Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Densus 88 Tangkap Lima Orang Buronan di Jakarta, Tapi Bukan Terorisme


Jakarta, KBN News-Pemberitaan di beberapa media mengenai penangkapan lima orang yang diduga teroris di daerah Rawa Sengon, Tanah Merah, Jakarta Utara, kini terjawab. Ternyata penangkapan itu terkait kasus penipuan, bukan terorisme.
Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Edward Aritonang mengatakan, penangkapan lima tersangka itu atas permintaan Polda Sumatera Barat kepada Mabes Polri. Lima orang itu adalah buronan Polda Sumbar lantaran melakukan penipuan di salah satu perusahaan di Sumbar. "Jadi tidak terkait dengan teroris," ucap dia,seperti dilansir Kompas.

Namun, Edward mengakui bahwa petugas yang menangkap lima orang tersebut adalah dari satuan Densus 88. Sebelumnya, warga sekitar mengatakan bahwa polisi yang menangkap memakai pakaian Densus 88. Edward membenarkan bahwa para petugas itu memang anggota Densus 88 Mabes Polri.

"Namanya minta bantuan siapa yang ada bisa membantu kita berangkatkan. Kebetulan anggota itu yang siaga di Mabes Polri," jelas dia.(saputra)

Selengkapnya...

Presiden SBY dan Wapres Boediono Hadiri Dzikir Akbar di Monas

Foto:www.primaironline.com

Jakarta, KBN News- - Ribuan warga Jakarta memadati area sayap timur Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Mereka menghadiri peringatan Maulid Nabi yang digelar oleh Majelis Dzikir Rasulullah SAW.

Dzikir Akbar yang dilaksanakan Jumat (26/2/2010), acara yang diberi judul 'Dzikir Akbar Majelis Rasulullah SAW' ini dihadiri oleh ribuan jamaah Majelis Rasulullah SAW yang kompak mengenakan seragam putih-putih. Tampak pula sekitar 30-an warga asing yang mengenakan baju muslim bercadar warna hitam,seperti dilansir detikcom.

Meskipun cuaca cendering panas terik, tapi tidak mengurangi semangat para jamaah untuk mengikuti dzikir akbar ini. Mereka terus-menerus bersalawat sambil menggunakan payung.

Selain dihadiri oleh Pimpinan Majelis Rasulullah SAW, Habib Munzir bin Fuad Al Musawa, dzikir akbar ini juga dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Boediono. Mereka didampingi oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, dan Menteri Agama Suryadharma Ali.

Rombongan presiden dan wakil presiden yang kompak mengenakan baju koko putih dan peci hitam tersebut tiba di lokasi pukul 08.45 WIB. Kedatangan mereka disambut rebana dan salawat dari para jamaah yang hadir. Ini merupakan dizkir akbar di Monas yang kedua yang dihadiri Presiden SBY dan jajarannya setelah mencuat kasus Century

Selengkapnya...

Hadiri Perayaan Maulid di Mali, 15 Orang Tewas



Timbuktu, KBN News-Perayaan Maulud Nabi di Timbuktu, Mali, memakan korban. Limabelas orang tewas akibat berjejalan menuju masjid. Sekitar 41 orang lainnya terluka.
Seperti dilansir Reuters dan detikcom. Jumat (26/2/2010), peristiwa tragis ini terjadi pada Kamis (25/2/2010) malam. Jalan yang sangat sempit menuju Masjid Djingareyber membuat massa berjejalan dan saling dorong.

"Tiap tahun untuk Maulud Nabi, orang-orang berdatangan ke masjid besar. Tetapi tahun ini, sejumlah jalan menuju masjid terblokir oleh bangunan," kata Imam Abdramane ben Effayouti.

Akibatnya, banyak orang melewati jalan-jalan tikus dan gang kecil. "Orang-orang akhirnya mengambil jalan sempit sempit, kemudian mereka saling dorong dan terjadilah tragedi itu," sambung Imam Abdramane.

Polisi mencatat ada 15 orang yang tewas akibat insiden ini. Di antara 15 korban tewas, terdapat dua anak-anak. Sementara itu, 41 orang lainnnya mengalami luka serius.(Saputra)


Selengkapnya...

Kapolda Sulselbar Warning Kapolresta Jajaran Polwiltabes Makassar

Terkait Sering Terjadi Perampokan di Kota Makassar


Makassar, KBN News-Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat mengalihkan perburuan di delapan kabupaten, Senin (22/2) menyusul terungkapnya identitas komplotan perampok di PT Tempo. Komplotan ini diidentifikasi dipimpin Sr, mantan anggota TNI yang disersi, beberapa tahun lalu.
nformasi di Direktorat Reserse Kriminal Polda Sulselbar, Hasil penyelidikan selama hampir dua pekan akhirnya ditemukan benang merah, antara kelompok Sr dengan kelompok yang pernah terlibat pencurian kekerasan beberapa tahun lalu.

Identitas Sr, wilayah operasinya serta riwayatnya di militer kabarnya telah dikantongi polisi. Foto diri Sr juga sudah dikantongi termasuk ciri-cirinya.
"Dia berambut cepak. Dia punya tahi lalat di pipi sebelah kiri. Dia pernah terlibat curas (pencurian kekerasan) beberapa tahun lalu. Kasusnya ditangani Polwiltabes waktu itu," ujar salah seorang tim Direskrim Polda Sulselbar.

Menurutnya, foto diri Sr juga sudah diperlihatkan kepada saksi Marhaban (sekuriti PT Tempo), dan memastikan wajah tersebut mirip dengan pelaku yang menodongkan pistol ke kepalanya waktu itu.
"Saksi (Marhaban) waktu diperlihatkan fotonya, sempat kaget. Ia mengatakan wajah itu sama persis dengan pria berambut cepak yang menodongnya dengan pistol," jelasnya.
Di kelompok ini Sr diidentikkan sebagai eksekutor. Dialah yang diduga menggunakan senjata api untuk menodong korbannya.
Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Adang Rochjana mengatakan, pengejaran terhadap komplotan ini dilakukan di delapan daerah. Diantaranya, Maros, Gowa, Jeneponto, Takalar, Pangkep, Bone, Sidrap dan Parepare.
Komplotan Sr sendiri dalam dua tiga hari terakhir diduga masih berada di wilayah Kabupaten Maros. "Tim sudah kita turunkan ke sana. Sampai sekarang (malam tadi) masih diburu. Jejaknya masih ditelusuri," jelas Adang.
Adang meyakinkan, bahwa jejak komplotan ini mulai terendus. Hanya saja tim butuh waktu untuk menangkapnya, karena luasnya wilayah operasi mereka.
Di tujuh daerah lainnya, juga ikut dilakukan penyisiran karena didapatkan informasi, komplotan ini memiliki jaringan lain di sana. Tim pencarian menurut Adang dibagi di delapan daerah ini.
"Ya, mudah-mudahan cepat tertangkap," harapnya.
Informasi terakhir, komplotan ini juga memiliki tempat persembunyian di daerah Bone, Sidrap dan Parepare.
Terkait komplotan Syafri Dg Seturu yang dibekuk dua hari lalu di Pallangga oleh Reserse Mobile Brigade Mobile Polda Sulselbar, Adang belum berani menghubungkan kedua kelompok ini.
"Masih diselidiki. Tapi belum ada kepastian apakah kedua kelompok ini berhubungan atau tidak," katanya.
Sementara hasil pengembangan dari kelompok Dg Seturu, polisi kini mengejar delapan tersangka lainnya. Pengejaran juga dilakukan hingga di daerah Gowa, Maros, Jeneponto, Takalar dan Bone.
Kedelapan pelaku diidentifikasi memiliki peran berbeda di kelompok Dg Seturu.
Dg Seturu dan Ramli yang ditangkap dua hari lalu diduga berperan sebagai peluncur yang mengatur strategi jalur-jalur pelarian. Delapan lainnya masing-masing sebagai eksekutor, pengintai dan yang mengatur tempat persembunyian usai beraksi.
Kelompok Dg Seturu dibekuk dua hari lalu oleh tim Resmob. Dg Seturu warga Palangga ditangkap di rumahnya di Pallangga, Kabupaten Gowa sedang rekannya, Ramli Tata (33) dibekuk sehari sebelumnya di Jl Tanjung Bunga.
Dari tangan Ramli, polisi menyita sebuah mobil Suzuki Escudo warna emas dengan nomor polisi DD 981 RF. Mobil ini diduga pernah digunakan pelaku beraksi di beberapa daerah di Sulsel.

Kapolda Warning Kapolresta

Kapolda Sulselbar Irjen Pol Adang Rochjana, mengeluarkan warning keras kepada Kapolresta Makassar Timur AKBP Mansyur dan Kapolsekta Biringkanaya terkait maraknya aksi perampokan akhir-akhir ini.

Warning itu kata dia dilakukan dalam bentuk evaluasi kinerja. Pasalnya, sejumlah kasus yang terjadi di wilayah kerja Polresta Makassar Timur belum berhasil diungkap.
Antara lain, kasus perampokan sejumlah bank serta kasus pencurian lainnya. "Kita akan evaluasi kapolresnya, termasuk Kapolsekta Biringkanaya (AKP Muh Thamrin)," ujar Adang, seperti dilansir BKM.

Lebih lanjut disebutkan kapolda, evaluasi yang dimaksud bisa saja mengarah kepada mutasi. "Tentunya akan kita lihat dulu, kalau memang harus dievaluasi tentunya akan kita pikirkan lebih lanjut," tandasnya.

Hanya saja untuk saat ini pihaknya masih fokus membongkar komplotan perampok bank ini. "Kita fokus pengungkapan dulu, setelah itu baru evaluasi," kuncinya.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

33 Sepeda Motor Terjaring Operasi Rutin Polsekta Panakkukang Makassar

Kapolsekta Panakkukang, AKP Daryanto, SE sedang memantau pelaksanaan Operasi rutin yang dilaksanakan jajaran Polsekta Panakkukang. (Foto: Andi Ahmad)

Makassar, KBN News- Seluruh jajaran Polsekta se Polwiltabes Makassar Akhir-akhir ini secara Rutin melakukan Operasi Rutin yang dilaksanakan setiap Polsekta dengan waktu-waktu yamng berbeda setiap hari dalam wilayah Kota Makassar.

Adapun hasil operasi rutin yang dilaksanakan Polsekta Panakkukang, Kamis (25/02) yang dimulai pukul 20.00 sampai 21.30 wita malam, telah terjaring kendaraan Roda dua sebanyak 33 jumlahnya, dimana ada 24 motor yang pemiliknya hanya dapat teguran, 4 yang kena tilang dan 9 unit sepedamotor yang tidak ada surat-surat, dan kendaraan ini akan diserahkan ke Satlantas Polresta Makassar Timur untuk diproses lebih lanjut, dengan diminta kepada pemiliknya untuk dapat melengkapi surat-surat kendaraanya baru bisa diambil, tegas Kapolsek Panakkukang, AKP Daryanto, SE kepada Kantor Berita Kota Nusantara usai Operasi Rutin.

Lanjutnya, AKP Daryanto mengatakan operasi rutin ini dilaksanakan untuk mengurangi terjadinya curanmor di Kota Makassar ini, sehingga dengan rutinnya dilakukan operasi ini maka upaya aparat Kepolisian pada jajaran Polresta Makassar Timur akan dapat mengurangi tindak kejahatan khususnya curanmor, dan masyarakat akan sadar untuk senangtiasa melengkapi surat-surat kendaraanya, katanya.

Dalam Operasi Rutin ini telah dibantu dari aparat Satlantas Polresta Makassar Timur sebanyak 2 orang. (Andi Ahmad)


Selengkapnya...

UU Lalulintas Yang Baru Akan Ciptakan Keselamatan Rakyat

Dirlantas Dan Pemprov Sulsel Lakukan Sosialisasi UU RI No.22 Tahun 2009



Makassar, KBN News- Data kecelakaan lalulintas (Lalin) di lingkup nasional pada Tahun 2004-2008 cukup tinggi. Kejadian 60.809 kali, korban luka ringan 43.458, luka berat 24.355 orang, dan korban meninggal 15.963 jiwa serta kerugian material Rp84,416 pertahun. Pelaku didominasi usia produktif
Hal itu dipaparkan Eka Bulo Ketua Tim Sosialisasi dari Pusat saat acara Sosialisasi UU RI No.22 Tahun 2009 yang dilaksanakan Ditlantas Polda Sulselbar dan Tim Terpadu Tingkat Pusat Komisi V DPR RI, Ditlantas Polri, DepHub, Dep PU, Deprindag, Depkum Ham, Kemristek, dan Akademisi dari UGM, dilaksanakan di Makassar, Rabu (24/2).

Pada kesempatan itu, Wagub Sulsel, Agus Arifin Nu'man yang membuka sosialisasi ini mengungkapkan kegiatan ini merupakan pendukung prinsip reformasi dan menjadi komitmen baru dalam penegakan hukum.

"Setiap perundangan undamgan perlu disosialisasikan dalam mendukung pembangunan nasional. UU ini menciptakan keselamatan rakyat dan mendukung laju perekonomian negara," ucap Agus.

Dijelaskan, UU ini akan bekerja baik dan akan ditaati dalam keselamatan berlalulintas. Harus didukung esiminasi dan insentif demi suksesnya sosialisasi ini akan mampu menekan jumlah kecelakaan.

Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Wisnuh penyelenggaraan angkutan jalan tengah berjalan dengan sistem koordinasi dengan berbagai unsur. Namun cakupan tugas Polri dan mengintruksikan pada anggota untuk menata diri dan menjalankan UU dengan baik agar meningkatkan kepercayaan masyarakat.

"Polri harus mampu memperlihatkan kinerja maksimal. Dan berlkunya UU ini bukan berarti polri otoritas, namun sebaliknya . Keselamatan pengguna jalan sudah merupakan isu global," tutur Wakapolda. (Zul/AA.Effendy)

Selengkapnya...

Daerah Penghasil Migas "Kebanjiran" Dana Rp 22,597 Triliun


Jakarta, KBN News - Pemerintah mengalokasikan Dana Bagi Hasil (DBH) untuk daerah-daerah penghasil sumber daya alam pertambangan minyak dan gas bumi sebesar Rp 22,597 triliun di tahun 2010.

Dana tersebut terdiri dari DBH Minyak Bumi Rp 13,115 triliun dan DBH Gas Bumi Rp 9,482 triliun. Aturan ini ditetapkan Menteri Keuangan pada 25 Januari 2010 melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.12/PMK.07/2010 tentang Perkiraan Alokasi DBH SDA Migas tahun anggaran 2010.
Demikian disampaikan oleh Kepala Biro Humas Kemenkeu Harry Z. Soeratin dalam siaran pers yang dikutip detikFinance, Selasa (23/2/2010).

"Porsi sebesar Rp 415,35 miliar dari DBH SDA Minyak Bumi dan porsi sebesar Rp 149,848 miliar dari DBH Gas Bumi diarahkan penggunaannya untuk tambahan anggaran pendidikan dasar," ujar Harry,seperti dilansir detikcom.

Penyaluran dana DBH Migas ini akan dilakukan secara triwulanan, pada triwulan pertama dan kedua masing-masing diberikan 20%, dan untuk triwulan selanjutnya diperhityungkan denga realisasi penerimaan DBH SDA Migas triwulan ketiga dan keempat.(Saputra)

Selengkapnya...

Polisi Dihadang Warga Saat Eksekusi Tanah di Pandang Raya Makassar



Makassar, KBN News-Warga Pandang Raya, Makassar, terus menegaskan penolakannya terhadap eksekusi lahan seluas 4.000 meter persegi meski petugas polisi tetap akan melaksanakan eksekusi itu, Selasa (23/02/2010) pagi ini.

Warga terus berorasi yang menyatakan penolakannya. Mereka berpendapat eksekusi tanah itu salah alamat meski Mahkamah Agung sudah menyatakan tanah tersebut harus dieksekusi.

Selain berorasi, warga juga membengtangkan pipa besi ukuran besar dan melingkarinya dengan kawat berduri. Seorang di antaranya membakar ban. Polisi yang hendak mengeksekusi berusaha untuk menjauh demi menghindari amarah warga, seperti dilansir Tribun-timur.com. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Lima Bupati Tidak Hadir, Deklarasi Nasdem di Makassar Tetap Meriah

Ketua Umum Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh (dua dari kanan) didampingi kedua inisiator Nasdem Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin (dua dari kiri), Aziz Kahar Muzakkar (kanan), dan Amin Syam (kiri) pada deklarasi Nasional Demokrat Sulsel, di Hotel Sahid Jaya Makassar, kemarin. (Foto: Sindo)
Makassar, KBN News-Nasional Demokrat (Nasdem) Sulsel resmi dideklarasikan di Hotel Sahid Makassar, sore kemarin. Deklarasi yang berlangsung meriah ini, tanpa dihadiri satupun bupati di Sulsel.

Bahkan, lima bupati yang mendapatkan mandat untuk menjadi inisiator pembentukan Nasdem di daerah,hanya diwakilkan kepada orang lain. Kelima bupati itu masing-masing Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo, Bupati Barru M Rum,Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, Bupati Luwu Andi Mudzakkar, dan Bupati Toraja Utara YS Dalipang. Inisiator Nasdem Sulsel Ilham Arief Sirajuddin yang dikonfirmasi Seputar Indonesiamenyebut, ketidakhadiran mereka sudah dikomunikasikan dengan dirinya sehari sebelum pelaksanaan deklarasi.
”Ada yang beralasan sakit, dan ada pula yang memiliki kesibukan lain,”kata Ilham. Meski begitu,pemberian mandat kepada lima kepala daerah tersebut tetap dilakukan bersama dengan 19 inisiator lainnya di berbagai daerah di Sulsel.Yang menarik, dari 24 inisiator daerah itu didominasi tokoh yang saat ini tercatat sebagai calon bupati untuk Pilkada 2010. Mereka antara lain, cabup Luwu Timur Saldy Mansyur, cabup Pangkep Syamsuddin A Hamid, cabup Maros Hatta Rahman, cabup Tana Toraja Victor Datuan Batara, cabup Soppeng Andi Kaswadi Razak, dan cabup Luwu Utara Thahar Rum.

Selebihnya,Ketua Umum Nasdem Surya Paloh memercayakan pembentukan organisasi kemasyakatan ini ke pejabat publik, seperti Wakil Wali Kota Makassar Supomo Guntur,adik kandung Bupati Wajo Andi Bambang Unru, mantan calon Wali Kota Parepare Andi Faizal Sapada, mantan cabup Pinrang Irwan Hamid,Wakil Bupati Bulukumba Padasi,Ketua DPRD Bone Ambo Dalle. Selain itu,Wakil Wali Kota Palopo Rahmat Masri Bandaso, dan politisi Golkar Sukman Baharuddin di Enrekang. Deklarasi yang diawali dengan orasi politik Surya Paloh itu, secara khusus juga dilantik Ilham Arief Sirajuddin dan Abdul Azis Qahhar Mudzakkar, ditambah 45 deklarator lainya untuk pembentukan Nasdem Sulsel.

Diantara yang dilantik sebagai deklarator adalah mantan Gubernur Sulsel Amin Syam, akademisi Dahi Amiruddin, Natsir Hamzah, Qasim Mathar, Aswanto, Alwi Rahman,Tahir Kasnawi, Marwan Mas, Amran Razak, Aswar Hasan, Hasrullah, Hamid Paddu, Sakka Pati, Majid Salatu dan Muh Akbar. Di kalangan politisi, terdapat sejumlah nama, yakni Andi Yagkin Padjalangi, Ambas Syam (Golkar),Dody Amiruddin (PAN), Rudi Peiter Goni (PDIP), Syamsu Rizal (PDK), Noer Bahry Noor (PPP).

Sementara praktisi lainnya, yakni Jayadi Nas (Ketua KPU), Fatima Kalla (Pengusaha) Syamsul Bahri AS (Pengusaha), Mubyl Handaling (KAHMI), Akbar (IDI),Andi Tjonneng Malombbasang, Muslim Salam, Pahir Halim, Ima Kusuma, Ridwan Jabir, dan Bachrianto Bahtiar. Terkait inisiator daerah dan deklarator Nasdem Sulsel, Ilham menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesediaan sejumlah tokoh tersebut.Apalagi, semenjak terbentuk secara nasional, banyak pihak menyatakan niatnya siap bergabung. “Kurang lebih 42 professor yang ingin bergabung.Disamping itu, banyak dari kalangan NGO, parpol dan birokrat dan berbagai latar belakang profesi.Namun karena keterbatasan tempat, saya meminta maaf tidak bisa mengakomodir semua,” ujar Ilham saat memberikan sambutan.

Ajak Syahrul

Sementara itu, usai deklarasi kemarin, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, secara khusus mendatangi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang saat ini masih dalam tahap pemulihan kesehatan. Paloh datang ke rumah jabatan gubernur sekitar pukul 19.30 Wita bersama dengan Sekjen Syamsul Muarif, Fery Mursidan Baldan, Effendy Gazali, dan inisiator Nasdem Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin. ”Saya mengajak Gubernur Syahrul Yasin Limpo untuk bergabung dan membesarkan Nasdem di Sulsel. Apalagi, Nasdem adalah sebuah ormas yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan,” jelasnya kepada Seputar Indonesia.

Disamping mengajak Syahrul bergabung di Nasdem, Surya Paloh juga mengaku datang menjenguk mantan Bupati Gowa dua periode tersebut,yang sedang dalam masa penyembuhan, pasca menjalani operasi di Singapura. Sebab dia baru mengetahui kalau Syahrul sakit. “Sampai tadi siang, saya belum tahu kalau Gubernur sakit.Untung Aco (Ilham Arief Sirajuddin) memberikan tahukan tadi, kalau tidak, dia pasti saya marahi. Jadi kesannya agak mendadak datangnya,” tambah Paloh yang selama ini dikenal dekat dengan Syahrul. Menanggapi ajakan bergabung di Nasdem, Syahrul menyatakan, mendukung terbentuknya ormas tersebut, karena menilai ada komitmen untuk mendukung pemerintahan.

Menurutnya, meskipun dirinya tidak terjun langsung, namun bila sudah ada Ilham Arief Sirajuddin didalamnya, maka dia juga sudah menjadi bagian tidak terpisahkan. “Kalau ada Aco didalamnya, berarti sudah ada Syahrul juga. Atau saya langsung mendaftar saja sekarang,” tanya Syahrul, sambil berkelakar. Mengenai arah Nasdem, yang disebut-sebut bakal berubah menjadi partai politik, Syahrul menjawab diplomatis.Alasannya, ormas tersebut, sudah lebih dari sebuah partai dan organisasi yang ada.

Kritik Pemerintah

Sementara itu, saat deklarasi kemarin, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh,mengkritik pemerintah dan sikap masyarakat yang dianggap tidak lagi memperhatikan sikap gotong royong yang merupakan jati diri bangsa. “Belum semua tujuan dan harapan bangsa Indonesia tercapai. Buktinya kemajuan bangsa Indonesia yang kita cintai ini sangat jauh tertinggal dengan bangsabangsa lain, salah satu faktornya tak lain sikap gotong royong yang tidak lagi terjaga,”kata Paloh.

Padahal, lanjut dia, Indonesia memiliki tenaga SDM yang banyak sehingga mampu menjalankan segala hal untuk mensejahterahkan rakyat. Hanya saja, pemerintah tidak konsisten terhadap apa yang menjadi citacinta bangsa selama ini. “Saya melihat interaksi sosial sudah tidak lagi sehat, pemahaman akan keinginan untuk mensejahterahkan rakyat tidak yang selama ini menjadi jati diri, terlihat terbengkalai. Inipula alasan sehingga saya menghadirkan sebuah gerakan distorsi atau perubahan yang lebih baik bernama Nasinal Demokrat,”jelasnya yang disambut tepuk tangan ribuan undangan yang hadir.

Paloh dalam deklarasi tersebut juga mengatakan, pemerintah sekarang ini masih menggunakan topeng, dalam artian masih penuh kepura-puraan. Hal itu akhirnya merugikan rakyat Indonesia sendiri. Memimpin rakyat, lanjut pengusaha media ini, harus bisa lebih terbuka dalam segala hal.Jika sesuatu itu memang benar harus dikatakan benar begitupun sebaliknya.“ Makanya saya sangat prihatin dengan apa yang terjadi belakangan ini,”kata Paloh. Disinggung apakah berdirinya Nasdem merupakan wujud kekecewaan Paloh terhadap kepemimpinan SBY? Paloh tidak membahasnya lebih jauh.

“Saya berharap SBY masih jujur dan mau berterus terang dengan apa yang terjadi saat ini. Sekarang dibutuhkan pemimpin yang jujur sepenuh hati,agar bangsa ini,bisa bersaing dengan bangsa-bangsa yang lain,”jelasnya.

Sumber: Seputar Indonesia
Selengkapnya...

Parade Nusantara SudahKumpulkan Koin Capai Rp 250 Juta



Jakarta, KBN News-Koin yang digalang Persatuan Rakyat Desa Nusantara (Parade Nusantara) sebagai bentuk protes atas terkatung-katungnya nasib pembuatan Undang-Undang tentang Desa pada Minggu (21/2/2010) telah mencapai Rp 250 juta.

Ketua Parade Nusantara Sudir Santoso mengatakan, pihaknya memperkirakan, pengumpulan koin dapat mencapai Rp 7,2 miliar, dengan asumsi setiap desa menyumbang Rp 100.000.
Pengumpulan koin ini terjadi setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan tidak memiliki dana untuk membiayai pembahasan RUU tentang Desa dalam proleknas 2010 di DPR. "Koin ini sebagai bentuk protes karena UU tidak kunjung dibuat. Sejak Orde Baru tumbang, desa-desa tidak pernah memiliki undang-undang yang berdiri sendiri," ujar Sudir kepada Kompas.com, Minggu (21/2/2010).

Rencananya, sebanyak 40.000 perangkat desa akan mendatangi Gedung DPR, Senin esok. Di DPR, para perangkat desa ini akan berdialog dengan Baleg DPR RI dan para anggota Komisi II DPR RI. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi diperkirakan akan hadir pada dialog tersebut.

Sudir mengatakan, kabar terbaru dari Parlemen, Komisi II sudah setuju akan membahas rancangan undang-undang tentang desa. "Semoga tidak ada deadlock lagi. Kami dari Parade Nusantara juga akan membentuk tim kajian akademik yang bertugas membuat RUU pembanding," tegasnya,seperti dikutif Kompas.com

Secara substansi, Sudir mengatakan, ada beberapa poin yang diharapkan akan disertakan dalam RUU tersebut. Pertama, mengenai masa perpanjangan jabatan kepala desa dari 6 tahun ke 10 tahun, biaya pemilihan kepala desa yang harus ditanggung APBD kabupaten, serta usulan agar 10 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dialokasikan untuk pembangunan desa.

Terkait massa besok, lanjut Sudir, hanya perangkat desa dari Kabupaten Sukoharjo saja yang tidak turut serta. Menurut dia, Bupati Sukoharjo melarang para perangkat desa turut serta. "Padahal, jika undang-undang ini jadi, yang diuntungkan ya daerah. Saya rasa (pelarangan) ini sebagai bentuk ketidaktahuannya," tambah Sudir.(Saputra)

Selengkapnya...

Gara-Gara Sering Terjadi Perampokan di Makassar, Kapolda Sulselbar Marah !



Makassar, KBN News - Para perampok di Makassar terus beraksi. Padahal, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel, Irjen Polisi Adang Rochjana, sudah marah besar kepada jajarannya yang belum berhasil mengatasi masalah ini.

Sedikitnya ada dua aksi yang terjadi di tempat berbeda, Jumat (19/2) tengah malam dan Sabtu (20/2) dinihari. Aksi pertama terjadi Jl Bandang sekitar pukul 22.00 wita. Korban bernama M Hajib, warga Cilallang Raya 50, kehilangan duit Rp 95 juta yang disimpang di atas mobil Daihatsu Feroza miliknya.
"Waktu itu saya cuma sekitar 10 menit meninggalkan mobil Daihatsu Feroza saya di depan sebuah ruko. Begitu saya kembali, uang Rp 95 juta saya di dalam mobil sudah hilang," kata Hajib usai melaporkan kasusnya di Polsekta Bontoala, Sabtu (20/2) kemarin.

Hajib mengatakan, pelakunya adalah orang yang sudah sangat profesional. "Dia bisa melakukannya sangat cepat sekali. Padahal, saya merasa bahwa semua pintu mobil saya terkunci," kata Hajib yang melaporkan kasus tersebut di Polsekta Bontoala.

Di Barombong, sebanyak tujuh rumah juga disatroni pencuri, Sabtu (20/2) dinihari. Kawanan pencuri beraksi di Kompleks Perumahan Pesona Barombong, Kecamatan Tamalate. Para pencuri ini diperkiran terdiri atas beberapa orang. Mereka beraksi saat hujan lebat mengguyur Kota Makassar dan sekitarnya.

Warga di kompleks perumahan baru tersebut baru sadar jika rumahnya sudah dibobol maling ketika bangun pagi. Mereka kaget melihat pintu dan jendela rumah sudah rusak.
Kepala Unit Reserse dan Kriminal Polsekta Tamalate, Inspektur Dua (Ipda) Hasanuddin, mengatakan, mereka telah melakukan penyelidikan dan memeriksa beberapa saksi mata. "Tidak banyak kok yang dicuri, ada rokok, permen, uang tunai, ponsel, dan paling besar laptop," kata Hasanuddin sore kemarin.

Pelaku, menurut Hasanuddin, tampaknya sudah mengincar rumah tersebut pada siang hari dan mulai beraksi pada saat seluruh penghuni sedang tertidur lelap. Hujan deras turut membantu aksi mereka sehingga tidak ketahuan warga.

Aparat kepolisian telah melakukan olah tempat kejadian perkara. Mereka mengambil sidik jari di rumah-rumah yang menjadi korban pencurian tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor Kota Tamalate Ajun Komisaris Polisi (AKP) Syuaib mengaku belum tahu secara detail mengenai peristiwa tersebut. "Saya belum tahu secara detil. Memang tadi saya sudah dikabari oleh anggota di lapangan mengenai kejadian itu, tapi mengenai kerugian dan siapa-siapa saja yang menjadi korban, saya belum tahu," kata Syauib saat dihubungi via telepon selularnya sore kemarin.

Syuaib mengaku selama seharian bersama Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin mengikuti Musyawarah Perencananaan Pembangunan (Musrembang) di Kecamatan Tamalate, Makassar.

Kapolda Kumpulkan Petugas

Senin (15/2) lalu, Adang mengumpulkan para pejabat utama polda di ruang rapat utama Mapolda Sulsel, Jl Perintis Kemerdekan, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. Mereka yang hadir di antaranya para direktur, kapolres, dan kepala satuan reserse dan kriminal (kasat reskrim) se-Polwiltabes Makassar. Pertemuan tersebut membahas beberapa hal termasuk soal perampokan,seperti dilansir Tribun-timur.

Sebelumnya, Minggu (14/2), juga terjadi perampokan di dua lokasi berbeda. Pertama menimpa kantor perusahaan farmasi PT Tempo Group di Jalan Ir Sutami, Makassar. Perampok menggasak brangkas berisi uang tunai Rp 200 juta.

Kejadian kedua menimpa rumah Siring, karyawan Bank BTN di perumahan Grand Property, Jl Kumala, Makassar. Di rumah ini, perampok menggasak 300 gram emas, uang tunai Rp 600 juta, dan sebuah ponsel Nokia.

Kapolwiltabes Makassar Siapkan Hadiah

Untuk mengungkap kasus pencurian dan perampokan di Makassar, Kepala Kepolisian Wilayah Kota Besar (Kapolwiltabes) Makassar, Kombes Polisi Gatta Chaeruddin, menyiapkan sejumlah hadiah bagi masyarakat yang bersedia memberikan informasi keberadaan perampok. Gatta berupayaa melibatkan masyarakat dalam memberantas masalah ini.

Gatta menyatakan kesiapannya memberi hadiah saat menghadiri pertemuan bulanan dengan sejumlah kepala kepolisian tingkat sektor (Kapolsek) di wilayah hukum Polwiltabes, (Makassar, Gowa dan Maros), yang digelar di Mapolwiltabes Makassar, awal pekan lalu.
Sayangnya, hingga kemarin, belum dilaporkan adanya pelaku perampokan yang tertangkap oleh aparat keamanan.

Perampokan di Makassar 2010

Minggu (31/1)
Dua perampok yang mengaku diri sebagai polisi dan mengendarai motor Suzuki Satria, mengambil paksa tas Ainun Hidayat yang berisi laptop. Pelaku menebas tangan korban dan setelah itu melarikan diri di Jalan Toddopuli

Jumat (12/2)
Perampokan BNI Gowa di Jalan Andi Mallombassang, Sungguminasa, Gowa. Pelaku menyekap satpam dan membongkar isi kantor. Tidak ada uang yang hilang. Pada saat bersamaan, penodong berhasil mengambil paksa satu tas berisi laptop milik pengendara motor yang melintas di depan Kantor Bupati Gowa

Minggu (14/2)
Perusahaan farmasi PT Tempo di Jalan Sutami dirampok empat orang bertopeng, salah satunya bersenjata pistol. Duit Rp 200 juta di brankas berhasil dijarah

Minggu (14/2)
Perampokberaksi di rumah Siring, karyawan Bank BTN, di perumahan Grand Property Jalan Kumala, Makassar. Perampok mengambil 300 gram emas, uang tunai Rp 600 juta, dan ponsel Nokia.

Jumat (19/2)
M Hajib, warga Cilallang Raya kehilangan duit sebesar Rp 95 juta di mobilnya. Pencuri berhasil membuka pintu mobil yang ditinggalkan selama 10 menit

Sabtu (20/2)
Pencuri beraksi di Kompleks Perumahan Pesona Barombong, Kecamatan Tamalate, Makassar, Sabtu (20/2) dinihari. Korban mengaku kehilangan rokok, permen, uang tunai, ponsel, dan laptop.(Tribun-timur/AA.Effendy)

Selengkapnya...

Rehabilitasi MI Lambupeo Jeneponto Diduga Salah Bestek.

Rizal Nur- Jeneponto.

Gedung MI Lambupeo yang ditengarai Salah Betek Ukurang luas kelas hanya enam kali tujuh meter (Foto: Rizal Nur)

Jeneponto,Kabar News- Rehabilitasi gedung Madrasyah Iptidaiyah (MI) Lambupeo Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto yang menggunakan danaMadrasyah Edication Deplotment Projek (MEDP) tahun anggaran 2009 sebesar Rp 350 Juta ditengarai salah bestek,.

Pasalnya luas ruang belajar seharusnya delapan dikali sembilan meter, namun pada pembangunan Rencana Kegiatan Belajar (RKB) Siswa hanya enam kali tujuh meter yang tentu kurang layak ditempati empat puluh siswa untuk belajar tutur salah seorang masyarakat Lambupeo yang minta pada wartawan namanya tidak ditulis, Sabtu, (20/2)

Lebih jauh masyarakat tersebut mengatakan bahwa kalau kepala sekolah MI, ingin ruaangan kelas sesuai dengan ukuran standar yang berlaku tentu tidak sulit karena kelebihan tanahnya masih ada sekita tiga meter dari pagar.

Akan tetapi kepala sekolah hanya mengnkan keuntungan yang lebih besar ketimbang membangun gedung sekolah yanag lebih baik dan sesuai ukuran yang ditentukan oleh pemerintah.

Tetapi bukaannya kelebihan tanah itu diigunakan untuk memcukupi ukuran standar kelas, kekurangannya bisa mencapai kurang lebih tiga meter setiap kelas kalau dua berarti sekitar enam meter.

Enam meter itu berapa biayan yang bisa menjadi keuntungan pribadi, padahal kesempatan besar bagi Kepala Sekolah untuk memperbaiki sekolahnya karena biayanya sangat besar. Kata masyarakat.

Penanggung jawab proyek yang berusaha dikomfirmasi menurut stafnya Muh.Kasman mengatakan ketuanya lagi keluar dengan urusan kantor.

Saya ini hanya staf administrasi tidak bisa memberikan data karena yang berhak adalah ketua, jangan sampai keterangan yang saya berikan berbeda nantilah kalau datang disampaikan.( Muh.Rizal)


Selengkapnya...

Lagi, Penyelundupan 1.588 Ekstasi dan 255 Gram Sabu Ke Papua Barat Digagalkan


Jakarta, KBN News-Dalam dua hari, Kamis (18/2) dan Jumat (19/2) upaya penyelundupan 1.588 butir pil ekstasi dan 255 gram sabu-sabu ke Pontianak, Kalimantan Barat dan Sorong, Papua digagalkan petugas keamanan PT Angkasa Pura II dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Soekarno Hatta. Obat-obatan yang tergolong psikotropika tersebut disimpan dalam kotak plastik dan dalam paket buku yang akan dikirim melalui kargo.
Informasi yang dihimpun dari berbagai Sumber,Sabtu (20/2) di Bandara Soekarno-Hatta menyebutkan, Jumat pagi, pihak keamanan PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta mencurigai sebuah kotak plastik saat melintiasi pemeriksaan x-ray di Kargo Domestik Bandara,seperti dikutif Kompas.

Selanjutnya, petugas keamanan langsung mengamankan kotak yang dikirim atas nama Rusli beralamat di Jalan Kramat Raya Nomor 26, Jakarta Timur untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dari dokumen yang ada, kotak tersebut akan dikirim kepada Risdianto di Jalan Puri Chandra Mudio Nomor 25 Pontianak, Kalimantan Barat.

Setelah dibuka, dalam kotak terdapat 1.541 butir pil ekstasi. Pil tersebut rencananya akan dikirim melalui jasa perusahaan penerbangan udara Mandala Airlines. Setelah terbukti, barang sitaan tersebut langsung dilaporkan kepada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Soekarno Hatta untuk penyelidikan lebih lanjut.

Sehari sebelumnya, Kamis (18/2), pihak keamanan PT Angkasa Pura II juga menggagalkan 255 gram sabu-sabu dan 47 butir pil ekstasi. Narkotika tersebut dimasukkan dalam buku dan akan dikirim melalui paket kargo dengan menggunakan jasa perusahaan penerbangan Lion Air ke Sorong, Papua.

Di kardus tersebut bertuliskan nama pengirim, yakni Siper PT Mex Berlian Dirgantara di Jalan Jayakarta Blok 24 No 63, Jakarta. Sementara peneriman paket nuku tersebut adalah Opo Bengkel Las di Sorong, Papua.

Saat dihubungi wartawan, Kepala Satuan Narkoba Kepolisian Resor Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Marti Reni mengaku belum mendapat informasi mengenai penegahan narkotika melalui pengiriman jasa domestik kargo tersebut. "Saya belum tahu kalau ada tangkap seperti itu, justru informasi ini saya tahu dari wartawan. Saya akan cek dulu ke Bea dan Cukai Bandara tentang kebenaran tersebut," kata Marti.(Saputra)

Selengkapnya...

Proyek Pembangunan Bernilai Milayaran diresmikan Pada HUT Kab. Enrekang



Enrekang,KBN News- Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, A Muallim, mewakili Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meresmikan empat mega proyek pada acara HUT Ke-50 Kabupaten Enrekang, Jumat (19/2).

Empat mega proyek yang diresmikan pada HUT itu adalah Kecamatan Bungin sebagai kecamatan mandiri energi (KME), tribun atau baruga Lapangan Abubakar Lambogo-Batili, kantor Bupati Enrekang, dan gedung DPRD Enrekang.

Proyek Kecamatan Bungin sebagai KME menghabiskan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar dari dana APBN, Depkop RI, APBD Sulsel, dan APBD Enrekang.

Proyek pembangunan tribun/baruga Lapangan Batili menelan anggaran Rp 1,4 miliar yang bersumber APBD Enrekang 2009.

Sedangkan pembangunan kantor baru Bupati Enrekang menggunakan anggaran Rp 13 miliar yang dikerjakan bertahap sejak 2004 hingga 2009, seperti dilansir Tribun.

Dana pembangunan kantor bupati baru bersumber dari APBN, APBD Sulsel, dan APBD setempat. Sedangkan pembangunan gedung baru DPRD Enrekang menghabiskan Rp 4,4 miliar.(Tono)

Selengkapnya...

Presiden SBY Harus Tega Singkirkan Pendukungnya



Jakarta, KBN News-Menjelang berakhirnya masa kerja Pansus Angket Century, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Partai Demokrat diminta tidak lagi mempraktikkan permainan lobi-lobi politik dagang sapi.

"Jika SBY dan Demokrat selalu mendengung-dengungkan komitmennya untuk mengungkap kasus itu secara terang benderang, mengapa harus ada lobi-lobi intensif seperti yang terjadi di tempat karaoke? Itu mencederai komitmen mereka. Kerja Pansus akan redup. Rakyat akan kecewa," kata Ketua Gerakan Keadilan Sosial (Geraks) Suriswanto di Jakarta, Kamis (18/2/2010).

Menurut dia, Presiden SBY seharusnya mendorong pengungkapan kasus itu dengan tidak melakukan lobi-lobi politik dan ancaman terhadap pihak-pihak yang vokal mengungkap kebenaran kasus itu. "Kami sangat menyayangkan itu. Seharusnya SBY tega menyingkirkan orang-orang dekat dan penyokongnya menjadi Presiden untuk kedua kali, yang kini mulai mencemarkan nama baik dia dan mengotori perjalanan kabinet dia," katanya.

Hasil Pansus nanti, dikatakan Suris, menjadi pertaruhan citra SBY sebagai Presiden pilihan langsung rakyat yang menempatkan pemberantasan korupsi dan penegakan hukum sebagai prioritas utama pemerintahnya. "Kalau kata dia tidak satu sen pun dana Bank Century mengalir ke dia, dia harus buktikan mengklarifikasi di depan Pansus. Dia harus mempertahankan kredibilitas dia dengan membuktikan dia berkomitmen tinggi memberantas korupsi dan menegakkan hukum," tuturnya.

"Dengan SBY tidak mengungkap terang benderang, dia akan digoyang terus dan kalau digoyang terus tapi dia masih selamat, dia akan jadi diktator," katanya,seperti dilansir Kompas.com.

Kalau nanti mereka yang disingkirkan akan menyerang balik dan justru mengancam posisi SBY? "Itu enggak akan terjadi. Pengusaha-pengusaha penyokong dia itu bisa apa sih? Bisnis bisa apa sih? Mereka dimatikan bisnisnya selesai. Hartati Murdaya? Bisa apa sih? Perjalanan sudah jauh terbuka, kecuali kemarin tertutup. Rakyat akan bela dia," tandasnya.(Saputra)

Selengkapnya...

Kajati Diminta Tuntaskan Kasus Temuan BPK di Jeneponto

Bupati Jeneponto, Drs. H. Radjamilo.

Jeneponto, KBN News-Kedatangan Kejati Sulselbar, Adjat Sudrajat ke Jeneponto, untuk meresmikan kantin kejujuran dihadang puluhan orang yang mengatasnamakan diri Koalisi Rakyat Jeneponto Menggugat (KRJM) yang dikomandoi LSM Pattiro Jeka, Adwin Sutte.
KRJM menghadang rombongan kajati di Desa Botoujung, perbatasan antara Desa Tino dengan Desa Bonto Ujung Kecamatan Tarowang, sekira jam 12.00 WITA. Koalisi LSM tersebut melakukan penghadangan, untuk menyampaikan orasi terkait tindak lanjut temuan BPK dana Rp99 miliar di Pemkab Jeneponto yang tidak jelas penggunaannya.
Untuk itu, KRJM menuntut kepada Kajati Sulselbar, untuk menyelesiakan persoalan tersebut. Namun rombongan kajati tak berhasil ditemui pendemo, soalnya mobil yang ditumpangi kajati tidak berhenti.

Informasi yang berhasil dihimpun Selasa (16/2) menyebutkan akibat penghadangan rombongan kajati tersebut atas rencana aksi demo, Sekretariat KRJM di Belokallong diserang sekelompok orang yang tak dikenal, akibatnya sekretariat itu rusak parah.
Pihak polres Jeneponto masih melakukan penyelidikan terhadap pelaku oknum yang melakukan pengrusakan tersebut,seperti dilansir Upeks.(Rizal Nur/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

DPRD Jambi Akui Pelayanan Samsat Makassar Sangat Bagus

Terkait Kunjungan Langsung Di Kantor Samsat Makassar

Kepala Dispenda Sulsel, Drs. H. Arifuddin Dahlan Saat memberikan penjelasan kinerja Samsat Makassar (foto: Andi Ahmad)
Makassar, KBN News- Sebanyak 15 anggota Komisi II DPRD Jambi kunjungi Samsat Makassar, Rabu (17/2). kedatangan rombongan politisi Jambi ini dalam rangka kunjungan kerja.


Kepala UPTD Samsat Wilayah I Makassar, Drs Abd Rahman saat mendampingi Kadispenda Sulsel diruanganya.



Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Jambi Abdul Halim SE diterima oleh Kadispenda, H. Arifuddin Dahlan, dan berbincang-bincang diruangan Kepala UPTD Samsat Wilayah I Makassar, turut mendampingi Kadispenda Sulsel adalah Kepala UPTD Abd Rahman.

Sebelumnya rombongan kunjungan kerja ini diterima Asisten 1 di Kantor Gubernur Sulsel.

Tujuan kedatangan ini melihat sejauh mana peningkatan pelayanan Samsat pajak dan reteibusi serta pelayanan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulsel.

Rombongan di Samsat Makassar menyempatkan diri melihat sejumlah loket pelayanan dan loket kasir yang sudah menerapkan sistem online. Bahkan ke 15 anggota legislatif ini berbincang dan melihat notice pembayaran yang dicetak petugas kasir.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Jambi Abdul Halim SE mengatakan pelaksanaan kinerja pelayanan Samsat Makassar kepada wajib pajak cukup bagus, dan sangat mengakui kelancaran tugas yang dilakukan petugas Kasir yang secara langsung dapat dilihat kinerjanya.(Zul/ Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Kadispenda Sulbar Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Stafnya



Mamuju, KBN News-Seorang staf di Dinas Pendapatan Daerah Sulbar Reskiawanti (33) mengaku dilecehkan secara seksual oleh kepala dinasnya Mujirin M Yamin.
Sore tadi, Wanti datang mengamuk di kantornya dan memaki-maki Mujirin yang adalah paman Wanti, di depan para staf di kantor tersebut.

Karena Wanti tidak pernah melayani permintaan Mujirin yang menjurus ke masalah seksual, Mujirin tidak membayarkan honornya selama beberapa bulan.

Bahkan Mujirin mengancam akan memecatnya. Karena sering dilecehkan, makanya wanti selalu menghindar dari Mujirin,seperti dikutip tribun.

Saat Wanti datang, Mujirin tidak mau keluar dari ruangannya.(Yuzak NL)

Selengkapnya...

Komisi C DPRD Minta Samsat Takalar Naikkan Kontribusi PAD Sulsel 2010

Terkait Selama Tahun 2009 belum Penuhi Target Pendapatan



Takalar, KBN News-Komisi C DPRD Sulsel minta PT Jasa Raharja menaikkan 100 persen kontribusinya bagi Pendapatan Asli Darah (PAD) Sulsel pada tahun 2011.

"Kita meminta Jasa Raharja yang ada di Takalar untuk menaikkan kontribusi terhadap pendapatan Sulsel 2010.Diharapkan Samsat menjadi pelayanan Online di tahun 2011," kata Ketua Komisi C DPRD Sulsel Bukhari Kahar Muzakkar saat rapat dengan Wakil Bupati Takalar H A Makmur A Sadda Kepala Sub Cabang Jasa Raharja Takalar Subadri di Takalar, Selasa (16/2).
Jasa Raharja Sub cabang Takalar tahun ini hanya menerima 100 kendaraan perhari dan masih banyak tunggakan yang dialami karena masih banyak kendaraan di Takalar yang keluar masuk.

Menurut Bukhari, keberadaan Jasa Raharja, harus mempu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Takalar, tidak hanya memberikan santunan tetapi juga membantu dalam hal pendapatan daerah.
Anggota Komisi C Hj A Rahmawati Sultani mengemukakan, keberadaan Jasa Raharja yang dominan di Takalar seharusnya memberikan kontribusi yang maksimal untuk membangun daerah ini.
Dia juga berharap agar ruang pelayanan diperlebar utamanya pengaturan ruang parkir dan penerimaan masyarakat dengan nyaman dengan menyiapkan loket-loket yang memadai.

Rapat dengan Jasa Raharja berjalan alot dan bersahabat , karena Wakil Bupati Takalar A Makmur berharap Samsat Takalar bisa melayani seluruh pengendara dengan cepat utamanya pada system pelayanan serta berharap kedepan Samsat Takalar tidak lagi bersatus cabang pembantu karena sudah termasuk daerah maminasata

"Terlalu kecil kalau hanya Rp 2000, bisa kita terima dengan catatan pertambahan kendaraan dijamin 25 persen atau mencapai 1,5 juta unit pada tahun 2010," kata Ajeip,seperti dilansir BKM.

Sementara itu, Kepala Sub Cabang Jasa Raharja Takalar mengatakan, usulan Anggota Komisi C DPRD Sulsel menilai cara Jasa Raharja dengan meningkatakan PAD melalui Sisten Online.Dimana kita berharap para pemilik kendaraan dengan sadar melakukan kewajibannya dalam mentaati pembayaran sehingga apa yang diharapkan dalam pencapain target bisa terlaksana ,”katanya (Burhan/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Komisi IX DPR RI Kunjungan Kerja di Sulbar



Mamuju, KBN News-Rombongan Komisi 9 DPR RI baru saja mengadakan pertemuan dengan Gubernur Sulbar dan jajaran Pemprov sulbar di Gedung PKK Sulbar di Mamuju.

Pada pertemuan ini, gubernur meminta bantuan kepada komisi 9 untuk melanjutkan pembangunan kota terpadu mandiri (KTM) di Kecamatan Tobadak, Mamuju.
Kemarin, rombongan Komisi 9 yang dipimpin oleh Ketua Komisi 9 Abd Azis Suseno telah meninjau ke lokasi ktm di Tobadak. Menurut Azis, pada prinsipnya Komisi 9 siap untuk membantu menyempurnakan pembangunan ktm tersebut,seperti dilansir Tribun.

Azis berjanji untuk memperjuangkan di panitia anggaran DPRD RI, apalagi wakil panitia anggaran Tamsil Linrung berasal dari Dapil Sulsel. Azis hanya meminta agar pengelola ktm segera difungsikan agar aset-aset yang ada di ktm bisa berfungsi. Juga agar diadakan pasar, bengkel, toko peralatan.(Yuzak NL)

Selengkapnya...

Presiden SBY : Rasa Keadilan Kerap Terusik Dalam Praktik Penegakan Hukum

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ny Ani Yudhoyono-didampingi, antara lain, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menko Kesra Agung Laksono, Menhuk dan HAM Patrialis Akbar, Mendiknas Mohammad Nuh, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari, serta Gubernur Banten Ratu Atut Chosyiah (keempat dari kiri)-berdialog dengan sejumlah anak didik Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Anak Pria, Tangerang, Banten, Selasa (16/2).Foto: Kompas

Jakarta, KBN News-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai, dalam praktik penegakan hukum saat ini, rasa keadilan masyarakat kerap terusik. Terkait dengan hal itu, pemerintah akan menyusun kembali sistem yang tidak menyamaratakan perbuatan kriminal yang dilakukan oleh anak-anak, penyandang cacat berat, orang lanjut usia, atau pelanggaran ringan yang terjadi karena tekanan kemiskinan.

”Keadilan tidak selalu sejalan dengan hukum meskipun penegakan hukum itu sendiri harus sedekat mungkin dengan keadilan. Manakala ada jarak antara hukum dan keadilan, mari kita tata kembali agar keadilan itu betul-betul tegak,” ujar Presiden seusai meninjau Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Anak Pria, Tangerang, Banten, Selasa (16/2/2010). Presiden didampingi Ny Ani Yudhoyono dan 10 menteri, antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto.

Menurut Presiden, rasa keadilan kerap terusik dalam praktik penegakan hukum. Ia mencontohkan ketika disamaratakannya hukuman atas tindak pidana tertentu, seperti pencurian yang dilakukan orang dewasa dan anak-anak. Demikian pula ketika pencurian dilakukan karena seseorang amat sangat miskin dan seseorang yang sebenarnya tidak berkekurangan.

”Bukan hanya masalah praktik yang kita anggap masih belum mencerminkan keadilan yang hakiki. Kita perlu melihat kembali filosofi, konsep, sampai dengan undang-undang nantinya, termasuk kebijakan yang mesti kita jalankan,” tutur Presiden,seperti dilansir Kompas.com

Terkait dengan pelanggaran hukum yang dilakukan anak-anak di bawah usia 15 tahun, Presiden menekankan, penanganan terhadap mereka mestinya bukanlah dengan konsep penjara yang kaku atau penghukuman semata. Penanganan anak-anak yang melanggar hukum ini perlu dilakukan dengan konsep pembinaan dan pendidikan khusus.

Perubahan sistem

Dalam waktu dekat, kata Presiden, pemerintah akan mengupayakan perubahan sistem hukum yang fundamental untuk meningkatkan rasa keadilan masyarakat itu. Ia menyebutkan beberapa elemen yang perlu diakomodasi.

”Pertama, mari kita ubah konsepnya, bukan konsep menghukum dan memenjarakan itu sendiri, tetapi pembinaan dan pendidikan. Memang ada kasus kejahatan yang sangat ekstrem meskipun dilakukan oleh anak-anak mendapat pembedaan tertentu meski tetap dalam konsep pembinaan dan pendidikan,” paparnya.

Kedua, ditekankan adanya perlakuan berbeda terhadap penanganan jenis pelanggaran yang sama yang dilakukan oleh orang dewasa dan anak-anak.

Guru besar ilmu hukum pidana Universitas Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah, Prof Dr Teguh Prasetyo, menjawab pertanyaan Kompas kemarin mengatakan, upaya penegakan hukum dengan berbagai teori hukum di Indonesia selama ini gagal karena lemahnya sistem serta budaya hukum di masyarakat kita. Untuk itu, perlu pengawalan terus-menerus dari masyarakat terhadap setiap proses penegakan hukum. Salah satunya dengan mendesak setiap institusi penegak hukum memberikan laporan kemajuan kepada masyarakat atas setiap kasus yang ditangani.

Sementara itu, Sekretaris Satuan Tugas Pemberantasan Korupsi Denny Indrayana, yang juga Staf Khusus Presiden Bidang Hukum, HAM, dan Pemberantasan Korupsi dan Nepotisme, menyatakan, salah satu faktor yang dapat meminimalkan ketimpangan hukum dan keadilan adalah mengikis habis mafia hukum di berbagai bidang di masyarakat.

”Praktik mafia apa pun, termasuk mafia hukum, terjadi karena adanya pemilik modal yang dengan duitnya melakukan praktik mafia melalui berbagai cara,” tutur Denny di Banten, kemarin.(Saputra)
Selengkapnya...

Kajati Sulselbar Resmikan Kantin Kejujuran di Jeneponto

Rizal Nur- Jeneponto.

Kajati Sulselbar H.Adjat Sudradjat, SH.MH didampingi Bupati Jeneponto Drs.H.Radjamilo, MP ,Ketua DPRD Jeneponto H.Mulyadi Mustamu saat disambut Dengan Angngaru didepan Pondok pesantren Al Iksan Munte (.foto:Rizal)

Jeneponto, KBN News-Kajati Sulselbar H.Adjat Sudradjat SH,MH bertempat di Pesantren Munte Kabupaten Jeneponto, yang dihadiri Bupati Jeneponto Drs.H.Radjamilo, MP Ketua DPRD Jeneponto H.Mulyadi Mustamu, SH, Sekda Drs.H.Iksan Iskandar, MM serta unsur muspida, seluruh SKP dan kepala Sekolah didaerah ini Selasa, (15/2).

Kajari Jeneponto Tn Arief Azis, SH pada laporannya antara lain mengatakan bahwa bahwa peresmian kantin kejujuran yang ke 367 diharapkan akan menjadi pilot proyek didaerah ini.
Kantin semacam ini telah dibuat pada sekolah-sekolah diluar kabupaten Jeneponto untuk sebagai Kantin Kejujuran di Peantren AlIksan Munte sebagi proyek atas seluruh kantin kejujuran yang deada diseluruh tingkatan sekolah khususnya diBumi Turatea..

Sementara Kajati Sulselbar dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungannya kedaerah ini selain meresmikan kantin kejujuran yang merupakan program Jaksa Agung, untuk silaturahmiu dengan masayarakat.

Karena silaturahmi merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap manusia

Program ini diharapkan akan menjadi cikal bakal terwujudnya pemimpin-pemimpin bangsa yang jujur dan bersih serta jauh dari korupsi dimasa yang akan dating bukan dua tahun tetapi limas belas tahun yang akan dating.

Pada bagian lain Kajati mengatakan bahwa pihak telah melakukan berbagai klarifikasi menyangkut dana pendidikan gratis yang berasal dari pemerintah provensi sebesar empat puluh persen dan enam puluh persen dari pemerintah kabupaten..

Daan ditemukan berbgai penyimpangan akan tetapi pihak Kajati masih memberikan pembinaan dan serta mengajak kepada para kepala sekolah untuk melakukan perbaikan.

Dan kalau pada penggunaan dana pendidikan gratis yang akan dating pihaknya tidak akan memeberikan teleransi kepada para pelkunya karena hal ini menyangkut kepentingan rakyat, termasuk dana Bos dan beras raskin. Tegas Kajati.

Imformasi lain yang dihimpun Koran ini terkait kedatangan Kajati Sulselbar dikabupaten Jeneponto sekretariat Koaluisi Rakyat Jeneponto Menggugat ( Koalisi LSM red) di Belokallong Jl. Poros Makassar-Bantaeng diduga dirusak oleh sekolompok orang yang diduga pro pemerintah..

Penrusakan diduga atas aksi damai yang dilakukan Koalisi LSM di Kecamatan Tarowang pada saat Kajati menuju Kecamatan Arungkeke sebagai tempat Makan Siang, namun aksi damai yang menuntut penuntasan berbagai kasus yang diduga terjadi daerah ini dibubarkan oleh sejumlah orang tak dikenal (rizal)



Selengkapnya...

Direktorat Reserse Krimsus Polda Metro Jaya Gulung Prostitusi Online



Jakarta, KBN News- Satu lagi prostitusi online digulung polisi. Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Krimsus) Polda Metro Jaya kemarin membekuk YB, 30, pengelola dan pemilik situs http://dennymanagement.multiplay.com, http://dennymanagement.multiply.com, dan www.deliveryjakarta.cc.cc.

Warga Jakarta itu dibekuk polisi yang menyamar dan menjebaknya dengan cara memesan seorang wanita panggilan Sabtu (13/2) malam lalu. Dalam penangkapan itu, polisi menyita berbagai barang bukti. Yakni, dua lembar kertas tagihan, satu helai seprai putih, satu handuk putih, satu selimut putih, satu bra, dua unit BlackBerry, satu kondom, dan uang tunai Rp 5 juta.
Kepada penyidik, YB mengaku sudah setahun ini beroperasi menawarkan pelacur muda dengan tarif antara Rp 5 juta sampai Rp 50 juta. Tarif dipatok Rp 5 juta untuk yang berparas biasa-biasa saja. Untuk wanita kelas VIP, yakni gadis-gadis bertubuh molek, dipatok Rp 30 juta hingga Rp 50 juta. Untuk kelas ABG harga mulai Rp 10 juta hingga Rp 30 juta.

Seperti dilansir Jawapos, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombespol Boy Rafli Amar mengatakan, YB menjajakan wanita-wanitanya di dunia maya secara lengkap. Mulai identitas dan foto, serta ukuran bra, tinggi badan, dan tarif. Di website itu YB mencantumkan nomor ponselnya agar mudah dihubungi pelanggan.

Transaksi dilakukan setelah terjadi kesepakatan dengan pemesan. "YB ini yang menentukan nilai transaksi. Setelah uang diterima, YB menghubungi wanita yang dipesan untuk datang ke lokasi tertentu," ungkap Boy. Tapi, tak jarang pemesan membayar tunai langsung ke wanitanya setelah melakukan transaksi di hotel tertentu.

YB menerima komisi 50 persen dari nilai transaksi esek-esek tersebut. Dari pengakuan YB, setiap bulan dia memperoleh keuntungan Rp 500 juta. "Biaya hotel dan makan-makan ditanggung pemesan. Wanita penghiburnya walaupun cantik, rata-rata pengangguran," timpal Boy.

YB dijerat pasal 506 KUHP dan pasal 290 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. "Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk segera memblokir ketiga situs itu," bebernya.(saputra)

Selengkapnya...

Stok Semen di Indonesia Aman Sampai 2014



Gresik, KBN News - Hingga tahun 2014, kebutuhan semen di dalam negeri cukup dan aman. Pabrik semen di dalam negeri akan terus meningkatkan produksinya untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

"Sampai dengan tahun 2014, kebutuhan semen masih cukup," ujar Menteri BUMN, Mustafa Abubakar, kepada wartawan dalam kunjungannya ke Semen Gresik, Jalan Veteran, Selasa (16/2/2010).

Meski aman hingga tahun 2014, tetapi perlu dipikirkan untuk tahun selanjutnya. Karena lepas dari tahun itu, grafik permintaan semen naik tajam sedangkan pabrik semen stagnan, tidak ada pertumbuhan.

"Perlu dipikirkan apakah nantinya akan menambah kapasitas produksi yang ada atau
menambah pabrik semen baru," tambah Mustafa, seperti dikutif detik.com

Untuk pabrik baru, lanjut Mustafa, nampaknya belum akan dibangun sekarang. Dan
Untuk memenuhi kebutuhan semen selepas tahun 2014, sudah ada perencanaan dan
persiapan bahwa yang akan dilakukan adalah menambah kapasitas produksi yang ada.

Sementara itu, Dirut Semen Gresik, Dwi Soetjipto, menjelaskan bahwa naiknya permintaan semen hingga 6-7 % pada tahun ini karena meningkatnya kegiatan
infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi, membuat Semen Gresik menambah kapasitas
produksinya. Kapasitas produksi akan ditambah sebesar 10 juta ton dari kapasitas
produksinya sebesar 19,5 juta ton.(Iwan Munandar)

Selengkapnya...

Dirlantas : Sosialisasi UU Lalulintas Terus Digalakkan di Sulsel

Mengintip Kinerja Ditlantas Polda Sulselbar (Bagian 2)

Laporan : AA. Effendy- Makassar

Dirlantas Polda Sulawesi selatan Kombes. Pol.Drs. Budi Setiadi saat memberikan keterangan kepada Wartawan diruangkerjanya (Foto:Indotim News)

Makassar-- Penerapan Undang Undang No.22 tahun 2009 tentang tata tertib berlalulintas tak henti disosialisasikan, khususnya di Makassar.

Dirlantas Polda Sulawesi selatan Kombes. Pol.Drs. Budi Setiadi Saat ditemui beberapa wartawan diruang kerjanya mengatakan, peraturan dalam perundang Undangan No.22 tahun 2009 tentang tata tertib berlalulintas terus digalakkan.
"Kami terus melakukannya agar masyarakat dapat mengetahui meskipun dalam aturan tersebut belum di lakukan secara langsung pada undang undang No.22 tersebut," ucap Dirlantas Polda Sulsel, Senin (15/2).

Mengenai Isi dari undang undang tersebut, diakui Dirlantas saat ini belum diberlakukan secara langsung tentang pidana dan denda maupun sangsi, akan tetapi dari satuan lantas tetap melakukan sosialisasi agar nantinya kami dapat mengetahui sejauh mana tingkat kesadaran masyarakat memahami tetang aturan yang diberlakukan nantinya.

"Kalau masyarakat sudah mengetahui tentang aturan yang nantinya diberlakukan, maka pihak dari lantas akan sudah memberikan suatau sangsi yakni mengambil surat idzin mengemudi(SIM) dan STNK motornya. Kemudian mengenai penilaman itu berhubungan langsung pada pihak kejaksaan," tambahnya.

Yang jelas pada aturan tersebut. Pihak Satlantas tetap memberikan pemahaman pada masyarakat,sesuai pada mekanisme yang ada. (bersambung.....!!!)
(Ishak/AA. Effendy)

Selengkapnya...

Pemerintah Tampik Akan Terapkan Sensor Internet


Jakarta, KBN News-Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tentang Konten Multimedia merupakan peraturan turunan dari UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Kementerian Komunikasi dan Informasi merasa perlu menerbitkannya setelah induknya disahkan pada Maret 2008. Pro-kontra pun berkembang di masyarakat. Bagaimana penerapannya nanti?

Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemenkominfo Gatot S. Dewo Broto menegaskan peraturan ini sendiri sebenarnya tidak memperbolehkan pemerintah bersikap represif dengan melakukan sensor dan menutup situs-situs yang dinilai berbahaya. Basisnya adalah aduan masyarakat.

"Tidak ada censorship, situs-situs kalau mau tayang silahkan saja. Tapi kalau ada yang melapor keberatan ya akan kami usut," ujarnya, Selasa (16/2/2010). Itupun, lanjutnya, harus ditindaklanjuti dengan pengenalan mendalam terhadap identitas dan alasan pelapornya oleh Tim Konten Multimedia yang akan dibentuk pemerintah.

Gatot menegaskan memang tim ini yang akan menjadi tulang punggung Kemenkominfo dalam menerapkan Permen ini jika sudah disahkan. Tim akan terdiri dari 30 orang. Komposisinya, 15 ahli dari internal kementerian sedangkan 15 orang lainnya adalah unsur perwakilan masyarakat. Namun, Gatot belum mau mengungkapkan seperti apa kriteria unsur perwakilan masyarakat yang akan direkrut oleh Kemenkominfo. "Yang pasti, unsur masyarakat ada supaya tidak ada abuse of power," tegasnya, seperti dilansir Kompas.com

Secara garis besar, menurut Gatot, prosesnya sendiri tidak secepat yang dikira oleh masyarakat, termasuk penutupan situs jika memang terbukti melanggar. Pertama, harus ada laporan dari masyarakat. Kedua, identifikasi identitas dan alasan pelapor oleh Tim Konten Multimedia. Jika identitas pelapor serta dasar laporannya masuk akal dan beralasan, barulah dugaan pelanggaran diproses dan bisa masuk ke ranah hukum yang berujung pada penutupan situs.

Saat ini, RPM yang disusun sejak tahun lalu telah memasuki mas uji publik. Kementerian Kominfo membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mempelajari draftnya dan memberikan saran, kritik, dan tanggapan sampai 19 Februari 2010.(Saputra)

Selengkapnya...

Gempa 6,8 SR Guncang Maluku


Maluku, KBN News-Gempa yang cukup keras, 6,8 SR mengguncang daratan Maluku. Meski keras, tidak ada laporan mengenai kerusakan dan korban jiwa akibat gempa tersebut.
"Sampai saat ini, kita belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi, Selasa (16/2/2010),seperti dilansir detikcom.

Soal gelombang tsunami, Riyadi juga memastikan tidak mungkin terjadi. Soal adanya gempa susulan, itu masih mungkin ada.

"Namun kecil-kecil," tandasnya.

Pagi tadi sekitar pukul 04.51 WIB, terjadi gempa 6,8 SR di Maluku. Gempa tersebut terjadi di kedalaman 106 Km dengan lokasi 7.66 LS - 128.98 BT.(AA.Effendy)

Selengkapnya...

Rapat Pemantapan penilaian Lomba Desa dan Kelurahan se- Kab. Takalar

Laporan : Humas Takalar



Takalar, KBN News-Telah dilaksanakan Rapat Pemantapan penilaian Lomba Desa dan Kelurahan se- Kab. Takalar, Bertempat Di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Kamis, 11 Februari 2010 yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pedesaaan Kab. Takalar. Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Takalar Ir. H. Dahyar Daraba, M.Si. hadir dalam rapat tersebut Staf Ahli Bidang Politik, Pemerintahan Hukum Setda Kab. Takalar, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Kadis Kesehatan, para Camat, Desa dan Lurah Kab. Takalar.
Tujuan diselenggarakan rapat Pemantapan tersebut untuk memilih Desa mana yang layak untuk mengikuti dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi mendatang.


Sekda dalam arahannya mengatakan bahwa dalam penilaian Desa nanti, ada 10 indikator yang dinilai diantara lain pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, kesejahteraan keluarga, keluarga berencana dan lingkungan hidup. Lanjut dijelaskan bahwa tujuan lomba desa secara umum diselenggarakan agar adanya kesinambungan, kegiatan masyarakat, pemerintah Desa dan Kelurahan dalam menciptakan perubahan segala aspek dalam rangka mensukseskan kesejahteraan masyarakat,seperti dikutif Situs Takalarkab.go.id


Sekda berharap partisipasi para Camat, Desa dan seluruh perangkat Desa untuk mensukseskan lomba yang akan diadakan tersebut agar di Tahun 2010 Kab. Takalar dapat masuk dalam nominasi perlombaan Tingkat Provinsi mendatang.(Burhan/Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Gubernur Sumut : Jumlah Peserta Jamsostek di Sumut Meningkat

Pisah Sambut Kakanwil I PT Jamsostek (Persero)berlansung Sederhana

Laporan : Sanco Simanullang- Medan

Acara malam pisah-sambut Pejabat PT Jamsostek (Persero) foto bersama saat pisah sambut Kakanwil baru, Jumat (12/2) malam di Hotel Tiara Medan. Hotel . Tampak dalam foto dari kiri : Wakakanwil I Banjar Aseli DS, Ny Banjar Aseli DS, Ny Ratna Mas’ud Muhammad, mantan Kakanwil I Mas’ud Muhammad, Kakanwil I Herry Harland S, Ny Herry Harland S(Foto; Humas/Sanco Simanullang)

Medan, KBN News-Gubernur Sumatera Utara H Syamsul Arifin mengatakan pelaksanaan program jamsostek merupakan salah satu bentuk visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut tahun 2008-2013.

”Saat ini pelaksanaan jaminan sosial secara umum di Sumut sudah berjalan baik dan meningkat berkat kerja keras Kepala Kanwil I PT Jamsostek (Persero) Dr H Mas'ud Muhammad MM dan stafnya,” kata Gubernur Sumatera Utara dibacakan Kadisnakertrans Provsu Rapotan Tambunan SH MM pada Pisah sambut Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) dari pejabat lama Mas'ud Muhammad kepada pejabat baru Herry Harland S dan Waka Kanwil I Banjar Aseli DS, Jumat (12/2) malam di Hotel Tiara Medan.
”Kepada Kakanwil yang baru Herry Herland S dan wakil Kakanwil Banjar Aseli DS diharapkan dapat melanjutkan program yang sudah berjalan selama ini dan ke depan harus lebih ditingkatkan. Khususnya menangani permasalahan Jamsostek seperti pelayanan dalam jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK) bagi pekerja dan keluarganya yang menderita sakit," kata Gubernur.

Gubsu juga meminta agar Kakanwil yang baru dapat meningkatkan pelayanan kepada pengusaha khususnya perusahaan yang mengikuti sebagian dari 4 program Jamsostek yaitu, Jaminan Kematian (JK), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK).

"Bila ada pengusaha masih tetap melanggar ketentuan, jangan ragu-ragu menindak sesuai hukum," tegas Gubsu di hadapan undangan yang hadir di antaranya, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Kepala Departemen Diakonia HKBP Pdt Nelson Siregar, sejumlah undangan dari berbagai SKPD Sumut, wakil DPRA Amir Helmy, Serikat Pekerja/Buruh dan lainnya.

Gubsu mengatakan, jumlah perusahaan di Sumut saat ini 10.768 dengan pekerja 1.061.971 orang. Namun peserta Jamsostek baru 50 persen, yaitu 5.638 perusahaan dan pekerja 416.034 orang.

"Diharapkan Kakanwil yang baru bisa berupaya agar perusahaan dan semua pekerja yang belum menjadi peserta dapat menjadi peserta Jamsostek. Sebagaimana yang diwajibkan UU No.3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja," tukasnya.

Sektor Formal

Gubsu berharap, peserta Jamsostek ke depan tidak hanya pekerja yang bekerja di sektor formal. Namun, sudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan pekerja di sektor informal (Luar Hubungan Kerja) sebagaimana diatur pada peraturan Menakertrans RI Nomor. Per. 24/Men/VI/2006, yang jumlahnya melebihi 50 persen dari orang yang bekerja di Sumut.

"Pelaksanaan jaminan sosial bagi pekerja sektor informal diupayakan mengikuti 4 program Jamsostek di atas. Sehingga program kita agar masyarakat tidak bodoh, tidak sakit, tidak lapar, dan mempunyai masa depan, dapat terealisasi dengan baik, sehingga rasa aman dan sejahtera tertanam pada masyarakat Sumut," kata Gubsu.

Sebelumnya Kepala Departemen Diakonia HKBP Pdt Nelson F Siregar menilai, terobosan yang dilakukan Mas'ud Muhammad menggandeng pemuka agama menggambarkannya sebagai sosok yang nasionalis.

"Beliau tak canggung masuk gereja, meskipun beliau seorang haji. Dengan program yang dibuat selama ini, Jamsostek tak hanya diperuntukan bagi buruh saja, tetapi juga bagi semua orang, bahkan menyentuh seluruh agama," jelas Pdt Nelson Siregar seraya menegaskan Program Program Jamsostek merupakan misi suci (mission sacre) dan semestinya kedepan, dalam suksesi pimpinan nasional dapat diukur dengan berhasil tidaknya menyukseskan program jamsostek.

“Di Amerika, dalam setiap kampanye, isu jaminan sosial menjadi isu hangat dalam debat kandidat Presiden dan itu merupakan kunci,” katanya.

Untuk itu, dia meminta agar program tersebut diteruskan oleh Kakanwil baru. Dan jika memungkinkan dapat menggandeng seluruh pemuka agama menjadi peserta Jamsostek.

Sementara itu, Anggota DPD RI Parlindungan Purba yang juga Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut menuturkan, Mas'ud Muhammad selama menjabat sebagai Kanwil I Jamsostek menunjukkan berbagai kreativitas dan inovasi.

Peran Media

Pada bagian lain, mantan Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) yang kini menjabat Kepala Divisi Pelayanan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Kantor Pusat Dr. H. Mas’ud Muhammad MM mengatakan peran media sangat besar dalam meningkatkan kepesertaan jamsostek terutama di Wilayah I.

“Jangan tinggalkan media massa, sebab melalui media, ibarat pompa hidrolik yang dapat menyemburkan air lebih cepat dan lebih luas jangkauannya, Media berperan besar dalam memperluas kepesertaan jamsostek,” pinta Mas’ud kepada Kakanwil baru.

Dia mengatakan, selama ini PT Jamsostek (Persero) telah menjalin hubungan dengan lebih dari 25 Media Cetak dan Elektronik, baik berskala daerah maupun nasional.

“Kepada rekan rekan insan pers saya ucapkan terimakasih yang sedalam dalamnya atas dukungan yang telah diberikan selama saya menjabat di Wilayah I,” ungkap Mas’ud seraya mengungkapkan dengan bantuan media, sosialisasi program jamsostek telah dapat menjangkau keseluruh penjuru saat ini.

Acara diakhiri dengan pemberian cendera mata berupa ulos kepada Mas’ud Muhammad didampingi istri oleh Pdt Nelson Siregar, dilanjutkan oleh Kepala Disnakertrans Sumut Rapotan Tambunan yang didampingi Parlindungan Purba dan para mitra kerja lainnya.(*)





Selengkapnya...

Herry Harland Pimpin Jamsostek Sumatera Utara

Laporan: Sanco Simanullang- Medan

Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) Dr. H. Mas’ud Muhammad MM telah dipindahtugaskan menjadi Kepala Divisi Pelayanan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) PT Jamsostek (Persero) Kantor Pusat.(Foto: Humas/Sanco Simanullang)

Mutasi pejabat di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah hal wajar. Demikian halnya di lingkungan PT Jamsostek (Persero) sebagai salah satu BUMN. Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) Dr. H. Mas’ud Muhammad MM telah dipindahtugaskan menjadi Kepala Divisi Pelayanan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) PT Jamsostek (Persero) Kantor Pusat.
Menurut Mas’ud, pelantikan para pejabat sudah dilaksanakan pada hari kamis (4/2) lalu di Jakarta oleh Direktur Utama PT Jamsostek (Persero) Hotbonar Sinaga.

Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini. Demikian dikatakan Mas’ud, di Gedung PT Jamsostek (Persero) Jalan Kapten Pattimura, Rabu(10/2), saat sedang memantau persiapan acara serah terima jabatan dan pisah sambut yang rencananya dilaksanakan jumat, lusa.

Menurut Mas’ud, setelah acara serah terima jabatan Kepala Kantor Wilayah I kepada Herry Harland S dan Wakil Kepala Kantor Wilayah Banjar Aseli DS pada Jumat (12/2) pagi di aula Kanwil I PT Jamsostek (Persero) Jalan Kapten Pattimura No. 334 Medan, pada malam harinya, akan dilanjutkan pisah sambut dengan Kakanwil baru.

Dalam daftar undangan terlihat sejumlah Kepala Daerah dan pejabat penting Sumut, termasuk para mitra kerja terkait, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan dan lainnya.

Kepala Kantor Wilayah I yang baru Herry Harland S sebelumnya bertugas sebagai Kepala Biro Pengadaan Kantor Pusat, sementara Wakil Kepala Kantor Wilayah I yang baru Banjar Aseli DS sebelumnya bertugas sebagai Kepala Urusan Pembinaan Administrasi Kepesertaan di Kantor Pusat Jakarta.

Mas’ud berharap agar pejabat baru dapat melanjutkan koordinasi dengan seluruh mitra terkait seperti para Kepala Daerah baik Gubernur di tiga Provinsi yaitu Aceh, Sumut dan Sumbar maupn para Bupati dan Walikota.

“Selama ini hubungan PT Jamsostek (Persero) Kanwil I dengan pihak pihak terkait seperti Pemerintah Daerah sudah terjalin baik. Pemerintah Daerah di Wilayah I Jamsostek sudah merasakan bahwa sukses program jamsostek merupakan sukses pemerintah, karena program jamsostek adalah program pemerintah. Pemahaman dan koordinasi seperti ini yang perlu ditingkatkan terus menerus dan berkelanjutan lebih baik lagi,” kata Mas’ud.

Atas dukungan dari berbagai pihak selama dia menjabat sebagai Kakanwil di Wilayah Sumbagut, Mas’ud mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah aktif memperluas kepesertaan jamsostek, sehingga para tenaga kerja dapat terlindungi dari berbagai resiko seperti sakit, hamil, bersalin, hari tua, meninggal dunia, sebagaimana Undang-undang No. 3 tahun 1992 tentang program jamsostek.(*)

Selengkapnya...

Lagi, Mabes Polri Mutasi Besar-besaran



Jakarta, KBN News-Mabes Polri melakukan mutasi besar-besaran yang disebut tidak ada hubungannya dengan alih generasi. "Itu murni mutasi tour of duty dan tour of area saja. Nggak ada hubungannya sama Rapimnas yang membahas alih generasi," ungkap Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Edward Aritonang di Jakarta, Minggu (14/2/2010)
Dikatakan Edward sekitar 90 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) terimbas mutasi sesuai dengan telegram rahasia Kapolri nomor 119/II/2010. Dari jumlah ada tiga Kapolda yang akan ikut termutasi, diantaranya Kapolda Sumatera Utara, Irjen Badrodin Haiti yang kemudian akan menjadi Kadiv Binkum Polri, Kapolda Banten, Brigjen Rumiah yang menjadi Pati Mabes Polri dalam rangka pensiun dan Kapolda NTT, Brigjen Antonius Bambang Suedi, yang juga menjadi Pati dalam rangka pensiun.

Posisi Irjen Badrodin Haiti selanjutnya akan diisi oleh Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Oegroseno. Lalu posisi Brigjen Rumiah akan diisi oleh Kombes Pol Agus Kusnadi, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Maluku Utara. Selanjutnya posisi Brigjen pol Antonius Bambang akan diisi kombes Pol Yorry Yance Worang, yang sebelumnya menjabat sebagai Irbid Jemen SDM I Itwil I Itwasum Polri,seperti dilansir Kompas.

Berikut adalah mutasi lengkap Pati dan Pamen Polri yang berhasil didapat Persda Network.

1. IRJEN POL.DRS. BUDI GUNAWAN.SH.MSI KADIV BINKUM POLRI dalam jabatan baru sebagai KADIV PROPAM POLRI.
2. IRJEN POL. DRS. BADRODIN HAITI KAPOLDA SUMUT dalam jabatan baru sebagai KADIV BINKUM POLRI.
3. IRJEN POL. DRS. OEGROSENO KADIV PROPAM POLRI dalam jabatan baru sebagai KAPOLDA SUMUT.
4. IRJEN POL. DRS. MOMON RUSMANA.SH WIDYAISWARA UTAMA SESPIM POLRI dalam jabatan baru sebagai PATI MABES POLRI (pensiun)
5. BRIGJEN POL. DRS. BAMBANG SUPARNO.SH.MHUM WAKA POLDA NAD dalam jabatan baru sebagai WIDYAISWARA UTAMA SESPIM POLRI.
6. KOMBES POL.DRS. SURYA DHARMA IRWASDA POLDA JATIM dalam jabatan baru sebagai WAKA POLDA NAD.
7. KOMBES POL.DRS. COSMAS LEMBANG IRWASDA POLDA SULTENG dalam jabatan baru sebagai IRWASDA POLDA JATIM.
8. KOMBES POL.DRS. CHARLES VICTOR SITORUS IRBID JEMEN LOG ITWIL I IRWASUM POLRI dalam jabatan baru sebagai IRWASDA POLDA SULTENG.
9. KOMBES POL.DRS. HAROAN RITONGA KARO OPS POLDA JATIM dalam jabatan baru sebagai IRBID JEMEN LOG ITWIL I IRWASUM POLRI.
10. KOMBES POL.DRS. ANEKA PRISTAFUDDIN GADIK UTAMA DIT AKADEMIK PTIK dalam jabatan baru sebagai KARO OPS POLDA JATIM.
11. AKBP.DRS. BENNY SETIAWAN DIR SAMAPTA POLDA KEPRI dalam jabatan baru sebagai GADIK UTAMA DIT AKADEMIK PTIK.
12. AKBP.DRS. HENDRO SUGIATNO DIR LANTAS POLDA BANTEN dalam jabatan baru sebagai DIR SAMAPTA POLDA KEPRI.
13. AKBP.DRS. SUGIHARDI.SH KAPOLRES KENDAL POLWILTABES SEMARANG POLDA JATENG dalam jabatan baru sebagai DIR LANTAS POLDA BANTEN.
14. AKBP.AGUS ROHMAT.SIK.SH.MHUM KAPOLRES SALATIGA POLWILTABES SEMARANG POLDA JATENG dalam jabatan baru sebagai KAPOLRES KENDAL POLWIL TABES SEMARANG POLDA JATENG.
15. AKBP. SUSETIO CAHYADI.SIK.MH KABAG BINKAR ROPERS POLDA JATENG dalam jabatan baru sebagai KAPOLRES SALATIGA POLWILTABES SEMARANG POLDA JATENG.
16. AKBP.YOHANES RAGIL HERU SUSETYO.SIK.MHUM KASUBBAG MIN BAG RENMIN SDE SDM POLRI dalam jabatan baru sebagai KABAG BINKAR ROPERS POLDA JATENG.
17. BRIGJEN POL.DRS. ELIZAL HARRIS ALLAGAN.SH PATI BABINKAM POLRI ( KAPUS PENYIAPAN KEBIJAKAN KEAMANAN LAUT BAKORKAMLA) dalam jabatan baru sebagai PATI MABES POLRI (pensiun).
18. KOMBES POL.DRS.ALBERTUS JULIUS BENNY MOKALU.SH WADIR III/KOR DAN WCC BARESKRIM POLRI dalam jabatan baru sebagai PAMEN MABES POLRI ( DIARAHKAN PD KAPUS PENYIAPAN KEBIJAKAN KEAMANAN LAUT BAKORKAMLA).
19. KOMBES POL.DRS. HERU WINARKO.SH WADIR II/EKONOMI DAN KHUSUS BARESKRIM POLRI dalam jabatan baru sebagai WADIR III/KOR DAN WCC BARESKRIM POLRI.
20. KOMBES POL.DRS. PETRUS R GOLOSE.MM KANIT V DIT II/EKONOMI DAN KHUSUS BARESKRIM POLRI dalam jabatan baru sebagai WADIR II/EKONOMI DAN KHUSUS BARESKRIM POLRI.
21. BRIGJEN POL.DRS. ANTONIUS BAMBANG SUEDI.MM KAPOLDA NTT dalam jabatan baru sebagai PATI MABES POLRI (pensiun).
22. KOMBES POL.DRS. YORRY YANCE WORANG IRBID JEMEN SDM I ITWIL I ITWASUM POLRI dalam jabatan baru sebagai KAPOLDA NTT.
23. KOMBES POL.DRS BAMBANG HERMANU.SH.MM WAKA POLDA RIAU dalam jabatan baru sebagai IRBID JEMEN SDM I ITWASUM POLRI.
24. KOMBES POL.DRS. GATOT SUBIAKTORO WADIR V/TIPITER BARESKRIM POLRI dalam jabatan baru sebagai WAKA POLDA RIAU.
25. KOMBES POL.DRS. MACHFUD ARIFIN.SH DIR RESKRIM POLDA KALSEL dalam jabatan baru sebagai WADIT V/TIPITER BARESKRIM POLRI.
26. KOMBES POL.DRS. ACHMAT JURI KANIT I DIT I/KAM DAN TRANNAS BARESKRIM POLRI dalam jabatan baru sebagai DIR RESKRIM POLDA KALSEL.
27. BRIGJEN POL.DRS. ARIEF SUMARWOTO.SH.MHUM KAPUS GAKKUM LAKHAR BNN dalam jabatan baru sebagai PATI MABES POLRI (pensiun)
28. KOMBES POL.DRS. VINCENTIUS SAMBUDIYONO.MM WADIR IV/NARKOBA DAN OC BARESKRIM POLRI dalam jabatan baru sebagai KAPUS GAKKUM LAKHAR BNN.
29. KOMBES POL.DRS. MUSA GINTING DIR RESKRIM POLDA NTT dalam jabatan baru sebagai WADIR IV/NARKOBA DAN OC BARESKRIM POLRI.
30. AKBP.DRS. ADE SUTIANA WADIR RESKRIM POLDA PAPUA dalam jabatan baru sebagai DIR RESKRIM POLDA NTT.
31. BRIGJEN POL. RUMIAH.SPD KAPOLDA BANTEN dalam jabatan baru sebagai PATI MABES POLRI (pensiun).
32. KOMBES POL.DRS.AGUS KUSNADI WAKA POLDA MALUKU UTARA dalam jabatan baru sebagai KAPOLDA BANTEN.
33. KOMBES POL.DRS. KRIDO SUDIBYO.MM IRWASDA POLDA LAMPUNG dalam jabatan baru sebagai WAKA POLDA MALUKU UTARA
34. KOMBES POL.DRS. PRIA SISWANDI ISMAIL PAMEN POLDA METRO JAYA dalam jabatan baru sebagai IRWASDA POLDA LAMPUNG.
35. BRIGJEN POL.DRS. RADEN SUHERMAN.SH.MM STAF PADA SAHLI KAPOLRI dalam jabatan baru sebagai PATI MABES POLRI (pensiun).
36. KOMBES POL.DRS. HERRY HARYANTO IRWASDA POLDA JATENG dalam jabatan baru sebagai IRWIL III ITWASUM POLRI.
37. KOMBES POL.DRS. TRI HANDOYO.SH.MM IRBID JEMEN OPSNAL II ITWIL I ITWASUM POLRI dalam jabatan baru sebagai IRWASDA POLDA JATENG.
38. IRJEN POL.DRS. BAMBANG KARSONO.SH.MM PATI MABES POLRI (INSPEKTUR UTAMA BIN) dalam jabatan baru sebagai PATI MABES POLRI (pensiun).
39. BRIGJEN POL.DRS. SUPARNI PARTO S.MM DIR A BAINTELKAM POLRI dalam jabatan baru sebagai PATI MABES POL ( INSPEKTUR UTAMA BIN).
40. BRIGJEN POL.DRS. ABDUL RACHMAN.SH KARO BINJAH SDE SDM POLRI dalam jabatan baru sebagai DIR A BAINTELKAM POLRI.
41. KOMBES POL.DRS. EKO HADI SUTEDJO.SH.MSI SES ROBINKAM SDE SDM POLRI dalam jabatan baru sebagai KARO BINJAH SDE SDM POLRI.
42. BRIGJEN POL.DRS. SUMIARTO SUDARMO STAF PADA SHLI KAPOLRI dalam jabatan baru sebagai PATI MABES POLRI (pensiun).
43. BRIGJEN POL.DRS. ANDI NURMAN THAIR.SMIK WIDYAISWARA MADYA SESPIM POLRI (DPB PD BARESKRIM POLRI) dalam jabatan baru sebagai PATI MABES POLRI (pensiun).
44. KOMBES POL.DRS. YUN SOFYAN ANALIS UTAMA TK II ROANALIS BAINTELKAM POLRI dalam jabatan baru sebagai PAMEN MABES POLRI (pensiun)
45. BRIGJEN POL.DRS. BACHRUL EFENDI WAKA POLDA KALTIM dalam jabatan baru sebagai PATI MABES POLRI (pensiun).
46. BRIGJEN POL.DRS. NGADINO.SH.MM KARO JIANSTRA SDE OPS POLRI dalam jabatan baru sebagai WAKA POLDA KALTIM.
47. KOMBES POL.DRS. BAMBANG SURJOWARDJOKO.MM WADIR SAMAPTA BABINKAM POLRI dalam jabatan baru sebagai KARO OPS JIANSTRA SDE OPS POLRI.
48. KOMBES POL.DRS. SUKANDA IRBID JEMEN SDM I ITWIL IV ITWASUM POLRI dalam jabatan baru sebagai PAMEN ITWASUM POLRI (pensiun).
49. KOMBES POL.JOHNNY HOTMA HUTAHURUK IRWASDA POLDA KALBAR dalam jabatan baru sebagai IRBID JEMEN SDM I ITWIL IV ITWASUM POLRI.
50. KOMBES POL.DRS. SUDARGO KABAG RENMIN DIV PROPAM POLRI dalam jabatan baru sebagai IRWASDA POLDA KALBAR.
51. KOMBES POL.DRS. ISTU HARI WINARTO.SH.MM DIR LANTAS POLDA SULTRA dalam jabatan baru sebagai KABAG RENMIN DIV PROPAM POLRI.
52. AKBP.DRS. EDI SETIO BUDI SANTOSO.SH.MM WADIR LANTAS POLDA RIAU dalam jabatan baru sebagai DIR LANTAS POLDA SULTRA.
53. KOMBES POL. SUDARTO.SH KADENMABES POLRI dalam jabatan baru sebagai PAMEN DENMABES POLRI (pensiun).
54. AKBP. SADINO KASUBBAG MIN SET ROBINKAR SDE SDM POLRI dalam jabatan baru sebagai KADENMABES POLRI.
55. KOMBES POL.DRS. KUNTO WIBISONO SOEWARDJO.MSC ANALIS UTAMA TK II ROANALIS BAINTELKAM POLRI dalam jabatan baru sebagai PAMEN BAINTELKAM POLRI.
56. KOMBES POL.DRS. ENDJANG SUDRADJAT PAMEN POLDA NTB dalam jabatan baru sebagai ANALIS UTAMA TK II ROANALISIS BAINTELKAM POLRI.
57. KOMBES POL.DRS. MOCH.MISBAH KASUBBAG ANEVBINJAH BAG ANEV ROJIANSTRA SDE SDM POLRI dalam jabatan baru sebagai PAMEN SDE SDM POLRI. (pensiun).
58. KOMBES POL.DRS. MOEHAMAD SALEH IRBID JEMEN SDM II ITWIL IV ITWASUM POLRI dalam jabatan baru sebagai PAMEN ITWASUM POLRI ( pensiun).
59. KOMBES POL.DRS. AAN ISKANDAR PAMEN SDE SDM POLRI dalam jabatan baru sebagai IRBID JEMEN SDM II ITWIL I IRWASUM POLRI.
60. KOMBES POL.DRS. MIHARSO BA KABAG KHIRDIN RODALPERS SDE SDM POLRI dalam jabatan baru sebagai PAMEN SDE SDM POLRI (pensiun).
61. AKBP.DRS. EKY HERI FESTYANTO KASUBBAG RENGAR BAG RENSDM ROJIANSTRA SDE SDM POLRI dalam jabatan baru sebagai KABAG KHIRDIN RODALPERS SDE SDM POLRI.
62. KOMBES POL.DRS. HERMAN KOTO KABID INTELEK BAINTELKAM POLRI dalam jabatan baru sebagai PAMEN BAINTELKAM POLRI (pensiun).
63. KOMBES POL.DRS. MAMAT RUHIMAT BEKTI ANALIS UTAMA TK I ROANALISIS BAINTELKAM POLRI dalam jabatan baru sebagai KABID INTELEK BAINTELKAM POLRI.
64. KOMBES POL.DRS. SLAMET SOPANDI ANALIS UTAMA TK II ROANALISIS BAINTELKAM POLRI dalam jabatan baru sebagai ANALIS UTAMA TK I ROANALISIS BAINTELKAM POLRI.
65. KOMBES POL.DRS. RAHARDJO KUNDONO WARSONO.SH KARO LOG POLDA JATIM dalam jabatan baru sebagai PAMEN POLDA JATIM (pensiun).
66. KOMBES POL.DRA. NUR AFIAH KABAG BINJAS ROBINJAH SDE SDM POLRI dalam jabatan baru sebagai KARO PERS POLDA BANTEN.
67. AKBP.DRA. WISMERRY WAHAB.MSI KASUBBAG LAHTALEK BAG INFOPERS ROJIANSTRA SDE SDM POLRI dalam jabatan baru sebagai KABAG BINJAH SDE SDM POLRI.
68. KOMBES POL.DRS. INDRA FARMAN KARO LOG POLDA METRO JAYA dalam jabatan baru sebagai PAMEN POLDA METRO JAYA (pensiun).
69. KOMBES POL.DRS. PANJANG YUSWANTO PAMEN LEMDIKLAT POLRI dalam jabatan baru sebagai KARO LOG POLDA METRO JAYA.
70. KOMBES POL.DRS. ANWARUDDIN PAMEN POLDA DIY dalam jabatan baru sebagai PAMEN MABES POLRI (berobat).
71. KOMBES POL.ACHMAD RIHARTO.S.SI KADEP FISFOR PUSLABFOR BARESKRIM POLRI dalam jabatan baru sebagai PAMEN BARESKRIM POLRI (pensiun).
72. AKBP.DRS. AGUS IRIANTO WAKA LABFOR CAB SURABAYA PUSLABFOR BARESKRIM POLRI dalam jabatan baru sebagai KADEP FISFOR PUSLABFOR BARESKRIM POLRI.
73. KOMBES POL.DRS. HERU PURWANTO KAPOLWIL KEDIRI POLDA JATIM dalam jabatan baru sebagai PAMEN DENMABES POLRI.
74. KOMBES POL.DRS. ACHMAD LUMUMBA.SH KABID PROPAM POLDA JATIM dalam jabatan baru sebagai KAPOLWIL KEDIRI POLDA JATIM.
75. KOMBES POL.DRS. SETYO PRIHADI KADEN B GAKPLIN PUSPROVOS DIV PROPAM POLRI dalam jabatan baru sebagai KABID PROPAM POLDA JATIM.
76. KOMBES POL.DRS. EDDY PRAMUDYO PENYIDIK UTAMA PUSPROVOS DIV PROPAM POLRI dalam jabatan baru sebagai KADEN B GAKPLIN PUSPROVOS DIV PROPAM POLRI.
77. KOMBES POL.DRS. SETYO WASISTO.SH DIR INTELKAM POLDA METRO JAYA dalam jabatan baru sebagai PAMEN POLDA METRO JAYA ( LEMHANNAS).
78. KOMBES POL.DRS. IRLAN.SH ANALIS UTAMA TK III ROANALISIS BAINTELKAM POLRI dalam jabatan baru sebagai DIR INTELKAM POLDA METRO JAYA.
79. AKBP.DRS. ATRIAL KASUBBAG DOK BAG DOKLIT ROANALISIS BAINTELKAM POLRI dalam jabatan baru sebagai ANALIS UTAMA TK III ROANALISIS BAINTELKAM POLRI.
80. KOMBES POL.DRS. RAMSER ERIXON SILALAHI.MSI PAMEN POLDA GORONTALO dalam jabatan baru sebagai PAMEN DENMABES POLRI.
81. KOMBES POL.DRS. YOYOK SUBAGYONO.SH.MSI WIDYAISWARA MUDA SESPIM POLRI dalam jabatan baru sebagai KADIV BINKUM POLDA PAPUA.
82. AKBP.DRA. ARDYNA SOFYAN KASUBBAG REN SETLEM LEMDIKLAT DIT BINDIK LEMDIKLAT POLRI dalam jabatan baru sebagai GADIK UTAMA SECAPA LEMDIKLAT POLRI.
83. AKBP.HJ. SUPARMINNINGSIH.SE KASUBBAG RENDIK BAG RENDALDIK DIT BIDIK LEMDIKLAT POLRI dalam jabatan baru sebagai KASUBBAG REN SETLEM LEMDIKLAT POLRI.
84. KOMBES POL.DRS. EDY SUPRIADI.SH DIR RESKRIM POLDA JATIM dalam jabatan baru sebagai PENYIDIK UTAMA TK II DIT III/KOR DAN WCC BARESKRIM POLRI.
85. KOMBES POL.DRS. SUROTO.MSI DIR RESKRIM POLDA MALUKU UTARA dalam jabatan baru sebagai DIR REKRIM POLDA JATIM.
86. KOMBES POL.DRS. PURWADI ARIANTO.MSI PENYIDIK UTAMA TK III DIT I/KAM DAN TRANS BARESKRIM POLRI dalam jabatan baru sebagai DIR RESKRIM POLDA MALUKU.
87. KOMBES POL.DRS. SUKARNI ISMAIL KEPALA PUSAT STUDI ILMU KEPOLISIAN DIT PPITK PTIK dalam jabatan baru sebagai PAMEN POLDA DIY (DLM RANGKA MPP).
88. KOMBES POL.DRS. BUDI SUPRAYITNO SESLEM SECAPA LEMDIKLAT POLRI dalam jabatan baru sebagai KEPALA PUSAT STUDI ILMU KEPOLISIAN DIT PPITK PTIK.
89. KOMBES POL.DRS. SRIJONO.MSI PAMEN DENMABES POLRI dalam jabatan baru sebagai SESLEM SECAPA LEMDIKLAT POLRI.(Saputra)


Selengkapnya...

Panitia Pembangunan MTS Jeneponto Diduga Syarat Korupsi

Rizal Nur - Jeneponto

Bangunan Yang Rahabilitas MTS Babussalam DDI Kassi Kabupaten Jeneponto (foto: Rizal Nur)

Jeneponto, KBN News-Disinyalir Panitia Pembangunan Rahabilitas MTS Babussalam DDI Kassi Kabupaten Jeneponto yang menggunakan dana luar Negeri (Blogk Grend) sebasar Rp 850 juta, adalahrumpun keluarga kepala sekolah Hj. Rahmawati, S.Ag jelas sumber yang minta namanya tidak disebut pada wartawan Selasa, (10/2).

Sesuai dengan juknis pembangunan dan rehabilitasi sekolah harus terlebih dahulu membentuk panitia yang diambil dari masyarakat sekitar sekolah melalui rapat komite, Kalau di MTS Babussalam DDI Kassi ini lain kepala sekolah Hj.Rahmawati menunjuk saudaranya H.Burhan Munawir sebagai ketua Panitia, Adiknya Sekretaris dan bendaharanya sepuunya serta pengawas Bapaknya.

MTS Babussalam DDI Kassi yang mendapatkan satu unit Bangunan baru Laboratorium dan dua unit rehabilitasi ruang Kegiatan belajar (RKB), tampa papan Potensi yang menggabarkan besarnya dana, Volume Kegiata, Mulai dan akhir pekerjaan,serta tidak dipajan gambar pekerjaan.

Bahkan ketua yayasan yang seharusnya dilibatkan langsung dalam pembangunan dan Rahabilitasi MTS Babussalam DDI Kassi akan tetapi dikesampingkan bahkan tidak disampaikan pada saat pembentukan panitia ,kata Sumber yang layak dipercaya kepada KBN News.

Yang jelas pembangunan dan rehabilitasi ruang kelas ini rawang penyimpangan, terkadang kepala sekolah tetutup ketiga ada masayarakat yang menanyakan asal dana dan jumlah dananya.

Irosnisnya dua unit ruangan kegiatan belajar (RKB) yang direhabilitasi bukan milik MTS Babussalam DDI Kassi tetapi mili Madrsyah Aliyah DDI Kassi yang selama ini digunakan untuk belajar sehingga para siswanya terpaksa pindah ketempat lain.

Kepala sekolah Hj. Rahmawati yang dikompirmasi melalui terlpon gemgemnya oleh wartawan mengatakan bahwa tidak benar kalau tidak ada pembentukan panitia pembangunan dan Rhabilitasi.

Sebelumnya pihak sekolah melakukan rapat pembentukan panitia, karena pensyarannya harus ada paniti jadi kita bentuk panitia, yang terdiri dari ketua panitia, bendahara serta sekretaris plus anggota-anggota.

Ketika ditanya yang terlibat hanya kelaurga kepala sekolah Hj. Rahmawati sedikit agak gugup mengatakan tidak benar itu dan kelurga kami hanya terlibat sebahagian saja, yang lainnya masayarakat seputur lingkungan sekolah.
Yayasan tidak dilibatkan.

Ditempat terpisah ketua Yayasan Jamaluddin Liwang, S.HI yang diminta tanggpannya soal pembentukan panitia pembangunan Rehabilitasi dua unit Ruang kegitan Baelajar membantah kalau pihaknya dilibatkan dalam pembentukan panitia.

Saya tidak diundang pada saat mereka rapat karean Kepala Sekolah Takut karena yang dia libatkan kebanyakan keluarganya pada hal sesuai dengan aturan itu tidak benar, lagi pula yayasan tentu harus terlibat dalam segala peningkatan sarana tapi saran saja tidak pernah diterima.

Dan meminta kepada wartawan tolong para wartawan pembangunan rehabilatasi itu dipantau ini dana besar bukan sedikit yang sumber dananya dari luar, jangan samapai para panitia keenakan tampa memperdulikan mutu bangunan. (Rizal Nur)
Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom