Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

47 Jamaah Haji Asal Sorong Terlantar di Bandara Sultan Hasanuddin

Laporan: AA.Effendy- Makassar

Makassar, KBN News-Sebanyak 47 Orang Jamaah
 haji Asal Kota Sorong Provinsi Papua Barat kloter 09 embarkasi Hasanuddin Makassar diterlantarkan para petugas haji dari daerah itu di Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Selasa ( 30/11/2010) pukul 01.00 Wita dini hari.

Nurhayati (54), jamaah haji asal Sorong mengatakan, ia terpaksa menginap di bandara ini karena pihak petugas dan biro perjalanan haji yang mengurus pemberangkatan ke kota asal, belum membelikan tiket.

Menurutnya, ia dan rekan-rekannya sesama jamaah haji asa Sorong sudah sepakat dan telah memberikan uang tiket tambahan untuk pergi-pulang kepada Yayasan Almunasira, jauh hari sebelum mereka berangkat dari Sorong menuju ke Makassar.

"Ada teman sebanyak 153 orang terpaksa beli tiket sendiri agar bisa pulang ke Sorong pada sore hari. Tapi kami yang 47 orang ini sudah tidak punya uang beli tiket karena sudah habis dipakai belanja untuk makan selama tiga hari di Makassar," ucapnya dengan lemas di terminal pemberangkatan Bandara Sultan Hasanuddin Selasa (30/11/2010) dini hari.

Biro Perjalanan Haji Yayasan Almunasira Sorong yang mengurus Jamah haji asal Sorong ini enggan berkomentar mengenai 47 jamaah haji ini yang telantar.
Selengkapnya...

Ada Mafia Hukum di Gorontalo ?

Antisipasi Mafia Hukum Kejati Buka Kotak Aduan

Gorontalo,KBN News-Dugaan adanya praktek calo mafia hukum di Gorontalo yang bermain dalam skandal korupsi proyek-proyek besar untuk meloloskan para tersangka dalam jeratan hukum, ditanggapi serius Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) dan Humas Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Moh Muliyadi Abdullah, SH. Dalam keteranganya yang disampaikan, Jumat (26/11), dihadapan para wartawan, dia meminta agar masyarakat atau elemen lembaga lainya yang memiliki data adanya praktek calo hukum dalam proses penyelidikan dan penyidikan perkara korupsi atau tindak pidana lainya untuk melaporkan ke pihaknya.

"Mafia hukum itu jika kita amati hampir semua daerah bisa dikatakan ada. Tapi untuk mengantisipasi terjadinya diinternal kejaksaan, sekarang ini sejak Rabu tanggal 24, kita sudah membuka kotak aduan 333 dikantor pos. upaya ini kita tempuh untuk memberantas mafia hukum yang ada di Gorontalo. "Jelas Muliyadi.

Dia menyarankan, masyarakat atau rekan-rekan wartawan yang mengetahui adanya mafia hukum khususnya dilakukan warga kejaksaan segerah melaporkannya.

"Intinya jika ada mafia hukum di Gorontalo apalagi melibatkan orang kejaksaan untuk bisa menginformasikan atau melaporkan ke kotak pengaduan atau melalui email. Jika ada keterlibatan oknum kejaksaan kita akan proses sesuai prosedur aturan yang berlaku."Tegasnya.

Dia menjelaskan, adanya oknum mafia hukum yang pernah terjadi ditubuh kejaksaan tidak bisa dikaitkan dengan kelembagaan. "Tidak bisa semua disamakan hanya karena ulah satu orang oknum. Untuk penegakan reformasi birokrasi ditubuh kejaksaan sampai saat ini kita melaksanakan tupoksi sesuai undang-undang kejaksaan yang berlaku."Ungkapnya.

Selain itu, terkait perkara besar yang ditangani pihak kejati saat ini sementara dalam pengembangan penyidikan. "Apakah ada keterlibat mantan gubernur atau pejabat lainya kita lihat saja perkembangannya sebab kasus seperti 19,5 m sedang ditangani pihak kejati. "Tutupnya. (Rahmad Nur)
Selengkapnya...

Sulut Digoncang Gempa 6,0 SR

Manado, KBN News-Setelah gempa pertama terjadi di area 264 pada pukul 1 dinihari dengan kekuatan 6,0 SR dengan kedalam 10 kilometer, beberapa jam kemudian di area 241 km Tenggara Melonguane, Sulawesi Utara kembali diguncang gempa pad pukul 03:48:39 WIB.

Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, gempa tersebut dengan kekuatan 5,7 skala Ritchter dan kedalaman 99 kilometer. (Tribun News)
Selengkapnya...

Aksi Larangan Pekerja Anak di Gorontalo

Gorontalo,KBN News-Survai yang dilakukan Pekerja Anak (SPA) dari Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan Organisasi Perburuhaan Internasional (ILO) menemukan ada 1,7 juta jiwa pekerja anak dibawah usia 13 tahun sampai 18 tahun. Untuk mengatasinya, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Gorontalo menggelar seminar rencana aksi penghapusan bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel New Rahmat, diikuti dua puluh anggota komite aksi.
Dalam sambutannya, Nixon Rahman Kepala Disnakersos Kota Gorontalo yang diwakili Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan dinsnakersos, Zubair SH mengharapkan, rencana aksi yang dilaksanakan dapat menjadi solusi mengatasi jumlah pekerja anak usia dini. Menurutnya untuk mencapai tujuan harus dilakukan secara bertahap dengan melibatkan semua komponen terkait.

" Tidak akan mungkin dapat dilakukan satu pihak. Jadi harapan kami dua puluh anggota komite yang tergabung dalam rencana aksi dapat bersama-sama mengatasinya, "Kata Zubair, SH Kamis, (25/11)

Sementara itu, narasumber Asmudin SE, mengharapkan rencana aksi Nasional ini dapat menjadi gerakan terpadu secara lintas sektor yang dapat melakukan intervensi pengaruh untuk mengatasi perburuhan anak. Dia menilai pekerjaan terburuk bagi anak dapat berakibat menghilangkan keselamatan anak dari sisi sosial mental.(Rahmad Nur)
Selengkapnya...

Puluhan Jurnalis Ikuti Workshop Penanganan ABH Terhadap Anak

Makassar, KBN News- Dalam rangka meningkatkan pemahaman aparat penegak hukum dan pemangku kepentingan dalam penanganan Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH), Direktorat Jendral Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Panti Sosial Marsudi " Toddopuli" Makassar menyelenggarakan sosialisasi Keputusan Bersama tentang Penanganan ABH melalui kegiatan Workshop Jurnalistik dan Kehumasan dalam Penanganan Anak yang Berhadapan dengan Hukum pada PSMP Toddopuli Makassar, di Hotel Kenari Tower Makassar, Minggu (28/11).
.

Kegitaan ini dihadiri Dirjen Yanrehsos, Kepala Biro Sulsel Kantor Berita Antara, Direktur Kementerian Sosial Anak, dan Pemerhati Anak di Makassar sebagai pembawa materi, dan diikuti puluhan wartawan Makassar.

Workshop yang berlangsung hanya sehari ini yang mengambil thema Penanganan Anak yang Berhadapan dengan Hukum diikuti oleh 30 orang, dari Jurnalis, sektor terkait, akademisi, pakar anak dan LSM Pemerhati Anak. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Pangdam dan Kapolda Sepakat Ungkap Kasus Keributan di Stadion

Makassar, KBN News-Pos polisi kembali diserang sekelompok orang tidak dikenal, Jumat, 26 November. Kali ini, korban "serangan" sporadis adalah pos polisi lalu lintas di Jalan Urip Sumoharjo, di sekitar Patung Piala Adipura.

Perusakan ini adalah kali kedua setelah keributan yang melibatkan sejumlah oknum polisi di Stadion Andi Mattalatta pada Rabu malam lalu. Tidak dilaporkan adanya korban akibat perusakan pos polisi di Jalan Urip Sumoharjo tersebut.

Namun di lain lokasi, kemarin, Brigadir Polisi Satu Kasman, 26, yang sehari-harinya bertugas sebagai anggota Samapta Polda Sulsel, terpaksa menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Polri (RSP) Bhayangkara. Kasman kritis setelah dianiaya tujuh pemuda tak dikenal.

Penganiayaan terhadap Kasman, terjadi di indekosnya di Pondokan Fily, Jumat dinihari. Akibatnya, Kasman mengalami luka parah di sekujur tubuhnya. Tangan dan paha bagian kiri nyaris putus setelah diparangi.

Kepala dan perutnya juga luka yang diduga akibat tikaman benda tajam. Hingga Jumat sore, Kasman masih berada di ruang intensive care unit (ICU) RSP Bhayangkara. Data yang dihimpun di lokasi kejadian, penganiayaan terhadap Kasman terjadi ketika korban sudah terlelap tidur.

Tiba-tiba, tujuh pemuda menggunakan helm standar mendobrak pintu kamar korban dan langsung menebaskan parang dan menusuk perut korban. Setelah itu, para pelaku langsung kabur berboncengan sepeda motor.

Sejumlah saksi mata yang ditemui di lokasi kejadian mengungkapkan, para pelaku sulit dikenali lantaran menggunakan helm standar dan mematikan lampu kamar korban saat beraksi. Selain itu, para penghuni indekos lainnya juga diancam oleh para pelaku.

"Selain tujuh orang pelaku masuk ke dalam kamar korban, juga ada pelaku yang berjaga-jaga di depan pintu gerbang masuk pondokan. Jumlahnya ada beberapa orang," ujar seorang sumber yang meminta namanya tidak muat demi keamanan.

Di kamar korban, ditemukan sarung sangkur berwarna hijau. Ada tulisan TNI AD di sarung sangkur tersebut.

Kepala Staf Kodam VII Wirabuana, Brigadir Jenderal TNI Subekti, yang meninjau langsung tempat kejadian perkara menyatakan pelaku belum tentu anggota TNI. Kemarin, Subekti juga menjenguk Kasman di RSP Bhayangkara.

"Belum bisa dipastikan karena tidak mengenakan atribut TNI. Ciri-ciri para pelaku juga tidak ada yang mengetahui pasti. Jadi, kita objektif saja. Tetapi, kalau memang terbukti anggota TNI AD yang melakukan, tentu saja kami akan memberikan sanksi tegas," kata Subekti,seperti dilansir fajar online.

Subekti mengaku sudah memerintahkan Komandan Polisi Militer TNI AD, Kolonel CPM Marcus Isaac dan Komandan Batalion Kavaleri, Letkol Kav Sugeng W Aji, supaya menelusuri kejadian ini di lapangan. Menurut Subekti, kasus ini harus dituntaskan secepatnya.

"Kita tahan diri. Sesama aparat tak boleh terjadi saling melukai. Masing-masing kendalikan personelnya. Kalau memang anggota kami terbukti terlibat, tentu diproses hukum," janjinya.

Panglima Kodam VII Wirabuana, Mayor Jenderal TNI Amril Amir, mengaku sudah membentuk tim penyelidikan bersama polisi guna menuntaskan kasus ini.

"Saya sudah koordinasi Kapolda Sulsel (Irjen Pol Johny Wainal Usman, red). Kami sepakat bersinergi dalam ungkap kasus ini secepatnya. Tentunya penyelidikan sudah mulai dilakukan saat ini," ujar Amril Amir. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Jamaah Haji Pangkep Wafaat di Mekkah

Liputan Haji 2010

Madinah, KBN News-Seorang jamaah haji asal Kabupaten Pangkep, Syamsuddin Dg Ngawing meninggal di Mekah Sabtu (27/11/2010) subuh tadi. Syamsuddin berasal dari Kelurahan Sibatua, Pangkajene.

Almarhum adalah jamaaah yang tergabung dalam kloter 40 embarkasi dan debarkasi Hasanuddin. Makassar. "Almarhum menghembuskan nafas terakhir usai salat Subuh," ujar Ketua Rombongan Pangkep, Abu Bakar,seperti dilansir Tribun. (AA.Effendy)
Selengkapnya...

Proyek Pipa Air Bersih Kantor Gubernur Sulbar " Salah Bestek"

Mamuju, KBN News-Proyek Perpiaan Air Bersih di Kantor Gubernur Sulbar Dinilai tak Sesuai Bestek. Malah pejabat terkait terkesan saling lempar tanggungjawab. Sebab itu, pihak penegak hukum harus melakukan lidik terhadap indikasi ketimpangan tersebut.

Proyek ini menggunakan anggaran ABPD TA.2009 lalu dan kini sudah rampung. Namun jejak proyek tersebut ditengarai meninggalkan ketimpangan yang bis berujung pada kerugian daerah. Apalagi, anggaran cukup besar dengan nilai anggaran sekitar Rp2 miliar.

Sumber indotim-news.com di Mamuju menyebutkan panjang pipa yang dipasang 6 kilo meter. Namun pipa tersebut diduga pula tidak sesuai spesifikasi. Sedang pipa menurut spesifikasi sebesar 4 inci dan yang digunakan tidaklah demikian.

"Kalau kita melihat kedalaman penanaman pipa air tidak mencapai 60 centimeter sesuai spesifikasi dan diduga pula tidak menggunakan pasir melainkan tanah sisa galian," cetus sumber ini, Kamis (25/11).

Sebab itu dengan anggaran yang disediakan, diindikasikan banyak rugiakan daerah dan dikerjakan oleh Satker Air bersih Cipta Karya. Oleh karena itu sumber ini menghendaki agar proyek ini dilidik aparat hukum.

Sementara itu Kadis PU Sulbar, Hasanuddin saat dikonfirmasi via telepon selularnya melempar tanggungjawan pada Satkernya. Bunyi SMS yang diterima redaksi media online ini "Masalah tersebut langsung aja tanya Satkernya".

Sedang Sofyan yang dimintai waktu untuk dikonfirmasi, mala menjawab via SMS, sekiranya bisa bersama-sama kelapangan untuk melihat kondisi pekerjaan yang selama ini ditengarai masalah.(Zulkifli)
Selengkapnya...

Laga PSM Lawan Pelita Jaya Diwarnai Keributan Aparat Keamanan

Makassar, KBN News- Aparat kepolisian Makassar yang sedianya melakukan pengamanan dalam pertandingan PSM Makassar melawan Persiwa Wamena, Rabu, 24 November 2010, justru terlibat dalam aksi keributan.

Tidak tanggung-tanggung, kepolisian dari Samapta Polrestabes Makassar terlibat bentrok sebanyak dua kali, yakni dengan TNI dan supporter PSM Makassar.

Keributan pertama terjadi sekitar pukul 20.30 Wita di halaman Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Puluhan polisi dan TNI saat terlibat keributan, bahkan suara tembakan mewarnai keributan tersebut.

Informasi yang beredar, bentrokan tersebut berawal dari salah satu pintu VIP Stadion Andi Mattalatta. Saat itu kepolisian ingin memasukkan anggotanya ke stadion untuk menonton PSM. Namun anggota TNI dari satuan Batalyon Kavaleri tidak mengizinkan anggota polisi tersebut masuk ke stadion. Akibatnya, polisi marah dan terlibat baku pukul dengan anggota TNI tersebut.

Insiden tersebut kemudian meluas hingga melibatkan puluhan personel dari dua pihak. Beberapa kali suara tembakan bahkan terdengar ketika bentrokan terjadi. Akibat bentrokan tersebut, dua orang dilaporkan terluka dan dilarikan ke RS. Salah satunya adalah seorang anggota TNI yang terluka dibagian pelipis kiri.

Keributan tersebut mereda sekitar 30 menit kemudian. Itu pun setelah Kapolrestabes Makassar, Kombes Polisi Muhammad Nur Samsul dan Dandim tabes 1408/BS Letkol Infantri Agus Prangarso mendatangi tempat kejadian (TKP). Pengamanan dari Yon Kavaleri kemudian dipulangkan dengan menggunakan tiga trek, sedangkan dari kepolisian tetap berjaga-jaga dihalaman Stadion. Dari kejadian tersebut, baik Polrestabes maupun Dandimtabes enggan memberikan keterangan.

Sekitar 15 menit pasca keributan dengan TNI, kepolisian kemudian terlibat bentrok dengan ratusan supporter PSM Makassar. Kedua pihak bahkan terlibat saling lempar dengan menggunakan batu, bambu dan kayu. Tidak diketahui penyebab terjadinya bentrokan tersebut.

Untuk menenangkan suporter, polisi dari Samapta Polrestabes Makassar dibantu satuan pengamanan dari Brimob Polda Sulsel mengeluarkan tembakan gas airmata. Bahkan satu unit mobil watercanon didatangkan untuk menghalau para supporter.

Akibat keributan tersebut, sejumlah fasilitas stadion rusak. Paling parah adalah sejumlah kaca-kaca pintu stadion Andi Mattalatta pecah karena terkena kayu.

Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin turun langsung menenangkan supporter PSM Makassar. Ilham, yang juga Ketua Umum PSM Makassar berkali-kali mengeluarkan imbauan melalui pengeras suara untuk tidak melakukan pelemparan. Tidak hanya itu, Ilham juga mendatangi supporter di tribun terbuka agar tidak melakukan aksi yang bisa merugikan Makassar,seperti dikutif vivanews.

?Saya imbau kepada supporter untuk tetap tenang. Jangan melakukan aksi-aksi yang tidak baik,? kata Ilham. (Rizaldi)
Selengkapnya...

“Rinai Kabut Singgalang” Novel untuk Perantau



Setelah awal 2010 lalu, Irzen Hawer seorang guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Negeri 1 Batipuh Tanah Datar merilis Novel “Cinta di Kota Serambi”, kali ini Padang Panjang kembali memunculkan novelis muda, Muhammad Subhan yang akan meluncurkan Novelnya berjudul “Rinai Kabut Singgalang”.

"Novelnya saat ini sedang dalam proses cetak di Yogyakarta oleh salah satu penerbit. Tebal mencapai 400 halaman."Kata Muhammad Subhan yang juga Manajer Rumah Puisi Taufiq Ismail, Kamis (25/11).

Setelah terbit nanti, kata Subhan, novelnya itu akan diluncurkan di Bukittinggi. Sejumlah endorsement terkait novelnya ditulis oleh Dianing Widya Yudhistira (Novelis), Sutan Iwan Soekri Munaf (Penyair), Akhiriyati Sundari (Ketua Komunitas MataPena Yogyakarta), M Nasrudin (Editor dan Pegiat Buku), Sulaiman Juned (Penyair, Dosen Jurusan Teater ISI Padang Panjang), dan Irzen Hawer (Novelis).

Muhammad Subhan lahir di Medan, Sumatera Utara, berdarah Aceh-Minang. Sejak masih sekolah di SMP Negeri 6 Krueng Geukueh dan SMA Negeri 1 Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, ia sangat suka mengarang. Saat usia sekolah itu, sejumlah puisi, cerpen, dan artikelnya pernah dimuat berbagai suratkabar.

Bakat menulisnya terus berkembang sejak tahun 2000 ia memutuskan menggeluti dunia jurnalistik dan bekerja sebagai wartawan di sejumlah suratkabar di Padang, Sumatera Barat, diantaranya; SKM Gelora, Gelar Reformasi, Garda Minang, Media Watch (2000-2003), Harian Mimbar Minang (2003-2004), Harian Haluan (2004-2010). Pernah menjadi editor Harian Online Kabar Indonesia (www.kabarindonesia.com) yang berpusat di Belanda (2007-2010), dan kontributor Majalah Islam Sabili (2008-2010). Sejak April 2010 ia memimpin Media Online www.korandigital.com yang berbasis di Kota Serambi Mekah Padang Panjang.

Ia juga sering diundang menjadi pembicara dalam berbagai pelatihan/seminar tentang kepenulisan/jurnalistik di sejumlah sekolah dan perguruan tinggi. Selain wartawan ia bekerja di Rumah Puisi Taufiq Ismail di Nagari Aie Angek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar dan Koordinator Sanggar Sastra Siswa Rumah Puisi.

Beberapa puisi dan tulisannya terkumpul dalam antologi bersama, diantaranya; Lautan Sajadah (Antologi Puisi, Himabasindo FKIP/Universitas Muhammadiyah Padang Panjang, 2009), Ponari for President (Antologi Puisi, Malang Publishing, 2009), Musibah Gempa Padang (Antologi Puisi, eSastera Malaysia, 2009), G30S: Gempa Padang (Antologi Puisi, Apsas, 2009), Hujan Batu Buruh Kita (Kumpulan Liputan Perburuhan, AJI Indonesia, 2009), dan Melawan Kemiskinan dari Nagari (Buku Evaluasi Kredit Mikro Nagari yang ditulis bersama wartawan senior Asril Chaniago dan Ekoyanche Edrie, Bappeda Sumbar, 2009). (Rahmad Nur)
Selengkapnya...

Akibat Merapi Meletus Peternakan di Sleman Rugi Rp149 Miliar

Yogyakarta, KBN News-Tak hanya merenggut ratusan nyawa manusia, erupsi Merapi juga memporak-porandakan perekonomian warga sekitar, khususnya para peternak.

Kerugian akibat erupsi Merapi di sektor peternakan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan mencapai Rp149 miliar. Angka itu belum final, sebab jika kerusakan kandang-kandang ternak yang luluh lantak diterjang awan panas, jumlahnya niscaya akan bengkak.

"Kerugian terbanyak pada peternakan sapi khususnya sapi perah terutama pada daerah Kecamatan Cangkringan yang lokasinya tak jauh dari puncak merapi,"kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Kehutanan Sleman, Suwandi Azis, Kamis, 25 November 2010,seperti dilansir vivanews.

Soal janji pemerintah mengganti sapi-sapi yang mati, ia berharap direalisasikan jika kondisi Merapi sudah normal. Jika dipaksakan saat ini, justru membuat repot para peternak. Sebab, apalagi mengurus sapinya, rumah tinggal saja mereka tak punya.

"Kasihan sapinya karena pasti tidak akan terawat," tambahnya.

Lebih lanjut Azis menyatakan penggantian hewan ternak sejauh ini hanya dikhususkan untuk sapi, sedangkan ternak lainnya seperti kambing dan unggas yang juga mati akibat erupsi Merapi hingga saat ini belum ada kepastian akan mendapatkan ganti dari pemerintah.

Sementara itu Koordinator Divisi Evakuasi Penanganan Ternak Korban Merapi, Ida cahyati mengatakan timnya telah mengevakuasi 9.973 ternak di sejumlah kabupaten, di antaranya di Sleman 3.221 ekor sapi, Magelang 2.325, Boyolali 1.305 dan Kabupaten Klaten 2.442 ekor sapi.

Dari total 9.973 sapi tersebut tersebar di beberapa titik evakuasi, di antaranya di Sleman (64 titik) di Klaten (64 titik0 Magelang (12 titik) Boyolali (53 titik) jumlahnya 193 titik evakuasi.

Dari data semua Kabupaten, ada sejumlah sapi yang mati total di Sleman 2.394 ekor, Klaten 357, Magelang 11 dan Boyolali 66 ekor.

“Sehingga sapi mati di DIY dan Jateng mencapai 2.828 ekor sapi,” ujarnya.

Sedangkan untuk sapi yang dijual oleh peternak jumlahnya mencapi 303 ekor dan yang sudah tercatat mau dijual sebanyak 3.783 ekor sapi.

Koordinator Tim Eksekusi dan Distribusi, Ali Agus mengatakan dari hasil tim identifikasi, pihaknya kemudian melakukan eksekusi ternak, baik yang mati, masih hidup dan mau dijual atau yang masih hidup dan berada di tempat-tempat penampungan. Data dibutuhkan untuk pemberian pakan secara gratis.

“Setelah ada kesepakatan harga yang ditetapkan sebelumnya dan sudah didata melalui tim identifikasi, kemudian dilakukan pencairan atau pembayaran ternak kepada yang menjual. Distribusi pakan untuk ternak yang berada di tempat penampungan juga dilakukan,” katanya.
Selengkapnya...

Broom Kalong dan Paket Asik Unlimited Hadir di Makassar

 Laporan: AA.Effendy- Makassar

Makassar, KBN News-PT Indosat Mega Media (IM2), penyedia jasa internet dan multimedia terkemuka di Indonesia, senantiasa melakukan inovasi dan terobosan agar pelanggan dapat mempunyai pilihan akses internet sesuai dengan kebutuhannya. Kali ini IM2 meluncurkan produk terbaru yakni Broom Kalong dan varian Paket Asik, Broom Asik Unlimited.

Menurut Head Of Sulampapua Indosat, Dwi Anggoro Handoko bahwa Broom Kalong adalah varian produk prabayar 3,5G terbaru dari IM2 yang secara khusus diciptakan untuk penggunaan akses internet pada malam hari. Produk baru ini tersedia baik dalam fitur unlimited maupun fitur classic (volume based). Untuk fitur unlimited, kecepatan Broom Kalong dapat mencapai 1 Mbps dengan threshold 5 GB pada malam hari yakni pada pukul 00.00 s.d 06.00 WIB dan selanjutnya unlimited dengan kecepatan hingga 64 Kbps apabila telah melewati threshold. Pada pukul 06.01 s.d 23.59 WIB, kecepatan adalah mencapai 16 Kbps. Sedangkan pada fitur classic, kecepatan dapat mencapai 3,6 Mbps dengan kuota 200 MB. Broom Kalong tersedia dalam Starter Pack seharga Rp. 150.000 dengan pembayaran Rp 100.000 per bulan untuk fitur unlimited, katanya.

“Broom Kalong memberikan kenyamanan dan pilihan untuk mengakses internet. Pelanggan dapat dengan leluasa memanfaatkan jam-jam yang relatif sepi yakni di malam hari untuk mendapatkan kecepatan akses yang optimal”, jelas Handoko pada konfrensi pers di Makassar Golden Hotel, Kamis (25/11).Broom Asik Unlimited

Selain Broom Kalong, IM2 juga meluncurkan Broom Asik Unlimited. Paket ini merupakan kelanjutan dari Broom Paket Asik yang diluncurkan pada akhir tahun 2009, dimana pada saat itu paket Broom Asik hanya tersedia dalam pilihan fitur Classic (volume based). Kali ini, IM2 menghadirkan varian Broom Paket Asik yang baru dengan fitur Unlimited.

Starter Pack Broom Asik Unlimited dijual hanya seharga Rp. 27.500,- dengan threshold sebesar 100 MB. Kecepatan akses mencapai hingga 256 Kbps yang akan disesuaikan apabila pemakaian telah mencapai batas threshold menjadi hingga 64 Kbps. Untuk isi ulang pada bulan berikutnya, pelanggan hanya perlu mengisi sebesar Rp. 50.000 dan mendapatkan threshold sebesar 150 MB.

“Dengan adanya produk dan paket baru ini, pelanggan akan semakin mempunyai pilihan akses internet sesuai dengan kebutuhannya. Animo dan masukan dari para pelanggan juga yang menjadi inspirasi bagi kami dalam melakukan pengembangan produk dan paket akses internet ini,” kunci Handoko.

Selengkapnya...

Kejati Gorontalo Ungkap 12 Tersangka Korupsi Rp 19,5 Milyar

 Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News-Setelah melalui proses penyelidikan, penyidikan selama beberapa pekan, satu persatu tersangka baru kasus korupsi dana pergesaran APBD Kabupaten Bone Bolango tahun 2008 sebesar Rp 19, Milyar mulai diungkap tim penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Gorontalo. Satu diantar dua belas tersangka yang saat ini terus dilakukan pengembangan penyidikannya, baru ditetapkan 22 November 2010.

"Jadi 12 tersangka itu terbukti melakukan tindak pidana korupsi proyek pada Dinas PU Kabupaten Bonebolango, tersangka yang baru kami tetapkan yakni AK, "Kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) dan Humas Kejati Gorontalo dalam Jumpa Pers Rabu, (24/11/2010).

Menurutnya untuk mengetahui sejauh mana keterlibatan AK dan tersangka lain, pihaknya saat ini sedang melakukan penyidikan guna mencari alat bukti baru sebagai petunjuk pengembangan. "Sudah ada berapa tersangka yang disidang dan sebagian masih penyidikan selanjutnya menunggu hasil audit BPKP, "jelasnya.
Selengkapnya...

Tangisan Bayi di Pengunsian Korban Banjir Bandan Wasior

Manokwari, KBN News-Setelah Bantuan Bencana Wasior di Salurkan kepada keluarga Loloang-Bulelenan Yang Melahirkan Anak perempuan tanggal 19/11/2010 anak ini di beri Nama Deiby Loloang.

Nama Bayi tersebut di ambil dari Nama Ibu Deiby Pangemanan karena sejak awal terjadi bencana Wasior Deiby Pangenanan Selalu membantu ratusan Korban Banjir Bandang Wasior Yang ada Di Posko BLK Manokwari. Tampak Deiby Pangemanan Memeluk Bayi tersebut dengan penuh kasih sayang.(Franky Pangkey)
Selengkapnya...

DPRD Siap Eksekusi Perumahan Tanpa IMB

 Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News-Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo bidang pembangunan geram dengan ulah para developer perumahan yang dinilai 'nakal' dalam mengurus Izin Memiliki Bangunan (IMB). Erwin Rauf Ketua Komisi C saat dikonfirmasi Pelita, Selasa (23/11), dengan tegas menyatakan peringatan bagi pemilik perumahan yang belum memiliki IMB untuk menghentikan pembangunan. Sebab pihaknya tidak akan ragu-ragu mengeluarkan rekomendasi eksekusi. Dia juga meminta pihak Dinas Tata Kota Gorontalo untuk selektif dan menindak tegas para pemilik perumahan dan bangunan lainya yang belum memiliki IMB.

"Ada salah seorang oknum pejabat yang sampai saat ini belum memiliki IMB. Parahnya saluran pembuangan yang dibuat diarahkan kejalan. Akibatnya, berdampak pada warga sekitar. dan kami sudah mengingatkan saat kunjungan kelapangan jika tidak diindahkan kami akan eksekusi, "tegas Erwin Rauf.

Sementara itu, Toto Bachtiar Fraksi Partai Golkar mengungkapkan kekesalannya ke pihak perbankan yang dinilai kurang selektif mengeluarkan dana pencairan kredit pinjaman bagi para developer yang belum mengantongi IMB. "Ada 100 uni perumahan di kota Gorontalo yang telah terbangun namun belum memiliki IMB. Anehnya kredit pembangunan itu diloloskan salah satu perbankan."Kata Toto Bachtiar.
Dia menjelaskan pihaknya telah menempuh langkah dengan mengeluarkan rekomendasi ke dinas tata kota untuk segera memberhentikan pembangunan perumahan itu, "Kami akan menunggu respon dari rekomendasi yang telah kita keluarkan. Jika dalam waktu dekat tidak ditindaki kami akan gelar rapat dengar pendapat untuk mempertanyakannya, "ungkapnya.
Dia juga mempertanyakan kinerja pihak tata kota yang terkesan tebang pilih dalam melaksanakan penegakkan aturan, "jangan hanya masyarakat kecil penegakkan aturan ini dilaksanakan, kenapa pihak developer tidak, itu yang menjadi pertanyaan. "Jelasnya.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Pemilihan Pimpinan Komisi Deprov Gorontalo Alot

 Lapran: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News-Pemilihan Pimpinan Komisi I DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo, Selasa (23/11) berlangsung panas. Dua dari tujuh Fraksi yang tergabung di komisi satu itu saling mengusulkan calonnya.Fraksi Golkar dan Fraksi GPKR menginginkan calon lain dari fraksinya. Sementara fraksi PAN, Demokrat, PPP, Hanura dan FPBN justru bersuara bulat kembali memilih Sofyan Alhadar yang notabene menjabat pimpinan sebelumnya.

Ahmad Bagulu dari fraksinya FPBN menjelaskan alotnya pemilihan itu hal yang wajar. Akan tetapi fraksinya sepakat untuk kembali memilih pimpinan sebelumnya.
"Kami sudah melakukan pembicaraan interen fraksi kami dan sepakat untuk kembali memilih Sofyan Alhadar, "Jelas Ahmad Bagulu.

Dia membenarkan jika dalam pemilihan itu, fraksi Golkar dan GPKR mengusulkan calonnya masing-masing. Akan tetapi setelah dilakukan musyawarah, disepakati untuk kembali memilih pimpinan sebelumnya."Kami satukan pendapat untuk tetap mengacu pada pimpinan kemarin pak Sofyan Alhadar, "ungkapnya.

Menurutnya bersitegang dalam pemilihan itu wajar untuk meyakinkan kemasyarakat bahwa legalitas komisi I diuji melalui mekanisme pemilihan.Selain itu, pihaknya sendiri telah mengusulkan kontrak politik kepimpinan terpilih mengenai kinerja kerja. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

“Buta Aksara” Papua Barat Tahun 2010 Capai 5OOO Jiwa.

Laporan : Franky Pangkey- Manokwari

KBN News, Manokwari, Berdasarkan hasil Rakernis tentang Angka Buta Aksara di Provinsi Papua Barat Saat ini mencapai 5.575 Jiwa, angka tersebut lebih banyak berada di kaum perempuan ibu-ibu dan anak-anak tersebar di daerah pedalaman, pesisir-pesisir yang sangat sulit tarjangkau transportasi dan komunikasi Menurut Kepalah Bidang Pendidikan Formal dan Informal Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat Agustinus Sroyer.S.Sos.M.pd Mengatakan ; Angka Buta Aksara di Kabupaten manokwari mencapai 1125 Jiwa, Kabupaten sorong 1155 Jiwa dan selebihnya tersebar di beberapa Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Papua Barat.

Hingga kini sebagian besar data angka Buta Aksara di 10 Kabupaten dan 1 Kota Se-Provinsi Papua Barat belum di terima Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat. Jika di data nanti di terima secarah baik dan benar maka angka Buta Aksara di Provinsi Papua Barat Bisa mencapai lebih dari 15.000 Jiwa, ucap Agustinus Sroyer.S.Sos.M.pd


Untuk menuntaskan Angka Buta Aksara di Provinsi Papua Barat maka Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat akan melakukan Pemetaan daerah-daerah mana yang menjadi titik-titik rawan Buta Aksara, melakukan bimbingan untuk menulis dan membaca, setelah pemetaan selesai di lakukan maka semua Program yang sudah di susun bisa di jalankan, Pihak LSM, Lembaga Pendidikan, Yayasan Pendidikan juga terlibat menuntaskan Angka Buta Aksara Papua Barat, ujar Agustinus Sroyer.S.Sos.M.pd.


Agustinus Sroyer menambakan, Pada saat pendataan kepesertaan ujian nasional pendidikan kesetaraan tahap ke dua, beberapa distrik di kabupaten teluk Wandama hampir sebagian besar terutama untuk kaum bapa dan ibu yang usianya rata-rata di atas 30 hingga 40 tahun tidak bisa membaca dan menulis.


Mengantisipasi Angka buta Aksara Papua Barat yang kian meningkat, kementrian Pindidikan Nasional lewat APBN tahun 2010 mengalokasikan dana Dekonsentrasi sebanyak lebih dari 1,8 Miliart untuk menunjang kegiatan Keaksaaran Fungsional Papua Barat. Dana tersebut di bagi secarah Profosional ke 10 Kabupaten dan 1 kota di Provinsi Papua Barat sejak bulan September 2010, Program yang di jalankan yaitu Keaksaraan Dasar, Keaksaraan Kumunitas Khusus, Keaksaraan Usaha Mandiri.



Progaram ini baru pertama kali di lakukan di Provinsi Papua Barat, di harapkan dalam minggu ini bisa terlihat daya serap dana tersebut di masing-masing 10 kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Papua Barat, yang pasti kami meneruskan semua Kuota yang di tentukan Kementrian Pendidikan Nasional sesuai dengan kebutuhan di lapangan secarah Profosional, rasional. Di harapkan agar Kuota yang di berikan itu akan memberikan ransangan kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten Se-Provinsi Papua Barat untuk melaksanakan Program penuntasan Buta Aksara secara baik, mendorong lembaga-lembaga untuk melaksanakan tugas sesuai dengan tujuan menuntaskan Angka Buta Aksara, ungkap Agustinus Sroyer.S.Sos.Mpd Mantan Atlit Gulat yang perna mengharumkan nama Provinsi Irian Jaya sebagai Atlit Gulat Provinsi Irian Jaya 1990-2000.


Lanjut Agustinus Sroyer.S.Sos.Mpd yang saat ini masih menjabat sebagai Sekertaris Pengda PGSI Provinsi Papua Barat mengatakan; Dana Dekosentrasi Lebih dari 1,8 Miliar tersebut di bagi ke Lembaga pendidikan dan Yayasan pendidikan yang tersebar di kota dan kebupaten Se-Provinsi Papua Barat secara Profosional, rasional. Di bagikan dengan kesepakatan bersama para pejabat di kabupaten dan kota Se-Provinsi Papua Barat, di harapkan ahir bulan ini dana alokasi sebanyak 1,8 Miliar sudah terserap hingga batas waktu ahir Desember 2010 bisa tuntas 100 persen terealisasi.


Sementara itu Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat Juga akan mengusulkan dana APBD Papua Barat untuk mengatasi Angka Buta Aksara tahun 2011 sebesar Tiga Miliar, Delapan Juta, Lima ratus Ribu Rupiah. Dana tersebut akan di gunakan untuk Pelatihan pengelola, Tenaga pendidikan Buta Aksara, Penguatan kelembagaan dan kegiatan lainya seperti Sosialisasi, Pendataan Pemetaan daerah-daerah Buta Aksara, tutur Agustunus Sroyer.S.Sos.M.pd Sebagai kepala Bidang Pendidikan Formal dan Informal Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat.


Agustinus Sroyer.S.Sos.Mpd mengharapkan, kusus Program Buta Aksara ini bisa segerah tuntas kerena Buta Aksara ini identik dengan kebodohan, apabilah Angka Buta Aksara di Provunsi Papua Barat melambung tingggi maka sudah pasti akan berdampak pada tingkat pendapatan ekonomi masyarakat rendah kemudian akses pendidikan sudah pasti akan mengalami kepincangan.


Jika Angka Buta Aksara di Provinsi Papua Barat bisa teratasi secarah bertahap maka sudah pasti tahun 2014-2015 Provinsi Papua Barat akan bebas dari Buta Aksara sehingga Ekonomi Masyarakat bertumbuh pesat, pendidikan pasti semakin menigkat, ujar Agustinus Sroyer.S.Sos.Mpd mengahiri Wawancara dengan Wartawan KBN News di kantor Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat. (Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Gawat, Kas Pemkab Jeneponto Kosong !

 Lapran: Rizal Nur- Jeneponto

Jeneponto, KBN News-Banyak kalangan menyangkan kabupaten Jeneponto yang kini berpacu dalam mengejar ketertingglan pada berbagai bidang pembangunan, lebih ironis lagi Kas kosong tutur Bendahara Rutin Rahmat pada Wartawan diruang kerjanya Selasa, (23/11).

Penuturan ini disampaikan oleh bendahara rutin pemerintah kabaupaten Jeneponto, ketika salah Salah seorang panitia Pramuka Garuda bermahsud mencairkan dana bantuan dari pemerintah kabupaten sebsar Rp 3.500.000, yang telah diDeposisi tiga pejabat terkait termasuk Bupati Drs.H.Radjamilo,MP namun bendahara langsung mengeluh dan mengatakan kalau Kas Daerah Kosong

Pada hal dana bantuan ini telah disetujui oleh kepala Dinas PPKAD Kabupaten jeneponto Drs.H. Saleh Abhurerah untuk dibayarkan, ternyata apa yang diharapkan ternyata diluar dari dugaan kabupaten Jeneponto yang kalau dilihat APBDnya cukup lumayang besar.

Tunggu saja nanti setalah perubahan anggaran karena sementara dibahas Di DPRD Jeneponto, bayangkan kalau satu daerah sempat kosong Kasnya tentu, oporasional pemerintah bias-bisa lumpuh karena tidak punya biaya.Kata Rahmat.

Bisa dibayangkan kalau KAS pemerintah daerah kosong bagaimana dengan oporasional kegiatan, bagi seluruh SKPD yang tentu lebih besar lagi ketimbang bantuan yang diperuntukkan oleh Pramuka sudah dipastikan tidak berjalan.

Imformasi lain yang dihimpun wartawan di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangana Aset Derah (PPKAD) Jeneponto banyak kwitansi yang bertumbuk tapi tidak dibayarkan sehubungan karena pergantian bendahara Rutin, juga karena memang KAS Daerah Kososong

Salah seorang masayarakat Alimuddin Situju heran kalau KAS Daerah, bahkan dia bertnya dimana semua dana? Yang selama ini digembor-gemborkan Jeneponto banyaak mendapatkan bantuan baik itu dari pemerintah pusat maupun pemerintah Provensi serta APBD.(Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Pasca Banjir Bandang Wasior, Korban Bertahan di Manokwari

Laporan: Franky Pangkey- Manokwari.

KBN News Manokwari, Saat ini sebanyak 596 pengungsi Korban Banjir Bandang Wasior 4/10/2010 masih di tampung di BLK Manokwari Provinsi Papua Barat dan ratusan lainya di tampung di Kodim Manokwari kerena hingga saat ini Hunian sementara bagi Korban Banjir Bandang Wasior belum selesai di bangun.

Hunian sementara tersebut berbentuk barak-barak di bangun sejak masa tanggap darurat di berlakukan hingga perpanjangan masa tanggap darurat hingga berahirnya masa transisi hingga saat ini belum tuntas di karanakan kesulitan transportasi anggkutan bahan bangunan ke wasior.



Direncanakan dalam minggu ini Hunian sementara tersebut selesai di bangun dan warga pengungsi korban banjir Bandang Wasior siap di Evakuasi kembali ke wasior kabupaten teluk Wandama.

Menurut Komandan Posko Banjir Bandang Wasior di BLK Manokwari Agustinus Sroyer Mengatakan; sejak masa tanggap darurat di berlakukan dan perpanjangan tanggap darurat hingga masa transisi, Warga Korban Banjir Bandang Wasior mendapat bantun makanan, pakaian layak pakai, pelayanan kesehatan, telephon Gratis dari pemerintah, Pengusaha dan masyarakat umum di seluruh indonesia dan Dunia internasional.

Sementara itu masih banyak bantuan terhadap korban banjir bandang wasior tertahan di hampir seluruh wilayah indonesia di karenakan tidak ada biaya transportasi untuk di datangkan ke wasior. Bantuan kemanusiaan tersebut tertahan di jakarta, surabaya, makassar, manado dan daerah lainya di walayah indonesia. Akibat kesulitan trasportasi maka bantuan tersebut sebagian di salurkan ke Korban bencana Mentawai dan Merapi “Ujar Agustinus Sroyer Komandan Posko Bencana Banjir Bandang Wasior di BLK Manokwari.

Selain Bantuan tersebut, ada juga bantuan di berikan dalam bentuk uang tunai dan transver lewat Rekening Bank namun hingga saat ini dana bantuan uang tunai dan transver melalui Bank belum di ketahui jumblahnya?

Anggota Komisi D Bidang Kesejahteraan DPRD Provinsi Papua Barat Deiby Pangemanan menjelaskan “Untuk mengawasi dan mengetahui Jumblah Bantuan dana kemanusiaan Bancana Banjir Bandang Wasior yang di berikan Dunia Internasional dan Nasional maka DPRD Provinsi Papua Barat dalam minggu ini di rencanakan akan membentuk Pansus Pengawasan Aliran dana tersebut agar ke depan tidak terjadi masalah.



Agustinus Sroyer menambahkan, saat ini stok beras untuk karban banjir bandang Wasior semakin menipis. Sejak terjadi banjir Bandang Wasior 4/10/11 setiap hari kebutuhan beras bagi korban banjir bandang waior mencapai 1,5 ton, akibat menipisnya stok beras tersebut maka bantuan beras itu lebih di fokuskan bagi korban banjir bandang yang tinggal di posko BLK dan Posko KODIM Manokwari, sedangkan untuk korban banjir Bandang yang tiggal di saudarah dan kerabat terdekat di manokwari untuk sementara di batasi.

Selain Beras kian menipis, bantuan terhadap anak-anak sekolah juga sangat di butuhkan seperti; Seragam sekolah, sapatu sekolah, Buku, tas sekolah, pensil dan pena “ungakap Agustinus Sroyer yang juga menjabat sebagai kepalah bidang non formal dan informal dinas pendidikan Provinsi Papua Barat.

Saat Tanggap Darurat banjir bandang Wasior di berlakukan, jumblah Pengugsi Wasior mencapai 1257 Orang di tempatkan di BLK Manokwari, hingga kini jumblah pengugsi yang masih bertahan di Posko tempat penampunan BLK Manokwari tersisa 596 Orang, Ungkap Agustinus Sroyer saat Wawancara Wartawan KBN News di kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran Provinsi Papua Barat di Manokwari. (andi Ahmad)
Selengkapnya...

Oknum Polisi Hajar Warga di Manado Hingga Babak Belur

Manado, KBN News-Franglin Ransalele (23), warga Kelurahan Molas, Kecamatan Bunaken, Manado, tidak menyangka tubuhnya akan babak belur dipukul oknum polisi dari Polresta Manado bernama Felix alias FB. Hal itu terjadi Minggu (14/11) sekitar pukul 22.30 Wita saat ia sedang mengantarkan teman wanitanya bernama Dewi.

Kasus pemukulan ini sudah dilaporkan korban ke Bidang Propam Polda Sulut, Minggu (14/11),seperti dilansir Tribun News.

Dalam laporannya, Felix mengaku menjadi korban penganiayaan yang dilakukan polisi. Diduga kuat penganiayaan dipicu lantaran oknum polisi terhadap itu merasa cemburu terhadap korban.

Saat kejadian, Franglin tengah bersama seorang gadis bernama Dewi. Ia mengantar Dewi ke rumah saudara gadis ini.

Saat hari sudah larut malam, itu, Frangkin bermaksud mengantarkan Dewi pulang. Malam itu sedang ada pemadaman listrik sehingga Dewi meminta Franglin untuk mengantarnya pulanga.

Di tengah perjalanan, Franglin dan Dewi sudah curiga kalau mereka dibuntuti oleh pelaku. Merasa takut, korban memilih untuk berhenti dulu agar pelaku mendahuluinya di depan.

Namun, begitu melihat korban menghentikan sepeda motor di sebuah lorong, pelaku yang mengikutinya langsung turun dari motor untuk mendekat. Tanpa basa-basi, Felix langsung melayangkan bogem mentah kepada korban. "Dia tonjok pa kita kong injang-injang (dia tonjok dan injak-injak)," ujar Franglin kepada wartawan.

Saat ditanya apakah kemungkinan pelaku cemburu melihat dirinya dan Dewi, korban tak menampiknya. Hanya saja, diungkapkannya, antara dia dan Dewi sebenarnya tidak memiliki hubungan apa-apa. Bahkan, Franglin dan Dewi ternyata masih memiliki hubungan keluarga yang masih cukup dekat. "Kata mama, kita berdua masih saudara," tuturnya.(budi)

Kabid Propam Polda Sulut AKBP Set Lumowa, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya laporan ini. Diungkapkan Lumowa, kasus tersebut sudah dalam proses penyidikan Provost.(*)
Selengkapnya...

Panglima TNI dan Kapolri Berkunjung di Jayapura

Jayapura, KBN News-Bandara Sentani, Minggu (21/11/2010) diperketat menyambut kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama rombongan ke Papua untuk membuka musyawarah Badan Eksekutif Mahasiswa se-Nusantara, Senin (22/11/2010).


Dari Papua dilaporkan, petugas gabungan anggota kepolisian Brimob Polda Papua, anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat dari Batalyon 751/BS, dan Angkatan Udara Lanud Jayapura tampak mulai siaga di ruang VIP Bandara Sentani.

Begitu pula di jalur umum seperti ruang keberangkatan, ruang kedatangan juga dijaga ketat poleh pihak kepolisian KP3 Udara Polres Jayapura.

Wakapolres Jayapura Kompol Chrits Pusung mengatakan hampir semua titik ditempatkan anggota kepolisian, baik yang berpakaian dinas maupun preman.

"Bandara sudah mulai diperketat sejak dari Sabtu (20/11), baik di ruang VIP maupun di jalur umum seperti ruang keberangkatan maupun kedatangan," katanya.,seperti dilansir Tribun.

Rombongan SBY akan tiba ke Papua pada Minggu pukul 16.20 WIT. Sedangkan rombongan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono bersama Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo telah tiba di Papua pada pukul 09.00 WIT dengan menggunakan Garuda Air Lines bernomor penerbangan GA 652. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Peminat SIM Ramai di Polrestabes Makassar

Laporan : Andi Ahmad- Makassar

Makassar, KBN News-Berbeda dengan hari Sabtu yang sebelumnya, peminat SIM di Polrestabes Makassar Sabtu (20/11/2010) saat ini masih agak ramai dibandingkan dengan hari-hari libur biasanya.

Tampak ditempat duduk ruang tunggu terlihat penuh, bahkan ada yang berdiri, salah satu petugas di bagian SIM ditanya, " ada permohonan SIM kolektif, " kata Irwan. Selengkapnya...

Wakil Walikota Tindak Tegas Camat yang Sering Ganti Plat Kendaraan

Makassar, KBN News-Wakil walikota Makassar, Supomo Guntur, kembali memperingatkan para camat yang ada di kota Makassar untuk bekerja secara profesional. Supomo mengaku mendapat banyak laporan akan tingkah laku para camat yang sering menggunakan fasilitas Negara demi untuk kepentingan pribadi. Terutama penggunaan kendaraan dinas.


Menurutnya, dari laporan yang diterimanya banyak camat yang sering mengganti plat kendaraan dinas menjadi plat biasa untuk digunakan demi kepentingan pribadi.

"Saya ingatkan para camat untuk tidak lagi menggunakan mobil Dinas nya dengan mengganti plat merah menjadi plat hitam. Ada banyak laporan yang saya terima, jangan coba main-main," katanya,seperti dilansir Kabar Makassar.

Saat membuka acara motivational training dan komunikasi dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan aparatur di ruang pola Pemkot Makassar. Dia mengatakan, sebagi pejabat publik, para Camat harus mengedepankan profesionalisme. Hanya sayang supomo tidak mau membeberkan nama-nama pejabat dan camat yang suka mengganti plat kendaraan dinasnya. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Jamaah Haji Asal Makassar Dan Bone Tinggalkan Mekkah

 Liputan Haji 2010

Mekah, KBN News- Setelah menyelesaikan prosesi ibadah haji, jamaah Indonesia gelombang pertama akan segera kembali ke Tanah Air.

Dijadwalkan, 17 kelompok terbang (kloter) akan mulai meninggalkan Mekah, Sabtu (20/11) hari untuk menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah.
Kepala Daerah Kerja Makkah Cepi Supriyatna menjelaskan, dari 17 kloter yang menuju Jeddah, lima kloter akan langsung terbang ke Tanah Air dengan pesawat Garuda Indonesia. Dua kloter di antaranya adalah jamaah asal Debarkasi Makassar.
Kedua kloter itu adalah kloter 1 yang terdiri jamaah haji asal Kota Makassar dan kloter dua yang terdiri jamaah haji asal Kabupaten Bone.
Jamaah akan keluar dari Mekah mulai usai salat subuh waktu setempat. Jamaah kloter awal harus bersegera meninggalkan Tanah Suci karena karena tak kebagian slot time pada Minggu (21/11). Jadwal semula penerbangan kepulangan Garuda adalah Senin (22/11).
"Adanya penambahan kuota jamaah reguler sebanyak 3.500 orang, membuat jdwal
penerbangan menjadi bertambah," ujar Cepi yang dikutip dari detik.com, Jumat (19/11). (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Woh, Di Aceh Harga Bensin Capai Rp 10000 !

Aceh, KBN News-Harga premium yang ditetapkan pemerintah Rp 4.500 per liter ternyata tidak sama dengan daerah. Buktinya, di Aceh harga BBM itu mencapai Rp 10.000 perliter.

sejak menjelang Idul Adha kemarin hingga kini harga masih kisaran Rp 9.000 - Rp 10.000. Kondisi itu diperparah lagi dengan kelangkaan BBM di kabupaten Gayo Lues dimana antrean panjang tampak di beberapa SPBU.

Serambi Indonesia melansir adanya kelangkaan BBM di Blangkejeren juga berlangsung sejak lama seringa BBM itu habis di SPBU tersebut karena diduga ada permainan antara agen dengan pihak-pihak tertentu.

Kelangkaan BBM itu telah membuat masyarakat resah, juga membuat para tamu dari daerah lain yang datang ke Blangkejeren mengeluh karena kesulitan saat mengisi bahan bakar saat hendak kembali ke daerah asal. Akibat kelangkaan BBM tersebut, warga harus mencari ke luar kota. (Saputra)
Selengkapnya...

Lomba Foto dan Video Jurnalistik Untuk Perubahan Iklim

Jakarta, KBN News-Perubahan iklim yang dulu hanya jadi pembicaraan orang ilmiah di luar negeri kini benar-benar efeknya sudah dirasakan masyarakat Indonesia. Terkait hal itu, Collaborative Knowledge Network Indonesia menggelar lomba "Community, Water and Climate Change" dengan hadiah total Rp 25 juta.

Lomba ini terbuka untuk umum, bisa video atau foto yang penting bertema perubahan iklim, krisis air dan bagaimana harus menghadapi atau solusinya. Bila karya berbentuk foto, bisa langsung dikirim ke panitia paling lambat tanggal 14 Desember 2010. Namun bagi video ada kelonggaran hingga 15 Desember 2010.

Karya dikirimkan ke panitia melalui pos atau email ke Sekretariat CKNet-INA/IHE Indonesia, Gedung Inti sentra Lantai 2, Jalan Taman Kemang 32 A, Kemang Jakarta Selatan 12730
Email : secretariat@cknet-ina.org dengan cc : erita.santosa@yahoo.com

Pemenang akan diumumkan tanggal 16 Desember 2010 bersamaan dengan konferensi "knowledge network for water sector” di Jakarta.

Untuk karya video akan dipilih satu pemenang dengan hadiah Rp 7 juta sedangkan karya foto ada 5 pemenang dengan total hadiah Rp 25 juta. Untuk keterangan detail bisa langsung klik di sini. (Tribun News)
Selengkapnya...

Lagi, Mantan Pejabat Maros Tersangka

Maros, KBN News-Mantan Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Kadiknas) Maros Andi Mapparenta Muhkal ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan alat laboratorium mikroskop bio kamera di SD, SMP, dan SMA Kabupaten Maros tahun 2009.

Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsebar menganggap Mapparenta sebagai pejabat paling bertanggungjawab atas dugaan korupsi dari dana alokasi umum (DAU) yang mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 985 juta.

Kasus ini pun resmi ditingkatkan ketahap penyidikan usai dilakukan ekspose di Tudang Sipulung Kejati Sulselbar, di Makassar, awal pekan ini,seperti dilansir Tribun.

Asisten Intelijen Kejakasaan Tinggi Sulselbar Dedy Siswadi menegaskan, kasus korupsi pengadaan mikroskop bio kamera itu sudah ditingkatkan ke tahapan penyidikan. Mapparenta sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA) dianggap pejabat paling bertanggung jawab di balik dugaan kerugian negara tersebut.

"Kasus ini sudah kita serahkan ke bagian tindak pidana khusus untuk diproses lebih lanjut. Secara resmi penyidik telah meningkatkan kasus ini ke penyidikan Senin lalu," kata Dedy.

Kejaksaan menilai Mapparenta yang paling bertanggung jawab dalam kasus ini. "Kerugian negara ratusan juta rupiah," kata Dedy yang didamping Kasi Ekeonomi dan Moneter kejati Sulsel, Syamsul Kasim saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (19/11). (Suardi/A.Ahmad)
Selengkapnya...

Gubernur Gorontalo Apel Bersama SKPD Bonbol

Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo, KBN News-Buntut dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.75-679 tahun 2010 tanggal 8 September 2010 tentang penonaktifan Abd Haris Nadjamudin sebagai Bupati Bone Bolango, dan penunjukan Wakil Bupati Hamim Po’U sebagai pelaksana tugas (Plt) Bupati Bonbol, Gelombang aksi massa terus melakukan penolakan. Terhitung dari penyerahan SK pada Selasa (26/10) sekitar pukul 13.30 wita, aksi yang mengatasnamakan pendukung Abd Haris Nadjamudin, memblokir aktivitas kerja PNS Bonebolango. Dua warga sempat ditahan aparat kepolisian Polda Gorontalo karena diduga melakukan perusakan fasilitas kantor Bupati.

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan Ardin Danial mengakui jika pemerintah provinsi telah mengambil langkah antisipasi dengan menjelaskan kronologis dikeluarkanya SK penonaktifan itu, "Kunjungan Gubernur Provinsi Gorontalo H. Gusnar Ismail, ke Kabupaten Bonebolango dalam rangka apel kerja. Salah satunya memberikan penjelasan terkait masalah pemberhentian sementara bupati Bonebolango. Mudah-mudahan bisa kembali berjalan normal kembali "Kata Ardin Danial.

Dia berharap aparatur pemerintahan Bonebolango yang hadir dalam apel kerja dapat memberikan penjelasan kemasyarakat terkait pernyataan Gubernur mengenai SK penonaktifan."Sejak beberapa hari terakhir aktivitas kerja bonebolango terganggu karena adanya aksi massa yang menguasai beberapa kantor pemerintahan. Akibatnya pelayanan masyarakat dan penyelenggaraan tugas pemerintahn terganggu.

Menurutnya, sesuai ketentuan apabila Bupati berhalangan maka yang akan melaksanakan tugas-tugas bupati adalah wakilnya. "Jadi perlu diketahui dalam SK itu menjelaskan penonaktifan sementara, dan dalam konsiderannya juga mencantumkan penunjukan wakilnya untuk melaksanakan tugas bupati. Jadi status wakil bupati sebagai Plt dan tetap menjabat wakil bupati divenitif, Dan proses hukum Bupati terpilih jika secara hukum tidak terbukti maka akan kembali menjabat, "Jelasnya
Selengkapnya...

KPP Pratama : Sejukan Hati Melalui Kurban

 Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News-Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gorontalo yang di koordinir paguyuban Tinelo (pelita/penerang -red), Rabu (17/11) selepas sholat Idul Adha melaksanakan penyembelihan sepuluh hewan kurban. Pemotongan hewan kurban yang terdiri dari tujuh ekor sapi dan tiga ekor kambing itu dilakukan diaula kantor KPP Pratama.

Nur Hasyim, ketua panitia kurban menjelaskan, tiap tahun memasuki hari raya Idul Adha pihaknya menggelar penyembelihan. Untuk tahun 2010 atau Idul Adha 1431 H, jumlah hewan yang akan disembelih bertambah.

"Ini menandakan kesadaran akan pentingnya kurban sebagai bentuk pembersihan diri dan untuk meningkatkan ketakwaan kepada tuhan."Kata Nur Hasyim Kepala Seksi Pemeriksaan KPP Pratam Gorontalo,Sebelumnya, Rabu (17/11) Kepala KPP Pratama Djadid Ali, SH mengharapkan pelaksanaan kurban ini dapat menjalin hubungan silaturahmi antara interen pajak dan merupakan motivasi meningkatkan kualitas kerja pihak KPP Pratama.

Selain itu, dia kewajiban berkorban dapat menumbuhkan rasa kebersamaan. "Hewan kurban diperuntukan bagi masyarakat yang berhak menerima. Walaupun dengan aktifitas yang padat dan kesibukan kerja yang harus diselesaikan kami harus melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim "Kata Djadid Ali. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Gawat , Pilot Tertidur, 158 Penumpang Tewas !

Foto: Yahoo.com
India, KBN News-Pilot Air India Express dalam penerbangan dari Dubai ke Mangalore, bagian selatan India, dipersalahkan karena kecelakaan yang menewaskan 158 orang pada Mei 2010.

Hasil investigasi Pemerintah India membuktikan, pilot dari Serbia bernama Zlatko Glusica itu mengalami disorientasi karena tertidur dalam penerbangan selama 3-4 jam, demikian laporan Hindustan Times, Rabu (17/11/2010).seperti dilansir Kompas.

Pejabat Pemerintah India yang tidak mau disebut namanya membenarkan laporan Hindustan Times tersebut. Namun, pejabat tersebut menyatakan, laporan hasil investigasi itu akan diumumkan setelah disampaikan kepada parlemen India.

Tim penyelidikan menyebutkan, pilot Glusica terlambat bereaksi dan tidak mengikuti beberapa standar prosedur operasi saat pendaratan. Sementara, pihak maskapai penerbangan belum memberikan tanggapan soal temuan ini.

Menteri Penerbangan Sipil India Praful Patel mengakui kepada wartawan bahwa kementeriannya memang sudah menerima laporan soal itu pada Selasa (16/11/2010). Katanya, pemerintah akan mengambil tindakan setelah mempelajari laporan itu.

Insiden di Mangalore merupakan kecelakaan pesawat terparah di India sejak November 1996. Saat itu, 349 orang tewas akibat pesawat milik maskapai penerbangan Arab Saudi bertabrakan di udara New Delhi dengan pesawat kargo dari Kazakhtan.

Laporan ini menambah kekhawatiran di seluruh dunia tentang bahaya pilot yang kelelahan bekerja akibat jadwal kerja yang berat.9Saputra)
Selengkapnya...

Anggota DPR RI PKS Berkurban Satu Sapi di Takalar

Takalar, KBN News-Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Takalar menggelar pemotongan hewan kurban, Kamis (17/11/2010). Tahun ini, PKS Takalar memotong tiga ekor sapi dan satu ekor kambing.

Prosesi pemotongan hewan kurban dilakukan di Sekretariat DPD PKS Takalar, Jl Jenderal Sudirman. Menurut Ketua DPD PKS Takalar, Muhammad Aksin Sarso, pelaksanaan kurban ini adalah prosesi tahunan yang rutin digelar oleh pengurus DPD PKS Takalar.

Sapi yang dikurbankan kali ini berasal dari anggota DPR RI Ansi Matta, anggota DPRD Sulsel Samsari Kitta, dan satu lagi dari Fraksi PKS Takalar. Sementara satu ekor kambing berasal dari Hasyim, pengurus DPD PKS Takalar,seperti dilansir Tribun.

Daging hasil sembelihan DPD PKS Takalar selanjutnya dibagikan ke sembilan kecamatan di Takalar melalui DPC PKS di kecamatan.(Burhan)
Selengkapnya...

IWAPI Papua Barat Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang Wasior.

Manokwari KBN News, Dalam peringatan hari raya korban Idul Adha 1431 H , Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Papua Barat rabu 17/11/2010 menyalurkan bantuan sosial terhadap korban banjir bandang Wasior di Manokwari, bantuan sosial itu berupa 1 okor sapi dan pakaian layak pakai untuk meringankan beban korban Banjir Bandang Wasior yang saat ini masih berada di posko penampungan BLK Manokwari, bantuan tesebut di berikan langsung kepada semua korban banjir bandang Wasior yang berada di BLK Manokwari.

Sebelum peringatan hari raya nasional IDUL ADHA 1431 H, (dua hari sesudah terjadi banjir bandang wasior 4/10/2010), IWAPI Provinsi Papua Barat bekerja sama dengan DPP IWAPI telah melakukan bantuan upaya pemulihan mental, memberikan bantuan Supermie, Aqua, pakaian layak pakai bagi Korban Banjir Bandang Wasior.


Ketua Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Papua Barat Deiby Pangemanan mengharapakan kepada Warga Korban banjir bandang wasior di manokwari dengan adanya bentuan 1 okor sapi, pakaian Muslim untuk Wanita dan Pakaian Koko untuk pria serta bantuan makanan tambahan SUSU, kacang hijau bagi anak-anak bisah meringankan beban warga korban banjir bandang wasior dalam memperingati Hari Raya Idul Adha 1431 H di manokwari.


Deiby Pangemanan menjelaskan; Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Papua Barat juga akan akan membuat progaram kerja jangka pendek untuk membantu dalam segi ekonomi bagi Korban banjir bandang Wasior terutama kepada Ibu-Ibu yang punya bakat membuat kerajinan untuk bisah di jual demi kelagsungan hidup mereka ke depan agar bisah lebih baik.


Selanjutnya IWAPI Provinsi Papua Barat juga akan bekerja sama dengan Koperasi dan Perindag untuk melakukan pelatihan kerja bagi Korban Banjir Bandang Wasior dan di sertai bantuan modal untuk mereka bisa menjalankan usaha kerajinan, usaha menjahit dan usaha berjualan makanan” Ujar Deiby Pangemanan.


Saat Tanggap Darurat banjir bandang Wasior di berlakukan, jumblah Pengugsi Wasior mencapai 1257 Orang di tempatkan di BLK Manokwari, hingga kini jumblah pengugsi yang masih bertahan di Posko tempat penampunan BLK Manokwari tersisa 584 Orang.


Sebanyak 673 Orang telah meninggalkan BLK Manokwari, Sabagian Besar sudah kembali ke Makassar. Manado, Kendari, Surabaya, Jakarta dan Medan Serta ada yang ke Biak, Sorong, Serui, Jayapura dan sebagian ada yang tinggal sementara di rumah saudarah dan kerabat terdekat di manokwari serta daerah lainya yang tersebar di Indonesia.


Setelah berahirnya masa tanggap darurat hingga kini masa transisi Warga yang sudah kembali ke Wasior hanya mencapai 71 Orang karena sebagian besar warga engan kembali ke Wasior karena masih trauma jangan sampai kejadian itu terulangi lagi, di samping itu juga perekonomian Wasior ibu kota kabupaten teluk Wandama saat ini lumpuh total, Roda pemerintahan belum berjalan normal dan Hunian sementara bagi warga korban banjir bandang Wasior belum selesai di bangun.


Bencana Banjir Bandang Wasior telah mengorbankan Nyawa 172 Orang meniggal, 164 dinyatakan hilang dan 85 persen infrastruktur Wasior hancur di terjang banjir bandanng 4/10/2010 sehingga membutuhkan dana lebih dari 700 Milart Rupiah maka Banjir Bandang Wasior seharusnya di tetapkan sebagai bencana Nasional, dengan demikian Pemerintah Pemerintah Pusat berkewajiban membiayai Rehabilitasi dan Reskontruksi Pascah Banjir bandang Wasior karena APBD Kabupaten teluk wandama dan APBD Provinsi Papua Barat tak Mampu membiayai Rehabilitasi dan Reskonstruksi Wasior Kabupaten teluk WandamA.


Deiby Pangemanan yang juga sebagai Anggota Komisi D bidang kesejahteraan DPRD Provinsi Papua Barat Papua Barat menambahkan, “Untuk membangun kembali infrastruktur Wasior di perkirakan Membutuhkan Waktu kurang lebih lima hingga sepuluh tahun ke depan”, Deiby Pangemanan Sangat mendukung jika Pemeritah pusat menetapkan Banjir Bandang wasior sebagai bencana nasional karena jika di bandingkan jumblah penduduk Wasior dengan jumblah penduduk di daerah Merapi dan mentawai di perkirakan satu banding 30 Orang “jadi pantaslah jika untuk saat ini Banjir Bandang Wasior bisah di katakan bencana terbesar di indonnesia”, tandas Deiby Pangemanan.


Deiby Pangemanan juga mengatakan, “Aliran dana bantuan Kemanusiaan Bencana Banjir Bandang Waior yang di berikan Dunia Internasionan dan Nasional perlu di lakukan Pengawasan untuk mengantisipasi agar dana Bantuan Kemanusiaan tersebut ke depan tidak menjadi masalah”, “Sebagai Anggota Komisi D bidang kesejahteraan DPRD Provinsi Papua Barat, Deiby Pangemanan akan terus mendorong agar DPRD Papua Barat minggu depan setelah selesai Kunjungan Kerja masing-masing ke daerah Kota/kabupaten Se-Provinsi Papua Barat di harapakn segerah membentuk Pansus untuk melakukan pengawasan terhadap aliran dana bantuan Kemanusiaan Bencana Banjir Bandang Wasior tersebut, ini demi kelancaran tugas kita bersama”, tegas Deiby Pangemanan saat wawancara dengan KBN News. (Franky Pangkey)
Selengkapnya...

Sekali Main, Tante-tante Bayar 400.000

Menulusuri Praktek Gigolo di Kota Surabaya.

Surabaya, KBN News-Kepolisian Pelabuhan Tanjung Perak membongkar praktik prostitusi gigolo atau pria pekerja seks yang melibatkan anak laki-laki di bawah umur.

Seorang germo dan dua anak yang dijadikan pelayan bagi pelanggannya sudah diperiksa penyidik.
Mereka adalah AM (21), warga Semampir, sebagai germo, serta IWG (17) dan RST (18) sebagai gigolo.

"Status AM sudah kami tetapkan sebagai tersangka, sedangkan dua anak yang dijadikan alat untuk memuaskan tamunya sedang kami mintai keterangan," ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Yuda Gustawan, Selasa (16/11/2010).

Kasus ini, kata dia, berbeda dengan kasus prostitusi pada umumnya. Jika biasanya yang menjadi anak buah germo adalah perempuan, maka kali ini anak buah adalah laki-laki.

IWG dan RST dijadikan anak buah tersangka sejak dua bulan lalu. Keduanya terperosok dan terjerumus oleh rayuan tersangka dengan iming-iming hasil menggiurkan.

Kedua anak buah tersebut masih tercatat sebagai siswa kelas XII di salah satu SMA di Surabaya. Mereka dipaksa melayani nafsu seks para pelanggan tersangka, baik yang terdiri dari tante-tante maupun om-om. AKBP Yuda menjelaskan, tersangka AM menjalankan aksinya dengan modal memasang iklan di salah satu koran lokal Surabaya.

Dengan berdalih menawarkan jasa pijat, pria yang memiliki dua nama samaran itu berhasil membujuk dua siswa untuk dijadikan anak buahnya.

"Setelah kedua siswa ini tertarik membaca iklan, mereka mendatangi tersangka. Namun ternyata kedua anak ini malah dibujuk untuk dijadikan gigolo. Untuk meyakinkannya, tersangka memberi penghasilan 50 persen untuk satu pelanggan," papar AKBP Yuda,seperti dilansir Kompas.

Pikiran yang labil membuat kedua siswa tersebut terpancing dan menerima tawaran. Dengan tarif Rp 200.000 hingga Rp 400.000 sekali main, hasilnya dibagi berdua dengan tersangka AM.

Beruntung polisi segera mengetahui adanya praktik melanggar hukum tersebut. Dengan modus berpura-pura sebagai pelanggan, polisi akhirnya berhasil meringkus AM di sebuah tempat di kawasan Jalan Ikan Duyung, Tanjung Perak.

"Untuk meyakinkan tersangka, kami membayarnya mahal, yakni sekitar Rp 800.000. Karena tergiur dengan uang itu, tersangka dapat kami ringkus setelah kami melakukan transaksi," tuturnya. (Irwan)
Selengkapnya...

Masjid Istiqlal Jakarta Sediakan 5000 Kantong Daging Kurban Untuk Kaum Dhuafa

Jakarta,KBN News- 5 Ribu kantong daging kurban akan dibagikan di Masjid Istiqlal Kamis (18/11/2010) besok. Masing-masing berisi sekilo daging, jeroan dan tulangnya. Mekanismenya, warga yang ingin mendapatkan daging harus datang ke Masjid Istiqlal besok setelah Salat Subuh. Setelah mendapatkan kupon, mereka harus mengantre di tempat yang ditentukan untuk mendapatkan daging.

"Tanpa memandang status sosial, kupon akan kami berikan pada siapa pun yang mengantre," ujar Ketua Badan Pelaksana Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Mubarok, Rabu (17/11/2010),seperti dilansir detikcom.

Mubarok menjelaskan hewan-hewan kurban tersebut akan mulai disembelih nanti malam. Diharapkan pada Kamis subuh, daging telah rapi dikemas.

Agar pengantre tidak berjubel, panitia telah menyediakan 5 loket. Setiap jamaah yang telah menerima daging kurban pun tidak bisa mengantre lagi. Panitia pun bekerja sama dengan polisi dan satpol PP untuk pengamanan.

"Jarinya akan dicelupkan ke tinta hitam seperti pemilu," jelas Mubarok.

Hingga siang ini Masjid Istiqlal telah menerima 17 ekor sapi dan 318 ekor kambing. Jumlah ini tidak berbeda jauh dengan tahun kemarin.

"Hanya saja, jumlah sapi yang kami terima lebih sedikit. Mungkin banyak hewan kurban yang langsung disalurkan ke lokasi bencana di Yogya, Wasior, dan Mentawai," tutupnya.(saputra)
Selengkapnya...

Bentrok Antarwarga di Jayapura, Tiga Rumah Dibakar

Jayapura,KBN News - Kerusuhan antarwarga pecah di Jayapura. Tiga rumah warga di Kampung Yoka Kota Jayapura ludes terbakar dilalap si jago merah.

Beruntung, tak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat penyerangan dan pembakaran rumah tersebut. Kerusuhan ini dipicu pembuatan lagu nada dering atau ringtone ponsel oleh masyarakat suku Yoka, yang dinilai menganggu kehormatan dan martabat suku Wamena.

Masyarakat Suku Wamena yang tak terima, langsung melakukan penyerangan pada Rabu (17/11/2010), pukul 09.00 WIT di kampung Yoka. Melihat masyarakat suku Wamena yang beringas, para pemilik rumah langsung lari menyelamatkan diri.

Kejadian ini dibenarkan Kapolresta Jayapura, AKBP. Imam Setiawan saat dikonfirmasi wartawan di Jayapura, usai penyerangan. Saat ini, pelaku pembuat ringtone tersebut sudah diamankan pihak kepolisian.

Sementara para warga suku Wamena yang masih terprovokasi tengah dikumpulkan di depan Museum Expo Wamena Jayapura untuk ditenangkan. “Mereka masih kita tenangkan karena masih terprovokasi,” ujar Kapolres,seperti dilansir detikcom.

Sementara itu, situasi di Museum Expo Waena Jayapura sempat memanas. Aparat kepolisian sempat mengeluarkan rentetan tembakan untuk menenangkan warga Suku Wamena yang marah saat warga lainnya menonton mereka yang sedang diberi pengarahan oleh pihak kepolisian.

Kendati begitu, situasi kembali berangsur-angsur kondusif beberapa menit berikutnya, setelah pihak kepolisian membubarkan masyarakat yang menonton.(Hendro Nur)
Selengkapnya...

Doa Keselamatan Jamaah Haji Indonesia dari Padang Arafah

Liputan Haji 2010

Mekkah, KBN News-Bencana yang beruntun melanda tanah air menjadi perhatian jamaah Indonesia. Doa dari para jamaah Indonesia pun bergema saat wukuf di Padang Arafah kemarin (15/11). Pada puncak haji itu, 221 ribu jamaah Indonesia berdoa bersama bagi keselamatan negeri dari bencana. Doa dipimpin Wakil Amirul Haj Hasyim Muzadi. "Marilah kita secara khusyuk memohon dan berdoa kepada Allah SWT agar negeri kita diselamatkan dari berbagai bencana dan kerusakan-kerusakan yang lain," kata Hasyim dalam khotbah wukufnya di Padang Arafah, Makkah, kemarin.


Hasyim menuturkan, doa yang dikabulkan Allah tidak hanya karena tempat dan waktu di Tanah Suci. Selain itu, dipengaruhi oleh tindakan dan tingkah laku jamaah apakah berjalan selaras dengan doa yang dipanjatkan. "Sebab, Allah tidak akan mengubah atau menghilangkan kenikmatan yang telah diberikan kepada hambanya kecuali hamba itu mengubahnya," tutur Hasyim,seperti dilansir JPNN.

Doa tidak hanya dipanjatkan untuk Indonesia, melainkan juga untuk kaum muslim dan kemanusiaan dunia. Hasyim meminta agar jamaah tidak perlu menyalahkan siapapun terkait bencana yang berturut-turut menimpa Indonesia. Yang terpenting adalah mengetahui penyebab bencana dan instrospeksi.

Wukuf di Arafah merupakan inti haji karena tiada haji tanpa Arafah. Arafah mempunyai makna tempat dan waktu untuk memohon ampun kepada Allah serta berdoa dan munajat. "Tiada tempat dan waktu yang lebih unggul untuk memohon sesuatu kepada Allah serta memohon ampun atas dosa dosa kita pada Allah kecuali di Arafah saat wukuf," jelas Hasyim.

Seperti dilaporkan Media Center Haji (MCH) Kemenag, selesai khotbah, Hasyim mengajak jamaah membaca doa qunut. Jamaah kemudian melakukan salat jamak qosor duhur dan asyar secara berjamaah dengan dipimpin (imam) Muhammad Muqodas. Selanjutnya, dilakukan salat ghaib untuk korban bencana. Pada rakaat kedua masing-masing salat, dibacakan qunut nazilah.

Sementara itu, dalam sambutannya Menteri Agama dan Amirul Haj Suryadharma Ali berharap, sepulang dari ibadah haji nanti, para jamaah semakin meningkatkan solidaritas sosial untuk kesejahteraan bangsa. "Di Tanah Air nanti hendaknya (jamaah) bisa menjadi pioner amar ma" ruf nahi munkar," ujar Suryadharma. Suryadharma berharap, sepulang dari haji, jamaah menjaga kualitas ibadah mereka, serta mendidik dan membina keluarga dengan pendidikan Islam sehingga melahirkan generasi penerus yang berkualitas.
Selengkapnya...

Kendaraan Merayap di Sultan Alauddin Usai Shlat Idul Adha

Sejumlah Kendaraan roda dua maupun roda empat yang melawati jalan Sultan Alauddin Makassar, Jalan Tala ' Salapang harus merayap, hal ini diakibatkan sejumlah warga yang berjalan kaki usai melakukan Shlat idul adha di Kampus Univesitas Muhammadiyah Makassar, Selasa (16/11). (Foto: Andi Ahmad).

Selengkapnya...

PH Tersangka Korupsi Rp 2 Milyar Ajukan Penagguhan Penahanan

Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo, KBN News-Setelah menjalani proses pemeriksaan tahap dua dari penyidikan ketahap penuntutan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Gorontalo, mantan Plt Kadis PU Provinsi Gorontalo, BO alias Boni Ointu, terdakwa tindak pidana korupsi proyek pembangunan jaringan irigasi sistem pompa air tanpa mesin (PATM) milik Pemerintah Provinsi Gorontalo di Kabupaten Gorontalo tahun 2007 yang didakwa merugikan negara senilai Rp 2 Milyar, akan dilimpahkan kepengadilan negeri.

Menurut Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasi Penkum) dan Humas Kajati Gorontalo, Muliyadi Abdullah, BO yang saat ini menjabat Assisten dua Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Gorontalo, terbukti dalam pemeriksaan berperan mengeluarkan tela'an ke staf mengenai tiga hal penyebab disetujuinya proyek tersebut.

"Dalam tela'a disebutkan bahwa PATM itu merupakan alat yang dibutuhkan masyarakat pada saat itu dan waktu pelaksanaanya sangat mendesak serta pemegang hak paten PT Anugrah Nusantara. Selanjutnya diusulkan ke Gubernur Gorontalo yang saat itu dijabat Ir Fadel Muhammad, dan gubernur menyetujuinya, "Jelas Muliyadi Abdulah dalam jumpa pers di kejati Gorontalo, Senin (15/11)

Sementara untuk penahanan tersangka kata Muliyadi, masih menunggu perkembangan. Dia menjelaskan jika informasi dari pihak Kejari bahwa Penasehat Hukum (PH) tersangka mengajukan permohonan penundaan penahanan
Selengkapnya...

KPP Pratama dan Depag Gorontalo Salurkan Hewan Kurban

 Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo, KBN News-Memasuki Hari Raya Idul Adha yang sisa menghitung hari, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gorontalo tidak ketinggalan melaksanakan pemotongan hewan kurban dikawasan kantor KPP Pratama. Jumlah hewan jenis sapi yang direncanakan itu berkisar tujuh ekor yang diperuntukan bagi masyarakat yang berhak menerima.

"Walaupun dengan aktifitas yang padat dan kesibukan kerja yang harus diselesaikan kami harus melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim dengan menyembelih hewan sapi sebagai bentuk pengorbanan dan ini kami berikan ke warga yang berhak, "Kata Djadid ali, SH Kepala KPP Pratama, Senin (15/11)

Dia berharap kedepan rasa berkorban ini dapat dimotivasikan diinteren kantornya. Selain itu kewajiban korban bagi umat muslim merupakan amalan yang dapat menumbuhkan rasa kebersamaan."Dengan berkurban dapat menjadi penyejuk hati dan dengan adanya kegiatan ini dapat menjalin hubungan silaturahim dengan baik, "jelasnya.

Sementara di Kantor Kementerian Departemen Agama Kota Gorontalo, jumlah hewan kurban yang disembelih semakin tahun bertambah jumlahnya. Untuk tahun 2010 hewan kurban sapi berjumlah 14 ekor dan untuk Madrasah Ibtidayah dan Madrsyah Tsanwiyah berjumlah 20 ekor. Menurut Kepala Tata Usaha Depag Kota, penyembelihan ini diharapkan tahun kedepan bertambah lagi sehingga penyaluran ke warga yang berhak menerima semakin bertambah.
Selengkapnya...

Ribuan Warga Shalat Id Adha di Kampus Unismuh, Satu Orang Pingsan

 Laporan: Andi Ahmad- Makassar

Makassar, KBN News-Sekitar 8000 warga memadati Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar melaksanakan Shalat Idul Adha, Selasa (16/11).

Shalat Idul Adha di Kampus Unismuh dimulai pukul 07.00 wita, areal kampus yang seluas 5 Ha tidak mampu menampung warga yang ingin melaksanakan shalat, KH. Djamalauddin Amien dalam saat membawakan Khatib mengharapkan kepada ummat Allah senangtiasa menghayati Kebesaran Allah SWT,

Usai melaksanakan Shalat Id keluarga besar Unismuh langsung memotong hewan Kurban yang berjumlah 2 3kor Sapi, jelas pengurus Muhammadiyah Sulsel, H. Husni Yunus.


Warga Maros Pingsan

H. Hasanuddin ( 68 Th) Warga Perumahan Haji Banca Kabupaten Maros pingsan saat berdesak-desakan memasuki kampus Unismuh sebelum dimulai pelaksanaan Shalat Id dimulai.

" Pak Haji menderita penyakit asma sehingga tidak tahan berdesak-desakan," kata salah satu keluarga H. Hasanuddin yang mendampingi saat masih tergelatak di Masjid Kampus Unismuh,
Selengkapnya...

Ratusan Warga Aksi Demo di Kantor DPRD Jeneponto

LSM : Nilai Kejari dan Polisi Selingkuh

Laporan: Rizal  Nur- Jeneponto

Jeneponto, KBN News-Ratusan massa yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Turatea (ASMARA) dengan membentangkan Spanduk melakukan long mars dari Lapangan Parang Passamaturukan menuju kantor Kejaksaan Negeri dan Polres Jeneponto selanjutnya ke Gedung DPRD Jeneponto Senin, ( 15/11).

Didepan Kantor Kejaksaan Negeri Jeneponto Edwin Sutte dalam orasinya menilai Kejaksaan Negeri Jeneponto bersama Pihak Polres diduga melakukan Perselingkuhan sehingga sejumlah Kasus Korupsi yang dilaporkan oleh LSM pada dua lembaga penegak hukum tidak kunjung tuntas.

Seperti Kasus Dana Penyimpangan dana BOS sebasar Rp 200 juta, Dana DHS tahun anggaran 2006 pengadaan mobil oporasional Kesehatan(Fiktif), sebsar Rp 250 juta, Dana Askes sebasar Rp 640 juta yang diduga dikorupsi secara berjamaah.

Kasus Penyimpangan Beras Rasking, Dana PLS diKecamatan Turatea sbesar Rp 200.juta, dan Dana bantuan Sosial sebesar Rp 920 juta yang sampai saat ini belum jelas prosesnya.

Hal yang sama disampaikan Maskur, bahwa kasus-kasus yang telah lama masuk pada dua lembaga hukum tersebut tidak jelas, bahkan ada upaya oleh oknum-oknum tertentu untuk mengaburkan permasalahan korupsi dibumi Turatea ini.

Pada hal penyimpangan tersebut telah dilaporkan beberapa bulan lalu, Sebagai masyarakat Jeneponto meminta agar dua lembaga penegak hukum di Derah Turatea segera menuntaskan persoalan korupsi kalau tidak pihaknya kembali melakukan demo dengan massa yang lebih besar.

Sebagai tanda matinya penegakan hukum didaerah Turatea tersebut salah seorang pendomo memberikan ayam betina kepada Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jeneponto, Nurdin dan disaksikan sejumlah pegawai dan petugas keamanan.

Delapan perwakilan pendemo yang diterima Kajari jeneponto Tubagus Azis Arief, SH yang menerima para pendomo diruang pertemuan Kejaksaan Negeri jeneponto antara bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya namaun yang menjadi kendala adalah ketika saksi itu dipanggil dengan berbagai alasan sehingga tidak bias memberikan keterangan.

Sebelum mendatangani pernyataan dialog yang tegang dari masing-masing kubuh, akhirnya Kejari Jeneponto Menandatangi surat pernyataan bahwa pihak tidak akan main-main , Bahkan Kejari Tubagus Azis siap dipecat kalau tidak mampu menyelesaikan kasus korupsi yang ada dikabupaten Jeneponto. Namun ada prosedur serta tahapan penyelesaiannya Kata Tubagus

Selanjutnya para Pendemo lonmars ke Polres Jeneponto sebalum diterima Waka Polres , Kordinator Pendomo Edwin suttee kembali berorasi dan menuntut Polisi segera menuntaskan kasaus Korupsi di daerah ini, selanjutnya menuju kantor DPRD Jeneponto dengan tuntuan agar pihak Legislatif memberikan dukungan terhadap apa yang menjadi tuntutan para anggota LSM,
Selengkapnya...

Produk Usaha Lokal Perlu Sentuhan KUR

Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News-Belum maksimalnya perhatian atas peluang pengembangan produk usaha lokal atau produk dalam negeri menurut Ketua Komisi B DPRD Kota Gorontalo, bisa menjadi batu hambatan perkembangan menghadapi era pasar bebas. "Diperlukan perhatian serius untuk membantu pemasaran produk lokal dari semua komponen terkait. Misalnya saja di Pulau Jawa dengan kerjainan batik, Palembang memiliki songket dan di Gorontalo, kerajinan kain kerawang yang perlu diperhatikan, "kata Muhajir Abdullah, Minggu (14/11)

Untuk itu diperluka proses secara bersama oleh pemerintah, usahawan, dan organisasi non pemerintah untuk menciptakan kondisi yang lebih baik untuk pertumbuhan dan pengembangan produk lokal.

“Dengan berkembangnya produk local otomatis dapat meningkatkan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di tingkat lokal. “Jelasnya.

Hal yang sama disampaikan Muchtar Arsjad pemerhati budaya dan produk usaha lokal Gorontalo. Menurutnya, sudah seharusnya industri dalam negeri baik berupa kerjinan tangan dan industri lokal lainya menjadi perhatian serius pihak perbankan. Sebab kendala utama pengembangan produk dalam negeri yakni pemasaran dan modal.

Untuk itu pihak perbankan seharusnya lebih memfokuskan program Kredita Usaha Rakyat (KUR) kesektor usaha lokal. Dengan demikian pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan Koperasi yang telah digagas pemerintah pusat dapat menjadi langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian terbesar rakyat Indonesia. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Kebakaran di Makassar Dua Orang Tewas

Makassar, KBN News-Sebuah kebakaran hebat terjadi di jalan Malengkeri III, Kel. Mangasa, Kec. Tamalate, Makassar, sabtu dini hari (13/11/2010). Kebakaran ini menghanguskan tiga rumah warga dan menyebabkan dua korban tewas, yakni Feby (9 thn) dan Megawati (11 thn).

Abdul Karim, saksi mata yang ditemui detikcom, menyebutkan api diduga pertama kali membakar rumah Daeng Sangkir, sekitar pukul 02.00 Wita dini hari tadi. Kobaran si Jago Merah baru bisa dipadamkan sejam kemudian oleh 12 mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Makassar,seperti dilansir detikcom.

Kedua korban tewas merupakan putri dan keponakan Daeng Sangkir, yang sehari hari berprofesi sebagai Tukang Becak. Keduanya tidak sempat menyelamatkan diri karena masih terlelap saat peristiwa kebakaran terjadi. Selain Sangkir, dua rumah lainnya milik Daeng Jalling dan Daeng Tojeng juga ludes dilalap Si Jago Merah.

Kedua jenazah korban kebakaran ini sempat diotopsi di RS Bhayangkara Polda Sulselbar, jalan Mappaoddang,oleh Tim Forensik Biddokkes Polda Sulselbar. Saat ini kedua jenazah sementara disemayamkan di rumah tetangga Sangkir untuk segera dimakamkan.

Saat ini di sekitar lokasi kejadian, sejumlah polisi dari Polsek Tamalate masih melakukan Olah TKP dan memasang garis polisi untuk kepentingan penyelidikan.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Lagi, Banjir Bandang Hantam Dua Kabupaten di Gorontalo

 Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News-Banjir bandang yang melanda dua kabupaten di Provinsi Gorontalo belum lama ini sempat melumpuhkan aktivitas warga. Tercatat sedikitnya ada delapan rumah hanyut dan dua rumah rusak berat akibat banjir bandang yang melanda lima desa di Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Puluhan warga kehilangan tempat tinggal dan sejumlah infrastruktur seperti jembatan dan tanggul rusak berat.

Sementara di Kabupaten Gorontalo banjir bandang yang melanda kawasan Botumoputi, Kecamatan Tibawa dan Pulubala, menghantam enam rumah warga dan menghanyutkan dua bocah. Informasi yang dihimpun media ini, korban banjir bandang itu saat ini ditampung di barak Makostrad TNI Angkatan Darat. Menyikapi kejadian itu, Syarifudin Mobiliu Ketua Komisi IV DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo Jumat (12/11) melakukan kunjungan kerja (kunker-Red) kedua lokasi bencana itu.


Dalam kunkernya Komisi IV akan berdialog langsung ke warga korban banjir. Selain itu komisi juga akan memberikan bantuan serta memantau langsung kondisi kesehatan warga.

Sementara informasi Humas Deprov Gorontalo Mustakim Harun menyebutkan kunker juga dilakukan Komisi I ke Kabupaten Boalemo dan Pohuwato dalam rangka meninjau perbatasan dua kabupaten.


Untuk Komisi II melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka evaluasi pemasangan baru instalasi listrik di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Boalemo dan Komisi III kunjungan ke Kabupaten Pohuwato meninjau dermaga di Torsiaje, jelas Mustakim Harun. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Bapak Dua Anak Setubuhi ABG 14 Tahun

Laporan: A.Ahmad Effendy

Surabaya, KBN News - Perbuatan yang dilakukan Hendrik Cahyono sungguh tak pantas ditiru. Bapak dua anak yang sehari-hari bekerja sebagai kuli bangunan ini tega memperkosa Intan (14)-bukan nama sebenarnya. Remaja kelas 2 SMP ini disetubuhi oleh pria asal Deket, Lamongan ini di sebuah hotel dan disetubuhi sebanyak 4 kali.


Kami mendapatkan laporan dari orangtua korban. Setelah kita selidiki, tersangka kita tangkap dan dijerat pasal 81 ayat 1 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak," ujar Kanit Reskrim Polsek Sawahan Iptu Oloan Siahaan di mapolsek, Jalan Tidar, Jumat (12/11/2010),seperti dilansir detikcom.

Pelaku dan Intan berkenalan sejak setahun lalu. Perkenalan itu bukan di dekat rumah korban, tapi di tempat bibi korban yang berjualan STMJ di kawasan Rungkut dan Hendrik memang bekerja di kawasan Brebek Industri. Pertemuan keduanya kembali terjadi pada 6 November 2009 lalu, di kawasan Trosobo.

Dari pertemuan itu, niat busuk pelaku muncul. Tersangka mengajak korban berkeliling kota. Korban tak menaruh rasa curiga sama sekali dengan ajakan tersangka.

Usai berkeliling Surabaya dengan mengendarai sepeda motor hingga larut malam, tersangka bukannya membawa korban yang masih bau kencur itu pulang ke rumahnya, malah diajak check in di Hotel Hasma Jaya II di Jalan Pasar Kembang.

"Korban menolak ajakan tersangka, tapi tak berani setelah diancam tersangka tidak diantar pulang," tuturnya.

Di hotel tersebut, korban digagahi sebanyak dua kali. Kemudian, keesokan harinya, Intan dibawa ke Sidoarjo. Tapi, tersangka ternyata masih belum puas. Korban diajak lagi ke Hotel Raja Mulia di dekat Terminal Purabaya dan disetubuhi lagi sebanyak 2 kali. Usai melampiaskan nafsu bejatnya, korban ditinggalkan begitu saja di pinggir jalan di Sidoarjo.

Orangtua korban yang mengetahui anaknya menjadi budak seks tersangka, marah dan melaporkan kejadian yang menimpa korban ke Mapolsek Sawahan. "Tersangka kita tangkap di tempat bekerjanya. Akibat perbuatannya, tersangka dapat dijerat dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun," tandas Oloan.
Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom