Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

“Buta Aksara” Papua Barat Tahun 2010 Capai 5OOO Jiwa.

Laporan : Franky Pangkey- Manokwari

KBN News, Manokwari, Berdasarkan hasil Rakernis tentang Angka Buta Aksara di Provinsi Papua Barat Saat ini mencapai 5.575 Jiwa, angka tersebut lebih banyak berada di kaum perempuan ibu-ibu dan anak-anak tersebar di daerah pedalaman, pesisir-pesisir yang sangat sulit tarjangkau transportasi dan komunikasi Menurut Kepalah Bidang Pendidikan Formal dan Informal Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat Agustinus Sroyer.S.Sos.M.pd Mengatakan ; Angka Buta Aksara di Kabupaten manokwari mencapai 1125 Jiwa, Kabupaten sorong 1155 Jiwa dan selebihnya tersebar di beberapa Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Papua Barat.

Hingga kini sebagian besar data angka Buta Aksara di 10 Kabupaten dan 1 Kota Se-Provinsi Papua Barat belum di terima Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat. Jika di data nanti di terima secarah baik dan benar maka angka Buta Aksara di Provinsi Papua Barat Bisa mencapai lebih dari 15.000 Jiwa, ucap Agustinus Sroyer.S.Sos.M.pd


Untuk menuntaskan Angka Buta Aksara di Provinsi Papua Barat maka Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat akan melakukan Pemetaan daerah-daerah mana yang menjadi titik-titik rawan Buta Aksara, melakukan bimbingan untuk menulis dan membaca, setelah pemetaan selesai di lakukan maka semua Program yang sudah di susun bisa di jalankan, Pihak LSM, Lembaga Pendidikan, Yayasan Pendidikan juga terlibat menuntaskan Angka Buta Aksara Papua Barat, ujar Agustinus Sroyer.S.Sos.M.pd.


Agustinus Sroyer menambakan, Pada saat pendataan kepesertaan ujian nasional pendidikan kesetaraan tahap ke dua, beberapa distrik di kabupaten teluk Wandama hampir sebagian besar terutama untuk kaum bapa dan ibu yang usianya rata-rata di atas 30 hingga 40 tahun tidak bisa membaca dan menulis.


Mengantisipasi Angka buta Aksara Papua Barat yang kian meningkat, kementrian Pindidikan Nasional lewat APBN tahun 2010 mengalokasikan dana Dekonsentrasi sebanyak lebih dari 1,8 Miliart untuk menunjang kegiatan Keaksaaran Fungsional Papua Barat. Dana tersebut di bagi secarah Profosional ke 10 Kabupaten dan 1 kota di Provinsi Papua Barat sejak bulan September 2010, Program yang di jalankan yaitu Keaksaraan Dasar, Keaksaraan Kumunitas Khusus, Keaksaraan Usaha Mandiri.



Progaram ini baru pertama kali di lakukan di Provinsi Papua Barat, di harapkan dalam minggu ini bisa terlihat daya serap dana tersebut di masing-masing 10 kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Papua Barat, yang pasti kami meneruskan semua Kuota yang di tentukan Kementrian Pendidikan Nasional sesuai dengan kebutuhan di lapangan secarah Profosional, rasional. Di harapkan agar Kuota yang di berikan itu akan memberikan ransangan kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten Se-Provinsi Papua Barat untuk melaksanakan Program penuntasan Buta Aksara secara baik, mendorong lembaga-lembaga untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tujuan menuntaskan Angka Buta Aksara, ungkap Agustinus Sroyer.S.Sos.Mpd Mantan Atlit Gulat yang perna mengharumkan nama Provinsi Irian Jaya sebagai Atlit Gulat Provinsi Irian Jaya 1990-2000.


Lanjut Agustinus Sroyer.S.Sos.Mpd yang saat ini masih menjabat sebagai Sekertaris Pengda PGSI Provinsi Papua Barat mengatakan; Dana Dekosentrasi Lebih dari 1,8 Miliar tersebut di bagi ke Lembaga pendidikan dan Yayasan pendidikan yang tersebar di kota dan kebupaten Se-Provinsi Papua Barat secara Profosional, rasional. Di bagikan dengan kesepakatan bersama para pejabat di kabupaten dan kota Se-Provinsi Papua Barat, di harapkan ahir bulan ini dana alokasi sebanyak 1,8 Miliar sudah terserap hingga batas waktu ahir Desember 2010 bisa tuntas 100 persen terealisasi.


Sementara itu Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat Juga akan mengusulkan dana APBD Papua Barat untuk mengatasi Angka Buta Aksara tahun 2011 sebesar Tiga Miliar, Delapan Juta, Lima ratus Ribu Rupiah. Dana tersebut akan di gunakan untuk Pelatihan pengelola, Tenaga pendidikan Buta Aksara, Penguatan kelembagaan dan kegiatan lainya seperti Sosialisasi, Pendataan Pemetaan daerah-daerah Buta Aksara, tutur Agustunus Sroyer.S.Sos.M.pd Sebagai kepala Bidang Pendidikan Formal dan Informal Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat.


Agustinus Sroyer.S.Sos.Mpd mengharapkan, kusus Program Buta Aksara ini bisa segerah tuntas kerena Buta Aksara ini identik dengan kebodohan, apabilah Angka Buta Aksara di Provunsi Papua Barat melambung tingggi maka sudah pasti akan berdampak pada tingkat pendapatan ekonomi masyarakat rendah kemudian akses pendidikan sudah pasti akan mengalami kepincangan.


Jika Angka Buta Aksara di Provinsi Papua Barat bisa teratasi secarah bertahap maka sudah pasti tahun 2014-2015 Provinsi Papua Barat akan bebas dari Buta Aksara sehingga Ekonomi Masyarakat bertumbuh pesat, pendidikan pasti semakin menigkat, ujar Agustinus Sroyer.S.Sos.Mpd mengahiri Wawancara dengan Wartawan KBN News di kantor Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat. (Andi Ahmad)


Comments :

0 komentar to ““Buta Aksara” Papua Barat Tahun 2010 Capai 5OOO Jiwa.”
 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom