Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Dana UJL Dapat Dikembalikan Kepada Pelanggan PLN

 Terkait Kisruh Kinerja Konsuil di PLN Sultanbatara bagian 1

Laporan : Andi Ahmad/ Asruddin- Makassar

Makassar, KBN News-Sejak berjalannya program Listrik Pra Bayar, dimana calon pelanggan PLN dalam upaya penyambungan baru, terutama calon pelanggan yang berada di kota, supaya cepat mendapat pelayanan sambungan baru, maka pihak PLN menawarkan Pelayanan Program Listrik Pra Bayar dengan menggunakan system Voucher tanpa di bebani lagi dengan Uang Jaminan Langganan (UJL), kecuali Biaya Penyambungan (BP).

UJL adalah uang jaminan pelanggan PLN yang bersifat “titipan”, Disebut sebagai “dana titipan” karena UJL tersebut sewaktu-waktu dapat dikembalikan kepada pelanggan yang bersangkutan ketika berstatus putus langganan.

Nilai administrasi UJL tersebut tergantung pada besarnya permintaan Daya VA oleh pelanggan.

Begitu pula dengan pelanggan yang mendapat penggantian Kwh Meter, dari Kwh meter analog ke sistim voucher, pelanggan tidak lagi dibebani pembayaran UJL oleh PLN melainkan hanya membayar BP sebesar Rp 750/VA.

Namun pertanyaan timbul ketika terjadi penggantian Kwh Meter, maka bagaimana dengan Uang Jaminan Langganan (UJL) yang berstatus “dana titipan” tersebut.

Sampai saat ini belum diperoleh angka pasti jumlah pelanggan PLN di wilayah VIII Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultan Batara) yang mendapat penggantian Kwh Meter, dari Kwh Meter Analog ke Kwh Meter Prabayar, serta jumlah total UJL yang harus dikembalikan ke masyarakat yang berhak mendapatkan kembali “Dana Titipan” UJL tersebut.

Khusus di wilayah Cabang Makassar saja diperkirakan terdapat sekitar 225.000 p (pelanggan) dengan kisaran rincian, Rayon Utara tercatat 62.000 p, Rayon Selatan 83.000 p, Rayon Timur 50.000 p, dan Rayon Barat 30.000 p. dengan besaran UJL dicontohkan sebesar Rp 67.500. Maka secara matematika dihitung 225.000 p dikali Rp 67.500 menghasilkan angka Rp 15.187.500.000.

Jika UJL tersebut plus bunga bank diakumulasi secara keseluruhan dari wilayah Sulsel, Sulbar, dan Sultra sejak dibayarkan oleh pelanggan PLN hingga sekarang, maka jumlah totalnya diperkirakan mencapai ratusan milyar rupiah bahkan mungkin trilyunan.

General Manager PLN Wilayah VIII, Ahmad Siang, yang dikonfirmasi usai menggelar coffe morning dengan sejumlah wartawan dan LSM di warung kopi Phoe Nam pekan lalu mengatakan, dana UJL tersebut bisa dikembalikan ke masyarakat (pelanggan PLN). “Bisa dikembalikan. Hanya saja, apa benar yang akan menerima itu adalah orang yang berhak. Bagi pelanggan yang bermohon penambahan daya, pada saat itu UJL dapat diberikan,” kata Ahmad Siang sembari menambahkan bahwa soal pengembalian UJL itu sementara dipikirkan tata cara dan prosedur pelaksanaannya agar dapat berjalan efektif. (Bersambung......)

Comments :

0 komentar to “Dana UJL Dapat Dikembalikan Kepada Pelanggan PLN”
 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom