Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Rabobank Makassar Siap Bantu Sektor Pertanian di Sulsel

PT Bank Rabobank International Indonesia fokus menggarap pusat perdagangan dan industri di kawasan timur Indonesia. Diantaranya pada sektor Pertanian di Sulawesi Selatan.  Cepatnya pembangunan infrastruktur di Makassar dan Sulawesi Selatan, memiliki potensi bagi para pengusaha atau saudagar untuk terus tumbuh dan menjadi semakin kuat mengembangkan bisnisnya.

Peresmian Kantor Cabang Makassar Rabobank ini merupakan cabang ke 90 yang diseluruh Indonesia. Dalam Peresmian ini dihadiri Presiden Direktur Rabobank Indonesia, Henk Mulder, dan unsur Pimpinan Rabobank diantaranya, Gilang S, Rusli Susanto, Danny Hartono dan Pemimpin Bank Indonesia Makassar, Lambok A Siahaan.


Presiden Direktur Rabobank Henk Mulder mengatakan, Rabobank Cabang Makassar (Rabobank Makassar) hadir untuk memberikan layanan perbankan yang dapat mendukung bisnis nasabahnya. Rabobank mendukung lahirnya bisnis-bisnis baru di Makassar dan Sulawesi Selatan, yang memiliki potensi tumbuh dan menjadi semakin kuat sebagai pusat perdagangan dan industri di Indonesia Timur.

"Makassar dan Sulawesi Selatan memiliki masyarakat dengan kemampuan wirausaha yang tinggi, sehingga mampu menjadikannya sebagai salah satu daerah termaju di Indonesia. Rabobank Indonesia ingin berperan serta dalam pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan pada tahun-tahun mendatang, dengan menjadi mitra bagi para pengusaha atau saudagar", kata Henk Mulder.

Pemimpin Bank Indonesia Makassar, Lambok A Siahaan, menjelaskan pula bahwa penyaluran kredit sektor pertanian triwulan III-2011 di provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mencapai Rp 782,15 juta, dan merupakan 1,46 persen dari keseluruhan penyaluran kredit yang dilakukan oleh perbankan Sulawesi Selatan.

Hingga triwulan III-2011 aset perbankan tumbuh sebesar 23,55 persen, sementara itu penyaluran kredit perbankan tumbuh mencapai 29,86 persen. Saat ini telah ada 40 bank umum di Makassar, dengan total kantor mencapai 803 kantor.


Saat ini PDRB Makassar telah mencapai lebih dari Rp. 31 triliun di mana sektor perdagangan, restoran , hotel, industri pengolahan dan jasa memberikan kontribusi total sebesar 65,3 persen. Besarnya kontribusi PDRB dari sektor-sektor ini menunjukkan besarnya peran pelaku usaha kecil, menengah, dan besar dalam perekonomian Makassar. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Ultah ke-65, Kemenkeu Capai Target di 2011


Makassar, KBN News- Ditengah perayaan Hari Keuangan ke-65, Kementerian Keuangan telah mencapai beberapa target prioritas dalam pemerintahan. Demikian disampaikan Menteri Keuangan Agus DW Martowarjoko yang dibacakan Kepala Kanwil Direktorat Kekayaan Negara Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara, H. Mustafa di Lapangan Gedung Keuangan Negara di Makassar, Senin(31/10.

Menkeu RI menjelaskan tiga hal yang telah dicapai oleh Kemenkeu sepanjang tahun 2011 ini. "Pada ulang tahun ke-65 ini, ada tiga capaian penting di Kemenkeu. Pertama RUU OJK (Rancangan Undang-Undang Otoritas Jasa Keuangan) sudah disahkan, RUU APBN (Rancangan Anggaran Perencanaan Belanja Negara) 2012 sudah disahkan. Dengan governance dengan sangat baik dan angka pertumbuhan yg sangat baik," jelas Menkeu. Dan yang ketiga adalah pengesahan RUU BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Menkeu dalam sambutan seragamnya mengatakan pencapaian tersebut merupakan momentum yang penting bagi pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, untuk menjalankan seluruh sendi bernegara dan berbangsa. "Demi sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat Indonesia. Jadi, ini harus dimaknai oleh seluruh bangsa Indonesia bahwa dengan kerja keras, dengan etika yang tinggi, dengan governance yang baik, semua yang dicita-citakan insyaallah bisa tercapai," tegasnya.

Dalam menjalankan wewenangnya, Kemenkeu tetap berpedoman pada nilai-nilai Kemenkeu, yaitu integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kelima kesempurnaan. Menurut Wamenkeu, nilai-nilai yang sudah diluncurkan tersebut dapat menjadikan Kemenkeu semakin baik bagi masyarakat dan Negara. "Ini menjadi landasan kemenkeu untuk melangkah ke depan," dibacakan Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan RI Indonesia Timur.

Pada peringatan Hari Oeang ke 65 di Makassar yang diperingati dalam upacara bendera bersama seluruh pegawai dalam lingkup kantor Keuangan Negara Makassar, diserahkan penghargaan Satya lencana karya Satya 3o tahun kepada Tiga Pegawai Dep. Keuangan diantaranya pegawai Bea Cukai Malili Said Salim. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Golkar Akan Dukung SBY-Boediono Hingga 2014

Jakarta, KBN News - Ulang tahun ke-47 Partai Golkar berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Dalam sambutannya, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mengisyaratkan dukungan terhadap pemerintahan SBY sampai akhir periode.

"Posisi Golkar adalah sahabat sejati, ramah tapi tegas, kritis tapi loyal, juga keras dan berani manakala dibutuhkan," ujar Ical di Senayan, Jakarta, Sabtu (29/10/2011),seperti dilansir detikcom.

Lewat isyarat, Ical mendoakan koalisi antara Partai Demokrat, Golkar, PKS, PAN, PKB dan PPP terus terjaga.

"Sebagai sahabat kita juga berdoa agar matahari terus bersinar di bawah langit yang biru, rumput yang hijau royo-royo, serta diterima dengan hati yang putih dan suci," lanjutnya.

Ical juga meminta agar rakyat berpikiran positif terkait reshuffle yang dilakukan Presiden SBY. Dia menyatakan Golkar mendukung pemerintahan SBY-Boediono dan sukses hingga akhir periode, Oktober 2014.

"Partai Golkar mengajak publik untuk berpikiran positif dan memberikan kesempatan kepada pemerintah. Semoga pemerintahan SBY sukses sampai akhir periode 2014," katanya.(Saputra)
Selengkapnya...

Tiga Kloter CHJ Asal Makassar Di majukan Jadwal Keberangkatan Ke Mekkah

Liputan Khusus Haji 2011

Makassar, KBN News-Jadwal keberangkatan sebanyak tiga kloter embarkasi Sultan Hasanuddin dimajukan pihak PT Garuda Nusantara karena alasan adanya slot time dari pihak GACA Arab Saudi.


Tiga kloter yang mengalami perubahan jadwal yang keberangkatannya dimajukan yaitu kloter 43 dengan 419 orang jamaah, kloter 45 (355 orang), dan kloter 46 (252 orang).

Kloter 43 sebelumnya dijadwalkan berangkat Tanggal 31 Oktober 2011 pukul 07.00 wita lalu dimajukan 9 jam 30 menit sehinggal akan diberangkatkan Tanggal 30 Oktober 2011 pada pukul 17.30 wita.

kloter 45 yang dijadwalkan berangkat 31 Oktober pukul 09.15 wita, dimajukan 5 jam 30 menit atau diberangkatkan pukul 03.00 wita.

Sementara kloter 46 yang dijadwalkan berangkat tanggal 31 Oktober, pukul 11.15 wita, dimajukan 3 jam sehingga diberangkatkan pukul. 02.00 wita.

Wakil Kepala Bidang Dokumen Pemberangkatan Asrama Haji Makassar, Solihin menjelaskan, informasi perubahan tersebut diperoleh dari pihak Bandara Jeddah melalui PT Garuda Indonesia,seperti dilansir Tribun.

"Mungkin perubahan tersebut karena padatnya bandara di hari akhir kedatangan jemaah calon haji dari seluruh dunia, " katanya. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Nelayan Di Pelabuhan Paotere Keluhkan Kelangkaan Solar

Makassar, KBN News-Terbatasnya nelayan memperoleh bahan bakar solar mengakibatkan beberapa nelayan di Pelabuhan Paotere Makassar mengurungkan niat untuk melaut.

Seperti Pantauan Media ini di pelabuhan Paotere, JL Sabutung, Makassar (28/10/2011) sore.

Menurut salah satu nelayan setempat, keterbatasan solar sudah terjadi hampir sebulan ini, "Biasanya kami mendapat 500 liter, tapi sekarang ini kami cuma dapat 200 Liter. Jumlah ini dianggap tidak cukup untuk dipakai berlayar di laut," jelas Rahim, yang sudah dua hari tidak melaut.

Ia berharap kelangkaan solar tersebut segera disikapi pihak Pertamina Makassar yang merupakan instansi yang ditunjuk Pemerintah menangani penyaluran jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) agar sejumlah nelayan tidak mengalami kerugian dan hilang mata pencaharian sepekan ini, ucapnya.

Lain halnya dialami Franky yang anak bauh kapal (ABK) pengangkutan barang menambahkan, aktifitas pengangkutan di tempat kerjanya juga terganggu dengan adanya kelangkaan bahan bakar jenis Solar ini tersebut.

Dikonfirmasi kepada salah satu SPBU (Stasiun Penjualan Bahan Bakar Umum ) yang tidak jauh dari Pelabuhan Poetere Makassar, Rahmat karyawan SPBU tersebut mengatakan bahwa memang selama ini Solar sering kosong dan informasi dari Pertamina bahwa harus menghemat jatah BBM Subsidi dan sudah ada kouta masing-masing SBPU diberikan, dan kalau sudah habis tidak bisa ditambah lagi, ucapnya.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Warga Borong : Kami Dibohongi Pemerintah Setempat

Pernyataan Camat Manggala Malah Yang Dianggap Salah

Makasssar, KBN News-Aksi Protes Warga di Borong Raya Dalam kembali berlanjut dengan adanya tanggapan Kepala Kecamatan Manggala yang berkomentar perihal aksi protes yang dilakukan sejumlah warga Borong dirumah Ketua ORW II Kelurahan Borong, H. Zainuddin Khalik.

Sebagai Warga Asli Penduduk Borong merasa keberatan kepada Camat Manggala dengan adanya komentarnya di Harian Berita Kota Makassar, edisi Jumat (28/10) yang mengatakan bahwa ada yang melakukan aksi protes adalah orang luar bukan orang Borong, hal ini dibantah sejumlah warga yang melakukan aksi protes itu hari, " kami orang asli penduduk Borong yang sudah berdiam lama didaerah ini, dan jalanan yang terkena proyek IPAL tersebut adalah tepat didepan rumah dan hal itu sangat merugikan kegiatan usaha yang dijadikan mata pencaharian, karena kendaraan roda 4 tidak bisa lewat sampai saat ini, kata Haji Nombong dengan nada kecewa.

Menurut Haji Nombong menambahkan bahwa Proyek itu sudah disosialisasi dengan warga setempat, itu tidak benar dan kami seluruh kepala keluarga ditempat ini tidak pernah disampaikan, memang ibu-ibu rumah tangga ada yang sempat disuruh tanda tangan sebelum proyek ini dikerjakan, namun menurut pemerintah setempat hal ini ORT dan ORW untuk menyetujui akan diperbaiki selokan air jalanan didepan rumahnya, jadi mereka tanda tangan, bukan alasan mau dibuatkan saluran pembuangan tinja dibadan jalan tersebut, ucapnya.

" Kami warga ditempat ini dibohongi oleh Pemerintah setempat dalam hal ini Ketua ORW II. Kelurahan Borong, dimana lain yang dibicarakan kepada ibu-ibu rumah tangga, lain yang dilakukan, hal ini perlu Pak Camat tindak lanjuti proyek pemyelesaian proyek ini secepatnya itu yang paling penting, dan diminta kepada Camat Manggala untuk turun dilapangan mengecek dan meninjau langsung dan berdialog dengan warga didaerah itu jangan hanya di meja kantor berkomentar mendengar laporan sepihak dari pemerintah setempat, " tegas Haji Nombong saat melaksanakan jumpa pers, Jumat (28/10) di Makassar.


Ditambahkan pula dari Warga lain, Ruslan menjelasakan bahwa selama ini tidak pernah ada sosialisi terhadap warga,semestinya ketua-ketua ORT menyampaikan kepada Seluruh Kepala Kelurarga bukan ibu-ibunya yang disuruh tanda tangan, karena ibu-ibu itu tidak tahu apa-apa masalah proyek ini, dan meminta kepada Camat Manggala dan Lurah Borong untuk mengepaluasi kinerja Ketua ORW II Kelurahan Borong, karena selama ini tidak pernah berpihak kepada warganya, katanya.

Protes Terhadap Proyek IPAL tersebut juga dilakukan oleh Ketua Panitia Pembangunan Masjid Nurul Haq Borong, Muh. Arifin mengumumkan di masjid untuk para pekerja proyek IPAL ini untuk menghentikan penggalian tempat penampungan proyek IPAL tersebut yang dtempatkan diareal Tempat Pekuburan Borong Raya, mereka keberatan lokasi tanah Perkuburan dijadikan Bak penampungan Saluran Tinja (IPAL) tersebut,

Sementara itu Forum Komunitas Masyarakat Pinggiran Sulawesi Selatan (Kompass), Andi Ahmad mengatakan bahwa pernyataan Camat Manggala yang tidak beralasan di media, karena tidak tahu persis siapa warganya yang melakukan aksi protes terhadap proyek saluran Tinja (IPAL) itu, dimana penjelasan Orang Nomor satu di Manggala ini mengatakan aksi protes itu didalami orang luar, dan hal itu tidak benar,

" coba bapak turun langsung dilapangan bertemu dengan warga ditempat itu, apa benar ada proyek yang sangat merugikan jalannya usaha warga disitu, supaya tidak berkomentar yang salah dimedia," jelas Andi Ahmad yang juga warga Borong asli.(Burhan)
Selengkapnya...

Lagi, Gubernur Sulsel Raih Penghargaan Kearsipan Nasional

Makassar, KBN News-Pencanangan Tahun Arsip Nasional yang dilaksanakan di Halaman Kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (25/4).

Pada acara pencananan Tahun Arsip ini di hadiri Kepala Badan Arsip Nasional, M. Azikin menyerahkan Piagam Penghargaan Kearsipan Terbaik bidang pemerintahan Seluruh Indonesia kepada Gubernur Sulawesi Selatan, H. Syahrul Yasin Limpo yang merupakan Penghargaan yang ke 73 yang diraih selama menjabat Gubernur di Sulawesi Selatan.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sulawesi Selatan, Ama Saing mengatakan bahwa pada pencanangan tahun kearsipan tahun 2011 ini merupakan kegiatan untuk sadar dan tertib arsip,yang menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan di daerah ini karena telah diperdakan dengan Perda nomor 3 tahun 2010 tentang penyelenggaraan kearsipan di Sulawesi Selatan, katanya.

" Sejumlah arsip yang telah tersimpan di Badan Arsip Sulsel mulai tahun 1926 sampai 2004, diantaranya Arsip Celebes, Indonesia Timur, Sulsel, Kabupaten dan Kota, Legiun Veteran, Sulut, Semen Tonasa, dan sejumlah arsip tokoh-tokoh nasional didaerah ini," jelasnya.

Menurut Ama Saing, data arsip di Kantor ini bila ukur panjangnya sudah mencapai 40 ribu kilo meter yang terdiri 40 ribu box, ujarnya

Sementara itu Kepala Badan arsip Nasional, M. Azikin Arsip ini merupakan suatu kelengkapan yang harus dilakukan oleh setiap Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten dan Kota di Indonesia, dan suatu kegembiraan karena Arsip ini telah dimasukkan dalam kurikulum diseluruh sekolah dinegeri ini, katanya.

Gubernur Sulsel, H. Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa adanya penghargaan lagi dari Badan Kearsipan Nasional merupakan suatu kebanggaan buat para pengelolah kearsipan didaerah ini, terutama pada kantor Perpustakaan dan Badan arsip Provinsi Sulsel, dan ini merupakan pennghargaan nasional yang ke 73 didapat selama menjadi Gubernur di Sulawesi Selatan

Menurutnya Arsip merupakan hal yang sangat penting karena dapat diartikan sebagai mata air dan peradaban bangsa, katanya.(Burhan/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Kadin Sulsel: Iwapi Diusulkan Jadi Menteri

Makassar, KBN News-Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) sebagai salah satu organisasi diharapkan lebih banyak berkecimpung dalam kiprah nasional. Salah satunya, anggotanya diharapkan mampu menjadi sosok tokoh pemimpin di masa depan.

"Sebaiknya para anggota Iwapi bisa masuk menjadi salah seorang menteri dalam kabinet Indonesia Bersatu jilid II," ujar Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel, Zulkanain Arif, usai pembukaan rakernas di Hotel Clarion Makassar, Senin (24/10/2011).

Disebutkan, ke depan Iwapi harus bisa bersaing dengan organisasi pengusaha lain. Termasuk dapat bersaing dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

"Iwapi punya potensi yang besar. Harus pula siap bekerja dalam sektor properti dan pekerjaan konstruksi dalam amanat LPKAJ," tandasnya lagi.

Rakernas Iwapi ini juga dimeriahkan dengan pameran produk kewanitaan serta kerajinan asal Sulsel. Ada pula kunjungan wisata ke sejumlah obyek terkenal.

Acara ini dihadiri sekitar 800 anggota Iwapi seluruh Indonesia. "Sulsel memiliki potensi besar. Apalagi, didukung dengan potensi gubernurnya hingga seluruh Indonesia melirik Sulsel," tandas Ketua Umum Iwapi, Nita Yudi. (*)
Selengkapnya...

1.799 Kendaraan Roda 2 dan 4 Terjaring Penertiban TNKB di Makassar

Makassar, KBN News-Sebanyak 1.799 kendaraan roda dua dan roda empat terjaring razia pelat nomor kendaraan yang digelar Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar dalam operasi yang digelar sejak Tanggal 1 hingga 22 Oktober 2011. 346 kendaraan di antaranya langsung ditilang di tempat, sedangkan 363 kendaraan lainnya diberikan teguran tertulis. Sementara 1.090 kendaraan diberi teguran lisan.

Razia dalam Oktober 2011 tersebut ditujukan untuk menjaring para pemilik pelat nomor kendaraan yang tidak memenuhi standar Kepolisian.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar AKBP Muh Hidayat didampingi Kanit Pengaturan, Penjagaaan, Pengawalan dan Patroli (Turjawali) AKP Hendri mengatakan bahwa maraknya kecelakaan tabrak lari di serta kendaraan hasil curian yang beredar di Kota Makassar sehingga pihaknya mengambil tindakan tegas dengan mengadakan pendataan ulang terhadap pelat nomor kendaraan roda dua maupun roda empat,seperti dilansir pada siaran persnya melalui BB.

AKP Hendri juga menyebutkan bahwa kebanyakan kendaraan roda empat yang terjaring razia merupakan kendaraan mewah. Bahkan, dari sejumlah kendaraan roda dua maupun roda empat terjaring pula kendaraan berpelat merah namun mengganti pelat mereka dengan pelat hitam.

"Mereka beralasan takut dirazia mahasiswa kalau pakai pelat merah makanya mereka menggantinya dengan pelat hitam, " terang Hendri.(Uki/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

April 2012, Pemerintah Larang Mobil Pribadi Pakai BBM Subsidi

Jakarta, KBN News - April tahun depan pemerintah ngotot untuk melarang mobil pribadi plat hitam mengkonsumsi BBM subsidi setelah tahun ini kebijakan itu gagal dilakukan. Pengusaha SPBU minta pemerintah tak plin-plan lagi.

Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi mengatakan, pengusaha SPBU minta kejelasan dari rencana ini karena dibutuhkan investasi bagi SPBU untuk melaksanakan kebijakan tersebut.

"Yang penting ada kejelasan, jadi kita tidak mengeluarkan investasi dengan sia-sia," ujar Eri, Jumat (21/10/2011),seperti dilansir detikfinance.

Dia mengatakan, untuk menekan angka subsidi BBM pemerintah lebih memilih melakukan penghematan dengan melarang mobil pribadi plat hitam menggunakan BBM subsidi, ketimbang menaikkan harga bensin subsidi.

"Tahun ini kebijakan pembatasan BBM subsidi tidak jelas dan batal, jadi baru sedikit SPBU yang sudah berinvestasi, tahun depan yang penting kejelasan," kata Eri menegaskan.

Dia berharap Menteri ESDM baru yaitu Jero Wacik bisa lebih tegas dan jelas dalam merealisasikan kebijakan pembatasan konsumsi BBM subsidi ini.

Pihak Pertamina telah mengajak pengusaha SPBU untuk membahas soal rencana pembatasan BBM subsidi tahun depan ini. Karena memang dibutuhkan investasi kurang lebih Rp 400 juta bagi SPBU untuk menambah dispenser dan tangki untuk BBM non subsidi.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan dibutuhkan dana investasi Rp 513 miliar terkait kesiapan infrastruktur SPBU untuk mendukung pembatasan konsumsi BBM subsidi untuk kendaraan roda empat tahun depan.

Dirjen Migas Evita Legowo menyatakan pemerintah masih terus ngotot menjalankan rencana larangan mobil plat hitam menggunakan BBM subsidi mulai April 2012. Rencana ini digodok sambil merevisi Perpres No.55/2005 dan Perpres No.9/2006. (Saputra)
Selengkapnya...

Pengurus Baru HIPMI Menghadap SBY

Bali, KBN News- Pengusaha muda Indonesia yang tergabung dalam HIPMI menyatakan komitmennya ikut mensukseskan percepatan pembangunan dalam tiga tahun ke depan. Termasuk mensukseskan MP3EI yang merupakan program jangka panjang.

Komitmen itu disampaikan Ketua Umum BPP HIPMI, Raja Sapta Oktohari, dalam pertemuannya dengan Presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY). Pertemuan berlangsung di Wisma Merdeka, Istana Tampak Siring, Bali, Sabtu (22/10/2011) malam.

"Kami dari HIPMI siap terlibat aktif dalam MP3EI," kata Okto.

Di dalam pertemuan ini, Presiden SBY mendorong agar pengusaha muda meningkatkan perannya dalam pembangunan ekonomi melalui berbagai bidang usaha. Di antaranya, memanfaatkan peluang yang tersedia di dalam 6 koridor Masterpan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Presiden berharap agar HIPMI memberikan peranan penting dalam ekonomi Indonesia dan fokus dalam dunia usaha," ujar Okto,seperti dilansir detikcom.

Di dalam kesempatan sama, Ketua Dewan Pembina BPP HIPMI, Erwin Aksa, menyatakan maksud dari kedatangannya untuk melaporkan hasil munas. Salah satu hasilnya adalah tim pengurus baru yang diperkenalkan malam ini.

"Beliau berharap bisa bertemu pengurus lengkap dalam waktu dekat di Istana Negara," sambung mantan Ketua HIPMI itu.

Ada 12 orang pengurus HIPMI periode 2011-2014 yang malam ini diterina Presiden SBY. Mereka adalah;

1. Erwin Aksa (Ketua Dewan Pembina BPP HIPMI)
2. Andi Rukman (Dewan Pembina BPP HIPMI)
3. Ali Said (Dewan Pembina BPP HIPMI)
4. Raja Sapta Oktohari (Ketua Umum BPP HIPMI)
5. Harry Warganegara Harun (Sekjend BPP HIPMI)
6. KRH Tedjodiningrat Brotoasmoro (Pengurus BPP HIPMI)
7. Reza Rajasa (Pengurus BPP HIPMI)
8. Ikhsan Tualeka (Pengurus BPP HIPMI)
9. Putu Pasek Sandoz Prawirotam (Ketum BPD HIPMI Bali),
10. Priskila evalianitha (Ketum HIPMI Kaltim)
11. I Made Dwi Indrawan (Sekum BPD HIPMI Bali)
12. Wayan Surya Winata (Bendum HIPMI Bali)
13. A.A Ngr. Kakarsana (Pembina HIPMI Bali). (I.Gede Dewantara)
Selengkapnya...

Komite Sekolah SDI Unggulan Toddopuli Rapat Program Kerja

Makassar, KBN News-Rapat program kerja Komite Sekolah SD Inpres Unggulan Toddopuli yang dihadiri pengurus Komite mulai dari Kelas I sampai VI, Sabtu (22/10) diruang LEC SDI Unggulan Toddopuli Kecamatan Panakkukang.

Kepala Sekolah SDI Unggulan Toddopuli, H. Bonay Syam mengatakan adanya sejumlah rencana program kerja Sekolah Inpres Unggulan Toddopuli yang telah diusulkan kepada Komite Sekolah, diantaranya pengadaan LCD tiap kelas, pelaksanaan bimbingan belajar siswa dalam rangka olimpiade mata pelajaran (olahraga) dan pramuka, katanya " Kami pihak sekolah mengusulkan bahwa yang sangat mendesak saat ini dalam menghadapi musim hujan adalah pembuatan kanopi yang akan dipasang dipintu masuk sekolah untuk dipakai berteduh siswa-siswa saat mau masuk kesekolah dari kendaraan yang mengantar, " jelas Bonay Syam.

Sementara itu Ketua Komite Sekolah SDI Unggulan Toddopuli, H. Andi Badi Sommeng, menjelaskan sejumlah program sekolah yang diajukan kerapat Komite Sekolah saat ini para pengurus akan melakukan musyarawah, program-program tersebut sebelum dilaksanakan akan disepakati dulu dalam rapat ini yang mana akan dikerjakan lebih dahulu, ucapnya.

" Dan perlu diketahui apapun yang dilakukan didalam Sekolah ini, terutama dikelas-kelas harus sepengetahuan dari pengurus Komite Sekolah, hal itu yang perlu diketahui para orang tua siswa disekolah ini, " Jelas Andi Badi saat membuka Rapat Komite Sekolah ini. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Pertamina Makassar Juarai Turnamen Tennis Lapangan HUT Sulsel

 Laporan: Muh Iwan- Makassar

Makassar, KBN News-Pertandingan tennis lapangan dalam rangka hut ke 342 Provinsi Sulawesi Selatan digelar di Lapangan tennis Universitas Negeri Makassar dan Lapangan Tennis Gubernuran Sulsel dari Tanggal 14-17 Oktober baru-baru ini , keluar sebagai pemenang juara 1 Tim Pertamina UP VII Makassar , juara 2 Tim Pelindo IV Makassar, juara 3 Tim Kodam VII Wirabuana dan Tim PT. Taspen Makassar.

Pada pertandingan ini Tim Pertamina UP VII Makassar menurunkan Tim Pemain diantaranya : Moh Adam, Moh Nazaruddin, H. Bachtiar, Wempy, Hendra, Irwan, Mustakin, dan Sudrajad, dengan pembina General Manager (GM) Pertamina UP VII Makassar, Adi Nugroho, dan Sureatno, A.Yani Lauma, kata Manager Tim, Haeruddin, di Makassar, Kamis ( 20/10).

"Dipertandingan final Tim Pertamina UP VII Makassar mengalahkan Tim Pelindo IV Makassar" jelas Haeruddin.

Menurut Haeruddin adapun Hadiah yang diperoleh setiap Tim yang juara adalah, untuk juara I mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp. 3 juta Rupiah dan Piala bergilir, juara II Uang tunai Rp. 2 Juta, dan Juara III uang tunai sebesar Rp 1 juta Rupiah, katanya.

Penyerahan Hadiah dilakukan oleh Sekretaris Pemprov Sulsel, Andi Muallim mewakili Gubernur Sulawesi Selatan.

Hadiah Turnamen ini Mengecewakan

Sejumlah Tim yang meraih juara pada turnamen Tennis Lapangan ini sangat kecewa dengan hadiah yang didapat terutama jumlah Uang tunai yang sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah dana dari sponsor turnamen ini, kata Salah satu Tim pada turnamen ini. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

CJH Asal Jabar Tewas Akibat Jatuh dari Lantai 8 Hotel di Madinah

Liputan Khusus Haji 2011

Madinah, KBN News-Ruslan, seorang calon jamaah haji berusia 89 tahun jatuh dari sebuah celah sempit di lantai 8 Hotel Borg Almokhtarah, Madinah. Jamaah asal Kuningan, Jabar ini ditemukan di lantai basement, di bangunan mirip gudang atau ruangan yang belum jadi, pada Selasa (17/10/2011) malam.

Rekan sekamar Ruslan di lantai 8, Elon, menuturkan, "Mungkin karena sudah uzur, almarhum sering bicara sendiri, katanya, Rabu (18/11/2011). Pendengaran Ruslan juga sudah berkurang.

Kemenag.go.id melansir, banyak jamaah dari rombongan yang sama tidak mengetahui insiden itu. Yusuf juga hanya diberitahu bahwa Ruslan meninggal, tapi detailnya tidak diberitahu.

Barang yang diserahkan adalah tas koper dan alat bantu jalan seperti kruk. "Pak Ruslan bertubuh kecil," kata seorang jamaah satu rombongan yang mengenal almarhum.

Elon menuturkan, kloternya, 41 JKS, baru tiba di Madinah Selasa siang. Saat ashar, rekan-rekannya mengajak Ruslan ke Masjid Nabawi untuk salat arbain, tapi Ruslan memilih di kamar.

Ketika rekan-rekannya tiba usai salat isya, mereka tidak menemukan Ruslan. Dicari di lobi juga tidak ada.

Hingga kemudian, seorang tenaga kebersihan hotel menemukan jenazah Ruslan di basement.

Jika ditelisik ke atas, Ruslan terjatuh dari sebuah jendela kecil yang ram-ramnya telah dipotong sejak lama.Tubuh kecilnya meluncur ke celah sempit hingga basement yang di atapnya terdapat talang-talang besi. Terdapat bekas darah di talang itu, juga di lantai basement.

Kasi PAM Misi Haji Madinah, M Yahdi, menuturkan, dugaan sementara, Ruslan jatuh karena terpeleset. Dia menduga, setelah ditinggal rekan-rekannya ke masjid, dia ingin keluar. Tak tahu mana lift atau cara mengoperasikannya dan tak tahu pintu darurat, akhirnya dia menemukan jendela kecil di sebuah dapur di lantai. 8. Ketika longok-longok, jatuhlah dia.

"Atau mungkin dia mengira itu pintu, jadi dia mau keluar saja," duga Yahdi.(Saputra)
Selengkapnya...

Empat Kandidat di Munas Hipmi Makassar Perebutkan Kursi Ketua Umum

Makassar, KBN News-Musyawarah Nasional (Munas) Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) XIV resmi dimulai di Makassar, Sulawesi Selatan. Munas akan berlangsung hingga Kamis (20/10/2011).

"Dua agenda utama yang diusung yakni laporan pertanggungjawaban seluruh jajaran pengurus BPP Hipmi periode 2008-2011 dengan Ketua Umum Erwin Aksa. Kedua, pemilihan ketua umum BPP Hipmi periode 2011-2014," ujar ketua panitia pelaksana Novita Dewi kepada okezone di arena Munas, Grand Clarion Hotel, Selasa (18/10/2011).


Diuraikan, saat ada empat calon tangguh yang bersaing untuk menarik hati anggota dan menarik perhatian masyarakat luas. Di antara 40 ribu anggota Hipmi tentu akan berupaya keras mengharapkan agar jagoannya memenangkan pemilihan. Keempat calon yang bertarung memperebutkan kursi Ketua HIPMI yakni Raditya Priamanaya Djan, Erik Hidayat, Raja Sapta Oktohari, dan Harry Warganegara Harun,seperti dilansir Okezone.

Mereka dijadwalkan besok Rabu (19/10/2011) menyampaikan pernyataan kesediaan dicalonkan jadi Ketua Umum Hipmi periode 2011-2014 dilanjutkan dengan pemaparan visi dan misi sebelum pemungutan suara digelar.

"Keempat kandidat memiliki ide yang menarik, dengan inti untuk membangun hubungan sinergi dan konektivitas sesama anggota, kaderisasi yang berkualitas, dan memiliki program-program enterpreneurship di kampus-kampus," tanggap Ketua Umum BPP HIPMI Erwin Aksa sembari menyebutkan harapan terhadap HIPMI akan dipimpin oleh kandidat yang mengedepankan persahabatan dan persaudaraan.

Sedangkan panitia berkomitmen, melayani para peserta Munas secara sempurna. "Setiap detail acara dan komponen penyelenggaraan lainnya telah disiapkan dengan matang," pungkas Novita Dewi.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Bupati Lepas 706 Calon haji Purwakarta

Purwakarta, KBN News- Sebanyak 706 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Purwakarta,
Jawa Barat , Secara Simbolis Di Lepas Oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Senin Siang Di Lapangan Yon Armed,Sadang,Purwakarta. CalOn Jamaah Haji Ini Akan Bergabung Dengan Jamaaah Haji Lainya Di Bekasi Untuk Berangkat Ke Tanah Suci Makkah Al- Mukaromah.

Terkiait Pelayanan Jamaah Haji , Pemerintah Daerah Purwakarta Dalam Hal Ini Bupati Dedi Mulyadi Menjamin Akan Bertanggung Jawab Atas Pelayanan Baik Makanan Maupun Kesehatan Calon Jamaah Haji Dari Mulai Berangkat Sampai Pulang Kembali.

Sementara Itu Isak Tanggis Pengantar Haji Terlihat Ketika Akan Melepas Kelarganya Untuk Pergi Menunaikan Iabadah Haji Ke Tanah Suci,Meski Terlihat Calon Haji Ini Memakai Kursi Roda ,Namun Semangant Untuk Menjalankan Rukun Islam Patut Di Ajungi Jempol.

Zona Dua Di Mesjid Assifa Polres Purwakarta Sebanyak Empat Bis.
Zona Tiga Di Halaman Mesjid Assalam Poj Jatiluhur
Sebanyak Tiga Bis Dan Zona Empat Di Halaman Mesjid
Baiturrohim Plered Sebanyak Tiga Bis.

Sementara Untuk Zona Lima Di Halaman Mesjid Al-Jihad Wanayasa
Sebanyak Dua Bis,Dan Zona Enam Di Halaman Kantor
Kecamatan Tegalwaru Sebanyak Satu Bis.

Menurut Kepala Kementrian Agama Purwakarta,Ahmad Sanukri Para Calon Haji Tersebut. Diberangkatkan Melalui Tiga Kelompok Terbang (Kloter) 42 Dan 43 Serta 85 Dari Sejumlah Zona Pemberangkatan Yang Di Sentralkan Di Lapangan Yon
Armed 9 Pasopati Sadang,Purwakarta.

Para Calon Jemaah Haji Asal Purwakarta Akan Dilepas Ke Embarkasi Bekasi Pada 17 Oktober 2011.Sedangkan Pemberangkatan Dari Embarkasi Ke Bandara Soekarno
– Hatta 18 Oktober, Untuk Kloter 42 Pukul 06.25 Dan Kloter
43 Pukul 08.25 Wib.

Sedangkan Waktu Diterbangkan Dari Bandara
Suta Pukul 10.25 Kloter 42 Dan Pukul 12 45 Wib Kolter 43.

Sementara, Pemberangkatan Kloter 85 pada Tanggal 31 Oktober 2011 Dimana Calon Haji Purwakarta Sebanyak 12 Orang Digabungkan Dengan Calon Haji Asal Jawa Barat.(Saeful sutedjo)
Selengkapnya...

Lagi, Terjadi Kekosongan Bahan Bakar Solar di SPBU Hari ini

Makassar, KBN News- Setelah Sepekan ini terjadi kekosongan bahan bakar jenis solar pada sejumlah SPBU(Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) seperti di Jalan Parang tambung Makassar, Batang Ase Maros, Camba Kab. Maros Batang Kaluku Gowa, Poros Takalar, , Pallangga, dan SPBU di Kabupaten Bone.

Kini kembali ditemui sejumlah SPBU dibilangan Jalan Aroepala (Jalan Hertasning Baru) mengalami kekosongan pada hari Jumat (14/10) mulai pukul 11.00 pagi seperti yang terjadi di SPBU Aroepala.

Pantauan media ini disejumlah SPBU tersebut,ada yang sudah menipis stock bahan bakar jenis solarnya, dan ada SPBU di jalan ini sama sekali sudah habis total stocknya, beberapa supir mobil truck yang mengangkut bahan bangunan dari kabupaten Gowa terpaksa kecewa karena tidak bisa mendapatkan bahan bahan solar untuk diisi ketangki mobilnya.

Menurut Kepala SPBU Aroepala, mengatakan sejak pukul 11.00 wita tadi siang sudah habis stock solar kami, dan kami sudah berusaha meminta jatah tambahan kepada pihak Pertamina Makassar namun tak juga diperhatikan permintaan kami, dan menjanjikan nanti besok, Sabtu baru dapat dikirimkan jatah bahan bakar solarnya, katanya.

Sementara itu Sales Representatif Pertamina Rietail Makassar Iswahuddin menjelaskan bahwa terjadinya kekosongan pada salah satu SPBU di jalan Aroepala, karena disesuaikan dengan pembagian jatah saat sekarang ada keterbatasan dengan berpatokan pada aturan pemerintah yakni penghematan Subsudi BBM, ujarnya,

"Untuk jatah SPBU Aroepala hanya mendapat sebanyak 3 ton perhari, namun untuk mengisi kekososngan pada SPBU tersebut besok, (Sabtu, 15/10) baru bisa dikirim ketempat itu," jelas Iswahuddin

Dilain pihak Kantor Berita Kota online berusaha menghubungi General Pertamina VII Makassar lewat Humas Pertamina Makassar, Ibu Hj.Rosina Nurdin namun sampai berita ini dimuat belum ada juga balasan SMS dari bersangkutan. (Iwan/Andi Ahmad) (Bersambung..........)
Selengkapnya...

Penerbitan BPKB Kendaraan Baru di Samsat Bulukumba Disorot

Kapolres : Dialer kadang lambat menyetor berkasnya

Bulukumba, KBN News-Pelayanan Samsat Bulukumba kini dapat sorotan dari sejumlah dialer penjualan Kendaraan roda empat, adanya keluhan dari beberapa konsumen yang telah membeli mobil pada dialer yang ada di Kabupaten Bulukumba, walaupun proses penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dibilang agak cepat selesai namun terjadi kendala sedikit pada penerbitan BPKB kendaraan baru tersebut.

Data Kendaraan yang diperoleh dari sejumlah dialer kendaraan di Bulukumba ada 7 kendaraan diantaranya nomor polisi sebagai berikut ; DD 88 HS, DD 919 HT, DD 626 HB, DD 555 HC, DD 225 HH, DD 666 HS, dan DD 555 HW, ketujuh kendaraan tersebut dari berbagai merek dan type tapi nomor-nomor polisi tersebut tergolong nomor cantik sesuai pesanan para konsumen. Ke tujuh kendaraan baru tersebut penerbitan BPKBnya sudah memasuki bulan ke tujuh dari bulan Maret belum juga selesai walaupun telah selesai diproses STNK terlebih dahulu oleh Samsat Bulukumba.


Salah satu pemilik dari ketujuh kendaraan itu yakni Hj. Rosmina mengaku sangat dirugikan dengan lamanya BPKB kendaraannya tak kunjung juga selesai, " sudah tujuh bulan telah menunggu selesainya BPKB kendaraan kami namun tidak selesai juga'" ucapnya.

Menurut Rosmina, keluhan ini sudah disampaikan juga kepada pihak Samsat Bulukumba, namun jawabannya bahwa Pihak Samsat Bulukumba tidak bisa berbuat banyak karena ketujuh BPKB tersebut masih ada dimeja Kapolres Bulukumba karena belum ditanda tangani.

Sementara ini kejadian ini dikonfirmasi kepada Kapolres Bulukumba, AKBP. Arief Rahman mengatakan itu hal yang wajar terjadi karena semua ada mekanisme dan tidak mungkin semua secepat itu ataupun serentak bisa ditanda tangani, katanya.

Menurutnya semua proses penerbitan BPKB kendaraan baru tidak bisa cepat karena ada giliran dan kendalanya terkadang dari dialer sendiri lambat menyetor berkasnya, atau memang persyaratannya ada yang belum lengkap dan biasa faktur kendaraan datang tidak bersamaan sehingga tidak mungkin dapat ditanda tangani secara serentak, ujarnya.

" Tapi pada prinsipnya kami tetap berupaya memberikan pelayanan secepatnya kepada pemilik kendaraan, atau dengan kata lain, kalau bisa dipercepat kenapa harus diperlambat, ok ?, jelas Kapolres Bulukumba, lewat pesan singkat (SMS), Kamis (13/10).(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Bakal Tindak Pemakai Plat Nomor Tak Sesuai Ketentuan

Makassar, KBN News-Berdasarkan undang-undang lalu lintas nomor 22 pasal 260 yang mengatur tentang Tanda Nomor Kendaraan Berkendara (TNKB). Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Makassar baru-baru ini telah melakukan operasi penertibkan plat nomor palsu atau yang di modifikasi yang berlangsung sepekan.


Hal tersebut diungkapkan oleh Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP, Muh Hidayat, belum lama ini di Makassar

”Penertiban ini dikarenakan Maraknya plat TNKB yang tidak sesuai dengan spektek spesifikasi teknis yang sudah ditetapkan undang-undang,” terangnya.

Menurut mantan Kasat PJR Ditlantas Polda Sulsel ini juga menambahkan, sebelum melakukan penindakan pihaknya bakal memberikan sosialisasi kepada pemilik kendaraan bermotor untuk plat TNKB yang divariasi.

”Selain itu juga tidak diperbolehkannya TNKB diluar spektek yang sudah ditentukan karena menyulitkan petugas terhadap identifikasi pelaku kriminalitas yang menggunakan kendaraan bermotor,” tegasnya.

Pihaknya juga mengharapkan pelanggaran-pelanggaran atau tindak kriminal lainya bisa di lihat dari TNKB.

Sementara itu Pihak Samsat Makassar setelah di lakukan tahap sosialisasi hingga minggu depan, polisi akan langsung menindak bagi pemilik Plat TNKB yang tidak sesuai dengan Spektek. Salah satunya menghapus sebuah nomor agar terlihat bisa plat nomor tersebut bisa di baca,” jelas Paur STNK, AKP.Masaluddin.

Dan bagian Workshop TNKB Samsat Makassar menghimbau kepada warga yang telah mendapat TNKB (plat) yang resmi dari Samsat Makassar dihimbau untuk tidak dirubah-rubah bentuknya, sesuai dengan bentuk aslinya. (Mudassir/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Bahar Bakar Solar Langkah di SPBU Maros dan Gowa

Makassar, KBN News-Sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Makassar dan Daerah lain kehabisan stok bahan bakar jenis solar di tangki penampungan, Senin (10/10).

Akibatnya SPBU mengalami kekosongan Bahan Bakar jenis Solar ini dan pengendara yang ingin memakai jenis Bahan bakar ini harus keliling mencari SPBU yang masih buka.

Habisnya stok bahan bakar ini dikarenakan tidak adanya pasokan dalam beberapa hari terakhir, dan adanya dugaan pihak Pertamina Makassar melakukan sistem kouta jatah bahan bakar ini pada sejumlah SPBU didaerah ini, kata salah satu pemilik SPBU yang tidak mau disebut namanya.

Muh Iwan salah satu warga Kota Makassar yang ingin mempergunakan Solar ini merasa kebingungan mencari dibeberapa SBPU di Daerah ini, dan kemudian khawatir kesulitan mendapatkan bahan bakar beberapa hari ke depan.

Menurut Iwan untuk mendapatkan bahan bakar jenis solar ini terpaksa ke Kabupaten Maros dan itupun terjadi antrean panjang sejumlah kendaraan truck yang akan menuju ke Makassar dari Bone dan ini terjadi di SPBU Camba pada hari Senin (10/10).

Pembeli khususnya pemilik kendaraan yang memakai bahan bakar solar sampai saat ini merasa sulit mendapatkan pada SPBU di Makassar.

Sejumlah SPBU yang kosong bahan bakar jenis Solar seperti di Jalan Parang tambung Makassar, Batang Ase Maros, Camba Kab. Maros Batang Kaluku Gowa, Poros Takalar, , Pallangga, dan SPBU di Kabupaten Bone.

Muh Iwan sebagai pengusaha yang sangat mengandalkan bahan bakar ini untuk keperluan transportasi untuk mengangkut hasil usahanya merasa sangat dirugikan karena tidak jalan kendaraannya yang dipakai mengangkut, dan ini bisa membuat roda perekonomian warga didaerah ini tidak jalan, dan meminta kepada instansi terkait dalam hal ini Pertamina di Makassar untuk bisa mengatasi kekosongan bahan bakar jenis solar ini di SPBU, jelasnya. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

Komisi II Monitoring Lokasi Proyek Bina Marga di Bone Bolango

Bone Bolango,KBN News- Untuk memastikan pelaksanaan pekerjaan proyek pada Dinas PU Kabupaten Bone Bolango yang dikerjakan para rekanan (kontraktor, red) berjalan maksimal, Komisi II DPRD Kabupaten Bone Bolango diantaranya, Abdul Gafir Nasaru, Imran Ahmad, Irwan Mamesa, Kamarudin Tuhopi dan Yanti K. Abullah didampingi pihak PU melakukan kunjungan kerja kelokasi proyek. Lokasi proyek Bidang Bina Marga, di Kecamatan Kabila berlanjut ke Suwawa Barat dan berakhir di Botupingge menjadi sasaran awal kunker tersebut.

Setelah berdatangan ke lokasi proyek, para legislatif bonbol itu melihat langsung realisasi pekerjaan para rekanan.Mereka berharap agar pekerjaan proyek dapat terlaksana tepat waktu. Mereka juga menghimbau keseriusan para kontraktor dalam mengerjakan proyek anggaran 2011 yang batas waktunya sisa beberapa bulan lagi.


Sementara itu Kepala Dinas PU Bone Bolango, Normansyah Wartabone, ST. MSi melalui Kepala Bidang Bina Marga, Abd Rasid Salim, ST yang ditemui diruang kerjanya, Kamis (6/10), sangat mendukung apa yang telah diwanti-wantikan para aleg Komisi II DPRD Bonbe Bolango pada kunker, Rabu (05/10).

Menurutnya, sudah selayaknya jika para kontraktor bekerja maksimal sesuai aturan yang telah disepakati dan dicantumkan pada dokumen kontrak.
“Kami mengucapkan terimakasi atas dukungan aleg Komisi II DPRD Bone Bolango, yang telah menjadwalkan dan menyempatkan melakukan kunker kelokasi proyek Bina Marga. “Kata Abd Rasid Salim. (Rahmad Nur.)
Selengkapnya...

Kuota BBM Subsidi di Sejumlah Daerah Menipis

Di Makassar  Jatah Solar Sudah Dibatasi Tiap SPBU

 Jakarta, KBN News-Bayang-bayang ancaman jebolnya subsidi BBM kian kentara. Pasalnya, hingga akhir September lalu, konsumsi BBM subsidi terus menunjukkan tren menanjak dan melampaui kuota atau jatah yang ditetapkan.

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Tubagus Haryono mengatakan, hingga 30 September 2011 ini, realisasi konsumsi BBM subsidi sudah menembus angka 30,76 juta kiloliter (KL). "Artinya, sudah 102,6 persen dari jatah Januari-September yang dipatok sebesar 29,99 juta KL," ujarnya, Selasa, 4 Oktober.

Sebagaimana diketahui, kuota BBM bersubsidi di APBN 2011 yang awalnya dipatok 38,59 juta KL, akhirnya ditambah menjadi 40,49 juta KL pada APBNP 2011. Penambahan ini untuk mengantisipasi tren konsumsi BBM bersubsidi yang terus merangkak naik.

Tubagus menyebut, dengan kuota sampai akhir tahun yang sebesar 40,49 juta KL, maka realisasi konsumsi hingga akhir September 2011 sudah mencapai 75,98 persen. "Sehingga, jatah BBM subsidi tinggal 24,02 persen atau kurang dari seperempat," katanya.

Fajar Online melansir Data BPH Migas menunjukkan, Premium menjadi jenis BBM dengan konsumsi paling tinggi melampaui kuota. Hingga akhir September, konsumsi Premium tercatat sebesar 18,80 juta KL atau 103,2 persen dari jatah Januari-September yang dipatok 18,20 juta KL. Sehingga, sampai akhir tahun nanti, jatah Premium subsidi tinggal 23,38 persen dari total kuota 24,53 juta KL.

Adapun Solar, konsumsinya mencapai 10,62 juta KL atau 102,4 persen dari jatah Januari-September yang dipatok 10,38 juta KL. Hingga akhir tahun, jatah Solar subsidi tinggal 24,91 persen dari total kuota 14,15 juta KL.

Sedangkan untuk Kerosene atau Minyak Tanah, konsumsinya mencapai 1,33 juta KL atau 95,4 persen dari jatah Januari-September yang dipatok 1,40 juta KL. Rendahnya konsumsi Kerosene dikarenakan program konversi ke elpiji. Hingga akhir tahun, jatah Kerosene masih 25,70 persen dari total kuota 1,80 juta KL.

Sebelumnya, Anggota Komite BPH Migas Adi Subagyo Subono mengatakan, jika konsumsi tinggi ini tidak dikendalikan, maka kuota BBM bersubsidi yang ditetapkan sebesar 40,49 juta KL berpotensi jebol. "Kemungkinan, realisasinya bisa tembus 41,80 juta KL," ujarnya.

Menurut Adi, saat ini, nasib kuota BBM bersubsidi tergantung pada keputusan pemerintah, apakah akan memberlakukan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi mulai akhir tahun ini atau tidak. "Jika tidak dilakukan pembatasan, maka konsumsi Premium dan Solar akan melampaui kuota," katanya.



Sejumlah Pengelolah SPBU di Makassar Mengeluh.



Sementara itu sejumlah pengelolah SPBU di Makassar merasa sangat dirugikan dengan adanya pembatasan pembagian jatah BBM yakni khususnya Solar, Sudah sepekan ini Pertamina Makassar melakukan sistem Kouta bagi pengelolah SPBU di Makassar, kata seorang Pengelolah SPBU yang tidak mau disebut namanya.

dari pantauan Kantor Berita Kota Online disejumlah SPBU di Makassar ini merasakan hal yang sama dan merasa dirugikan dengan adanya sistem kouta ini, Bahan bakar jenis Solar sangat menipis persediaan di bebrapa SPBU didaerah selatan kota Makassar.

"Dengan adanya pembagian Kouta Solar ini, dan bila ini berlangsung lama maka roda perekonomian didaerah ini akan tidak jalan dari aspek perekonomian dimana untuk transportasi dan produksi pada perusahaan mereka rata-rata memakai Bahan bakar jenis Solar, maka ini diminta pihak Pertamina Makassar untuk dapat mempertimbangkan keputusan pembagian kouta ini, karena sangat merugikan rakyat dengan adanya kekosongan bahan bakar ini pada sejumlah SPBU di Makassar, "jelas salah satu pemilik SPBU. (Iwan/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Kasat Lantas : Pelanggaran Plat Modifikasi Selama Razia Menurun

Makassar, KBN News-Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Makassar AKBP Muhammad Hidayat bergembira. Ini gara-gara razia pelat gaul kendaraan bermotor dijalankan secara ketat sejak Senin kemarin, terjadi penurunan pelanggaran penggunaan pelat palsu.


"Alhamdulillah, terjadi penurunan pelanggaran tanda nomor kendaraan bermotor yang tidak sesuai peraturan. Ini berkat peran media cetak dan media elektronik," kata Hidayat melalui BlackBerry Messenger, Selasa (04/09/2011),seperti dilansir Tribun.

Pada Selasa ini, polisi hanya menemukan 31 pelanggaran yang dilakukan pengguna kendaraan bermotor. Rinciannya: 15 pelat dari kendaraan bermotor roda empat dan 16 pelat dari kendaraan bermotor roda dua.

Sebelumnya, polisi menemukan 50 tindak pelanggaran, 20 dari kendaraan roda empat dan 30 dari kendaraan roda dua.

Razia TNBK tidak sah dilakukan selain untuk penertiban peraturan berlalu lintas juga untuk mengurangi tindak kejahatan yang biasa dilakukan pelaku dengan menyamarkan nomor pelat kendaraannya. Salah satu contoh pelat yang melanggar yakni DD 616I yang seharusnya DD 616 I. Huruf seharusnya dipisah dengan angka tapi seringkali disalahgunakan hanya agar tercipta pelafalan yang mirip kata gigi.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Tiga Calon Jamaah Haji Asal Balikpapan Gagal Berangkat Ke Mekkah

Liputan Khusus Haji 2011

Balikpapan, KBN News-Dari dua kelompok terbang (kloter) penerbangan jemaah haji Embarkasi Balikpapan, yang berangkat dari Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu dan Senin (3/10/2011), tiga jemaah calon haji tidak bisa diberangkatkan.

Satu calon jamaah haji asal Balikpapan yang seharusnya berangkat Minggu, dirawat di rumah sakit. Usianya pun, kebetulan sudah tua. Sementara satunya lagi, juga dari Balikpapan, visanya bermasalah.

"Satu jemaah calon haji asal Sulawesi Utara yang kloternya diberangkatkan Senin sore, juga terpaksa tidak bisa ikut terbang karena tengah hamil," kata Kusasih, Kepala Kanwil Kement erian Agama Kaltim, Senin malam,seperti dilansir Kompas.

Jika diketahui hamil, memang ada aturan jamaah calon haji tidak boleh diberangkatkan. Adapun untuk calon jemaah yang dirawat karena sakit tersebut, masih ada kemungkinan diberangkatkan jika kondisinya sehat.

Jamaah calon haji yang berangkat dari Embarkasi Balikpapan berasal dari tiga provinsi, yakni Kaltim (3.062 orang), Sulawesi Tengah (1.922 orang), dan Sulawesi Utara (800 orang). (Darwis)
Selengkapnya...

IM2 Broom Edu Bidik Kalangan Pelajar di Makassar

Makassar, KBN News-PT Indosat Mega Media (IM2), penyedia jasa internet dan multimedia terkemuka di Indonesia telah menyediakan promo Broom 100 yang di bundling dengan aplikasi pembelajaran online Pesoana Edu hingga desember 2011. Broom EDU sebagai salah satu bentuk perhatian IM2 kepada pelajar yang bertujuan untuk mendukung pelajar dalam menambah ilmu pengetahuan. Paket Broom EDU sangat membantu dan mampermudah para pelajar untuk mendapatkan bank soal dari beberapa mata pelajaran yang disediakan mulai dari tingkatan SD,SMP, hingga SMA.

Menurut Dwi Anggoro Handoko selaku Ass.Manager IM2 PAMASUKA, IM2 memberikan Promo paket Broom EDU ini diharapkan agar seluruh masyarakat khusunya di wilayah Makassar bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat lewat internet salah-satunya melalui software Pesona EDU, sehingga belajar akan terasa lebih menyenangkan dan mudah dalam mendapatkan dan memahami pelajaran.

Promo Broom 100 Pesona Edu ini mulai banyak dicari oleh orang tua siswa yang sangat mendukung anak – anaknya dalam mendapatkan sumber ilmu yakni materi-materi pelajaran yang disediakan di sekolah dan mempermudah dalam memahami pelajaran lewat internet dengan 155 topik edukasi dari Pesona Edu online yang memiliki total harga Rp. 3,1 juta gratis, kini Hanya dengan Rp. 150.000 langsung mendapatkan SP Broom100 + voucher online Pesona Edu + voucher 20% untuk pembelian kamus ingris – Indonesia di toko buku gramedia, paket Broom EDU ini tersedia di galeri Indosat Jl. Slamet Riyadi No.4 atau Jl. A.P.Pettarani No.47. Tidak hanya itu saja namun akan berlanjut dengan paket – paket yang disediakan dengan kuota yang semakin besar.

Ini dikarenakan kebutuhan internet masyarakat yang semakin tinggi. Mulai dari Broom 100 hingga Broom Bastis yang sangat disesuaikan dengan kantong pelanggan IM2” ujarnya.

Selain program ini akan masih banyak IM2 akan menghadirkan program – program terbaru yang akan memanjakan para pelanggannya. Program yang menarik dan memanjakan pelanggan adalah salah satu komitmen IM2 kepada pelanggannya. IM2 berkomitmen menghadirkan produk berkualitas dengan layanan terbaik serta penyediaan produk dan akses internet inovatif secara lengkap sesuai kebutuhan pelanggan. “Nikmati kualitas produk dan layanannya dan rasakan kemudahannya anytime anywhere”. (Andi Ahmad)


Selengkapnya...

CJH Indonesia Tahun 2011 Mulai Diberangkatkan

Pelepasan CHJ di Jakarta (Kompas Image)
 Liputan Khusus Haji 2011

Jakarta, KBN News-Sebanyak 11 embarkasi, mulai memberangkatkan calon jemaah haji ke Tanah Suci. Sedangkan satu embarkasi lainnya, yaitu Banjarmasin, baru akan memberangkatkan pada 6 Oktober 2011.

Hal tersebut diutarakan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali, saat melepas Kelompok Terbang (Kloter) 1 di Terminal Haji, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (2/10/2011). Hari ini, Embarkasi Jakarta memberangkatkan 898 caloh haji dari Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Kompas melansir Sebanyak 449 calon jamaah haji dari Jawa Barat diterbangkan dengan pesawat Saudi Arabia Airlines, sedangkan untuk 449 Kloter 1 DKI Jakarta diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia. Garuda Indonesia sendiri akan memberangkatkan lebih dari 113 calon jamaah haji dalam 300 kloter. Sedangkan maskapai penerbangan Arab Saudi akan mengangkut lebih dari 89 calon jamaah haji dari 199 kloter.

Pemberangkatan calon jamaah haji yang dimulai hari ini akan berlangsung hingga 30 Oktober. Sedangkan untuk pemulangan akan dimulai pada 11 November hingga 10 Desember 2011.(Saputra)



Selengkapnya...

PT.JAPFA , Gelar Kampaye Gizi JapfaKids4 Purwakarta

Purwakarta,KBN News-Salah satu perusahaan makanan siap saji sosis PT. JAPFA Comfeed Tbk melaui program Corporate Social Responsibility (CSR) membantu dalam kegiatan pendidkan Sebanyak 1.285 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) yang berasal dari SDN Cibatu, SDN Karyamekar, SDN 1 Cilandak dan MIN Karyamekar Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta Jawa Barat serta dua sekolah dari Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang Jawa Barat, mengikuti kampanye gizi JAPFA4Kids yang diselenggarakan JAPFA Comfeed Tbk di lapang sepak bola Kecamatan Cibatu,belum lama ini.

Pada kegiatan itu, JAPFA Comfeed Tbk selaku pihak penyelenggara tak hanya melibatkan siswa-siswi SD, akan tetapi turut dilibatkan pula sebanyak 83 guru yang berasal dari 6 sekolah SD di atas. Kegiatan ini mengusung tema “Anak Indonesia Peduli Gizi”, dan bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai tata kelola sekolah yang baik bagi para guru, dan pemahaman mengenai pentingnya asupan makanan bergizi bagi para murid, terutama murid usia sekolah dasar.

Sasaran dari kegiatan JAPFA4Kids ini adalah dua komponen utama sekolah, yaitu guru dan murid. Oleh karena itu, dalam setiap kegiatannya JAPFA4Kids diadakan selama dua hari berturut-turut. Sebelumnya, pada kegiatan yang dilaksanakan pada hari pertama, Senin (26/9), bentuk kegiatan berupa 5S (Seiri/pilah, Seiton/tata, Seiso/bersihkan, Seiketsu/mantapkan, dan Shitsuke/biasakan), bagi para kepala sekolah dan guru.

Sebagai anak-anak yang masih rentan terhadap pengaruh negatif, untuk memastikan agar para murid tersebut dapat menjadi agen perubahan yang akan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan terutama bagi diri sendiri. Untuk itu JAPFA merancang sejumlah kegiatan kreatif dan bermanfaat bagi anak-anak SD.

Seperti Pelatihan Dokter Kecil dengan melibatkan sebanyak 60 murid sebagai perwakilan dari 6 sekolah peserta JAPFA4Kids. Mereka mengikuti pelatihan untuk mampu menjadi petugas Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dan sekaligus penyuluh untuk kehidupan yang lebih sehat.

Materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut diantaranya adalah, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gizi dan P3K. “Tujuan dari pelatihan Dokter Kecil ini adalah agar para murid yang sudah diberikan pelatihan tersebut dapat ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga, dan lingkungannya,” terang Head of Public Relations JAPFA Comfeed Tbk, R. Artsanti Alif pada metropuncaknews.com ketika dikonfirmasi di sela-sela kegiatan tersebut, Senin (26/9).

Status gizi baik atau optimal, lanjut Artsanti Alif, terjadi bila tubuh memperolah cukup zat-zat gizi yang digunakan secara efesien. Sehingga memungkinkan pertumbuhan fisik, perkembangan otak, kemampuan fisik, dan kesehatan secara umum. “Namun, status gizi yang baik tidaklah cukup untuk menuai potensi maksimal dari para calon penerus bangsa ini. Mereka juga harus dibekali dengan pemahaman dan pengetahuan mengenai pentingnya kebersihan dan kesehatan. Oleh karena itu, di dalam pelatihan Dokter Kecil ini, kami memberikan tiga materi yang saling terkait dan menunjang tersebut,” papar Artsanti Alif.

Ada yang menarik dari kegiatan JAPFA4Kids ini. Yaitu dengan hadirnya beberapa murid dan guru dari daerah lain di acara tersebut. Bahkan sebagian besar dari mereka berasal dari luar pulau Jawa. Para murid dan guru tersebut merupakan para pemenang tingkat wilayah dari JAPFA4Kids Awards 2011 Student&School Competitions, yakni sebuah kompetisi berskala nasional yang diadakan oleh JAPFA bagi para murid dan sekolah-sekolah peserta JAPFA4Kids tahun 2010. Kehadiran mereka pada kegiatan Kampanye Gizi JAPFA4Kids di Kabupaten Purwakarta ini, adalah untuk menerima hasil pengumuman pemenang dan menerima penghargaan JAPFA4Kids Awards 2011 Student&School Competitions tingkat nasional.

Sesuai dengan nama kegiatannya yaitu JAPFA4Kids Awards 2011 Student&School Competitions, kata Artsanti Alif, kegiatan ini merupakan ajang kompetisi bagi para murid dan sekolah, dengan tiga jenis perlombaan. Yaitu Lomba Menggambar, Lomba Mengarang, dan Lomba Majalah Dinding.

Sedangkan jenis perlombaan untuk sekolah adalah adalah 5S. Yaitu perlombaan untuk menata dan merapikan sekolah sehingga menjadi tempat belajar dan mengajar yang nyaman dan menyenangkan. “Melalui Lomba 5S ini, kami ingin mengetahui sampai sejauh mana hasil pelatihan 5S yang sudah kami berikan kepada manajemen sekolah, mampu diterapkan di lingkungan sekolah mereka. Selain itu, kami juga ingin melihat apakah 5S sudah menjadi budaya di lingkungan sekolah mereka. Tidak hanya bagi para tenaga pengajar, namun juga bagi para anak didik mereka,” tambah Artsanti Alif.

Sementara itu, Herry Wibowo, Direktur JAPFA Comfeed Tbk dalam keterangan persnya di Aula Kecamatan Cibatu mengatakan, melalui peningkatan pemahaman akan tata kelola sekolah yang baik, dapat dipastikan kebersihan lingkungan sekolah akan menjadi baik. Begitu pula dengan tingkat kesehatan para murid. Sehingga diharapkan kegiatan pendidikan dapat berlangsung dengan lebih menyenangkan dan dapat berjalan dengan baik.

Herry Wibowo menjelaskan, para peserta yang datang dari luar daerah tersebut merupakan para juara 1 Lomba JAPFA4Kids Awards 2011 Student&School Competitions tingkat wilayah. Mereka datang dari Klaten, Malang, Padang Pariaman, Lampung Selatan, Banjar, Parigi Moutong, Sigi, Kuningan, dan Bogor.

Sementara yang paling istimewa menurut Herry Wibowo, adalah adanya wakil dari Kabupaten Purwakarta, baik untuk Student Competitions maupun School Competitions. Yaitu Mirsyad sebagai juara 1 Lomba Mengarang tingkat wilayah, dan SDN Sukamanah sebagai juara 1 Lomba 5S tingkat wilayah.

“Kami sengaja mengundang mereka ke Jakarta untuk berbagi kebahagiaan, menambah wawasan dan memberi pengalaman baru. Kami akan mengajak mereka jalan-jalan ke Taman Mini Indonesia Indah, Monumen Nasional, mengunjungi pabrik JAPFA, dan ke Dunia Fantasi. Ini merupakan bentuk kecil penghargaan kami bagi dunia pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan sekolah dasar,’ kata Herry.


Sesuai dengan bentuk kegiatannya yaitu kampanye gizi, maka JAPFA tetap akan memberikan bantuan untuk meningkatkan asupan gizi para murid di enam sekolah tersebut melalui distribusi rutin, setiap bulan selama lima bulan ke depan berupa susu dan sosis. “Anak-anak adalah tanggung jawab kita semua, mereka adalah investasi masa depan bangsa ini. Apa yang kita lakukan adalah bentuk kepedulian dan perhatian kita. Maka sudah sewajarnya kita memperhatikan anak-anak sebagai calon generasi penerus, baik dari segi pendidikan maupun kesehatannya,” imbuh Herry.(Saeful R Sutedjo)
Selengkapnya...

Kapolda Sulsel Dukung Penertiban Plat Modifikasi Kendaraan

Makassar, KBN News-Rencana penertiban plat kendaraan modifikasi di wilayah Sulsel mendapat tanggapan positif dari Kapolda Sulsel Irjen Pol Johny Wainal Usman. Diharapkan penertiban ini bisa membuat masyarakat lebih disiplin dan teratur dalam identitas kendaraan mereka.

Harus kita dukung penertiban ini. Soalnya mereka yang menggunakan plat yang tidak sesuai dengan spektek merupakan suatu pelanggaran," ujar kapolda Jumat (30/9/2011).

Kapolda mengharapkan agar semua plat modifikasi bisa ditertibkan dan tanpa pandang bulu. "Siapa saja yang melanggar harus ditertibkan," tandasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP M Hidayat mengatakan, pihaknya mulai Senin (3/10/2011) akan melakukan penertiban plat kendaraan yang melakukan modifikasi. Razia itu dilakukan untuk menertibkan plat sesuai yang tercantum dalam Undang-undang no 22 tahun 2009 pasal 280 dengan denda maksimal Rp500 ribu atau pidana dua bulan penjara.

"Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tindak kriminal yang biasa menggunakan plat palsu atau modifikasi," ujar Hidayat.

Biasanya, kata Kasat, para pelaku kriminal sengaja menggunakan plat palsu atau modifikasi dalam menjalankan aksinya. Itu dilakukan untuk menyamarkan identitas mereka dan sulit terlacak.

Kasat menghimbau agar masyarakat tidak panik. Sebaliknya, masyarakat harus kembali menggunakan plat sesuai dengan yang dikeluarkan oleh Samsat. "Saya imbau masyarakat bahwa mencatat nama anggota polisi yang meminta sejumlah uang dalam penertiban ini," terangnya.(uki/Andi Ahmad)


Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom