Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Usai Shalat ID di Karebosi, JK Dikepung Warga

Mantan Wakil Presiden RI, Muh Jusuf Kalla saat usai mengikuti Shalat ID di Lapangan Karebosi diserbu sejumlah warga yang ingin selamatan.

Bahkan JK sulit untuk bisa keluar dari kepungan warga yang antri ingin bersalaman dan rela jalan kaki sampai didepan sekolah Atirah didampingi Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin untuk melayani seluruh warga tersebut. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Shalat ID di Unismuh Makassar, Khatib Kritik Pemerintah Kota

Makassar, KBN News-Shalat ID Tahun ini sudah dipastikan menjadi dua hari, pada pelaksanaan Shalat Id yang diputuskan oleh Muhammadiyah berlansung hari ini, Tanggal 30 Agustus sedangkan keputusan Pemerintah jatuh pada Tanggal 31 Agustus besok.

Di kampus Unismuh Makassar dimana mantan Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sulsel KH Jamaluddin Amin menjadi khatib dan menjelaskan mengapa Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1432 H pada 30 Agustus dan bukan 31 Agustus.

Penegasan itu disampaikan saat menjadi khatib sekaligus imam salat Idulfitri di Kampus Universitas Muhammadiya Makassar.

"Muhammadiyah meyakini hari ini 1 Syawal didasarkan atas ilmu pengetahuan yang datang dari Allah. Berdasarkan ilmu ini, di Indonesia telah mengakui bahwa setelah matahari tela terbenam, hilal sudah terlihat di atas ufuk. Muhammadiyah menetapkan atas kebenaran dan bukan atas keinginan berbeda," kata Jamaluddin sebelum memulai khutbah yang berjudul Hidup Bertakwa di Bawah Naungan Al Quran.

"Persatuan hanya bisa tegak atas perbedaan. Mudah-mudahan pemimpin di masa depan bisa mempertemukan hisab dan rukyat dengan benar," kata Jamaluddin,

salat Idul Fitri di Kampus Unismuh Makassar dihadiri ribuan warga Muhammadiyah dan warga sekitar.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Kemenag RI : 1 Syawal 1432 H Jatuh 31 Agustus 2011

Jakarta,KBN Newss - Tanggal jatuhnya awal bulan Syawal akan ditetapkan dalam sidah isbat di Kementerian Agama malam ini. Berdasarkan 22 sistem hisab yang digunakan di berbagai negara di dunia, mayoritas menunjukkan 1 Syawal jatuh pada Rabu (31/8) mendatang.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Kemenag Senin (29/8/2011) mengenai hasil yang ditunjukkan 22 sistem menggunakan rumus hisab, kebanyakan dari sistem menunjukkan ketinggian hilal masih jauh dari 2 derajat, angka minimal untuk menandai perbedaan bulan.

Hanya tujuh di antara 22 sistem tersebut yang menunjuk hilal sudah lebih dari dua derajat atau dengan kata lain, hari tanggal 1 Syawal jatuh pada Selasa (30/8). Tujuh sistem tersebut adalah Sulaman-Nayyirain, Fath al-Rauf al-Mannaan, Qawaid al Falakiyah, Ittifau Dzatil Bain, Mathala al-Said dan Astro Info.

Detikcom melansir Pemerintah sendiri baru akan mengumumkan jatuhnya 1 Syawal padal sidang itsbat pada malam ini. Sidang akan dimulai pukul 19.00 WIB dan dipimpin langsung oleh Kemenag.

"Kita kan menggunakan rukyat, bukan hisab. Jadi ditunggu saja hasil sidangnya," tutur Cecep Nurwendaya, Anggota Badan Hisab Rukyat Kemenag dalam presentaasi di depan Menag Suryadharma Ali, di kantornya, komplek lapangan banteng, Jakarta Pusat, Senin (29/8/2011).(Saputra)
Selengkapnya...

KM Windu Karsa Tenggelam, Lima Penumpang Tewas

Ilustrasi Kapal Tenggelam
Kendari, KBN News-Tim gabungan dari SAR Kendari dan ASDP Kolaka Sulawesi Tenggara sedang mengevakuasi 98 penumpang KMP Windu Karsa yang tenggelam di perairan Pulau Lambasina, Kolaka pada Sabtu (27/8/2011) dinihari.

Dari jumlah 98 penumpang yang sementara ini sudah ditemukan, 93 orang dinyatakan selamat dan lima orang ditemukan telah meninggal dunia.

Kepala SAR Kendari, Joni Sitorus, yang dikonfirmasi di Kendari mengatakan, peristiwa tenggelamnya kapal feri yang bertolak dari Bajoe (Sulawesi Selatan) menuju Kolaka (Sulawesi Tenggara) itu terjadi pada Sabtu dinihari sekitar pukul 00.00 Wita.

Mengenai identitasi korban yang meninggal, Joni menyatakan belum dapat diketahui pasti, karena tim SAR dan gabungan dari instansi lain masih melakukan pencarian di sekitar perairan laut atau sekitar 10 mil dari pelabuhan Kolaka.

"Identitas korban yang meninggal dunia, belum diketahu pasti, kecuali penemuan dua korban yang pertama ditemukan tim satu mayat perempuan bernama Haslina (40), warga Kolaka, dan semua korban yang meninggal itu masih berada di RSUD Kolaka," katanya,seperti dilansir Kompas.

KMP Windu Karsa yang merupakan kapal milik grup Kalla Line itu, selain memuat penumpang juga beberapa unit kendaraan roda empat dan dua serta barang kebutuhan pokok lainnya.

Kepala ASDP Kabupaten Kolaka, Supar Sunyoto sebelumnya mengatakan di antara penumpang kapal nahas itu terdapat Wakil Bupati Kolaka Utara, Hj Suharya bersama anaknya. "Kami belum dapat kabar, apakah dari 98 penumpang yang ditemukan itu nama Wakil bupati Kolaka Utara," katanya.

Tim SAR Kendari dibantu beberapa kapal feri Bajaoe-Kolaka hingga kini masih terus melakukan penyisiran di kawasan tempat tenggelamnya kapal KM Windu Karsa. (Tono)
Selengkapnya...

Kendaraan Padat di Tol Cikampek, Jalur Dialihkan

Kendaraan Padat ditol Cikampek (foto: MI)
Cikampek, KBN News-Empat Hari Jelang Lebaran (H-4) Arus Kendaraan Di Cikampek Kamis (25/8) Malam Hingga Jumat Pagi Terlihat Mulai Padat Antrean Kendaraan Mengular Hingga Beberapa Kilometer Di Sekitar Pintu Tol Cikampek

Banyaknya Pemudik Yang Berangkat Tadi Malam Karena Sebagian Besar Perusahaan Sudah Meliburkan Karyawannya Sejak Kemarin.

Lantaran Padatnya Kendaraan Dari Arah Cikampek Menuju Pertigaan Mutiara Petugas Kepolisian Mengalihkan Arus Lalu Lintas Ke Dawuan Sadang Kalijati Dan Subang.

Selain Mobil Pemudik Yang Menggunakan Sepeda Motor Juga Mulai Banyak Terlihat Ribuan Sepeda Motor Memadati Jalur Cikampek. Mereka Menggunakan Jalan Alternatif Sepanjang Kurang Lebih 62 Kilometer Melewati Johar Lemahabang Dan Cikalong. (Saeful R. Sutedjo)
Selengkapnya...

Tol Cikampek Mulai Padat Pemudik

Cikampek, KBN News-Kendaraan Pemudik Dari Jakarta Dan Sekitarnya Mulai Memadati Jalan Tol Cikampek Hingga Selepas Jomin Sejak Semalam Hingga Jumat Pagi (26/8) Kepadatan Kendaraan Mulai Terjadi Sejak Sekitar Kilometer 72 Atau 2 Kilometer Menjelang Pintu Keluar Tol Cikampek

Untuk Mengurangi Kepadatan Di Pintu Keluar Tol Cikopo-Jomin Dan Kalihurip-Dawuan Polisi Mengalihkan Arus Keluar Di Kilometer 66.

Kendaraan Diarahkan Melewati Jalur Tengah Menuju
Sadang-Subang Hingga Cikumarang Pengaturan Arus Itu Tergantung Dari Titik Mana Yang Padat.

Kamis Malam Kepadatan Terjadi Di Jalur Pantura Mulai Pintu Keluar Tol Cikopo Menuju Pamanukan Pegaden Dan Jatibarang Sekitar Pukul 23.30 Wib Pemudik Diarahkan Lewat Sadang.


Pengalihan Arus Tergantung Dari Kondisi Kepadatan Titik Rawan Kepadatan Lalu Lintas Berada Di Nagreg Cikopo Dan Kanci.

Posko Cikopo Menjadi Pusat Kendali Kondisi Lalu Lintas Di Tiga Lokasi Itu Jika Padat Sembilan Gardu Dan Lima Gardu Tandem Di Tol Cikopo Sudah Siap Dibuka Semua. (Saeful R Sutedjo)

Selengkapnya...

KPK Sita Rp 1,5 M dari Pejabat Kemenakertrans

Jakarta, KBN News - KPK menyita uang miliaran rupiah yang dari tangan pejabat Kemenakertrans, DIR. Diduga uang itu sebagai suap terkait pengerjaan proyek.

"Diamankan Rp 1,5 miliar," kata sumber yang enggan disebutkan namanya di KPK, Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis (25/8/2011),seperti dilansir Detikcom.

DIR ditangkap sore tadi di kantornya di Kalibata, Jaksel. DIR merupakan Kabag Program pada Ditjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KT).

"Yang bersangkutan masih diperiksa," imbuh sumber itu.

Juru bicara KPK Johan Budi mengaku masih harus melakukan pengecekan. "Saya cek dulu," kata Johan.(saputra)
Selengkapnya...

Pertamina Region VII Makassar Siap Jaga Persediaan BBM Selama Lebaran


GM, Pertamina VII Makassar, Adi Nugroho (ditengah)
Makassar, KBN News-PT Pertamina (Persero)Fuel Retail Marketing Region VII menyatakan kesiapannya menjaga kecukupan persediaan bahan bakar minyak (BBM) bagi transportasi maupun rumahtangga selama Lebaran.

Total stok BBM jenis Premium mencapai 15.000 kiloliter (Kl), Solar 5000 Kl. Hingga saat ini Pertamina menambah stok sebesar 8000 Kl yang menyusul demikian dikatakan General Manager Fuel Retail Marketing Region VII Makassar, Adi Nugroho kepada wartawan saat jumpa pers di Kantor Pertamina Region VII di Makassar, Rabu (24/8).


Menurut Adi Nugroho mengatakan Bahwa untuk suplai point (Terminal BBM/DPPU) menambah waktu pelayanan dan tetap buka pada hari-hari libur resmi.
Humas Pertamina Region VII, Hj. Rosina Nurdin dan Wartawan
Selain itu dikatakan Adi telah menyiapkan kantung SPBU yang dilengkapi mobil tanki standby untuk mengantisipasi kekosongan BBM. Menyiapkan ketahanan stok di SPBU terutama bagi SPBU Jalinsum untuk dua hari dan menambah penyaluran sebesar 15 persen selama H-10 hingga H+10 Idulfitri.

BUMN ini mengambil langkah-langkah persiapan mengantisipasi jika timbulnya lonjakan pemakaian BBM dan Non BBM agar kebutuhan energi tersebut bagi masyarakat konsumen terpenuhi saat merayakan Idulfitri 1432 H

"Kita berupaya menjaga persediaan BBM bagi masyarakat konsumen", tandas Adi Nugroho, GM Pertamina Fuel Retail Marketing Region VII Makassar menjawab pertanyaan wartawan didampingi Humas Pertamina Region VII, Hj. Rosina Nurdin. (Andi.A.Effendy)

Selengkapnya...

Orang Tua Siswa Keluhkan Pembayaran Buku di SDN PDAM

Makassar, KBN News-Sejumlah orangtua murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres PDAM Jalan Dr Ratulangi mengeluhkan adanya uang pembayaran buku sebesar Rp475 ribu. Padahal, sekolah tersebut menerima subsidi melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Muh Idris Kullu, orangtua murid mengaku tidak mengerti dengan adanya pungutan uang buku di sekolah tersebut. Padahal, kata dia, jelas-jelas ada imbauan pihak pemerintah kota Makassar untuk tidak menerima pungutan apa pun pada penerimaan siswa baru.

"Setiap anak siswa baru diwajibkan membayar uang buku satu paket sebesar Rp475 ribu per anak. Pihak kepala sekolah sendiri yang mewajibkannya dan tidak ada toleransi," kata Idris.

Buku yang diberikan, sambung, yakni terbitan Erlangga yang berjumlah beberapa buah. "Setiap anak harus membayar uang buku. Jadi bagaimana jika ada yang bersekolah di tempat itu lebih dari satu anak. Otomatis sangat memberatkan," tandasnya.

Ketua Komite SDN Inpres PDAM, Andi Akbar Amal yang dikonfirmasi Senin (22/8/2011) tentang adanya dugaan pungutan itu tidak menampik hal tersebut. Menurutnya, pihak komite sudah pernah mengeluhkan adanya pungutan buku kepada sekolah. Namun tidak pernah ada tanggapan dari kepala sekolah.

"Sesuai dengan aturan dari pemkot, sebenarnya tidak boleh ada pungutan lagi. Baik uang buku, baju seragam dan lain-lainnya," katanya.

Uang buku itu sebenarnya sudah ditalangi dari dana BOS yang diberikan kepada masing-masing sekolah. "Kami dari komite sudah memperingatkan, namun tidak ada tanggapann" terang Akbar yang juga PNS di Dinas Pendidikan Kota Makassar. (Erwin/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Amankan Mudik, Polres Purwakarta Kerahkan 921 Personel

Purwakarta,KBN News-Untuk memberikan kenyamanan kepada para pemudik Lebaran 2011 ini yang melintas Kota Purwakarta sebagai lintasan jalur mudik dari arah Jakarta/Barat Pulau Jawa telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif bagi pemudik saat tiba di gerbang tol Cikampek/Cikopo, Purwakarta. Ketiga jalur yang disiapkan itu adalah jalur utara, jalur tengah dan selatan.

Demikian disampaikan Kapolres Purwakarta, Ajun Komisaris Besar Bakhtiar Ujang Purnama kepada wartawan usai melaksanakan apel pasukan pengamanan mudik lebaran "Operasi Ketupat 2011" di Mapolres Purwakarta, Senin (22/8).


Dijelaskan Kapolres Purwakarta, kontrol terhadap mobilitas para pemudik khususnya di jalan tol Jakarta-Cikampek itu berada di Km 66. Jika terjadi kepadatan di jalur utara (Pantura), maka arus kendaraan dari arah Jakarta akan dipecah ke jalur tengah dan selatan.


"Kontrol di Km 66 itu dipegang oleh personel dari Polda Jabar yang membuka pos di gerbang tol Cikampek/Cikopo," katanya.


Menjawab pertanyaan, Kapolres Purwakarta mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi lain di luar Purwakarta khususnya di jalur tengah diperoleh informasi bahwa kondisi jalur tengah aman untuk dilintasi pemudik. Pasalnya pada tahun sebelumnya, kondisi jalur tengah Sadang-Kalijati-Subang-Cikamurang dalam kondisi rusak. "Kini jalan di jalur tengah dalam kondisi baik," katanya.


Menurut dia, sebagai antisipasi adanya pengalihan jalur melalui jalur selatan, jajarannya bersama instansi terkait akan menyiapkan sejumlah rambu-rambu yang akan dipasang di sejumlah titik yang mudah dilihat para pemudik.


Dalam pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 1432 H ini, Polres Purwakarta akan menyiapkan 921 personel termasuk di dalamnya kekuatan pendukung satu peleton anggota Brimob dari Polda Jabar.


Lebih lanjut dikatakannya, Polres Purwakarta akan menyiapkan 36 pos pengaman lebaran termasuk tujuh pos inti yang akan ditempatkan di sekitar Cikopo, tol Sadang, tol Ciganea, Cianting, Rest Area (km 88) dan Jatiluhur.


Dijelaskan Kapolres Purwakarta, bila jalur utara yang selama ini dijadikan primadona para pemudik dari barat menuju timur terjadi kepadatan, maka sebagai antisipasinya akan dialihkan ke jalur selatan dan tengah.


Hal lainnya yang diungkapkan Kapolres Purwakarta adalah bakal digunakannya CCTV di dua tempat di wilayah hukum Polres Purwakarta yaitu di sekitar gerbang tol Cikopo dan Sadang. "Dengan adanya dua kamera itu maka pemantauan arus mudik dan balik dapat langsung termonitor melalui layar," katanya.(Saeful R.Sutedjo)

Selengkapnya...

3842 Polisi Siap Amankan Idul Fitri di Makassar

Kapolda, Irjen Pol. Jhony Wainal Usman dan AKBP Hidayat (foto: UKI)
Makassar, KBN News-Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Irjen Polisi Johny Waenal Usman, menjadi inspektur upacara dalam Apel Siaga di Lapangan Karebosi, Makassar, Senin (22/8/2011).

Pejabat pemerintah yang hadir di antaranya, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang, perwakilan dari Koopsau II, Lantamal VI, serta dari Pemerintah Kota Makassar

Kapolda melakukan inspeksi barisan dengan menggunakan mobil kepolisian yang telah disiapkan dikawal oleh Kasat lantas Polrestabes Makassar,AKBP Hidayat selaku pemimpin upacara

Adapun Jumlah Total Pengamanan yang diturunkan mengamankan menjelang Idul Fitri adalah 3842 orang. dimana dari Polda sebanyak 1000 personel, dan Polrestabes Makassar, 2842 personel, dan adapun kendaraan petugas sebanyak 1526 untuk kendaraan Roda 2. Roda 4 sebanyak 345, dan Roda 6 total 106, jelas Kapolda pada sambutannya. (Uki/ Andi Ahmad)






Selengkapnya...

REI Kerjasama Mempera RI Akan Bangun Rumah Murah

Makassar, KBN News-Ketua DPD REI Sulsel, H. Jamaluddin Jafar mengatakan pelaksanan Musyawarah Daerah (Musda0 REI Sulsel akan dilaksanakan bulan Oktober 2011 di Hotel Clarion Makassar, sebanyak 165 anggota REI didaerah ini siap berpartisipasi dan turut mensukseskan kegiatan ini.


Menurut H.Jamaluddin ada dua anggota REI saat ini yang ingin menjadi kandidat Calon Ketua diantaranya Raymond Affandy dan H, Jamaluddi Jafar, namun semua itu akan dikembalikan kepada semua anggota REI ini siapa yang akan dipilih nanti menjadi pemimpin REI Sulsel kedepan, jelasnya kepada Wartawan saat Jumpa Pers usai Buka Puasa Bersama Pengusaha Andi Idris Manggabarani dengan Anggota REI Makassar di Hotel Smile, Sabtu (20/08).

Sementara itu Wakil Sekjend DPP REI, Raymond Affandy menjelaskan bahwa program REI secara nasional adalah pembangunan rumah murah yang bersubsidi, hal ini merupakan program kerjasama Mempera RI dan REI, ucapnya. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

SD Unggulan Toddopuli Laksanakan Amaliah Ramadhan

Makassar, KBN News-Atas kerjasama orang tua siswa dengan SD Toddopuli Unggulan Kecamatan melakukan Amaliah Ramadhan pada bulan Puasa Tahun ini, sejumlah uang dan bahan makanan seperti beras, dan Mie Instan yang terkumpul dari sumbangan tiap orang tua siswa dari kelas I sampai Kelas VI akan diserahkan kesejumlah Panti Asuhan di Kota Makassar ini.

Menurut H. Bonay Syam adapun Panti Asuhan yang dikunjungi adalah panti asuhan Reski Ilahi di Jalan Todopuli VI dan panti asuhan Hidayatullah di Jalan Baiturahman dan diserahkan masing-masing uang sebanyak Rp.2,8 Juta dan 18 Dos Mie Instan, panti cacat sebanyak Rp. 1 juta, Tukang becak 20 orang dan siswa yang kurang mampu, secara keseluruhan diserahkan hari Sabtu, (19/08)

" Impak dan sumbangan orang tua siswa yang terkumpul semua sebanyak Rp. 10. 340.000 dan ini telah dipakai untuk amaliah ramadhan 1432 H tahun ini," jelas mantan guru teladan di Makassar. (andi ahmad)
Selengkapnya...

Kunker Ramadhan,Hatta Rajasa Kunjungi Waduk Jatiluhur

Purwakarta,KBN News-Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa hari ini mengecek kondisi waduk Jatiluhur di Purwakarta didampingi oleh Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Perikanan, Wakil Menteri Perdagangan.sabtu (20/8)

Hatta mengatakan pemerintah pusat mengecek langsung kondisi Waduk Jatiluhur, karena bendungan itu memiliki arti strategis. Banyak yang tergantung terhadap waduk itu seperti untuk irigasi sawah, pembngkit listri tenaga air, pengendali banjir, air baku, air minum, dan menjadi kehidupan masyarakat untuk berbudidaya ikan.

“Kunjungan kerja safari Ramadhan, melihat langsung ke daerah seluruh program yang dilaksanakan pemerintah. Apa saja yang menjadi kendala di lapangan sebagai bahan evaluasi dan mengeluarkan instrumen kebijakan,” ujarnya saat kunjungan kerja safari Ramadhan, hari ini.

Waduk Jatiluhur dengan luas 8.300 hektare itu diisi air 3 miliar m3 dan diisi oleh keramba jaring apung (KJA).

Dalam kesempatan itu, pemerintah memberikan bantuan 20.000 ekor ikan nila kepada 4 kelompok pembudidaya dan 3 paket pengembangn usaha pembudidaya ikan sebesar Rp150 juta dalam bentuk benih, pakan, wadah, dan lainnya. Ditjen Ikan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menebar ikan sebanyak 6 juta ekor di Waduk Jatiluhur.(Saeful R Sutedjo)

Selengkapnya...

Pertamina Jamin Stok BBM Aman Jelang Idul Fitri

Jakarta, KBN News- Pertamina menyatakan persedian stok BBM menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, secara nasional dalam kondisi aman.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara PT Pertamina Persero, Mochamad Harun, dalam jumpa pers di Bumbu Desa, Cikini Jakarta Pusat, baru baru ini.

Menurut Harun, stok BBM per 27 Juli mencapai 1.258 ribu Kiloliter premium untuk 17 hari, 1.513 ribu kiloliter solar untuk 19 hari, dan 473,5 kiloliter minyak tanah untuk 17 hari.

“Permintaan premium rata-rata baru meningkat mendekati idul fitri, sementara solar menurun mendekati idul fitri. Untuk itu, sejak H-10 sampai H+10 Pertamina akan meningkatkan stok premium sampai dengan 1.282 ribu kl untuk 18 hari. Sementara solar akan tetap terjaga pada 1.315 - 1345 ribu kiloliter untuk 18 hari,” ungkap dia.

Sementara untuk ketersedian stok Pertamax dan Pertamax plus saat ini berada pada level 108.097 kl atau cukup untuk konsumsi 70 hari dan Pertamax plus 29.133 Kilo liter atau cukup untuk konsumsi 103 hari.

Adapun konsumsi LPG rumah tangga di bulan Ramadhan mulai H-10 hingga H+10 hari raya diperkirakan mengalami kenaikan rata-rata sebesar 10 persen dibandingkan konsumsi sebelum ramadhan. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, menurutnya, saat ini stok LPG nasional berjumlah 14.118 MT atau cukup untuk 13 hari konsumsi.

Pertamina juga bekerjasama dengan pengelola atau pemilik SPBU agar tidak terjadi kekurangan di lapangan, pengelola diminta untuk menjaga ketahanan stok di SPBU masing-masing minimal dua hari, “Apabila pengelola/pemilik tidak menjalankan tanggungjawab tersebut maka Pertamina akan mengambil alih pengelolaan SPBU tersebut.”

Demikian juga bila ditemukan SPBU nakal, maka Pertamina akan menghentikan penjualan BBM bersubsidi di SPBU tersebut dan hanya menjual BBM non subsidi, tandas dia. (Saputra)
Selengkapnya...

2011, PT.Inco Raih Laba Sebesar 126,3 juta Dollar

Jakarta, KBN News-PT International Nickel Indonesia Tbk secara resmi mengumumkan laba bersih pertahun 2011 ini. PTI mencatat laba bersih sebesar AS$126,3 juta pada 2Q11 (AS$0,013 per saham), naik jika dibandingkan dengan laba yang diperoleh pada triwulan pertama tahun 2011 (“1Q11") sebesar AS$111,8 juta (AS$0,011 per saham).

Total laba bersih untuk periode enam bulan yang berakhir pada 30 Juni 2011 sebesar AS$238,1 juta 9% lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama pada 2010 pada saat PTI mencatat sebesar AS$218,8 juta. Total laba sebelum bunga, pajak, penyusutan dan amortisasi (“EBITDA”) pada 2Q11 sebesar AS$193,9 juta, dibandingkan dengan 1Q11 sebesar AS$172,7 juta. EBITDA selama periode enam bulan yang berakhir pada 30 Juni 2011 sebesar AS$366,6 juta 9% lebih tinggi dibandingkan dengan AS$336,2 juta pada periode yang sama tahun 2010. Meningkatnya laba bersih dan EBITDA pada 2Q11 dibandingkan dengan 1Q11 didorong terutama oleh meningkatnya penjualan akibat meningkatnya produksi, yang sebagian diimbangi oleh harga realisasi rata-rata yang lebih rendah, demikian dikatakan Fabio Bechara, Director and Chief Financial Officer PT. Inco Tbk, dalam press realease kepada KBN News.

Perseroan mencatat harga realisasi rata-rata nikel dalam matte sebesar AS$19.895 per metrik ton selama 2Q11, dibandingkan dengan 1Q11 sebesar AS$20.246 per metrik ton. Pendapatan dari hasil penjualan adalah sebesar AS$393,0 juta untuk periode tiga bulan yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2011, naik jika dibandingkan dengan 1Q11 sebesar AS$322,4 juta. Hal ini terutama disebabkan oleh meningkatnya penjualan nikel dalam matte. Pada 2Q11 total penjualan adalah sebanyak 19.438 metrik ton dibandingkan dengan 1Q11 sebanyak 15.689 metrik ton. Produksi nikel dalam matte pada 2Q11 sebesar 18.598 metrik ton, naik 13% jika dibandingkan dengan 1Q11 sebesar 16.502 metrik ton. Meningkatnya produksi nikel terutama disebabkan oleh lebih tingginya throughput kalsin pada 2Q11 dibandingkan dengan 1Q11, karena terjadinya gempa dan badai petir yang melanda Sorowako pada 1Q11. Sebagai akibat dari gempa dan badai petir tersebut, sambungan listrik dan beberapa fasilitas menjadi rusak dan menyebabkan penghentian produksi sementara. Semua prosedur telah dilakukan untuk menjamin pengoperasian kembali dengan tepat dan aman. Hal ini telah terlihat dari produksi pada 2Q11.

Total harga pokok penjualan Perseroan pada 2Q11 meningkat menjadi AS$212,4 juta dari AS$155,3 juta pada 1Q11, terutama diakibatkan oleh meningkatnya produksi dan penjualan nikel dalam matte. Harga pokok penjualan per metrik ton pada 2Q11 naik sebesar 10% dibandingkan dengan 1Q11, terutama disebabkan oleh meningkatnya biaya diesel dan bahan bakar, biaya tenaga kerja dan biaya layanan dan kontrak untuk aktivitas tambahan di Pabrik Pengolahan dan fasilitas Hidroelektrik terkait dengan gempa pada 1Q11

Pada 2Q11, saldo kas Perseroan lebih rendah sebesar AS$99,5 juta dibandingakan dengan 1Q11. Hal ini terutama disebabkan oleh pembayaran dividen sebesar AS$144,9 juta dan pembayaran aset tetap sebesar AS$52,3 juta, yang sebagian diimbangi oleh pemasukan kas dari aktivitas operasi sebesar AS$97,7 juta.

Proyek pembangkit listrik tenaga air Karebbe telah berada dalam tahap penyelesaian dan diperkirakan akan beroperasi pada triwulan ketiga 2011, sesuai rencana. Secara keseluruhan, proyek tersebut telah selesai sekitar 99% pada akhir 2Q11, berjalan sesuai rencana dan anggaran. Proyek ini akan memproduksi cukup energi hidroelektrik untuk menggantikan bahan bakar dan diesel yang ada untuk memasok tanur-tanur listrik di fasilitas Sorowako serta akan mengurangi biaya energi PTI dengan cara yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Lebih dari itu, proyek ini akan
memungkinkan pertumbuhan produksi PTI pada kompleks industri yang terintegrasi di Sorowako dan Bahodopi.

Perseroan berencana menganggarkan AS$232 juta untuk pengeluaran modal pada 2011. Investasi PTI sesuai dengan strategi pertumbuhan PTI yang kuat untuk tahun-tahun berikutnya. Tujuan Perseroan adalah untuk mencapai produksi tahunan sebesar 90.000 metrik ton pada tahun 2015.

Beberapa inisiatif untuk mencapai tujuan ini antara lain proyek Bahodopi; proyek CEPAT (Cara Eksplorasi dan Penambangan Agresif Terbaik); proyek Optimisasi Produksi fase 1 yang mana termasuk pembangunan kembali dan pemutakhiran salah satu dari tanur elektrik PTI; dan Operational and Maintenance Improvement Program (OMIP).

PTI sedang dalam proses penyelesaian kajian kelayakan dan keteknikan untuk mencapai produksi sebesar 120.000 metrik ton dalam beberapa tahun kedepan, berdasarkan konstruksi lini pengolahan tambahan di Sorowako dan fasilitas produksi baru di Bahodopi. Tambahan kapasitas energi dari Karebbe dikombinasikan dengan peningkatan fasilitas energi yang ada saat ini akan memungkinkan untuk mencapai tingkat produksi 120.000 metrik ton. Rencana pertumbuhan ini menggambarkan masa depan baru baik bagi Perseroan dan seluruh pemangku kepentingan Perseroan, termasuk diantaranya para pemegang saham, klien, pemasok, karyawan, masyarakat setempat, semua tingkatan pemerintah dan masyarakat Indonesia. (Saputra)
Selengkapnya...

Sidang Ricuh, Ratusan Buruh Aksi Demo di Pengadilan Purwakarta

Purwakarta, KBN News-Ratusan masa buruh yang tergabung dalam serikat federasi pekerja metal indonesia (fspmi) purwakarta,jawa barat ,melampiaskan kekesalanya dengan cara bakar ban di depan kantor pengadilan negeri setempat.Selasa (16/8)

Para buruh juga sempat berteriak tegang usai menghadiri sidang lanjutan penanganan kasus logo burung garuda/mereka meluapkan kekecewaanya terhadap hakim yang menangani perkara kasus logo burung garuda yang di nilai tidak adil.



Di luar sidang massa yang datang dengan memakai kendaraaan roda dua sempat menggelar demo dan orasi dengan membawa spanduk pada saat sidang sidang di gelar.



Beruntung kantor pengadilan di jaga ketat ratusan petugas kepolisian purwakarta/sehingga aksi bakar ban bisa di atasi petugas.

Dalam orasinya pengunjuk rasa mengemukakan bahwa aparat hukum berlaku diskriminatif dalam menangani kasus-kasus hokum.

Massa mencontohkan kasus-kasus dugaan korupsi yang merugikan negara miliaran rupiah berlarut-larut, atau bahkan terhenti penanganannya.

Sementara stempel garuda,yang sebenarnya menjadi bentuk kebanggaan buruh akan lambang negaranya, diproses segera.

Massa buruh datang di pengadilan semata mata untuk solidaritas rekanya yang sedang menjalani persidangan yakni eko santoso dan erwin agustian, dilaporkan irham bin muhyi ke penegak hokum.

Dua buruh ini di sidangkan terkait membuat stempel berlogo burung garuda, keduanya dinilai melanggar undang-undang nomor 24 tahun 2009 tentang bendera/bahasa, dan lambang Negara.

Sedangkan sidang pembacaan tuntutan kedua buruh ini batal di gelar,karena di warnai unujk rasa buruh massa buruh yang puas menyampaikan aspirasinya segera membubarkan diri dengan kawalan petugas kepolsian.(Saeful R Sutedjo)
Selengkapnya...

Polisi Panik, Kebakaran di Belakang Makopolres Purwakarta

 Purwakarta,KBN News-Jelang berbuka puasa ,kapolres dan seluruh petugas kepolisian purwakarta di buat panic,pasalanya api yang membumbung tinggi ke angkasa ini membakar tumpukan ban di semak belukar belakang markas polres purwakarta yang jaraknya sangat berdekatan ,sehingga menimbulkan koobaran api yang sangat hebat.

Asap api yang terlihat hitam pekat ini juga membuat warga purwakarta terutama penghuni asrama polisi dan warga setempat berlarian ingin mengetahui kejadian tersebut.

Meski anggota polisi yang berusaha dengan alat seadanya tidak membuat sijago merah yang telah merembet tumpukan ban dan belukar kering tidak membuat padam,api malah semakin besar kobaranya.


Beruntung sekitar tiga puluh menit kemudian mobil pemandam kebakaran datang ke lokasi kejadian,sehingga api yang begitu dahsyat satu jam bisa di pandamkan.


Menurut kapolres purwakarta akpb bahtiar ujang purnama yang kala itu ada di tempat kejadian/ bahwa kebakaran di belakang mako polres tersebut berasal dari sampah yang dibakar salah seorang warga yang berada di belakang makopolres setempat.


Sedangkan dari kejadian kebakaran tidak ada kerugian maupun korban,hanya saja akibat kejadian ini petugas sempat di buat panik dan arus laululintas sempat macet di depan makopolres selama beberapa jam.(Saeful R Sutedjo)
Selengkapnya...

92 Narapidana Dapat Remisi Bebas di Sulsel

 Dalam Rangka HUT RI Ke 66

Makassar, KBN News- Pada Upacara pemberian remisi kepada warga binaan permasyarakatan dalam rangka peringatan HUT Proklamasi RI ke 66 di Lembaga Pemasyarakatan Kls I Makassar, Rabu (17/8). Gubernur Sulsel didampingi sejumlah Muspida Provinsi Sulsel memberikan secara simbolis kepada 9 Orang Narapidana yang mewakili dari 2042 orang yang dapat remisi seluruh warga binaan pemasyarakatan se Provinsi Sulsel.

Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya mengatakan bahwa pada tahun ini merupakan kebahagian tersendiri buat kami seluruh jajaran Pemerintah Sulsel karena sangat lengkap pejabat yang bersama-sama saya di Lapas ini, bahkan seluruh Muspida Provinsi Sulsel hadir semua, katanya.

Sementara itu Kepala Kanwil Dephumham RI,Ririm Djati Perbawani menjelaskan bahwa dari jumlah keseluruhan Narapidana di seluruh Sulsel adalah 4800 orang, dimana Narapidana Pria sebanyak 2522, Narapidana Wanita sebanyak 144 orang, tahanan pria sebanyak 1972 orang, dan tahanan wanita sebanyak 162 orang, jelasnya.

Ririm Djati juga menambahkan dari 2042 orang yang dapat remisi mulai dari satu sampai delapan bulan, bahkan yang mendapat remisi bebas berjumlah 92 orang se Sulsel dan khusus Narapidana di Lapas Kls I Makassar hanya 22 Orang, ucapnya. (Iwan/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

HUT Proklamasi Ke 66 di Gubernuran Muspida Sulsel Hadir Semua

Makassar, KBN News-Gubernur Sulawesi Selatan, H. Syahrul Yasin Limpo menjadi Inspektur Upacara Pengibaran Bendera Sang Merah Putih di Gubernuran, yang sebelumnya dikabarkan tidak akan hadir pada Upacara HUT Proklamasi RI ke 66 di Gubernuran karena mengikuti Upacara yang sama di Istana Negara.

Sejumlah Muspida Provinsi Sulsel lengkap yang hadir, yakni Pangdam VII Wirabuana, Kapolda Sulsel, Danlantamal Makassar, Kajati Sulsel, Pangkopsau dan Ketua DPRD Sulsel, dan acara berlangsung dengan hikmah yang dimulai pada pukul 10.00 wita.( Iwan/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Tony Wenas Mengundurkan Diri Dari Presdir PT. Inco

Jakarta, KBN News-PT International Nickel Indonesia Tbk. mengumumkan, Tony Wenas, telah mengajukan pengunduran dirinya sebagai Presiden Direktur perusahaan itu sejak Jumat (12/8/2011) lalu. Alasan pengunduran diri adalah alasan pribadi dan keluarga.

Tony Wenas telah mengajukan pengunduran dirinya sebagai
Presiden Direktur perusahaan karena alasan pribadi dan keluarga. Keputusan Tony Wenas telah disampaikan kepada karyawan perusahaan. Untuk memastikan kelancaran peralihan jabatan, sudah terdapat calon pengganti yang akan diusulkan kepada para pemegang saham perusahaan untuk diangkat pada rapat umum pemegang saham yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan September 2011. Tony Wenas akan tetap membantu perusahaan setelah pengunduran dirinya, demikian dikatakan Fabio Bechara, Director and Chief Financial Officer seperti dilansir pada siaran press PT. Inco, TBk.

Fabio Bechara mengungkapkan bahwa perusahaan kembali menekankan komitmennya yang kuat untuk melaksanakan inisiatifinisiatif dan rencana pertumbuhan yang ada untuk mencapai produksi tahunan sebesar 120.000 metrik ton dalam waktu dekat. Rencana-rencana tersebut merupakan bagian dari strategi komprehensif yang diyakini oleh perusahaan mampu menghasilkan keuntungan yang berarti bagi para pemegang saham, meningkatkan pembangunan sosial dan ekonomi dari masyarakat di mana perusahaan beroperasi serta memberikan penghasilan tambahan bagi seluruh masyarakat Indonesia. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Kasat Lantas Terus Pantau Tempat Balapan Liar di Makassar Selama Ramadhan

Makassar, KBN News-Sebanyak delapan pemuda ditangkap aparat Satlantas Polrestabes Makassar, karena kedapatan melakukan judi pada ajang balap liar di Jalan Veteran Selatan, Selasa (16/8/2011) dini hari. Saat ini, kedelapan tersangka sudah diserahkan ke unit reskrim untuk penanganan lebih lanjut.

Penangkapan para pelaku judi merupakan hasil pengembangan dan penyelidikan dari tim yang dibentuk Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP M Hidayat. Tim ini melakukan pemantauan di sejumlah tempat yang kerap menjadi lokasi balapan liar.

Saat melakukan pemantauan, polisi menemukan aksi balap liar yang disertai dengan judi. Mereka yang melakukan judi dengan cara taruhan balapan pun langsung dibekuk.

Delapan orang berhasil diamankan berikut barang bukti yang digunakan. Yakni , uang Rp 1.550.000, enam buah ponsel, empat buah sepeda motor.

"Tersangka dan barang bukti sudah kami serahkan ke unit reskrim Polrestabes Makassar. Mereka nanti yang akan mengembangkan dan menindaklanjuti proses hukumnya," ujar Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP M Hidayat, Selasa (16/8/2011) pagi. (Sukri/Andi Ahmad))
Selengkapnya...

SD Unggulan Toddopuli Pacu Kualitas Menuju Prestasi Tingkat Nasional

Makassar, KBN News-Berbicara tentang mutu sekolah yang diharapkan, tentulah kita akan menginginkan sesuatu yang ideal. Ideal maksudnya memenuhi standar yang sesuai dengan kebutuhan minimal sekolah yang dikategorikan bermutu.

Selanjutnya Menurut Kepala Sekolah SDN Unggulan Toddopuli, H. Bonay Syam nantinya SDN Unggulan Toddopuli Kecamatan Panakkukang diharapkan mempunyai tenaga-tenaga pendidik yang memiliki kualifikasi dan sudah disertifikasi serta memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesionalitas dan sosial. yang tidak sekedar mengajar akan tetapi juga mempunyai motivasi tinggi terhadap peningkatan mutu sekolah, katanya.


Hal itu juga dikatakan Bonay Syam Program pengembangan kurikulum yang merupakan salah satu aspek penting dalam proses pendidikan di SDN Unggulan di harapkan secepatnya dapat memberikan pedoman dan arahan yang jelas bagi pelaksanaan di lapangan. Adanya titik temu antara dikotomi sentralistik dan desentralistik tentang kurikulum pendidikan Dengan demikian sekolah sebagai lembaga pelaksana kurikulum pendidikan tidak dibuat kebingungan terhadap perubahan kurikulum tersebut

"Adapun partisipasi masyarakat terhadap keterbatasan dana pendidikan di SDN Unggulan dapat terpenuhi. Hal ini tentunya ada hubungan baik antara pihak sekolah dengan masyarakat khususnya para orang tua murid sebagai pengguna jasa pendidikan " tandas Bonay Syam di Makassar, Selasa (16/8).

H. Bonay Syam menambahkan bahwa sejumlah program yang akan dilaksanakan disekolah ini guna menunjang proses belajar mengajar dan peningkatan mutu sekolah yakni dari segi prasarana yakni pembuatan terali besi untuk pengamanan, kanofi, pemasangan LCD tiap kelas, pembuatan Laboratorium Komputer, dan selebihnya adalah segi peningkatan kualitas pembelajaran bagi siswa dengan adanya program pembelajaran elektronik dan peningkatan mutu untuk siswa yang berprestasi pada tingkat nasional. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Kabupaten Purwakarta Dianugerahi “Champion to Safe Mother Hood”



 Terkait Turunnya Angka Kematian Ibu  Sampai O,1 Persen

Purwakarta, KBN News-Kegiatan Gempungan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta – Jawa Barat (Jabar) dua kali dalam satu pekan yang berdampak terhadap menurunnya angka kematian ibu akibat melahirkan hingga mencapai 0,1 persen per 100 ribu kematian, membuahkan penghargaan Champion To Safe Motheor Hood dari Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) Pusat.

“Penghargaan ini diberikan karena pemda Purwakarta sangat peduli terhada upaya menurunkan angka kematian ibu akibat melahirkan,” ujar dr Sunitri Luh Putu Ketua Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) Pusat pada saat menyerahkan penghargaan kepada bupati Purwakarta bertempat di Aula Wikara II, Selasa (9/8).

Menurut Sunitri, program Gempungan yang dilaksanakan pemkab Purwakarta cukup berpengaruh terhadap penurunan angka kematian ibu akibat melahirkan. Bahkan tidak hanya itu saja, Gempungan juga cukup membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayan baik kesehatan, kependudukan maupun pelayanan lainnya secara gratis.

Gempungan yang digiatkan di pedesaan di wilayah Kabupaten Purwakarta ini, lanjut Sunitri Luh Putu, perlu dijadikan contoh untuk kabupaten lainnya. Sebab, sistem pelayanan yang dilakukan bukannya masyarakat dating ke kantor atau dinas untuk mendapatkan pelayanan justru sebaliknya dinas yang dating kepada masyarakat memberikan pelayanan.

Sementara Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi yang hadir pada pemberian penghargaan ini menyatakan, sebelumnya tidak pernah terpikir jika program Gempungan yang dilaksanakan di Purwakarta akan mampu secara signifikan menurunkan angka kematian ibu akibat melahirkan yang sampai saat ini mencapai 0,1 persen atau per 100 ribu kematian.

Kegiatan Gempungan, sambung Dedi Mulyadi, sebelumnya hanya untuk sekedar upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung dan tidak memberatkan masyarakat. Namun disadari atau tidak, program Gempungan juga berdampak terhadap peningkatan pelayanan lainnya yang diselenggarakan organisasi perangkat daerah (OPD).

Yang sangat menggembirakan, kata Bupati Dedi, Gempungan ternyata menarik perhatian Aliansi Pita Putih tingkat Insternasional yang berpusat di London karena Purwakarta dinilai berhasil menurunkan angka kematian ibu akibat melahirkan. “Penghargaan ini sebagai tanggung jawab moral agar angka kematian ibu akibat melahirkan bisa di nol-kan,” tegas Dedi Mulyadi.(Saeful R Sutedjo)
Selengkapnya...

KUR di Gorontalo Menjadi Beban UMKM

Gorontalo, KBN News-Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo Muhajir Abdullah menilai program Kredit Usaha Rakyat yang sudah digulirkan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kini hanya menjadi beban pelaku usaha kecil menengah. Di Kota Gorontalo, belakangan keberadaan KUR dianggap menjadi tidak efesien dalam mengatasi persoalan bantuan dana usaha kecil. Tingginya suku bunga pertahun berkisar 22 persen dan persyaratan anggunan yang sebelumnya tidak dibebani menjadi momok menakutkan. Padahal kata Muhajir jika dibandingkan dengan suku bunga perkreditan lainya hanya berkisar 13 sampai 14 persen.

" Ironis memang ketika fasilitas perkreditan lainya yang rata-rata untuk pengusaha besar berkisar 13 sampai 14 persen pertahun, sementara suku bunga KUR menjadi beban pelaku usaha.Karen itu jangan heran jika KUR di Gorontalo menjadi beban pengusaha kecil, "Kata Muhajir.Selasa (9/8)


Menurutnya, suku bunga KUR di Gorontalo jika dibandingkan daerah Sumatera sangat berbedah jauh. "Daerah tersebut justru dapat memberikan fasilitas kredit kepada usaha mikro dengan bunga terbilang rendah yakni 6 persen, " jelas Muhajir.

Sebelumnya, pihak Komisi B sudah melakukan pertemuan bersama pihak perbankan. Dalam pertemuan itu dibicarakan persoalan penanganan penyaluran KUR. "Pihak Bank Indonesia Cabang Gorontalo mengakui jika realisasi penyaluran KUR baru berkisar Rp50 miliar. Ini disebabkan masih banyaknya kendala yang dialami pihak BI," kata Muhajir Abdullah, Jumat (24/06).

Kendala lainya kata Muhajir, kelengkapan adminstrasi dan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) dibank penyalur. "Misalnya, waktu pengurusan yang seharusnya bisa lima hari kini tertunda menjadi 3-4 bulan dan ini menurut pihak perbankan disebabkan keterbatasan personil," jelasnya.

Parahnya lagi menurut Muhajir, penyaluran KUR masih terfokus pada satu bank. Padahal bank-bank penyalur jumlahnya cukup banyak. "Penyalurannya lebih terkonsentrasi ke BRI. Bayangkan ada berkisar 2.000 pengusul KUR yang harus ditangani BRI. Karena itu saya menyarankan agar penyaluran KUR ini perlu merata ke bank-bank lainya, dan harapan saya pihak BI bisa mere-sponnya. (Nur)
Selengkapnya...

XL Isme Ampung Murahnya , Ampuh Berkahnya



Makassar, KBN News-Dalam ceramah Uztazd sebelum buka puasa, pola perilaku kehidupan Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah diakui dunia sebagai manusia yang sehat didunia, karena beliau dalam kehidupan sehari-harinya mengunakan prinsip hidup yang serba kurang, yakni kurang makan dan kurang tidur, maka hal ini semestinya juga perlu dilakukan oleh ummat saat ini dengan perilaku hidup jangan boros.

Maka dalam prinsip hidup Nabi ini, menjadi bukti nyata saat ini program XL Isme yang sangat ampuh dengan pulsa murahnya dalam melaksanakan aktifitas dalam dunia maya.
Salah satu perwakilan dari Siswa SMA di Makassar yang hadir pada peluncuran XL Is me ini mengatakan hal inilah yang perlu dilakukan saat ini jangan terlalu berboros dalam melakukan segala-galanya terutama dalam pemakaian pulsa saat melakukan chating di dunia maya dan XL Isme menjadi jawabanya, jelasnya.

XL Isme akan mengakomodasi kebutuhan gaya hidup anak muda atau berjiwa muda dengan mengeluarkan produk atau paket layanan data berkecepatan tinggi dengan tarif murah. Tarif murah tersebut tentunya dapat digunakan untuk mengakses social networking kesukaannya. Seperti upload foto hingga browsing.Bagi pengguna XL yang ingin menjadi bagian dari XL Isme dapat mengikuti twitter @XLisme dan alamat facebook di XLisme Makassar.

Program ini menjadi istimewa sebab hanya ada di Kota Makassar. Pemilihan Makassar menjadi satu satunya sebab pengguna XL mencapai 15 persen. Angka ini termasuk yang terbesar dan tertinggi di kota kota besar di Indonesia. Di akun XLisme akan tersedia informasi terkini mengenai gadget, life style, mobile data servis, event hingga kuis menarik.

General Manager XL Sulam Papua, Awaluddin mengakui bahwa XLisme sebenarnya sebuah ungkapan mempresentasekan jiwa kawula muda Makassar yang mengikuti life style. Uniknya di Makassar, gadget dijadikan bagian dari gaya hidup tapi tidak mesti mahal. XL melihat itu, dimana gadget menjadi gaya hidup saat ini untuk mengupdate status di facebook atau twitter, ucapnya, saat jumpa pers di foodcourt Woodsy Gab, Jl Urip Sumoharjo, Selasa (9/8/2011).

Akun XLisme juga dibarengi dengan peluncuran program internet unlimited termurah. Program ini dapat langsung mengakses internet hingga social networking dengan tarif internet unlimited Rp 2500/hari. Hingga paket internet unlimited per bulan hanya Rp 49 ribu. Untuk dapat menggunakan paket tersebut pelanggan cukup mendaftar ke *123*400# kemudian mengisi APN menjadi xlunlimited dengan user name dan password dikosongkan. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Mantan Anggota KPUD TTU Jadi DPO Kepolisian

Kapolres TTU, AKBP. Adi Wibowo
Kefamenamu, KBN News-Mantan anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Vinsensius Sintu Lopes yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pencurian sejumlah perhiasan milik Rosa Tameon Anoit, 42 tahun, warga Kiupasan Kecamatan Insana Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), NTT pada tahun 2010 lalu, berhasil melarikan diri ke Negara Timor Leste, setelah hanya dikenai tahan luar oleh Polres TTU.

Saat ini kepolisian Resort TTU telah berupaya saling koordinasi dengan pihak Polda NTT dan Mabes Polri untuk memulangkan tersangka, dan statusnya sekarang sudah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).


Kepala Kepolisian Resort TTU, Adi Wibowo, kepada Wartawan, Selasa 26 Juli 2011, mengatakan, saat ini pihak Polres sudah tetapkan Lopes sebagai DPO untuk kemudian dilaporkan ke Mabes Polri, dan langsung ditangani oleh National Central Bureau (NCB), lembaga khusus polisi yang menangani setiap tersangka yang kabur ke luar negeri.


Sebelumya Lopes dilaporkan Rosa Tameon karena telah mencuri sejumlah perhiasan diantaranya tiga gelang mas, satu rantai tangan, sepasang anting-anting dan satu buah cincin polos, yang ditaksir mencapai Rp 12 Juta. Semua perhiasan tersebut diambil setelah korban dirayu dan dijanjikan untuk dinikahi.


Hubungan antara Lopes dan Rosa, sudah terjalin selama sembilan tahun lebih, dan dari hasil hubungan sepasang kekasih gelap tersebut, telah dikarunia seorang anak perempuan berusia lima tahun. Janji Lopes untuk menikahi Rosa ternyata hanya isapan jempol belaka karena, Lopes berkhianat dan memilih gadis lain. celakanya lagi seluruh perhiasan emas Rosa, dibawa kabur Lopes. (Giran Bere)
Selengkapnya...

Sempat Masuk RSJ, TKW Asal Purwakarta Tuntut Gaji 1 tahun

Menyoal Derita TKW Asal Purwakarta

Laporan: Saeful R Sutedjo-Purwakarta
 Purwakarta, KBN News-Derita pahlawan devisa diperlakukan tak manusiawi majikan di Arab Saudi, seperti tak berkesudahan. Satu lagi, TKW asal Purwakarta jadi korban kekejaman majikan di Riyadh, Arab Saudi. TKW bernasib nahas itu bernama Nurjamilah, 17. Ia dibuang di Saudi Arabia, majikannya juga memberi sesuatu obat sehingga tubuh jamilah terlihat lemah seperti kelaparan dan ‘disangka’ gila sehingga sempat di satukan dengan penderita gila beneran di Rumah Sakit Jiwa(RSJ) selama beberpa hari.

” Orang sehat dibawa ke RSJ ya bisa jadi gila beneran. Untungnya dia tidak gila. Tapi karena setiap hari dipaksa minum obat anjing, makanya ia jadi lumpuh,” ujar Usep Robert, 45, salah seorang LSM di Purwakarta yang diberi surat kuasa orang tua Jamilah memerjuang hak korban yang terampas.

Usep menjelaskan, selain diperlakukan tak manusiawi, hak hak TKW ini seperti gaji tidak diberikan majikannya selama satu tahun.

” Kasus ini sudah saya bawa ke Komite Independen Perlindungan TKI di Jakarta. Karena banyak kejanggalan diantaranya diduga terjadi tindak pidana trafficking karena korban diberangkatkan ke Saudi dibawa umur pada Januari 2009. Saat itu usianya 14 tahun. Ini terjadi diduga ada manipulasi dokumen riwayat hidup TKW oleh pihak sponsor,” katanya.

Usep menyebutkan, TKW lulusan SDN 2 Margasari, Kec Pasawahan, Purwakarta, tahun 2007, diberangkatkan ke Riyadh, Arab Saudi, oleh PT RKU, satu sponsor bermarkas di Jl Olah Raga, Condet, Jakarta Timur. Saat diberangkatkan ke Saudi, TKW ini berusia 14 tahun. Di Riyadh, Nurjamilah bekerja sebagai PRT di rumah Badria dan Moch Naser Abdul Aziz bin Al Arifi.

Disana, Nurjamilah diperlakukan kasar oleh majikan istri karena cemburu. Badria sempat memergoki beberapa kali suaminya akan meniduri Nurjamilah, hingga menyulut kemarahan Badria. Pada suatu hari, perempuan lugu tak mengenyam pendidikan di SMP dan SMA ini, diajak Badria berbelanja ke sebuah mall di Riyadh.

Setelah diajak berkeliling Mall, Badria mengelabui Nurjamilah dengan cara disuruh menunggu karena masih ada keperluan yang harus dibeli Badria. ” Rupanya itu tipu daya Badria membuang Nurjamilah. Badria tak lagi menemui Nurjamilah, hingga ia kesasar dan ditemukan polisi setempat lalu dimasukan ke RSJ Riyadh. Dua bulan ia dirawat di RSJ Riyadh,” ungkap Usep kepada sejumlah wartawan, Rabu (27/7).

Polisi setempat kemudian berkoordinasi dengan KBRI di Arab hingga putri Naed bin Andi, 57, akhirnya bisa pulang ke kerumahnya di Kp Pasir Oa Rt 11/03 Desa Wanawali, Kec Cibatu, Purwakarta, pada Mei 2011 lalu. ” Setibanya di tanah air, korban yang disangka gila itu kembali dimasukan ke RSJ di Grogol, Jakarta. Kondisi itu lebih membuat korban syok hingga sempat mengalami lumpuh,” ungkapnya.

Dua bulan di rumah, kelumpuhan yang sempat dialami Nurjamilah akhirnya dapat disembuhkan. Kelumpuhannya itu diduga overdosis obat. ” Orang waras disangka gila lalu dimasukan ke RSJ. Saya bilang, beruntung dia tak jadi gila beneran,” katanya geram.

Nurjamilah, berharap, hak haknya seperti gaji satu tahun yang belum diberikan majikan segera dapat ia nikmati. Pemerintah semoga dapat memerjuangkan hak saya yang terampas. ” Saya tak akan dua kali ke Arab karena kapok. Semoga derita saya ini tak dialami para wanita Indonesia lainnya,” kata Nurjamilah.

Selengkapnya...

Proyek 2011 PU Bonebolango Mulai di Monitoring

Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News- Untuk lebih mendukung program Pemerintah Kabupaten Bonebolango terkait reformasi birokrasi dan anti korupsi, Kepala Dinas PU Bonebolango Normansyah Wartabone, ST, MSi bersama staf melakukan kunjungan kerja kelokasi proyek 2011. “Kunker yang terbilang mendadak itu untuk memonitoring dan evaluasi kemajuan fisik dibeberapa lokasi proyek. “kata Kabid Bina Marga Abd Rasid Salim ,ST Kamis (28/07).

Menurutnya, evaluasi ini sebagai bahan untuk memberikan motivasi bagi para pekerja proyek (kontraktor, red) untuk lebih bekerja maksimal sesuai aturan yang ditentukan. “Dalam kunker itu kadis sangat merespon baik dan kadis menyarankan agar pelaksanaannya sesuai waktu yang ditetapkan dan pelaksanaannya disesuaikan spesifikasi teknis yang terdapat pada dokumen kontrak proyek tahun 2011, “jelasnya.

Dia juga mengingatkan para pengawas teknik lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada setiap rekanan agar hasil pembangunan di daerah tersebut sesuai kontrak kerja yang disepakati.

"Sebelum pembangunan dilaksanakan, hendaknya melakukan survei lapangan terlebih dulu, baru kemudian membuat perencanaan dan pengerjaannya hingga tahap finishing," ujarnya

Ia menghimbau seluruh pengawas tehnik lapangan supaya melakukan pengawasan terhadap pembangunan proyek fisik sampai proses finishing, sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada dokumen dan kontrak.

"Dengan demikian, hasil pelaksanaan pembangunan tersebut dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat secara optimal," kata Abd Rasid.


Selengkapnya...

KPP Pratama Gorontalo Persiapkan Sensus Pajak Nasional

 Laporan: Rahmad Nur- Gorontalo

Gorontalo,KBN News- Gendrang sensus pajak tampaknya mulai bergema. Menteri Keuangan seperti yang dilansir media jurnas.com menyatakan akan menggelar sensus pajak pada kuartal ketiga atau sekitar September 2011. Tujuannya tidak lain guna memperluas basis data (database) perpajakan yang saat ini dinilai amat kecil.

Di sisi lain, Darussalam, pengamat perpajakan, menilai bahwa pada dasarnya sensus pajak bukan hal baru. Sebab, langkah serupa pernah dilakukan dengan nama penyisiran pajak. Darussalam menilai, efektif tidaknya sensus pajak bergantung pada pengawasan pemerintah agar Wajib Pajak (WP) memenuhi kewajibannya.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Pajak (KPP) Gorontalo Djadid Ali, SH menjelaskan, rencana sensus pajak tahun ini terlebih dahulu perlu dilakukan penguatan basis data agar sasaran yang diharapkan bisa lebih optimal. Kerja sama Ditjen Pajak dalam hal ini didaerah Provinsi Gorontalo yakni KPP Gorontalo dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi keharusan yang tidak bisa ditunda. BPS selaku institusi yang sangat berpengalaman melakukan sensus penduduk pasti memiliki data amat banyak yang bisa dimanfaatkan Ditjen Pajak.

Menurutnya, Ditjen pajak sudah menyiapkan sejumlah langkah terobosan untuk menggenjot penerimaan perpajakan pada tahun ini dan ke depannya. Langkah terobosan yang dimaksud dilakukan mulai dari perencanaan peningkatan perpajakan, penegakan hokum di bidang pajak, pencegahan terjadinya deviasi penerimaan perpajakan, sampai pada program ekstensifikasi perpajakan.

“ Potensi perpajkan tersebut, bisa dilihat dari besarnya jumlah penduduk, jumlah perusahaan yang memiliki tempat usaha terdaftar, dan jumlah pengusaha atau rakyat pekerja di Indonesia. Melalui SPN, nantinya aka nada data yang memungkinkan pemerintah, melalui 300 Kantor Perwakilan Pajak (KPP), melakukan penyisiran. Penyisiran itu baik di daerah-daerah industri, daerah-daerah ekonomi, dan khususnya daerah-daerah pemukiman. Gedung-gedung bertingkat tinggi, baik itu untuk apartemen, shopping center, perkantoran dan juga semua sentra-sentra ekonomi, seperti pusat perdagangan, dan pusat industri dan ini akan kami libatkan kerjasama peran media cetak, online dan elektronik, ” Jelasnya.

Pihaknya berharap melalui inovasi program ekstensifikasi tersebut jumlah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) meningkat drastis yang sekaligus mendongkrak penerimaan negara dari sektor perpajakan.

“Jadi untuk meningkatkan jumlah wajib pajak itu harus didukung dengan kesadaran wajib pajak itu, sebeb bagaimanapun canggihnya perangkat dan mekanisme yang digunakan jika tidak didukung kesadaran wajib pajak maka sulit, ” tuturnya.



Sementara itu untuk Provinsi Gorontalo, kepatuhan tingkat penyetoran SPT tahunan sangat baik secara nasional. “Dengan 11 KPP yang ada di Suluttenggo-Malut, KPP Gorontalo melebihi target yang ditentukan pusat berkisar 62 persen. Begitupun dengan pembayaran pajak perbulannya. Jadi dalam nilanya bisa diukur berkisar RP 529 miliar untuk penerimaan pajak di KPP Gorontalo dan ini bukan berarti hanya sampai disitu kita tidak boleh lengah tetap harus diberikan arahan dan bimbingan kepada wajib pajak tersebut sehingga bisa lebih profesional lagi . “jelasnya.


Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom