Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

H.Sakaruddin Siap Sejahterakan Masyarakat Luwu Lima Tahun Kedepan



Drs H Sakaruddin MSi menyatakan siap memimpin Luwu Utara sebagai bupati lima tahun ke depan, periode 2010-2015. Ia juga menyatakan siap mengabdikan diri untuk kemajuan kabupaten pemekaran Luwu itu. Pula Sakaruddin menyatakan siap mensejahterakan masyarakat Luwu Utara yang mayoritas petani, baik petani sawah, kebun dan tambak, karena saat ini sebagian mereka masih dibelit kemiskinan.

"Masalah kemiskinan merupakan tugas utama yang akan saya entaskan saat memimpin Luwu Utara lima tahun mendatang. Insya Allah, kalau saya mendapat amanah jadi bupati, maka masyarakat Luwu Utara akan keluar dari belenggu kemiskinan," ungkap Sakaruddin dalam salah satu petikan wawancaranya dengan Koresponden Abduh Bakri Pabe di Luwu Utara. Nah, berikut nukilan wawancara sang calon kepala daerah berjuluk 'Bupatinya petani dan orang miskin' ini yang menyatakan keyakinannya bisa memenangkan pilkada hanya satu putaran.

-----------------------------------------------------------------------

Selamat Anda bersama calon wakilnya, H Achmad Ridha sukses melaksanakan kampanye di hari pertama. Massa pendukung SAR benar-benar membeludak. Apakah ini satu isyarat bagi SAR untuk memenangkan Pilkada Luwu Utara satu putaran?

Pertama-tama saya mengucapkan lima terima kasih yang setinggi-tingginya kepada simpatisan, relawan, dan pendukung SAR yang mengikuti kampanye SAR. Tanpa mereka kami tidak ada apa-apanya. Saya juga menyampaikan permohonan maaf setinggi-tingginya kepada para pengguna jalan trans Sulawesi yang terganggu mulai pukul 13:00-22.00 Wita karena membeludaknya rombongan SAR saat kampanye lalu.
Jujur saja, saya bersama calon wakil saya, termasuk tim pemenangan, tidak pernah menyangka massa simpatisan dan relawan SAR akan membeludak sebesar itu. Kami hanya menargetkan massa sekitar 20-an ribu, tetapi yang hadir mencapai 85 ribu orang. Ini sangat luar biasa. Ini satu tanda-tanda kemenangan di depan mata bagi SAR. Apalagi kami tidak pernah memobilisasi massa dari luar Luwu Utara.
Membeludaknya massa simpatisan dan relawan serta pendukung SAR yang hadir saat kampanye, tentu saja semakin menambah keyakinan saya bahwa SAR sangat diinginkan dan didambakan untuk memimpin Luwu Utara lima tahun ke depan. Apalagi saat kampanye dimana hujan lebat turun, massa benar-benar fanatik sehingga tidak ada yang lari meninggalkan lapangan. Ini jelas bahwa tidak ada massa bayaran yang hadir. Dan karena itu, Insya Allah, SAR akan memenangkan pilkada Luwu Utara satu putaran.

Anda begitu yakin bisa memenangkan Pilkada Lutra satu putaran?
Ya, sejak awal saya bersama pasangan saya yakin dan optimis akan menang satu putaran. Keyakinan kami semakin bertambah setelah kampanye, karena pendukung SAR benar-benar dan nyata di atas angka 85 ribu orang, sehingga kemenangan satu putaran bagi SAR bukan hal mustahil.
Saya juga yakin memenangkan pilkada satu putaran, karena dari berbagai hasil survei yang dilakukan lembaga survei independen, tingkat popularitas dan elektibilitas SAR mengungguli calon lainnya. Dan beberapa survei terkini jelang pemilihan, SAR diunggulkan memenangkan pilkada hanya satu putaran meski pasangan calon yang maju sembilan pasangan. Dan tentunya, Pilkada satu putaran bertujuan menghemat anggaran daerah, sehingga sejak awal SAR sudah menargetkan untuk memenangkan pilkada satu putaran.


Jika Anda terpilih memimpin Lutra periode 2010-2015, persoalan pelik seperti kemiskinan, pengangguran, dan banjir akan menghadang Anda mulai tahun pertama sampai tahun kelima. Bagaimana menurut Anda?
Memang disadari, persoalan kemiskinan, penangguran dan banjir merupakan masalah serius di Lutra. Menurut saya, kemiskinan meningkat di Lutra bukan sepenuhnya karena kesalahan pemerintah saja. Begitupun penangguran tinggi tidak sepenuhnya kesalahan pemerintah. Namun perlu digarisbawahi, masalah kemiskinan dan penangguran bisa diatasi asalkan bupati sebagai kepala daerah memiliki kreativitas bagaimana mensejahterakan rakyatnya. Bupati harus peka dan tidak menutup mata dari rakyatnya.

Lantas bagaimana dengan persoalan banjir?
Banjir yang melanda Lutra selama ini sebenarnya tidak bisa diselesaikan secara lokal dengan hanya mengandalkan dana APBD. Masalah banjir di Lutra sebenarnya sudah menjadi masalah nasional, sehingga perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah pusat melalui pengucuran anggaran yang besar dari APBN.
Di sinilah peran bupati dituntut untuk bisa mendatangkan dana APBN yang besar untuk program penanggulangan banjir. Dan saya akan menjadikan banjir Lutra sebagai masalah nasional dengan terjun langsung ke pusat untuk melobi anggaran bagi penanggulangan banjir Lutra.

Anda menyatakan sebagai bupatinya petani, bupatinya pengangguran dan bupatinya orang miskin jika terpilih memimpin Lutra periode 2010-2015. Apakah bukan hanya jargon kampanye semata?

Sejak awal maju mencalonkan diri sebagai bupati Lutra periode 2010-2015, saya sudah berniat dan bertekad untuk mensejahterakan para petani, membuka banyak lapangan pekerjaan bagi puluhan ribu pengangguran di Lutra, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin di daerah ini dengan berbagai kebijakan dan program pemerintah yang bermuara melepaskan masyarakat Lutra dari belitan kemiskinan.
Tanpa menafikan program ekonomi kerakyatan calon lainnya, program ekonomi kerakyatan yang akan diprogramkan SAR jauh lebih efektif dan realistis untuk diterapkan di Lutra untuk mensejahterakan masyarakat. Program SAR bisa dilaksanakan dan sangat realistis.

Bisa diuraikan salah satunya?
Jika saya mendapat kepercayaan dan amanah dari masyarakat Lutra untuk memimpin daerahnya, saya akan mengembangkan berbagai home industri untuk pengembangan dan pengelolaan produk unggulan daerah berbasis rakyat. Lutra berbeda dengan kabupaten lainnya di Indonesia, karena Lutra memiliki tidak kurang dari 30-an jenis komoditi unggulan yang bisa diolah menjadi produk unggulan berbasis rakyat melalui gerakan home industri di kecamatan sampai desa.
Sagu misalnya, komoditi unggulan Lutra ini bisa diolah menjadi produk unggulan Lutra dalam berbagai jenis, baik dalam bentuk makanan maupun non makanan. Sagu bisa diolah 40 jenis makanan dan 28 jenis non makanan. Begitupun komoditi lainnya bisa dikembangkan dan mendatangkan keuntungan secara finansial bagi masyarakat, terutama petani.

Apa alasan Anda-- jika menyimak visi dan misi SAR-- begitu konsen memprogramkan ekonomi kerakyatan jika terpilih memimpin Lutra?
Teori ekonomi dunia mengggarisbawahi, bahwa kalau grassroot (rakyat, Red) sejahtera, maka berdampak positif terhadap sektor ekonomi rill lainnya, seperti sektor perdagangan, pendidikan, kesehatan, dll. Makanya, saya berkeyakinan Lutra akan maju dan masyarakatnya sejahtera melalui pengembangan ekonomi kerakyatan dengan program ekonomi kerakyatan yang berbasis produk unggulan rakyat.

Anda juga satu-satunya calon bupati Lutra yang memprogramkan traktor dan eskapator gratis bagi petani. Bagaimana merealisasikan program yang nantinya membutuhkan anggaran besar tersebut?
Program pengadaan 4.000 unit traktor bagi petani dan eskapator gratis bagi petani tambak bertujuan membantu petani dalam pengelolaan pertanian. Program ini bisa dilaksanakan melalui efisiensi anggaran di birokrasi dan semua sektor, termasuk di SKPD. Efisiensi anggaran bupati dan wakil bupati juga harus dilakukan. Contohnya, bupati tidak perlu memakai mobil dinas seharga Rp1,5 miliar, begitupun wakil bupati tidak perlu memakai mobil dinas seharga Rp1 miliar.
Anggaran mobil dinas kepala daerah bisa diefisienkan sampai angka Rp180 juta, misalnya bupati memakai mobil Terios atau Rush untuk mobil dinas dan wakil bupati memakai Avansa. Anggaran mobil dinas bupati bisa dipakai untuk membeli traktor untuk dibagikan bagi petani di seluruh kecamatan secara bertahap setiap tahun anggaran. Dan SAR mulai akan memprogramkan 1.000 unit traktor tahun pertama, 1.000 unit traktor tahun kedua, dan 2.000 unit traktor tahun ketiga.
Saya tidak sepenuhnya akan membebani APBD Lutra untuk program pengadaan traktor gratis bagi petani, tetapi saya juga akan menggunakan jaringan saya di berbagai daerah untuk mendatangkan traktor ke Lutra. Saya punya banyak jaringan yang siap membantu saya hanya untuk pengadaan 2.000-an traktor.
Dan patut disadari, program pengadaan traktor gratis bagi petani sawah dan eskapator bagi petani tambak sangat bermanfaat bagi petani, karena pemerintah berupaya membantu petani mengelolah sawahnya lebih baik lagi tanpa adanya biaya tambahan.

Berbagai kalangan, terutama lawan-lawan politik SAR menilai berbagai program SAR untuk mensejahterakan masyarakat Lutra sangat tidak realistis. Menurut Anda?
Bagi mereka yang tidak memahami gerakan ekonomi mikro, termasuk ekonomi kerakyatan, tentunya punya penilaian seperti itu. Tetapi bagi saya yang sudah lama bergerak dalam bidang ekonomi kerakyatan, sangat paham dan memiliki banyak pengalaman untuk melaksanakannya. Dan sampai saat ini saya tetap eksis di jalur ini dan tidak kurang dari 65 kabupaten datang berguru ke Malindo untuk berbagai kegiatan ekonomi kerakyatan.

Bisa Anda jelaskan berbagai program SAR untuk mensejahterakan masyarakat Lutra lima tahun ke depan, yang tentunya tidak terlepas dari ekonomi kerakyatan?
Ada lima program andalan SAR yang muaranya mensejahterakan masyarakat Lutra dan melepaskan petani dari kemiskinan. Lima program tersebut, perlu digarisbawahi, bukan janji kampanye karena sangat realistis bisa dilaksanakan.
Adapun kelima program tersebut, pertama perbaikan dan pembangunan sarana irigasi dan pencetakan sawah baru dalam jumlah besar, kedua program gratis traktor bagi petani di seluruh kecamatan dan gratis eskapator bagi petani tambak, ketiga gratis bibit pertanian dan benih ikan/udang, dll, keempat gratis pupuk, dan kelima program jaminan pemasaran hasil pertanian.
Lima program ini mulai dilaksanakan SAR secara berkesinambungan mulai tahun pertama sampai tahun kelima memimpin Lutra.

Bisa diuraikan salah satunya?
Program pembagian bibit gratis bagi petani, misalnya, SAR akan membagikan sebanyak tujuh jenis bibit pertanian kepada petani, seperti bibit lombok, tomat, sayur mayur, jagung, kacang tanah, kakao, termasuk bibit kelapa sawit.
Program ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Untuk jangka pendek, petani dibagikan bibit tomat dan lombok. Petani menanam lombok dan tomat untuk program jangka pendek, sebelum memasuki program jangka menengah. Artinya, petani tetap berpenghasilan dengan menanam lombok dan tomat, karena pemerintah juga akan menjamin pemasarannya.
Setelah program jangka pendek terlaksana, pemerintah kemudian menggulirkan program jangka menengah, yakni petani dibagikan bibit palawija dan sayur mayur yang bisa ditanam dalam jangka waktu tiga sampai empat bulan. Program jangka menengah ini juga bertujuan menyiapkan lahan untuk program jangka panjang, karena saat ini banyak lahan di Lutra tidak subur. Dengan menanam palawija dan sayur mayur, penyiapan lahan untuk jangka panjang lebih baik lagi. Petani juga bisa berpenghasilan dari menanam palawija seperti kacang-kacangan dan sayur mayur, karena pemerintah tetap menjamin pemasarannya.
Selanjutnya, untuk program jangka panjang, petani dibagikan bibit jangka panjang seperti kelapa sawit dan kakao. Penanam program jangka panjang ini bisa terlaksana dengan baik, karena lahan tersedia. Dalam melaksanakan program jangka panjang ini, petani tetap melaksanakan program jangka pendek dan jangka menengah dengan budidaya berbagai komoditi yang bisa dipanen cepat, seperti lombok, tomat, palawija, sayur mayur, dll.

Bagaimana Anda memberikan jaminan pemasaran bagi hasil pertanian dari program jangka pendek dan jangka menengah?
Saya memiliki banyak jaringan perusahaan di Pulau Jawa yang membutuhkan puluhan ribu ton tomat dan lombok. Perusahaan mi instan misalnya, saya telah membuat kontrak kerjasama untuk pemasaran tomat dan lombok dari petani Lutra, sehingga saya menjamin sepenuhnya pemasarannya. Berapapun jumlahnya bisa dipasarkan. Petani tinggal menanam lombok dan tomat, pemerintah melalui wadah semacam Perusahaan Daerah (Perusda) yang akan memasarkannya.
Saya berani memberikan jaminan pemasaran hasil pertanian dari petani asal Lutra, karena selama ini saya telah memiliki akses pasar luar dan dalam negeri. Intinya begini, petani hanya menyiapkan hasil pertanian unggulan, pemerintah yang akan memasilitasi petani memasarkan hasil pertaniannya.

Bagaimana dengan sektor pendidikan?
Sektor pendidikan, termasuk sektor kesehatan juga mendapat skala prioritas karena bersentuhan langsung dengan masyarakat luas. Khusus sektor pendidikan, kualitatif pendidikan ditingkatkan melalui berbagai kebijakan pemerintah. Targetnya SDM guru dan tenaga pengajar ditingkatkan melalui pelatihan dan sekolah. Ke depan, semua guru di Lutra sudah harus sarjana dan disekolahkan kalau belum sarjana melalui bantuan APBD. Dan saya bertekad lima tahun ke depan sudah ada guru di Lutra berpendidikan doktor.
Pemerintah juga akan memberikan bantuan beasiswa pendidikan bagi anak petani yang berprestasi, sehingga bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Anak petani juga bisa masuk STPDN, bukan seperti saat ini hanya didominasi anak pejabat. Patut disadari, sudah banyak anak petani cerdas dan layak masuk STPDN, bahkan saya anak 'penjual sayur' sudah maju mencalonkan diri sebagai bupati Lutra dan siap memenangkan Pilkada Lutra satu putaran untuk memimpin Lutra lebih baik ke depan.

Bagaimana Anda membenahi birokrasi di Lutra yang gemuk tapi miskin fungsi?
Memang benar, birokrasi di Lutra sangat gemuk tapi miskin fungsi. Reformasi birokrasi harus dilakukan sebagai langkah nyata membenahi birokrasi. Ada tiga pendekatan bisa dilakukan, yakni regulasi birokrasi, penataan fungsi/sistem, dan efisiensi anggaran. Tiga hal ini saling terkait satu sama lainnya, sehingga birokrasi tidak lagi gemuk dan miskin fungsi.
Khusus efisiensi, anggaran dinas-dinas meski dilaksanakan dengan pendekatan berbasis kinerja. Selama ini anggaran perjalanan dinas SKPD dan unit kerja lainnya, termasuk kepala daerah, sangat besar sehingga APBD Lutra sangat terbebani. Ke depan, efisiensi anggaran mutlak dilaksanakan agar setiap tahun anggaran APBD tidak terbebani.
Intinya, bagaimana rakyat mau sejahtera kalau setiap tahunnya anggaran APBD lebih banyak dihabiskan pejabat untuk perjalanan dinas, pembelian mobil dinas, dll. APBD harusnya berpihak kepada rakyat, bukan kepada pejabat.
Karena itu, apapun yang akan dilaksanakan pemerintah ke depan, kalau rakyat tidak sejahtera maka pemerintah gagal. Kalau rakyat masih banyak yang miskin, maka pemerintah gagal. Dan SAR akan memimpin Lutra dengan tujuan satu, yakni SAR akan mensejahterakan masyarakat Lutra yang mayoritas petani dimana mereka masih dililit kemiskinan melalui berbagai program ekonomi kerakyatan yang tepat. Bukan program ekonomi kerakyatan yang hanya dipahami sepotong-potong, tidak menyeluruh dan penerapannya tidak menyentuh rakyat, sehingga rakyat justru semakin sengsara.
Karena itu, saya sangat mengharapkan masyarakat Lutra agar tidak salah menentukan pilihannya saat pemilihan nanti. Pilihlah calon pemimpin yang bisa membawa perubahan bagi masyarakat Lutra lebih baik dan maju, bukan memilih calon pemimpin yang hanya bisa melanjutkan dan memperbesar kemiskinan, pengangguran, banjir di Lutra. Semoga pilkada Lutra bisa melahirkan pemimpin yang tepat. (chairul baderu)

============================================================================T

CURRICULUM VITAE
-Nama: Drs H Sakaruddin MSi
-TTL : Salulemo (Luwu Utara), 7 Maret 1958
- Keluarga:
istri (Hj Haemin S.Sos, MSi), anak (Rita Anjarkusuma SP; dr Rika Fitrauni; Rikardi Putra Nugraha; Orangtua; Hj Tjambolong Tomallewa (ibu/Baebunta); Tohunali (ayah/Masamba)
- Alamat
Salulemo, Baebunta, Luwu Utara
-Pekerjaan: Direktur Malindo (LSM Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, berdiri sejak tahun 1986) dan kini bermitra dengan 164 kabupaten/kota di KTI dan telah menandatangani MoU dengan 69 bupati/walikota se Indonesia.
-Pendidikan Terakhir: S2 Unhas tahun 2001, dan S3 (sedang berlangsung)
-Riwayat Tugas/Jabatan:
a. Staf Universitas Tadulako (1980-2007/pensiun dini),
b. Tim Ahli Walikota Palu 1990-195
c. Tim Ahli Gubernur Sulawesi Tengah tentang pembangunan pedesaan tahun 1990-2000)
d. Kepala BAPPTEK Luwu Utara 2003-2006
- Tugas Kemasyarakatan/Organisasi:
a.Tim Penyusunan/narasumber life skills Depdiknas Pusat 2002-2005
b. Ketua Bidang Pendidikan BDS Indonesia Pusat 2001-2005
c. Direktur LPTTG Siranindi Palu 1986 sampai sekarang
d. Ketua I Ikatan Alumni Untad Palu 2000 sampai sekarang
e. Ketua Bidang Pemuda DPD I Golkar Sulteng 1990-1995
f. Ketua DPD Partai RepublikaN Luwu Utara 2006-2008
-Penghargaan Tertentu:
a. Pegawai Teladan I Universitas Tadulako 1983
b. Ketua Karang Taruna Teladan Tingkat Nasional 1999
c. Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 1999
d. UNESCO Bidang Desain dan Aplikasi Pendidikan Luar Sekolah.
- Kunjungan ke Luar Negeri:
* ASEAN,Jepang, Cina, Korea Selatan, India, Arab Saudi, Afrika Selatan, dan USA. (*)

Comments :

0 komentar to “H.Sakaruddin Siap Sejahterakan Masyarakat Luwu Lima Tahun Kedepan”
 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom