Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Operasi Zebra Digelar, 69 Pelanggaran Kendaraan Terjaring di Makassar

Makassar, KBN News-Operasi zebra yang digelar Satlantas Polrestabes Makassar di hari pertama Senin (28/11/11) berhasil menjaring 69 pelanggaran kendaraan. Beberapa kendaraan yang terjaring terpaksa harus diamankan di Mapolrestabes Makassar.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP M Hidayat mengatakan, operasi dilakukan seluruh jajaran Polsek yang ada dibawah wilayah Polrestabes Makassar. Dari operasi tersebut 69 pelanggarn diberikan sanksi tilang.

Dari 69 kendaraan itu, 55 diantaranya diberikan surat tilang. Sementara kendaraan yang diamankan di Mapolrestabes Makassar berjumlah 16 unit, dengan rincian 1 truk dan 15 kendaraan roda dua.

" Selain itu dilakukan pula kegiatan edukasi dalam rangka operasi Zebra dengan membagikan brosue. Dilakukan pula sosialisasi operasi zebra di SMAN 9 Makassar dan bertindak selaku pembina upacara yakni AKP Radeng Jaya," tandasnya.

Untuk hari ke dua Selasa (29/11/11), operasi zebra akan dilakukan di Jalan Sultan Alauddin pagi ini. "Dibagi dua tim di depan Gedung Juang 45," kata Hidayat.(Mudassir/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Bupati Ingatkan Pengusaha Tapsel Patuhi Jamsostek

Sipriok-Tapsel, KBN News-Bupati Tapanuli Selatan Tapsel Syahrul Pasaribu mengingatkan seluruh pengusaha yang beroperasi di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) untuk mematuhi program jaminan sosial tenaga kerja (jamsostek) sebagaimana diamanatkan dalam Undang undang No. 3 tahun 1992.


“Diminta kepada pengusaha agar mengikutkan karyawannya ke jamsostek, karena sangat banyak manfaatnya, seperti terbukti dengan pemberian santunan jaminan kecelakaan kerja kepada ahli waris ,” kata Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu disela sela memeringati Hari Ulang Tahun ke-61, di Pertapakan Kantor Bupati, Kecamatan Sipirok, Kamis (24/11) kemarin.

Dari PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga turut hadir Pejabat Pelaksana Sementara Kepala Bidang Pemasaran Sanco Simanullang dan Kepala Bidang Pelayanan Zainal Fakhruddin. Sementara dari Dinas Tenaga kerja Tapsel hadir Kepala Dinas Syamsul Bahri Siregar dan Kepala Bidang Pengawasan Pardamean Ritonga.

Siaran Pers Jamsostek Sibolga, Senin (28/11) mengungkapkan, pada peringatan HUT Tapsel yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara dan pemotongan tumpeng itu , diserahkan santunan kematian akibat kecelakaan kerja kepada keluarga almarhum Nikmal, seorang karyawan PT Leeighton Contractor Indonesia . Almarhum Nikmal menjadi peserta jamsostek sejak januari 2011 sampai dengan agustus 2011.
Santunan yang dibayarkan antara lain santunan kematian Rp 57.518.496, biaya pemakaman Rp 2 juta, santunan berkala Rp 200.000/ bulan selama 24 bulan dan jaminan hari tua Rp 537.000,-

“Total yang diserahkan Rp 64.855.496. Sementara sebelumnya, kepada perusahaan diserahkan penggantian biaya STMB Rp 439.377,40, transportasi Rp 1 Juta, biaya pengobatan Rp 20 juta total Rp 21.439.377,40. Total seluruh santuan dan penggantian biaya Rp 86.294.873,40,” kata Kabid Pelayanan Jamsostek Sibolga Zainal Fakhruddin.
Selain kegiatan itu, Sanco Simanullang menambahkan dalam peringatan yang mengusung tema awal kemandirian menuju kesejahteraan ini, juga diserahkan bantuan beasiswa kepada dua orang anak pekerja yang berprestasi antara lain Yuni Kartika anak dari tenaga kerja Edward Efensi dan Elga Putri Nasution anak dari tenaga keraaj Ali Napia Nasution karyawan PT Prasmanindo Boga Utama.(Sanco Simanullang)
Selengkapnya...

Gebrakan Bupati Hijaukan Kepulauan Sula

Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Ahmad Hidayat Mus
Buat Gerakan Perempuan Tanam 5000 Pohon

Laporan: Saldi Rani- Sula

Sula, KBN News-Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Ahmad Hidayat Mus, membuka acara Gerakan Perempuan Tanam Pohon yang dilaksanakan oleh Dharmawanita dan PKK kabupaten sula, yang dihadiri pula oleh Anggota Komisi III DPR RI Hj. Nurrahmah Mus, Unsur Muspida, dan Masyarakat.

Dalam Sambutannya Bupati menyampaian apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kaum perempuan khususnya DWP Dharmawanita dan PKK yang bahu membahu bersama masyarakat melaksanakan Gerakan Perempuan Tanam Pohon, Harapan Bupati Kepada para perempuan yang hadir agar menjaga Pohon dirumah masing-masing serta terus berperan aktif melestarikan lingkungan.

Pemanasan global adalah persoalan dunia yang kita hadapi saat ini, untuk itu kita semua perlu melestarikan serta menjaganya agar tetap bersih dan hijau melalui gerakan dan didasari dengan 3S, sentuh tanah, sentuh air dan sentuh budaya, semoga Adipura kita raih kembali untuk ketiga Kalinya. Selanjutnya Bupati akan melakukan penanaman bibit pohon di dua pulau besar di kepulauan sula yakni pulau taliabu dan mangoli.

Sementara Hj. Nurrahmah Mus Komisi III DPR RI mengatakan “ Kegiatan Seperti ini perlu kita tingkatkan, bukan hanya dikepulauan sula, salah satu program pembangunan pemerintah adalah pelestarian lingkungan dan tentunya ini sebagai bentuk komitmen kita Kaum perempuan, jadi saatnya kita sebagai kaum perempuan untuk berbuat, kalau bukan sekarang kapan lagi dan siapa lagi kalo bukan kita. perempuan tentunya mampu,
Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman 100 bibit pohon dilokasi kegiatan dan dilanjutkan dibeberapa titik di kota sanana dan beberapa titik di taliabu dan mangoli.
Selengkapnya...

Operasi Zebra 2011 di Makassar Targetkan Kurangi Pelanggaran Lalulintas

 Laporan: Andi Ahmad Effendy- Makassar

Makassar, KBN News-Untuk menekan pelanggaran lalulintas di jalan, aparat Polrestabes Makassar dan jajarannya bakal menggelar operasi Zebra 2011. Operasi ini dilaksanakan mulai Senin (28/11/11) hingga Minggu (11/12/11) mendatang.

Keputusan pelaksanaan operasi Zebra tersebut, berdasarkan Surat Telegram Polda Sulsel No:ST/1850/XI/2011 tgl 17 November 2011 tentang Jadwal Pelaksanaan Operasi ZEBRA 2011 ditindaklanjuti dengan Surat Perintah Kapolrestabes Makassar No: Sprin/1125/XI/2011 pelaksanaan Operasi ZEBRA 2011. Adapun sasarannya yakni seluruh pelanggaran lalulintas yang ada di jalan raya.

"Seluruh pelanggar akan ditindak tegas dengan pola penegakan hukum berupa Tilang 75 persen dan tindakan edukasi 25 persen. Semua pola tersebut pada hakekatnya untuk memberikan pembelajaran kepada seluruh masyarakat dalam rangka mewujudkan Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas," kata Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP M Hidayat.

Selain itu, kata dia, dengan berkurangnya angka kecelakaan lalulintas maka akan sangat mendukung progam "Menuju Makassar Kota Dunia".
Selengkapnya...

Jembatan Tenggarong Runtuh 5 Orang Tewas, 18 Luka-luka

Tenggarong, KBN News-Hingga saat ini korban tewas akibat ambruknya jembatan Mahakam Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur bertambah menjadi 5 orang. Sedang korban luka berjumlah 19 orang.

Diperkirakan korban masih bisa bertambah, karena proses evakuasi masih belum tuntas. Malam ini proses evakuasi dihentikan sementara dan akan dilanjutkan Minggu (27/11/2011) pagi,seperti dilansir Detikcom.

Data dan keterangan ini disampaikan dalam rapat koordinasi di kediaman Wakil Bupati Kutai Kartanegara, M Gufron Yusuf, Sabtu (26/11/2011) malam. Rapat dipimpin Gubernur Kaltim Awang Farouk, M Gufron Yusuf, dan perwakilan RS dan Tim SAR.

Dari lima korban tewas, tiga di antaranya sudah teridentifikasi. Ketiganya adalah Agus (24 tahun), Fairus (25 tahun), dan Aisah (6 bulan). Dua korban tewas lainnya yang merupakan orang dewasa belum teridentifikasi.

Sementara dari 19 korban luka, empat korban di antaranya sudah diperbolehkan pulang karena lukanya tidak serius. Sedangkan 15 korban luka lainnya masih menjalani perawatan intensif di RS.

Sementara itu, Koordinator Tim SAR, Darmansyah, mengatakan, pihaknya sudah membangun tenda sebagai tempat pelaporan bila ada keluarga yang anggota keluarganya hilang.

Dalam proses evakuasi sore hingga malam ini, Tim SAR mengerahkan total 40 unit, terdiri dari speed boat dan perahu karet. Tim SAR akan melanjutkan pencarian korban pada Minggu pagi dengan menyapu dari hulu ke hilir sungai Mahakam.(Darwis)
Selengkapnya...

Badai Puting Beliung Hantam Wilayah Selatan Makassar

Makassar, KBN News-Akibat hujan deras yang mengguyur Makassar, sejumlah rumah di kota Makassar rusak. Bahkan sejumlah penghuni rumah yang tertiup angin menjadi korban karena tertimpa kayu balok rumahnya.

Seperti yang terjadi di Jl Batua Raya IX, Kelurahan Batua Kecamatan Manggala. sedikitnya 15 rumah mengalami kerusakan di bagian atapnya. Tiga diantaranya rusak total hingga rata dengan tanah.
Pada peristiwa ini, seorang ibu rumah tangga Normawati (45) dilarikan ke Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo karena mengalami luka cukup serius di bagian belakang kepalanya akibat tertimpa kayu balok.

Tidak jauh dari lokasi tersebut, tepatnya di Jl Batua Raya X, sebuah menara mesjid patah akibat tiupan angin kencang. Beruntung patahan menara tidak sampai terjatuh dan menimpa rumah warga.

Sementara di Jl Meranti I, Kelurahan Paropo, Kecamatan Panakkukang, sebanyak 11 rumah mengalami kerusakan serupa. Bahkan rumah salah satu warga bergeser hingga satu meter akibat tiupan angin. Rumah yang dijadikan kosan oleh pemiliknya tersebut sedang kosong saat kejadian sehingga tidak ada korban pada peristiwa tersebut.

Menurut Muh Tawil salah satu pemilik kosan yang atap rumahnya terbawa angin, ketika kejadian ia dan keluarganya berada di dalam rumah. Tiba-tiba sebuah angin kencang meniup atapnya hingga terbang menimpa rumah tetangganya.

" Kami tidak dapat berbuat apa-apa dan hanya dapat pasrah basah kuyup menunggu hujan reda, " ujarnya.

Kejadian serupa juga menimpa warga Jl Aeropala, Kelurahan Minasa Upa, Kecamatan Rappocini. Puluhan rumah mengalami kerusakan. Beberapa diantaranya rata dengan tanah. Kendati demikian, tidak ada korban jiwa maupun luka pada peristiwa tersebut.

Di sekitar lokasi tersebut juga, atap lapangan futsal Nobel Hertasning ambruk menimpa lapangan. Namun, pada saat kejadian tidak ada orang yang menggunakan fasilitas lapangan tersebut. Di sepanjang jalan ini juga terlihat patahan pohon dan atap seng yang betebaran.

Di lain tempat, sebuah pohon tumbang menimpa rumah salah satu warga Jl Ketapang, Kecamatan Panakkukang. Akibat kejadian itu pula, sebuah tiang listrik beton ikut tertimpa batang pohon hingga patah. Kendati tidak ada korban, namun, batang pohon merusak bagian depan rumah karyawan Bank Mandiri dan listrik warga sekitar terputus.

" Kami telah meminta Dinas Kebersihan untuk memangkas pohon sekitar karena sudah lapuk dan membahayakan warga sekitar namun permintaan kami tidak ditanggapi dengan baik, " ujar Direktur Lembaga Bantuan dan Pelayanan Hukum Demokrasi Keadilan Indonesia Mokhtar Djuma yang rumahnya tepat berada di depan rumah karyawan bank yang tertimpa batang pohon.

Mantan anggota DPRD tersebut juga menambahkan bahwa mestinya pemerintah mengantisipasi kejadian tersebut dengan memperhatikan tanaman kota yang dapat membahayakan masyarakat dengan melakukan pengecekan rutin.

Ia juga menyebutkan bahwa pemerintah juga harus menganggarkan mobil lift. Pasalnya, mobil tersebut hanya ada dua di Makassar sehingga ketika warga membutuhkannya harus mengantri bahkan kadang tidak ditanggapi sehingga tanaman yang menutup arus jalan atau menimpa sesuatu tidak cepat ditangani.

" Mestinya pemerintah pro aktif dan meliahat kinerja Kepala Dinas sehingga tidak ada korban selanjutnya, " Ujar Mochtar saat ditemui di depan kediamannya.

Angin kencang ( Puting Beliung) juga menghantam pemukiman di Borong Raya Kelurahan Borong Kecamatan Manggala mengakibatkan puluhan rumah warga didaerah itu tanpa atap lagi, Badai angin puting beliung mengamuk sekitar pukul 14.10 wita yang diawali dengan suara gemuru guntur dan hujan lebat yang menerbangkan atap seng rumah warga pada areal pemukiman perumahan Puri Taman Sari kelurahan Borong.

Sejumlah warga panit dan berhamburan keluar rumah menyaksikan atap rumahnya beterbangan dibawa angin puting beliung,
bahkan warga melihat angin tersebut menyerupai gumpalan hitam yang berputar-putar seperti gasing dari arah selatan kota Makassar, kata Daeng Tompo salah warga Borong.

Bahkan salah satu rumah panggung yang berada ditengah areal persawahan didekat perumahan Puri Taman Sari roboh rata dengan tanah akibat hantaman angin kencang tersebut,

Lain lagi yang dialami warga Borong Dalam, Daeng Caco rumahnya ditimpah bencana angin puting beliung juga dan terpaksa malam ini tidur beratap langit bersama keluarganya karena atap rumahnya disapu bersih angin tersebut.

Tokoh Masyarakat Borong, Baharuddin meminta kepada Pemerintah Kota Makassar segera meninjau lokasi pemukiman warga di Borong yang terkena bencana puting beliung untuk memberikan bantuan atap seng sebagai wujud kepedulian kepada warganya. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Budidaya Sarang Walet di Sampit Hasilkan Sampai Rp 21 Miliar

Sampit, KBN News-Panen sarang burung walet di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam tujuh bulan terakhir April-Oktober 2011 mencapai 3.089 Kg.

"Hasil panen sarang burung walet tersebut dikirim ke luar daerah melalui Bandara Haji Asan Sampit ke Jakarta, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Surabaya, Jawa Timur (Jatim)," kata Staf Resor Sampit Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kotim, Ian Septiawan di Sampit, Jumat (25/11/2011).

Harga sarang burung walet saat ini mencapai Rp 7 juta per kg, dan diperkirakan dari 3.089 Kg tersebut menghasilkan uang sebesar Rp 21 miliar lebih.

Pendataan hasil panen sarang burung walet di Kotim baru dimulai sejak April 2011 karena tiga bulan sebelumnya, yakni Januari-Maret 2011 BKSDA masih menyosialiasikan peredaran sarang walet.

Dia mengatakan, pendataan sendiri dilakukan untuk mengontrol peredaran sarang burung walet di Kotim yang merupakan salah satu kabupaten budidaya burung walet di provinsi Kalteng,seperti dilansir Kompas.com.

Menurut Ian, setiap peredaran sarang burung walet sekarang terdata dengan baik dan pengirimannya juga telah dilengkapi surat angkut yang dikeluarkan oleh pihak BKSDA.

Selain surat angkut, BKSDA Kotim juga mengeluarkan sertifikasi kesehatan pengiriman sarang walet. "Berdasarkan hasil pendataan kami peredaran sarang burung walet di Kotim tertinggi terjadi pada Oktober 2011 mencapai 1.198 Kg dan terendah terjadi pada Juni 2011 hanya sebanyak 65 Kg," katanya.

Hasil pendataan dalam tujuh bulan terakhir adalah April 2011 sebanyak 72 K¼kg, Mei 722 Kg, Juni 64 Kg, Juli 459 Kg, Agutus 120 Kg, September 454 Kg, dan Oktober 1198 Kg.(Saputra)
Selengkapnya...

Atasi Kemiskinan di Makassar, Pemkot Anggarkan Dana Rp.106 M

Makassar, KBN News-Workshop bertema Mewujudkan Best Practice Kriteria Kemiskinan Berbasis Lokal Pada Jaminan Kesehatan oleh Lembaga Strategis Pemberdayaan Rakyat (Gardan) bekerasama Pemerintah Kota Makassar di hotel Delta, Jl Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (22/11.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Pemerintah Kota Makassar Syahrir Sappaile mengeluhkan jumlah keluarga miskin di Kota Makassar. Syahrir menilai data keluarga miskin kota Makassar cenderung tidak obyektif.


"Di Makassar ini kita bingung melihat keluarga miskin karena kalau kita mau bagi-bagi bantuan misalnya BLT, eh tiba-tiba banyak yang mengaku miskin, mereka mendadak masuk pendataan sebagai warga miskin, parahnya, ada warga miskin justru tidak dapat bagian,"kata Syahrir.

Sebagai badan pemberdayaan, Syahrir mengakui adanya karakter warga miskin Kota Makassar yang tidak mengindahkan etikat baik dan jauh ketinggalan dari warga miskin yang ada di kabupaten.

"Saya melihat warga miskin kota Makassar ini cenderung kurang ini, kalau orang di daerah kabupaten itu, tidak ketahuan siapa orang miskin karena mereka cenderung menyembunyikan kalau mereka miskin, tapi kalau di kota semua mendadak mengaku miskin jadi susah didata siapa mi,"Syahrir menambahkan.

"Di Makassar ini kita bingung melihat keluarga miskin karena kalau kita mau bagi-bagi bantuan misalnya BLT, eh tiba-tiba banyak yang mengaku miskin, mereka mendadak masuk pendataan sebagai warga miskin, parahnya, ada warga miskin justru tidak dapat bagian,"kata Syahrir.

Sebagai badan pemberdayaan, Syahrir mengakui adanya karakter warga miskin Kota Makassar yang tidak mengindahkan etikat baik dan jauh ketinggalan dari warga miskin yang ada di kabupaten.

"Saya melihat warga miskin kota Makassar ini cenderung kurang ini, kalau orang di daerah kabupaten itu, tidak ketahuan siapa orang miskin karena mereka cenderung menyembunyikan kalau mereka miskin, tapi kalau di kota semua mendadak mengaku miskin jadi susah didata siapa mi," jelas, Syahrir.

Syahrir mengakui, dampak perilaku warga kota Makassar tersebut cenderung merugikan pemerintah," Kita dari tahun ke tahun sudah ratusan miliar yang kita kucurkan tapi hasilnya apa,"keluh Syahrir.

Sementara Ketua Komite Perjuangan Rakyat Miskin (KPRN) Syahrullah mengatakan, masalah kemiskinan di Kota Makassar juga disebabkan kurangnya sikpa warga yang menjiwai budaya Siri

"Kita mestinya mengamalkan budaya siri, jangan karena mau dapat bantuan baru mangaku miskin, saya kira kalau kita mengamalkan itu makan kita akan berusaha lebih baik untuk jadi orang sejahtera,"kata Syahrullah.

Jumlah masyarakat miskin Kota Makassar yakni 62.096 kepala keluarga (KK) pada tahun 2009 (belum ada data pemkot untuk 2010 dan 2011). Jumlah tersebut mengalami penurunan dari tahun 2008 yakni 68.477 KK atau berkurang sebanyak 6.381 KK.

Alokasi anggaran penanggulangan kemiskinan Kota Makassar mengalami kenaikan yakni Rp 38 Milyar pada 2009, Rp 49 M pada 2010, dan Rp 106 M pada 2011.

Kriteria warga miski versi BPM yakni tidak mempunyai mata pencaharian tetap penghasilan dibawah dari Rp 700.000 perbulan, makan kurang dua kali sehari dan tidak mengkomsumsi daging,ayam,susu sekali dalam seminggu.

Selanjutnya sumber air minum dari sumur yang tidak hiygenis, air hujan, pendidikan tidak tamat SD, bahan bakar untuk memasak adalah kayu bakar minyak tanah.

Kepala Bidan Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Nano Suharno mengakui keluhan piha pemkot tersebut namun berharap agar Pemkot menggunakan acuan yang lebih akurat.

"Kita ini berupaya menyempurnakan pendataan denga by name by adress dan saya maunya BPM pakai data Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional), tapi saya kira data BPM juga sudah kita evaluasi dan itu benar,"kata Nano.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Polres Purwakarta Bekuk Pembunuh Wanita Muda

AKBP Bahtiar Ujang Purnama
Purwakarta, KBN News-Petugas Reskrim Polres Purwakarta berhasil mengungkap kasus pembunuhan wanita muda yang ditemukan tewas tergeletak di jalan setapak Kp Cimuntuk, Desa/Kec Sukatani,Purwakarta.

Identitas wanita korban pembunuhan itu diketahui bernama Luki Rahmawati, 19, warga Dusun Kwaon Rt 07/04,Desa Jemawan,Klaten,Jateng.

Kapolres Purwakarta AKBP Bahtiar Ujang Purnama, didampingi Kasatreskrim AKP Irfan Nugraha kepada wartawan, Minggu (20/11), mengatakan, kasus itu terungkap setelah jajaran Reskrim melakukan penyelidikan pada Jumat (18/11) lalu atau sehari setelah penemuan mayat wanita di Kp Cimuntuk.

Saat proses penyelidikan, sebut Kapolres, wanita korban penganiayaan di Cimuntuk yang semula tak diketahui identitasnya kemudian ada seorang warga yang mengenali kemudian kasus tersebut dikembangkan dan mengarah pacarnya pemuda warga Kp Babakan Rt 4/2 Desa Cadas Mekar,Kec Tegalwaru,Purwakarta, berinisial AY alias Gayung.

” Titik terang kasus ini terungkap dari keterangan saksi mengarah ke pacar korban. Kemudian didalami dengan menginterogasi AY hingga akhirnya mengakui telah menghabisi nyawa korban dipicu cemburu,” ungkap Kapolres.

Kepada petugas, pelaku AY menyebutkan, aksi nekatnya itu ia lakukan dengan mengeprukan batu kebagian kepala pacarnya Luki saat berjalan di jalan setapak Kp Cimuntuk, Sukatani.

” Sepanjang jalan itu kami bertengkar. Saya marahi dia (korban) karena dia sudah berselingkuh dengan memiliki pacar baru. Karena kesal saya menghajarnya pakai batu,” ungkap AY.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan, AY telah diamankan dan langsung ditahan di ruang tahanan Mapolres Purwakarta dan diancam hukuman diatas lima tahun penjara karena perbuatan penganiayaan yang mengakibatkan nyawa orang melayang.

Seperti di wartakan sebelumnya, bahwa sesosok mayat perempuan tanpa identitas diduga korban penganiayaan ditemukan warga di jalan setapak Kp Cimuntuk, Desa/Kec Sukatani,Kab Purwakarta, Kamis (17/11)lalu. Dilokasi polisi menemukan sebongkah batu berlumuran darah diduga dipakai pelaku mengepruk kepala korban.(Saeful Sutedjo)
Selengkapnya...

Walikota Buka Sosialisasi Jamsostek kepada 60 perusahaan di Sibolga

Sibolga, KBN News-Sebanyak 60 perusahaan strategis mendapat sosialisasi program jaminan sosial tenaga kerja (jamsostek) dan peraturan ketenagakerjaan di wilayah kota Sibolga.

Acara sosialisasi berbagai peraturan pelaksanaan tentang ketenagakerjaan di Kota Sibolga tahun 2011 di buka secara resmi oleh Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk, senin (21/11) bertempat di aula Kantor Bappeda Kota Sibolga, yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Sofyan Nasution, sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Sibolga, Ketua Penggerak PKK Kota Sibolga Ny Delmeria Syarfi Hutauruk, Camat dan Lurah serta narasumber dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara.

Sementara dari PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga hadir Kepala Kantor Mangasi Sormin SH MM, didampingi Kepala Bidang Umum, SDM dan Teknologi Informasi Sanco Simanullang ST MT , Bahri Harahap dan Iswandy.

Siaran Pers PT Jamsostek (Persero) Selasa(22/11) menyebut, Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk dalam arahannya menegaskan pengusaha sangat penting memahami peraturan ketenagakerjaan serta perlindungan terhadap buruh seperti aspek pengupahan, hubungan kerja dan syarat syarat kerja, mekanisme pelaksanaan outsourcing dan UU No 3 tahun 1992 tentang program jamsostek.

“Pengusaha tidak bisa seenaknya saja memberhentikan pekerja. Mereka perlu mendapat perlindungan hak hak dasar yang layak sebagaimana diatur dalam berbagai peraturan perundangan,” ungkap Walikota.

Perusahaan Tidak Sertakan Karyawan Masuk Jamsostek Bisa Kena Sanksi
Peserta Jamsostek di Kota Sibolga diperkirakan masih kecil. “Setidaknya 70 persen perusahaan belum mengikutsertakan pekerjanya dalam program Jamsostek. Ini sangat penting untuk memberikan perlindungan tenaga kerja dan keluarga dalam nenghadapi resiko-resiko sosial ekonomi seperti kecelakaan kerja, sakit, hari tua dan kematian,” kata Kepala Kantor PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga Mangasi Sormin SH MM pada sesi sosialisasi program jamsostek.

Ia menjelaskan 4 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) serta manfaat masing – masing program.

Sanksi bagi pengusaha yang tidak memenuhi kewajibannya dalam pelaksanaan program jamsostek, lanjut Sormin, di ancam hukuman kurungan 6 bulan penjara, denda Rp 50 juta sesuai UU No.3 tahun 1992 tentang jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Sanksi itu antara lain bila perusahaan tidak memasukkan pekerjanya dalam Jamsostek, tidak melapor kecelakaan kerja,selama 2X24 jam, tidak memiliki daftar tenaga kerja termasuk keluarganya dan tidak menyerahkan iuran.

“Di Medan sudah ada 2 perusahaan diadili dan divonis bersalah melanggar peraturan ketenagakerjaan dan jamsostek. Kejadian ini hendaknya dapat dijadikan pelajaran mahal, sehingga tidak ada perusahaan yang bermasalah hukum karena melanggar jamsostek di wilayah Sibolga,” tambah Pelaksana Kepala Bidang Pemasaran yang juga Kabid Umum, SDM dan Teknologi Informasi Sanco Simanullang ST MT.

Manullang mengakui masih banyak orang beranggapan bahwa program jamsostek hanya ditujukan bagi perusahaan besar. Padahal dalam aturan tertulis bagi perusahaan yang memiliki 10 karyawan atau menggaji total upah kepada seluruh karyawan lebih dari satu juta, wajib mengikuti program jamsostek. (Sanco Simanullang)
Selengkapnya...

Mangasi Sormin Pimpin Jamsostek Cabang Sibolga

Sibolga, KBN News-Wakil Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) I PT Jamsostek (Persero) Bandjar Aseli DS telah melantik sejumlah pejabat di lingkungan PT Jamsostek (Persero) Kantor Wilayah I akhir pekan lalu.

Siaran Pers PT Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Sibolga, senin (21//11) menyebutkan pejabat baru yang dilantik tersebut diantaranya Kepala Kantor Cabang PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga Mangasi Sormin SH MM dan Kepala Bidang Pemasaran Agam Husaini.


Mangasi Sormin sebelumnya menjabat Kepala Bidang Pemasaran Jamsostek Kisaran menggantikan Rasidin yang menempati pos baru sebagai Kepala Kantor Jamsostek Siantar. Sementara Agam Husaini sebelumnya merupakan petugas pemasaran Cabang Belawan menggantikan Aang Shoepomo yang dimutasi menjadi Kepala Bidang Pemasaran di Jamsotek Kisaran.

Kepala Kantor Cabang PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga Mangasi Sormin SH MM didampingi Kepala Bidang Umum, SDM dan Teknologi Informasi Sanco Simanullang ST MT, Kepala Bidang Pelayanan Zainal Fakhruddin dan Kepala Bidang Keuangan Aslim Tiopan mengatakan pihaknya akan terus menjalin kekompakan dan kebersamaan sehingga akan lebih mampu meningkatkan kinerja Cabang Sibolga yang beberapa tahun belakangan berkinerja cukup baik.

“Kita mohon dukungan dan kerja sama dari semua pihak termasuk Pemerintah, Pengusaha, Serikat Buruh dan Pekerja dan seluruh pihak terkait, agar kepesertaan jamsostek dapat meningkat di wilayah kerja Sibolga. Tanpa dukungan semua pihak, kami tidak dapat berbuat banyak,” katanya optimis.

Pria jebolan Magister Manajemen Universitas Syahkuala ini mengatakan, Kota Sibolga bukanlah daerah asing baginya. Sebab, sebelumnya dia pernah merintis karir di negeri ber- bilang kaum tersebut sebagai Kepala Bidang Pemasaran. Daerah lain berturut turut yang pernah dijalaninya adalah petugas pemasaran Jamsostek Cabang Pasuruan, petugas pemasaran Jamsostek Cabang Pematang Siantar, Kepala Bidang Pemasaran Jamsostek Cabang Sibolga, Kepala Bidang pemasaran Jamsostek Cabang Kisaran dan kini sebagai Kepala Kantor Cabang Jamsostek Sibolga.(Sanco Simanullang)
Selengkapnya...

Resepsi HUT Ke-66, PGRI Cipendeuy Berencana Gelar Baksos

Subang,KBN News-Dalam rangka menyambut hari ulah tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-66, Ketua PGRI Kecamatan Cipendeuy, Subang Asep Jarkasih berencana akan mengelar Resepsi HUT PGRI dengan berbagai acara yakni bakti social (baksos) berupa berupa khitanan missal yang di ikuti sedikitnya 12 anak tidak mampu, donor darah sebanyak100 orang yang pesertanya dari berbagai instansi dan hiburan lainya.
 

Acara tersebut di rencakan di pusatkan di salah satu SD di kecamatan Cipendeuy, tanggal 24 nopember 20011 .akan di hadiri sedikitnya 350 orang anggota yang di dominasi kaum guru dan 50 orang tamu undangan.

''Saya mengapresiasi peringatan HUT PGRI dengan acara bakti sosial seperti donor darah pengobatan, dan serta khitanan massal , karena untuk meningkatkan sinergitas dengan lingkungan dan masyarakat, sasaran kegiatan tersebut agar bias di rasakan masyarakat setempat’’. Papar asep pada wartawan di sela sela rapat pemntapan kegiatan resepsi HUT PGRI di SD Cipendeuy, (21/11)

Seiring dengan kesejahteraan guru yang meningkat, maka mereka dituntut untuk lebih profesional dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pasalnya, saat ini banyak generasi muda bangsa yang kehilangan jati diri, sehingga melalui para guru yang berkualitas, diharapkan dapat diperoleh transfer pengetahuan yang baik kepada generasi muda tersebut.

''Saat ini kesejahteraan guru sudah lebih baik daripada sebelumnya. Oleh sebab itu para guru harus memberikan timbal balik berupa peningkatan profesionalisme dalam upaya peningkatan mutu pendidikan,'' tegas Asep Zarkasih

Sedangkan renungan dalam HUT PGRI ini PGRI Kecamatan Cipendeuy mengharapkan adanya peningkatan mutu guru, sesui visi misi kabupaten subang rakyat bersatu gotong royong di pendidikan mewujudakan menciptakan kebersamaan antar anggota PGRI setempat serta anggota di kabupaten Subang,Jawa Barat.(Saeful Sutedjo )
Selengkapnya...

Pertamina Bangun GOR Unhas Senilai Rp10 M

Peletakan Batu Pertama GOR Unhas(foto: Humas Pertamina)
 Laporan: Andi Ahmad- Makassar

Makassar, KBN News-Univesitas Hasanuddin (Unhas) kembali mendapat bantuan dari Pertamina berupa pembangunan gedung olahraga (GOR) multifungsi. Pembangunan gedung seluas 4200 meter persegi itu memperoleh kucuran dana sebesar Rp10 Millar melalui anggaran Small Medium Enterprise & Sosial Rensponsibility (SME & SR) Partnership Program.

Gedung itu nantinya akan menampung 4500 mahasiswa dimana lantai dasarnya memungkinkan untuk dua lapangan futsal. Pembantu Rektor III Unhas Nazaruddin Salam dalam laporan pertanggungjawaban saat acara peletakan batu pertama lokasi pembangunan gedung Unhas menyampaikan jika proyek itu akan dirampungkan hingga enam bulan kedepan.

Vice President SME & SR PT Pertamina, Hari Subagya menyampaikan pembangunan gedung multi fungsi di Unhas diharapkan mampu menunjang segala kegiatan kampus merah itu sebagai konsorsium perguruan tinggi negeri se Indonesia Timur.

“Sebagai perusahaan milik negara Pertamina memililiki concern yang sangat tinggi terhadap pengembangan sumber daya manusia yang kompetitif ke depan, oleh karen itu Pertamina sangat mendukung pengembangan dunia pendidikan,” papar Hari.

Bantuan Pertamina kepada Unhas bukan yang pertama ini saja. Hari meyampaikan Pertamina juga pernah memberikan bantuan dalam bentuk peralatan sebagai penunjang kegiatan dalam bidang teknologi informasi berupa komputer.

“Tahun 2011 ini kita juga telah menyalurkan beasiswa dimana anak-anak yang berasal dari daerah tertinggal seperti provinsi Halmahera dan Papua dikuliahkan Pertamina dimana salah satunya ada di Unhas,” bebernya.

Lebih lanjut Hari menambahkan, biaya kuliah, biaya hidup dan lain-lain ditanggung Pertamina dan diharapkan setelah lulus bisa kembali ke daerahnya guna membangun daerah asalnya.

Sementara itu, rektor Unhas Prof Idrus Paturusi mengucapkan banyak terima kasih kepada Pertamina yang untuk sekian kalinya menggelontorkan dana untuk kepentingan pendidikan di kampus berlambang ayam jantan itu.

“Atas nama civitas akademikan Unhas saya ucapkan terima kasih kepada Pertamina dimana sebelumnya juga pernah menyalurkan dana bina lingkungan di Unhas dalam rangka pengadaan alat drumband pramuka serta sarana wallclimbing,” pungkas Idrus.
Selengkapnya...

Ketua PWI Sulsel Jadi Pameteri Workshop Jurnalis Pertamina

Makassar, KBN News-Pertamina Fuel Retail Marketing (FRM) Region VII menggelar sharing knowledge di hotel Horison, Sabtu (19/11). Peserta yang terlibat dalam workshop ini terdiri dari para pekerja media baik lokal dan nasional.

General Manager Pertamina FRM Region VII Sulawesi, Adi Nugoroho berharap agar peserta yang ikut dalam kegiatan ini bisa saling berbagi pengetahuan kepada rekan sesama jurnalis lainnya

“Pekerja pers juga perlu dibekali ilmu K3 sehingga jika mereka melakukan peliputan sudah memahami rambu-rambu safety yang diterapkan di wilayah operasional perusahaan. Dan akan lebih baik jika ilmu yang diperoleh bisa disharingkan dengan jurnalis lainnya,” harapnya.

Adi mengatakan, pemahaman pengetahuan safety perlu dipahami wartawan agar terhindar dari risiko kecelakaan di lokasi operasional kami. “Tentunya kami mengharapkan agar tugas peliputan bisa terlaksana dengan baik dan perisitiwa yang tidak diinginkan bisa dihindari sedini mungkin,” jelasnya.

Sementara itu Manager HSE Pertamina Region Sulawesi, Sigit Pudyoko menjelaskan pula bahwa tanpa diketahui banyak orang tugas peliputan oleh reporter di area vital Pertamina cukup berisiko. Dicontohkan seperti telepon selular atau flash kamera disebut bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran di wilayah penampungan bahan bakar minyak Itulah juga sebabnya kenapa di SPBU melarang keras mengaktifkan telepon selular karena bisa menyebabkan kebakaran.


Melalui workshop ini menurut Sigit diharapkan  para peserta proaktif untuk memberikan pertanyaan terhadap perlu savety dalam melaksanakan peliputan dan akan diberitahu penyebab terjadinya insiden. “Disini akan kita ungkap beberapa studi kasus faktor yang bisa menimbulkan risiko berbahaya,” katanya.

Sementara itu Project Officer Celebes Media Partner, Muhammad Yunar selaku penyelenggara kegiatan menambahkan, para pemateri yang hadir di even akan disajikan langsung oleh manager HSE Pertamina Region Sulawesi, Sigit Pudyoko.dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel, Zulkifli Gani Ottoh.akan memaparkan pada sesion kedua pada workshop ini. (Andi Ahmad )
Selengkapnya...

Presiden SBY Jamu Makan Malam 17 Pemimpin Negara di Bali

Bali,KBN News - Tujuh belas orang pemimpin dunia plus Sekjen ASEAN dan Sekjen PBB peserta East Asia Summit 2011 mengikuti jamuan santap malam kenegaraan yang diselenggarakan oleh Presiden SBY. Di dalam kesempatan malam ini, mereka tampil dalam kemeja tenun ikat dengan motif yang senada.

Jamuan santap malam kenegaraan yang mengambil tema Voice of Peace ini diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Centre, Nusa Dua, Bali, Jumat (18/11/2011). Rangkaian tamu kenegaraan datang secara bergiliran sejak pukul 19.00 WITA, dimulai oleh Sultan Hasanal Bolkiah dan diakhiri oleh Presiden Barrack Obama.

"Saya tahu banyak di antara Anda yang masih jetlag karena penerbangan yang panjang, tapi Bali adalah tempat yang tepat untuk menghilangkan jetlag Anda," ujar SBY dalam sambutan pembukaan yang disambut tawa hadirin, seperti dilansir detikcom.

Acara dimulai pukul 19.45 WITA, seperti biasanya diisi dengan hiburan sajian tari Bali dan lagu-lagu. Sejak sesi berfoto bersama hingga selama berlangsungnya sesi pembukaan, Presiden Obama dan PM Wen Jiabo yang kebetulan duduk berdampingan tampak terlibat dalam pembicaraan sangat serius.

Presiden SBY yang duduk tepat di sebelah kanan mereka, nampaknya sengaja memberi kesempatan kepada dua mitra tersebut berdiskusi langsung secara informal. Bila merujuk pada situasi rivalitas antara Cina dengan AS, baik dalam bidang ekonomi dan politik kawasa, maka moment diskusi Obama-Wen Jiabo ini sangat kontekstual.

Selain Sultan Hasanal Bolkiah (Brunei), Presiden Barrack Obama (AS) dan PM Wen Jiabo, ada 16 orang lagi tamu negara. Mereka adalah 9 orang pemimpin ASEAN ditambah PM Julia Gillard (Australia), PM John Key (NZ), PM Manmohan Singh (India), PM Yoshihiko Noda dan Presiden Lee Myun-bak (Korea).

Turut hadir Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan. Gelaran East Asia Summit akan dibuka pada Sabtu pagi di tempat yang sama dengan diselenggarkannya KTT ASEAN dan KTT ASEAN+3.(I Gede Megantara)
Selengkapnya...

Pertamina Gelar Sosialisasi Safety untuk Jurnalis di Makassar

Laporan: Andi Ahmad- Makassar

Makassar, KBN News-Guna meningkatkan pemahaman aspek safety di kalangan jurnalis yang hendak melakukan peliputan di area operasi, Pertamina Fuel Retail Marketing (FRM) Region VII menggelar sharing knowledge di hotel Horison, hari ini. Peserta yang terlibat dalam workshop ini terdiri dari para pekerja media baik lokal dan nasional.

General Manager Pertamina FRM Region VII Sulawesi, Adi Nugoroho berharap agar peserta yang ikut dalam kegiatan ini bisa saling berbagi pengetahuan kepada rekan sesama jurnalis lainnya

.
“Pekerja pers juga perlu dibekali ilmu K3 sehingga jika mereka melakukan peliputan sudah memahami rambu-rambu safety yang diterapkan di wilayah operasional perusahaan. Dan akan lebih baik jika ilmu yang diperoleh bisa disharingkan dengan jurnalis lainnya,” harapnya.


Adi mengatakan, pemahaman pengetahuan safety perlu dipahami wartawan agar terhindar dari risiko kecelakaan di lokasi operasional kami. “Tentunya kami mengharapkan agar tugas peliputan bisa terlaksana dengan baik dan perisitiwa yang tidak diinginkan bisa dihindari sedini mungkin,” jelasnya.


Lebih lanjut Adi berujar, tanpa diketahui banyak orang tugas peliputan oleh reporter di area vital Pertamina cukup berisiko. Dicontohkan seperti telepon selular atau flash kamera disebut bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran di wilayah penampungan bahan bakar minyak Itulah juga sebabnya kenapa di SPBU melarang keras mengaktifkan telepon selular karena bisa menyebabkan kebakaran.


Melalui sharing knowledge itu, Adi menyampaikan jika peserta akan diberitahu penyebab terjadinya insiden. “Disini akan kita ungkap beberapa studi kasus faktor yang bisa menimbulkan risiko berbahaya,” katanya.
Sementara itu Project Officer Celebes Media Partner, Muhammad Yunar selaku penyelenggara kegiatan menambahkan, para pemateri yang hadir di even akan disajikan langsung oleh manager HSE Pertamina Region Sulawesi, Sigit Pudyoko.


“Selain pemeteri yang berasal dari internal Pertamina, kami juga akan menghadirkan ketua PWI Sulsel sebagai keynote speaker yang sekaligus menambah wawasan peserta di bidang jurnalistik,” ujar Yunar yang juga wartawan senior di Makassar
Selengkapnya...

Masyarakat Harap Dirlantas Selesaikan Masalah Bentor di Makassar

 Laporan: AA.Effendy- Makassar

Makassar, KBN News-Persoalan Becak Motor (Bentor) dan Mobil angkutan daerah yang berkeliaran sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan menjadi pekerjaan rumah Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel yang baru Kombes Pol Yudi Amsyah. Ia sbelumnya baru dilantik sebagai Dirlantas setelah menggantikan Kombes Pol Adnas,

Persoalan lainnya yang berkaitan dengan bidang kelalulintasan di kota Makassar juga menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dilakukan. "Diantaranya jalur trayek kendaraan daerah yang belum bisa ditertibkan," kata Ketua Serikat Supir Makassar (Sesmak), Ahmad Zubair, Minggu (13/11).

Menurut Zubair permasalahan tersebut selama ini belum bisa diselesaikan dalam program kerja Dirlantas yang lama. Yakni seperti kesemrawutan para bentor dan mobil angkutan yang menggunakan pakai pelat hitam di luar terminal Daya yang tiap hari menjadi biang kemacetan di kota Makassar ini.

"Selain itu masih ada pertambahan jumlah kendaraan roda dua maupun roda empat yang terus membuat jalan semakin sesak," jelasnya.

Namun, sambungnya, bukan itu saja yang menjadi pekerjaan rumah bagi Dirlantas yang baru, polemik pengaturan kendaraan Angkutan di Terminal Regional Daya selama ini tidak bisa diselesaikan sampai terjadi mutasi dijajaran Direktorat lalulintas Polda Sulsel. Sehingga sangat diharapkan kepada Dirlantas yang baru bisa menjadi program awal masa kepemimpinan dijajaran Lalulintas Polda Sulsel ini.
Selengkapnya...

Sosiliasasi Elpiji Pertamina Di Pesta Kuliner Makassar

GM Pertamina FRM Reg VII Adi Nugroho bersama Walikota Makassar. Ilham Arief Sirajuddin di Sosialisasi Elpiji di Makassar,(foto; Wawan/Humas Pertamina)
Makassar, KBN News- Sosialisasi penggunaan aman gas elpiji 3kg melalui Festival kuliner FesTa Macan (Festival Taman Macan) mendapat perhatian lebih dari masyarakat yang nenghadiri even tersebut. Terbukti sejak dibuka resmi Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin 12 November kemarin, masyarakat yang ingin menyaksikan expo kuliner tradisional juga memadati booth Pertamina yang berada tidak jauh dari panggung utama di Taman Segitiga Macan.

Pesan inti yang disampaikan pada sosialisasi tersebut tidak hanya ditekankan pada tips aman meggunakan elpiji. Lebih dari itu masyarakat juga diberikan edukasi seputar upaya yang harus dilakukan pengguna elpiji ketika terjadi kebocoran gas elpiji baik yang berasal dari tabung, selang regulator maupun kompor.

General Manager Pertamina Fuel Retail Marketing RegionVII Sulawesi, Adi Nugroho menyampaikan jika Pertamina sebagai perusahan milik negara terus berupaya meningkatkan pemahaman keamanan dan keselamatan dalam menjalankan operasional internal maupun penggunaan produk perusahaaan oleh konsumen

"Kami berupaya memberikan pemahaman tentang keamanan dalam menggunakan elpiji. Salah satunya dengan meningkatkan volume komunikasi terkait penggunaan elpiji yang aman," ujar Adi, usai pembukaan FesTa Macan.


Terkait dengan sosialisasi gas elpiji Adi menambahkan jika aspek safety yang disampaikan kepada masyarakat lebih kompleks. "Masyarakat tidak hanya diajari bagaimana agar elpiji itu aman digunakan. Tapi kami juga memberi pemahaman agar bisa meningkatkan kepekaan jika terjadi kebocoran gas sehingga risiko bisa dihindari," jelasnya.


Sejak program konversi dari minyak tanah ke gas elpiji digulirkan, masih ada masyarakat yang belum memahami tentang gas ukuran 3kg yang disubsidi negara itu.


Salah satu instrumen agar penggunaan elpiji lebih mudah dipahami, peserta kuliner tradisional yang berasal dari beberapa daerah di Sulawesi Selatan mengolah masakannya menggunakan gas elpiji sebagai bukti bahwa elpiji 3kg aman digunakan.


FesTa Macan yang juga sempat dikunjungi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pada hari kedua dikerjasamakan antara Pertamina dengan Lembaga Penulis Pariwisata (LPP). Dalam even tersebut tidak hanya menampilkan pameran kuliner saja, penyelenggara menyedot perhatian masyarakat dengan menghadirkan kesenian tradisional Sulsel seperti tari Paraga, Pepe Ri Makka dan Paccarita. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Kloter I dan 2 Jamaah Haji Makassar Masuk Asrama Sudiang Hari Ini

Makassar, KBN News-Panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin Makassar mewanti-wanti keluarga jamaah yang berniat menjemput untuk langsung ke Asrama Haji Sudiang Makassar.

PPIH tidak akan menolerir penjemput jika nekad menunggu di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

"Penjemputan jamaah sudah ada prosedurnya. Keluarga baru bisa menemui jamaah setelah seluruh proses di asrama haji selesai. Kami minta, keluarga menunggu di asrama, bukan di bandara," kata Humas PPIH Embarkasi Makassar, Muh Tonang, Jumat (11/11/2011),seperti dilansir Tribun.

Jamaah Kloter 1 dan 2 Embarkasi Makassar tiba besok. Kloter 1 berisi jamaah asal Kota Makassar diperkirakan mendarat di bandara pukul 11.00 siang. Dari bandara, jamaah langsung ke Asrama Haji Sudiang Makassar untuk upacara penerimaan dan pengambilan barang.

Proses ini diperkirakan menghabiskan delapan jam setelah pendaratan.
"Kalau mendarat jam 11.00 berarti baru bisa pulang jam 18.00 atau 19.00," lanjut Tonang. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Tolak UMK, Ribuan Buruh Demo Disnaker Purwakarta

Purwakarta.KBN News-Bertepatan Dengan Hari Pahlawan ,Ribuan Buruh Dari Sejumlah Pabrik Di Kawasan Industri Kota Bukit Indah Purwakarta, Jawa Barat,Kamis (10/11/2011) Berunjuk Rasa Menolak Upah Minimum Kabupaten (Umk) Purwakarta.

Dengan Berjalan Kaki Dan Bersepeda Motor, Mereka Bergerak Bersama Menuju Kantor Dinas Tenaga Kerja Purwakarta.

Setiba Di Kantor Disnakersostrans, Massa Langsung Menggelar Orasi Menuntut Kenaikan Upah Sebesar Empst Belas Persen.

Dalam Orasinya, Buruh Menuntut Kenaikan Upah Minimum Kota Hingga 100 Persen.
Umk Sebesar Rp1,244 Juta Saat Ini Dinilai Masih Terlalu Kecil,Buruh Juga Menuntut Dihapuskannya Sistem Kontrak Yang Dinilai Sangat Merugikan Mereka.

Aksi Dimulai Sejak Pagi Tersebut Memacetkan Jalan Akses Jakarta Bandung Lumpuh Total Di Depan Kantor Disnaker Setempat Berjam Jam Lamanya.
Pasalnya Sejumlah Buruh Meminta Pekerja Lain, Yang Baru Ada Di Bus-Bus Karyawan, Turun Dan Ikut Demo.

Sebagian Lain Meninggalkan Pabrik-Pabrik Mereka Untuk Menyuarakan Tuntutan Umk Sebesar Angka Kebutuhan Hidup Layak.

Puas Mendemo Disnaker/ Para Buruh Melanjutkan Aksinya Berkonvoymerengsek Di Jalan Utama Tak Pelak Memacetkan Kota Purwakarta.

Massa Bergerak Menuju Pemda Purwakarta,Namun Di Sini Massa Harus Kecewa Karena Bupati Sedang Tidak Ada Di Tempat.

Tuntutan Buruhpun Belum Ada Jawaban Dari Pemerintah,Massapun Bubar Dengan Tertib Buruh Mengancam Akan Kembali Membawa Massa Yang Lebih Besaruntuk Menggelar Aksi Yang Sama.(Saeful Sutedjo)
Selengkapnya...

Polisi Tangkap 4 Orang Penipu Calon Haji

 Liputan Khusus Haji 2011

Jakarta, KBN News - Aparat Subdit Renakta Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya menangkap 4 warga tekait penipuan terhadap 400 orang calon haji. Kerugian mencapai total Rp 80 juta.

"Modus operandinya, tersangka merekrut calon jemaah haji untuk program pemberangkatan haji gratis," kata Kasat Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Parulian Sinaga, Rabu (9/11/2011),seperti dilansir detikcom.

Empat tersangka yakni masing-masing bernama Suprapti (40), Mualim (60), Heru Sulistiono (35) dan Dona (35). Keempat tersangka ditangkap di dua lokasi berbeda, Depok dan Kembangan, Jakarta Barat pada Selasa (8/11) kemarin.

Parulian mengatakan, kejahatan pelaku telah dilakukan sejak Maret 2011. Kasus penipuan haji gratis ini dilaporkan pada 2 November 2011 lalu oleh pelapor bernama Susi Iskandar.

"Susi mewakli korban 70 orang lainnya di wilayah Jabodetabek," kata Parulian.

Dalam prakteknya, pelaku mengiming-imingi korban untuk mengikuti program jemaah haji gratis. Para pelaku mengatasnamakan program tersebut diselenggarakan oleh KONI.

"Padahal fiktif, tidak ada. Mereka cuma mencatut nama KONI karena salah satu pelaku, suaminya kerja di kantin KONI," kata dia.

Kepada korban, para pelaku meminta sejumlah bayaran dengan nilai variatif antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta.

"Alasannya untuk biaya administrasi," kata dia.

Parulian melanjutkan, para korban bukan hanya dari kalangan masyarakat biasa. Beberapa di antaranya yang tertipu merupakan kader dari partai-partai besar.

"Ada beberapa korban dari kader partai. Dan dalam pengembangannya, jumlah korbannya ini mencapai 400 orang," ujarnya.

Sementara itu, Parulian mengatakan, motif para pelaku dalam melakukan penipuan ini adalah untuk mencari penghasilan tambahan. "Alasannya buat cari beras," kata dia.

Atas perbuatannya itu, keempat pelaku dijerat Pasal 379a dan 378 KUHP tentang penipuan. Dari para pelaku, polisi menyita 3 lembar bukti transfer dan buku rincian penerimaan uang. (saputra)
Selengkapnya...

Peserta Jamsostek di Tapsel Baru 25 Persen


Bupati Minta SKPD Sukseskan Program Jamsostek

Laporan: Sanco Simanullang- Sibolga

Sibolga,KBN News-Kesadaran pengusaha terhadap pentingnya perlindungan tenaga kerja sesuai UU No 3 tahun 1992 tentang program jaminan sosial tenaga kerja (jamsostek) masih rendah. Ini terbukti masih minimnya perusahaan yang mendaftarkan karyawannya ke dalam program jamsostek seperti di kabupaten Tapanuli Selatan.


“Baru sekitar 25 persen yang ikut. Masih banyak perusahaan yang belum masuk. Perusahaan kecil, menengah maupun besar. Ini sangat memprihatinkan kita semua,” tegas Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Kabupaten Tapanuli Selatan H Syamsul Bahri Siregar didampingi Kepala Sub Dinas Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan Pardamean Ritonga disela sela kunjungan kerja Pimpinan PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga yang diwakili Kepala Bidang Umum SDM dan Teknologi Informasi Sanco Simanullang bersama Kepala Bidang Keuangan Aslim Tiopan, akhir pekan lalu .

Dalam siaran pers PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga selasa(8/11), Syamsul Bahri Siregar pada kesempatan itu menyebut, ada sekitar 175 perusahaan besar dan kecil di yang belum menjadi peserta jamsostek. Sementara yang sudah masuk baru sekitar 34 perusahaan dengan tenaga kerja sebanyak 7500 orang.

“Program jamsostek ini adalah wajib. Dihimbau agar semua perusahaan besar dan kecil untuk segera mendaftar ke PT Jamsostek,” tandas Siregar sembari menyebut, perusahaan akan rugi sendiri dan akan bayar sendiri apabila terjadi kecelakaan kerja , sakit bahkan kematian terhadap pekerjanya.

Disebutkan, masih banyak buruh harian lepas (BHL) yang belum masuk. “Di Batang toru ada tenaga kerja yang meninggal tetapi belum masuk jamsostek. Mereka harus menanggulangi semuanya,” pinta Siregar. Ia menambahkan dalam undang undang tercantum jelas sanksi pidana terhadap pelanggaran jamsostek. “Daripada bermasalah dengan hukum, segeralah mendaftar,” katanya.

Disinggung tentang instruksi Bupati, Kadis mengatakan Bupati Tapsel sudah menyurati seluruh SKPD agar mencantumkan ketentuan keikutsertaan jamsostek untuk semua urusan ketenagakerjaan termasuk para pekerja yang mengerjakan proyek APBD dan APBN. 


Dikesempatan itu, Kepala Bidang Umum SDM dan Teknologi Informasi Sanco Simanullang mengatakan masih minimnya kepesertaan jamsostek di Tapsel khususnya dan di 12 Kabupaten Wilayah kerja Cabang Sibolga umumnya, disebabkan sosialisasi yang belum optimal dan penegakan hukum (law enforcement) yang masih lemah. “Kita siap memberikan sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan yang masih memerlukan penjelasan program jamsostek lebih rinci,” katanya. (Saputra)
Selengkapnya...

Pertamina Edukasi Penggunaan Elpiji Lewat Festival Kuliner

Makassar, KBN News-Pertamina Pemasaran VII akan ikut ambil bagian dalam even “Makassar Tempo Doeloe” dengan mengemas project FesTa Macan (Festival Taman Macan) yang akan diselenggarakan 12-13 November pekan ini di Taman Segitiga Macan. FesTa Macan yang akan menghadirkan para pembuat kuliner tradisional khas Sulawesi Selatan itu dikerjasamakan dengan Lingkar Penulis Pariwisata (LPP).

Ketua LPP Hendra Nick Arthur mengemukan jika FesTa Macan menjadi sarana Pertamina guna mengampanyekan pengunaan elpiji yang baik dan aman sehingga mengilangkan keranguan masyarakat terhadap bahan bakar pengganti minyak tanah itu.

“Pertamina selalu berupaya dalam membangun komunikasi kepada masyarakat terkait dengan penggunaan elpiji khususnya 3kg yang mungkin masih sangat awam dipakai sebagian kalangan masyarakat,” ujar Hendra dalam relis beritanya dikirim ke Kantor Berita Kota Online, Rabu (09/11).

Sehubungan dengan hal itu, Hendra dapat memastikan Pertamina akan memberikan edukasi penting yang dibutuhkan masyarakat terkait dengan penggunaan gas elpiji.
“Selain disosialisasikan langsung oleh staf Pertamina, penggunaan elpiji yang baik dan benar juga diperagakan para peracik kuliner pada saat mendemonstrasikan cara membuat masakan yang mereka pamerkan,” katanya.

Lebih lanjut kata Hendra, meski konsep dasar even FesTa Macan merupakan expo sajian kuliner jadul lebih dari 20 jenis makanan tradisional khas Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja namun LPP berupaya mengemasnya sehingga menyerupai even “Masak Aman dan Nyaman Bersama Bung Ijo” seperti yang pernah digelar di beberapa daerah di Indonesia.

“Masak Aman dan Nyaman Bersama Bung Ijo (singkatan dari tabung hijau 3kg) beberapa kali diselenggarakan beberapa daerah. Yang berbeda dari FesTa Macan ini tidak hanya menonjolkan demontrasi masak namun penyelenggara juga menggugah emosi masyarakat dengan menghadirkan kuliner yang sudah jarang ditemui di pasar,” jelas Hendra.

Pembukaan FesTa Macan akan dibuka secara resmi Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Hendra menambahkan jika even ini juga mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Makassar dan Kementrian Pariwisata.

“Kami mengundang masyarakat Makassar untuk menghadiri acara ini karena terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Penyelenggara juga menghadirkan kesenian daerah yang dijamin menghibur pengunjung yang hadir,” pungkasnya. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Pertamina Lepas Obligasi Global 1 Miliar Dollar AS

Jakarta, KBN News-Pertamina (Persero) melepas obligasi internasional perdana senilai 1 miliar dollar AS. Settlement global bond perdana Pertamina dilakukan pada Senin (23/5/2011) malam. Pada masa penawarannya, total permintaan investor mencapai 7 miliar dollar AS atau kelebihan permintaan tujuh kali.

Menurut Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina Mochamad Harun, Selasa (24/5/2011), dalam siaran pers di Jakarta, hal ini menunjukkan tingginya kepercayaan investor internasional kepada Pertamina, perusahaan minyak dan gas nasional Indonesia, dan merupakan sinyal positif pasar terhadap iklim investasi di Indonesia, Seperti dilansir Banjarmasin Post.

Global bond Pertamina tersebut diterbitkan dengan kupon 5,25 persen, imbal hasil (yield) 5,5 persen, dan tenor 10 tahun. Penetapan harga telah dilakukan di New York hari Senin, 16 Mei 2011. Joint lead managers dalam penerbitan global bond ini adalah Citi Group, Credit Suisse, dan HSBC. Global bond Pertamina tersebut akan dicatatkan di bursa efek Singapura (SGX).

Global bond Pertamina mendapat peringkat BB+ dengan outlook positif dari lembaga pemeringkat Fitch Ratings dan Moody's, serta Ba1 dengan outlook stabil dari Standard & Poor's, atau setara dengan peringkat surat utang Indonesia (Indonesia sovereign rating).

Respons sangat positif ini tidak hanya diberikan oleh pasar Amerika Serikat, tetapi juga oleh pasar Asia dan Eropa. Hal tersebut tecermin pada roadshow yang telah digelar Pertamina pada 11-16 Mei 2011 di Singapura, Hongkong, London, dan Amerika Serikat (Los Angeles, Boston, dan New York).

Beberapa hal yang menentukan keberhasilan dalam penerbitan global bond perdana ini adalah fundamental Pertamina yang baik, kondisi makroekonomi Indonesia yang bagus, pemilihan waktu (timing) penerbitan yang tepat dan ditopang oleh kondisi pasar global yang kondusif, serta besarnya minat (appetite) investor terhadap investasi bond di negara berkembang (emerging markets).

Global bond ini akan digunakan untuk belanja modal Pertamina dan sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk merealisasikan strategi 2011 Aggressive Upstream and Profitable Downstream. Untuk 2011, Rapat Umum Pemegang Saham Pertamina menetapkan belanja modal perseroan sebesar Rp 37,1 triliun. Sekitar 76,4 persen atau Rp 28,4 triliun dari jumlah itu akan dibelanjakan untuk sektor hulu, sedangkan 23,6 persen lainnya di sektor hilir.

Dengan yield 5,5 persen, global bond Pertamina lebih tinggi 60 bps (basis points) terhadap global bond Pemerintah Indonesia INDON 21. Hal ini merupakan prestasi yang baik dibandingkan beberapa perusahaan minyak nasional, seperti Petrobras yang berbeda 85 bps dengan Pemerintah Brasil, Pemex (perusahaan minyak Meksiko) dengan Pemerintah Meksiko berbeda sebesar 70 bps, dan Gazprom berada 75-85 bps di atas global bond Pemerintah Rusia. (saputra)
Selengkapnya...

Peminat Pemilihan Duta Pajak Sulsel Sepi Pendaftar di Samsat Makassar

Makassar,KBN News-Sudah seminggu Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan yang membuka tempat pendaftaran Pemilihan Duta Pajak Sulawesi Selatan diseluruh kantor Samsat se sulsel, di Kantor Samsat Wilayah I Makassar dilantai II panitia pendaftaran hanya terlihat santai saja menunggu warga yang ingin mendaftar sebagai Duta Pajak.

Warga yang ingin menyalurkan bakatnya sebagai Duta Pajak sepertinya tidak terlalu diminati bagi kaum muda-mudi di Kota Makassar, terbukti pendaftar terlihat sepih saja.

Kegiatan ini merupakan program yang dilaksanakan Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi selatan dengan memperebutkankan piala tetap Gubernur Sulawesi Selatan dan hadiah uang jutaan rupiah, adapun audisi pada tanggal 13-29 November 2011 dan Malam Final tanggal 16 Desember 2011 di Ballroom Grand Hotel Makassar.

Kepala UPTD Samsat Wilayah I Makassar, Andi Azikin berharap kepada seluruh warga kota makassar yang mempunyai umur antara 18 -22 tahun, laki-laki maupun perempuan, belum menikah dan tinggi badan laki-laki minimal 155 cm dan Perempuan minimal 150 cm, serta menguasai bahasa Inggris untuk datang mendaftar di Kantor Samsat Makassar Jalan Andi Mappanyukki tanpa dipungut biaya, katanya.(Andi Ahmad Effendy)
Selengkapnya...

200 Siswa Miskin SMPN 12 Purwakarta Kebagian Daging Kurban

Purwakarta,KBN News-Idul Adha Merupakan Momentum Tepat Untuk Menumbuh Suburkan Jiwa Kesetiakawanan Dan Solidaritas Terhadap Sesama
Memaknai Hari Raya Idul Adha 1432 H Smpn 2 Purwakarta, Jawa Barat Melakukan Pemotongan Dua Ekor Kambing Hewan Qurban.

Pemotongan Hewan Qurban Tersebut Merupakan Kegiatan Praktik Ibadah Bagi Siswa.Adapun Hewan Qurban Akan Di Bagikan Kepada Sedikitnya 200 Siswa Miskin Di Sekolah Tersebut.
Dengan Tujuan Agar Mereka Dapat Mempraktekkan Pengetahuan Tentang Qurban Serta Berlatih Berqurban Sebagai Upaya Untuk Lebih Mendekatkan Diri Pada Sang Pencipta.

Pelaksanaan Praktek Ibadah Qurban Di Smpn 2 Purwakarta Tidak Dilaksanakan Tepat Pada Tanggal 10 Dzulhijjah (Yaumun Nahr) Seperti Yang Biasa Dilakukan Di Tempat-Tempat Lain.
Panitia Memilih Tanggal 11 Dzulhijjah (Yaumu Tasrik) Sebagai Hari PenyembelihanDengan Pertimbangan Karena Pada Hari Tersebut Semua Siswa Sudah Kembali Belajar Di Sekolah ,Sehingga Mereka Bisa Lebih Memahami Bagaimana Praktik Berqurban Dapat Dilakukan Dengan Baik Dan Benar Seperti Yang Disyariaatkan

Menurut Kepala sekolah SMPN 2 Purwakarta Wahyu Suherman melalui Wakasek Ateng Sunarya Mengatakan Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban Merupakan Kegiatan Praktik Ibadah Bagi Siswa.

''Pemotongan hewan qurban merupakan kegiatan praktik ibadah yang dananya diperoleh dari sumbangan para guru, karyawan serta partisipasi siwa. Dengan kegiatan ini, diharapakan siswa bisa lebih memahami makna dan tata cara berqurban sehingga mereka dapat dapat menyerap pesan-pesan moral yang terkandung dalam peringatan Idul Adha, ” papar wakasek

Ateng menambahkan, Dengan Kegiatan Ini, Diharapakan Siswa Bisa Lebih Memahami Makna Dan Tata Cara Berqurban Sehingga Mereka Dapat Dapat Menyerap Pesan-Pesan Moral Yang Terkandung Dalam Peringatan Idul Adha.

Adapun Sumber Dananya Berasal Dari Iuran Para Guru/Serta Partisipasi SiswaKegiatan Penyembelihan Hewan Qurban Selain Sebagai Bentuk Kegiatan Praktik Ibadah Yang Diperuntukkan Bagi Siswa Kegiatan Tersebut Juga Bertujuan Untuk Menumbuhkan Rasa Kepedulian Dikalangan Siswa Terhadap Sesama Siswa Yang Miskin.(Saeful sutedjo)
Selengkapnya...

PAN Sulsel Dukung Paket Judas-Abduh di Pilkada Palopo

Makassar, KBN News-Calon Walikota Palopo Judas Amir, melakukan silaturahmi dan membangun komunikasi dengan Ketua DPW PAN Sulsel Ashabul Kahfi tadi pagi di Makassar (Kamis, 3/11), di temui di Rumah Jabatan Wakil Ketua DPRD Propinsi Sulsel, Ashabul Kahfi menyambut baik kedatangan Judas.

Ashabul Kahfi mendorong Abduh untuk maju bertarung sebagai Wakil Walikota Palopo mendampingi Judas Amir, "PAN akan siap mendukung penuh jika paket ini terwujud, bahkan saya siapkan sebuah mobil ambulance gratis juga untuk sosialisasikan Abduh di Kota Palopo", tegas Kahfi.

"Abduh adalah keponakan saya, dan saya tahu kapasitasnya, dia masih muda dan punya banyak relasi bisnis di Ibukota Jakarta, bapak Abduh ini semasa hidupnya adalah seorang pendakwah yang juga pengusaha, darah pengusaha mengalir ke Abduh", kata Kahfi.

Dalam pertemuan yang di balut suasana kekeluargaan ini, Judas sangat berharap bisa mengendarai PAN," saya ingin berpaket dengan Abduh selaku salah satu kader terbaik PAN dan juga salah satu pengusaha muda", kata Judas.

Namun ini semua perlu kerja keras, "tidak ada kerja keras yang sia-sia, Allah akan selalu memberikan buah baik dengan hal itu, kata kahfi. Abduh yang turut dalam pertemuan ini mengatakan siap apapun amanah partai,"saya bismillah,

Menurut Ketua DPD PAN Sulsel, jika survei yang menjadi parameter PAN menilai saya layak untuk maju, saya membuka diri untuk itu, saya menghargai saudaraku Alimuddin Nur yang juga Ketua DPD PAN Kota Palopo yang ingin maju sebagai bakal Calon Walikota Palopo, siapapun yang jadi di usung PAN nantinya, saya akan tunduk selaku kader PAN, kata Abduh yang juga Wakil Sekretaris Biro Kebijkan Publik DPW PAN Sulsel.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Korban Penipuan Rp 500 Juta Kecewa dengan Kinerja Polresta Parepare

Sudah Setahun Surat Pelaporan Tidak Diselesaikan

Makassar, KBN News-Kepolisian Resor Kota (Polresta), Pare-pare dituding telah bermain bahkan bersekongkol dengan Rudi Hartono Russeng, tersangka kasus dugaan penggelapan dan penipuan senilai Rp 500 juta yang dialami Hj. Sukmawaty sebagai korban.

Kejadian ini terjadi pertengahan tahun 2010 lalu. Hal tersebut diungkapkan korban, Hj. Sukmawaty, Jumat (4/11/2011) kepada sejumlah wartawaan saat Jumpa Pers di salah satu warung kopi Ogi di kawasan Pettarani Makassar, Jumat (4/11/2011).

Korban yang didampingi Keluarganya, Andi Haryono Saleh kepada wartawan mengatakan tudingan tersebut dilayangkan karena pihak Kepolisian yakni Kapolresta Pare-pare dianggap bermain dan diduga bersekongkol dengan pelaku sehingga korban harus bolak-balik kekantor Polresta sudah satu tahun lebih penyelesaian kasus ini belum juga dilimpahkan kepengadilan Negeri Parepare, dan Pelaku sampai sekarang tidak pernah ditahan pihak Polresta Parepare.



Padahal diketahui,Rudi ini sudah dibuatkan BAP oleh Penyidik Satuan Reskrim Polresta Parepare sekitar satu tahun yang lalu, jelas Hj. Sukmawaty.


Adapun Surat Bukti pelaporan di Polresta Parepare yakni :nomor : TBL/720/2010/SPK Tanggal 11 Oktober 2010. dimana terlapor atasnama dr. Rudy Hartono Husseng, dan Istrinya sendiri, Widyasari sebagai Saksi dalam kasus penipuan dan penggelapan ini, ungkap Hj.Sukmawaty.

"Seharusnya Bapak Kapolresta tidak membiarkan penyelesaian kasus ini sampai mandet satu tahun lebih, dan segera melaksanakan penyelesaian berkas pelaku dan dilimpahkan kejaksaan dan menahan pelaku ," tegas Hj. Sukmawaty.

Dengan dibiarkan kasus ini berkatung-katung penyelesaiannya, korban kemudian mendesak Polresta Pare pare untuk segera menangkap dr Rudy Hartono Russeng untuk menjalani proses penahanan  sebagai tersangka.

"Kami mendesak aparat Kepolisian hal ini Kapolda Sulsel untuk mengambil langkah tegas untuk menegur Kapolresta Parepare atas kinerjanya yang sangat lamban selama ini, " tandas Hj Sukamawaty.dengan nada kecewa terhadap kinerja kepolisian Polresta Parepare.

Keluarga Korban, Andi Haryono Saleh menambahkan bahwa Haji Sukmawaty ditipu oleh seorang Pengusaha Proferty di Pare-pare yang bernama dr. Rudy Hartono Russeng, dengan perjanjian kerjasama pada pembangunan perumahan di Kota Pare pare, dalam isi surat perjanjian yang dibuat pertengahan tahun 2010 yang lalu, pihak korban dimintai uang tunai sebesar Rp.500 juta dengan perjanjian akan bagi hasil, namum setelah pembangunan Perumahan ini selesai, Pihak kedua hal ini dr. Rudy Hartono Russeng tidak ada niatnya untuk memberikan hasil keuntungan dari pembangunan perumahan ini dan akhirnya, pihak Pelaku Penipuan dan Penggelapan ini dilaporkan kepihak kepolisian Resor Kota Parepare, jelasnya.


Terkait dengan kasus tersebut, Kantor Berita Kota Online berusaha melakukan konfirmasi kepada Kapolresta Parepare, AKBP, Pratama namun dihubungi lewat telepon selularnya namun tidak aktif.
(Irwan/ Andi Ahmad) Selengkapnya...

Ribuan Kaum Dhufa Dapat Daging Kurban dari Pertamina Makassar



Laporan: Iwan/ Andi Ahmad- Makassar

Pada Hari Raya Idul Adha 1432 H tahun ini, dalam lingkup Kantor Pertamina Fuel Retail Marketing Region VII Makassar melakukan pemotongan hewan kurban yakni 13 ekor sapi dan 11 ekor kambing.

Pemotongan hewan kurban ini dilakukan usai melaksanakan Shalat Id dilapangan Tennis Kompleks Pertamina UPDN VII Makassar di Ujungpandang Plen, menurut Panitia Pemotongan Hewan Kurban Pertamina Makassar, Dimas mengatakan tahun ini jumlah hewan yang dikurban menurun dibandingkan tahun yang lalu, dan ini akan dibagian sekitar seribu lebih warga yang tidak mampu yang berdiam di sekitar kantor Pertamina UPDN VII Makassar Jalan Garuda, Kompleks Pertamina Ujungpandang Plen, dan Kompleks Pertamina di Gunungsari Makassar, ucapnya.

Sementara, General Manager Fuel Retail Marketing Region VII Makassar, Adi Nugroho keseluruhan Hewan Kurban ini berasal dari hewan kurbabn seluruh pegawai dan karyawan di Pertamina Makassar, dan ini sudah merupakan kegiatan rutinitas tiap tahun dilaksanakan oleh Pihak Pertaminan UPDN VII Makassar. pada pemotongan hewan kurban ini dihadiri pula, Humas Pertamina, H. Rosina Nurdin, Sales Representative PT Pertamina Regional VII, Muhammad Iswahyudi
Selengkapnya...

IM2 Bidik Segmen UKM dan SOHO di Makassar

IM2 memperluas segmen pemasaran dengan menjajal segmen Usaha Kecil & Menengah serta Small Office & Home Office sebagai solusi efisiensi biaya penggunaan layanan internet

Makassar, KBN News-PT Indosat Mega Media (IM2), penyedia jasa layanan internet dan multimedia terkemuka di Indonesia meluncurkan produk-produk broadband IM2 Broadband UKM-SOHO bagi segmen UKM (Usaha Kecil Menengah & SOHO (small office & Home Office). Produk ini memungkinkan bagi para pelanggan dalam lingkup perusahaan dalam mengefisensiakn pemakaian internet sehinggah dapat menekan biaya operasional Perusahaan.

Menurut Dwi Anggoro Handoko selaku Ass.Manager IM2 PAMASUKA” penekanan biaya ini dapat dilakukan dengan cara koneksi internet dengan satu akun internet dapat di share ke beberapa komputer hinggah sampai 10 unit komputer, dimana sebelumnya segmen UKM-SOHO mampu bertahan dan menyelamatkan perusahaan saat badai krisis ekonomi terjadi. IM2 bermaksud membantu perusahaan segmen UKM dan SOHO dalam menekan biaya operasional mereka melalui penghematan biaya penggunaan internet ujarnya.

Produk Broadband UKM-SOHO lanjutnya adalah produk bundling antara port internet beserta local akses yang ditunnjukkan untuk pelanggan segmen UKM dan SOHO. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan produk ini sangat tepat digunakan bagi perusahaaan Kecil dan Menengah serta Small Office dan Home Office yang hanya mengoperasikan komputer sampai 10 unit. Seperti Hotel, Café, Travel, Ekspedisi, Ruko, warnet, game center serta perusaan bersegmen Usaha Kecil Menengah yang lainnya.

Broadband UKM-SOHO ini ditawarkan dengan tarif yang bersaing dan sesuai dengan perusahaan segmen UKM dan SOHO, Produk IM2 ini disediakan dalam berbagai paket. Sehinggah dapat mengakomodir banyak pelanggan fixed dengan menggunakan ADSL, GePON dan Ethernet sedangkan pelanggan wireless menggunakan radio PTP 2,4 GHerz dengan masing-masing kecepatan 2 Mbps. Dimana produk UKM-SOHO ini dibagi dalam dua jenis yakni broadband UKM segmen warnet dan non-warnet, dimana untuk broadband UKM non-warnet hanya Rp 900rb/bln sedangkan broadband UKM warnet Rp. 1.juta/bln

Selain itu pelanggan pula akan mendapat fiture-fiture lainnya seperti Dynamic IP (Internet Protokol) yang tepat digunakan bagi para downloader dan tentunya didapat secara gratis dari situs online file sharing serta mendapat Fiture Net-Safe yaitu fiture yang khusus dibuat oleh IM2 untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi para pelanggan karena terlindungi Dari situs-situs negative seperti pornografi, kekerasan, perjudian dan lain-lain.

Ditambahkan Dwi Anggoro Handoko, Ass. Manager PAMASUKA, Pasar di segmen UKM dan SOHO masih terbuka lebar dan belum tergarap dengan baik. Oleh karena itu IM2 optimis dengan kwalitas layanan yang handal akan mendapat respon yang baik dari masyarakat.

Dalam mengembangkan cakupan kawasan dan penjualan, IM2 membuka kesempatan untuk dijadikan sebagi mitra yang memeiliki kemampuan teknis dan penjualan untuk membangun akses dan penjualan, paparnya.

Selain program ini akan masih banyak IM2 akan menghadirkan program – program terbaru yang akan memanjakan para pelanggannya. Program yang menarik dan memanjakan pelanggan adalah salah satu komitmen IM2 kepada pelanggannya. IM2 berkomitmen menghadirkan produk berkualitas dengan layanan terbaik serta penyediaan produk dan akses internet inovatif secara lengkap sesuai kebutuhan pelanggan. “Nikmati kualitas produk dan layanannya dan rasakan kemudahannya anytime anywhere”.

Sekilas tentang IM2

PT. Indosat Mega Media (IM2) adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan internet, multimedia serta jasa-jasa berbasis internet lainnya. Beberapa jasa layanan tersebut antara lain wireless internet broadband melalui 3,5G, kabel TV, virtual private network, dan layanan hosting & collocation. IM2 adalah anak perusahaan PT. Indosat Tbk.,(penyelenggara jasa telekomunikasi di Indonesia), yang mulai beroperasi sejak tahun 2000 dan memberikan layanan untuk perusahaan, organisasi dan perorangan di seluruh Indonesia, didukung jaringan dengan kapasitas terbesar di Indonesia yang terhubung dengan pusat internet dunia. (AA.Effendy)
Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom