Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Warga Miskin di Luwu Masih Capai 31 Persen

 Laporan: Abduh Bakrie Pabe- Palopo

Palopo,KBN News-Semangat perjuangan perlawanan rakyat Luwu 65 tahun silam adalah selain cita-cita memerdekakan diri dari penjajah juga memerdekakan anak cucu dalam pemenuhan kebutuhan sosial ekonomi, kemerdekaan berpeluang yang sama, kemerdekaan menikmati hasil pembangunan.

Demikian diungkapkan oleh Wakil Rektor III Universitas Andi Djemma Palopo saat berbicara pada seminar Internasional kerjasama Universitas Andi Djemma dengan University Of Sidney di Palopo pekan silam.

Kemerdekaan itu yang diinginkan secara utuh oleh pejuang perlawanan rakyat Luwu dan tidak sekedar upacara seremonial yang tentu menghabiskan uang rakyat yang tidak sedikit, ungkap Sakaruddin, yang di dampingi Koordinator Tim Media Centre Malindo, M. Abduh Bakry Pabe.

Saat ini terdapat 31,05 % rakyat Luwu berada dibawah garis kemiskinan atau hamper 180 ribu jiwa yang tersebar di 4 Kabupaten – Kota se Tanah Luwu, urai Sakaruddin. Untuk beras makan keluarga saja susah walau dibantu raskin, susah untuk berobat ke rumah sakit dan susah menyekolahkan anaknya, urai sakaruddin.

Itulah sebabnya di hari jadi 743 Tanah Luwu ini saya memilih turun ke Desa berdialog ikut prihatin dengan rakyat Luwu yang menderita karena banjir sepanjang DAS rongkong di Desa Wara Malangke Barat Lutra dan menelusuri kehidupan petani poros Palopo – Bastem bersama mahasiswa Universty Of Sidney, juga berinteraksi dengan beberapa penghuni gubuk sepanjang poros Palopo – Masamba, mereka menyampaikan kebutuhannya yang sederhana butuh makan yang teratur papar Sakaruddin.

Kemiskinan di Tanah Luwu selain dibutuhkan Bupati – Walikota yang kreatif luar biasa untuk rakyat juga tidak lepas 5 aspek ketertinggalan Tanah Luwu dari pembangunan Sulsel yakni, pertama; Pembangunan pengairan yang minim setidaknya 30 tahun terakhir guna menjadikan Tanah Luwu sebagai sentra beras karena Tanah Luwu memiliki lahan persawahan terluas di Sulsel dengan 15 sungai sebagai potensi air, kedua Jalur akses pasar antar pulau/ eksport di Makassar, melewati kurang lebih 10 pos ekonomi dan sumpritan di jalan yang memeras pengusaha hasil bumi kita, ketiga Volume pembangunan pasar lokal yang minim, seperti terminal hasil pertanian, perkebunan, kehutanan dan kelautan, keempat Akses memperoleh Pendidikan Tinggi ke Makassar tertinggal dilihat dari aspek geografis dan ekonomi walau di Kota Palopo terdapat 14 PTS sebagai solusi, kelima Minimnya peluang Pamong Tanah Luwu untuk jadi Pejabat Provinsi seperti Kadis, karo, lebih – lebih jadi Sekda apalagi Wagub dan Gubernur, akhir Sakaruddin. (Andi Ahmad)

Comments :

0 komentar to “Warga Miskin di Luwu Masih Capai 31 Persen”
 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom