto, 27, juru masak Hotel Ambacang sebesar Rp 51.166.550 kepada ahli warisnya. Selain Budi Susanto, korban lainnya yang juga karyawan Hotel Ambacang adalah Tarita Yuliani. Dipastikan, hanya keduanya yang merupakan karyawan Hotel Ambacang yang meninggal dunia saat gempa.

Bantuan Jamsostek, kata dia, juga telah diserahkan kepada Gubernur Sumatra Barat Gamawan Fauzy sebesar Rp 175 juta, dengan rincian untuk Kota Padang Rp100 Juta dan Kabupaten Pariaman Rp75 Juta. "Kita siap menerima laporan masyarakat, jika masih ada peserta jamsostek yang menjadi korban gempa, silakan datang ke kantor kita di Padang, akan segera dibayarkan," tegasnya.

Dia mengakui sampai saat ini pendataan korban kecelakaan kerja akibat gempa di Sumbar terus dilakukan kantor cabang Jamsostek di Padang. Masalahnya, kata dia, dari 200 orang yang diduga meninggal dan masuk peserta Jamsostek, sekitar 100 orang terdaftar di kantor Jamsostek Padang dan 100 lagi dari kantor pusat.

Sementara itu, Dirut Jamsostek juga mengakui akan melakukan kerja sama dengan Islamic Cooperative Development (ICD) membentuk Jamsostek Invesment Company (JIC).

“Kami sedang menunggu izin dari Menneg BUMN dan rapat umum pemegang saham. Diperkirakan kwartal I/2010, JIC sudah beroperasi,” tegasnya.

Dia mengakui komposisi pemegang saham pada anak perusahaan itu adalah Jamsostek 51%, ICD sekitar 49%, dan lembaga lain yang mau masuk diberikan porsi yang lebih kecil,” tuturnya.

Sejauh ini Hotbonar mengakui modal disetor perusahaan ini mencapai Rp1 triliun, dimana Jamsostek akan mengambil porsi sekitar Rp600 miliar. (Saputra)
Selengkapnya...

6.896 Jamaah Haji Sulsel Siap Diberangkatkan

Kloter I Dilepas Gubernur Sulsel Tgl 23 Oktober.

Laporan: Andi Ahmad-Makassar.



Makassar, KBN News-Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan akan melepas calon jamaah haji (CJH) yang tergabung di kloter pertama asal Kota Makassar, 23 Oktober mendatang. Pelepasan akan berlangsung di Bandara Sultan Hasanuddin.

Sekitar 352 jamaah Makassar disebutkan mulai masuk asrama, 22 Oktober pukul 09.00 wita. Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin diagendakan akan menyerahkan CJH kloter perdana ke Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin. Kepala Seksi (Kasie) Perjalanan dan Sarana Haji Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) Sulsel, Imran Abbas, Senin (12/10), mengatakan, persiapan penyambutan jamaah haji di Asrama Haji Sudiang sudah rampung. "Kita sudah siap untuk menerima. Pokoknya tinggal menunggu take off pertama nanti. Insya Allah, gubernur Sulsel akan melepas jamaah," katanya di Makassar kemarin, seperti dikutip dari Situs informasihaji.

Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dijadwalkan memberangkatkan 6.896 jamaah haji dari 23 kabupaten/ kota. Makassar mendapatkan kuota terbesar 1.086 jamaah, disusul Bone yang akan melepas 706 CJH maupun Kabupaten Gowa dengan 569 orang. Kepala Kantor Departemen Agama (Kakandepag) Makassar Abdul Wahid mengimbau seluruh CJH di kota ini untuk kembali mengikuti manasik akbar tingkat kota kedua yang dijadwalkan digelar di Masjid Al Markaz Al Islami 18 Oktober nanti sekaligus sebagai pelepasan CJH daerah ini. Sebelumnya, kegiatan serupa sudah berlangsung di Masjid Raya Makassar, Rabu, 30 September lalu.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom