Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Gubernur dan Walikota Gorontalo Respon Kampanye Simpati Pajak

Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo.

Gorontalo, KBN News-Sebagai bentuk penghargaanya kewajib pajak, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gorontalo menggelar kampaye simpati pajak. Djadia Ali SH Kepala KPP Pratama Gorontalo yang turun langsung dalam acara itu memberikan setangkai bunga ke Gubernur  Provinsi Gorontalo, Walikota Gorontalo dan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo serta para Bupati se Gorontalo. Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk kepedulian wajib pajak dalam memberikan kontribusi kepada Negara.
Kampanye yang dilakukan serentak di Indonesia ini, diharapkan dapat memotivasi wajib pajak untuk membayar pajak tepat waktu.

" Dengan kampaye perpajakan kita semua semakin sadar pajak, dan tepat waktu membayar pajak, “ Kata Gubernur Provinsi Gorontalo Gusnar Ismail.
Selain dukungan dari Gubernur,  kampenye simpati pajak mendapat respon baik dari Walikota Gorontalo H Adhan Dambea.

" Alhamdulillah dalam dua tahun terakhir ini saya melihat bahwa pelayanan pajak sudah lebih maju dan sampai saat ini kami belum pernah menerima pengeluhan masyarakat tentang pelayanan pajak. Ini menandakan pelayanan KKP Pratama Gorontalo sudah maksimal, " ungkap Walikota Gorontalo.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Gorontalo Djadid Ali,SH berharap, kampaye simpati pajak dengan pemberian setangkai bunga dapat menciptakan kerjasama antara
pemerintah dengan masyarakat dalam hal pembayaran pajak.

" Ini kami lakukan agar wajib pajak lebih meningkatkan kesadarannya dalam membayar pajak serta menjadi  motivasi dalam membayar pajak, baik dilingkungan pemerintah maupun masyarakat, "sarannya (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Perkuat Listrik di Jakarta, PLN Investasi Rp 2,5 Triliun

Jakarta,KBN news- PT PLN (Persero) wilayah distribusi Jakarta dan Tangerang mengalokasikan dana investasi sebesar Rp 2,5 triliun untuk memperkuat listrik di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada tahun depan.

"Dananya berasal dari PLN pusat," ujar General Manager PLN Disjaya dan Tangerang Purnomo Willy kepada wartawan, Minggu (31/10/2010).

Menurut Purnomo, rencananya dana tersebut akan digunakan untuk menambah sekitar 1.300 trafo distribusi dan menyelesaikan penambahan 1.000 kilometer kabel listrik bawah tanah di wilayah tersebut,seperti dilansir buletininfo.

"Dana itu juga akan dipakai untuk menambah jaringan, memperbaiki gardu-gardu induk dan gardu penghubung serta penambahan trafo IBT (interbust transformer)," jelasnya.

Penguatan listrik Jakarta tersebut, lanjut dia, dilakukan untuk mendukung penambahan jumlah pelanggan baru PLN pada tahun depan yang ditargetkan sebanyak 110.000 pelanggan.

Saat ini, jumlah pelanggan listrik di wilayah Jakarta dan Tangerang paling rang mencapai 3,76 juta. Dengan beban puncak tertinggi pada siang hari tercapai 5.528 MW dan malam hari 4.960 MW.

"Kami perkirakan pelanggan tadi akan membuat beban listrik di wilayah ini bertambah sekitar 400 MW," ungkapnya.(saputra)
Selengkapnya...

Zugito Pimpin Kembali PWI Sulsel

 Laporan: H.Lolo/H.Sakkar Rauf- Makassar

Makassar, KBN News-Proses pemilihan Ketua Cabang PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Sulawesi Selatan berlangsung alot sampai pukul 15.30 dini hari.

Ketua Cabang yang lalu. H. Zulkifli Gani Ottoh (Zugito) kembali meraih suara terbanyak berjumlah 272 mengungguli Burhanuddin Amin yang hanya mendapat 224 suara.

Setelah proses Pemilihan Ketua Cabang selesai Musyawarah Cabang ( Muscab) sekaligus juga ditutup.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Gara- gara Pohon, Anak Tiga Tahun Selamat Saat Tsunami di Mentawai

Mentawai, KBN News - Tsunami di Mentawai meluluhlantakkan Dusun Muntai. Di tengah reruntuhan, selamatlah seorang bocah berumur tiga tahun. Anak yang diketahui bernama Azizah itu ditemukan tersangkut di atas pohon.

"Saat ditemukan, seluruh badannya membiru dan merah," kata Saderaki (42), warga
Malakopa yang kini berniat merawat balita malang Minggu,
(31/10/2010),seperti dilansir detikcom.

Dengan kondisi lemah, Azizah diturunkan secara perlahan oleh polisi yang menemukannya. Di lokasi tersebut juga ditemukan ibunya yang nyaris meninggal. Tulang perempuan tersebut patah-patah. Dia juga mengalami luka di sekitar mata yang membuatnya bengkak, dan badannya membiru. Ditemukan pula kakak Azizah dengan kondisi setali tiga uang dengan ibunya.

"Azizah tiap malam menangis, memanggil-manggil ibunya," tambah Saderaki.

Kini, ibu dan kakak Azizah masih dirawat intensif di posko pengungsian gereja bersama puluhan pengungsi lainya. Azizah hanya sesekali dipertemukan dengan ibunya karena takut tertular penyakit. Azizah kini mulai bisa tersenyum, meski pucat masih tampak di wajahnya.

"Rencananya, Azizah akan kami sekolahkan," ucap Saderaki.

Gempa 7,2 SR yang melanda Mentawai pada Senin (25/10) memicu tsunami di kawasan tersebut. Korban tewas akibat bencana itu hingga 29 Oktober malam menjadi 413 orang. Sedangkan warga yang masih hilang mencapai 298 orang. Korban yang mengalami luka berat 270 orang dan 142 orang luka ringan. Sebanyak 517 rumah rusak berat dan 204 rumah rusak ringan. Jumlah pengungsi telah mencapai 22.595 orang. ( Saputra)
Selengkapnya...

PSM Lawan Bontang FC Tanpa Kapten

Liputan Bola 2010

Makassar, KBN News-PSM Makassar akan tampil pincang saat menghadapi Bontang FC, Minggu 31 Oktober malam ini di Stadion Andi Mattalatta. Kapten tim Andi Oddang sedang dibelit cedera. Peluang untuk tampil sangat kecil, lantaran cedera dianggap cukup parah. Dia pun masih harus menjalani terapi hingga kemarin.


"Ini berat buat kami. Botang FC bukan lawan remeh, sementara kami harus kehilangan Oddang, salah satu harapan untuk pencetak gol," kata Robert Rene Alberts, usai memimpin latihan anak asuhnya di Stadion Andi Mattalatta.

Robert memang sudah punya pengganti, yakni Marwan Mustafa Sayedeh. Namun diakui pelatih asal Belanda ini, Marwan bukan tipikal pemain terbaik untuk menjadi starter sejak menit awal. Dia kerap disiapkan menjadi pendobrak di menit-menit akhir.

Perannya sebagai pengganti terkadang lebih mujur. Buktinya saat laga terakhir melawan Persisam Samarinda. Marwan tampil sebagai penyelamat kemenangan PSM 2-1. "Kami tak punya pilihan. Mudah-mudahan dia tampil bagus kali ini," tambah Robert.

Demi mensiasati absennya kapten tim, pelatih berusia 55 tahun ini harus memformat ulang skenario bermain. Salah satu pilihan terbaik ditempuh adalah kembali ke formasi 4-4-2. Marwan diintruksikan berduet dengan striker utama Anoure Obiora Richard. Selama ini dia mmang beroperasi di geladang sayap.

Di barisan tengah Robert juga mengubah komposisi. Dia menyiapkan Diva Tarkas sebagai gelandang sayap, sementara Hendra Ridwan dicadangkan. Robert sadar jika berjuluk tim Bukit Tursina itu sedang dalam kondisi "on fire". Torehan positif menahan tuan rumah Persiba Balikpapan 1-1, menjadi catatan penting jika tim itu sebenarnya menyimpan kekuatan misterius. "Kami tidak tahu kekuatan rill mereka. Lima laga BFC dilalui tanpa live di televisi. Kami hanya meraba-raba," ungkapnya.

Selain kendala teknik, kubu PSM juga mewaspadai kebangkitan BFC. Itu karena empat eks PSM bercokol di tim ini. Ali Khaddafi, Handi Hamzah, Sardianata, dan Iqbal Samad hafal betul atmosfer Stadion Andi Mattalatta. Semangat mereka hampir pasti berlipat demi menunjukkan kualitasnya tak kalah dengan para junior yang kini banyak menghuni PSM.

Absennya Oddang sendiri membuat ban kapten PSM beralih ke Julies Basile Onambele. Pemain asal Kamerun ini didaulat sebagai kapten kedua PSM. Tuah dari Basile diharapkan bisa membawa warna baru di pertandingan. "Saya harus siap mengangkat moral teman-teman. Itu sudah jadi tugas saya sebagai kapten," tutur Basile, seperti dikutif fajar Online.

Bagaiamam BFC? Melalui pelatih kepala Fahkri Husaini mengatakan, anak asuhnya sudah siap tempur melawan PS. Tak ada kendala teknis karena semua pilar bisa tampil. Fakhri akan mengandalkan duet asing Kenci Adachihara-Julius Pongla Akosah. Dia pun mengakui PSM adalah tim kuat namun pihaknya tak silau dengan hasil bagus yang diraih PSM dalam empat laga terakhir.

Kendala satu-stunya bagi Fakhri yang dianggap cukup menggangu karena pernah kalah besar dari Persipura dengan skor 8-1. Dia pun harus bekerja keras memoles ketangguhan lini belakang jika tak ingin kembali menjadi bulan-bulan tim lawan, termasuk saat jumpa dengan PSM malam ini.(Rizaldi/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Jalan Santai di Makassar Macetkan Sejumlah Ruas Jalan

Sekitar 80.000 ribu peserta Jalan Santai yang digelar Pemkot Makassar, Minggu ( 31/10) start di Jalan Sudirman tepat Pukul 07.00 wita.

Jalan santai ini yang hadiah door prise utamanya satu unit rumah dilepas oleh Walikota Makassar, H.Ilham Arief Sirajuddin.

Sejumlah jalan yang dilewati para peserta jalan santai seperti, Jalan Sudirman, Haji Bau, Penghibur, Ujung Pandang, Botolempangan, Ahmad Yani lumpuh total. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Gubernur Buka Muscab PWI Sulsel

 Laporan : Andi Ahmad- Makassar

Makassar, KBN News-Guberner Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo membuka musyarawah cabang (Muscab) Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Sulawesi Selatan, hari ini Sabtu (30/10) di Aula PWI Sulsel Jalan A.P.Pettarani.

Musyarawah cabang pemilihan Ketua Cabang merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap lima tahun, sekitar 400 orang anggota PWI yang tersebar diseluruh Provinsi Sulsel akan memilih pemimpin yang akan menentukan nasib Organisasi Wartawan ini lima tahun kedepan.

Ada 3 kandidat yang bertarung memperebutkan posisi orang nomor satu di kepengurusan PWI Cabang Sulsel, diantaranya H. Zulkifli Gani Otto ( Fajar Group), H.A. Burhanuddin Amin ( Media Group ), H. Syarifuddin Tang.
Selengkapnya...

Dinas PU : Tidak Ada Perbaikan Jalan Poros Kecamatan di Jeneponto

 Terkait Ruas Jalan Desa dan Kecamatan Rusak Berat.

Laporan: Rizal Nur- Jeneponto.


Jeneponto, KBN News-Masyarakat Desa Bontoramba menyayangkan sikap Pemerintah Kabupaten Jeneponto, yang tidak memperhatikan kerusakan dua poros jalan kecamatan yakni Poros Tamalatea-Bulusibatang dan Poros Bungunlompoa-Bangkalaloe.

Sebagaimana yang dituturkan salah seorang masayarakat Bontoramba Abdullah pada wartawan di di Makassar Jumat, (29/10) bahwa pemerintah daerah seakan-akan tidak membuka mata dan tidak memperhatikan kerusakann jalan setiap hari semakin parah.

Pada hal dua poros jalan tersebut merupakan jalan utama bagi masyarakat untuk memperlancar arus transportasi kekota kabupaten atau kekota Provinsi untuk menjual hasil buminya.

Kedua poros jalan sudah dua tahun tidak pernah mendapatkan peningkatan, sementara jalan yang menuju depan rumah pejabat yang berpengaruh yakni Poros Allu-Lambupeo Kecamatan Bangkala sudah mau diperbaiki yang telah ditimbun dengan sirtu, kata Abdullah.

Yang Jelas Pemerintah Kabupaten Jeneponto tutup mata, padahal jalan tersebut kondisinya jauh lebih parah ketimbang dengan jalan yang ada di Kecamatan Bangkala, apalagi mamfaatnya jauh lebih besar karena Jalan Poros Tamalatea Bontorambas dan Poros Bungunlompoa- Bangkalaloe merupakan jalan alternative ketika banjir di Poros Jalan Jeneponto-Makassar.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jeneponto Mappasomba,SHI yang dikonfirmasi melalui telpon gengamnya kepada media ini mengatakan bahwa memang dua poros jalan yang dimaksud tidak ada perbaikan terlebih peningkatan.

Karena Kabupaten Jeneponto dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum tidak mendapatkan dana Alokasi Khusus (DAK), jadi tidak diprogramkan kata Mappasoba dibalik Telepon bahkan tahun 2011 pun masih jadi tanda Tanya.
Selengkapnya...

Nelayan Diperairan Selat Sunda Dilarang Dekati Gunung Krakatau

Serang, KBN News-Nelayan yang biasa mencari ikan di perairan Selat Sunda diimbau tidak melaut di perairan dekat Anak Gunung Krakatau. Selain faktor aktivitas Anak Gunung Krakatau, imbauan ini juga dikeluarkan menimbang cuaca buruk yang belakangan kerap terjadi.

"Semua perlu terus waspada. Disarankan agar nelayan tidak melaut dekat-dekat Anak Gunung Krakatau. Apalagi belakangan ini cuaca sering buruk, gelombang juga kerap tiba-tiba tinggi dan susah ditebak," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, ketika dihubungi Jumat (29/10/2010),seperti dilansir Kompas.

Penuturan Salma, Anak Gunung Krakatau dapat ditempuh selama sekitar 3 jam dengan menggunakan perahu cepat berkekuatan 2 PK dari Pantai Carita, Pandeglang.

Pada kondisi cerah, Anak Gunung Krakatau dapat terlihat dari pesisir Carita maupun Pasauran.

Namun pada Jumat sore, kondisi Anak Gunung Krakatau tidak terlihat dari pesisir Carita karena kondisi cuaca yang mendung.

"Selain mendung, hujan juga kerap turun sehingga menghalangi pandangan ke arah (Anak Gunung) Krakatau," kata Agus, seorang warga.(Saputra)
Selengkapnya...

Lawan PSM, Pelatih Bontang FC Optimis Bisa Curi Poin



 Liputan Bola 2010

Makassar, KBN News-Pelatih Bontang FC, Fachri Husaini, mengkhawatirkan faktor nonteknis saat timnya meladeni tuan rumah PSM dalam lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) musim ini di Stadion Mattoanging, Minggu (31/10/2010) malam.

Asal pertandingan berlangsung fair play, katanya, dia optimistis timnya dapat mencuri poin.

Menurut Fachri, dia sudah melihat penampilan PSM di televisi. Namun, dia masih buta kemampuan empat pemain asing PSM, yakni Goran Subara, Marwan Sayedeh, Onambele Basile, dan Srecko Mitrovic,seperti dilansir Tribun.

Hanya Anoure Obiora yang dikenal mantan kapten timnas ini. Melawan PSM, Fachri mengatakan tidak akan melakukan pengawalan khusus kepada tiap individu pemain.

Iqbal Samad dkk, katanya, akan diminta mewaspadai seluruh pemain PSM.

Ditemui di Hotel Dinasti, Fachri mengatakan sudah menyiapkan strategi meredam permainan PSM. (Rizaldi/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Pertandingan PSM Lawan Persisam Raih Pemasukan Rp.320 Juta

 Liputan Bola 2010

Makassar, KBN News-Panitia pelaksana pertandingan PSM meraih pemasukan harga tiket sekitar Rp320 juta pada laga kandang PSM melawan Persisam di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Kamis (28/10).

Asisten manajer bidang pertandingan, M Sabri di Makassar, Jumat, mengatakan, pemasukan ini telah melampaui pencapaian tertinggi yang pernah diraih ketika PSM menjamu Arema Indonesia sekitar Rp270 juta pada beberapa musim lalu.

"Sejak bergulirnya kompetisi Liga Super Indonesia, jumlah pendapatan ini memang yang terbesar. Mudah-mudahan kedepan, hasilnya bisa dipertahankan untuk membantu pembiayaan PSM, "katanya,seperti dikutif Tribun.

Menurut Camat Tamalanrea itu, keberhasilan meraih hasil maksimal pada laga kandang pertama PSM musim 2010/2011 karena beberapa alasan antara lain karena panitia pertandingan lebih profesional dalam menjalankan tugasnya, termasuk tidak membawa keluarganya ke stadion tanpa membayar.

"Selain itu, sistem keamanan telah sesuai standar. Artinya pihak keamanan begitu sigap dalam meminimalkan hal yang bisa membuat panitia merugi seperti upaya mencetak tiket palsu, "ujarnya.

Untuk 16 laga kandang PSM pada kompetisi LSI musim ini, pihak panitia optimistis jumlah pendapatan penjualan tiket lebih meningkat lagi. Atau paling tidak mencapai target Rp300 juta setiap pertandingan.

Selain itu, pihaknya juga berharap kepada seluruh penonton untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat PSM mendapat sanksi berupa partai usiran. Jika hal itu terjadi, bisa dipastikan akan membuat pembiayaan tim Juku Eja lebih melambung.

"Kita berharap bisa mencapai angka Rp350 juta dengan mencetak tiket sebanyak 17.000 lembar. Namun jika menurun kita berharap tidak terlalu mencolok yakni sekitar Rp250 juta," ucapnya.(Rizaldi/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Lawan Persija, Persib Siap Tampil Tanpa Eka

 Liputan Bola 2010

Bandung, KBN News-Kapten Persib Eka Ramdani kemungkinan besar harus absen pada dua laga terakhir di tahun ini. Bahkan, melawan musuh bebuyutan Persija Jakarta, Sabtu (30/10/2010), Persib harus rela tampil tanpa Eka.

Saat Maung Bandung dipermalukan PSM Makassar dengan skor 1-2, Eka terlihat tampil tidak maksimal. Awalnya, dokter tim pesimistis pemilik nomor punggung 8 tersebut bisa tampil menjamu Juku Eja. Tapi rupanya, Eka dipaksa untuk tampil.

Kala itu Eka tengah mengalami cedera sekitar hamstring. Tapi rupanya, setelah dipaksa tampil, cedera hamstring Eka justru bertambah parah, bukannya membaik.

Eka mengaku, dirinya pesimistis bisa tampil saat timnya bertandang ke Persija (30/10/2010) dan PSPS Pekanbaru (2/11/2010) nanti. “Cedera hamstring saya jadi agak parah. Kemungkinan akan absen di dua pertandingan lawan Persija dan PSPS. Kata dokter pembungkus otot robek,” ungkap Eka.

Pilar timnas ini pun juga mengaku, saat melawan PSM sebetulnya kondisi cederanya belum pulih benar. Saat tampil di lapangan, kata Eka, cedera tersebut berangsur-angsur membaik. Namun, setelah selesai pertandingan, justru nyeri hamstring di paha kanannya semakin parah. “Saya diminta untuk istirahat total. Saya serahkan soal pemulihan cedera ini kepada dokter tim,” jelasnya.

Sementara dokter tim dr Rafi Ghani juga merasa pesimistis pemain asal Purwakarta tersebut bisa turun saat dijamu Macan Kemayoran. Rafi menyatakan cedera hamstring Eka menjadi parah pasca dipaksa turun saat menjamu tim asuhan Robert Rene Alberts pekan lalu. “Sepertinya tidak bisa dipaksa lagi karena cederanya parah,” ujar Rafi. (SPO/Saputra)
Selengkapnya...

PSM Lewati Perjuangan Berat Kalahkan Persisam Dikandang

Makassar, KBN News-Lebih dulu tertinggal, PSM Makassar akhirnya memetik poin maksimal saat menjamu Persisam Samarinda. Dua gol yang dibuat Djayusman Triasdi dan Marwan Sayyedeh memberi ‘Juku Eja’ keunggulan 2-1.

Dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Andi Matalatta, Makassar, Kamis (28/10/2010), PSM mampu mengungguli permainan lawannya di 20 menit pertama. Peluang tuan rumah di antaranya datang dari tendangan keras Jacky Pasarela di menit tujuh dan sepakan Diva Tarkas.

Namun justru tim tamu yang mampu lebih dulu unggul saat laga masuk menit 24. Julio Lopez menjebol gawang kiper Denny Marce setelah terlebih dulu memperdaya beberapa bek PSM.

Demi menambah daya serang, PSM memasukkan Marwan dan menarik keluar Diva Tarkas. Keputusan tersebut terbukti efektif karena Marwan tampil bagus ikut menggalang serangan dan bahkan menkreasikan peluang saat sepakkannya masih membentur mistar gawang.

Dukungan tanpa henti yang diberikan suporter fanatik PSM yang berjumlah sekitar 20 ribu orang tak percuma. Di menit 65 Djayusman Triasdi mencetak skor untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

PSM akhirnya mematikan didapatnya tiga poin setelah berhasil mencetak gol kedua hanya lima menit sebelum pertandingan usai. Memanfaatkan kemelut di muka gawang Persisam, Marwan Sayyedeh sukses menceploskan bola ke dalam gawang dan mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Usai pertandingan, pelatih Robert Albert mengaku puas dengan kemenangan yang didapat anak didiknya, meski mendapat perlawanan sengit. Meski begitu, dia mempertanyakan beberapa keputusan wasit yang dianggap kurang jeli karena tak memberi timnya penalti terhadap pelanggaran yang dilakukan tim lawan.

“Ada tanda tanya besar, mengapa setiap bermain tandang, PSM selalu mendapat penalti untuk kemenangan tim lawan. Padahal pertandingan malam ini ada empat pelanggaran yang dilewatkan tanpa satu pun tendangan penalti bagi PSM. Pertandingan ini sangat tidak fair bagi kami,” seru Albert. (SPO/Rizaldi/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Ratusan Buruh Demo Di Pengadilan Negeri Medan

Desak Hakim Vonis Manager PLN Seadil-adilnya

Laporan: Sanco Simanullang- Medan

Medan, KBN News-Ratusan buruh yang tergabung dalam Dewan Buruh Sumatera Utara (DBSU) menggelar  demonstrasi di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (28/10/) siang. Dalam aksinya mereka meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman yang seadil-adilnya kepada Mantan Manajer PLN Sumbagut Pembangkitan Sicanang Belawan Ermawan Arief Budiman atas perbuatannya yang telah menelantarkan hak-hak buruh.

Saat ini terdapat dua kasus pelanggaran Jamsostek dan ketenagakerjaan yang tengah disidangkan di Pengadilan Negeri Medan. Kedua kasus dimaksud adalah Manajer PT PLN Pembangkitan Sumbagut Ernawan Arief Budiman (43) menjadi terdakwa dengan dua tuduhan melanggar UU Nomor 13/2003 tentang Ketenagakerjaan dan UU Nomor 3/1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Kemudian Direktur PT MJM, Joni (29) penduduk Jalan Labu Medan, tidak memenuhi hak-hak normatif karyawannya yaitu tidak membayar hak-hak normatif dari pekerjanya, UMD (upah minimum domestik) dan tidak memasukkan ke dalam program Jamsostek, sesuai UU No 3 Tahun 1992.
Sejumlah orator tampak hadir seperi dari SBSI 1992, SPN Sumut, SPNI, SPSU bahkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan. Dalam orasinya, DBSU mendesak Majelis Hakim untuk mengedepankan kebenaran  dan keadilan dalam tindak pidana kejahatan perburuhan yang dilakukan PT PLN pembangkit Belawan.

“Hidup buruh,,,hidup buruh,,,hidup buruh,” sorak puluhan buruh yang tergabung dalam Dewan Buruh Sumatera Utara (DBSU) saat memasuki depan gerbang PN Medan. “Kami datang kemari bukan untuk merusuh, tapi untuk mengingatkan Hakim agar berpihak kepada buruh yang telah disengsarakan Ermawan Arif Budiman selaku manager PLN Belawan,” sorak mereka lagi.

Bambang Hermanto, Koordinator massa DBSU mengungkapkan, bahwa setiap kali ada permasalahan buruh, pihak pengusahalah yang selalu dimenangkan , dan buruh selalu kalah saat diproses di meja hijau. “Tahu sebabnya? Itu karena jaksa dan hakim masih ‘mata duitan’ dalam menjalankan tugasnya,” soraknya dengan pengeras suara yang ditampung empat buah loudspeaker besar.

Dengan fenomena yang selalu merugikan pihak buruh tersebut, pekik Bambang, pihaknya tak ingin kembali terulang di PN Medan yang sedang memproses pengusaha ‘nakal’, khususnya Ermawan Arief, dan Bos PT Multi Jaya Mandiri (MJM), Jonny yang juga didakwa melanggar ketentuan ketenagakerjaan karena tidak membayar upah layak pekerja, dan tidak memasukkan pekerjanya menjadi peserta jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek).

“Apabila vonis Ermawan jadi digelar hari ini, kami mau putusannya sesuai dengan ketentuan pidana. Bukan malah membuat kasus ini seperti perdata, yakni menuntut denda Rp 400 juta dan subsider 6 bulan kurungan. Kalau vonis tidak sesuai, lihatlah
 nanti, kami akan sweeping hakimnya,” kata Bambang mengultimatum.

Anggiat Pasaribu yang Koordinator Assosiasi Buruh Deli Serdang (ABDES) sekaligus perwakilan Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pekerja Nasional (SPN) Sumut. Dengan bersorak keras, dirinya menyumpahi hakim dan jaksa yang nekat bermain dengan para pengusaha untuk menelantarkan nasib buruh.

“Kalau mereka bermain, kita sumpahi anak istri mereka (hakim dan jaksa) sakit semuanya,” cetusnya. Disambung Erwin, perwakilan perserikatan pemberdayaan organisasi lokal, juga berharap agar hakim memberikan vonis kepada Ermawan sesuai ketentuan perundang-undangan kelak.

Ketua PN Temui Perwakilan DBSU

Setelah di dalam ruang mediasi, perwakilan perwakilan massa DBSU pun sempat kecewa karena ternyata yang menyambut mereka humas PN Medan. “Kami tidak mau kalau tidak Ketua. Kalau Ketua tidak mau menemui kami yang hina ini, kami akan sweping ruangannya,” ancam massa pada Asmui SH, Humas PN Medan.

Setelah beberapa menit ditunggu, Panusunan Harahap SH, Ketua PN Medan pun akhirnya menemui mereka. “Terimakasih atas aspirasi saudara sekalian. Jujur saya katakan, sejak saya bertugas di sini, saya bertekad membangun paradigma baru di pengadilan ini. Tidak boleh lagi ada penyimpangan di sini,” tegas pria yang menjadi hakim ketua dalam sidang Ermawan itu.

Dilanjutkannya, terkait proses hukum para pengusaha yang mengeyampingkan hak-hak tenaga kerja dan jamsostek, dirinya mengatakan agar para buruh tidak ragu padanya.
“Tuntutan saudara sekalian akan saya pertimbangkan. Itu jaminan yang saya berikan pada Saudara sekalian. Kedepannya, terkait masalah perburuhan ini, jika saudara sekalian dipersulit, diperas oleh anggota saya, maka langsung segera sampaikan sama saya, saya janji akan langsung menindaknya,” tegas pria yang telah bertugas selama setahun di PN Medan itu.

Setelah mendengar komitmen Ketua Pengadilan Negeri Medan, puluhan buruh langsung membubarkan diri dari gedung tersebut dengan damai. Sidang akan dilaksanakan Kamis (4/11) mendatang.(*)
Selengkapnya...

Gunung Merapi Semburkan Awan Panas, Warga Kembali Mengungsi

Klaten, KBN News - Meskipun Merapi masih berstatus 'awas', namun sebagian warga lereng Merapi di daerah Klaten telah meninggalkan pos pengungsian. Mereka telah kembali ke rumah masing-masing. Namun seiring luncuran awan panas yang kembali meningkat dari kawah Merapi, warga kembali ke pengungsian.

Luncuran awan panas yang turun bertubi-tubi sejak pagi hingga siang, membuat warga empat desa lereng Merapi di Kecamatan Kemalang, Klaten, memutuskan kembali ke barak pengungsian. Mereka kembali turun dengan angkutan yang disediakan tim satlak penanggulangan bencana Kabupaten Klaten, Jumat (29/10/2010),seperti dilansir detikcom.

Sebelumnya, sebagian besar warga memang telah meninggalkan barak pengungsian karena melihat aktivitas Merapi yang sudah dianggap reda. Mereka merasa perlu segera pulang ke rumah masing-masing untuk mengurus hewan ternak dan ladang pertanian. Bahkan saat Wapres Boediono mengunjungi pos pengungsian mereka pada Kamis kemarin, sebagian besar dari pengungsi telah tidak berada di tempat pengungsian.

Namun aktivitas Merapi hari ini memaksa mereka kembali ke barak pengungsian. Suara gelegar dari arah puncak serta luncuran awan panas membuat mereka khawatir dengan keselamatannya. Selain itu hujan abu juga mengguyur pemukiman yang memang berada di area bahaya yang harus dikosongkan selama Merapi masih dalam kondisi 'awas'.

Warga Kampung Deles misalnya, dapat melihat dengan jelas luncuran awan panas dari kawah Merapi tersebut. Apalagi jarak antara kampung mereka dengan puncak tak lebih dari 5 km. Karena itu mereka khawatir jika luncuran awan panas mengarah ke pemukimannya yang berada tak jauh dari wana wisata di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) tersebut.

Pantau Kesehatan Hewan

Sementara itu Dinas Pertanian Kabupaten Klaten menerjunkan 11 dokter hewan untuk memantau kesehatan ternak milik pengungsi Merapi yang merupakan harta kekayaan berharga bagi sebagian besar warga pengungsi. Tak kurang dari 9.000 ternak milik saat ini berada di kawasan rawan bencana.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klaten, Sri Mulyaningsih, memaparkan jumlah hewan ternak milik warga di empat desa yang warganya terpaksa mengungsi sekitar 3.000 ekor sapi dan 6.000 ekor kambing. Hewan-hewan tersebut tetap berada di rumah pemilik masing-masing karena pemiliknya menolak jika hewan ternak dievakuasi. Alasannya untuk menghindari stres pada ternak.

"Ternak-ternak tersebut rawan terkena penyakit akibat debu vulkanik. Debu vulkanik dari letusan gunung bisa menyebabkan iritasi pada mata, pernafasan, kulit dan lambung ternak. Apalagi, pemiliknya tetap memberikan rumput yang terkena abu vulkanik untuk dikonsumsi ternak-ternak tersebut," ujar Mulyaningsih.

Namun warga punya alasan lain. Meskipun tim Satlak meyediakan jerami dan bekatul untuk ternak, warga tetap memberikan rumput hijau untuk ternak-ternak mereka. Alasannya, ternak tidak akan gemuk jika hanya diberi jerami dan bekatul.
Selengkapnya...

Laga PSM VS Persisam Uji Coba Stadion Andi Mattalatta

Makassar, KBN News-Untuk menghadapi pertandingan besok antar PSM dan Persisam, siang ini, Rabu (27/10) digelar pertemuan di Sekretariat Panpel PSM di Kompleks PDAM Makassar Jalan Ratulangi Makassar. Pertemuan ini dimaksudkan untuk membahas persiapan pertandingan Kamis malam (28/10).

Humas Panpel PSM Makassar, Susunan Halim mengatakan bahwa, dalam pertemuan ini dibahas berbagai masalah teknis pertandingan, mulai dari warna kostum hingga aturan-aturan yang akan diberlakukan dalam pertandingan.

"Meeting ini untuk membahas masalah teknis pertandingan, baik itu masalah kostum dan aturan pertandingan, karenanya wasitpun ikut dalam meeting ini," ujarnya

Menurut Sugali, dalam pertemuan ini PSM diwakili oleh Abdi Tunggal, sedang dari Persim dihadiri pelatihnya Hendry Susilo. Sedangkan dari pihak wasit sendiri dihadiri Iis Isya yang akan memimpin pertandingan besok.

Sabri berharap agar pertandingan besok, bisa berjalan lancar. Dia juga meminta para suporter PSM untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan. “Jangan lupa nonton PSM beli tiket, demi untuk kemajuan PSM," katanya sambil tertawa.

PSM sendiri akan menjamu Persisam besok malam, Kamis (28/10). Pertandingan ini merupakan laga kandang pertama PSM setelah melewati 4 kali laga tandang. Laga kandang ini juga merupakan pertama kali penggunaan stadion Mattoanging pasca dilakukan perbaikan.(KM/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Bambang Hendarso Pamit Dari Polri

Depok, KBN News - Acara serah terima jabatan Kapolri diwarnai suasana haru. Mantan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri (BHD) tak kuasa menahan air matanya saat berpamitan dengan pejabat Mabes Polri dan anak buahnya.

Di lapangan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, acara sertijab akan ditutup dengan prosesi mengantarkan mantan Kapolri menuju pintu luar.

Sepanjang perjalanan dari dalam Mako Brimob hingga ke pintu luar, ratusan anggota polisi dari Lantas, Samapta, Akpol, Brimob membuat barisan dan menaburkan bunga.

BHD yang saat itu ditemani istri naik mobil yang sudah disiapkan bagi pejabat Polri yang hendak pensiun. Ia berpamitan dengan pejabat Mabes Polri dan Kapolri baru Komjen Pol Timur Pradopo.

Wajah BHD awalnya berseri-seri sambil menyalami para pejabat Polri. Sambil melambaikan tangan dan menyapa mantan anggotanya, air mata BHD pun mengalir.

Lambat laun, BHD tak kuasa menahan rasa sedihnya meninggalkan institusi yang memberikannya kesempatan berkiprah selama 36 tahun.

Sesekali BHD mengeluarkan sapu tangan berwarna hijau-abu dan membersihkan mukanya yang sudah 'basah' karena air mata.

"Sukses ya," kata BHD kepada para mantan anak buahnya,seperti dikutif detikcom.

Sampai ke ujung jalan, wajah BHD tetap mengeluarkan air mata. Kadang kala, sang istri pun mengusap pundak lulusan Akpol tahun 1974 ini untuk menenangkan.

BHD resmi menyerahkan tampuk kepemimpinan Polri kepada Komjen Timur Pradopo. Acara sertijab dihadiri sejumlah anggota Komisi III DPR, duta besar, dan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II.
Selengkapnya...

Komisi C DPRD Gorontalo Persoalan Banjir

 Laporan: Rahmad Nur-Goronatalo

Gorontalo,KBN News- Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)Kota Gorontalo, Selasa (26/10) melaksanakan rapat dengar pendapat bersama Pemerintah Kota Gorontalo. Dalam RDP itu terungkap berbagai persoalan krusial, dari penanganan banjir yang tidak maksimal hingga banyaknya perumahan yang belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Ketua Komisi C dalam penyampainya mengkritik berbagai persoalan terutama solusi masalah penanganan banjir, melalui pembuatan drainase oleh dinas Pekerjaan Umum dan Kimpraswil kota.

Dia berpendapat masih banyak yang perlu dibenahi, terutama di Kelurahan Biau, yang saat ini telah di keluhkan 26 orang warga.

Persoalan banjir menurutnya, harus ditangani secara lintas sektor yang melibatkan provinsi kota dan kabupaten. Karena itu dia meminta ke satuan kerja perangkat daerah (SKPD) kota untuk bersama-sama turun lapangan meninjau lokasi yang menjadi langganan banjir. Dia juga menyapaikan kesimpulan RDP diantaranya, akan dilakukan pertemuan besama DPRD Provinsi Gorontalo.Sementara Sekretaris Komisi C, Toto Bahtiar dalam RDP itu lebih mengkritik kinerja Dinas Tata Kota, yang dinilainya lambat menindak lanjuti perumahan yang belum memiliki IMB.
Selengkapnya...

BRI Komplain Server Jaringan Komunikasi ATM PT Telkom

 Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo, Kerusakan jaringan komunikasi server yang terjadi di mesin ATM Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Gorontalo, kembali dikeluhkan salah seorang nasabah BRI yang hendak melakukan penarikan di mesin ATM BRI. Sumarlin D, seorang nasabah BRI menceritakan sudah berulang kali dia mengalami transaksi gagal saat melakukan penarikan tunai di ATM BRI unit Limboto. Dia mengaku kejadian itu telah diadukannya melalui BRI unit Limboto tanggal 23 September.

Namun hingga memasuki dua minggu belum ada informasi kejelasan. Sementara menurut Ramli Isa Kariyawan BRI Cabang Gorontalo yang membidangi Dana Jasa, Selasa, (26/10) diruang kerjanya,

kejadian itu sudah sering terjadi. Bahkan dia mengakui sudah 20 nasabah yang melaporkan pengaduan dengan kejadian yang sama. Penyebab kejadian itu kata Ramli, bisa disebabkan kerusakan atau gangguan jaringan komunikasi diserver penyambung ATM. Saat ini kata Ramli pihak BRI Gorontalo sudah mengirimkan informasi kerusakan jaringan ATM ke BRI pusat dan pihak BRI pusat sudah melayangkan komplain ke PT Telkom pusat. Sebab untuk jaringan komunikasi server ATM yang digunakan BRI merupakan milik PT Telkom yakni, Selindo. "Aduan para nasabah itu telah kita buatkan resi pengaduan, nantinya data itu kita kirim kepusat dan untuk salah seorang nasabah yang baru mengadu akan kami bantu untuk menyelesaikan. Hanya kami butuh informasi jelas kronologisnya, "ungkapnya.

Menurutnya, jika para nasabah yang hendak melakukan penarikan melalui ATM sebaiknya memperhatikan beberapa syarat diantaranya, pastikan mesin ATM dalam keadaan stabil atau posisi semula. Kemudian jika dalam penarikan dana, mesin ATM terjadi transaksi gagal maka pastikan ATM dan dana yang akan ditarik dalam keadaan posisi semula. Hal ini kata Ramli, untuk menjaga jika terjadi gangguan jaringan."Bisa jadi transaksi sudah jalan karena itu print out keluar atau dalam print out tertera kalimat 'rekening anda tidak terdebit,' itu semua harus diantisipasi, "jelasnya.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

CJH Kloter 13 Makassar Telantar di Madinah

 Liputan Haji 2010

Madinah, KBN News-Pelayanan jemaah haji di Medinah mulai kurang beres. Rombongan jemaah calon haji asal Makassar yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 13 dilaporkan telantar selama enam jam di Medinah. Gara-garanya, hotel untuk mereka masih dipakai jemaah lain.

Kabag Umum Pemkot Makassar Kasim Wahab yang tergabung dalam kloter 13 tersebut petang kemarin Wita rombongan Calon Jamaah haji ini terpaksa keluyuran di jalanan. "Kami tiba di Medinah pukul dua belas (24.00, red) tadi malam. Ternyata, hotelnya belum siap. Kami baru dapat penginapan pukul enam pagi," ungkap Kasim,seperti dilansir Fajar.

Sedianya kloter 13 Makassar yang berjumlah 315 calon haji ini menempati Hotel Jahwaratal Fayroz. "Sebenarnya kami semua sudah sepakat akan menempati Hotel Jahwaratal Fayroz Medinah. Namun, pihak hotel mendadak hanya sanggup menyiapkan kamar untuk 200 orang saja sementara rombongan kami ada 315 orang," jelas Kasim.

Muhajir, rekan satu kloter Kasim, menambahkan, antara pihak hotel dan perwakilan Kementerian Agama yang bertugas mengurusi akomodasi jemaah asal Indonesia, tidak konsisten. "Buktinya, kamar untuk 315 anggota kloter kami dari Makassar, sudah dibayar jauh hari sebelumnya.

Tetapi karena pihak hotel tidak konsisten dan petugas haji kita di sini (Medinah) tidak becus, kami terpaksa telantar di jalanan selama enam jam," ujarnya.

Kasim menambahkan, petugas haji Indonesia daerah kerja (daker) Medinah sebetulnya sudah bersepakat dengan pimpinan kloter 13 untuk mencari hotel pengganti. Masalahnya, kapasitas hotel yang disiapkan tidak mampu menampung semua anggota kloter 13.

"Kapasitas hotel pengganti yang disiapkan pun ternyata juga hanya mampu menampung 268 orang. Petugas di sini (Medinah) benar-benar tidak profesional," keluhnya.

Mujahid, ketua kloter 13 menambahkan, meski sudah merasa dirugikan, jemaahnya masih mampu menahan diri. "Untung saja teman-teman bisa bersabar dan menerima apa adanya. Bisa Anda bayangkan bagaimana kondisi para jemaah yang hampir drop setelah terbang 12 jam masih ditelantarkan enam jam di tepi jalan," kata Mujahid.

Seluruh anggota kloter 13 Makassar akhirnya memang menempati hotel pengganti meski untuk itu mereka harus berdesak-desakan. "Mau bagaimana lagi, kondisinya sudah tidak mengizinkan. Dari pada keluyuran dan telantar di tepi jalan, ya kita terima saja hotel pengganti," ucap Mujahid.

Gangguan Jiwa

Sementara itu, Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) kemarin merilis data bahwa belasan jemaah calon haji telah dirawat karena mengalami gangguan jiwa. Mayoritas pasien itu sudah berusia lanjut dan berhaji tanpa didampingi keluarga.

"Jumlah yang mengalami gangguan jiwa sudah mencapai belasan orang. Karena itu, BPHI kini memiliki ruang khusus untuk pasien gangguan jiwa," tulis BPHI dalam laporan yang dirilis di Kantor Kemenag, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis 21 Oktober.

Untuk sementara, BPHI menyediakan dua ruang yang memisahkan pasien gangguan jiwa laki-laki dan perempuan. Ruang itu diperlukan untuk mengantisipasi kaburnya pasien. Kamar akan dikunci. Kuncinya dipegang petugas haji.

"Yang menempati ruang tersebut adalah pasien yang masih gelisah, bergerak terus, ingin keluar, dan tidak bisa diam. Ruang kami kunci agar mereka tidak bisa keluar," tulis BPHI dalam rilisnya tersebut.
BPHI menjelaskan, tenaga yang menangani pasien gangguan jiwa mulai menipis. Sementara jumlah pasien jenis ini diperkirakan akan terus meningkat. Pertimbangannya, saat ini masih pekan pertama berlangsungnya musim haji.

Gangguan jiwa bisa muncul karena jemaah merasa tertekan di tanah suci. Pemicunya, antara lain, perbedaan budaya dan cuaca. Selain itu, bisa saja gangguan tersebut ada sejak jemaah di tanah air.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Lagi, PSM Raih Kemenangan Dikandang Lawang

Bandung, KBN News-PSM bukan lagi jago kandang. Musim ini, dari empat laga pembuka di kandang lawan, Pasukan Ramang mampu meraih sembilan poin. Inilah start terbaik tim kebanggaan masyarakat Sulsel ini sepanjang keikutsertaannya di Liga Indonesia.

Setelah meraih kemenangan 1-0 di kandang Persijap Jepara, 26 September, dan Persibo Bojonegoro, 29 September, giliran Persib Bandung yang menjadi korban Andi Oddang dkk. Bermain di Stadion Siliwangi Bandung, malam tadi, PSM menang 2-1. Hasil ini sekaligus menebus kekecewaan setelah kekalahan 1-2 dari Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring Palembang, 17 Oktober lalu.

Kemenangan atas Persib di depan ribuan bobotoh-nya, memang membanggakan. Betapa tidak, bermain dalam tekanan suporter lawan, lapangan yang becek, dan kepemimpinan wasit Oleh Hadi asal Tangerang yang sering mengambil keputusan kontroversial, tim asuhan Robert Rene Alberts ini tak pernah menyerah memburu gol.

Oddang, striker asal Jeneponto yang kembali menyandang ban kapten PSM, menjadi bintang kemenangan timnya malam tadi. Pemain yang sempat membela Sriwijaya FC dan Persebaya ini membawa PSM unggul pada menit 43’. Umpan lambung Diva Tarkas dari sisi kiri pertahanan Persib, disambut Oddang dengan tandukan ke sisi kanan gawang. Markus Haris Maulana, kiper Persib yang juga penjaga gawang nomor satu di Indonesia saat ini, hanya terpana menyaksikan bola meluncur ke gawangnya. Markus salah mengantisipasi pergerakan Oddang.

Mental dan konsentrasi anak-anak PSM benar-benar diuji di babak kedua. Persib mencoba memaksimalkan semua kemampuan mereka untuk mencetak gol balasan. Kiper PSM, Deny Marsel menjadi orang yang paling sibuk di laga ini. Dia jatuh bangun membendung serangan tuan rumah yang mengandalkan duet asing, Cristian Gonzalez dan Pablo Frances. Lini belakang yang digalang defender asing Goran Subara tampil garang. Membuat Cristian, top scorer Liga Indonesia di empat musim terakhir, nyaris tanpa peluang gol.
“Semangat anak-anak membuat saya kagum. Ini kunci kemenangan atas Persib,” sebut Robert setelah pertandingan.

Pada menit ke-51’, wasit Oleh Hadi membuat keputusan kontroversial. Upaya Fandi Edy menggagalkan upaya Shahril Ishak menembus pertahanan PSM, justru diganjar penalti. Dalam tayangan ulang, Fandi melakukan tackling bersih dalam duel tersebut. Namun wasit yang berdiri cukup jauh dari kejadian punya pandangan lain.

Anak-anak PSM protes. Untuk keduanya mereka dikecewakan wasit. Pada laga sebelumnya melawan Sriwijaya FC, wasit Jimmy Napitulu memberi hadiah penalti pada tuan rumah untuk pelanggaran defender PSM, Fadli Hariri yang terjadi di luar kotak 16. Bayang-bayang kekalahan seperti di Palembang kembali menghampiri skuad PSM.
Gelandang Persib, Atep sukses menjalankan tugasnya. Antisipasi Deny Marsel sudah tepat, tapi laju bola lebih cepat.

Untungnya, tak ada kamus menyerah dalam diri anak-anak PSM. Oddang cs kembali menekan dengan mengandalkan serangan balik yang cepat. Persib, yang di laga sebelumnya menang 5-1 atas Persiba Balikpapan, benar-benar kewalahan mengimbangi kecepatan dan semangat anak-anak PSM.

Perjuangan PSM akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-84. Bermaksud menghalau tendangan Anaoure Obiora, pemain Persib Wildansyah justru membelokkan bola ke arah gawang. Gol yang mampu membungkam ribuan bobotoh. Gol yang disambut suka cita ofisial dan pemain cadangan PSM. Gol yang memastikan kemenangan 2-1 atas Persib di kandangnya.

Tak ada lagi gol tambahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit. Dengan hasil ini, PSM naik ke peringkat empat klasemen sementara dengan poin sembilan dari empat laga. Raihan PSM sama dengan Arema FC, tapi Pasukan Ramang masih kalah selisih gol.

Sebaliknya, Persib tidak beranjak dari posisi ke-12, karena baru mengumpulkan poin empat hasil sekali menang dan imbang, serta dua kali kekalahan.

Usai pertandingan, Robert tak berhenti memuji anak asuhnya. Pelatih berkebangsaan Belanda itu menyebut inilah laga terbaik anak asuhnya karena bisa menundukkan tim kuat sekelas Persib di kandangnya. Robert, yang mengantar Arema juara musim lalu, mengaku belum percaya timnya bisa mencuri poin di Siliwangi. “Kami beruntung malam ini. Terus tertekan di menit awal tapi akhirnya menjadi pemenang,” kata Robert,seperti dilansir Fajar.

Kondisi lapangan ikut dikomentari Robert. Menurut dia, Lapangan Siliwangi sangat buruk dan membuat permainan kedua tim berjalan kurang bagus. Keras dan penuh pelanggaran berbahaya.

Sementara pelatih Persib, Jovo Cuckovic mengklaim kegagalanya timnya karena tak bisa
berkonsentrasi di menit-menit akhir. Serangan balik PSM sangat cepat dan itu membuat mereka panik. “Seharusnya ada kondisi yang berbeda sejak pergantian pemain di lini belakang. Tapi justru kami seolah salah melakukan itu,” katanya. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

YLKI Turunkan Massa Sambut Hari Listrik Nasional

 Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News- Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Provinsi Gorontalo, R Moh Agus R Kusnandar menyatakan, kesiapannya menurunkan basis massanya menyambut peringatan Hari Listrik Nasional pada 27 Oktober 2010. Massa yang diperkirakan berkisar 300 orang itu kata Agus, terbagi dari berbagai elemen, diantaranya Lembaga Swadaya Masyarakat dan Mahasiswa serta para masyarakat konsumen listrik.

"Kami akan menuntut pengembalian dana selisih konsumen berkisar Rp 3 - 4 Milyar. Rencana aksi ini juga kami sudah saya laporkan ke pihak kepolisian daerah Gorontalo dan YLKI sendiri mengkordinir elemen basis massanya yakni teater kepompong sedangkan elemen lainya masing-masing memiliki kordinator lapangan, "Kata Agus Minggu (24/10) dikantornya.

Selain itu dia juga menilai kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Gorontalo tidak maksimal. Ini dia buktikan dengan tidak komparatif-nya pihak PLN dalam menangani keluhan konsumen listrik Gorontalo.

"Ada banyak keluhan konsumen yang masuk ke YLKI masalah listrik dan itu semua harus kita sahuti, "jelasnya.

Dia juga menjelaskan, persoalan dana selisih konsumen berkisar 3-4 Milyar itu sebelumnya sudah dipertanyakan ke pihak Asosiasi Kontraktor listrikan Indonesia (AKLI) Gorontalo, akan tetapi kata Agus pihak AKLI tidak meresponnya.

"YLKI sudah menyurati pihak AKLI tapi tidak ada jawaban jelas dan kami masih mengumpulkan data untuk mengajukan laporan ke pihak Kejaksaan Tinggi Gorontalo, "Tegasnya. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

7.437 Calon Jamaah Indonesia Sudah Masuk di Mekkah

Liputan Haji 2010

Mekkah, KBN News-Pergeseran jamaah calon haji Indonesia dari Madinah menuju Mekkah terus dilakukan. Total jamaah yang menuju Mekkah selama dua hari ini 7.473 orang.

Seperti dilansir media center haji (MCH), terakhir, Kamis (21/10/2010), jamaah yang diberangkatkan menuju Mekkah yakni 13 kloter dengan jumlah jamaah 5.195 orang. Sebelumnya, Rabu (20/10/2010) kemarin, sebanyak 6 kloter dengan jumlah jamaah 2.278 orang telah masuk Mekkah.

Jamaah meninggalkan Madinah dan melakukan perjalanan lewat darat ke Mekkah. Enam kloter mulai bergerak menuju Mekkah pada pukul 06.00 waktu Arab Saudi. Keenam kloter itu adalah Surabaya (SUB ) 1 dengan 454 jamaah, Jakarta (JKS) 1 dengan 427 jamaah, Surabaya (SUB ) 2 dengan 448 jamaah, Jakarta (JKS ) dengan 430 jamaah, Solo (SOC) 1 dengan 377 jamaah dan Banda Aceh (BTJ) 2 dengan 430 jamaah.

Selanjutnya pada pukul 13.00, lima kloter akan menyusul yakni Batam (BTH) 1 dengan 449 jamaah, Ujungpandang (UPG) 1 dengan 360 jamaah, Medan (MES) 2 dengan 453 jamaah, Palembang (PLM) 1 dengan 357 jamaah dan Solo (SOC) 2 dengan 379 jamaah.

Dan yang terakhir meninggalkan Madinah pada pukul 17.00 dijawalkan Padang (PDG) 1 dengan 358 jamaah dan Solo (SOC) 3 dengan 380 jamaah.

Dijadwalkan semua jamaah sudah keluar dari Madinah dan berada di Mekkah pada tanggal 6 November 2010 sebab wukuf akan dilakukan pada 9 Dzulhijah atau pertengahan November.

Wukuf merupakan puncak ibadah haji yang ditunggu-tunggu jamaah sebab merupakan syarat utama sahnya haji. Wukuf disempurnakan dengan mabit di Muzdalifah dan melontar jumrah di Mina.(TribunNews)
Selengkapnya...

Komisi B Siap Fasilitas Keluhan UMKM Terkait KUR

 Laporan : Rahmad Nur- Goroantalo

Gorontalo,KBN News- Masih banyaknya jumlah pelaku usaha kecil di Kota Gorontalo yang membutuhkan tambahan bantuan modal usaha, menjadi perhatian serius Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kota Gorontalo. Pasalnya, data dilapangan menyebutkan pelaku usaha atau UMKM yang sudah memperoleh bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbilang masih sangat minim.Dengan jumlah itu, dapat diprediksi peluang perkembangan UMKM belum maksimal.

Merujuk dari itu, Muhajir Abdullah Ketua Komisi B DPRD kota Gorontalo belum lama ini menyatakan, kesiapannya jika dimintai pihak pelaku usaha kecil untuk memfasilitasi kepihak perbankan. Dalam kesempatan itu juga, Muhajir berharap jika pihak perbankan bisa segera melakukan perbaikan pelayanan terkait penyaluran KUR itu. Dia juga berpendapat jika dana Rp 150 Milyar yang diperuntukan ke KUR itu bisa tertuju jelas ke pelaku usaha kecil.

Karena itu dia kembali mengingatkan kepihak perbankan khusunya bank-bank penyalur KUR itu, bisa menjalankan tupoksinya. Sebab menurut Muhajir, kekurangan personil seperti yang dijelaskan Bank Indonesia pada pertemuan minggu kemarin, sudah harus disikapi pihak bank penyalur dengan mencarikan solusinya. Antisipasi ini kata Muhajir, penting agar kendala pengurusan yang menyebabkan tertundanya proses KUR hingga 3-4 bulan tidak terjadi lagi.

Selain itu, keberhasilan KUR itu kata Muhajir dapat dilihat dengan cara kerja pihak perbankan dalam menyalurkan KUR itu secara cepat, tepat dan efesien . Karena itu, bentuk keberhasilan KUR itu juga menjadi penilaian keberhasilan kerja pihak perbankan. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

40 Orang Pembina Pramuka Ikut Kursus Pelatih di Makassar

Makassar,KBN News-Ketua Harian Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan Drs.H.Muh.Roem, M.Si membuka kursus Pelatih Lanjutan (KPL) bagi Pembina tingkat Regional Sulawesi, bertempat dibalai latihan Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel Sudiang, (21/10).

Kursus Pelatih Lanjutan (KPL) yang diikuti 40 orang berasal dari utusan Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara , Gorontalo, serta Sulawesi Selatan akan berlangsung selama sepekan dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 90 jam, dan peserta berkemah dipelataran balai latihan.

Pelatihan ini akan mendapatkan materi kepramukaan dari Pelatih dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka antara lain, Drs.Sahman,MSi, (Ketua Tim Pelatih), DR.Atif Ansori, Dra.Asiah Rudi Kusuma, Suharjo, Prasetyono, Sutarjo masing-masing anggota serta Pelatih dari Kwarda Sulsel sebagai pendamping diantaranya Drs.H.Muh.Patwa, MM, Dra. H.Nurjannah, Dra.Muliati dan Dra.Nurhayati.

Ketua Kwartir Daerah Drs.H.Muh.Ruom, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa oraganisasi Pramuka adalah salah satu organisasi yang menghimpung dan mendidik mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, yang tentu diharapkan menjadi pemersatu bangsa baik hari ini maupun dimasa datang.

Sehingga dalam organisasi Pramuka tidak ada orang yang berpolitik, tetapi semata-mata memikirkan bagaimana anak-anak serta orang dewasa akan bertambah keterampilan, pengetahuan (SDM), terutama Gerakan Pramuka dituntut untuk senantiasa membina moral bagi generasi muda sebagai perwujudan dari tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Pada bagian lain ketua DPRD Sulsel ini mengataka Bahwa orang yang terhimpun dalam gerakan pramuka tentu menghormati adanya perbedaan pendapat, tetapi tidak dengan perpecahan akan tetapi perbedaan pendapat sebagai selusi untuk mencapai persatuan kesatuan bangsa karena orang yang berada dalam organisasi ini telah terikat dengan satu sumpah janji.

Bahkan Roem mengaku kalau lahirnya Gudep Racana Di UNHAS pada tahun 1970, adalah atas prakarsanya, sehingga dia beharap pelatih-pelatih yang mengikuti pelatihan diharapkan akan melahirkan kader-kader Genarasi muda yang handal untuk kemajuan Bangsa dan Negara pada umumnya.(rizal).
Selengkapnya...

KPK Nilai Pelayanan Publik di Makassar Belum Transparan dan Akuntabel

Makassar, KBN News-Kualitas Pelayanan publik yang prima akan menutup peluang terjadinya tindak masyarakat untuk mempercepat pelayanan yang diberikan


Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan KPK RI, Eko Soesamto Tjiptadi mengatakan salah satu persoalan yang sering ditemui dalam pelayanan publik lainya adalah belum transparan dan akuntabelnya pelayanan, serta prosedur yang panjang, "Hal-hal seperti itu, selain mendidik masyarakat untuk melakukan jalan pintas dalam memperoleh pelayan, juga menyuburkan praktik-praktik korupsi".

Dalam seminar ini, KPK memaparkan temuan yang diperoleh dari hasil pengamatan langsung beberapa instansi layanan publik di Makassar, antara lain di Kantor Pertanahan Kota Makassar, Dinas Tata Bangunan, Kantor Samsat Makassar, jelas Eko usai pembukaan Seminar Pemberantasan Korupsi Melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, di Hotel Kenari Makassar, Kamis (21/10).

Seminar yang diadakan KPK RI bekerjasama Pemprov Sulsel dibuka langsung Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo, dan di hadiri Ketua DPD RI, dan Ombudsman RI. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Banyak UMKM Gorontalo Belum Tersentuh KUR

Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,,KBN News- Banyaknya jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Gorontalo yang masih membutuhkan dana bantuan pengembangan usaha alias Kredit Usaha Rakyat, sama sekali tidak tersentuh pihak perbankan. Lihat saja misalnya, yang berada dikawasan pasar sentral Gorontalo. Ada puluhan usaha kecil yang tergolong UMKM belum mengetahui keberadaan KUR. Dari usaha sol sepatu, cendol keliling sampai usaha bahan campuran itu semua termaksud UMKM yang perlu pengembangan. Anehnya, mereka semua mengaku jika keberadan KUR itu sendiri tidak pernah didengar, apalagi sosialisasi yang sampai ke mereka.

Tukimin misalnya, warga Taludaa Kabupaten Bonebolango, sudah 10 tahun aktif sebagai tukang Sol sepatu dan sandal. Bapak dua orang anak ini, menginginkan pihak perbankan melalui KUR dapat memberikan bantuan modal usaha, yang katanya terbilang mudah. Namun menurut pengakuan Kimin (Tukimi-red), dia kesulitan untuk mendapatkan bantuan dana. Harapannya, jika KUR itu dapat diperolehnya dia bercita-cita bisa mengembangkan uaha sol sepatunya menjadi industri sepatu lokal.

Sementara pengakuan yang sama disampaikan Rusmini, penjual cendol keliling yang aktif mangkal diseputaran pasara sentral Gorontalo, Ibu tiga anak ini sudah 5 tahun sebagai penjual cendol. Hasil dari penjualan bisnis cendol kecil-kecilan itu katanya, walaupun sedikit bisa menyekolahkan satu orang anaknya. Untuk KUR sendiri kata dia, belum pernah didengarnya. Akan tetapi, dia mengaku jika jenis-jenis bantuan usaha kecil dari pemerintah sudah sering didengarnya. Namun katanya, satupun bantuan tidak pernah diberikan kedia. Padahal, seharusnya menurut dia, usaha kecil yang dilakoninya harus mendapat sentuhan untuk pengembangan usaha. Selain itu, dia juga bercita-cita jika bantuan dana pengembangan usaha bisa dikucurkan, dioptimis dapat mengembangkan usahanya menjadi bisnis cendol sehat ala lokalan.

Dua pelaku usaha kecil ini, merupakan contoh dari puluhan usaha kecil di kota Gorontalo yang masih perlu sentuhan KUR. Terus, bagaimana tanggapa wakil rakyat kita? melalui Ketua Komisi B DPRD Kota Gorontalo Muhajir Abdullah, berjanji akan merespon aspirasi mereka. Muhajir dalam komentarnya di ruang komisinya belum lama ini, meminta agar para pelaku usaha kecil itu bisa langsung datang kekomisinya untuk berkomunikasi. Selanjutnya kata Muhajir dia akan mencoba meneruskan ke pihak perbankan yang ditunjuk sebagai penyalur KUR.

Sebelumnya, dalam pertemuan antara pihak Bank Indonesia Cabang Gorontalo bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Gorontalo, terungkap berkisar Rp 150 Milyar dana yang akan dikucurkan pihak BI ke provinsi Gorontalo khususnya dalam program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Akan tetapi, rapat yang digelar Kamis, (14/10), diruang BI itu, lagi-lagi menurut Ketua Komisi B Muhajir Abdullah, penyalurannya belum maksimal. Terbukti, kata Muhajir target yang baru dicapai baru berkisar Rp.50 Miliar
.
"Ini disebabkan masih banyaknya kendala yang dialami pihak BI, kata Muhajir Abdullah, yang turut hadir Wakil Ketua DPRD Fraksi Demokrat H. Erman lajengke.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Aksi Bakar Ban di Gorontalo Sambut Setahun SBY-Boediono

Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News-Unjuk rasa 1 tahun pemerintahan SBY-Boediono berlangsung di berbagai daerah. Di Makassar misalnya, aksi unjuk rasa berlangsung di Universitas Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan, berakhir dengan bentrok. Begitupun Aksi unjuk rasa yang digelar mahasiswa Lamongan, yang juga diwarnai kericuhan. Akibatnya, tiga pengunjuk rasa ditangkap polisi.

Sementara Di Kota Gorontalo Aksi 1 Tahun SBY-Boediono diwarnai dengan orasi tuntutan yang menilai kepemimpinan SBY-Boediono gagal.Demonstrasi yang dimotori Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia itu, melakukan aksinya di depan kampus Universitas Negeri Gorontalo dengan diwarnai pembakaran ban.

Selama beberapa jam berlangsungnya aksi itu, para mahasiswa bergantian berorasi, bernyanyi serta meneriakan yel-yel tuntutan. Sempat terjadi kemacetan kecil arus lalulintas.Akan tetapi tidak begitu lama, para mahasiswa kemudian melanjutkan aksinya dengan menuju RRI dan Bundara HI Gorontalo. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Presiden SBY Mengeluh Didepan 33 Gubernur di Makassar

 Laporan: Andi Ahmad- Makassar


Gubernur Sulbar, Drs. H,Anwar Adnan Saleh saat mendengar pidato Presiden RI pada Pembukaan Raker Gubernur Se- Indonesia di Hotel Clarion Makassar (Foto; Andi Ahmad)

  Makassar, KBN News-Rapat koordinasi gubernur se-Indonesia yang dipusatkan di Makassar, 19-20 Oktober, memberi keuntungan besar bagi daerah ini. Khususnya dalam peningkatan ekonomi dan percepatan pembangunan.

"Saya kira gubernur juga ikuti perkembangan di televisi. Suhu di Jakarta agak panas secara politik. Disebutkan besok (hari ini) akan ada aksi ke jalan bertepatan satu tahun kabinet sehingga diberi sambutan termasuk aksi unjuk rasa," kata SBY saat membuka rapat kerja (raker) gubernur se-Indonesia di Hotel Clarion, Makassar, Selasa (19/10).

SBY mempersilahkan elemen mahasiswa dan masyarakat untuk turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa menyikapi 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) secara tertib yang direncanakan berlangsung Rabu (20/10) hari ini.

SBY mengaku pemerintah tetap menghormati penyampaian aspirasi, kritik, petisi, maupun aksi unjuk rasa selama dilakukan dengan tertib. Mantan Menkopolhukam RI ini menilai dalam iklim demokrasi seperti saat ini, aksi unjuk rasa bukan merupakan hal yang luar biasa.

"Unjuk rasa dan menyampaikan kritik dalam sistem politik demokrasi tidaklah luar biasa. Kritik, petisi, dan unjuk rasa untuk menyuarakan apapun harus kita hormati," kata SBY.

dia mengimbau menyikapi aksi tersebut tidak perlu merasa tegang dan emosional. Ia juga meminta aparat pemerintahan untuk beraktivitas seperti biasa untuk memberi pelayanan bagi masyarakat.

Namun, jika aksi unjuk rasa berlangsung anarkis dan diwarnai perusakan, tegas SBY, hukum harus ditegakkan. Termasuk jika ada upaya menggulingkan pemerintahan yang sah terpilih melalui pemilihan umum (pemilu).

"Mari kita hormati kecuali jika terjadi aksi anarki, perusakan, apalagi katanya sampai penggulingan pemerintah yang sah. Kalau itu dilakukan hukum harus ditegakkan. Di negara manapun juga seperti itu," tambahnya.

Ia juga mengomentari sorotan elite dan politisi yang mengatakan negara mengalami kemunduran dalam pemerintahannya bersama Boediono. Namun, SBY mengaku menyerahkan penilaian capaian pemerintah ke masyarakat.

"Jika Indonesia dikatakan memburuk berarti provinsi yang Anda (Gubernur) pimpin juga memburuk. Tetapi sejauh ini baik-baik saja. Katanya, serba gagal begitu logikanya. Jadi tugas pemerintah provinsi untuk menjelaskan ke masyarakat. Tentu jika dinilai gagal jangan harap terpilih kembali," tambah SBY.

SBY membuka rakor gubernur yang dihadiri 33 kepala daerah se-Indonesia. Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia (KIB) II juga diboyong ke Makassar yang sekaligus akan menjadi narasumber rakor.

Mereka bersama SBY di antaranya Menkopolhukam Djoko Suyatno, Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Menteri PU Djoko Kirmanto, Menegpora Andi Alifian Mallarangeng, dan lainnya.

SBY tiba dengan pesawat khusus Boeing 737-800 Garuda Indonesia di Lanud Hasanuddin sekitar pukul 10.00 wita. Ia hanya berada sekitar lima jam di Makassar.


Presiden juga meresmikan sejumlah proyek infrastruktur perhubungan yakni dua pelabuhan dan dua bandara senilai Rp 700 miliar. Selain itu, SBY juga meresmikan Trans Studio Mall dan Trans Studio Theme Park di main hall Trans.
Selengkapnya...

Butuh Rp 68 Milar Untuk Pembangunan Terminal Baru di Gorontalo

 Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News- Rencana pembangunan Terminal baru 42 yang berlokasi di Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo diperkirakan memakan biaya Rp 68 Milyar. Besaran biaya itu telah diusulkan bersamaan lapiran sketsa gambar. Terminal yang akan didesain memiliki kelengkapan fasilitas itu, akan dilengkapi Menara Kontrol dan kelengkapan aksesori CCTV sebagai pelengkap kemudahan pemantauan aktifitas kerja. Norman ST, Msi, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Kimpraswil Kota Gorontalo, menjelaskan anggaran yang diusulan melalui Kementrian Perhubungan.

"Itu tetap akan diantisipasi pihak kami jikalau terjadi perubahan anggaran atau turunnya tidak sesuai plafon pengusulan. Bisa jadi disuntik menggunakan dana APBD atau bisa diusulkan kembali dana tambahan secara bertahap dengan proyek yang sama."Kata Norman, (19/10) diruang kerjanya.
Sementara untuk pekerjaan itu sendiri akan dilakukan sesuai aturan yang berlaku, melalui proses tender.

"Kami masi fokus pada turunnya anggaran dulu, untuk teknis-nya dikelola bidang masing-masing, "jelasnya..

Dalam pengusulan proyek, dibidang ciptakarya menurut Norman, selalu mempertimbangakan kebutuhan dan otoritas lapangan serta tetap mengacu pada pertimbangan harga standar yang ditetapkan di Kota Gorontalo. "Untuk jalan besarannya sekitar Rp 20 Milyar, "paparnya. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Pasca Banjir Bandang di Wasior, Tanggap Darurat Diperpanjang

 Laporan : Frangky- Wasior

Wasior, KBN News-Pasca diperpanjangnya tanggap darurat banjir bandang di Wasior Provinsi Papua Barat, kembali ditemukan dua korban tewas anak-anak sehingga jumblah sementara korban tewas akibat banjir bandang tersebut hingga saat ini telah mencapai 159

Orang, ratusan korban lainya dinyatakan hilang.
Senin pagi 18/10/2010 tim evakuasi TNI, POLRI, BASARNAS, PMI kembali menemukan dua korban meniggal mengenaskan karena ke dua jenasa sulit di kenali, kondisi tubuh sudah tidak utuh, bahkan korban belum di ketahui idantitasnya.

Korban pertama di temukan pukul 12:00 wit hanya di ketahui jenis kelaminya perempuan yang mengenakan pakaian warna biru, Korban tersebut di temukan Tim pencari Jenasa dan Tim Evakuasi yang sedang membersikan Puing-puing Rumah warga yang hancur di terjang banjir bandang Wasior.

Menurut Komandan Pleton Tim 3 Evakuasi; Letda M.Thesia mengatakan Apabilah Tim Pencari dan tim evakuasi yang sedang membersikan lumpur-lumpur mencium bau busuk maka Pemberdihan di hentikan sesaat, Sambil mencari sumber bau busuk tersebut ahirnya Jenasa Korban di temukan.

Korban ke dua di temukan oleh warga sekitar pukul 15:30, berdasarkan laporan masyarakat maka tim melakukan evakuasi dan membawa jenasanya ke pemakaman masal, sebelum di makamkan korban di ketahui bernama Agustinus Kubiai umur empat tahun. Pihak keluarga yang mencari korban mengenalnya dari baju dan celana yang di kenakan korban di balut baju kaus putih dan celana pendek hijau.

Komandan Posko bancana Banjir Bandang Wasior Letkol Kav Eduard Sitorus mengatakan Pencarian korban masih terus di lakukan berdasarkan instruksi Presiden Sosilo Bambang Yudoyono yang telah memperpanjang tanggap tarurat dua minggu ke depan sejak 18 Oktober 2010.

Hingga Saat ini Bau Bangkai Mayat tercium di hampir semua titik daerah Wasior ibu kota Kabupaten Teluk Wamdama, Kuat Dugaan Ratusan Korban meninggal masih berada dalam lumpur.

Sememtara itu Ribuan Pengungsi sudah meniggalkan Wasior karena Trouma, mereka memili daerah Manokwari dan Nabire menjadi tempat tenggal sementara sedangkan ratusan korban luka berat dan ringan masih di rawat di Rumah sakit Umum daerah manokwari dan nabire.

Untuk sementara pemerinta akan menyiapkan rumah layak huni sambil menunggu pembangunnan kembali infratruktur Wasior yang hancur lebih dari 80 % akibat banjir bandang 4 Oktober 2010. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Dishutamben Galian C Dikota Gorontalo Perlu Solusi

 Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo, Dinas Kehutanan dan Pertambangan Provinsi Gorontalo menyetujui usulan Badan Lingkungan Hidup Kota Gorontalo jika kawasan perkotaan sudah tidak layak untuk dijadikan areal pertambangan galian C. Ini dikarenakan kata Kepala Subbidang Seumber Daya Mineral Ace Lihawa, daerah topografinya tidak mendukung. Karena itu dia berharap bisa dicarikan solusi bersama.

"Memang sudah ada dari BLH kota menyampaikan dan kami merespon dan memberikan saran agar paling tidak para penambang bisa dialihkan keusaha lain mislanya, keternak atau perikanan, "kata Ace Lihawa Senin (18/0) Diruang kerjanya.

Dia juga menjelaskan, jika pihak Dishutamben untuk sementara bekerja sesuai aturan yakni, pengawasan.

"Kewenangan utama adanya dikota dan kabupaten sesuai lokasi, kami hanya pengawasan saja. Misalnya, keberadaan izin dan k3. Jika dari hasil pengawasan kami dapati tidak memiliki izin maka kami tindaki dengan menyurat dan menyampaikan ke dinas kota atau kabupaten sesuai lokasinya, "jelasnya.

Menurutnya, aktifitas penambang galian C itu, sebelumnya sudah dilakukan penutupan akan tetapi kembali diaktifkan lagi dan ini memang satu dilema. "Ini aktif lagi bisa jadi dikarenakan mata pencaharian, "paparnya.

Selain itu, dia juga menjelaskan sesuai undang-undang no 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara, penyebutan galian C berganti dengan pasal batuan. "Sebelumnya pada undang-undang no 11 tahun 1967 masi disebut galian C, "ungkapnya.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Kejati Tunda Pemeriksaan Tersangka Korupsi 19,5 Milyar

 Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News- Setelah menetapkan tersangka baru IM pada Senin 12/10, yang sebelumnya berstatus saksi, kini Kejaksaaan Tinggi Gorontalo kembali menggelar pemeriksaaan IM, Senin (18/10). Akan tetapi disebabkan kuasa hukum tersangka tidak didampingi kliennya (IM), Kejati menunda jadwal pemeriksaan itu.

"Tersangka IM sudah hadir sekitar jam 09.00 wita pagi, namun pemeriksaan belum bisa dilaksanakan sebab kuasa hukumnya bertepatan ada jadwal sidang ditempat lain, "kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum )Kejati Gorontalo, Muhammad Muliadi, Senin (18/10).

Sementara bersamaan dengan jadwal pemeriksaan IM, Kejati juga menggelar pemeriksaaan kasus penjualan aset Perusahaan Air Minum Daerah Kabupaten Gorontalo. "Tersangka mantan kepala PDAM Kabupaten Gorontalo, nilai besaran berkisar diatas Rp 1 Milyar. Karena pemeriksaan sementara berlangsung dan setelah itu akan kami menunggu audit dari BPKP, "Jelasnya. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Mahasiswa UMI dan Polisi Barter Sandera , Bentrokan Berakhir

Makassar, KBN News - Proses negosiasi antara pihak kepolisian dari Polrestabes Makassar dan pihak rektorat Universitas Muslim Indonesia (UMI) akhirnya mencapai kata sepakat. Bripka Untung, anggota Polrestabes Makassar ini akhirnya bebas dari kepungan mahasiswa UMI yang menuntut rekannya yang ditangkap polisi dibebaskan.


Sedangkan Ambo Tang, mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2008 ini juga dilepas oleh polisi setelah Bripka Untung tiba dengan selamat di wilayah konsentrasi polisi, di bawah Fly Over Urip Sumoharjo. Bripka Untung dibonceng dengan sepeda motor oleh PD III Fak Teknik UMI, Sakkir Sabhara. Sedangkan Ambo Tang yang wajahnya penuh dengan bekas lebam dijemput di Fly Over oleh Muhammad Basalamah, dari pihak Yayasan Badan Wakaf UMI. Proses barter ini disaksikan langsung oleh Kapolrestabes Makassar, Kombes Nur Samsul.

Proses pembebasan Bripka Untung dari kepungan mahasiswa, yang difasilitasi oleh pihak rektorat UMI, diwarnai aksi pemukulan oleh beberapa mahasiswa. Bripka Untung nyaris tidak beruntung, seandainya ia tidak diamankan di dalam laboratorium Fak. Teknik UMI oleh pihak rektorat.

Menurut Nur Samsul, yang ditemui detikcom usai melakukan pertemuan dengan Walikota Makassar di bawah Fly Over, persoalan bentrokan antara personelnya dengan mahasiswa UMI sudah diselesaikan secara kekeluargaan dengan Rektor UMI. Ia tidak berniat melanjutkan pengusutan, meskipun beberapa personelnya terluka akibat terkena
lemparan batu dari mahasiswa. ”Kasus ini tidak usah diperpanjang, bentrokan tadi seharusnya tidak perlu terjadi, karena kami tidak bermaksud membubarkan demonstrasi mahasiswa, kami hanya meminta mahasiswa membuka blokir jalan bagi warga yang terkena macet,” pungkas Samsul,seperti dilansir detik.com.

Terkait rencana pengamanan kunjungan Presiden SBY di Makassar, Selasa besok (19/10/2010), dalam rangka membuka Rakor Gubernur se-Indonesia di Makassar, Samsul menurunkan 2 SSK pasukannya dari Polrestabes untuk mem-back up pengamanan kunjungan presiden yang dikomandoi Pangdam VII Wirabuana. Termasuk beberapa personel dari beberapa Polsek di Makassar.

Untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa mahasiswa, yang menolak kedatangan SBY di Makassar, pihak rektorat kampus UMI dan Universitas 45 Makassar sepakat meliburkan mahasiswanya dari aktivitas perkuliahan, sampai hari kamis (21/10/2010). Hal ini disampaikan Samsul usai melakukan pertemuan dengan pimpinan dua kampus tersebut. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

"BERMUTU " Program Andalan Dispora Jeneponto

Laporan: Rizal Nur- Jeneponto

Jeneponto, KBN News- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten Jeneponto Drs.H.Muhtar Nonci, S.Sos, M.Pd membuka kegiatan Better Edication through Reformed Managemen And Universal Teacher Upragding (BERMUTU), di SD Inpres 229 Batujala Senin, (18/10).

Sebagaiman Laporan Ketua Panitia Hj. Hasrawati, S.Pdi bahwa Kegiatan KKG BERMUTU dan KKKS. ini akan berlangsung selama tiga hari serta diikuti 270 orang guru dan 27 orang Kepala Sekolah berlangsung selam tiga hari.

Pemateri berasal dari LPMP Maksassar Drs. Mansyur,HR,.M.Pd, (Program pembinaan Guru Model BERMUTU) , Drs.Ahkam Suabaer, M.Pd, Drs.Arifuddin, M.Si ditambah dari pemandu masing-masing gugus.

Yang tujuannya akan memberikan pemahaman program BERMUTU, bagi kalangan guru dan kepala Sekolah, dalam peningkatan mutu pendidikan melalui pengkatan kopentensi dan meningkatkan kinerja guru.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Jeneponto Drs.H.Miuhtar Nonci, S.Sos, M.Pd antara lain berharap kepada para guru dan kepala sekolah agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sunguh.

Karena kegiatan semacam ini sangat penting didalam peningkatan kinerja bagi guru dalam melaksanakan tugas disekolah terutama dalam melakukan pembelajaran diruang kelas.

Apalagi kegiatan ini pematerinya langsung dari LPMP Makssar yang tentu kwalitas jauh lebih bagus ketimbang, pemateri yang ada dilingkungan pendidikan kabupaten jeneponto yang memang berpengalaman dalam program BERMUTU.

Dimana BERMUTU dananya berasal dari Bank Dunia, yang kontraknya sampai pada tahun 2014, dan kalau disulawesi Selatan hanya enam kabupaten termasuk kabupaten Jeneponto.Jelas Muhtar.

Program ini sangat penting didalam meningkatkan mutu pendidikan bagi guru termasuk didalamnya peningkatan kompetensi serta kinerja guru, sehingga dengan adanya program ini kabupaten Jeneponto kedepan tidak ada lagi guru yang malas tetapi akan menjadi guru yang professional.
Selengkapnya...

SBY Minta Polisi Tindak Tegas Kelompok Massa yang Membuat Keonaran

Jakarta, KBN News - Presiden SBY meminta pihak kepolisian sigap dalam menghadapi kelompok masyarakat yang membuat onar. Hukum harus dijunjung tinggi demi keamanan masyarakat umum.


"Kita harus memastikan, bahwa hukum di negeri ini tetap berdiri tegak, untuk mengayomi dan melindungi masyarakat," ujar Presiden SBY dalam sambutan di HUT ke-65 TNI di Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Selasa (5/10/2010), seperti dilansir detikcom.

SBY menekankan jangan ada lagi kelompok orang yang dengan seenaknya membuat aksi kekerasan. Indonesia adalah negara hukum tentu hukum harus dijadikan landasan.

"Tidak boleh ada sekelompok orang atau sekelompok masa yang dengan mudahnya membuat kerusuhan,
keonaran, dan memaksakan kehendaknya dengan kekerasan pada pihak lain," terangnya.

SBY juga menyoroti kelompok massa yang menyerang aparat negara. Tentu tindakan tegas juga mesti dilakukan.

"Tidak boleh ada sekelompok orang atau sekelompok masa yang dengan mudahnya membuat kerusuhan,
keonaran, dan memaksakan kehendaknya dengan kekerasan pada pihak lain, bahkan penyerangan
terhadap aparat negara," ujar SBY.

Selain itu, dia juga meminta agar benturan fisik antar komponen masyarakat dapat dicegah. "Perselisihan antar kelompok masyarakat mestilah dicarikan solusinya secara damai," imbuhnya.

Secara khusus, SBY meminta jajaran Pemerintah Daerah, bersama Kepolisian, untuk bersikap dan bertindak proaktif, dengan menggunakan pendekatan dan cara yang efektif untuk mencegah dan mengatasi gangguan-gangguan sosial dan keamanan.

Beberapa waktu lalu muncul berbagai aksi kekerasan mulai dari rusuh di Tarakan, Kaltim, rusuh di Jl Ampera Jaksel, hingga penyerangan markas polisi di Hamparan Perak, Medan. Aksi kekerasan itu melibatkan penggunaan senjata api dan yang mengakibatkan memakan korban jiwa.(Saputra)
Selengkapnya...

Kapolda dan Kapolrestabes Terjun Langsung Pantau Aksi Demo di Makassar

Kapolda Sulsel dan Kapolrestabes Makassar ( foto: Tribun)

Makassar, KBN News-Kapolda Sulsel Irjen Polisi Johny Waenal Usman bersama Kapolrestabes Makassar Kombes Polisi Muh Nur Samsul terlihat berada di Jalan Urip Sumoharjo usai baku lempar batu mahasiswa dan polisi berakhir.

Hanya saja Kapolda Sulsel dan Kapolrestabes Makassar tidak berani mendekat ke depan kampus 45 Makassar. Keduanya hanya memantau dari bawah Flyover Urip Sumoharjo Makassar.

Mahasiswa Makassar melakukan aksi untuk menolak kedatangan SBY yang akan melakukan kunjungan kerja di Makassar 20 Oktober 2010 untuk menggelar rapat koordinasi dengan Gubernur se- Indonesia.(Tribun/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Rencana Kedatangan SBY di Makassar, TNI dan Polri Gelar Pasukan

Makassar, KBN News-Aparat keamanan dari TNI dan Polda Sulawesi Selatan telah mempersiapkan pengamanan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Makassar, Selasa besok. Hal itu terlihat dari persiapan mereka sebelum kedatangan orang nomor satu di republik ini di Makassar.

Personil TNI dan Polda Sulsel menggelar gelar pasukan di Lapangan Hasanuddin, Jl Jenderal Sudirman, Makassar, pagi tadi.

Dalam acara gelar pasukan ini, lebih dari 1.000 pasukan disiapkan untuk mengamankan kedatangan SBY,seperti dilansir Tribun.

Merekan rencananya akan ditempatkan di sejumlah tempat strategis yang akan dilalui SBY. Konsentrasi pasukan akan dipusatkan di Hotel Clarion dan Trans Studio, Tanjung Bunga, Makassar.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Penggiat Social Media Sesalkan Penolakan Kapal Greenpeace

Laporan: Marwan Azis- Jakarta

Jakarta, KBN News-Pemerhati lingkungan dan penggiat social media sesalkan sikap pemerintah Indonesia yang tidak mengijinkan Kapal Greenpeace Rainbow Warrior masuk ke perairan Indonesia dalam rangkaian perjalanan tur se-Asia Tenggara.

Diantara datang dari aktivis lingkungan yang tergabung dalam Jaringan Hijau Mandiri melalui akun facebooknya menulis, “ini adalah bukti Nyata Ketidak Pedulian untuk suatu hal yang Baik, seiring dengan mumutar baliknya kemudi kapal RW, karna Tidak di perbolehkan RW merapat di Bumi Pertiwi, Ini saatnya pula Kita Anak Bangsa harus cepat memutar balik kemudi Kita (Turn The Tide) dengan memilih para Pemimpin Masa Depan dari golongan Politisi Hijau,”

Jonas Nathaniel M mempertanyakan melaui situs jejaring social mempertanyakan apa alasan pemerintah melarang kapal Greenpeace? “Ini salah satu bentuk yang menunjukkan watak aslinya pemerintah kita. Mereka sebenarnya tidak pernah peduli dengan lingkungan dan alam Indonesia. Yg penting eksploitasi, eksploitasi dan eksploitasi!!!,”tulis Jonas dalam di dinding facebook Greenpeace.

Ada juga yang menduga dibalik penolakan kapal Grenpeace di Indonesia karena kuatnya lobby perusahaan perusakan hutan di Indonesia ke departemen terkait. “Mungkin bukan bapak SBY secara pribadi yang melarang masuknya Rainbow Warrior ke perairan Indonesia, tapi ada beberapa individu/corporate yg terkait langsung/tdk langsung dgn pembabatan dan pengrusakkan hutan di Indonesia yg takut kedoknya terbongkar. Padahal aku dah nyiapin kaos Rainbow Warrior-ku buat nyambut mereka,” tulis Tunis Andayani di facebook.

Namun mereka berharap, Greenpeace tetap semangat dalam menyuarakan perlindungan atas lingkungan di Indonesia. “Kami mohon Greenpeace jangan putus asa. Selamatkan bumi Indonesia. Sekarang belum berhasil, besok coba lagi. Karena mungkin sekarang ini mungkin pemerintah kuatir keliatan eksploitasi hutan yang jor-joran apalagi dengan adanya kejadian bencana Wasior. Jelas banget koq sampahnya gelondongan kayu besar. Mari berjuang memerdekan Indonesia dari eksploitasi hutan,”harap Meisye Elizabeth Baraoh via akun facebook resmi Greenpeace Indonesia.
Selengkapnya...

Ribuan Siswa di Jeneponto Kampanyekan Tertib Lalulintas

Laporan: Rizal Nur- Jeneponto

Jeneponto, KBN News,Ribuan siswa dari berbagai Sekolah dikabupaten Jeneponto melakukan Gerak Jalan dengan spanduk Bertulis “ Kami Siswa Mendukung Tertib Lalulintas Kamis lalu.

Acara yang dilepas oleh Bupati Jeneponto Drs.H.Radjamilo, Mp didampingi Kapolres Jeneponto dilapangan Passamaturukan yang sebelumnnya penyerahan spanduk yang dibubuhi tandangan para siswa.

Kapolres Jeneponto melalui Kasat Lantas Jeneponto AKP. H.Supriady disela-sela kegiatan tersebut antara lain mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selain untuk ikut menyemarakkan hari jadi Sulsel 341, juga untuk memberikan pemahaman para siswa tentang lalu lintas.

Sehingga kedepan para siswa ketika menggunakan kendaraan bermotor atau roda empat tentu akan mematuhi aturan-aturan lalulintas, terutama mereka tidak lagi ugal-ugalan dijalan raya.

Apalagi ikrar yang dituangkan dalam sapanduk masing-masing serta pembubuhan tanda tangan pada kain tentu, mereka telah siap dalam segala hal akan menerima ketertiban, kata Supriady.

Penerapan tertib lalulintas dikalangan pelajar sangat penting karena dikabupaten Jeneponto sebagain besar siswa telah memiliki kendaraan roda dua, tentu perlu adanya pengetahuan tentang pemakaian helam pengaman, menyalakan lampu disaiang hari.

Dan spanduk yang dibubuhi tanda tangan tersebut juga telah dibentangkan pada pagar lapangan passamaturukan yang panjangnya kurang lebi 500 meter.
Selengkapnya...

Program Dinas PU Jeneponto Jalan Ditempat

 Terkait Rusaknya Sejumlah Ruas Jalan Desa

Laporan: Rizal Nur- Jeneponto

Jeneponto, KBN News, Pemerintah Kabupaten Jeneponto kembali dituding tidak mampu memperbaiki beberapa jalan yang konsinya mencapai 50 persen rusak, karena samapi saat ini beberapa poros jalan menuju kecamatanm masih dibiarkan berlobang.

Sebagaimana hasil pemantauan KBN News Jumat,(15/10) masih terlihat jalan-jalan lobang besar sehingga kalau hujan baiakan kubangan kerbau, seperti Poros Buludoang-Bulujaya, Allu-Marayoka, Bontorannu-Mallasoro, Tamalatea-Bontoramba dan Bungunglopoa-Bangkalaloe, sampai berita ini diturunkan belum ada tanda-tanda pemerintah kabupaten Jeneponto untuk melaakukan perbaikan atau rehabilitasi.

Pada hal akses jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat untuk memperlancar arus transpotasi guna mengangkut hasil bumi masayarakat terpencil kekota-kota kecamatan atau kota kabupaten, karena selama ini jalan tersbut biasanya ditempuh hanya beberapa menit menuju kota kabupaten .Tetapi saat sekarang perjalanan bias mencapai dua sampai tiga jam.

Bahkan beberapa masayarakat pengguna jalan mengeluhkan kondisi jalan tersebut karena selain memperlambat perjalan, juga dapat merusak kendaraan rawan kecelakaan bagi pengguna jalan , terutama pada saat hujan jalan menjdi licin dan penuh dengan air.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) kabupaten Jeneponto Ir.H.Anwaruddin yang hendak dikonfirmasi beberapa waktu lalu menurut stafnya Pak Kadis lagi ke Jakarta, sementara kepala Bidang Bina Marga Mappasomba yang dihubungi telepon genggamnya hanya mengatakan saya tidak banya bicara takut salah. Lagipula Saya lagi dibandara mengantar istriku, katanya dibalik telpon. Ditanya kapan pulang namun tiba-tiba telpon genggamnya tiba-tiba dimatikan.
Selengkapnya...

Delapan Anggota DPR RI Kecelakaan di Klaten

Klaten, KBN News-Delapan anggota DPR RI mengalami kecelakaan saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Klaten, Jawa Tengah, Jumat (15/10/2010). Mereka yang mengalami nasib naas tersebut di antaranya, Ganjar Pranowo, Budiman Sujatmiko, Nanang Samodra, dan beberapa anggota DPR lainnya.

Ke delapan legislator ini melakukan kunker ke Wonogeri dan Klaten untuk memantau pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di dua kabupaten ini.

Salah seorang anggota DPR mengatakan, pada saat kejadian, ia sedang tidur. Saat terbangun ia sudah mendapatkan dirinya berlumuran darah krena terbentuk kursi dan pembatas di dalam bus. Akibat benturan tersebut, kcamata legislator tersebut pecah.

Hasil rontgen di RS PKU Muhammadiyah Klaten menyebutkan tidak ada terjadi retakan di hidung korban. Ia hanya mengalami luka yang mengeluarkan darah di bagian hidung.(Tribun)
Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom