Pimpinan Bersama Crew Redaksi, Biro Perwakilan Daerah, dan Staf Kantor Beritakota Nusantara Mengucapkan Selamat Hari Natal Dan Tahun Baru 2012

...

Biro Perwakilan Sulawesi Selatan Kantor Berita Nusantara Menerima Pemasangan Iklan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pada Pemilu Kada Dengan Harga Murah Hubungi Kantor Biro. Jl. Andi Mappanyukki No.24 B Makassar

Ingin memasang iklan ucapan dan advetorial pada Kantor Berita Kota Nusantara (KABAR News) di Kota anda untuk wilayah Se Nusantara Indonesia silahkan hubungi Biro Perwakilan Indonesia Barat ; Wawan, Jakarta,Biro Perwakilan Indonesia Timur Makassar: A.A.Effendy; Biro Makassar : Rizaldi H.Jamal, Jl.Andi Mappanyukki No.24B,Biro Perwakilan Maros,Pangkep,Barru: H.Sakkar Rauf, Biro Perwakilan Takalar : Burhan, Biro Perwakilan Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba : M.Rizal Noer, Biro Perwakilan Kaltim di Balikpapan: MUH. DARWIS.K Jl.Letjend Suprato No.1 Balikpapan pada Biro Perwakilan Sulut di Manado : Budianto,Biro Perwakilan Gorontalo : Rahmad Nur, Jl. Pangeran Hidayat No.1 Gorontalo. Biro Perwakilan Papua Barat. Sorong : FRANKY PANGKEY .Sulawesi Tenggara : YUSNANDAR, Kendari, Sulawesi Barat : YUSAK.NL. Jl. Sultan Hasanuddin No.7 Mamuju. Papua : Hendro Nur K.(Jayapura).


DD 1 ada dua di Gubernuran,......? Mobil Dinas Gubernur Sulsel yang memakai DD 1 ada dua Merek/Type yang berbeda terparkir di Panggung Upacara Gubernuran Sulsel(Foto: Iwan/ AA.Effendy)

Menjelang Akhir Tahun 2011, Wisatawan Serbu Toraja

Rantepao, KBN News-Sejak awal bulan Desember lalu, beberapa seni dan budaya lokal khas Sulsel dari 24 kabupaten telah ditampilkan pada Kegiatan pesta wisata dan budaya bergengsi di Sulsel “Lovely December” di Tana Toraja.

Acara puncak Lovely Desember sendiri pada tanggal 29 Desember 2011 bertempat di Rantepao yang akan menampilkan Tarian massal, karnaval budaya, festival kuliner daerah pa’piong terpanjang dan atraksi musik bambu.

Event Lovely December disamping sebagai event Natal di Tana Toraja juga sebagai sarana mempromosikan Pariwisata Tana Toraja baik wisatawan asing maupun domestik. Lovely December 2011 juga merupakan kalander pariwisata tetap Pemprov Sulsel yang kini dibiayai APBN.

Event yang dikemas khusus menyambut tahun kunjungan Sulsel atau Visit South Sulawesi 2012 merupakan tahun ke empat perayaan Lovely December.

Di bawah ini jadwal Lovely December tanggal 26-30 Desember 2011:

26 s/d 30 Des : Pameran Pembangunan, Lap. Kodim.
28 Des : Malam Apreseasi Budaya Art Center, Rantepao
29 Des : Festival Kuliner Daerah ( Pa’piong terpanjang ) Lap. Bakti Rantepao; Tarian Massal, Lap. Bakti Rantepao; Karnaval Budaya, Keliling kota Rantepao; Atraksi Musik Bambu, Lap. Kodim Rantepao
28 s/d 30 Des : Pemilihan Putri Kopi Art Center , Rantepao.
29 Des : Pesta Kembang Api, Singki’, Lap. Kodim, Art Center.
30 Des : Cristhmass Day, Natal Oikumene, Makale.
(KM/Tono)

Selengkapnya...

2012, SD di Makassar Dapat Dana BOS Rp131 milyar

Makassar, KBN News-Pemerintah pusat memberikan alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp926 miliar kepada 24 kabupaten/kota di Sulsel 2012. Anggaran tersebut akan dicairkan minggu pertama Januari 2012.

Kota Makassar mendapat dana BOS tertinggi dari kabupaten/kota lainnya di Sulsel, sebesar Rp131 milyar. Dana BOS tersebut meningkat sebesar Rp288 milyar dari anggaran tahun 2011 yang hanya sebesar Rp638 milyar.

Hanya saja, dari Rp 926 miliar ini, Sulsel hanya bisa mencairkan Rp880 milyar, selebihnya merupakan dana cadangan.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel A Patabai Pabokori mengungkapkan, setiap tahunnya pemerintah pusat menyiapkan dana cadangan untuk BOS di setiap provinsi. Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi tidak terdatanya seluruh siswa SD hingga SMP. Untuk mekanisme pencairannya, kas umum negara akan menyalurkannya ke kas daerah Pemprov Sulsel, selanjutnya diteruskan ke rekening kepala sekolah (kepsek) di 24 kabupaten/ kota, tanpa melalui kas kabupaten/kota.

“Pada 2012 mendatang, kita optimistis pencairannya cepat untuk mempercepat pemanfaatan anggaran dibanding 2011. Paling lambat minggu kedua 2011,” katanya,seperti dilansir Kabar Makassar.

Jumlah siswa SD yang menerima bantuan pemerintah pusat di kabupaten tersebut sebanyak 16.732 orang,dan SMP 5.488 siswa. Patabai merinci, secara keseluruhan, siswa SD di Sulsel yang mendapatkan BOS sebanyak 1.053.697 siswa, dengan anggaran Rp611 milyar, sedangkan SMP 397.772 siswa yang dananya sebesar Rp269 milyar. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Rakor Samsat Bedah Kualitas Pelayanan Kepada Wajib Pajak

Makassar, KBN News- Sebagai bentuk kesungguhan Dinas Pendapatan Daerah, Jasa Raharja serta Kepolisian Sulawesi Selatan dalam rangka memberikan pelayanan prima di Kantor Samsat, Rabu, (27/12) bertempat di ball room Makassar Golden Hotel (MGH) Makassar digelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kesamsatan sebagai ruang untuk membedah berbagai persoalan pelayanan dikantor bersama Samsat yang ada di wilayah Sulawesi selatan.

Dalam Rakor tersebut, Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Sulsel, Drs.H.Arifuddin Dahlan, dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terimakasih atas sinergitas yang telah terbangun kokoh antara Dispenda, Jasa Raharja dan Kepolisian yang melayani masyarakat di Samsat. “Terimakasih atas kerjasama dan sinergitas yang sudah kokoh ini. Semoga apa yang telah kita berikan ini semuanya demi memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat, ” katanya.

Menurut Dia, pada tahun 2012 paPihak Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel mulai akan memberlakukan pajak progresif untuk kendaraan roda empat . Mereka yang memiliki kendaraan roda empat lebih dari dua unit akan dikenakan tambahan pembayaran pajak.


Sementara itu Dirlantas Polda Sulsel yang diwakili Kasi STNK Kompol Nurdin dalam sambutannya menyebutkan bahwa dikantor Samsat ada tiga instansi yang mempunyai tugas dan tanggungjawab yang berbeda sesuai dengan kewenangannya masing-masing. Tetapi perbedaan tersebut bukanlah halangan untuk tetap memberikan yang terbaik bagi Wajib pajak. “Sekecil apapun kendala yang dihadapi harus diselesaikan secara bersama-sama. Sehingga tugas utama yakni memberikan pelayanan kepada Wajib Pajak (WP) dengan baik, nyaman tetap menjadi tujuan utama, ”ungkapnya.

Kerjasama dan sinergitas dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak dengan nyaman, cepat dan mudah merupakan kerangka kerja yang terus dilakukan, Dispenda, Jasa Raharja maupun Kepolisian. Kerangka kerja yang terus dievaluasi secara internal untuk mengetahui sejauh mana target dan kualitas pelayanan yang telah diberikan. Dengan kokohnya kerjasama selama ini sejumlah program pelayan mudah dan nyaman telah disediakan bagi wajib pajak. “Sistem pelayanan, kualitas pelayanan serta berbagai persoalan yang masih ada harus tetap dibedah dan dicarikan solusi. (Mudassir/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Pekerja Rekanan Proyek , Wajib Jamsostek.

Laporan: Sanco Simanullang- Tapteng

Tapteng, KBN News-Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Raja Bonaran Situmeang mengatakan salah satu indikator negara sejahtera adalah terpenuhinya perlindungan buruh termasuk kesejahteraan buruh seperti upah maupun jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek).

“Saya ingatkan agar setiap perusahaan maupun pekerjaan jasa konstruksi agar mencantumkan keikutsertaan tenaga kerjanya menjadi peseta program jamsostek. Tolong dalam kontrak kerja setiap pembangunan daerah, berikan jamsostek bagi tenaga kerjanya sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya saat membuka Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi di 12 kabupaten / kota daerah operasional Kantor Cabang Sibolga, di hotel Bumi Asih, Pandan Beach Resort Sibolga, baru baru ini sebagaimana Siaran Pers Humas Jamsostek Sibolga Sanco Simanullang (28/11).

Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) diwakili Drs Erisfa menegaskan setiap penyedia jasa yang mempunyai status usaha baik menjalankan suatu perusahaan milik sendiri atau berdiri sendiri menjalankan perusahaan bukan miliknya yang mempekerjakan tenaga kerja harian lepas, borongan dan perjanjian kerja baik proyek APBD, APBN dan Swasta wajib menjadi peserta Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).

Rapat tersebut dibuka Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang , dihadiri sejumlah pejabat diantaranya Kakanwil I PT Jamsostek (Persero) yang diwakili Drs. Erisfa, Kabag Progsus diwakili Sirus Gultom, Kadissosnaker Tapsel Syamsul Bahri Siregar, Kadissosnaker Kota Sibolga Sofyan Nasution, Kadissosnaker Tapteng Eddy Sofyan Damanik pejabat lain dari 12 Kabupaten/ Kota.

Lebih jauh menurut Kakanwil, pelaksanaan program jamsostek sudah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 1993 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja serta Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor KEP-150/MEN/1999 dan KEP 196/MEN/1999 Tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja bagi tenaga kerja harian lepas, borongan dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu.

Gubernur Sumatra Utara sendiri sudah mengeluarkan Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 560/1046.K/TAHUN 2004 tentang Pelaksanaan program Jaminan Sosial tenaga Kerja bagi tenaga kerja waktu tertentu pada sektor jasa konstruksi dan tenaga kerja informal di propinsi Sumatera Utara dan Keputusan Gubernur Sumatera Utara sudah mengeluarkan Keputusan Gubernur No 560/293.K/tahun 2005 tentang penyempurnaan tim koordinasi fungsional (KF) pelaksanaan program jamsostek di Provinsi Sumatera Utara dan No. : 560/1840.K/tahun 2005 tentang pelaksanaan program jamsostek di Sumatera Utara.


Kepala Kantor Cabang Sibolga Mangasi Sormin SH MM dalam laporannya mengatakan tujuan pertemuan adalah untuk meningkatkan sinergi dahn hubungan positif antara tim Pembina Jasa Konstruksi di wilayah Cabang Sibolga.

Sormin berharap dengan pertemuan tersebut, agar kabupaten / kota yang bertugas untuk memungut iuran jamsostek untuk program jasa konstruksi dapat melaksanakan keputusan Gubernur Sumatera Utara. Bahkan agar pada setiap klausul kontrak proyek, tecantum pasal yang berisi kewajiban rekanan mengikutkan seluruh tenaga kerja dalam perlindungan program jamsostek.(*)

Selengkapnya...

Kecam Kasus Bima, Puluhan Mahasiswa HMI Demo Turunkan Kapolri

Purwakarta,KBN News-Terkait Prihatin Atas Tewasnya Dua Orang Warga Oleh AparatDalam Kerusuhan Di Bima, Puluhan Mahasiswa Yang Tergabung Dalam Himpunan MahasiswaIslam Cabang Purwakarta.Rabu (28/12)

Menggelar Aksi Demo Simpati Atas Kasus Kekerasan Aparat Saat Meredam Aksi Demo Di Bima, Mereka Juga Menuntut Pertanggungjawaban KapolriJenderal Timur Pradopo .

Mahasiswa Juga Membawa Spanduk Yang Isinya Kapolri JendralTimur Pradopo Meminta Supaya Dicopot.

Karena Menurut Mahasiswa Tindakan Aparat Dinilai Arogan,Tidak Mengedepankan Jalur Negoisasi,saat Menangani Warga Seperti Kasus Di Bima Belum Lama IniSerta Kasus Lainya.

Aksi Demo Yang Berlangsung Di Pertigaan Bank BTN Purwakarta Ini,DiJaga Ketat Apart Polres Purwakarta,Selain Berorasi, Para MahasiswaMembagi-Bagikan Selebaran Kepada Pengguna Jalan.

Puas Dengan Aksinya Mahasiswa Membubarkan Diri Dengan CaraBerkonvoy Keliling Kota Dengan Menaiki Angkot.(Saeful sutedjo)
Selengkapnya...

Koalisi Amanat Rakyat Cari Pemimpin Yang Tepat Untuk Takalar

Laporan; Emal- Takalar

Takalar, KBN News- Setelah enam belas Partai Politik non parlemen menggelar deklarasi Koalisi Non Parlemen di Warung Kopina Cikalia Takalar, Rabu(21/12). Koalisi yang bernama "Amanat Rakyat" tersebut kini dengan resmi dan transparan pula memberikan kesempatan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Takalar untuk diusung menjadi satu paket Cabup dan Cawabup Takalar.

Partai Non Parlemen yang lain pun ingin turut serta bergabung dalam Koalisi Amanat Rakyat setelah resmi deklarasi, diantaranya Partai Nasional Indonesia Marhaenis, PPNUI, dan Partai Indonesia Sejahtera,

Menurut salah satu anggota Koalisi dari Partai Kedaulatan Syam Aimal.S.Pd, koalisi ini sudah dilirik oleh dua orang bakal cabup/cawabup Kab. Takalar, komitmen dan kebersamaan yang didasari dorongan dari amanat rakyat untuk mencari calon pemimpin yang tepat memimpin kabupaten Takalar kedepan adalah kunci koalisi ini terbentuk.

Saat ini baru dua pintu yang jelas dapat mengusung cabup dan cawabup Kabupaten Takalar, yaitu dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) yang berjumlah 10 kursi parlemen di Takalar dan Koalisi Amanat Rakyat (gabungan partai non parlemen). sedangkan partai lain yang memiliki kursi di DPRD Takalar belum menentukan sikap, dan kemungkinan menunggu konvensi Partai Golkar yang dijadwalkan akan diadakan akhir bulan januari 2012. (Burhan)
Selengkapnya...

Banjir Jalan Daeng Pasawi Setinggih Satu Meter

Makassar, KBN News-Banjir kembali menngenangi sejumlah lokasi permukiman didaerah Pasawi Kecamatan Tamalate makassar hari ini, Selasa (27/12/2011).

Dua hari sebelumnya berturut-turut hingga hari ini, hujan seolah tak pernah berhenti berguyur di langit Makassar dan sekitarnya. Akibatnya, banjir dan genangan air selalu terjadi, baik di wilayah permukiman dan pemukiman tempat tinggal penduduk, serta sejumlah titik jalan protokol maupun alternatif di Makassar.

Tidak terkecuali di sejumlah jalan di lokasi Kelurahan Maccini Sombala baik di Jl Daeng Pasawi sebelah jembatan merah dan sekitarnya tak luput dari luapan air yang masuk setinggi satu meter dan menggenangi halaman, teras, bahkan di dalam rumah warga yang lantainya lebih rendah.(Muh. Iwan)
Selengkapnya...

Menjelang Lovely Desember di Toraja Utara, Hotel Diskon Sampai 50 Persen

Rantepao, KBN News-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara dipastikan menggelar pesta kembang api pada malam pergantian tahun. Ketua panitia Lovely December Kabupaten Toraja Utara Lewaran Rante La’bi’ mengatakan, peluncuran kembang api akan dipusatkan di tiga lokasi di Kota Rantepao, yakni Bukit Singki, lapangan Kodim 1414 Tana Toraja, dan Art Centre Rantepao.

Persiapan menjelang pelaksanaan pada tanggal 31 Desember 2011 sudah rampung sekitar 80 persen, pantauan yang Minggu, (25/12) seluruh stand pameran yang mengelilingi lapangan Makodim 1414 Tana Toraja sementara dibenahi oleh para penjaga stand tersebut, sejumlah aneka kerajinan dan makanan khas Toraja akan menjadi pilihan para pengunjung pameran pada perayaan Lovely Desember nanti menjelang akhir tahun 2011.

Ketua Pengusaha Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Tana Toraja dan Toraja Utara Dominikus Onny Allolinggi mengatakan, selama pelaksanaan Lovely December, pengusaha hotel dan restoran di Toraja memberikan diskon khusus bagi setiap tamu hotel dan restoran antara 30% hingga 50%.

Langkah tersebut untuk menyukseskan pesta kembang api yang dirangkaikan dengan kegiatan Lovely December di Toraja Utara. Diskon khusus tersebut belum termasuk pajak 10% yang dibebankan kepada setiap tamu hotel dan restoran. “Diskon khusus untuk para tamu hotel dan restoran hanya berlaku selama Desember,” ujarnya, kemarin.

Dia berharap dengan adanya diskon khusus bagi yang diberikan pengusaha hotel dan restoran, tingkat hunian hotel dan tamu restoran akan meningkat. Meski begitu, dia belum bisa memastikan tingkat hunian (okupansi) hotel di Toraja selama Desember mengalami peningkatan. Pasalnya, jumlah kamar hotel yang terisi pada Desember baru bisa diketahui pada Januari 2012.(Tono/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Pesta Rambu Solo di Tondon Toraja Utara Meriah

Rantepao, KBN News-Rambu Solo’ akan semakin meriah jika yang meninggal adalah keturunan raja atau orang kaya. Jumlah kerbau dan babi yang disembelih menjadi ukuran tingkat kekayaan dan derajat mereka saat masih hidup. Di Tondon Kecamatan Tondon Nanggala Anda bisa menyaksikan upacara Rambu Solo yang meriah.

Pembangunan makan bagi keluarga yang meninggal dan penyelenggaraan Rambu Solo’ biasanya menelan dana ratusa juta rupiah hingga miliaran. Tak heran, karena banyak sekali ritual adat yang harus mereka jalankan dalam prosesi pemakaman tersebut.

Salah satu Rambu Solo’ yang besar, berlangsung hingga tujuh hari lamanya. di Tondon sekitar lima kilo meter jaraknya dari ibukota Kabupaten Toraja Utara yakni Rantepao, Yang seperti itu disebut Dipapitung Bongi. Hewan yang harus dipotong saja tak kurang dari 250 ekor, yang terdiri dari kerbau dan babi. Dagingnya akan mereka bagikan kepada penduduk desa sekitar yang membantu proses Rambu Solo’.

Acara Rambu Solo dari Keluarga Ne' Penang yang merupakan keluarga besar di Desa Tondon yang diadakan dari Tanggal 15 sampai sekarang yang telah mengundang sejumlah keluarga yang tersebar di seluruh Indonesia, mereka berkumpul melaksanakan ritual adat pesta penguburan orang tuanya yang meninggal, bahkan sejumlah wisatawan dari manca negara dan lokal menyaksikan pesta adat Toraja ini, dan bertepatan juga dengan agenda akhir tahun pariwisata Pemprov. Sulawesi Selatan yakni " Lovely Desember Toraja 2011".(Tono/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Bupati Tapteng Serahkan Santunan Jamsostek Sibolga Sebesar Rp 58,5 Juta


Laporan; Sanco Simanullang- Pandan

Pandan- KBN News-Riris Roito Tambunan, istri almarhum Jusman Sihombing tak kuasa membendung air mata, saat Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang menyerahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga disela sela acara Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Tapanuli Tengah .


Siaran Pers Humas Jamsostek Sibolga Sanco Simanullang, kamis(22/12) mengatakan penyerahan santunan dilaksanakan di Pandan, Tapanuli Tengah, Rabu (21/12) lalu.

Jusman Sihombing meninggal dunia akibat kecelakaan kerja di wilayah pabrik PT Anugerah Sibolga Lestari, sebuah perusahaan industri pengolahan karet berlokasi di Jalan Padang Sidempuan KM 4,5 Sarudik Tapanuli Tengah.

Tidak banyak kata terucap dari bibir Riris Roito Tambunan selepas menerima Santunan JKK Jamsostek sebesar Rp 58.523.280.

Dengan terisak, Riris mengucapkan terimakasih atas pelayanan yang cepat dari PT Jamsostek (Persero) Sibolga. “Uang santunan akan dipergunakan sebaik – baiknya membantu membiayai anak yang masih kecil ini,” bisiknya terbata.

PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga membawahi 12 Kabupaten Kota yaitu 5 Kabupaten/Kota di Kepulauan Nias, 5 Kabupaten Kota di Tapanuli Bagian Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan dan Kota Sibolga.

Kepala Kantor PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga Mangasi Sormin SH MM didampingi Humas Sanco Simanullang dan Kabid Pemasaran Husaini selepas penyerahan santunan JKK mengatakan pihaknya siap memproses hak – hak karyawan atas klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan .

“Sangat mudah pelayanan jamsostek, tentu persyaratan-persyaratan pendukung mohon dipenuhi, dan kita sebagai penyelenggara Jaminan Sosial siap melayani peserta dengan sebaik-baiknya,” tandas Sormin.(Saputra)
Selengkapnya...

1.548 Anggota Polisi Siap Amankan Natal dan Tahun 2012

Makassar, KBN News-Untuk mengantisipasi kerawanan jelang natal dan tahun baru, aparat Polda Sulsel melaksanakan gelar pasukan operasi lilin di lapangan Karebosi, Kamis (22/12/2011). Sekitar 1.548 personel kepolisian, dan TNI akan turut serta dalam apel siaga tersebu

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sulsel Kombes Pol Chevy yang dikonfirmasi, Rabu (21/12/2011) mengatakan, dalam beberapa pekan ke depan operasi lilin akan di galakkan di sejumlah wilayah di Sulsel. Tujuannya untuk mengantisipasi tindak kejahatan di Sulsel.

"Untuk melihat kesiapan operasi lilin, makan akan digelar apel siang di Lapangan Karebosi, Kamis pagi," katanya.

Adapun jumlah personel yang dilibatkan sebanyak 1.548 personel. Terdiri dari Polda Sulsel 638 dan Polrestabes dan Polres 910 orang.

Operasi lilin sendiri merupakan agenda tahunan yang digelar Polri di sejumlah wilayah di nusantara. Operasi ini dilakukan untuk menjaring pelaku kejahatan maupun mengantisipasi pelanggaran yang mungkin terjadi. Pelaksanaan operasi dilaksanakan hingga 1 januari 2012.

Baik pelanggaran lalulintas maupun jenis pelanggaran lainnya. Ini dilakukan mengingat pada natal maupun tahun baru masyarakat memiliki aktivitas yang lebih.

Sementara itu Kapolda Sulsel Irjen Pol Johny Wainal Usman beberapa waktu lalu mengatakan akan memberikan pengamanan ekstra kepada tempat ibadah yang ada. "Ini dilakukan untuk mengantisipasi teror jelang natal," tandasnya.(Uki/ Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Partai non Parlemen di Takalar Deklarasikan Koalisi Untuk Pemilukada 2012

Laporan: Emal- Talakar

Takalar, KBN News-Enam belas Partai Politik non parlemen mengelar deklarasi Koalisi Non Parlemen di Warung Kopina Cikalia Takalar, Rabu(21/12). Deklarasi koalisi tersebut ditujukan untuk berpartisipasi calon pada Pemilukada Takalar yang akan di gelar tahun 2012.

“Koalisi ini di bentuk untuk mengusung calon pada Pemilukada Takalar tahun 2012″ kata Koordinator Koalisi, M Jufri Bangsawan.

Menurut salah satu anggota Koalisi dari Partai PKPI, Bambang Suarno, koalisi ini sudah resmi, karena telah diaktenotariskan. Koalisi ini juga di klaim sudah memenuhi syarat perolehan suara 15 persen, yaitu 24.901 suara.

Ke enam belas partai yang tergabung dalam Koalisi Amanat Rakyat, yaitu; Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Sarikat Indonesia, Partai Kedaulatan, Partai Demokrasi Pembaharuan, Partai Pengusaha dan Pekerja Sosial, Partai Pelopor, Partai Merdeka, Partai Peduli Rakyat Nusantara, Partai Barisan Nasional, Partai Pemuda Indonesia, Partai Republika Nusantara, Partai Buruh, Partai Patriot, Partai Karya Peduli Bangsa, Partai Penegak Demokrasi Indonesia, dan Partai Perjuangan Indonesia Baru.(Burhan)
Selengkapnya...

Gaji Ketua KPK RI Rp.70 Juta Perbulan

Jakarta,KBN News-Lumayan bersar gaji Ketua dan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gaji pokok memang kecil, hanya Rp 5 juta lebih per bulan. Tetapi aneka tunjangannya yang dahsyat. Tunjangan untuk perumahan saja mencapai Rp20 juta lebih perbulan. Belum lagi tujangan lain.

Berdasarkan PP No 29 Tahun 2006 sebagaimana diubah dengan PP No 36 tahun 2009, disebutkan bahwa pimpinan KPK mendapatkan gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan kehormatan setiap bulan. Mereka juga mendapatkan sejumlah tunjangan fasilitas seperti rumah, transportasi, asuransi dan tunjangan hari tua.

Berikut Total Penerimaan Ketua KPK Per Bulan:

1. Gaji pokok

Ketua KPK : Rp 5.040.000 (lima juta empat puluh ribu rupiah)

2. Tunjangan Jabatan

Ketua KPK : Rp 15.120.000,00 (lima belas juta seratus dua puluh ribu rupiah)

3. Tunjangan Kehormatan

Ketua KPK : Rp 1.460.000,00 (satu juta empat ratus enam puluh ribu rupiah)

4. Tunjangan Perumahan:

Ketua : Rp23.000.000,00 (dua puluh tiga juta rupiah)

5. Tunjangan Transportasi:

Ketua : Rp 18.000.000,00 (delapan belas juta rupiah)

6. Tunjangan Asuransi Kesehatan dan Jiwa:

Ketua : Rp2.200.000,00 (dua juta dua ratus ribu rupiah)

7. Tunjangan Hari Tua:

Ketua : Rp5.405.000,00 (lima juta empat ratus lima ribu rupiah)

Total per bulan Rp 70.225.000.

Sementara penerimaan Wakil Ketua KPK per bulan tidak jauh berbeda, berikut daftarnya:

1. Gaji pokok

Wakil ketua KPK : Rp 4.620.000,00 (empat juta enam ratus dua puluh ribu rupiah)

2. Tunjangan Jabatan

Wakil Ketua KPK : Rp 12.474.000,00 (dua belas juta empat ratus tujuh puluh empat ribu rupiah).

3. Tunjangan Kehormatan

Wakil Ketua KPK : Rp 1.300.000,00 (satu juta tiga ratus ribu rupiah).

4. Tunjangan Perumahan:

Wakil Ketua : Rp21.275.000,00 (dua puluh satu juta dua ratus tujuh puluh lima ribu rupiah )

5. Tunjangan Transportasi:

Wakil Ketua : Rp 16.650.000,00 (enam belas juta enam ratus lima puluh ribu rupiah)

6. Tunjangan Asuransi Kesehatan dan Jiwa:

Wakil Ketua : Rp2.200.000,00 (dua juta dua ratus ribu rupiah)

7. Tunjangan Hari Tua:

Wakil Ketua : Rp4.598.500,00 (empat juta lima ratus sembilan puluh delapan ribu lima ratus rupiah)

Total penerimaan per bulan Rp 63.117.500,00. (Soerkanokita.com)
Selengkapnya...

700 Unit Kendaraan dari Luar Beroperasi di Sulsel Tanpa Bayar PajakTiap Bulan

Makassar, KBN News-Pemerintah Provinsi Sulsel akan menertibkan maraknya mobil berplat luar masuk di Makassar. Tiga dealer mobil, Toyota, Nissan, dan Mitsubishi totalnya mencatat jumlah mobil berplat luar yang masuk dan beroperasi tanpa membayar pajak kepada Pemprov Sulsel yakni 700 unit mobil perbulan.


"Mereka itu hanya merusak jalan kita, mereka tidak bayar pajak, jadi saya akan buat regulasi agar kendaraan tidak mudah pindah dari daerah lain, saya akan memperketat masa 90 hari dulunya. Nantinya usia kendaraan harus dua tahun baru bisa masuk, Ini program penertiban kendaraan,"kata Kadispenda Arifuddin Dahlan usai rapat dengar pendapat bersama komisi C dan pimpina dealer se Kota Makassar di gedung Tower DPRD Sulsel, Makassar, Selasa (20/12/2011).

Sementara Ketua Komisi C Buhari Qahhar Mudzakkar akan memanggil pihak kepolisian untuk membahas lolosnya ratusan mobil tersebut masuk di Makassar.

"Jadi kita akan panggil kepolisian, kita akan rapat dengan kepolisian karena BPKB itu yang paling besar, dicurigai ada mafia di situ. Ini kelihatan banyak orang beli mobil di provinsi lain lalu beroperasi di sini terus tidak bayar pajak di sini. Masalahnya mereka itu hanya datang merusak jalanan di Sulsel," kata Buhari

"Pertanyaan mengapa mereka masih beroperasi di sini aturannya kan tiga bulan itu harus balik nama, tapi mengapa ada yang sampai tinggal terus. Inilah kita akan panggil kepolisian yang menangani di lapangan mengapa bisa begitu," tegas Buhari.

Anggota Komisi C Ajeip Padindang mengatakan, banyaknya mobil dari Jakarta masuk di Makassar lantaran biaya di Jakarta lebih murah, "Yang bayar BBNBK bukan dealer, tapi dikenakan pada konsumen, dealer hanya PPH, tawar menawar dealernya juga lebih murah, ini perlu diperhatikan," katanya (Bur/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

2012, Bea Cukai Targetkan Pemasukan Cukai Rokok Rp 75 Triliun

Makassar, KBN News-Dirjen Bea dan Cukai menargetkan perolehan cukai pada tahun 2012 sebanyak Rp75 triliun. Itu sudah termasuk tembakau dan minuman beralkohol lainnya. Sedangkan khusus cukai rokok/tembakau sebesar 72,04 triliun.

Kepala Seksi Hasil Tembakau II Dirjen Bea dan Cukai, Sunaryo, mengatakan itu kepada wartawan pada acara lokakarya kebijakan cukai tembakau 2012 di salah satu hotel di Makassar, Selasa (20/12/2011).

Jumlah tersebut lebih besar bila dibanding perolehan keseluruhan cukai tahun 2011, hingga Nopember 2011, telah dicapai Rp68,07 triliun. Itu sudah termasuk tembakau dan minuman ber-alkohol lainnya.

Menurut Sunaryo, target perolehan cukai rokok/tembakau itu diharapkan mampu menekan potensi kerugian negara dari cukai rokok/tembakau. Sebab data tahun 2010 lalu, potensi kerugian negara dari cukai rokok mencapai Rp300-Rp400 miliar.

Dalam penetapan cukai rokok pada tahun 2012 sebesar Rp75/perbatang. Naik sebesar Rp10/batang dibanding tahun 2011 hanya Rp65/batang. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Sambangi Kacab Sibolga, Bishop GKPI Doakan Jamsostek Jadi Berkat Bagi Bangsa

Laporan: Sanco Simanullang- Sibolga

Sibolga, KBN News-Pucuk Pimpinan (Bishop) Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Pendeta Patut Sipahutar MTh mendoakan agar PT Jamsostek (Persero) baik secara nasional maupun daerah kiranya diberkati Tuhan menjadi lembaga yang kokoh dan dapat memberikan perlindungan menyeluruh bagi bangsa terutama perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat, para pekerja dan masyarakat yang sangat membutuhkan pertolongan ketika kecelakaan, sakit bahkan meninggal dunia.


Sebagai informasi, GKPI merupakan gereja terbesar kedua di Sumatera setelah HKBP. Menurut almanak GKPI, jumlah pelayan aktif 8.482 jiwa , terdiri dari 227 orang pendeta, 1.139 guru jemaat, 7.046 penatua, evangelis, diakones, pegawai kantor pusat, honorer, pegawai mamre, staff LPPM dan 31 calon pendeta.

Bishop yang didamping Pimpinan Gereja GKPI Ressort Khusus Sibolga Pendeta BA Hutasoit STh berada di Kota Berbilang Kaum Sibolga dalam rangka memimpin ibadah Perayaan Natal Oikumene Se-Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah tahun 2011. Disela sela kunjungan itu, Bishop berkenan mengunjungi Kantor Pelayanan Jamsostek Sibolga.

Bishop mengakui peran penting jaminan Sosial dalam memberikan perlindungan bagi masyarakat, tidak terkecuali para “hamba Tuhan” yang melayani para jemaat, sebab mereka adalah manusia biasa yang membutuhkan perlindungan sosial.

Pendeta Sipahutar merujuk pelaksanaan program jaminan sosial di Jerman yang sudah berjalan dengan baik. Dikatakannya, Jerman merupakan negara terkemuka di dunia yang sangat peduli terhadap jaminan sosial masyarakatnya.

“Jerman sangat peduli terhadap jaminan sosial warganya. Mereka bagus dalam pelayanan Diakoni. Sampai-sampai, ada kota bernama Bethel, sebuah kota berpenduduk 50 ribu an, merupakan pusat penyembuhan korban kecelakaan, cacat dan sakit. Di kota itu tersedia pelayanan rumah sakit yang sangat bagus,” tukas Pendeta seraya berharap agar pemerintah dapat hadir dan lebih tanggap terhadap masalah jaminan sosial di negara kita.

Kepala Kantor Cabang, St. Mangasi Sormin SH MM didampingi Kepala Bidang Umum, SDM dan TI Sanco Simanullang ST MT, Kepala Bidang Keuangan Aslim Tiopan, Kepala Bidang Pemasaran Husaini mengucapkan terimakasih atas perkenan Bishop GKPI hadir di Jamsostek Kacab Sibolga.

“Kami sungguh merasa berbahagia atas kehadiran Amang Bishop, dan kami semakin dikuatkan lagi untuk bersemangat memberikan pelayan terbaik. Semoga Doa dan masukan yang disampaikan dapat meningkatkan peran Cabang Sibolga dalam memberikan pelayanan prima bagi peserta dan masyarakat pada umumnya,“ tandas Sormin yang juga aktif sebagai pelayan GKPI seraya mengharapkan para Pendeta dan penatua dilingkungan GKPI dapat segera menjadi peserta jamsostek.(Saputra)
Selengkapnya...

Pemprov Berupaya Meningkatkan Pelayanan Kepada Wajib Pajak

Kadispenda : Sudah Disampaikan Dirlantas yang Lama

Makassar, KBN News- Terkait dengan disorotnya rencana pengoperasian Samsat Makassar yang ada di Jalan Pettarani dalam lingkup Kantor Dispenda Sulsel oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Makassar ini.

Kadispenda Sulsel, Arifuddin Dahlan menjelaskan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berupaya menambah sarana dan prasarana bangunan pada Samsat Makassar yang ada di Jalan Pettarani tiada lain untuk kenyamanan dan peningkatan pelayanan kepada Wajib Pajak yang ingin membayar pajak kendaraannya didaerah ini, katanya.

Adapun menurut dia, bahwa ada tudingan dari pihak LSM Join Makassar tidak pernah koordinasi dengan ke dua instansi terkait dalam Sistem administrasi satu Atap ( Samsat), itu tidak benar, kami telah menyampaikan sebelumnya kepada Dirlantas yang lama, yakni Kombes, Adnas sebelum Kantor Samsat Pettarani direnovasi dan itupun sudah sampaikan kepada Paur Samsat Makassar, AKP,Masaluddin beberapa hari yang lalu saat peninjauan Kantor Samsat di Pettarani ini juga ditemani Kantor Berita Kota Online saat itu, kata Arifuddin di Makassar, Senin ( 19/12)lewat telepon Selularnya.

"Dan adapun lahan parkir sudah disediakan untuk parkir kendaraan para wajib pajak lumayan cukup luas diempat bagian disamping kantor Samsat Makassar di Pettarani",tegas mantan Wakadis Dispenda Sulsel. (Andi Ahmad)

Selengkapnya...

2012, Pajak Progresif Kendaraan di Sulsel Diberlakukan

Makassar, KBN News-Pihak Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel mulai akan memberlakukan pajak progresif untuk kendaraan roda empat pada Januari 2012 mendatang. Mereka yang memiliki kendaraan roda empat lebih dari dua unit akan dikenakan tambahan pembayaran pajak.

Hal ini diungkapkan Kadispenda Sulsel Arifuddin Dahlan saat menggelar konferensi pers di kantor Dispenda Sulsel Jalan AP Pettarani, Senin (19/12/11) siang. Namun, Arifuddin mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu panik dengan adanya tambahan pajak tersebut.

"Sesuai dengan peraturan gubernur tahun 2010, pengenaan pajak progresif ini untuk kendaraan roda empat. Otomatis mereka yang memiliki kendaraan dengan jumlah tertentu akan dikenakan tambahan pajak lagi," katanya.

Lebih lanjut disebutkan pada konferensi pers tersebut, pajak terbesar pada tahun ini diperoleh dari Biaya Balik Nama (BBN) kendaraan. "adapun realisasi pajak tahun 2011 hingga November sudah mencapai 91 persen," tandasnya. (Mudassir/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Rencana Pengoperasian Samsat Pettarani Menunai Sorotan

Makassar, KBN News-Akan dibukanya kembali kantor Samsat Makassar di Jalan Pettarani, yang sebelumnya dipindahkan ke Jalan Andi Mappanyukki sekitar tiga tahun yang lalu, dengan alasan kantor Samsat Pettarani tidak layak lagi di pergunakan dengan situasi keadaan wajib pajak yang semakin meningkat tiap bulannya, sedangkan keadaan kantor Samsat ini tidak menampung lagi pada saat bersamaan ingin membayar pajak kendaraanya .

Maka Kadispenda Sulsel mengambil langkah untuk mencarikan solusi dan dipindahkanlah Samsat Makassar Ke Jalan Andi Mappanyukki namun setelah beroperasi kurang lebih tiga tahun lamanya ternyata dengan meningkatnya pemilik kendaraan di Kota Makassar ini dan Kantor Samsat Makassar yang ada di jalan Andi Mappanyukki sudah kewalahan melakukan pelayanan kepada wajib pajak, akhirnya Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Sulsel, Arifuddin Dahlan membangun kembali Kantor Samsat jalan Pettarani yang satu lokasi dengan Kantor Dispenda Sulsel dan menurutnya rencana bulan Maret 2012 kantor ini akan dioperasikan sebagai kantor Samsat Makassar juga. Yang bedanya dengan Samsat di Jalan Mappanyukki sekarang yaitu hanya dipakai untuk proses kendaraan roda dua dan empat yang baru saja. Sementara untuk perpanjangan pajak dan STNK yang habis masa berlakunya tetap dilakukan di Samsat Mappanyukki, jelasnya belum lama ini.

Terkait akan dioperasikan kembali Kantor Samsat Pettarani, menunai sorotan dari pihak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yakni Jaringan Oposisi Indonesia (JOIN) Sulsel, menilai keputusan yang dilakukan Kadispenda Sulsel untuk mengoperasikan Kantor Samsat Makassar yang kedua dijalan Pettarani cacat koordinasi karena tidak ada penyampaian kepada dua instansi terkait dikantor Samsat ini yakni, Ditlantas Polda Sulsel dan PT. Jasa Rahardja, sementara dalam institusi di Samsat ada tiga istansi terkait dalam administrasi satu atap, ucap Ketua Join Sulsel, Mansyur Azis di Makassar, Minggu (18/12).

Menurut Mansyur, penempatan Samsat Makassar di Pettarani kembali hanya pemborosan anggaran, karena perlu diketahui masih banyak kantor Samsat didaerah yang masih status pinjam tempat dan tidak layak untuk dipakai melayani wajib pajak untuk membayar pajak kendaraanya.selain itu persoalan penempatan aparatur personil Samsat yang belum siap dan ditambah lagi tempat parkir tidak layak juga,

Disisi lain menganggap sarana dan prasarana yang belum maksimal, dan keberadaan kantor Samsat Makassar di Mappanyukki selama ini dibuka kalau ternyata akan di operasikan juga di jalan Pettarani, dan juga perlu diketahui tempat pelayanan Drive True dan Samsat Link di M,Tos belum juga difungsikan secara maksimal dan prasanarannya belum menunjang dapat dipakai melayani wajib pajak selama ini, karena masih selalu ditemukan keluhan oleh warga yang ingin bayar pajak kendaraannya ditempat itu, kunci Ancu dengan nada tegas.
( Mudassir/ Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Akibat Badai Washi Hantam Filipina, Sudah 800 Tewas

Perumahan Yang dihantam Badai di Filipina Foto : AFP
Filipina, KBN News-Jumlah korban tewas akibat terjangan badai tropis Washi di Filipina selatan bertambah menjadi 652 orang. Sebanyak 808 lainnya dilaporkan hilang.

Palang Merah Filipina, Minggu (18/12/2011), mencatat bahwa korban paling banyak terjadi di Kota Cagayan de Oro dan Iligan di Pulau Mindanao. Kedua tempat ini yang paling parah mengalami kerusakan akibat banjir bandang setelah terjangan topan.
Seluruh desa tersapu saat badai tropis Washi mengobrak-abrik Filipina selatan pada Sabtu (17/12/2011) dini hari. Warga tak dapat berbuat banyak karena pada saat kejadian mereka sedang tertidur lelap. Akibat bencana itu, rumah-rumah rata dengan tanah, jembatan rusak, dan kendaraan terbalik.

Pemerintah dan Palang Merah Filipina meminta bantuan makan, pakaian, dan tempat tinggal bagi lebih dari 35.000 orang yang berkumpul di pusat-pusat evakuasi. Sekitar 20.000 personel militer dikerahkan untuk melakukan penyelamatan terhadap korban dan memberikan bantuan kepada warga yang selamat di pantai utara Pulau Mindanao.

Warga setempat mengatakan, jasad-jasad korban memenuhi kamar-kamar mayat di Cagayan de Oro. Para petugas bekerja ekstra untuk menangani korban tewas, menyediakan peti mati, dan air untuk membersihkan mayat agar tidak membusuk. Mayat-mayat itu cepat membusuk karena tubuh mereka dipenuhi air dan lumpur.

Wali Kota Cagayan de Oro, Vicente Emano, memperkirakan korban tewas di wilayahnya mencapai 500-an orang. Akibat banyaknya korban tewas, rumah pemakaman Somo menolak menerima dua jasad anak yang tenggelam.

"Kami tidak dapat menerima anak-anak tenggelam. Kami sudah kewalahan. Kami hanya memiliki empat alat pembalsem," kata Ryan Somo, salah satu anggota keluarga pemilik rumah pemakaman.

Kekurangan air bersih juga melanda kota-kota yang dilanda bencana. Pemerintah Kota Cagayan de Oro terpaksa membuka hidran kebakaran untuk memasok air bersih. Warga pun terpaksa mengantre panjang warga terjadi untuk mendapatkan air bersih. (Kompas.com)
Selengkapnya...

2012, Kebebasan Pers Masih Terancam

Jakarta, KBN News-Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Eko Maryadi mengatakan dalam beberapa tahun ke depan jurnalis Indonesia akan mengalami tiga macam ancaman kekerasan.

Jika hal ini terus dibiarkan akan memasung kekebasan pers di Indonesia. Padahal, kebebasan pers di Indonesia relatif jauh lebih baik dari era sebelumnya Tiga macam ancaman kekerasan itu adalah kekerasan struktural dalam bentuk intimidasi alat pemerintah seperti polisi dan satpol PP.

Hal kedua kekerasan dalam bentuk pembiaran aparat negara. "Dimana alat negara tidak bekerja sungguh-sungguh dalam mencegah terjadinya kekerasan," papar Eko.

Soal ketiga adalah kekerasan impunitas. Yakni, para pihak yang telah melakukan kekerasan terhadap jurnalis bisa melenggang bebas tanpa mempertanggungjawabkan kejahatannya.

"Saya ingatkan rekan jurnalis untuk bekerja sesuai etika supaya tidak jadi target kekerasan. Kemudian jika meliput di daerah konflik tolong jaga zona aman," ujar pendiri AJI yang akrab disapa Item itu,seperti dilansir Beritasatu.

Pada Senin (12/12), rumah seorang jurnalis The Rote Ndao News, Nusa Tenggara Timur (NTT), Dance Hanukh, dibakar dan dihancurkan oleh sekelompok orang. Akibat syok karena insiden itu, putri Dance, Gino Novitri Henukh yang baru berusia satu bulan meninggal dunia.

Hari ini, seorang jurnalis wanita dari harian Erende, Rote Ndao, NTT, Endang Sidin, mengaku dirinya sempat disekap oleh seorang polisi pramong praja dan diancam akan dihabisi karena memberitakan seorang PNS yang menjadi calo proyek.

Beberapa hari yang lalu seorang jurnalis di Surabaya diusir dan dilecehkan sekuriti konsulat Amerika Serikat karena ia memotret kemacetan yang terjadi akibat pembatas jalan di depan konsulat tersebut.

Sejak 1996 sampai 2010, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mencatat terjadinya 10 kasus kekerasan yang berujung pembunuhan terhadap wartawan.

Sebagian besar dari kasus-kasus tersebut masih belum terungkap atau dibiarkan menjadi misteri sampai sekarang. Seperti kasus pembunuhan wartawan Bernas, Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin di Bantul pada 1996 lalu.

Beberapa waktu lalu, AJI memprotes Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta, yang akan menghentikan penyidikan kasus pembunuhan wartawan Bernas, Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin yang dibunuh pada 16 Agustus 1996 di Bantul.

AJI mendesak kepolisian menyelesaikan utang kasus Udin sebelum kasus ini kedaluarsa memasuki usia 18 tahun. AJI lantas menyebut contoh keberhasilan Polri mengungkap kasus pembunuhan terhadap AA Prabangsa di Bali pada 16 Februari 2009. Para pembunuh wartawan Radar Bali itu divonis hukuman seumur hidup sampai 8 tahun penjara.

Sebelumnya, polisi juga membebaskan pelaku pembunuh wartawan Sun TV, Ridwan Salamun yang meninggal di Tual, Maluku, Agustus 2010 silam. (Saputra)

Selengkapnya...

2011, Aksi Koboi Polisi Tewaskan 16 Warga

Jakarta, KBN News-Indonesia Police Watch (IPW) melansir 16 nyawa warga sipil melayang dan 69 orang lainnya luka tembak diduga akibat 'aksi koboi' polisi selama 2011. Demikian rilis disampaikan IPW dalam catatan akhir tahun Polri 2011,Minggu (18/12/2011),seperti dikutip dari Tribun News.


Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, menyatakan prihatin dengan banyaknya korban dari aksi koboi polisi tersebut. "Selama 2011, ada 16 orang tewas dan 69 orang luka tembak akibat kesewenang-wenangan polisi dalam menggunakan senjata apinya," ujar Neta.

Dalam catatan akhir tahun 2011, IPW mencatat 'aksi koboi' polisi itu ada dua kategori, yakni aksi main tembak dan aksi salah tembak.

Aksi main tembak terjadi di sekitar wilayah tambang dan kawasan perkebunan. Tepatnya, saat warga sedang memperjuangkan hak-haknya dalam sengketa dengan pengusaha tambang atau perkebunan.

Aksi salah tembak terjadi saat polisi sedang mengejar pelaku kriminal. Akibat polisi tidak profesional, warga yang tidak berdosa menjadi korban.

IPW juga mencatat, ada dua polisi yang menembak istrinya selama 2011. "Satu tewas dan satu luka," ujar Neta.

Mirisnya, sejumlah korban penembakan ternyata tidak mendapat bantuan polisi.

Dicontohkan, korban penembakan di Mesuji, Lampung, hingga 17 November 2011, mengaku belum mendapat bantuan biaya perawatan dari Polri. Padahal, mereka menjadi korban penembakan membabi buta aparat keamanan di Lampung.

Menurut Neta, IPW prihatin, jika di masa Orde Baru aparat ABRI cenderung diperalat pengusaha. Namun, setelah reformasi para pengusaha cenderung memanfaatkan dan memperalat polisi. "Dengan dalih menjaga keamanan dan menjaga objek vital, polisi cenderung mengedepankan sikap represif yang dulu di jaman Orba dipertontonkan oleh ABRI," jelasnya.

Neta menjelaskan, kenapa polisi cenderung represif. Alasannya, karena uang sudah membutakan mata hati mereka, uang sudah membuat mereka tida independen, uang telah memperalat para polisi untuk memusuhi rakyat kecil. Polisi cenderung membiarkan dirinya menjadi satpam yang menghambah pada perusahaan-perusahaan yang membayarnya, yang memang bayarannya lebih besar ketimbang gaji mereka dari negara.

Untuk menghidari polisi terus menerus diperalat, lanjut Neta, perlu ada kontrol yang kuat dari DPR dan DPRD serta pemerintah. Atasan kepolisian juga harus terus-menerus mengingatkan anak buahnya, bahwa tugas mereka melindungi rakyat, bukan menghamba kepada para pengusaha berduit.(Saputra)

Selengkapnya...

Kasat Lantas : Kasus Tabrak Lari di Makassar Capai 200 Kasus

Makassar, KBN News-Kepala Satuan Lalulintas Polrestabes Makassar AKBP M Hidayat, mengemukakan data dan tren tingginya angka kasus tabrak lari di Kota Makassar, dalam tiga bulan terakhir.

"Jumlah kasus tabrak lari saat ini sudah mencapai angka di atas 200 kasus," kata Kasat Lantas dalam bagian akhir undangan jumpa pers sekaligus ngopi bareng kepada wartawan di Makassar, Sabtu (17/12/2011).

Menyebut wartawan sebagai media partner polantas, AKBP Hidayat mengundang wartawan berkenan hadir pukul 20.00 wita malan ini di Cafe Gigi Jl. Pengayoman, Makassar dengan tema, "silahturahmi saja untuk menjalin komunikasi kita yang selama ini sangat dirasakan hasilnya dlm rangka pembelajaran kepada masyarakat," katanya seperti dikutif dari via pesan instant BlackBerry Messangger. ( Andi Ahmad )
Selengkapnya...

2011, Jamsostek Sibolga Bayar Klaim Rp 13,276 Miliar

Sibolga, KBN News- Hingga Nopember 2011, PT Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Sibolga telah membayar klaim sebesar Rp 13, 276 Miliar. Kepala Cabang PT Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Sibolga Mangasi Sormin SH MM, Rabu (14/12) mengatakan, jumlah tersebut dibayarkan kepada 9.946 kasus Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan peserta jamsostek yang ada di 12 Kabupaten / Kota wilayah kerja kantor tersebut.

Dalam siaran pers selepas menerima audiensi wartawan RRI Sibolga di Kantor PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga Jalan Letjen Suprapto No 89 Sibolga, Kepala Bidang Umum, SDM, TI dan Humas Sanco Simanullang, rabu, menambahkan klaim sebesar Rp 13, 276 Miliar terdiri Jaminan Kecelakaan Kerja (142 kasus, Rp 936, 9 Juta), Jaminan Hari Tua(2.025 kasus, Rp 10,80 Miliar) , Jaminan Kematian (54 kasus; Rp 793,40 Juta) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (7.725 kasus; Rp 739,880 Juta).

Turut mendampingi Kepala Cabang antara lain Kepala Bidang Pemasaran Husaini, Kepala Bidang Pelayanan Zainal Fakhruddin dan Kepala Bidang Keuangan Aslim Tiopan. Dikatakan, PT Jamsostek (Persero) Sibolga saat ini terus berupaya menjalin kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada di wilayah kerjanya.

“Kami baru efektif tanggal 16 november bulan lalu sebagai Kepala Kantor . Kami sudah bertemu dan beraudiensi dengan 3 Kepala Daerah yaitu Bapak Walikota Sibolga, Bupati Tapteng dan Bupati Tapsel. Kami sangat mengharapkan dukungan para Kepala Daerah lain,” tandas Sormin.

Menurut Sormin, pihaknya terus menjalin kerja sama dengan pengusaha, tenaga kerja serta pelaku usaha baik formal maupun informal diwilayah kerja Cabang Sibolga.

“Jumlah perusahaan yang menjadi peserta Jamsostek di Cabang Sibolga saat ini sebanyak 907 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja aktif mencapai 22.254 orang. Sementara jumlah tenaga kerja yang mengikuti program jaminan pemeliharaan kesehatan mencapai 319 perusahaan dengan tertanggung 4.580 orang,” tutup Sormin. (Sanco Simanullang)


Selengkapnya...

DPRD Sibolga Desak Seluruh Pengusaha Segera Patuhi Jamsostek.



Anggota DPRD Sibolga bersama Pimpinan Jamsostek Sibolga
Sibolga, KBN News- Perusahaan yang telah mengikutsertakan tenaga kerjanya menjadi peserta jaminan sosial tenaga kerja (jamsostek) sesuai amanat UU No 3 tahun 1992 di Kota Sibolga masih jauh dari harapan dan cukup memprihatinkan. Terbukti, jumlah tenaga kerja yang terdaftar baru mencapai 22.254 orang yang bekerja di 907 perusahaan pada 12 kabupaten / Kota wilayah kerja PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga.

“Kalau diambil data per kabupaten / kota, belum mencapai 2000 orang yang ikut jamsostek. Angka ini tentu sangat jauh dari jumlah tenaga kerja yang sebenarnya terdaftar di masing masing Kabupaten,” pungkas Kepala Kantor PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga Mangasi Sormin SH MM saat menerima kunjungan Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori didampingi anggota Henry Tamba, rabu(14/12) bertempat di Kantor Cabang PT Jamsostek (Persero) Sibolga di jalan Letjen Suprapto No 89 Sibolga.

“Kami tidak berdaya tanpa dukungan Bapak – bapak wakil rakyat. Kami sungguh membutuhkan dukungan Bapak dan pemerintah Kota,” tandas Sormin didampingi Kabid Pemasaran Husaini, Kabid Keuangan Aslim Tiopan, Kabid Pelayanan Zainal Fakhruddin sebagaimana siaran Pers Kepala Bidang Umum, SDM, TI dan Humas Jamsostek Sibolga Sanco Simanullang, Kamis (15/12).

Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sibolga Jamil Zeb Tumori yang sengaja datang melihat lebih dekat sejauhmana perusahaan plat merah tersebut memberikan pelayanan kepada pengusaha dan tenaga kerja menegaskan, DPRD Kota Sibolga khususnya Komisi III yang membidangi jamsostek berkepentingan mendesak perusahaan mengikutsertakan karyawannya kedalam program jamsostek.

“Kalau pekerja sejahtera, tentu rakyat Sibolga pun turut sejahtera. Maka kita minta dengan tegas seluruh perusahaan wajib memasukkan karyawannya kedalam program jamsostek. Kita akan lakukan sidak kelapangan untuk memastikan seluruh pekerjanya terdaftar menjadi peserta. Jangan sampai hal ini bermasalah hukum dikemudian hari. Ini perintah undang-undang,” tegas Jamil.

Dalam pertemuan itu dibicarakan tentang UU Guru dan Dosen yang mewajibkan seluruh dosen dan guru swasta yang juga wajib dilindungi program Jamsostek. Begitu juga dengan usaha rumah makan, perikanan seperti nelayan, usaha ekspedisi dan sejumlah sektor usaha yang masih melanggar UU ketenagakerjaan tersebut.

“Awal tahun depan, seluruh pengurus sekolah dan yayasan akan kita kumpulkan dan diharapkan peraturan wajib jamsostek dapat disosialisasikan bagi para dosen dan guru,” sambung Henry Tamba. (Sanco Simanullang)

 
Selengkapnya...

2012, Target BRI Naik 20 Persen

Solo, KBN News-Penyaluran kredit dan layanan jasa perbankan yang mendatangkan fee base income atau keuntungan yang didapat dari transaksi jasa bank akan jadi fokus kinerja Bank BRI Cabang Solo Slamet Riyadi pada 2012 mendatang.

Sementara untuk target penyaluran kredit dan penyerapan dana pihak ketiga (DPK), ditarget tumbuh 20 persen dari tahun ini. Pemimpin Cabang BRI Solo Slamet Riyadi Waryanto Hadi Utomo mengungkapkan, pihaknya akan lebih meningkatkan layanan untuk menggenjot perolehan fee base income.


"Layanan mobile banking, ATM, SMS banking dan sebagainya akan ditingkatkan. Juga penyaluran kredit, baik konsumtif maupun untuk modal kerja. Keduanya akan digenjot, untuk memenuhi target yang ditetapkan," katanya kepada wartawan, di sela acara penanaman pohon dalam rangka HUT BRI ke-116 di area Solo Techno Park (STP), Jumat (16/12).

Dikatakannya, penyaluran kredit modal kerja di BRI Cabang Solo Slamet Riyadi pada 2011 ini cukup bagus. Hingga November lalu, sudah Rp 600-an miliar kredit disalurkan ke debitur dengan peruntukan sebagai modal kerja atau kredit konsumtif.

Jumlah itu termasuk kredit usaha rakyat (KUR) yang sudah tersalur Rp 100,8 miliar hingga November lalu. "Kalau untuk DPK, sampai November lalu sudah terhimpun Rp 800-an miliar. Kinerja tahun ini cukup bagus, sehingga tahun depan target kami dipathok naik 20 persen dari perolehan tahun ini," jelasnya.

Secara nasional, kinerja bank plat merah itu juga memuaskan. Hingga September lalu, menurut Waryanto, laba yang diperoleh BRI di Indonesia sudah mencapai Rp 10 triliun. Sedangkan aset yang dimiliki senilai Rp 390 triliun. "Kami terus melakukan perbaikan dalam layanan, untuk meningkatkan kinerja," tandasnya. (Suara Merdeka/Irfan)
Selengkapnya...

HUT ke 116, BRI Makassar Luncurkan Kartu BRIZZI

Pemotongan Kue Ultah BRI ke 116 di Kanwil Makassar
Sebagai Alat Transaksi Pengganti Uang Tunai

Laporan: AA.Effendy- Makassar

Makassar, KBN News-PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Makassar mengenalkan kartu BRIZZI. BRIZZI merupakan electronic money (e-money) atau uang isi ulang dalam bentuk kartu prabayar yang dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai.

Pimpinan Wilayah BRI Makassar, Adhy Kusnandar menjelaskan dengan menggunakan uang isi ulang itu, masyarakat akan semakin dimudahkan dalam melakukan transaksi harian secara non tunai bernilai kecil dan secara berulang-ulang. Seperti belanja di minimarket, SPBU, maupun outlet-outlet retail lainnya.

"Untuk di Makassar sudah ada beberapa merchant yang melayani BRIZZI, seperti di beberapa SPBU maupun di Jadi Baru Swalayan," ujar Adhy Kusnandar usai acara Syukuran HUT ke-116 BRI,di Makassar, Jumat(16/12).

Kepala Kanwil BRI ini menyebutkan, sejumlah kegiatan akan digelar untuk merayakan HUT ke-116 BRI. Dimulai Jumat (16/12) dengan upacara HUT BRI. Kemudian siang harinya digelar potong tumpeng. Selanjutnya Sabtu (17/12) dilaksanakan sunatan massal gratis yang diikuti 100 anak, Donor Darah 100 orang, Pengobatan Umum 500 orang,Ziarah dan pemberian santunan kepada Ahli waris serta penanaman 1 milyar pohon. Dan diadakan pula kegiatan olahraga berupa tennis meja, Gaple, Tennis Lapangan, futsal dan catur, paparnya.

"Sedangkan hari Minggu jalan sehat dan panggung gembira dengan mendatangkan artis ibukota yang diikuti kurang lebih 2500 orang keluarga besar BRI Kanwil Makassar," ujarnya seraya menyebutkan dalam jalan sehat itu sekaligus dimanfaatkan untuk launching BRIZZI.

Lebih lanjut, Adhy menambahkan, masyarakat bisa mendapatkan BRIZZI di outlet-outlet BRI. Hanya dengan top up perdana Rp 50.000 sudah bisa memilikinya tanpa harus menjadi nasabah BRI. Sedangkan top up selanjutnya tidak dibatasi, namun saldo maksimal hanya Rp 1 juta. "Sekarang ini sudah tidak zamannya lagi membawa uang tunai lusuh di dompet," ujarnya.
Selengkapnya...

Jamsostek Sibolga Bayar Klaim Rp 13, 276 Miliar

Laporan: Sanco Simanullang- Sibolga

Sibolga, KBN News-Hingga Nopember 2011, PT Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Sibolga telah membayar klaim sebesar Rp 13, 276 Miliar. Kepala Cabang PT Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Sibolga Mangasi Sormin SH MM, rabu (14/11) mengatakan, jumlah tersebut dibayarkan kepada 9.946 kasus Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan peserta jamsostek yang ada di 12 Kabupaten / Kota wilayah kerja kantor tersebut.

Dalam siaran pers selepas menerima audiensi wartawan RRI Sibolga di Kantor PT Jamsostek (Persero) Cabang Sibolga Jalan Letjen Suprapto No 89 Sibolga, Kepala Bidang Umum, SDM, TI dan Humas Sanco Simanullang, rabu, menambahkan klaim sebesar Rp 13, 276 Miliar terdiri Jaminan Kecelakaan Kerja (142 kasus, Rp 936, 9 Juta), Jaminan Hari Tua(2.025 kasus, Rp 10,80 Miliar) , Jaminan Kematian (54 kasus; Rp 793,40 Juta) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (7.725 kasus; Rp 739,880 Juta).

Turut mendampingi Kepala Cabang antara lain Kepala Bidang Pemasaran Husaini, Kepala Bidang Pelayanan Zainal Fakhruddin dan Kepala Bidang Keuangan Aslim Tiopan. Dikatakan, PT Jamsostek (Persero) Sibolga saat ini terus berupaya menjalin kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan yang ada di wilayah kerjanya.

“Kami baru efektif tanggal 16 november bulan lalu sebagai Kepala Kantor . Kami sudah bertemu dan beraudiensi dengan 3 Kepala Daerah yaitu Bapak Walikota Sibolga, Bupati Tapteng dan Bupati Tapsel. Kami sangat mengharapkan dukungan para Kepala Daerah lain,” tandas Sormin.

Menurut Sormin, pihaknya terus menjalin kerja sama dengan pengusaha, tenaga kerja serta pelaku usaha baik formal maupun informal diwilayah kerja Cabang Sibolga.

“Jumlah perusahaan yang menjadi peserta Jamsostek di Cabang Sibolga saat ini sebanyak 907 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja aktif mencapai 22.254 orang. Sementara jumlah tenaga kerja yang mengikuti program jaminan pemeliharaan kesehatan mencapai 319 perusahaan dengan tertanggung 4.580 orang,” tutup Sormin. (Saputra)
Selengkapnya...

Kadiv Humas Mabes Polri Silahturahmi Wartawan di Makassar

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Saud Usman Nasution (Tribun News)
Kepala Divisi Humas Markas Besar Polri Irjen Saud Usman Nasution memperkenalkan diri kepada wartawan Makassar.

Yakni dalam acara silaturahmi dan tatap muka insan pers Sulawesi Selatan di Grand Clarion Hotel and Convention, Rabu (14/12/2011). Acara ini dihadiri wartawan dan pejabat utama Polda Sulsel

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Saud Usman Nasution mengatakan, kepolisian saat ini tak sama kepolisian yang dulu. Banyak perubahan di tubuh Polri sejak dicanangkan reformasi tubuh Polri. Satu perubahan di tubuh Polri adalah keterbukaan informasi.

Hal ini disampaikan Saud saat memaparkan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dalam Pemaparan ini dihadiri pejabat utama polda dan wartawan.

"Sekarang Polri bukan seperti yang dulu lagi. Anda bisa meminta informasi terkait penyelidikan. Kalau penyelidikan itu ditutup-tutupi kan, ada pengawas kepolisian," kata Saud.

Polri telah membentuk pejabat pengelola informasi dan data (PPID) sebagai tindak lanjut UU Keterbukaan Informasi Publik. PPID inilah yang berwenang menentukan, apakah suatu informasi dapat dibuka untuk publik atau tidak. (Udin/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Tahun Depan Ada Tiga Perda Restribusi Diberlakukan

Makassar, KBN News-Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kualitas dan pemahaman apartur tentang ketentuan dan tata cara pemungutan Restribusi Daerah dan Pendapatan Daerah lainnya seiring pemberlakuan tiga perda mulai 1 Januari 2012, Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan sosialisasi tentang bidang Restribusi Daerah, Diantaranya, perda Restribusi Jasa Umum, Perda Jasa Usaha dan Perda Restribusi Perizinan tertentu.

Kegiatan sosialisasi tersebut menampilkan sejumlah nara sumber antara lain dari Biro Hukum dan Ham Setda Provinsi Sulawesi Selatan, Badan Diklat Provinsi Sulawesi Selatan dan Bidang Perencanaan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan.

Hal ini dikemukakan Kepala Bidang Restribusi dan Pendapatan Daerah Dispenda Sulawesi Selatan, A. Muhammad Reza mengatakan kegiatan peningkatan kapasitas Aparat Pengelola Restribusi Daerah ini merupakan salah satu bentuk sarana pembinaan komunikasi dan kerja sama antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/Kota. Kegiatan ini berlangsung dua hari yang diikuti 100 orang yang merupakan aparat pemungut restribusi daerah pada masing-masing SKPD dan UPTD lingkup pemerintah Provinsi Sulsel.

Dan melalui pertemuan ini dapat diharapkan kemampuan teknis aparat pengelola pemungutan restribusi bisa meningkat. (Mudassir/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Puluhan LSM Gabungan di Purwakarta Demo Anti Korupsi


Purwakarta,KBN News-Dalam rangka memperingati hari anti korupsi sedunia puluhan LSM gabungan yang mengatasnamkan Komunitas Peduli Purwakarta (KPP) melalukan aksi damai di Bundaran Patung BNI, Purwakarta, Senin (12/12) kemarin.Aksi damai ini di isi dengan orasi dari beberapa perwakilan LSM Gabungan, beberapa massa juga membawa poster yang isinya meminta ketegasan pihak kejaksaan setempat agar para koruptor segera diproses sesuai hukum yang berlaku.

Massa juga membagi-bagikan selebaran kepada pengendara mobil dan warga, yang melintas.

Sedangkan isi selebaran yang di gaikan saat akasi damai ini yaitu tuntutan beberapa kasus korupsi di purwakarta yang

belum tuntas seperti kasus Korupsi makan minum senilai 11 milyar, kasus korupsi proyek jembatan Cikao di purwakarta senilai 2 milyar yang menyeret kadis bina marga Inisial HD, kasus Korupsi di KPUD Purwakarta, Kasus Korupsi Dana BBS tahun 2008 serta kasus dugaan penyimpangan dana bantuan BLM PUAB untuk Gapoktan di beberapa desa di purwakarta senilai 2,4 Milyar.dana bantuan jamkesmas/jamkesda senilai 3,2 Milyar di RSUD Bayu Asih Purwakarta, dan pembuatan patung senilai 1,2 Milyar.


Selain itu juga massa meminta pada aparat penegak hukum untuk segra menindak lanjuti beberapa pengaduan dari masyarakat Purwakarta.


Aksi damai ini mendapat pengawalan ketat petugas kepolisian purwakarta untuk mengantisipasi hal –hal yang tidak dingainkan petugas polres purwakarta sejak pagi hari menjaga beberapa patung-patung di beberapa tempat.


Kapolres Purwakarta AKBP. Bahtiar Ujang Purnama meninjau langsung aksi damai ini , menurut Kapolres pada wartawan mengatakan siapapun yang akan memalakukan aksi terkait memperingati hari anti korupsi di perbolehkan asalakan menempuh prosedur yang berlaku dan yang lebih penting jangan sampai anarkis.


Beranjak siang hari massapun bernjak dengan berjalan kaki dan sebgian memakai kendaraan merangsak ke kantor kejaksaan purwakarta untuk melakukan aksi yang sama, puas dengan mendemo puluhan massa dengan tertib membubarkan diri.(Saeful sutedjo )


Selengkapnya...

259 Kendaraan Terjaring Selama Operasi Zebra 2011 di Makassar

Kasat Lantas, AKBP M Hidayat diwawancari Jurnalis
Makassar, KBN News-Operasi zebra yang digelar aparat Satlantas Polrestabes Makassar dari Tanggal 28 November – 11 Desember 2011 berhasil menjaring 259 kendaraan yang terdiri dari 15 Kendaraan Roda 6 (enam) 11 Kendaraan Roda 4 (empat) dan 233 Kendaraan Roda 2 (dua).

Pelanggarannya pun bermacam-macam, mulai dari kelengkapan hingga tidak membawa surat kendaraan.


Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP M Hidayat mengatakan, dari 259 kendaraan yang terjaring, dan semua kendaraan ini menjadi barang bukti yang diamankan ke Mapolrestabes Makassar. Itu dilakukan karena mereka tidak membawa kelengkapan dan surat-surat. Adapun bukti pelanggaran (tilang) sebanyak 1.858 dan barang bukti berupa surat-surat kendaraan yang ikut disita 1.599 lembar, ucapnya.


Menurut Kasat Lantas, untuk Rekap Operasi Zebra 2011 Jumlah Kejadian Laka Lantas sebanyak 43 kejadian, dimana 8 orang meninggal dunia, 25 luka berat, dan 38 luka ringan, adapun kerugian material Rp 20.700.000, kendaraan terlibat laka lantas Operasi Zebra Rincian diantaranya 44 Unit Kendaraan Roda 2 (dua), 12 Unit Kendaraan Roda 4 (empat), 5 Unit Kendaraan Roda 6 (enam),1 Unit Fukuda R3 dan Pejalan Kaki 9 Orang., paparnya.


"Ini Gambaran Bahwa Operasi Zebra Selama 2 Minggu masih ditemukan gar & laka yang sangat tinggi

Untuk itu mari kita Intropeksi Diri Kita Masing – masing Untuk lebih Smart Ridding/Driving Untuk

Menimbulkan Tenggang Rasa Di Jalan Raya. ” jelas Mantan Kasat PJR Ditlantas Polda Sulsel. (Mudassir/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Peduli Sosial, PT.TDK Bagikan Ribuan Paket Sembako Gratis

PT.Tri Daya Kreasi (TDK) Bagi Sembako gratis
Purwakarta,KBN News-Salah satu Program kepedulian social (CSR) yang di gagas PT.Tri Daya Kreasi (TDK) ahir tahun 2011 ini yakni dengan mengundang Ribuan warga dari dua desa yakni desa Cipinang dan Ciparung serta anak yatim piatu Pondok pesantren Darul Hikmah di Kecamatan Cibatu, Purwakarta jawa barat,untuk menerima bantuan paket sembako gratis.minggu (11/12) kemarin

Warga yang mengantre paket sembako ini terlihat antusias mengantre, di area pabrik penghasil kertas ini sejak pagi hari, Antrea pembagian sembako ini di dominasi kaum ibu rumah tangga dan orang jompo serta para manula.

Untuk menjaga hal-hal yang tidak dinginkan aparat polsek Cibatu turut mengamankan jalanya kegiatan tersebut

Program kepedulian social ini di prakarsai oleh salah satu perusahaan kertas terkenal yang lokasi pabriknya berada di perbatasan antara kabupaten subang dan purwakarta.

Sedangkan menurut Keny Wijaya Direktur Operasional PT.TDK di damping Humas Anjar ketika di konfirmasi wartawan di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa program peduli social yang bentuknya pemberian paket sembako gratis merupakan salah satu program CRS perusahaan kepada warga setempat.

Paket sembako gratis ini berisi beras, minnyak sayur,indomie, tepung dan gula pasir yang di bagikan pihak perusahaan dengan jumlah total sebanyak 3500 paket, yang di bagikan dengan target warga miskin, orang jompo dan anak yatim piatu di pesantren Darul Hikmah, Cibatu Purwakarta, serta para karyawan perusahaan.

H.Nana Suryana sesepuh warga Cibatu , Purwakarta kepada wartawan mengatakan bahwa program kepedulian perusahaan tersebut perlu di tiru oleh perusahaan yang lain dipurwakarta, dan mewakili warga setempat mereka sangat bangga program social semacam ini perlu di dukung oleh pemerinta daerah setempat.(Saeful sutedjo)
Selengkapnya...

Xmas Special Promo Dihotel Clarion Makassar Cuma Rp 500 Ribu

Makassar, KBN News-Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, Hotel Grand Clarion Makassar memberikan paket promo menarik untuk pemesanan kamar diperiode 23-29 Desember.
Dikemas dalam Xmas Special Promo, hanya dengan Rp 500 ribu nett, Anda sudah bisa menginap selama satu malam dengan type kamar Superior.

Jika menginap selama dua malam, cukup dengan Rp 850 ribu nett, menginap selama tiga malam dikenakan Rp 1,2 juta nett, dan menginap empat malam hanya Rp 1,5 juta nett.

Seperti dilansir Tribun, PR Officer Hotel Grand Clarion Makassar, Arnold BD, di Makassar, Minggu (11/12/2012), mengatakan, selain mendapatkan harga kamar yang istimewa, pihak hotel juga memberikan banyak benefit untuk tamu yang menghabiskan liburan panjang di Clarion.

Di pagi hari, tamu dapat menikmati makan pagi buffet prasmanan untuk dua orang. Tamu juga akan mendapatkan free Cookies di setiap kamar.

Bagi para tamu yang ingin menikmati berbagai wahana hiburan di Trans Studio, pihak hotel akan memberikan free shuttle service, dan masih banyak benefit lain yang bisa dinikmati tamu selama menghabiskan masa liburannya di Hotel Grand Clarion Makassar.(Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Kebakaran di Rappokalling Makassar, 4 Jam Belum Bisa Dipadamkan

Makassar, KBN News-Sudah hampir empat jam, aksi pemadaman kebakaran belum berhasil dilakukan di gudang plastik, Jl Naja Deng Nai, RW 1 RT 8, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Makassar, Minggu (11/12/2011).

Bahkan api semakin membesar. Warga yang berusaha membantu memadamkan api terus berteriak meminta air.

Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (tribun Timur)
Selengkapnya...

Kucing Terkaya Didunia Dapat Warisan Rp 141 Miliar



Italia, KBN News-Tommassino kucing berwarna hitam asal Italia, menjadi hewan terkaya ketiga di dunia, setelah ia menerima warisan sebesar 10 juta Poundsterling atau senilai Rp 141 miliar, dari tuannya yang meninggal dunia, di bulan lalu.

Maria Assunta, pemilik dari Tommassino meninggal di usia 94 tahun. Maria mendonasikan seluruh harta miliknya kepada seekor kucing, karena selain Maria tidak memiliki kerabat lain, menurut pengacaranya, Anna Orecchioni dan Giacinto Canzona karena kecintaannya kepada binatang.

Kekayaan Maria meliputi beberapa properti besar, rumah-rumah dan vila di seluruh negeri, serta beberapa rekening bank yang nilainya fantastis.

Menurut kedua orang Kuasa Hukumnya, Maria meninggalkan warisan untuk Tommassino dalam secarik kertas yang ia tulis dan disimpan di kantor mereka di Roma pada Oktober 2009.

Orecchioni menjelaskan berdasarkan hukum Italia, Tommassino tidak berhak mewarisi uang secara langsung, namun uang tersebut akan diberikan kepada asosiasi hewan yang dinilai layak.

"Kami sudah menerima beberapa permintaan dari beberapa organisasi, tetapi pada akhirnya kami tidak menemukan apapun yang kita anggap layak," ujarnya.

Selain Tommassino, hewan terkaya di dunia tercatat dipegang oleh Gunter, seekor anjing gembala Jerman yang menerima lebih dari 90 juta Poundsterling, setelah menerima warisan dari tuannya, Karlotta Liebenstien.

Selain itu juga tercatat hewan terkaya lainnya bernama Blackie, seekor kucing yang menjadi kaya mendadak setelah tuannya, Ben Rea, mewariskan seluruh hartanya yang berjumlah 9 juta Poundsterling kepadanya.(Tribun News)
Selengkapnya...

Pembangunan Bandara Udara Kolaka Hanya Telan Dana Rp 4,5 M

Asisten I : Bandara Sangia Nibandera Dapat Rekor Muri

Makassar, KBN News-Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, kini punya bandar udara (bandara) baru. Namanya Bandara Sangia Nibandera. Bandara ini terletak di Kecamatan Tanggetada, sekira 40 kilometer arah selatan dari dari ibu kota Kabupaten Kolaka.

Asisten I Pemkab Kolaka, Syarifuddin Lapase menjelaskan bahwa data dari Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Kolaka menyebutkan, panjang landasan pacu bandara tersebut sekira 1.400 meter. Lebarnya 30 meter. Bandara itu berada di atas lahan seluas 66 hektare.

Menurut Lapase pada Tanggal 25 Juni 2010 Tahun yang lalu Wakil Menteri Perhubungan RI Bambang Susantono meresmikan pengoperasian bandara tersebut. Peresmian bandara ini ditandai dengan pendaratan perdana pesawat baling-baling ATR 72-500 Wings Air di bandara tersebut pada hari itu juga. Wings Air adalah anak usaha Lion Air.

"ATR merupakan pesawat berbadan kecil berkapasitas 70 orang dan bisa mendarat di bandara udara (bandara) dengan panjang runway 1.100 meter yang umumnya terdapat di wilayah terpencil," ucap Syarifuddin kepada Wartawan di Makassar, Sabtu (10/12).

Bedah Bandara

Asisten I menambahkan pula bahwa Bandara ini dibangun melalui program Bedah Bandara, Bedah Kecamatan di Kecamatan Tanggetada pada program Gerakan Pembangunan Masyarakat Sejahtera tanpa mengandalkan APBN dan APBD,paparnya.

Seperti halnya bandara lain, kelak bandara ini akan memiliki call sein sendiri yang teregister dalam daftar nama-nama bandara di dunia. erkait kenyamanan calon penumpang dan keluarganya, di sekitar areal bandara terpasang alat komunikasi dari pihak Telkomsel yang telah memasang perangkat komunikasinya untuk layanan seluler. Sementara Wings Air juga telah memasang dan melakukan uji coba perangkat jaringan.

"Jadi nantinya semua jadwal dan lalu lintas penerbangan sudah online termasuk data manifestnya. Jadi semuanya sudah siap beroperasi, tinggal menunggu seremoni peresmian dan masyarakat sudah bisa mem-booking tiket,'' jelas Syarifuddin Lapase.

Sebenarnya, mengenai bandara, bukan hal baru bagi masyarakat Kolaka, apalagi bagi warga di Kecamatan Pomalaa. Jauh sebelum Bandara Sangia Nibandera diresmikan pengoperasiannya itu, Pomalaa telah memiliki bandara.

Pesawat yang mendarat di bandara Sangia Nibandera terbilang pesawat berbadan kecil. Rutenya pun dari Makassar ke Pomalaa atau sebaliknya.

Dibangun atas Swadaya Masyarakat

Perihal Bandara Sangia Nibander, banyak hal yang menurut saya pantas diberi apresiasi positif terhadap mereka yang telah berperan penting terwujudnya bandara tersebut. Sebab bandara ini rupanya dibangun tanpa dana yang bersumber dari anggaran pendapatan da belanja daerah (APBD) maupun dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Buhari mengatakan, bandara ini dibangun dengan dana yang bersumber dari swadaya masyarakat setempat, khususnya dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kolaka.

Perusahaan-perusahaan dimaksud di antaranya PT Antam Tbk, PT Inco, PT Sumber Setia Budi (SSB), PT DRI, DJL, AMI, TRK, Bola Dunia, dan Perusda. Khusus PT Antam Unit Nikel Pomalaa, seperti disampaikan Asisten I Pemkab Kolaka, telah menggelontorkan dana hanya senilai Rp 4,5 miliar saja.

Sebagian besar sumbangan dalam bentuk bahan materi, seperti pasir, aspal, dan alat berat. Semua sumbangan itu dikoordinir Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kabupaten Kolaka. Ditaksir, pembangunan bandara ini menghabiskan dana sekira Rp 54 miliar.

Pembangunan bandara ini pun terbilang cepat yakni hanya 11 bulan. Atas "prestasinya" itu, bandara ini mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yang mencatat sebagai bandara paling cepat dibangun dan sebagai bandara pertama di Indonesia yang dibangun dari swadaya masyarakat. (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

Hiswana Migas Sulsel : Pertamina Makassar Akan Jamin Stok BBM Aman

Pertamina Akan Siap Antisipasi Bila Terjadi Lonjatkan Pemakaian Menjelang Akhir Tahun.

Makassar, PT Pertamina (Persero) Fuel Retail Marketing Region VII menyatakan kesiapannya menjaga kecukupan persediaan bahan bakar minyak (BBM) bagi transportasi maupun rumah tangga menjelang akhir tahun ini.

Total stok BBM jenis Premium dan Solar hingga saat ini cukup aman sampai tahun baru 2012 namun Pertamina menambah stok jika terjadi lonjatkan pemakai demikian dikatakan General Manager Fuel Retail Marketing Region VII Makassar, Adi Nugroho kepada wartawan di Kantor Pertamina Region VII di Makassar, Sabtu (10/12).

Menurut Adi Nugroho, namun adanya over stok untuk BBM Subsudi ke daerah Sulawesi dimana angkanya sudah mencapai 1,5 sampai 2 persen yakni pada bulan November sampai akhir tahun 2011 ini.

Selain itu, telah disiapkan pula kantung SPBU yang dilengkapi mobil tanki standby untuk mengantisipasi kekosongan BBM. Menyiapkan ketahanan stok di SPBU terutama bagi SPBU di daerah menjelang hari natal dan tahun baru.

BUMN ini mengambil langkah-langkah persiapan mengantisipasi jika timbulnya lonjakan pemakaian BBM dan Non BBM agar kebutuhan energi tersebut bagi masyarakat konsumen terpenuhi saat merayakan Natal dan Tahun Baru 2012 ini.

"Kita berupaya menjaga persediaan BBM bagi masyarakat konsumen", tandas Adi Nugroho, menjawab pertanyaan wartawan.

Sementara itu Ketua Hismana Migas (Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi ) Sulawesi Selatan,Burhanuddin Lestim mengungkapkan bahwa dengan adanya over kouta BBM (Bahan Bakar Minyak) subsudi didaerah Sulawesi namun Pertamina akan menjamin akan tetap tersedianya stock BBM menjelang Natal dan Tahun Baru, katanya.

Adapun adanya timbul kekosongan di SPBU sejumlah daerah di Sulsel hanya diakibatkan karena keterlambatan suply dari depok Pertamina kesejumlah SPBU karena terkendala kurangnya armada pengangkut BBM yang dimiliki Pertamina, namun pihak pertamina akan mengupayakan tetap terjadi kelancaran pernyaluran BBM sampai kemasyarakat, paparnya.

" Dan kalau terkendala dengan anggota Hiswana Migas yang sering menimbung sock BBM Subsudi untuk disalurkan ke Industri, kami akan tindak tegas, dengan memberikan sanksi pencabutan keanggotaan, dan diberi peringatan, jelas Burhanuddin yang juga Direktur Bumi Sarana Utama Makassar.
(Iwan/Andi Ahmad) Selengkapnya...

Bupati Kolaka Raih Gelar Doktor Dengan Predikat Terbaik di UMI

 Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sulawesi Tenggara

Makassar, KBN News-Bupati Kolaka Sulawesi Tenggara Dr Buhari Matta berhasil menjadi wisudawan terbaik untuk program doktor (S3) ilmu manajemen pada acara Wisuda Periode II UMI 2011 di Auditorium Al Jibra UMI, Jl Urip Somohardjo, Makassar, Sabtu (10/12).

Buhari Matta menjadi wisudawan terbaik untuk program doktor sesuai dengan Surat Keputusan Rektor UMI Nomor: 5507/H.25/UMI/XII/2011. Buhari yang bernomor stambuk 0001.DIM.04.2008 ini meraih gelar doktor dengan IPK 3,99, predikat yudisium dengan pujian, dan lama studi 32 bulan, 13 hari.


Buhari mengikuti ujian promosi doktor di Kampus Kampus Pascasarjana UMI, Senin (21/11/2011) lalu. Ia berhasil mempetahankan disertasi dengan judul Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kemampuan Manajerial dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Partisipatif dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Kolaka (Studi Tentang Model Pembangunan Gerbang Mastra), pada Ujian Promosi Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana UMI dengan nilai cumlaude.

Sementara itu, Wisudawan terbaik untuk program magister (S2) adalah Mas Ati SE MAk dengan nomor induk 002.04.05,2009 program studi Akuntansi Program Pascasarjana UMI, dengan IPK 4.00, predikat yudisium dengan pujian, dan lama studi 22 bulan 13 hari.

Sementara itu Bupati Kolaka, Buhari Matta menjelaskan bahwa sekarang dikabupaten ini dilaksanakan program pengentasan kemiskinan yang merupakan wujud kepedulian pemerintah daaerah untuk meningkatkan taraf hidup rakyat dalam kepemimpinannya sekarang.

Menurutnya kepemimpinan yang sudah dua periode di Kabupaten Kolaka merupakan upaya kerja keras dalam menjalin kerjasama dengan para pelaku dunia usaha dalam hal ini melakukan proses sinergitas pada kemampuan peningkatan usaha, paparnya.

Dan adanya aspirasi dari sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, wanita, pemuda, dan tokoh agama untuk maju menjadi calon Gubernur Sulawesi Tenggara periode berikutnya, dan dengan ini untuk menghargai adanya aspirasi dari arus bawah maka, Insya Allah, siap maju nanti," ucap Buhari kepada wartawan, di Makassar, Sabtu (10/12). (Andi Ahmad)
Selengkapnya...

54 Tahun Usia Pertamina, Raih Laba Rp. 19,45 Trilun

Pertamina Reg VII Makassar Adakan Jalan Santai

Makassar, KBN News-Pada memasuki usia ke 54 Pertamina sanggup berdiri tegar menghadapi berbagai tantangan, rintangan, bahkan hambatan yang tidak mudah dilalui. Sejarah mencatat, bertahannya Pertamina hingga saat ini bukanlah sebuah kebetulan. Para pendahulu kita di Pertamina, yang memiliki semangat untuk memajukan Pertamina, yang memiliki integritas tinggi serta memiliki keinginan kuat untuk mempertahankan keberadaan Pertamina, telah melakukan berbagai upaya yang harus kita hargai jasanya. Tanpa adanya insan-insan Pertamina yang memiliki integritas tinggi tersebut, bukan tidak mungkin, tongkat estafet Pertamina tidak akan sampai kepada kita semua yang saat ini masih diberikan amanat untuk menjalankan roda perusahaan ini.



GM Pertamina FRM Reg VII Adi Nugroho mengatakan kita semua harus memaknai kesempatan untuk mempertahankan Pertamina hingga usia ke-54 ini dalam esensinya yang paling dalam. Momen ulang tahun, bukanlah hanya sebuah peristiwa istimewa yang kita rayakan setiap tahunnya, namun juga harus dimaknai sebagai momen untuk membuat kita bersatu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan dan mendorong semangat kita untuk bekerja lebih baik lagi ke depan. Di atas itu semua, momen ulang tahun ini harus kita maknai sebagai sebuah jembatan yang sudah kita lalui dan seharusnya semakin mendekatkan kita dengan tujuan besar kita menjadikan Pertamina sebagai Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia.katanya.
Untuk itu, menurut dia kita semua sudah seharusnya tetap bersyukur, karena di tengah kondisi global yang sedemikian sulit, Pertamina masih diberikan kekuatan dan kemampuan untuk tetap menjalankan roda organisasinya dengan cukup baik. Secara keseluruhan, per September 2011 ini, perusahaan telah membukukan laba bersih sebesar Rp. 19,45 triliun. Memang, jumlah tersebut sudah mencapai target realisasi pencapaian laba kita di tahun 2011. Namun demikian kita harus ingat bahwa capaian tersebut sebenarnya mampu kita capai bukanlah semata-mata karena kinerja operasional kita yang maksimal. Faktor eksternal seperti halnya pergerakan harga minyak mentah, harus kita akui, menjadi salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap capaian laba tersebut, paparnya.

Adi Nugroho menganggap bahwa tidak sedikit hasil kerja keras seluruh pekerja yang telah membuahkan prestasi yang patut kita apresiasi dan tingkatkan terus ke depan. Penguatan kesisteman dan pembudayaan HSSE melalui kampanye budaya HSSE di dadaku secara rutin telah kita lakukan dan harus terus kita tingkatkan. HSSE Mandatory Training mulai kita terapkan dan menjadi sebuah kewajiban seluruh pekerja untuk mengikutinya. Kita berharap, dengan penguatan sistem dan pembudayaan HSSE tersebut, Pertamina akan mampu setara dengan perusahaan energi kelas dunia lain, yang memang dikenal selalu mengutamakan aspek HSSE dalam setiap langkahnya.

Direktorat Pemasaran dan Niaga di tahun 2011 menunjukkan kinerja operasional yang cukup membanggakan. Sebagai ujung tombak dari bisnis Pertamina yang bersentuhan langsung dengan konsumen, bisnis pemasaran dan niaga akan dengan mudah dinilai dan bahkan mendapatkan persepsi negatif dari seluruh stakeholders. Jika itu terjadi, bukan tidak mungkin seluruh capaian operasional yang positif tadi akan dengan mudah diabaikan stakeholders bahkan menjadi kontra produktif dengan upaya maksimal yang telah kita lakukan.

Kita harus benar-benar memperhatikan SPBU Pasti Pas, baik itu takaran, kualitas, dan budaya 3S (Senyum, Salam, Sapa). Saya ingin, dengan adanya program New Pasti Pas nanti akan membuat Pasti Pas Pertamina lebih baik lagi. Pada kesempatan ini saya ingin mengkritik SPBU Pasti Pas kita. Dari pengalaman pribadi saya, sampai saat ini masih ada SPBU-SPBU Pasti Pas yang mulai lalai dengan budaya 3S-nya, mulai ada toilet yang tidak selalu bersih, bahkan mulai kotor dengan spanduk-spanduk yang sudah kadaluarsa. Sekali lagi saya katakan, bahwa Pasti Pas adalah icon dari SPBU Pertamina, maka dari itu, kita harus benar-menjalankannya dengan sebaik-baiknya. 


Sukses kita mengawal pasokan BBM untuk 4.700-an SPBU, akan dengan mudah dianggap gagal begitu ada 1 atau 2 SPBU lain yang kekurangan suplai, hal tersebut memiliki interest untuk menjatuhkan Pertamina di mata konsumennya.. Hal ini harus menjadi concern dan perhatian dari kita semua, khususnya seluruh jajaran di Direktorat Pemasaran dan Niaga

Pada kesempatan yang baik ini, saya juga ingin mengingatkan dan sekaligus mengimbau seluruh pekerja Pertamina agar mulai beralih dan cinta untuk menggunakan produk-produk dari perusahaan kita sendiri. Mulailah menggunakan produk-produk fuel non-subsidi, Musi-Cool. Ease-Gaz, Pelumas Pertamina, dan produk lain yang terbukti mampu mendongkrak pendapatan dan laba bersih perusahaan kita. Saya optimistis, dengan adanya kecintaan kita terhadap produk-produk Pertamina tersebut, secara tidak langsung, seluruh pekerja Pertamina akan menjadi sales & marketer dari produk-produk tersebut kepada potensial konsumen di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar kita.

Hal lain yang patut saya angkat pada kesempatan baik ini adalah keberhasilan kita dalam memperkuat aspek-aspek GCG di perusahaan ini. Survei Prakarsa Anti Korupsi yang dilakukan oleh KPK menyatakan bahwa Pertamina menduduki peringkat pertama dengan total skor 8.95 dan sekaligus menempatkan Pertamina sebagai sektor bisnis BUMN yang memiliki sistem antikorupsi dan memiliki prakarsa antikorupsi terbaik di antara BUMN-BUMN lain.

Pada rangkaian HUT ke 54 Pertamina di Makassar,Sabtu (10/12), selain bakti sosial dilaksanakan juga jalan santai karyawan Pertamina bersama keluarganya, dengan sejumlah hadiah door prise digedung olah raga Pertamina Reg VII Makassar, dan hiburan. (Iwan/Andi Ahmad)


Selengkapnya...

Dispenda Sulsel Adakan Pembekalan Para Aparat Pengelola Restribusi Daerah

Kadispenda Sulsel diwawancarai (foto:Lintas Terkini)
Para pengelolah pendapatan daerah yang ada di Sulsel diharapkan lebih meningkatkan profesionalisme dalam mendukung kemandirian fiskal daerah. Salah satunya yakni dengan terus meningkatkan kemampuannya melalui pelatihan dan training.

Hal itu disampaikan Kadispenda Provinsi Sulsel Arifuddin Dahlan usai membuka pelaksanaan kegiatan Peningkatan kapasitas aparat pengelola retribusi Daerah dan Rapat koordinasi persiapan pengelolah PBB sektor perkotaan, serta evaluasi pelaksanaan pemungutan BPHTB yang dilaksanakan di Makassar Golden Hotel, Rabu (30/11/11). Kegiatan ini diikuti sekitar 140 orang aparat pemungut retribusi dari berbagai daerah di Sulsel.

Dikatakan Arifuddin, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu bentuk sarana pembinaan komunikasi dan kerja sama antara pemerintah Provinsi Sulsel dan pemerintah kabupaten dan kota se Sulsel. "Adapun tujuannya yakni agar dapat berdampak pada peningkatan kualitas pengelolaan pendapatan daerah untuk mendukung kemandirian fiskal daerah," katanya.

Adapun dasar pelaksanaan yaitu undang-undang no 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribushi daerah. Selain itu, mengenai peraturan daerah Sulsel no 11 tahun 2008 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja dinas pendapatan Daerah Pprovinsi Sulsel.

"Dasar lain yakni keputusan gubernur Sulsel no.3390/X/thn 2011 tentang pengesahandokumentasi pelaksanaan perubahan anggaran SKDP Dinas Pendapatan Daerah," tandasnya.

Kegiatan tersebut rencananya berlangsung hingga 1 Desember mendatang. (Mudassir/Andi Ahmad)
Selengkapnya...

 

Harian Media Indonesia

Harian Kompas

Harian Tribun Timur

Kantor Berita Kota Nusantara Online

Kabar Terkini Tv One

Portal Berita Viva News

Posting Berita




Widget edited by Seby-Antoe.com

Situs Presiden Republik Indonesia

Tempointeraktif.com

detikcom